P. 1
Modul 1 kls X

Modul 1 kls X

|Views: 986|Likes:
Published by Marshel Piliano

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Marshel Piliano on Jul 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2012

pdf

text

original

MODUL 1 BIOLOGI KELAS X

BIOLOGI DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN
DISUSUN OLEH: ENDANG SAFARIYANI, S.Si

2011

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

0

SMA NEGERI

1 SITIUNG, KABUPATEN DHARMASRAYA

1. BIOLOGI DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN

2. VIRUS DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN

3. ORGANISME PROKARIOTIK DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN 4. PROTISTA DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN

BIOLOGI KELAS X

MODUL

5. KINGDOM FUNGI DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN

6. KEANEKARAGAMAN HAYATI

7. KINGDOM PLANTAE DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN 8. KINGDOM ANIMALIA DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN 9. EKOSISTEM

10. PERMASALAHAN LINGKUNGAN DAN UPAYA MENGATASINYA

Keterangan : Modul yang sedang anda pelajari Modul yang ada pada Biologi kelas X

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

1

PETUNJUK

PETUNJUK UMUM
Pahami arti tanda gambar berikut ini. Pendahuluan Tanda ini menunjukkan bahwa anda akan menemukan informasi tentang gambaran umum isi modul.

Tujuan Pembelajaran Tanda ini menunjukkan bahwa anda akan menemukan informasi tentang hal-hal Yang akan dicapai setelah mempelajari modul ini.

Lembar Informasi Tanda ini menunjukkan bahwa anda menemukan informasi yang menjadi isi dari Modul ini.

Lembar Kerja Tanda ini menunjukkan bahwa anda akan mengerjakan pekerjaan baik teori Maupun praktek.

Lembar Latihan Tanda ini menunjukkan bahwa anda diminta untu mengerjakan soal-soal latihan.

Lembar Kunci Jawaban Latihan Tanda ini menunjukkan jawaban atas soal-soal latihan.

Lembar Evaluasi Tanda ini menunjukkan soal-soal evaluasi yang harus diselesaikan.

Pustaka Acuan Tanda ini menunjukkan daftar buku-buku yang menjadi acuan dalam modul ini.

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

2

PETUNJUK UNTUK GURU Bacalah seluruh isi modul. Jelaskan kepada siswa tentang cara menggunakan modul. Jika ada ralat, jelaskan terlebih dahulu sebelum siswa menggunakan modul. Jelaskan tentang hal-hal yang ditanyakan oleh siswa. Ambil kunci jawaban evaluasi sebelum modul dibagikan pada siswa. PETUNJUK UNTUK SISWA Bacalah seluruh modul secara global sebelum anda mempelajarinya. Baca lembar informasi. Lakukan kegiatan pada lembar kerja. Jawab lembar latihan pada kertas yang disediakan. Cocokkan hasil latihan anda dengan lembar jawaban latihan. Konsultasikan pada guru pembimbing jika anda menemui kesulitan. Jawab lembar evaluasi pada kertas yang disediakan dan tanyakan pada guru pembimbing jika terdapat pertanyaan yang tidak dipahami.

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

3

BIOLOGI DAN PERANANNYA Disusun Oleh: Endang Safariyani, S.Si DALAM KEHIDUPAN

PENDAHULUAN

Di dalam kehidupan sehari-hari, manusia senantiasa berinteraksi dengan berbagai jenis makhluk hidup. Interaksi tersebut memicu rasa ingin tahu manusia terhadap sesuatu tentang makhluk hidup dan kehidupannya. Pernahkah kalian berpikir mengapa tumbuhan memiliki daun yang berwarna hijau? Dan meskipun sama-sama berdaun hijau, mengapa bentuk dan ukurannya berbeda-beda? Itu adalah contoh keingintahuan terhadap objek biologi yang berupa tumbuhan. Setelah membaca uraian ini, diharapkan dapat menjelaskan ruang lingkup biologi, objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan, serta mampu melakukan kerja ilmiah dan bersikap ilmiah. Selain itu kalian diharapkan dapat menjelaskan karakteristik biologi dan peranannya dalam kehidupan

TUJUAN PEMBELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI 1. Memahami hakikat biologi sebagai ilmu KOMPETENSI DASAR 1.1Mengidentifikasi ruang lingkup biologi. 1.2Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, system organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma. INDIKATOR PEMBELAJARAN Menjelaskan ruang lingkup ilmu biologi. Menunjukkan kedudukan biologi dengan ilmu lain. Menunjukkan keterkaitan biologi dengan ilmu lain. Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan biologi. Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai bioma. Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.. Memberikan alternatif pemecahan masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan. Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah. Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah. Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

4

PETUNJUK KEGIATAN BELAJAR Untuk dapat memahami tujuan yang dimasud dalam modul ini, maka kegiatan yang perlu anda lakukan adalah: 1. Membaca keseluruhan modul ini secara global. 2. Membaca lembar informasi tentang Biologi dan peranannya dalam kehidupan 3. Melakukan kegiatan pada lembar kerja. 4. Menjawab lembar latihan. 5. Mencocokkan hasil lembar latihan pada lembar jawaban latihan. 6. Mengkonsultasikan kepada guru apabila mengalami kesulitan.

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

5

LEMBAR INFORMASI

A. BIOLOGI SEBAGAI ILMU
1. Biologi Merupakan Ilmu Pengetahuan Alam Biologi merupakan ilmu yang mempelajari makhluk hidup mulai dari molekul-molekul penyusun makhluk hidup, sel, jaringan, organ, dan tingkatan yang lebih tinggi biologi adalah ilmu multi disipliner yang membutuhkan pengetahuan kimia, fisika, dan matematika. Sehingga bio logi modern adalah gabungan dari banyak ilmu alam. Selain itu, dari seluruh bidang sains, biologi adalah ilmu yang paling berhubungan dengan kemanusiaan dan ilmu-ilmu sosial. Biologi dikatakan sebagai ilmu karena mempunyai objek kajian dan metode ilmiah. Objek kajian yang dimaksud yakni objek material dan objek formal. Objek material merupakan bahan atau materi yang dibahas, sedangkan objek formal merupakan cara memandang sesuatu atau hal yang dipandang. Objek material biologi adalah makhluk hidup dan makhluk yang pernah hidup (fosil). Sedangkan objek formalnya yaitu struktur, fungsi, dan interaksi makhluk hidup. Untuk membuktikan kebenarannya, ilmu biologi juga memiliki suatu metode khusus yang sistematis. Metode tersebut biasa disebut sebagai metode ilmiah 2. Metode Ilmiah dalam Mempelajari Biologi a. Kerja Ilmiah Dalam mempelajari biologi kita menggunakan metode ilmiah, yaitu serangkaian kegiatan atau tahapan tertentu yang dilakukan secara sistematis. Tahapan dalam metode ilmiah adalah menemukan permasalahan, mengajukan hipotesis, melakukan percobaan untuk menguji hipotesis, menarik kesimpulan, dan membuat laporan percobaan Setelah menemukan jawaban suatu permasalahan melalui serangkaian tahapan ilmiah, maka untuk mengkomunikasikan hasil penelitian tersebut, sebuah laporan ilmiah harus ditulis. Di dalam penulisannya, laporan ilmiah harus menggunaan bahasa yang ilmiah dan sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penulisannya juga harus sistematis. Pengetahuan dapat dikatakan ilmiah jika memenuhi empat syarat yaitu objektif, metodik, sistematik, dan berlaku umum. 1. Objektif, yaitu sesuai dengan objeknya yang dapat dibuktikan dengan pengamatan, tidak didasarkan atas persepsi peneliti/orang lain. 2. Metodik, yaitu pengetahuan itu didapatkan dengan melakukan cara-cara tertentu yang teratur dan terkontrol. 3. Sistematik, yaitu tersusun dalam sistem (tidak berdiri sendiri) yang saling berkaitan dengan pengetahuan lain sehingga dapat menjelaskan sesuatu secara menyeluruh. 4. Berlaku umum, yaitu pengetahuan itu berlaku untuk semua orang dan dapat dibuktikan oleh siapa pun dengan langkah-langkah yang sama. Agar Anda lebih mengerti mengenai langkah-langkah dalam metode ilmiah, perhatikan bagan berikut.

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

6

Menarik kesimpulan
Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

7

Sistematika penulisannya sebagai berikut:

b. Sikap Ilmiah Sikap ilmiah tersebut meliputi kemampuan membedakan fakta dan opini, sikap berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, kemampuan mengembangkan rasa ingin tahu, kepedulian terhadap lingkungan, kemampuan berpendapat secara ilmiah dan kritis, serta keberanian mengusulkan suatu pemecahan masalah dan bertanggung jawab terhadap usulannya. 3. Perkembangan Biologi Aristoteles (384-322 SM) merupakan orang yang pertama kali meletakkan dasar ilmu biologi pada zaman Yunani. Ia mengemukakan sebuah teori tentang asal muasal makhluk hidup dari benda mati yang dikenal dengan teori abiogenesis atau generatio spontanea. Kemudian pada abad ke-13 M, tepatnya tahun 1668, Fransisco Redi melalui percobaannya meluruskan pendapat Aristoteles yang telah muncul sejak belasan abad sebelum masanya dengan mengajukan teori bio - genesis. Dengan teorinya, Redi menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga. Teori tersebut diperkuat oleh Lanzzaro Spallanzani (1765). Setelah itu, biologi semakin berkembang dengan ditemukannya mikroskop oleh Anthony van Leeuwenhoek. Penemuan mikroskop tersebut mendukung penemuan sel oleh Robert Hook. Teori Hook tentang sel kemudian disempurnakan oleh Th eodor Schwann dan Matthias Schleiden (1938-1939). Perkembangan berikutnya adalah munculnya teori evolusi yang dikemukakan oleh Charles Darwin (1809-1882) yang mengetengahkan teori evolusi melalui seleksi alam dalam buku Th e origin of species atau Asal Usul Spesies. Selanjutnya berkembang ilmu yang mempelajari pewarisan sifat makhluk hidup (genetika), dipelopori oleh George Mendel (1822-1884). Contoh penerapan genetika adalah dalam dunia kedokteran, yaitu terapi gen Biologi terus berkembang seiring penelitian dan penemuan-penemuan baru. Terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, contohnya adalah perkembangan mikroskop Dengan dukungan teknologi lain, kajian bio logi pun mengalami perkembangan, sehingga muncullah penemuan-penemuan baru seperti dalam biologi molekuler, dan bioteknologi

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

8

B. RUANG LINGKUP DAN PERANAN BIOLOGI
1. Objek dan Permasalahan Biologi Biologi mempelajari makhluk hidup (organisme). Setiap makhluk hidup tersusun atas sel. Ada makhluk hidup yang hanya terdiri atas satu sel (uniseluler), misalnya Amoeba. Ada pula makhluk hidup yang terdiri atas banyak sel (multiseluler), misalnya tumbuhan dan hewan. Di dalam organisme multiseluler, sel-sel yang sejenis berkumpul membentuk jaringan, kumpulan jaringan membentuk organ, dan organorgan tersebut membentuk sistem organ, serta sistem organ menyusun organisme. Satu unit organisme disebut individu, contohnya adalah satu pohon mangga, seekor burung dara, atau seorang anak. Individuindividu yang sejenis bila berkumpul pada tempat dan waktu tertentu akan membentuk populasi, contohnya adalah populasi pohon mangga, populasi burung dara, dan populasi anak. Kumpulan individu tersebut disebut populasi apabila berada pada tempat dan waktu yang sama. Beberapa populasi bila berkumpul pada waktu dan tempat yang sama akan membentuk komunitas. Apabila komunitaskomunitas tersebut berinteraksi dengan lingkungan, maka akan membentuk ekosistem. Contoh ekosistem adalah ekosistem kolam, ekosistem sungai, ekosistem laut, ekosistem sawah, dan ekosistem hutan. Kumpulan dari berbagai komunitas pada setiap zona habitat disebut bioma. Kesemua bioma yang ada di bumi atau semua zona kehidupan di bumi disebut biosfer (lapisan kehidupan).

Gambar : Hirarki structural biosains (mulai dari atom, molekul, sel, jaringan, organ, organisme, populasi, ekosistem, bioma,dan biosfer)

Berbagai tingkat organisasi kehidupan memiliki permasalahan yang menarik untuk dipelajari. Jadi, biologi tidak hanya mempelajari sosok luar makhluk hidup, tetapi juga sampai tingkat sel atau biomolekul. Bahkan sisa-sisa makhluk hidup jutaan tahu yang lalu yang telah menjadi fosil pun tetap dipelajariBerbagai permasalahan dalam kehidupan adalah ruang lingkup biologi. Pada tingkat organ misal nya, terjadinya kanker kulit merupakan kajian biologi. Contoh lain adalah permasalahan biologi yang berupa gangguan populasi, misalnya badak bercula satu di Ujung Kulon yang saat ini hampir punah 2. Cabang-Cabang Biologi

Gambar : Cabang-cabang Biologi

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

9

Cabang-cabang Biologi berdasarkan kajiannya

Cabang-cabang Biologi berdasarkan kelompok makhluk hidup kajiannya

3.Manfaat dan Bahaya Biologi bagi Kehidupan Manfaat Biologi bagi kehidupan o Pemanfaatan biologi dalam bidang kehutanan, misalnya dalam peningkatan daya guna hutan, penelitian di bidang agroforestri, maupun konservasi. o Di bidang pertanian, biologi berperan dalam penemuan bibit unggul yang tahan hama, cepat panen, hasil panen tinggi, sehingga kebutuhan manusia akan pangan dapat terpenuhi. Dengan biologi pula manusia dapat mempelajari berbagai jenis hama dan penyakit tanaman serta bagaimana penularannya, sehingga manusia dapat menemukan cara untuk mengatasinya. o Di bidang gizi, contoh sumbangsih biologi adalah ditemukannya jenis-jenis makanan yang baik dan mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengembangkan pengetahuan biologi, para ahli farmasi dapat menemukan berbagai macam obat, vaksin, ataupun anti bakteri. Dengan demikian, kesehatan manusia dapat ditingkatkan dan dapat menurunkan angka kematian. o Pemanfaatan biologi dalam kedokteran juga memberikan sumbangsih yang sangat mencengangkan, terutama dengan perkembangan di bidang bioteknologi. Sebagai contoh, penemuan transplantasi gen dan teknik bayi tabung maupun cloning membuat manusia kagum dan memiliki harapan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupannya. o Bidang konservasi peran biologi adalah dalam terjaganya kelestarian flora dan fauna. Bahaya Biologi bagi Kehidupan o Melalui pengetahuan biologi, dan didukung kemajuan ilmu dan teknologi, manusia dapat mengeksploitasi kekayaan alam dengan tanpa batas. Ini berbahaya, sebab keseimbangan alam akan terganggu. o Dengan alasan meningkatkan penghasilan keluarga, para petani mengganti tanaman pekarangan yang beraneka ragam dengan satu tanaman tertentu (pertanian monokultur) yang memiliki sifat
Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

10

o

unggul dan bernilai ekonomi tinggi. Akibatnya, keanekaragaman hayati yang ada akan mengalami penurunan. Pemberantasan hama dan pemupukannya pun dapat berdampak pada pencemaran lingkungan, apabila dilakukan melebihi kebutuhan. Berita yang paling mutakhir dan sangat mengerikan yakni penggunaan senjata biologi di dalam peperangan. Sejenis mikrobia pathogen disebarkan dengan cara tertentu sehingga bibit penyakit yang dibawa bakteri tersebut dapat tertularkan. Contohnya adalah Bacillus antracis yang merupakan penyebab penyakit antraks. Apabila senjata biologis yang berisi bakteri tersebut diluncurkan ke suatu wilayah, maka penduduk di wilayah tersebut akan mengalami pandemi penyakit antraks.

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

11

LEMBAR KERJA

Diskusikanlah dengan teman satu kelompokmu! Akhir-akhir ini volume kendaraan, terutama sepeda motor, di setiap kota semakin meningkat. Kita dapat melihatnya ketika berada di perempatan jalan saat lampu merah. Pada saat itu, polusi udara di daerah tersebut yang ditimbulkan oleh asap kendaraan sangat tinggi. Tentunya, hal ini dapat membahayakan kesehatan pengendara motor tersebut dan masyarakat di sekitarnya. Biologi sebagai ilmu yang berlaku universal dan mampu memecahkan permasalahan secara ilmiah,dituntut untuk berperan serta dalam menangani masalah ini. Berdasarkan hal tersebut, jawablah pertanyaan berikut ini. a. Menurut Anda, apakah peranan Biologi dalam usaha menangani masalah tersebut? b. Cabang Biologi apa saja dan ilmu apa saja yang terlibat dalam usaha penanganan masalah tersebut? c. Penyakit apa yang dapat timbul dari permasalahan di atas?

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

12

LEMBAR LATIHAN l Pilihlah satu jawaban yang paling tepat. 1. Yang bukan merupakan alasan biologi dikatakan sebagai ilmu adalah .... a. hukum-hukumnya bersifat universal b. banyak orang yang ingin mempelajarinya c. mempunyai objek kajian dan metode ilmiah d. dapat dipikirkan secara logika e. bermanfaat bagi kehidupan 2. Objek material yang dikaji dalam biologi adalah .... a. makhluk hidup saja b. makhluk hidup dan jasad renik c. makroorganisme dan mikroorganisme d. makhluk hidup dan yang pernah hidup e. makhluk hidup dan makhluk tidak hidup 3. Hal pokok yang membedakan biologi dengan ilmu-ilmu lainnya adalah .... a. objek dasarnya d. metode yang digunakan b. objek formalnya e. pengetahuan yang mendasari c. objek materialnya 4. Ruang lingkup biologi yang dalam pengkajiannya memerlukan alat bantu berupa mikroskop, misalnya .... a. atom dan molekul d. sel saja b. organel, sel, dan jaringan e. organ c. bioma dan biosfer 5. Seorang dokter mencatat pada seorang pasien terdapat gejala: suhu tubuh cenderung tinggi selama 3 hari terakhir, ada keluhan mual dan sakit di ulu hati, keluar darah dari hidung (mimisan), keluar bintik-bintik merah pada permukaan kulit. Hasil pemeriksaan laboratorium trombosit sangat rendah. Berdasarkan gejala tersebut ditegaskan diagnosis pasien terserang penyakit DBD (deman berdarah dengue), yang penyebarannya melalui perantara nyamuk. Perilaku nyamuk penyebab DBD merupakan persoalan biologi pada tingkat .... a. individu d. ekosistem b. populasi e. biosfer c. komunitas 6. Berbagai upaya untuk peningkatan produksi pangan diantaranya dilakukan dengan penyilangan berbagai varietas padi untuk mendapatkan bibit padi unggul. Penyilangan-penyilangan ini merupakan penerapan cabang .... a. anatomi d. genetika b. morfologi e. ekologi c. fisiologi 7. Salah satu manfaat biologi yang paling mendasar bagi manusia adalah .... a. jumlah penemuan biologi yang semakin banyak b. mampu mengurangi dan meredakan permasalahan lingkungan c. lahirnya ahli-ahli biologi yang berkecimpung di berbagai kehidupan d. makin bertambahnya manusia yang mencintai ilmu biologi e. lahirnya sikap manusia yang peduli pada kehidupan diri dan makhluk lainnya 8. Penemuan penyebab suatu penyakit merupakan salah satu peran Biologi dalam bidang .... a. kesehatan
Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

13

b. Parasitologi c. kedokteran d. Genetika e. Virologi 9. Berikut yang bukan merupakan peran Biologi dalam bidang pertanian, yaitu .... a. ditemukannya bibit yang unggul b. mampu mengendalikan hama tanpa pestisida c. ditemukan bibit tanaman yang mampu dipanen beberapa kali dalam setahun d. ditemukan hama yang dapat berkembang biak cepat e. ditemukan biopestisida yang aman bagi lingkungan 10. Contoh dampak negatif dari Biologi dalam kehidupan ini adalah .... a. ditemukannya teknik rekayasa genetik b. mampu membuktikan garis keturunan melalui tes DNA c. ditemukannya antibiotik untuk suatu penyakit d. teknik cangkok untuk memperbaiki jaringan yang rusak e. digunakannya senjata biologis sebagai pemusnah massal

Petunjuk 1. Cocokkanlah jawaban anda dengan lembar jawaban 2. Bila jawaban anda telah mencapai 80 % anda dapat meneruskan kelembar evaluasi . 3. Bila jawaban anda kurang dari 80% anda harus mengulangi lembar informasi ini.

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

14

LEMBAR EVALUASI

B Kerjakan soal-soal berikut dengan benar. 1. 2. 3. 4. 5. Sebutkan contoh peranan Biologi yang positif bagi kehidupan ini. Jelaskan tahapan-tahan kerja dalam mempelajari biologi. Mengapa laporan ilmiah diperlukan? Jelaskan ruang lingkup biologi. Jelaskan tingkat organisasi kehidupan. Berikan contoh objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat tersebut. 6. Mengapa biologi memiliki berbagai cabang ilmu? Jelaskan. 7. Sebutkan 5 contoh cabang biologi dan apa yang dipelajari di dalamnya. Apabila kalian bercitacita menjadi dokter, cabang biologi apa saja yang harus dikuasai? 8. Sebutkan dan jelaskan manfaat dan bahaya biologi dalam kehidupan.

Petunjuk 1. Cocokkanlah jawaban anda dengan lembar jawaban. 2. Bila jawaban anda telah mencapai 80 % anda dapat meneruskan kelembar informasi/kemodul berikutnya. 3. Bila jawaban anda kurang dari 80% anda harus mengulangi lembar informasi ini.

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

15

REFERENSI

Anshori ,Moch .Djoko Martono. 2009. Biologi Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) - Madrasah Aliah (MA) kelas X. Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Budiarti, Herni . 2006. Biologi untuk SMA dan MA kelas X. Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Firmansyah, Riki. ,Agus Mawardi H, M.Umar Riandi.2009. Mudah dan Aktif Belajar Biologi untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Widayati ,.Sri, Siti Nur Rochmah, Zubedi. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas X. Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Dipakai hanya dilingkungan SMA Negeri 1 Sitiung

16

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->