Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari Kompetensi Dasar : 5.

1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu FENOMENA ALAM benda yang dikenai gaya 5.2 Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari

OPEN

FENOMENA ALAM GERHANA HUJAN SUPERMOON ANGIN PUTING BELIUNG PETIR .

GerhanaGERHANA MATAHARI Matahari .

GERHANA BULAN .

dengan prakiraan jarak sekitar 356.567 mil).577 kilometer (221.SUPERMOON • Keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi. bulan super akan mengalami jarak terdekatnya dalam 18 tahun terakhir. .

Persyaratan utama terjadinya loncatan muatan elektron di awan dimulai dari pergerakan angin ke atas didalam awan cumulus yang kuat.Petir • Petir pada alam merupakan peristiwa alami loncatnya muatan muatan listrik diantara awan ke awan atau awan ke permukaan bumi. .

Titik-titik air yang tidak tertahan lagi oleh udara naik ke puncak awan. Hujan turun menimbulkan gaya gesek antara arus udara naik dan turun. Arus udara ini berputar semakin cepat.Angin Puting Beliung Dalam awan terjadi arus udara naik ke atas yang kuat. Temperatur massa udara yang turun ini lebih dingin dari udara sekelilingnya. . membentuk pusaran. Antara arus udara yang naik dan turun dapat timbul arus geser yang memuntir. mirip sebuah siklon yang “menjilat” bumi sebagai angin puting beliung.

Karena ukurannya. Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar. walaupun telah turun ke aras yang lebih rendah dengan suhu yang relatif hangat tidak semuanya mencair .Hujan Es proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air lewat dingin di atmosfer pada lapisan di atas freezing level.

Hujan Asam .