P. 1
MIKRO2

MIKRO2

|Views: 477|Likes:

More info:

Published by: Rio Cardhisson Sinaga on Jul 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/28/2013

pdf

text

original

MAKALAH TEORI EKONOMI MIKRO

EKONOMI MIKRO DAN KELANGKAAN

KELOMPOK 1 :
1. 2. 3. 4. FIRMAN PUGUH SETYO RIO SUWARNO EDDY FERIANTO CICILIA MEIKA PUSPITA SARI INDAH SURYANI (0813010075) (0813010055) (1113010072) (1113010085)

FAKULTAS EKONOMI- AKUNTANSI TH AJARAN 2011 / 2012 UPN “VETERAN” JATIM SURABAYA

Jelaskan peran ilmu ekonomi mikro dalam ilmu ekonomi makro! Ilmu ekonomi mikro menganalisis bagian-bagian yang dilakukan oleh unit-unit kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian. berikan contohnya? Ekonomi positif adalah pernyataan yang berkaitan dengan faktor-faktor yang berlaku di masyarakat. Ilmu ekonomi merupakan suatu studi mengenai upaya manusia memilih untuk memanfaatkan kelangkaan sumber daya alam guna menghasilkan berbagai komoditidan mendistribusikannya kepada berbagai anggota masyarakat untuk konsumsi mereka. Kegiatan ekonomi terdiri dari komoditi. Sebutkan dan jelaskan tujuan-tujuan kebijakan ekonomi! Untuk mengatasi masalah-masalah pokok ekonomi makro yang selalu timbul seperti halnya masalah pengangguran. Apakah beda antara ekonomi positif dan ekonomi normatif. Sebaliknya ilmu ekonomi makro merupakan analisis atas keseluruhan kegiatan perekonomian yang bersifat global dan tidak memperhatikan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam perekonomian. yang selalu tercipta dalam masyarakat yang kegiatan perekonomiannya terutama diatur oleh system pasar bebas. Sebagai contoh dari pernyataan positif adalah bilaman disuatu daerah terjadi musim kemarau yang . 2. Untuk memperbaiki keadaan distribusi pendapatan yang tidak merata. tetapi memiliki beberapa alternative penggunaan sehingga bisa memanfaatkan kelangkaan. distribusi dan konsumsi. masalah kenaikan harga-harga dan masalah penciptaan pertumbuhan ekonomi yang memuaskan. Untuk menjamin agar factor-faktor produksi digunakan dan dialokasikan keberbagai kegiatan ekonomi secara efisien. 3. Apakah yang menjadi permasalahan pokok setiap perekonomian? Pertumbuhan ekonomi Ketidakstabilan perkembangan ekonomi Masalah pengangguran Masalah inflasi Ketidakseimbangan neraca perdagangan dan pembayaran 4. 5. Sebutkan dan jelaskan variable-variabel dari definisi di atas! Dari definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa ilmu ekonomi menyangkut hal-hal: Ekonomi sangat erat kaitannya dari perilaku individu dan masa Adanya sumber daya alam yang langka.1. Pemahaman konsep-konsep teori ekonomi mikro dan aplikasinya dalam ekonomi dan bisnis memungkinkan para pelaku ekonomi untuk membuat keputusan yang optimal.

Berikan contoh kasus keseharian yang terkait dengan ilmu ekonomi makro! Masa-masa sekarang banyak sekaliu pengangguran dan juga inflasi. pemerintah memiliki salah satu jalan keluar yaitu kebijakan fiskal. Untuk mengatasi masalah tersebut. 6. kita akan di hadapkan dengan beberapa pilihan yang akan mendesak kita untuk membuat keputusan. 7. Berikan contoh kasus keseharian yang terkait dengan ilmu ekonomi mikro! Pada saat kita ingin membeli barang di suau pasar atau swalayan. . Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan orang perlu memikirkan cara yang terbaik untuk melakukan kegiatannya? Faktor – faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor lingkungan. Yang mana adalah langkah-langkah pemerintah dan mengubah struktur dan jumlah pajak dan pengeluarannya dengan maksud untuk mempengaruhi tingkat kegiatan perekonomian dengan harapan jalan keluar tersebut dapat mengurangi pengangguran. Apakah yang dimaksud dengan opportunity cost? Opportunity cost adalah konsekuensi pilihan yang diambil.panjang mengakibatkan produksi beras di daerah tersebut merosot tajam. 8. faktor keadaan. Dalam konteks ini biaya tidak hanya sekedar uang yang dibayarkan tetapi juga alternativealternatif korban yang mungkin timbul dari suatu aktivitas. Oleh karena itu kebenaran pernyataan normatif tidak dapat dibuktikan dengan melihat kenyataan. Opportunity cost menggambarkan biaya eksplisit dan implicit yang terkait dengan penggunaan beberapa sumber daya dalam suatu cara tertentu. maka tanpa adanya pasokan beras dari daerah lain akan mengakibatkan harga beras di daerah tersebut naik. Pernyataan normatif adalah suatu pandangan subyektif yang dipengaruhi oleh banyak faktor seperti ahlinya faktor filsafat. kebudayaan dan keagamaan. 9. Dalam situasi ini yang seperti inilah Ilmu Ekonomi Mikro dapat di gunakan yaitu konsumen membuat keputusan pembelian dan bagaimana pilihan-pilihan mereka terpengaruh oleh perubahan harga-harga komoditas dan pendapatan. faktor pertimbangan manfaat dari kegiatan tersebut.

11. Sebutkan dan jelaskan tiga persoalan pokok dalam perekonomian! a. barang modal (mesin. 13. *Barang public adalah barang yang digunakan untuk keperluan orang banyak contohnya lampu lalu lintas. termasuk pula ukuran dari barang dan jasa yang akan di buaat. Statistika berperan sebagai alat analisis untuk mengumpulkan fakta dan kebenaran teori ekonomi. Apakah beda antara barang ekonomi dan barang publik? *Barang ekonomi adalah barang yang memerlukan usaha untuk memperolehnya dan biasanya barang ekonomi dipergunakan oleh masing-masing individu. Barang ekonomi bisa dibedakan lagi menjadi barang konsumsi (makanan. karet. pakaian. minyak kelapa sawit). gandum. peralatan bengkel) dan barang setengah jadi (tepung. Jelaskan peran grafik dalam teori ekonomi? Grafik berperan untuk memperlihatkan hubungan variable-variabel ekonomi secara visual dan juga untuk mengetahui tingkat atau jumlah antara permintaan dan penawaran dalam periode ekonomi tertentu. Matematika juga berperan untuk mempermudah dalam penghitungan seluruh kegiatan ekonomi. Apakah peranan matematika dan statistika dalam ekonomi? Matemtika berfungsi untuk menyatakan hubungan antara variable-variabel yang terkait dalam suatu fungsi matematis. Bagaimana cara memproduksi barang dan jasa tersebut (how) Berkaitan dengan siapa yang akan memproduksi. 12. kapan akan di produksi. b. Barang dan jasa apa yang diproduksi (what) Berkaitan dengan pertanyaan berapa banyaknya barang dan jasa harus di buat. dengan gabungan faktor-faktor produksi yang mana serta dengan tekhnik produksi yang bagaimana yang dapat digunakan untuk menghasilkan produk tersebut.10. . sepeda motor). barang dan jasa pa yang harus di buat. mercusuar dan jalan raya.

serta bagaimana mendistribusikan produk-produk yang di buat. Mengapa “apa yang di produksi” dan “untuk siapa” merupakan suatu masalah dalam perekonomian? Karena merupakan akibat langsung dari ketidakmampuan sumber-sumber daya yang tersedian untuk memproduksi semua barang dan jasa yang di butuhkan masyarakat karena keterbatasannya serta bagaimana mendistribusikan produk-produk yang di buat. 15. Ceteris paribus perlu di gunakan untuk kegiatan ekonomi dan kehidupan perekonomian yang sangat kompleks sehingga harus di buat gambaran yang lebih sederhana mengenai hubungan suatu peristiwa dengan factor. Apa yang dimaksud dengan ceteris paribus dan mengapa ceteris paribus perlu digunakan! Ceteris paribus adalah hal-hal lain yang tidak mengalami perubahan dan merupakan satu syarat penting untuk membuat suatu teori. .c.factor yang mempengaruhinya dan penyederhanaan tersebut di lakukan dengan membuat pemisalan-pemisalan. 14. Untuk siapa barang dan jasa tersebut di produksi(for whom) Berkaitan dengan siapa yang akan menikmati dan memperoleh manfaat barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->