P. 1
Nilai Dan Norma

Nilai Dan Norma

|Views: 80|Likes:
Published by Amanda Apriani
mengenal nilai dan norma dalam kehidupan sehari-hari
mengenal nilai dan norma dalam kehidupan sehari-hari

More info:

Published by: Amanda Apriani on Jul 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/15/2012

pdf

text

original

Kelompok 2 1. Amanda Apriani (2) 2. Rifqi Fauzan Hakim (8) 3. Rizky Ayu Fatimah (14) 4. Ayu Larasati Anwar (20) 5.

Aulia Aza Carlos (26)

NILAI DAN NORMA SOSIAL

Kompetensi Dasar  1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat .

Indikator       1.4 Menjelaskan fungsi nilai sosial dan norma sosial 1.6. dan norma sosial 1. nilai sosial.2.2.5 Mengklasifikasi macam-macam nilai sosial dan norma sosial 1.1 Menjelaskan pengertian masyarakat.2.2. Mendeskripsikan macam-macam pelanggaran nilai-nilai dan norma dalam masyarakat . kebudayaan.2 Membedakan tipe-tipe masyarakat 1.3 Menjelaskan unsur-unsur kebudayaan 1.2.2.

3. Material 2. Fungsi Menetapkan harga diri Alat kontrol Alat solidaritas Arah berpikir dan bertingkah laku Memenuhi peranan sosial Daya ikat 1. Usage Folkways Mores Adat istiadat 1. 2. 4. 2. 5.Peta Konsep Masyarakat Nilai Norma Jenis 1. 3. Kerohanian . Vital 3. 4.

2.1 Menjelaskan pengertian masyarakat. kebudayaan. dan norma sosial     Masyarakat  sekelompok orang yang hidup bersama dan memiliki tujuan serta menghasilkan kebudayaan Kebudayaan  sesuatu hal yang dapat/akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide/gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia Nilai sosial  Nilai yang dianut oleh suatu masyarakat mengenai sesuatu yang dianggap baik dan buruk oleh masyarakat Norma sosial  Ukuran/pandangan tentang sejumlah tingkah laku yang diterima dan disepakati secara umum oleh masyarakat sesuai dengan latar kebudayaan yang berlaku .1. nilai sosial.

2 Tipe-tipe masyarakat      Tipe masyarakat pengumpul dan pemburu Tipe masyarakat peternak dan peladang Tipe masyarakat agraris Tipe masyarakat industri Tipe masyarakat pasca-industri .1.2.

1. ciptaan. dsb Sistem mata pencaharian hidup yaitu dari sistem nomaden hingga sistem food gathering Sistem religi yaitu sistem keyakinan/gagasan tentang tuhan. ruh-ruh. yaitu alat-alat produksi. Unsur kebudayaan dapat disimpulkan menjadi : Bahasa dan Simbol . atau naskah kuno Sistem pengetahuan. terdiri dari bahasa lisan. meliputi teknologi dan keterampilan dalam hal tersebut Organisasi sosial. pikiran. tertulis. dewa-dewa. dongeng/syair. yaitu corak prilaku manusia yang teroganisir secara sosial meliputi sistem kekerabatan/komunitas Sistem peralatan hidup dan teknologi.2. surga dan neraka Keseniain yaitu gagasan0gagasan.3 Unsur-Unsur Kebudayaan        Bahasa.

FUNGSI NILAI SOSIAL 1. nilai sosial mendorong. 3. 5.4.1.2. 2. 4. menonton. dan terkadang menekan manusia berbuat baik Sebagai sarana bagi solidaritas dikalangan anggota kelompok masyarakat Sebagai arah dalam berpikir dan bertingkah laku secara ideal dalam masyarakat Menjadi tujuan akhir bagi manusia dalam memenuhi –peranan-peranan sosialnya . Sebagai perangkat alat yang menentukan/menetapkan harga diri pribadi dan kelompok Sebagai alat pengawas dengan daya tekanan dan daya pengingat tertentu.

atau masyarakat untuk mencapai nilai-nilai Meruapakn aturan-aturan yang tumbuh dan hidup dalam masyarakat sebagai unsur pengikat dan pengendali manusia dalam hidup bermasyarakat . 2. 3.FUNGSI NORMA SOSIAL 1. kelompok. Merupakan faktor perilaku dalam suatu kelompok tertentu yang memungkinkan seseorang untuk menentukan terlebih dahulu bagaimana tindakannya akan dinilai orang lain Merupakan aturan dan sanksi-sanksi untuk mendorong seseorang.

2.NOTONEGORO Nilai material Nilai vital Nilai spiritual atau nilai rohani a. Nilai kebenaran atau empiris MENURUT INTENSITAS Nilai dominan (nilai yang dianggap lebih penting dari nilai lainnya) Mendarah daging (nilai yang telah menjadi kepribadian atau kebiasaan) 1. Nilai religius b. 3. 2. MACAM-MACAM NIALI SOSIAL .5. 1. Nilai estetika c. 2. Nilai moral d. MENURUT Prof.  1.

Yang melanggar akan mendapat sanksi yang keras dan diberlakukan untuk keteraturan. . Tata kelakuan (mores) : norma yang berkembang dari kebiasaan yang tidak semata-mata sebagai cara berperilaku tapi bahkan diterima sebagai norma pengatur Adat istiadat : tata kelakuan yang kekal integrasinya dengan pola-pola perilaku masyarakat. Kebiasaan (folkways) : cara-cara bertindak yang wajar dalam suatu kelompok atau masyarakat tertentu yang didasarkan adat kebiasaan masyarakat tersebut.MACAM-MACAM NORMA SOSIAL 1) 2) 3) 4) Usage (cara) : cara merupakan norma yang menunjuk pada suatu bentuk perbuatan dan memiliki kekuatan sangat lemah dibanding kebiasaan. Pelanggaran terhadapnya terhadapnya akan mendapat celaan dari individu yang dihubunginya.

1 Tanggal 2/10/2011 Pelanggaran Bersendawa di depan umum Makan sambil berdecak Norma Norma sosial Solusi Menegur orang tersebut bahwa yang dilakukannya tidak baik Menasehati bahwa perilaku tersebut tidak boleh dilakukan apalagi di hadapan orang yang lebih tua Menasehati untuk tidak melakukannya karena mengganggu orang lain 2 3/10/2011 Norma sosial 3 5/10/2011 Membunyikan peralatan makan ketika makan Norma sosial .MACAM-MACAM PELANGGARAN NILAI DAN NORMA No.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->