PEMETAAN MATERI IMTAQ SATUAN PENDIDIKAN : SMA NEGERI 1 BENTENG KELAS/PROGRAM : X/UMUM SEMESTER : II (GENAP) MATA PELAJARAN

: SEJARAH STANDAR KOMPETENSI : 2. Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia NO. 1. KOMPETENSI DASAR 2.1 Menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia URAIAN MATERI Kehidupan awal masyarakat Indonesia Uraian Materi : *Perkembangan biologis manusia purba Indonesia.  Penemuan fosil manusia purba memunculkan spekulasi tentang asal-usul manusia pertama di dunia dan proses penciptaannya. *Periodesasi perkembangan budaya pada mayarakat awal Indonesia.  Pada mulanya manusia berkelompok berpindah-pindah dan tergantung kepada alam, tetapi kemudian bermasyarakat, menetap dan berusaha untuk memenuhi kebutuhannya secara kolektif (bergotong royong). Alat/perkakas yang digunakan awalnya bentuknya masih sangat kasar kemudian secara bertahap menjadi halus. *Peta penemuan manusia purba dan hasil budayanya di Indonesia.  Penemuan manusia purba dan hasil budayanya di Indonesia adalah di tempat/di daerah yang terletak dekat dengan sumber air. NILAI IMTAQ INTEGRASI MATERI IMTAQ KETERANGAN

Kewaspadaan TPK-Imtaq :Siswa memiliki pemahaman yang benar tentang teori Darwin serta konsep AlQur’an tentang penciptaan manusia. Kerjasama dan keikhlasan TPK –Imtaq : Siswa menyadari kebenaran firman Allah yang menegaskan faktor pendorong perubahan yang utama adalah faktor manusia sebagai makhluk yang berbudaya(memiliki akal pikiran).

Bukti-bukti arkeologis yang sangat terbatas serta interpretasi yang salah terhadap teori Darwin sering menggiring munculnya pendapat yang salah terhadapasal-usul manusia, padahal Allah sudah mengemukakan secara jelas proses penciptaan manusia baik manusia pertama maupun keturunannya. Tingkat kemajuan yang dicapai oleh suatu masyarakat selain dipengaruhi oleh faktor tersedianya sumber daya alam (SDA), juga sangat ditentukan oleh usaha/kerja keras dari anggota masyarakatnya.

Q.S. Al-Hijr : 28-29 Q.S. AlMukminin : 12-14

Q.S. Ar Ra’d : 11

Bersyukur TPK-Imtaq : Siswa menyadari arti penting sistem pengetahuan

Alam beserta isinya (khususnya bumi) telah disediakan oleh Allah untuk tempat hidup dan sumber kehidupan. Nikmat ini tentu perlu dan wajib disyukuri, khususnya air.

Q.S. AlMu’minin : 22

SMAN 1 BENTENG

Masuknya budaya Bacson Hoabihn dan Dongson ke nusantara memberi warna baru dalam perkembangan budaya masyarakat awal di kepulauan Indonesia. budaya.S. AlMu’minin : 17-22 Q. Ar Rahman : 33 SMAN 1 BENTENG . Al Hujurat : 13  Pengaruh budaya Bacson. Dengan bertemunya antar dua bangsa/ras menimbulkan akulturasi budaya.S.S. KOMPETENSI DASAR URAIAN MATERI * Ciri-ciri sosial. Kerjasama TPK-Imtaq : Siswa dapat lebih mensyukuri nikmat Allah berupa alam dan isinya yang tercipta untuk kelanjutan dan kebahagiaanhidup manusia INTEGRASI MATERI IMTAQ Manusia dengan kemampuan akal pikir yang dianugrahkan Allah kepadanya telah mampu merubah ketergantungan terhadap alam dalam arti food gatheringmenjadi food producing. serta menumbuhkan rasa silaturrahmi antar keduanya.  Ciri kehidupan dari food gathering ke food producing merupakan revolusi pertama dalam kehidupan umat manusia NILAI IMTAQ . dan kepercayaan masyarakat pada masa berburu (food gathering) dan masyarakat pertanian (food producing). An Nahl : 65-72 2 2.S. Q.S. Toleransi TPK-Imtaq : Siswa memiliki keasdaran untuk memahami keragaman ciptaan Allah dengan tetap menjunjung tinggi nilainilai kesetaraan dan persaudaraan Toleransi TPK-Imtaq : Siswa dapat menyimpulkan bahwa pertemuan dua bangsa dapat menghasilkan kebudayaan baru.2 Mengidentifikasi peradaban awal masyarakat di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia Peradaban awal masyarakat di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia Uraian Materi :  Proses migrasi Ras Proto Melayu dan Deutro Melayu ke kawasan Asia Tenggara dan Indonesia.NO. Adanya perbedaan harus disadari sebagai suatu hal yang menjadi sunnatullah (hokum alam) dan disitulah perlunya Allah memerintahkan untuk saling kenal mengenal satu sama lain. Kerjasama TPK-Imtaq : Siswa dapat menyadari pentingnya keuletan dan penguasaan iptek untuk lebih menikmati karunia Allah di bumi dan langit. Al Hujurat : 13  Budaya logam di Indonesia Q. Hoabihn. dan Dongson dengan perkembangan budaya masyarakat awal di kepulauan Indonesia. Tingkat teknologi yang tinggi dapat dicapai bila suatu masyarakat telah memiliki kesadaran yang tinggi terhadap pentingnya ilmu pengetahuan. yang secara tidak langsung sama-sama merupakan makhluk Allah yang perlu saling kenal mengenal. Q. ekonomi. . Migrasi(perpindahan) Ras Melayu ternyata telah dapat mendukung proses kemajemukan bangsa Indonesia. KETERANGAN Q.

Perkembangan kebudayaan lembah sungai Kuning menunjukkan kebenaran janji Allah yang akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu. Astronomi maupun sistem kalender didasarkan pada hasil pengamatan bahwa sistem tata surya memiliki suatu prinsip keteraturan (hukum alam).S.  Peradaban lembah sungai Eufrat dan Tigris. yang merupakan hukum tertua di dunia. An Nisa : 59 dan 136 Q. Q. Q. INTEGRASI MATERI IMTAQ Pembangunan sanitasi dan sistem tata kota yang teratur merupakan indikator bahwa masyarakat lembah sungai Indus sangat memperhatikan nilai kebersihan dan kesehatan.S. KOMPETENSI DASAR URAIAN MATERI  Peradaban besar dunia  Peradaban lembah sungai Indus Berdasarkan hasil budaya diketemukan bahwa peradaban lembah sungai Indus sudah tinggi. AlMujadilah : 11 TPK-Imtaq :Siswa memahami fungsi Al-Qur’an dan Hadits sebagai pedoman hidup bagi seorang muslim untuk mancapai kebahagiaan duania dan akhirat.S. Sumbangan kebudayaan Mesopotamia bagi perdaban dunia antara lain Codex Hamurabi. Keteraturan gerak/rotasi tersebut ternyata oleh Allah dimaksudkan agar manusia mengetahui perhitungan waktu dan bilangan tahun. Toleransi TPK-Imtaq : Siswa dapat menyadari pentingnya menuntut ilmu untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Al Baqarah : 222 Hadits tentang kebersihan. Keteraturan masyarakat tercapai karena ketaatan pada hukum. Masyarakat pendukung kebudayaan lembah sungai kuning sudah menyadari bahwa penguasaan iptek akan mengantarkan mereka kepada kehidupan yang baik dan mulia. Keteraturan sistem tata surya dengan garis edarnya masing-masing. Namun dlam segi lain mengundang KETERANGAN Q. tidaklah merupakan suatu hal yang terjadi secara kebetulan tetapi ada hukum-hukum yang mengaturnya. Bagi seorang muslim pedoman bertingkah laku sudah tertuang dalam Al-qur’an dan Hadits yang kedudukannya sebagai sumber hukum Islam.NO.s. TPK-Imtaq : Siswa dapat lebih meyakini kemahakuasaan Allah yang menciptakan keteraturan sistem tata surya agar manusia perhitungan atas waktu. Peninggalan kebudayaan lembah sungai kuning yang terkenal terutama dibidang filsafat dan ilmu pengetahuan.  Peradaban lembah sungai Kuning. Al Hujurat : 10  Peradaban Yunani Peradaban Yunani merupakan slah . Menjaga kebersihan sangat ditekankan dalam ajaran Islam bahkan dijadikan sebagai salah satu indikator kualitas iman (Al hadits) dan Allah sangat mencintai orang-orang yang senantiasa menjaga kebersihan. Hal ini terjadi karena mereka memiliki tradisi keilmuan yang baik. NILAI IMTAQ Toleransi TPK-Imtaq : Siswa menyadari bahwa Islam sangat menekankan hidup bersih dan sehat.S. Sumbangsih utama peradaban lembah sungai Nil bagi masyarakat dunia adalah rintisan ilmu astronomi dan sistem kalender. Polis dalam satu segi memiliki nilai lebih pada masyarakatnya karena menumbuhkan kemandirian dan rasa percaya diri. Al-Isra’ : 12 Cinta tanah air dan kewaspadaan Q.  Peradaban lembah sungai Nil. Codex Hamurabi merupakan seperangkat aturan pada masanya agar kehidupan masyarakat teratur.

AlBaqarah : 163 Q. As Shaft : 4 Dibidang relegi masyarakat Yunani adalah penganut polytheisme TPK-Imtaq : Siswa lebih mengenal Allah dengan cara mengenal ciptaa-ciptaannya. Dalam usaha menegakkan agama.S.s. Al Mujadilah : 11 Q. Al Falaq : 3.S. memperjuangkan kebenaran. KETERANGAN Q. Al Mukminun : 52 Q.S.S.S.S.S. TPK-Imtaq : Siswa lebih menyadari pentingnya peranan ilmu bagi peningkatan taraf hidup pribadi maupun masyarakat. dan cita-cita. dewa Yunani dipersonipikasikan dengan wujud manusia (meskipun dalam wujud manusia sempurna).satu dasar kebudayaan Eropa.S.  Peradaban Romawi Kebudayaan Romawi merupakan salah satu dasar kebudayaan Eropa. Persatuan dan kesatuan sangat penting diwujudkan dalam hidup bermasyarakat dan berbangsa. Demikian pula dalam wujud Tuhan. KOMPETENSI DASAR URAIAN MATERI SMAN 1 BENTENG NILAI IMTAQ TPK-Imtaq : Siswa lebih menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kemakmuran masyarakat dan bangsa. Ali bin Abi Thalib bahkan mengingatkan bahwa kebatilan yang terorganisir akan mampu mengalahkan kebenaran yang tidak didukung oleh manajemen dan organisasi yang rapih. Dewa-dewa tersebut dipersonifikasikan dalam wujud manusia dengan sifat-sifat kemanusiaan. Allah mencintai hambanya yang melakukannya dengan organissi yang rapih. NO. Al Maidah : 2 Q. Yunani terkenal melahirkan banyak filsuf besar dunia dimungkinkan karena adanya iklim kondusif dan penghargaan yang tinggi terhadap kedudukan filsuf dan karya pemikirannya. Masyarakat Yunani menganut polytheisme dalam arti mempercayai dan menyembah banyak dewa. Untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Islam antara lain mengajarkan agar menjaga ukhuwah. . Konsep ajaran polytheisme yang dianut bangsa Yunani bertentangan dengan ajaran Islam yang menganut prinsip ke-Esaan Allah. Al A’raf : 180 Q. silaturahmi. 4 dan 5 Q. Ali Imron : 190-191 Q. INTEGRASI MATERI IMTAQ kerawanan karena setiap waktu dibayangi ancaman perang dari polis lain. Muhammad : 19 Q. Manajemen dan organisasi akan membantu untuk mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) bagi pencapaian tujuan secara lebih efektif dan efisien. dengan sumbangannya bagi peradaban dunia antara lain sistem manajemen dan keorganisasian Kesabaran TPK-Imtaq : Siswa lebih meyakini pentingnya manajemen dan organisasi dalam mencapai tujuan. hal bertentangan dengan ajaran Islam menyangkut sifat Allah Mukhalafatul lilkhawadisi ((berbeda dengan yang lain). Potensi akal pikir yang telah diberikan oleh Allah kepada setiap insan dapat dikembangkan secara optimal bila didukung adanya sikap pengharagaan yang tinggi terhadap kedudukan filsuf dan karya pemikirannya. Yunani terkenal melahirkan banyak ahli filsafat yang karya dan pemikirannya merupakan sumbangan yang Besar bagi kelahiran iptek. dan mengenal sifat-sifatnya. dan tolong menolong.S Ali Imron : 190-193 Q.

Sistem kepercayaan masyarakat Indonesia pada zaman batu muda dan batu besar bersifat animisme. URAIAN MATERI 2. Q. KOMPETENSI DASAR SMAN 1 BENTENG NILAI IMTAQ INTEGRASI MATERI IMTAQ KETERANGAN Toleransi TPK-Imtaq : Siswa menyadari bahwa dengan adanya persebaran manusia dikepulauan Indonesia yang berasal dari berbagai asal usul maka semboyang bhinneka tunggal ika adalah penting. alat-alat yang digunakan sudah mampu dibuat sendiri dan bnetuknya sudah halus . Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Vietnam masuk ke Indonesia melalui jalur Barat dan jalur Timur. Q.Penguasaan terhadap iptek telah diberikan kebebasan yang luas oleh Allah kepada manusia untuk meningkatkan kehidupan manusia.S. Al Hujurat : 13 • Perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan masyarakat Indonesia pada zaman batu muda dan zaman batu besar. Mereka datang secara bergelombang dengan alasan ekonomi dan sosial budaya. Kerjasama TPK-Imtaq : Siswa dapat meyakini pentingnya penguasaan iptek untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. 3. Ar Ra’d : 11 .3 Asal-usul dan persebaran manusia di Menganlisis kepulauan Indonesia asal-usul dan persebaran Uraian Materi : manusia di kepulauan Indonesia • Hipotesis tentang asal-usul dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia. kedatangannya sangat berpengaruh terhadap tatanan kehidupan masyarakat.NO.S. Allah tidak merubah nasib manusia jika mereka tidak berusaha merubahnya.

SMAN 1 BENTENG SMAN 1 BENTENG .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful