ASPEK PERMODALAN DAN PEMBIAYAAN USAHA DALAM PENGELOLAAN USAHA

Tujuan Pembelajaran :
1. 2. 3. 4. 5. Menjelaskan tentang permodalan dan pembiayaan usaha Menjelaskan tentang rancangan anggaran biaya Memahami proyeksi arus kas Menghitung Break Event Point ( BEP ) Menghitung NPV ( Net Present Value ) dan IRR ( Internal Rate of Retun )

Pendahuluan
Seorang wirausaha harus mempunyai cukup pengetahuan tentang msnsjemen keuangan usaha. Banyak usaha yang gagal karena pengelolaan keuangannya juga kurang terencana dengan baik. Seorang wirausaha harus mengetahui hal – hal yang berhubungan dengan ruang lingkup dari manajemen keuangan. Lingkup manajemen keuangan itu, antara lain : 1. Pentingnya system administrasi keuangan, pembukaan, dan pencatatan keuangan atau akuntansi termasuk ( akuntansi manajemen ) 2. Membuat laporan keuangan dan analisis laporan keuntungan tentang keadaan, posisi, dan kinerja, kinerja keuangan perusahaan ( posisi keuangan ) 3. Membuat perencanaan pengendalian dan pengawasan anggaran 4. Analisis investasi keuangan yang akan direncenakan dan dilakukan oleh perusahaan 5. Manajen arus kas ( cash flow management ) 6. Peubahan keuangan global, seperti perubahan kurs mata uang Manajemen usaha adalah suatu proses keputusan pengorganisasian atau pengendalian keuangan dengan menggunakan informasi akuntansi perusahaan untuk membantu perusahaan untuk mencapai tujuan di bidang keuangan

b) Modal asing. misalnya tanah.Modal tetap. mesin. meruapakan sejumlah modal yang diberikan tidak mengingat bagaimana terjadinya pinjaman itu. piutang. merupakan modal aktiva yang berwujud kebendaan dan hak – hak atas sejumlah barang. merupakan aktiva yang berupa alat – alat pembayaran dan hak – hak atas sejumlah tagihan uang. merupakan modal yang selalu tetap besarnya dalam badan usaha. Dalam arti luas . dan perkakas.Modal yang dipakai di luar perusahaan. dan wesel tagihan. merupakan modal yang diberikan pihak lain kepada badan usaha sebagai pinjaman . gedung.Modal variabel. yang dapat menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaaan. terdiri dari 4 jenis : a) Menurut lamanya modal itu aktif memberikan jasa dalam proses produksi : .A. misalnya tanah. b) Menurut wujud aktivanya : . Model pasif terdiri dari : a) Modal sendiri. merupakan modal yang memberikan jasa hanya sekali dalam proses produksi. modal dapat berwujud alat – alat dan barang. misalnya uang kas.Modal yang dipakai dalam perusahaan. . .Modal lancar. misalnya bahan baku dan bahan pembantu. adalah hak – hak para pemilik dan para pemberi utang yang dinyatakan dalam nilai uang. dan mesin. a. Pinjaman berjangka waktu maksimal 1 tahun disebut modal asing jangka pendek. Macam – macam modal Terbagi 2 yaitu : 1) Modal aktif. modal yang dipergunakan langsung untuk proses pengerjaan perbaikan kendaraan. merupakan modal yang tertanam dalam perusahaan dan bersifat tidak tetap/berubah jumlahnya. gedung. modal aktif terdiri atas : . dengan tidak mengingat bagaimana terjadinya pinjaman itu. .Modal konstan. . c) Berdasarkan tetap tertanamnya modal aktif itu dalam badan usaha. d) Berdasarkan rentabilitas badan usaha. misalnya tanah. MEMAHAMI PERMODALAN DAN PEMBIAYAAN USAHA 1.Modal uang. simpanan bank. Misalnya dalam saham – saham di PT lain yang sekiranya bisa menguntungkan 2) Modal pasif.Modal barang. Permodalan usaha Modal merupakan uang yang digunakan sebagai pokok ( induk ) untuk berdagang atau semacamnya. Misalnya dalam suatu usaha bengkel. . merupakan modal yang memberikan jasa untuk proses produksi dalam waktu lama. Lebih dari 1 tahun disebut modal asing jangka panjang. modal aktif terdiri dari : .

yaitu oenerima kredit dapat mengembalikan kredit sesuai dengan waktu dan persyaratannya. 1) Kredit investasi Adalah kredit yang diberikan bank untuk keperluan penambahan modal guna mengadakan rehabilitasi perluasan usaha serta untuk mendirikan suatu proyek baru. Agar wirausaha berhasil dalam pengajuan kredit. sebagai lembaga penyedia dana. c) Memberikan data keuangan perusahaan dan kegiatan usaha si pemohon kredit. untuk kendaraan bermotor. KK dan pas poto ukuran 4 x 6. d) Mengajukan proposal. . Pelaksanaan kredit investasi yang diberikan oleh bank mempunyai cirri – cirri : . Hal yang paling mendasar dalam kredit adalah memperoleh suatu kepercayaan. b) Mengisi formulir yang disediakan kantor cabang. c) Bentuk hokum bisa PT. b) Usaha sudah berjalan minimal 2 tahun dan sudah member keuntungan. contohnya untuk usaha di bidang industry harus memiliki SITU. Petunjuk teknis memperoleh modal usaha Memperoleh modal bisa dilakukan dengan mengajukan kredit. NPWP. .b. Kredit ini bersifat produktif karena perbaikan atau tambahan barang – barang modal tersebut diadakan dalam rangka usaha untuk meningkatkan produktivitas.Digunakan untuk penanaman modal. maka syarat – syarat yang harus dipenuhi adalah : a) Perusahaan telah memiliki izin resmi. Berkaitan dengan ini. . dan perorangan atau individu. artinya diambil sekaligus. KTP. CV. . Pemerintah melalui bank. anatara lain sebagai berikut : a) Mengajukan surat permohonan ke kantor cabang yang memberikan kredit invsetasi. e) Harus memiliki agunan.System kredit Pseudo R/R. Prosedur untuk mendapatkan kredit investasi dari bank. Koperasi. SIUP. TDP. Firma.Bentuk kredit jangka panjang sampai 5 tahun.Mempunyai perencanaan yang matang. anda akan mempelajari kredit investasi dan kredit modal kerja. agunannya berupa bukti kepemilikan kendaraan bermotor ( BPKP ) – nya. d) Melampirkan dokumen – dokumen permohonan kredit. agunannya berupa surat – surat mesin tersebut. telah mengeluarkan serangkaian perturan dalam rangka membantu modal usaha mengeluarkan serangkaian peraturan dalam rangkamembantu modal usaha perusahaan kecil pribumi yang dinamakan Kredit Investasi Kecil ( KIK ) dan Kredit Modal Kerja Permanen ( KMKP ). misalnya untuk mesin dan perlatannya.

posisi permohonan terhadap perantara. rata – rata per bulan penjualan produk selama 6 bulan terakhir. cara pembayaran. pengalaman atas jenis proyek yang akan dilaksanakan. perbandingan rata – rata produksi dan rata – rata penjualan. cara pembayaran.Adapun dokumen – dokumen yang perlu dilampirkan dalam permohonan kredit adalah : .Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ) . rencana penjualan produk yang akan dating.Pas foto ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar .Fotokopi Tanda Daftar Perusahaan ( TDP ) . c) Aspek manajemen.Kartu Tanda Penduduk . Dalam menentukan pemberian kredit. rata – rata produksi 6 tahun terakhir.Neraca perusahaan dalam perincian laba/rugi 2) Kredit modal kerja Merupakan kredit jangka pendek ( max 1 tahun ) dan umumnya diberikan kepada perusahaan –perusahaan industry. dan sebagainya. b) Aspek pemasaran. peralatan yang tersedia. atau tidak mengajukan kredit. biaya penambahan peralatan/mesin – mesin pabrik.Fotokopi Sertifikat Hak Milik ( SHM ) . seperti biaya untuk membayar upah/gaji pegawai. para pemilik sebaiknya memulainya dengan modal sendiri. Kredit ini disebut juga dengan kredit produksi/eksploitasi karena bantuan dana tersebut digunakan untuk menatap biaya – biaya eksploitasi perusahaan untuk produksi lainnya. Kemampuan badan usaha untuk mendapatkan pinjaman/kredit terkait dengan kepercayaan masyarakat kepada perusahaan yang disebut kemampuan memeperoleh kredit. dan informasi pihak ketiga. Kredit modal kerja dibutuhkan perusahaan untuk menigkatkan kualitas maupun kuantitas produksi agar sesuai dengan keinginan pasar. saluran distribusi. pengalaman usaha. pegawai. meliputi perizinan/akta pendirian. biaya pengemasan. sumber bahan baku. pemilik modal. meliputi jenis barang yang akan dipasarkan.Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan ( SIUP ) . yaitu kemampuan badan usaha untuk membayar hutang – hutangnya yang telah jatuh tempo . Apabila suatu badan usaha baru berdiri. biaya periklanan dan promosi. jalur pembelian. antara lain: a) Aspek umum. pembagian pembayaran permohonan rata – rata. Kepercayaan masyarakat tergantung pada ketersediaan berbagai jaminan dalam bidan usaha tersebut yang mencakup : a) Likuiditas. jumlah. pihak bank biasanya melakukan beberapa analisis. biaya distribusi. dan nilai kontrak 3 tahun terakhir. meliputi pengurus. dan jadwal termin tingkat penyelesaian proyek.Fotokopo Surat Izin Tempat Usaha ( SITU ) .

pemeliharaan. 2. merupakan biaya yang besarannya berubah – ubah sebanding dengan perubahan kegiatan perusahaan. dan juga menjadi ukuran likuiditas perusahaan dan alat untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban keuangannya. Modal kerja Merupakan jumlah dana yang tertanam pada aktiva lancer. Baiaya usaha terbagi menjadi : 1) Biaya tetap. biaya yang sebagian bersifat tetap. Hakikatnya modal kerja sama dengan aktiva lancar. 3) Biaya semivariable. dan asuransi. Modal kerja dapat dibedakan menjadi 1) Gross working capital. Biaya Adalah semua pengorbanan yang perlu dilakukan dalam suatu proses produksi. a. c) Profitabilitas. 2) Net working capital. Biaya yang termasuk dalam biaya semi variable adalah penyedia. penyusutan peralatan. bagian upah. baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi. bahan pembantu. adalah kemampuan badan usaha untuk memperoleh laba dengan modal yang tersedia selama periode tertentu. bagian gudang. Aktiva lancer sendiri adalah harta perusahaan dalam jangka palig lama setahun dan dapat dicairkan lagi menjadi uang kas. yaitu jumlah keseluruhan aktiva lancar. Biaya tetap diperlukan untuk penggajian. dan bagian social.b) Solvabilitas. yaitu kelebihan jumlah aktiva lancer di atas jumlah seluruh aktiva lancar. Apabila wirausaha dapat mengatur unsur – unsur modal kerja dalam menjalankan usaha adalah : 1) Uang kas 2) Piutang dagang 3) Surat berharga 4) Persedian barang dagang . Pembiayaan Usaha Seorang wirausaha dalam melaksanakan usaha apapun tentu memerlukan biaya dan moal kerja. yang dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku. dan sebagian lagi bersifat variable. Siamak uraian berikut. yaitu biaya yang besarnya tidak terpengaruh oleh perubahan kegiatan perusahaan ( dalam batas tertentu ). Biaya ini diperlukan untuk bahan baku. 2) Biaya variable. dan upah langsung. merupakan kemampuan badan usaha untuk membayar semua utangnya. Perubahan besarnya tidak sebanding dengan perubahan besarnya kegiatan perusahaan. Solvabilitas adalah perbandingan antara nilai – nilai penjualan semua aktiva dengan jumlah semua utang. b. Modal kerja digunakan untuk keperluan jangka panjang.

pengawasan RAB. Sebagai contoh. Proyek tidak pernah berjalan seperti yang direncanakan. seperti . material. pelaporan. . asuransi. pelatihan. peraltan. Jika anda memasukkan sebuah computer dalam RAB anda. dan evaluasi. naming jangan menyusun RAB terlalu pas. tenaga staff. biaya sewa. transportasi. Pembiayaan yang layak untuk setiap pos pengeluaran kemudian ditentukan.B. dan publikasi . b. Pengeluaran ( expense ) Daftar pengeluaran dibuat dengan detail dan sebaik mungkin agar jelas. Jadi. Tidak hanya sumber keuangan yang harus diidentifikasi. Misalnya. Biaya – biaya harus nyata dan disusun sepraktis mungkin. jika anda ingin membuat sebuah publikasi. RAB terdiri dari : a. MEMAHAMI RENCANA ANGGARAN BIAYA ( RAB ) Rencana anggaran biaya ( RAB ) adalah banyaknya biaya yang dibutuhkan. dll ). menengah atau jangka panjang melibatkan perkiraan biaya usaha yang akan anda keluarkan selama periode tertentu. Anda seharusnya juga menyatakan pemasukan yang diaharapkan dari penjualan. Semua kegiatan itu membutuhkan waktu dan uang. buat ruang biaya tertentu untk simpanan biaya tak terduga ( miscellaneous costs) yang biasanya berkisar 5 – 10 % dari total RAB. pertama periksa harganya untuk memasukkan biaya –biaya yang kurang jelas jumlahnya. baik upah maupun bahan dalam sebuah pekerjaan proyek konstruksi. seperti biaya administrasi ( sewa. Merencanakan sebuah RAB untuk jangka waktu pendek. seperti membangun gedung. RAB dibuat berdasarkan uraian pekerjaan yang disusun menurut jenis pekerjaan yang ada dalam pelaksanaan konstruksi dan disusun berdasarkan gambar dan RKS ( Rencana Kerja Syarat ) dengan memperhitungkan segala biaya pengaduan bahan maupun alat. Pemasukan ( income ) Hal ini penting untuk menunjukkan sumber daya lain yang tersedia untuk membiayai proyek usaha anda. tipe pembiayaan juga perlu disesuaikan dengan kegiatan dan situasi financial usaha. gaji.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful