P. 1
Aplikasi Game Tebak Kata Telekomunikasi Menggunakan Visual Basic 6

Aplikasi Game Tebak Kata Telekomunikasi Menggunakan Visual Basic 6

|Views: 793|Likes:
Published by dhie

More info:

Published by: dhie on Jul 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2013

pdf

text

original

1

PEMBUATAN APLIKASI GAME TEBAK KATA TELEKOMUNIKASI MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

A. Latar Belakang masalah Proses pemahaman suatu materi pelajaran sangat ditentukan oleh dasardasar ilmu yang berkaitan dengan pelajaran tersebut. Dengan memahami dasardasar pelajaran makan penguasaan materi tentang pelajaran dapat terserap dengan lebih baik, untuk itu diperlukan sarana penunjang untuk lebih memahami dasardasar materi yang berkaitan dengan pelajaran yang akan dipelajari. Sarana

penunjang pemahaman dasar-dasar materi pelajaran dapat dipergunakan para mahasiswa agar lebih memperdalam penguasaan materi yang diberikan dosen sehingga dapat memperlancar proses belajar mengajar. Sarana penunjang penguasaan dasar-dasar materi dapat berupa teks book, catatan daftar istilah-istilah yang berkaitan dengan materi pelajaran yang dapat dipergunakan mahasiswa untuk memperdalam penguasaan materi yang

berhubungan dengan teori. Pemahaman tentang dasar-dasar materi pelajaran sangant penting karena proses pembelajaran di perkuliahan berbeda dengan proses pembelejaran di sekolah, dimana seorang guru harus member penjelasan yang lebih detail kepada murid tenatang materi yang disampaikan, sedangkan dalam proses pembelajaran di perkuliahan seorang dosen hanya memberikan materi-

. B. Perumusan Masalah Berdasarkan uraian diatas dapat dirumuskan suatu permasalahn yaitu.2 materi yang dianggap penting untk disampaikan kepada mahasiswa-mahasiwa sehingga proses belajar-mengajar lebih efisien. bagaimanakah cara membuat aplikasi game tebak kata telekomunikasi menggunakan software Visual Basic 6. Tujuan Penulisan Laporan Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah membuat aplikasi game tebak kata telekomunikasi menggunakan software Visual Basic 6. Dalam hal ini penulis bermaksud membuat suatu aplikasi game yang berkaitan dengan sarana pembelajaran dasar-dasar meteri pelajaran khususnya yang berhubungan dengan mata kuliah jurusan teknik telekomunisi.0 sebagai sarana penunjang pemahaman materi khususnya yang berhubunagn dengan teknik telekomunikasi. aplikasi game ini diharapkan dapat membantu pihak-pihak yang akan belajar istilah-istilah dalam dunia telekomunikasi. Atas dasar tersebut penulis mengambil judul “PEMBUATAN APLIKASI GAME TEBAK KATA TELEKOMUNIKASI MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0”.0 untuk proses pemahaman materi perkuliahan yang berhubungan dengan jurusan teknik telekomunikasi? C.

Aplikasi ini menggunakan sample teori mata kuliah untuk jurusan teknik telekomunikasi. E. Dapat dijadikan referensi bagi para pembuat aplikasi game khususnya yang menggunakan Visual Basic 6. 5. Aplikasi game ini digunakan sebagai sarana penunjang pemahaman teori tentang telekomunikasi. 2. Batasan Masalah Dalam penulisan tugas akhir ini penulis membatasi hal-hal sebagai berikut antara lain: 1. Aplikasi game tebak kata telekomunikasi ini ditujukan untuk aplikasi desktop.0 3. Sarana pembelajaran dasar telekomunikasi melalui game. Membantu siapa saja yang ingin mempejari lebh jauh tentang pembuatan aplikasi game dengan menggunakan software Visual Basic 6.3 D. Manfaat Penulisan Maanfaat yang dapat diperoleh dari penulisan Tugas Akhir ini adalah: 1. 4.0 . Berisi tentang istilah-istilah dasar teori yang berkaikan tengan ilmu telekomunikasi khususnya mata kuliah Sistem Telekomunikasi. Software yang digunakan yaitu Visual Basic 6.0. 2. 3.

Metode Penulisan Tugas Akhir . Metode Pengumpulan Data Pada penelitian ini digunakandigunakan beberapa metode untuk proses pengumpulan data. Studi Literatur Dalam proses penyelesaian tugas akhir ini penulis berusaha mengumpulkan referensi dari berbagai literature yang berhubungan dengan pemprograman game berbasis Visual Basic 6. 3.0 untuk pemprogramannya.4 F.0 b. antara lain: a. Instrument penelitian Dalam pembuatan aplikasi game tebak kata telekomunikasi ini memerlukan sebuah Personal Computer yang dilengkapi dengan software Visual Basic 6. 2. Wawancara Selain dengan mengumpulkan referensi penulis juga mengumpulkan bahan dengan melakukan wawancara dengan pembimbing tugas akhir maupun sumber-sumber yang berkompeten dan dapat dipertangung jawabkan. Metodologi Penelitian Metode penelitian yang dilakukan dalam proyek Tgas Akhir ini adalah: 1.

5 Rancangan dalam proses penyelesaian tugas akhir tentang aplikasi game tebak kata khususnya yang berkaitan dengan telekomunikasi menggunakan software Visual Basic 6.0 digambarkan dalam diagram alir sebagai berikut: Mulai Perancangan program aplikasi Pembuatan program aplikasi Pengujian program .

6 Gambar 1. mulai . Flowchart rancangan Tugas Akhir Flow chart rancangan Tugas Akhir dapat dilihat pada gambar diatas yaitu gambar 1 Flow chart cara kerja aplikasi game tebak kata telekomunikasi terlihat pada gambar 2.

Sistem Penulisan Dalam penulisan tugas akhir ini akan dibagi menjadi lima bab bahasan yaitu: BAB I : Pendahuluan .7 Buka aplikasi game tebak kata Muncul soal Pilh jawaban per huruf Huruf yang dipilih tidak ya Jawaban benar stop Gambar 2 Flowchart cara kerja aplikasi game tebak kata G.

tujuan penelitian dan manfaat penelitian BAB II :Dasar Teori Bab ini berisi tentang teori-teori yang erat kaitannya dengan pemprograman menggunakan Visual Basic 6.0 BAB III : Perencanaan dan Pembuatan Aplikasi Bab ini berisi tentang perencanaan dan pembuatan aplikasi game tebak kata telekomunikasi menggunakan software Visual Basic 6. BAB V : Penutup Bab ini berisi tentang kesimpulan dari proses pengolahan serta saran penulisan Tugas Akhir .0 BAB IV : Hasil Pengujian dan Analisa Bab ini berisi tentang hasil pengujian dan analisa dari aplikasi game tebak kata telekomunikasi. batasan masalah.8 Bab ini berisi latar belakang masalah. pkok masalah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->