P. 1
Makhluk Hidup

Makhluk Hidup

|Views: 16,545|Likes:
Published by lawangsewu

More info:

Published by: lawangsewu on Jan 10, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT or read online from Scribd
See more
See less

06/23/2014

original

Makhluk Hidup

Lilis Nuryani K. Universitas Pendidikan Indonesia

Apa saja yang termasuk makhluk hidup?
Manusia, hewan, dan tumbuhan termasuk makhluk hidup. Bagaimanakah ciri-ciri makhluk hidup? Ciri-ciri makhluk hidup adalah : D.Memerlukan makanan, E. Bergerak, F. Tumbuh, G.Berkembang biak, H.bernafas dan I. Menerima dan menaggapi rangsang rangsang.

A. Makhluk hidup memerlukan makanan
Makanan dibutuhkan oleh manusia untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Makanan diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan tenaga. Bila tidak makan tubuh kita akan terasa lemas. Jenis makanan yanh dimakan oleh manusiaada yang berasal dari hewan dan ada yang berasal dari tumbuhan.

Makanan yang berasal dari hewan dapat berupa : b. Daging c. Telur d. Ikan e. Susu Makanan yang berasal dari tumbuhan dapat dikelompokan menjadi 3 kelompok, yaitu : h. Kelompok biji-bijian seperti :padi, jagung, dan gandum. i. Kelompok sayuran seperti kangkung, kol, labu siam, bayam, wortel, terung, dan lain-lain. j. Kelompok buah-buahan misalnya mangga, pisang, rambutan, jeruk, belimbing, semangka, dan lain-lain.

Bagaimana tumbuhan memperoleh makanan? Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri. Bahan yang digunakan berupa air dan garam mineral yang diserap oleh akar dari dalam tanah. Proses pembuatan makanan pada tumbuhan terjadi pada daun.

Hewan juga memerlukan makanan. Ada hewan pemakan tumbuhan, hewan pemakan daging atau hewan lain, ada hewan pemakan keduannya.

• Hewan pemakan tumbuhan disebut Herbivora, contohnya sapi, burung, kambing, zarafah dan lain – lain. • Hewan pemakan daging atau disebut karnivora, contohnya singa, buaya, harimau, ular, anjing dan lain – lain. • Hewan pemakan daging dan tumbuhan disebut omnivora, contohnya kucing

A. Makhluk hidup bergerak
Semua makhluk hidup dapat bergerak. Misalnya, manusia dapat berjalan, duduk, berlari, dan lain-lain. Hewan juga dapat bergerak. Ada yang bergerak menggunakan kaki, sayap, sirip, atau perut. Bagaimana tumbuhan bergerak? Gerak tumbuhan tidak berpindah tempat, tetap tumbuhan bergerak ketika batang atau daunnya bergoyang ditiup angin atau bergerak mengikuti arah datangnya rangsang, misalnya sinar matahari.

A. Makhluk hidup tumbuh
Manusia sejak bayi mengalami pertumbuhan hingga tubuhnya berubah menjadi besar danbertambah berat. Tumbuhan juga mengalami pertumbuhan. Mulai dari kecil hingga bertambah tinggi dan bertambah besar. Bagaimana pertumbuhan yang dialami oleh hewan? Sama seperti manusia dan tumbuhan dari yang asalnya kecil menjadi besar, susunan tubuhnya pun mengalami perubahan.

A. Makhluk hidup berkembang biak.
• Manusia berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya. • Hewan berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan. • Tumbuhan berkembang biak dengan beberapa cara, antara lain: d) Dengan biji dan tunas, e) Dengan cara setek, f) Dengan cara okulasi, g) Dengan cara cangkok dan h) Dengan akar tinggal

A. Makhluk hidup bernafas
Pada saat bernafas, kita menghirup udara yang mengandung oksigen dan menghembuskan udara yang mengandung karbon dioksida.Manusia bernafas dengan menggunakan paru- paru. Bagaimana tumbuhan dan hewan bernafas? Tumbuhan bernafas melalui seluruh permukaan tubuhnya, udara dapat masuk melalui mulut daun [stomata], pori – pori kulit batang [lentisel] dan melalui akar.

Hewan juga bernafas, yaitu menghirup dan mengembuskan udara. Hewan bernafas dengan bermacam cara, contoh: • Hewan menyusui bernafas dengan paru-paru seperti kucing, singa, sapi, kuda, dan lain – lain. • Ikan bernafas dengan insang seperti ikan mas, mujair, dan lain – lain. • Katak dewasa bernafas dengan paru – paru dan kulit, ketika masih menjadi berudu, katak bernafas dengan insang. • Serangga, seperti kupu – kupu, nyamuk, dan lalat bernafas dengan trakea. • Cacing bernafas melalui permukaan kulit.

A. Makhluk hidup menerima dan menanggapi rangsang
Ketika tangan atau kakimu secara tidak sengaja menyentuh benda panas, maka secara cepat pasti kamu akan menarik tangan atau kakimu. Artinya , kamu menerima dan menanggapi rangsang panas yang mengenai sebagian anggota tubuhnmu. Contoh pada tumbuhan putri malu yang disentuh dengan ujung jari, maka daun putri malu perlahan – lahan akan menguncup. Tapi beberapa saat kemudian daun putri malu tadi akan kembali tegak seperti semula. Apakah hewan menerima dan menaggapi rangsang? Ternyata hewanpun dapat menerima rangsang berupa cahaya, suara, bau atau sentuhan. Contoh seekor cacing kita letakan diatas tanah yang terkena cahaya matahari, maka cacing itu akan menggeliat – geliat karena kepanasan.

TERIMA KASIH SELAMAT BELAJAR

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->