P. 1
Bahan Kuliah Bahasa Indonesia

Bahan Kuliah Bahasa Indonesia

|Views: 117|Likes:
Published by Antoni Desain

More info:

Published by: Antoni Desain on Jul 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/16/2012

pdf

text

original

BAHASA INDONESIA

FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN

SILABUS SATUAN ACARA PERKULIAHAN ACARA PRAKTIK/PRAKTIKUM

SUGIHASTUTI FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS GADJAH MADA 2011

SILABUS Program Studi / Fak : Teknologi Pertanian Mata Kuliah Kode MK SKS Dosen : Bahasa Indonesia : : : Dra. Sugihastuti, M.S.

I. Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah bahasa Indonesia berisi peranti-peranti kebahasaan yang menunjang kompetensi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Kompetensi yang diharapkan adalah kecakapan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai pendukung utama kecakapan mahasiswa dalam melaksanakan tugas keilmuan. Kecakapan tersebut menunjuk pada kemampuan menggunakan bahasa Indonesia ragam baku-ilmiah dalam penulisan karya ilmiah. Jadi, titik fokusnya bukan pada penulisan karya ilmiah, melainkan pemakaian bahasa ragam baku-ilmiah untuk menulis karya ilmiah. Secara garis besar, perkuliahan ini mencakup hal-hal berikut: (1) ejaan dalam penulisan karya ilmiah, (2) diksi dalam penulisan karya ilmiah, (3) kalimat efektif dalam penulisan karya ilmiah, (4) paragraf efektif dalam penulisan karya ilmiah, (5) perencanaan karangan ilmiah, (6) penyuntingan karya tulis ilmiah dan konvensi dalam penulisan karangan ilmiah. Selain dimensi tulis seperti disebutkan itu terdapat pula dimensi lisan dari perkuliahan ini, yakni presentasi dan diskusi dalam wahana ilmiah.

II. Standar Kompetensi Mahasiswa memiliki pengetahuan dan sikap positif terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa nasional, dan mampu menggunakan secara baik dan benar untuk mengungkapkan pemahaman, rasa kebangsaan dan cinta tanah air, dan untuk berbagai keperluan dalam bidang ilmu, teknologi. (Sesuai SK. Dikti No. 43/DIKTI/Kep/2006, pasal 3, ayat (2) c, dengan adaptasi seperlunya)

III. Analisis Instruksional:

KMK : KD1  KD2  KD3  KD4  KD5  KD6  KD7  KD8  KD9  KD10  KD11  KD12
Catatan: KD : Kompetensi dasar KMK : Kompetensi mata kuliah Tanda  : Menunjukkan bahwa antara KD ke-1 dan KD ke-2 dan seterusnya memiliki hubungan linier

IV. Strategi Perkuliahan A. Tatap Muka 1. Kuliah tatap muka di ruang kelas 2. Diskusi interaktif di ruang kelas 3. Presentasi makalah oleh mahasiswa 4. Latihan B. Non-Tatap Muka 1. Tugas kelompok 2. Tugas individu

V. a. b. c. d. e.

Sumber Bahan Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka.

VI.

Penilaian 25 % 25 % 25 % 25 %

1.Hasil pengamatan perkembangan motivasi, sikap mahasiswa, dan evaluasi tugas-tugas mahasiswa 2.Presentasi dan keaktifan di kelas 3.UTS 4.UAS

VII. Ming gu ke
1

Kegiatan Perkuliahan Kompetensi Dasar
Mahasiswa mampu memahami arti, fungsi, peran, dan ragam-ragam dalam bahasa Indonesia. (KD1)

Indikator
Mahasiswa dapat menyebutkan dengan benar arti, fungsi, peran, dan ragamragam bahasa dalam bahasa Indonesia.

Materi Pokok
Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pengalaman Belajar
Mahasiswa membaca, merangkum, mempresentasikan,dan mendiskusikan hasil rangkuman di depan para mahasiswa. Dosen mengarahkan dan memimpin diskusi. Mahasiswa dan dosen bersamasama mengevaluasi hasil belajar. Keterampilan: -Kognitif K 1 = memahami, K3 = menganalisis, K4 = mengevaluasi - Psikomotorik - Afektif A 1 = kreatif A2 = konsisten

Penilaian
Latihan

Sumber Bahan
Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

2 dan Mahasiswa mampu menggunakan huruf 3 kapital, huruf miring, dan tanda-tanda baca untuk menulis kata, frasa, dan kalimat berdasarkan ejaan baku dalam penulisan karya ilmiah. (KD2 dan KD3)

Mahasiswa dapat menyebutkan kegunaan huruf kapital, huruf miring, dan tanda-tanda baca untuk menulis kata, frasa, dan kalimat dengan benar berdasarkan ejaan baku dalam karya ilmiah.

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahasiswa membaca  dan mempelajari EYD, mengerjakan latihan-  latihan dan kasus-kasus dalam menggunakan EYD.

Tugas kelompok di rumah Kertas kerja hasil kelompok di rumah

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka.

Dosen memimpin dan mengarahkan mahasiswa Sugihastuti. 2009. Editor mendiskusikan kasuskasus Bahasa. Cet-2. pemakaian ejaan dalam Yogyakarta: Pustaka karya tulis ilmiah. Pelajar. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka. Mahasiswa dan dosen mengevaluasi hasil belajar. Keterampilan: -Kognitif K1 = memahami, K2 = mengaplikasi, K4 = mengevaluasi - Psikomotorik - Afektif A 1 = kreatif A2 = konsisten

4 dan Mahasiswa mampu menerapkan kelas-kelas 5 kata, frasa, dan klausa yang tepat dalam menyusun kalimat baku untuk penulisan karya ilmiah. (KD4 dan KD5)

Mahasiswa dapat mengaplikasikan pemakaian kelas kata, frasa, dan klausa secara tepat untuk menyusun kalimat baku dalam penulisan karya imiah.

Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahasiswa membaca dan merangkum kelas kata, macam-macam frasa, dan klausa, serta  mengerjakan kasuskasus kata, frasa,  klausa, dan kalimat dalam karya tulis ilmiah. Dosen memimpin dan mengarahkan diskusi dan menyiapkan kasuskasus untuk latihan dan tugas mandiri siswa. Mahasiswa dan dosen mengevaluasi hasil belajar. Keterampilan: -Kognitif K 1 = memahami, K2 = mengaplikasi, K3 = menganalisis, K4 = mengevaluasi - Psikomotorik - Afektif A 1 = kreatif A2 = konsisten

Latihan

Tugas kelompok di rumah Kertas kerja hasil kelompok di rumah

Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

7, Mahasiswa mampu menyusun kalimat efektif dan 8 dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar untuk menulis karya imiah. (KD6) 6,

Mahasiswa menguasai ciri-ciri kalimat efektif untuk mengidentifikasi kalimat-kalimat efektif dan tidak efektif dalam karya ilmiah.

Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahasiswa berlatih menemukan/mengi dentifikasi kesalahan kesalahan kalimat yang diambil dari teks-teks autentik karya tulis, dan kemudian membetulkannya. Dosen memberikan teks autentik karya tulis ilmiah untuk dicermati kebakuan dan efektivitas kalimat kalimatnya. Dosen dan mahasiswa mengevaluasi hasil belajar Keterampilan: -Kognitif K1 = memahami, K2 = mengaplikasi, K3 = menganalisis, K4 = mengevaluasi - Psikomotorik - Afektif

Latihan

 

Tugas kelompok di rumah Kertas kerja hasil kelompok di rumah

Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

A 1 = kreatif A2 = konsisten

UJIAN TENGAH SEMESTER: Materi 1-6; Model soal ujian: Mengidentifikasi kasus-kasus kebahasaan dalam karya tulis ilmiah (ejaan, diksi, kata, frasa, kalimat) yang diambil secara autentik dari karya tulis-karya tulis tertentu, menunjukkan bentuk benarnya, dan memberikan justifikasi/alasan atas pembetulan tersebut. 7, Mahasiswa mampu menyusun kalimat efektif dan 8 dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar untuk menulis karya ilmiah. (KD8) 6, Mahasiswa menguasai ciri-ciri kalimat efektif untuk mengidentifikasi kalimat-kalimat efektif dan tidak efektif dalam karya ilmiah.

Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahasiswa berlatih menemukan/ mengidentifikasi kesalahan-kesalahan kalimat yang diambil  dari teks-teks autentik karya tulis, dan  kemudian membetulkannya. Dosen memberikan teks autentik karya tulis ilmiah untuk dicermati kebakuan dan efektivitas kalimatkalimatnya. Dosen dan mahasiswa mengevaluasi hasil belajar. Keterampilan: -Kognitif K 1 = memahami, K2 = mengaplikasi,

Latihan

Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tugas kelompok di rumah Kertas kerja hasil kelompok di rumah

9, Mahasiswa mampu menyusun paragraf efektif dan yang memperhatikan dimensi-dimensi 10 koherensi dan kohesi, serta teknik-teknik pengembangan paragraf yang benar untuk menyusun karya tulis. (KD8, KD9 dan KD 10) 8,

Mahasiswa dapat menyebutkan ciri-ciri paragraf efektif, teknik-teknik pengembangannya, ciri kohesi dan koherensinya, serta mengaplikasikannya dalam menyusun karya tulis.

Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan.

K3 = menganalisis, K4 = mengevaluasi - Psikomotorik - Afektif A 1 = kreatif A2 = konsisten Mahasiswa berlatih mengidentifikasi paragraf-paragraf efektif dalam sebuah teks ilmiah dan  menyusun paragraf efektif berdasarkan ide pokok tertentu yang  diberikan dosen. Dosen memberikan teks autentik karya tulis ilmiah untuk dicermati kohesi dan koherensi paragrafnya, teknikteknik pengembangannya. Dosen dan mahasiswa mengevaluasi hasil belajar. Keterampilan: -Kognitif K 1 = memahami, K2 = mengaplikasi,

Latihan

Tugas kelompok di rumah Kertas kerja hasil kelompok di rumah

Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan.

K3 = menganalisis, K4 = mengevaluasi - Psikomotorik - Afektif A 1 = kreatif A2 = konsisten 11 dan 12 Mahasiswa mampu merencanakan karangan ilmiah, merumuskan masalah karangan, judul karangan, tema karangan, dan kerangka karangan ilmiah, draf karya ilmiah, serta menyunting dimensidimensi kebahasaan karya ilmiah. (KDI I dan KD 12) Mahasiswa dapat membuat perencanaan karangan, merumuskan tema karangan, merumuskan judul karangan, dan membuat kerangka, dan mampu menyunting dimensidimensi kebahasaan karya ilmiah sendiri yang baru saja dibuatnya.

Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka.

Mahasiswa mempelajari sub-bab ihwal penyusunan perencanaan karangan, perumusan masalah,  perumusan judul dan tema karangan serta kerangka karangan  ilmiah yang baik, merangkum hal-hal penting dalam sub-bab tersebut, kemudian mencoba berlatih merumuskannya sendiri dan membuat draf karya tulis tersebut, dilanjutkan dengan mencermati dan menyunting karangan ilmiah yang telah disusun berdasarkan perencanaan tersebut atas bimbingan dosen. Dosen mendiskusikan materi-materi itu dengan

Latihan

Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tugas kelompok di rumah Kertas kerja hasil kelompok di rumah

para mahasiswa, mengarahkan diskusi, dan membuat beberapa penegasan. Dosen dan mahasiswa mengevaluasi hasil belajar. Keterampilan: -Kognitif K 1 = memahami, K2 = mengaplikasi, K3 = menganalisis, K4 = mengevaluasi - Psikomotorik - Afektif A 1 = kreatif A2 = konsisten 13 Mahasiswa mampu menyusun draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan. (KD 13) Mahasiswa dapat menyusun karangan dengan baik.

Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi4. Jakarta: Balai Pustaka.

Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan

Mahasiswa membaca, Latihan mengidentifikasi cara penyusunan draf  Tugas kelompok di karangan, merevisi draf rumah karangan, dan finalisasi  Kertas kerja hasil karangan.

Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sugihastuti.

kelompok di rumah

Dosen dan mahasiswa mengevaluasi hasil belajar. Keterampilan:

Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka.

-Kognitif K 1 = memahami, K2 = mengaplikasi, K3 = menganalisis, K4 = mengevaluasi - Psikomotorik - Afektif A 1 = kreatif A2 = konsisten

2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi4. Jakarta: Balai Pustaka.

14

Mahasiswa mampu menyusun draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan. (KD 14)

Mahasiswa dapat menyusun karangan dengan baik.

Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan

Mahasiswa membaca, mengidentifikasi cara penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan. Dosen dan mahasiswa mengevaluasi hasil belajar. Dosen dan mahasiswa

Latihan  Tugas kelompok di rumah  Kertas kerja hasil kelompok di rumah

Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sugihastuti.

Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka.

mengevaluasi hasil belajar. Keterampilan: -Kognitif K 1 = memahami, K2 = mengaplikasi, K3 = menganalisis, K4 = mengevaluasi - Psikomotorik - Afektif A 1 = kreatif A2 = konsisten

2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi4. Jakarta: Balai Pustaka.

15

Mahasiswa mampu membedakan karya ilmiah akademik dan karya ilmiah populer dalam bahasa Indonesia. (KD 15)

Mahasiswa dapat mengenali ciri-ciri karya ilmiah akademik dan karya ilmiah populer dalam bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan

Mahasiswa membaca dan mengidentifikasi tahap-tahap karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik. Dosen dan mahasiswa mengevaluasi hasil belajar. Keterampilan: -Kognitif

Latihan  Tugas kelompok di rumah  Kertas kerja hasil kelompok di rumah

Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sugihastuti.

Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka.

K 1 = memahami, K2 = mengaplikasi, K3 = menganalisis, K4 = mengevaluasi - Psikomotorik - Afektif A 1 = kreatif A2 = konsisten

2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi4. Jakarta: Balai Pustaka. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sugihastuti. 2007. Bahasa

16

Mahasiswa mampu membedakan karya ilmiah akademik dan karya ilmiah populer dalam bahasa Indonesia. (KD 16)

Mahasiswa dapat mengenali ciri-ciri karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2.

Mahasiswa membaca dan mengidentifikasi tahap-tahap karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik Dosen dan mahasiswa mengevaluasi hasil belajar. Keterampilan: -Kognitif K 1 = memahami,

Latihan  Tugas kelompok di rumah  Kertas kerja hasil kelompok di rumah

Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka.

K2 = mengaplikasi, K3 = menganalisis, K4 = mengevaluasi - Psikomotorik - Afektif A 1 = kreatif A2 = konsisten

Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi4. Jakarta: Balai Pustaka.

Satuan Acara Perkuliahan Mata Kuliah Kode Semester Bobot Pertemuan : : : : : Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Satu

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu menjelaskan ragam-ragam bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, terutama ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah. Indikator Mahasiswa mampu menjelaskan ragam-ragam bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, terutama ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah. Materi Pokok Bahasa Indonesia baik dan benar, ragam baku-tidak baku, dan ragam ilmiah-tidak ilmiah. Kegiatan Perkuliah Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang berbagai definisi ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (15 menit). 2. Mahasiswa membaca, merangkum, dan mempresentasikan hasil rangkuman tersebut di depan para mahasiswa (10 menit). 3. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang berbagai alasan diperlukannya ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (15 menit). Kegiatan Inti 1. Mahasiswa membaca definisi ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (5 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (15 menit). 3. Mahasiswa secara individual menemukan berbagai alasan diperlukannya ragam baikbenar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (10 menit). 4. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi terhadap definisi ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (20 menit). 5. Mahasiswa secara bersama-sama di dalam kelompok, menemukan fungsi-fungsi dengan adanya ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (15 menit). 6. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan definisi ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (15menit).

Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat tentang ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiahtidak ilmiah serta alasan diperlukannya hal ini (5 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (5 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah mengenai ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (3 menit). Sumber Belajar a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka.

Penilaian 1. Pertanyaan lisan mengenai ragam-ragam bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, terutama ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah. 2. Tes tertulis esai mengenai ragam-ragam bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, terutama ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah. 3. Portofolio: mengumpulkan tugas tentang ragam-ragam bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, terutama ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah.

Satuan Acara Perkuliahan

Mata Kuliah Kode Semester Bobot Pertemuan

: : : : :

Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Dua

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu menjelaskan ragam-ragam bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, terutama ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah. Indikator Mahasiswa mampu menjelaskan ragam-ragam bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, terutama ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah. Materi Pokok Bahasa Indonesia baik dan benar, ragam baku-tidak baku, dan ragam ilmiah-tidak ilmiah. Kegiatan Perkuliahan Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang berbagai definisi ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (15 menit). 2. Mahasiswa membaca, merangkum, dan mempresentasikan hasil rangkuman tersebut di depan para mahasiswa (10 menit). 3. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang berbagai alasan diperlukannya ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (15 menit). Kegiatan Inti 1. Mahasiswa membaca definisi ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (5 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (15 menit). 3. Mahasiswa secara individual menemukan berbagai alasan diperlukannya ragam baikbenar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (10 menit). 4. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi terhadap definisi ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (20 menit). 5. Mahasiswa secara bersama-sama di dalam kelompok, menemukan fungsi-fungsi dengan adanya ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (15 menit). 6. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan definisi ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (15 menit).

Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat tentang ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiahtidak ilmiah serta alasan diperlukannya hal ini (5 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (5 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah mengenai ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah (3 menit). Sumber Belajar a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka. Penilaian 1. Pertanyaan lisan mengenai ragam-ragam bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, terutama ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah. 2. Tes tertulis esai mengenai ragam-ragam bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, terutama ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah. 3. Portofolio: mengumpulkan tugas tentang ragam-ragam bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, terutama ragam baik-benar, baku-tidak baku, dan ilmiah-tidak ilmiah.

Satuan Acara Perkuliahan

Mata Kuliah Kode Semester Bobot Pertemuan

: : : : :

Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Tiga

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu. Indikator Mahasiswa mampu menjelaskan cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan. Materi Pokok Pemilihan kata yang tepat (diksi). Kegiatan Perkuliahan Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (15 menit). 2. Mahasiswa membaca, merangkum, dan mempresentasikan hasil rangkuman mengenai cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu tersebut di depan para mahasiswa (10 menit). 3. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang berbagai alasan diperlukannya cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (15 menit). Kegiatan Inti 1. Mahasiswa membaca definisi tentang cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (5 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis mengenai cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (15 menit). 3. Mahasiswa secara individual menemukan berbagai alasan diperlukannya cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (10 menit ). 4. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi terhadap cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (20 menit). 5. Mahasiswa secara bersama-sama di dalam kelompok, menemukan cara memilih katakata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (15 menit). 6. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan definisi mengenai cara-cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (15 menit).

Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat tentang cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (5 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (5 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah mengenai cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (3 menit). Sumber Belajar a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka.

Penilaian 1. Pertanyaan lisan mengenai cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu. 2. Tes tertulis esai mengenai cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu. 3. Portofolio: mengumpulkan tugas tentang cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu.

Satuan Acara Perkuliahan Mata Kuliah Kode Semester Bobot Pertemuan : : : : : Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Empat

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu. Indikator Mahasiswa mampu menjelaskan cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan. Materi Pokok Pemilihan kata yang tepat (diksi). Kegiatan Perkuliahan Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (15 menit). 2. Mahasiswa membaca, merangkum, dan mempresentasikan hasil rangkuman mengenai cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu tersebut di depan para mahasiswa (10 menit). 3. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang berbagai alasan diperlukannya cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (15 menit). Kegiatan Inti 1. Mahasiswa membaca definisi tentang cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (5 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis mengenai cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (15 menit). 3. Mahasiswa secara individual menemukan berbagai alasan diperlukannya cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (10 menit). 4. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi terhadap cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (20 menit). 5. Mahasiswa secara bersama-sama di dalam kelompok, menemukan cara memilih katakata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (15 menit). 6. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan definisi mengenai cara-cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (15 menit).

Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat tentang cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (5 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (5 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah mengenai cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu (3 menit). Sumber Belajar a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka. Penilaian 1. Pertanyaan lisan mengenai cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu. 2. Tes tertulis esai mengenai cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu. 3. Portofolio: mengumpulkan tugas tentang cara memilih kata-kata yang tepat (diksi) untuk tujuan penulisan tertentu.

Satuan Acara Perkuliahan Mata Kuliah Kode Semester Bobot Pertemuan : : : : : Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Lima

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu menyusun kalimat efektif dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Indikator Mahasiswa mampu menyusun kalimat efektif dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Materi Pokok Kalimat efektif dalam bahasa Indonesia. Kegiatan Perkuliahan A. Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang kalimat efektif (10 menit). 2. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (10 menit). 3. Mahasiswa menjelaskan tentang penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan katakata tertentu (10 menit). 4. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan penyusunan kalimat efektif (15 menit). B. Kegiatan Inti 1. Mahasiswa membaca tentang penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu yang diberikan dosen (15 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (20 menit). 3. Mahasiswa secara individual menemukan tentang penyusunan penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (10 menit). 4. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi terhadap penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (30 menit). 5. Mahasiswa secara bersama-sama di dalam kelompok, menemukan tentang cara penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata (15 menit). 6. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan tentang penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata (15 menit).

C. Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (5 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan tentang penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (5 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah mengenai penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (5 menit). Sumber Belajar a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka. Penilaian 1. Pertanyaan lisan mengenai penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu. 2. Tes tertulis esai mengenai penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu. 3. Portofolio: mengumpulkan tugas tentang penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu.

Satuan Acara Perkuliahan Mata Kuliah Kode Semester Bobot Pertemuan : : : : : Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Enam

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kopetensi Dasar Mahasiswa mampu menyusun kalimat efektif dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Indikator Mahasiswa mampu menyusun kalimat efektif dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Materi Pokok Kalimat efektif dalam bahasa Indonesia. Kegiatan Perkuliahan A. Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang kalimat efektif (10 menit). 2. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (10 menit). 3. Mahasiswa menjelaskan tentang penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan katakata tertentu (10 menit). 4. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan penyusunan kalimat efektif (15 menit). B. Kegiatan Inti 1. Mahasiswa membaca tentang penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu yang diberikan dosen (15 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (20 menit). 3. Mahasiswa secara individual menemukan tentang penyusunan penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (10 menit). 4. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi terhadap penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (30 menit). 5. Mahasiswa secara bersama-sama di dalam kelompok, menemukan tentang cara penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata (15 menit). 6. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan tentang penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata (15 menit). C. Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (5 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan tentang penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (5 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah mengenai penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu (5 menit).

Sumber Belajar . a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka. Penilaian 1. Pertanyaan lisan mengenai penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu. 2. Tes tertulis esai mengenai penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu. 3. Portofolio: mengumpulkan tugas tentang penyusunan kalimat efektif dengan menggunakan kata-kata tertentu.

Satuan Acara Perkuliahan Mata Kuliah Kode Semester Bobot Pertemuan : : : : : Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Tujuh

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu menyusun paragraf efektif dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Indikator Mahasiswa mampu menyusun paragraf efektif dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Materi Pokok Paragraf efektif dalam bahasa Indonesia. Kegiatan Perkuliahan A. Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (10 menit). 2. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang penyusunan paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (10 menit). 3. Mahasiswa menjelaskan tentang komponen-komponen paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (5 menit). 4. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (5 menit). B. Kegiatan Inti 1. Mahasiswa membaca tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia yang diberikan dosen (10 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis komponen-komponen tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (15 menit). 3. Mahasiswa secara individual menganalisis tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (10 menit). 4. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (20 menit). 5. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (15 menit).

C. Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (5 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (5 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (3 menit). Sumber Belajar a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka. Penilaian 1. Pertanyaan lisan mengenai paragraf efektif dalam bahasa Indonesia. 2. Tes tertulis esai mengenai paragraf efektif dalam bahasa Indonesia. 3. Portofolio: mengumpulkan tugas tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia.

Satuan Acara Perkuliahan Mata Kuliah Kode Semester Bobot Pertemuan : : : : : Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Delapan, Sembilan, dan Sepuluh

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu menyusun paragraf efektif dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Indikator Mahasiswa mampu menyusun paragraf efektif dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Materi Pokok Paragraf efektif dalam bahasa Indonesia. Kegiatan Perkuliahan A. Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (10 menit). 2. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang penyusunan paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (10 menit). 3. Mahasiswa menjelaskan tentang komponen-komponen paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (5 menit). 4. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (5 menit). B. Kegiatan Inti 1. Mahasiswa membaca tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia yang diberikan dosen (10 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis komponen-komponen tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (15 menit). 3. Mahasiswa secara individual menganalisis tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (10 menit). 4. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (20 menit). 5. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (15 menit). C. Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (5 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (5 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia (3 menit).

Sumber Belajar a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka. Penilaian 1. Pertanyaan lisan mengenai paragraf efektif dalam bahasa Indonesia. 2. Tes tertulis esai mengenai paragraf efektif dalam bahasa Indonesia. 3. Portofolio: mengumpulkan tugas tentang paragraf efektif dalam bahasa Indonesia.

Satuan Acara Perkuliahan Mata Kuliah Kode Semester Bobot Pertemuan : : : : : Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Sebelas

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu merumuskan masalah karangan, tema karangan, dan kerangka karangan. Indikator Mahasiswa mampu merumuskan masalah dan tema karangan dan menyusun kerangka karangan dengan baik. Materi Pokok Masalah karangan, tema, dan kerangka karangan. Kegiatan Perkuliahan A. Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang masalah karangan, tema, dan kerangka karangan (15 menit). 2. Mahasiswa menjelaskan masalah karangan, tema, dan kerangka karangan (15 menit). 3. Mahasiswa menjelaskan fungsi dan tujuan pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (15 menit). 4. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (15 menit). B. Kegiatan Inti 1. Mahasiswa membaca pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan yang diberikan dosen (10 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (20 menit). 3. Mahasiswa secara individual menemukan fungsi dan tujuan pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (10 menit). 4. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (20 menit). 5. Mahasiswa secara bersama-sama di dalam kelompok, menemukan proses pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (15 menit). 6. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan tentang pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (15 menit).

C. Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat fungsi dan tujuan pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (5 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan fungsi dan tujuan pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (10 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah mengenai pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (5 menit). Sumber Belajar a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka. Penilaian 1. Pertanyaan lisan mengenai fungsi dan tujuan pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan. 2. Tes tertulis esai mengenai proses pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan 3. Portofolio : mengumpulkan tugas tentang pembuatan karangan tema dan kerangka karangan

Satuan Acara Perkuliahan Mata Kuliah Kode Semester Bobot Kelompok Pertemuan : : : : : : Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Dua Belas

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu merumuskan masalah karangan, tema karangan, dan kerangka karangan. Indikator Mahasiswa mampu merumuskan masalah dan tema karangan dan menyusun kerangka karangan dengan baik. Materi Pokok Masalah karangan, tema, dan kerangka karangan. Kegiatan Perkuliahan A. Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang masalah karangan, tema, dan kerangka karangan ( 15 menit). 2. Mahasiswa menjelaskan masalah karangan, tema, dan kerangka karangan (15 menit). 3. Mahasiswa menjelaskan fungsi dan tujuan pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (15 menit). 4. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (15 menit). B. Kegiatan Inti 1. Mahasiswa membaca pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan yang diberikan dosen (10 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (20 menit). 3. Mahasiswa secara individual menemukan fungsi dan tujuan pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (10 menit). 4. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (20 menit). 5. Mahasiswa secara bersama-sama di dalam kelompok, menemukan proses pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (15 menit). 6. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan tentang pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (15 menit).

C. Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat fungsi dan tujuan pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (5 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan fungsi dan tujuan pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (10 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah mengenai pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan (5 menit). Sumber Belajar a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka. Penilaian 1. Pertanyaan lisan mengenai fungsi dan tujuan pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan. 2. Tes tertulis esai mengenai proses pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan. 3. Portofolio: mengumpulkan tugas tentang pembuatan karangan, tema, dan kerangka karangan.

Satuan Acara Perkuliahan Mata Kuliah Kode Semester Bobot Pertemuan : : : : : Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Tiga Belas

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu menyusun draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan. Indikator Mahasiswa mampu menyusun karangan dengan baik. Materi Pokok Draf karangan dan finalisasinya. Kegiatan Perkuliahan A. Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (10 menit). 2. Mahasiswa menjelaskan tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (10 menit). 3. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (15 menit). B. Kegiatan Inti 1. Mahasiswa membaca tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (10 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (15 menit). 3. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi terhadap penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (20 menit). 4. Mahasiswa secara bersama-sama di dalam kelompok, menemukan cara penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (15 menit). 5. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (15 menit). C. Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (10 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (15 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah mengenai penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (10 menit).

Sumber Belajar a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka. Penilaian 1. Pertanyaan lisan mengenai penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan. 2. Tes tertulis esai mengenai penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan. 3. Portofolio: mengumpulkan tugas tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan.

Satuan Acara Perkuliahan Mata Kuliah Kode Semester Bobot Pertemuan : : : : : Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Empat Belas

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu menyusun draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan. Indikator Mahasiswa mampu menyusun karangan dengan baik. Materi Pokok Draf karangan dan finalisasinya. Kegiatan Perkuliahan A. Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (10 menit). 2. Mahasiswa menjelaskan tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (10 menit). 3. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (15 menit). B. Kegiatan Inti 1. Mahasiswa membaca tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (10 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (15 menit). 3. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi terhadap penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (20 menit). 4. Mahasiswa secara bersama-sama di dalam kelompok, menemukan cara penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (15 menit). 5. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (15 menit). C. Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (10 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (15 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah mengenai penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan (10 menit).

Sumber Belajar a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka. Penilaian 1. Pertanyaan lisan mengenai penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan. 2. Tes tertulis esai mengenai penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan. 3. Portofolio: mengumpulkan tugas tentang penyusunan draf karangan, merevisi draf karangan, dan finalisasi karangan.

Satuan Acara Perkuliahan Mata Kuliah Kode Semester Bobot Pertemuan : : : : : Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Lima Belas

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan nemperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu membedakan karya ilmiah akademik dan karya ilmiah populer dalam bahasa Indonesia. Indikator Mahasiswa mengenali ciri-ciri karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia. Materi Pokok Karya ilmiah akademik dan karya ilmiah populer. Kegiatan Perkuliahan A. Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (5 menit). 2. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang alasan perlunya karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (5 menit). 3. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang tipe-tipe karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (5 menit). 4. Mahasiswa menjelaskan tentang tipe-tipe karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (10 menit ). 5. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan tentang karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (5 menit). B. Kegiatan Inti 1. Mahasiswa membaca tentang tahap-tahap penyusunan karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia yang diberikan dosen (5 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis tahap-tahap karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (10 menit). 3. Mahasiswa secara individual menganalisis tentang karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (10 menit). 4. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi terhadap tahap-tahap karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (20 menit). 5. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan kriteria karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (15 menit).

C. Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat tahap-tahap karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (5 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (5 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah mengenai karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (3 menit). Sumber Belajar a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka.

Penilaian 1. Pertanyaan lisan mengenai tahap-tahap penyusunan karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia. 2. Tes tertulis esai mengenai kriteria karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia. 3. Portofolio: mengumpulkan tugas tentang karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia.

Satuan Acara Perkuliahan Mata Kuliah Kode Semester Bobot Pertemuan : : : : : Bahasa Indonesia I 2 SKS/2 JP Enam Belas

Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun kalimat yang efektif, paragraf yang efektif, dan karya ilmiah akademis yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan tata tulis dan ketentuan-ketentuan ejaan yang berlaku. Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu membedakan karya ilmiah akademik dan karya ilmiah populer dalam bahasa Indonesia. Indikator Mahasiswa mengenali ciri-ciri karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia. Materi Pokok Karya ilmiah akademik dan karya ilmiah populer. Kegiatan Perkuliahan A. Apersepsi 1. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (5 menit). 2. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang alasan perlunya karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (5 menit). 3. Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen tentang tipe-tipe karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (5 menit). 4. Mahasiswa menjelaskan tentang tipe-tipe karya ilmiah popular dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (10 menit). 5. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan tentang karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (5 menit). B. Kegiatan Inti I . Mahasiswa membaca tentang tahap-tahap penyusunan karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia yang diberikan dosen (5 menit). 2. Mahasiswa secara individual menganalisis tahap-tahap karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (10 menit). 3. Mahasiswa secara individual menganalisis tentang karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (10 menit). 4. Mahasiswa secara bergantian di dalam kelompok (5 orang), melaporkan hasil identifikasi terhadap tahap-tahap karya ilmiah popular dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (20 menit). 5. Mahasiswa bersama dosen menyimpulkan kriteria karya ilmiah popular dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (15 menit).

C. Penutup 1. Seluruh mahasiswa mencatat tahap-tahap karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (5 menit). 2. Mahasiswa dengan dipandu dosen merefleksikan karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (5 menit). 3. Mahasiswa mencatat tugas rumah mengenai karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia (3 menit). Sumber Belajar a. Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Tidak Diterbitkan. b. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. c. Sugihastuti. 2007. Bahasa Laporan Penelitian. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. d. Sugihastuti. 2009. Editor Bahasa. Cet-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. e. Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Balai Pustaka. Penilaian l. Pertanyaan lisan mengenai tahap-tahap penyusunan karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia. 2. Tes tertulis esai mengenai kriteria karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia. 3. Portofolio: mengumpulkan tugas tentang karya ilmiah populer dan karya ilmiah akademik dalam bahasa Indonesia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->