BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang
“Pada sekarang ini masih banyak masyarakat yang belum menikmati air

yang bersih untuk keperluan hidupnya sehari-hari. Air bersih dimana pun, baik di kota maupun di pedesaan, merupakan kebutuhan utama untuk menyasarati kehidupan dan penghidupan manusia, dilihat dari segi kesehatan dan lain-lainnya” 1. Definisi Air adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Dalam semua aspek kehidupan, air merupakan komponen yang mutlak harus tersedia baik sebagai komponen utama maupun sebagai komponen pendukung. Usaha pemenuhan kebutuhan air dalam kehidupan sehari–hari dapat dilakukan dengan memanfaatkan kondisi alam dan hukum dasar fisika ataupun dengan memanfaatkan peralatan mekanis hasil karya manusia. Karena sesuai dengan hukum fisika, air akan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Jadi bagi mereka yang tinggal di daerah seperti itu, tinggal membuat jalur-jalur perpipaan untuk mengalirkan air ke rumah–rumah mereka. Sedangkan bagi masyarakat yang berada jauh dari sumber air atau berada padadaerah yang lebih tinggi dari pada sumber air, dapat menggunakan peralatan mekanis untuk membantu dalam penyediaan air. Pompa adalah peralatan mekanis yang telah digunakan dari generasi ke generasi untuk membantu transport air dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi atau dari satu tempat ke tempat lain dengan jarak tertentu. Pompa adalah peralatan mekanis untuk mengubah energi mekanik dari mesin penggerak pompa menjadi energi tekan fluida yang dapat membantu memindahkan fluida ke tempat yang lebih tinggi elevasinya.

1

Zuhdi, Pompa Apung Otomatik (Jakarta : Pustaka Antara), hlm 77

1

3 Pembatasan Masalah Sebagai pembahasan. otomatis ini digunakan dalam aplikasi kendali mesin pompa. Cara kerja pompa air. Dalam penggunaan alat ini bertujuan untuk mempermudah penggunaan tenaga manusia tanpa harus mengambil air di sumur.2 Identifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang di atas. dalam hal ini di guankan pompa air listrik menggunakan sensor. pompa juga dapat digunakan untuk memindahkan fluida ke tempat dengan tekanan yang lebih tinggi atau memindahkan fluida ke tempat lain dengan jarak tertentu.2 Selain itu. 1. kajian akan dibatasi hanya pada rangkaian pompa air yaitu : - Pemasangan komponen pompa air Cara kerja pompa air Penggunaan pompa air Perawatan pompa air Mengatasi masalah pada pompa air 1. Cara pearawatan pompa air Cara mengatasi masalah pada pompa air. Cara penggunaaan pompa air. permasalahan yang dihadapi dalam mesin pompa air ini adalah : Proses pemasangan pompa air Estimasi biaya pemasangan pompa air. 1.4 Tujuan Penulisan .

.5 Metode Pengumpulan Data Cara dan sumber data yang dilakukan guna menyelesaikan tugas akhir ini antara lain yaitu: 1.Memasang dan mengetahui sistem kerja mesin pompa air listrik type PC-380 EA 1. Mendiskusikan dan berkonsultasi dengan teman-teman dari perguruan tinggi lainnya. Jurusan Teknin Mesin Universitas Negeri Jakarta. Pembahasannya seperti latar belakang. pembatasan masalah.3 Tujuan dari penulisan ini antara lain sebagai berikut : 1. internet. Mendiskusikan dan berkonsultasi dengan dosen pembimbing di kampus.6 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut: BAB I : PENDAHULUAN Bab pendahuluan ini akan menjelaskan hal-hal yang bersifat pembuka pada suatu karya tulis. . tujuan penulisan. 2. 2.Pengaplikasian ilmu yang di dapat di bangku perkuliahan. 3. Tujuan Objektif . 1. catatan selama melakukan perkuliahan di Universitas Negeri Jakarta. sumber-sumber pendataan dan sistematika penulisan karya tulis. Tujuan Subyektif . Mempelajari data-data dari buku pelajaran maupun buku aplikasi .Sebagai salah satu syarat kelulusan Program Studi Diploma III.

4 BAB II : LANDASAN TEORI Pada bab ini akan menjelaskan tentang dasar-dasar teori yang berhubungan dengan mesin pompa air listrik. . proses pengujian serta hasil pengujian dari alat yang telah dibuat. mengecek kondisi fisik mesin pompa air. pemasangan peralatan mesin pompa air listrik. penggunaan pompa air. BAB V : PENUTUP Memberikan kesimpulan dan saran mengenai perancangan tugas akhir ini. BAB IV : HASIL PERANCANGAN Bab ini membahas hasil perancangan. BAB III : METODOLOGI PERANCANGAN Bab ini menguraikan proses perancangan. konstruksi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful