PENERIMAAN MAHASISWA BARU MANDIRI (PMBM) TAHUN 2012 UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Bertujuan menyeleksi dan memperoleh calon

mahasiswa baru yang memiliki kemampuan akademik dan keterampilan guna mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Universitas Negeri Makassar (UNM) sesuai dengan ketentuan yang berlaku PMBM terbagi atas 1. Mandiri A adalah jalur seleksi calon mahasiswa dengan ujian tulis. Adapun program studi yang ditawarkan melalui jalur ini adalah sebagai berikut : Program Sarjana (S1) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Pendidikan Teknologi Pertanian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Makassar) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Bone) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Pare-Pare) Pend. Guru Sekolah Dasar Bilingual (Kampus Makassar) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pendidikan Sejarah Pendidikan Administrasi Perkantoran Pendidikan IPS (Terpadu) Ilmu Administrasi Negara Sosiologi Pendidikan Sosiologi Pendidikan Antropologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Sastra Indonesia Sastra Inggris Pendidikan Bahasa Jerman Manajemen Pendidikan Ekonomi Ekonomi Pembangunan Akuntansi Pend. Koperasi Pend. Akuntansi Psikologi Program Diploma Tiga (D3) Teknik Sipil dan Bangunan Teknik Elektro Teknik Elektronika Teknik Mesin Teknik Otomotif Tata Boga Tata Busana

ac. dan Rekreasi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Ilmu Keolahragaan Pendidikan Teknik Bangunan Pendidikan Teknik Elektro Pendidikan Teknik Elektronika Pendidikan Teknik Mesin Pendidikan Teknik Otomotif Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Pendidikan Teknologi Pertanian Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 3. Berikut program studi yang ditawarkan melalui jalur ini: Program Sarjana (S1) Pendidikan Seni Rupa Pendidikan Sendratasik Desain Komunikasi Visual Seni Tari Pendidikan Jasmani.000 untuk semua Jalur masuk (Mandiri A dan Mandiri B) 3. Setelah melakukan pembayaran. calon peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi Kode Akses berupa angka sebanyak 10 digit bersifat sangat rahasia. 300. Calon peserta melakukan pendaftaran online dengan mengunjungi laman http://pmbm.id dengan tata cara sebagai berikut : 1. Bukti pembayaran .ac.id Tata cara pendaftaran Pendaftaran jalur mandiri tahun 2012 dilakukan secara online melalui laman http://pmbm.ac. Untuk melakukan pendaftaran secara online. Calon peserta membayar biaya ujian melalui Bank BTN 2.unm. Calon peserta membayar biaya ujian sebesar Rp.Bahasa Inggris (Business English) Akuntansi 2.unm. Calon peserta memasukkan nomor identitas (KTP/SIM/Kartu keluarga/NIS) 4. Mandiri C adalah jalur seleksi calon mahasiswa dengan latar belakang ekonomi lemah dan berprestasi/berbakat.id. Mandiri B adalah jalur seleksi calon mahasiswa dengan ujian keterampilan seni dan olahraga. Konsekwensi kelalaian menjaga kerahasiaan Kode Akses sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta 5. Adapun program studi yang ditawarkan dijalur ini adalah semua program studi S1 yang ditawarkan pada Mandiri A dan Mandiri B Daftar program studi dapat pula dilihat melalui laman http://pmbm. Kesehatan. tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja. calon peserta harus menyiapkan terlebih dahulu i.unm.

Calon peserta harus memasukkan Kode Akses dan Nomor Identitas yang digunakan pada saat membayar biaya ujian. serta mengetikkan huruf-huruf pada kotak yang tersedia. Tata cara pencetakan. ukuran 4x6 cm dengan tipe file JPG 6.unm. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian formulir ini berakibat pembatalan penerimaan peserta iii.ac. Calon peserta mengisi borang pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Calon peserta harus menyimpan dengan cara meletakkan kursor di bagian kartu bukti pendaftaran. Calon peserta melakukan pengisian borang elektronik pendaftaran dengan tata cara sebagai berikut : i. berpakaian resmi dan sopan. Calon peserta menandatangani kartu bukti pendaftaran yang berlaku sebagai kartu tanda peserta jalur mandiri 2012 . kemudian menekan tombol login ii. terbaru dengan wajah menghadap ke depan.id v. selanjutnya klik kanan dan pilih ”save image as” atau ”save picture as” iv.kartu dapat di download pada laman http://pmbm. Pencetakan kartu melalu menu File-Print (Ctrl+P). Fotokopi ijasah/tanda lulus dan SKHUN File pasfoto berwarna.ii. iii.

PANDUAN PENGISIAN BORANG PENDAFTARAN ELEKTRONIK 1. Pilih penghasilan total orangtua per bulan t. Uploadlah file pasfoto terbaru anda dengan menggunakan dengan tipe file JPG (dianjurkan resolusi image foto sebesar 400x600 pixels) b. Ketik alamat tetap Anda d. Pilih Kewarganegaraan Anda o. Ketik no telpon atau no selular Anda h. Lakukan transaksi melalui Bank BTN b. Ketik nama Anda. Jika tidak terdapat nama SLTA Anda. Isikan jenis kelamin Anda m. calon peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi Kode Akses berupa angka 10 digit c. Isikan data pada borang elektronik yang tersedia 2. Petunjuk pengisian halaman informasi personal a. Tata cara pendaftaran online a. Isikan nama ayah dan ibu q. Pilih nama SLTA dengan terlebih dahulu memlih propinsi dan kabutennya b. Masukkan tanggal lahir Anda l. Isikan jumlah adik dan kakak Anda p. Apabila Kode Akses dan Nomor Identitas yang diisikan tersebut benar. Setelah melakukan pembayaran. pilihlah sekolah lain-lain dan ketikkan nama SLTA Anda pada kolom yang disediakan c. Tekan lanjut untuk mengisi borang selanjutnya atau tekan keluar jika ingin sementara keluar 3. maksimum 30 karakter c. Pilih propinsi alamat e. Buka laman http://pmbm. Pilih propinsi tempat lahir Anda j. Pilih pendidikan ayah dan ibu r. Pilih agama Anda n. Pilih kabupaten alamat f. Ketik tempat lahir Anda sesuai dengan ijasah terakhir Anda i.unm. Pilih Jurusan SLTA Anda . Masukkan rangkaian huruf acak pada kolom yang tersedia f.ac.id bacalah petunjuk yang tertera dengan seksama d. Pilih pekerjaan ayah dan ibu s. Tekan/klik login g. Ketik kode pos sesuai dengan alamat tetap Anda g. maka akan tampak borang pendaftaran elektronik h. Petunjuk pengisian halaman informasi pendidikan a. Memasukkan Kode Akses dan Nomor Identitas yang diperoleh pda butir b pada kolom yang tersedia e. Pilih kabupaten tempat lahir Anda k.

Cetaklah kartu tanda bukti pendaftaran menggunakan printer dan simpanlah bukti pendaftaran jika diperlukan. Petunjuk pengisian halaman informasi pilihan program studi a. Pilih tahun masuk SLTA pada kolom yang tersedia e. Isikan alamat tempat tinggal dan nomor telepon / selular Anda ketika mengikuti ujian pda kartu tanda bukti pendaftaran c. Bubuhkanlah tanda tangan Anda pada kartu tanda bukti pendaftaran dalam kotak PERNYATAAN. Jika data yang salah kliklah masing tombol edit data dimasing-masing bagian data c. Tata cara pencetakan. PERHATIAN. Masukkan jumlah mata pelajaran ujian nasional pada kolom MP dan jumlah totalnya pada kolom Nilai f.d. Kartu tanda bukti pendaftaran a.id b.kartu dapat di download pada laman http://pmbm. Pilihan program studi bergantung pada pilihan jalur mandiri yang dipilih b. Pencetakan kartu tanda bukti pendaftaran menyebabkan Anda tidak dapat merubah semua data yang telah Anda isikan pada borang pendaftaran elektronik 6. Konfirmasi data a. Jika yakin sudah benar. Pilih program studi yang ada. Kliklah cetak kartu ujian atau tekan keluar jika ingin sementara keluar d. Pilih tahun lulus/ tahun ijasah Anda g.ac. Tekan lanjut untuk mengisi borang selanjutnya atau tekan keluar jika ingin sementara keluar 4.unm. . Tekan lanjut untuk mengisi borang selanjutnya atau tekan keluar jika ingin sementara keluar 5. Pastikan semua data yang Anda isikan adalah benar b.

Borang Pendaftaran Elektronik PMBM 2012 Contoh Formulir Login .

Contoh Formulir Personal (Upload photo) .

Contoh Formulir Personal (data diri) .

Contoh Formulir Pendidikan .

Contoh Formulir pilihan program studi .

Contoh Formulir Konfirmasi data .

Contoh Kartu Bukti Pendaftaran .