PROPOSAL KEGIATAN PESTA SIAGA KWARTIR RANTING BOJONPICUNG A. PENDAHULUAN 1.

Dasar Pemikiran Pembinaan anggota muda Gerakan Pramuka sebagai peserta didik tidak hanya dilakukan di gugus depan saja melalui latihan rutin mingguan. Setiap golongan dalam Gerakan Pramuka memiliki suatu sarana untuk mengembangkan wawasan, pengetahuan dan pengalamannya melalui berbagai macam kegiatan seperti pertemuan besar. Pertemuan besar adalah alat pendidikan yang mengajarkan peserta didik untuk bergaul, berkarya, bersaing dan mengembangkan wawasan, pengetahuan dan pengalamannya. Pertemuan besar pada setiap golongan memungkinkan peserta didik dari satu gugus depan bertemu dengan peserta didik dari gugus depan lain. Hal ini dapat meningkatkan persaudaraan antar anggota Gerakan Pramuka. Juga bisa menjadi ajang berbagi pengalaman apa yang didapat dari satu gugus depan ke gugus depan lain. Pertemuan besar bagi para pramuka siaga adalah Pesta Siaga yang berbentuk perkemahan satu hari (persari). Dalam pesta siaga ini dilaksanakan beberapa kegiatan dan lomba yang materinya berasal dari SKU dan SKK Pramuka Siaga. 2. Dasar Kegiatan 1. UU No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka 2. Keppres No 24 Tahun 2009 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka 3. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 203 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka 4. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 231 tahun 2007 tentang Gugus Depan Gerakan Pramuka 5. Program kerja Kwartir Ranting Bojongpicung tahun 2012 Bidang Pembinaan Anggota Muda

yaitu tanggal 22 Pebruari 2012 3. Sasaran 1. Waktu Pelaksanaaan Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan selama satu hari. Para Pramuka dapat melakukan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan dalam setiap kegiatan. Memberikan motivasi. dan saling berbagi pemecahan masalah. B. Mendeskripsikan pertemuan pramuka yang berbentuk Pertemuan Besar Siaga. Para Pembina Pramuka Siaga dapat menyampaikan pendapat. pengalaman dan penghayatan sebagai pramuka yang berpancasila 2. Tempat Pelaksanaan Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan Desa Jati Kecamatan Bojongpicung 4. 3.3. pengalaman dan penyegaran kepada para Pramuka Siaga di Kwartir Ranting Bojongpicung. Perkemahan Satu Hari dan Lomba. Tema Kegiatan Satu Pramuka Satu Indonesia 5. gagasan. Para Pramuka Siaga mendapatkan motivasi. Memberikan sarana bakti bagi para Anggota Dewasa di Kwartir Ranting Bojongpicung. Motto Kegiatan Satyaku Kudharmakan. Tujuan 1. inspirasi. 4. 3. Dharmaku Kubaktikan . 2. Nama Kegiatan Kegiatan ini bernama “PESTA SIAGA KWARTIR RANTING BOJONGPICUNG TAHUN 2012” 2. Mendeskripsikan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan. PENYELENGGARAAN 1. inspirasi. 4.

M.M. : Hendra Malik : Ace Syarifudin : . S. PESERTA DAN PANITIA 1..MS.. Lomba Ketangkasan Berjalan di atas bambu Lomba-lomba tersebut merupakan lomba-lomba yang merangsang pertumbuhan Pramuka siaga agar dapat menjadi manusia yang tangkas. Lomba Membentuk Gambar/Mozaik 5. Lomba-lomba tersebut adalah : 1. S. dan teliti. terampil. : Aries Aprilian : Yani Rubaiah.Pd. Lomba Mewarnai Bendera Negara 2..M.MS..Pd. Panitia Penasihat Penanggungjawab Ketua Penyelenggara Sekretaris Bendahara Seksi-Seksi Koordinator Lomba Dokumentasi Hubungan Masyarakat Juri/Petugas Lomba a.MS. C. M. Lomba Permainan Puzzle 6. Lomba Estafet Bambu 3. 2. Lalan Maulana.MS. : : 1. Aning Sunarya. Lomba Mengenall Nama Pahlawan 4. MG.Pd. Laelasari. S. S. : Ketua Majelis Pembimbing Ranting Bojongpicung : Ketua Kwartir Ranting Bojongpicung : Agus Solihin.Pd.Pd. Mewarnai Bendera Negara 1. 2... Peserta Yang menjadi peserta dalam kegiatan ini adalah para Pramuka Siaga yang tersebar di gugus depan-gugus depan yang memiliki perindukan siaga se Kwartir Ranting Bojongpicung 2. Dedah Hasanah.6. S. Jenis Kegiatan Kegiatan Pesta Siaga ini berbentuk lomba-lomba yang menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.

S.. Nama Pahlawan 1. 2. S. 2. Rosmayati. Sugilar.Pd.. S. Sponsor Tunggal (Estimasi Pendapatan Rp4.Pd.000) Sponsor Tunggal sanggup menanggung seluruh biaya kegiatan.000 : Rp1. Sulaeman. S.MS. Mozaik/Bentuk Gambar 1.Pd. S. 2. Elan Suryana.325.000 : Rp875. Pengeluaran Administrasi dan Perlengkapan Konsumsi Transportasi dan Kebersihan Jumlah 2.000 Sponsorship merupakan sumber dana yang diperbolehkan dalam Gerakan Pramuka selama perjanjian sponsorship tersebut tidak melanggar Anggaran Dasar.Pd. S. Jalan di atas bambu 1.M.Pd. d.b.MG. D.I. 2.000 : Rp4. Suryati Kusumawati. S.. MG.I.800.MG. Sponsor Tunggal mendapatkan fasilitas sebagai berikut : . f.Pd. S. Warman.000. 2.Pd. A. Pemasukan 1.. RENCANA ANGGARAN BIAYA 1. Panitia Penyelengara tidak mencari sponsor yang lain. Ade Sugiman.. Teti Tauhidah. e. Sponsorship : Rp1. Permainan Puzzle 1. Lala Rosidah. S.MG. c.. Estafet Bambu 1. Setelah mendapatkan sponsor tunggal.M.000.Pd.MG. Dona Apriansyah.Pd.

Mendapatkan kavling logo perusahaannya dalam kartu tanda peserta dan kartu tanda panitia 3. Sponsor pendukung diberi fasilitas sebagai berikut : 1. Berhak memasang Spanduk. Mendapatkan kavling tempat berjualan di lokasi perkemahan 4.000-Rp3. Sponsor Pendukung (Estimasi Pendapatan Rp1. Berhak memasang Spanduk dan Baliho di lokasi perkemahan dan di sepanjang jalan menuju perkemahan. dan jargon perusahaannya yang disertai dengan lambang pramuka dan logo serta jargon kegiatan (Kaos diselenggarakan oleh sponsor) B. Sponsor utama mendapatkan fasilitas sebagai berikut : 1.1. Berhak melakukan promosi dalam bentuk audio visual di lokasi perkemahan 5. Banner Umbul-umbul dan Pamflet di seluruh tempat kegiatan dan di sepanjang jalan menuju tempat kegiatan (disediakan sponsor) 2. Baligo. produk. dan jargon perusahaannya yang disertai dengan lambang pramuka dan logo serta jargon kegiatan (Kaos diselenggarakan oleh sponsor) B.000) Sponsor utama sanggup menanggung 80-90% dari seluruh biaya kegiatan. 2. Baligo. Berhak mengeluarkan kaos kegiatan yang disertai dengan logo perusahaan.200. Mendapatkan kavling tempat berjualan di lokasi perkemahan.000-Rp2. Berhak melakukan promosi dalam bentuk audio visual di lokasi perkemahan 5.600. .000) Sponsor pendukung sanggup menanggung 30-50% dari seluruh biaya kegiatan. Mendapatkan kavling tempat berjualan di lokasi perkemahan 4. Berhak memasang Spanduk. Banner Umbul-umbul dan Pamflet di seluruh tempat kegiatan dan di sepanjang jalan menuju tempat kegiatan (disediakan sponsor) 2.000.200. Mendapatkan kavling logo perusahaannya dalam kartu tanda peserta dan kartu tanda panitia 3. Sponsor Utama (Estimasi Pendapatan Rp3. Berhak mengeluarkan kaos kegiatan yang disertai dengan logo perusahaan. produk. Mendapatkan kavling logo perusahaannya dalam kartu tanda peserta dan kartu tanda panitia 3.

Si. Drs.M. Sponsor Pendamping (Estimasi Pendapatan <= Rp800. Sponsor pendamping diberi fasilitas sebagai berikut : 1. Setiap orang diberikan kesempatan yang sebesar-besarnya untuk memberikan donasi yang tidak mengikat guna membiayai kegiatan ini.Pd. 30 Januari 2012 Kwartir Ranting Bojongpicung Ketua Wawan Iskandar.00348 Mengetahui Majelis Pembimbing Ranting Bojongpicung Ketua. Donatur Donatur adalah perseorangan dan atau lembaga yang bersimpati kepada Gerakan Pramuka. M. Ahmad Sutardi. Drs.000) Sponsor pendamping sanggup menanggung biaya 20 persen atau kurang dari seluruh biaya kegiatan..MG NTA. M. Donatur juga dikukuhkan sebagai anggota Kehormatan Gerakan Pramuka.M. Total Pemasukan dan Pengeluaran akan dilaporkan dalam bentuk laporan penggunaan dana yang akan disampaikan kepada Kwartir Ranting.. Kodrat Nugrahana.Pd .06. S. pengetahuan dan silaturahmi antar Pramuka se Kwartir Ranting Bojongpicung sehingga tujuan Gerakan Pramuka seperti yang termaktub dalam UU No 12 Tahun 2010 dan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka dapat terwujud. 0903. Donatur dan Masyarakat melalui media informasi E. Mendapatkan kavling logo perusahaannya dalam kartu tanda peserta dan kartu tanda panitia 2. Donatur diberikan Piagam Penghargaan sebagai tanda terima kasih. Sponsors. PENUTUP Kegiatan Pesta Siaga ini diharapkan menjadi sarana guna meningkatkan pengalaman.M.C.SD.Pd. Semoga proposal ini dapat dipahami dan dikabulkan sehingga kegiatan Pesta Siaga tersebut dapat dilaksanakan Bojongpicung. Ketua Harian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful