P. 1
Soal Kasus Any Company Inc_Buku SIA Romney & Steinbart

Soal Kasus Any Company Inc_Buku SIA Romney & Steinbart

|Views: 494|Likes:
Published by genipsa

More info:

Published by: genipsa on Jul 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/19/2015

pdf

text

original

Kasus 1 – 1

Any Company Inc ,: Kasus Komprehensif Berkelanjutan
Kunjungi perusahaan yang berukuran menengah di lingkungan Anda. Jelaskan bahwa Anda diugaskan untuk mempelajari perusahaan local. Minalah izin untuk mempelajari perusahaan tersebut dan jelaskan bahwa Anda perlu bertemu dengan pegawai perusahaan beberapa kali selama semester ini untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan tugas Anda. Akan tetapi, Anda tidak perlu membutuhkan waktu yang banyak atau tidak akan menganggu jalannya bisnis mereka. Tawarkan untuk membagi penemuan Anda ke perusahaan, agar Anda diizinkan mempelajari perusahaan mereka. Diminta : Ketika anda sudah berada di dalam perusahaan, jawablah pertanyaan berikut ini: 1. 2. Jenis sistem informasi apakah yang dimiliki perusahaan? Subsistem apa yang dimiliki perusahaan? Gambarkan tiap sistem informasi dan jelaskan tujuannya. Siapa saja pemakai eksternal informasi perusahaan? Siapa saja pemakai internal informasi perusahaan? Informasi apakah yang dihasilkan untuk tiap pemakai tersebut? Untuk kedua output system tersebut, identifikasi keputusan yang dibuat berdasarkan informasi tersebut, data yang dikumpulkan untuk menghasilkan informasi tersebut, cara penyimpanan data, dan cara instruksi serta prosedur yang diterapkan pada system dan pemakainya. Gunakan karakteristik informasi (andal, tepat waktu, dan lain-lain) untuk mengevaluasi kegunaan informasi yang diberikan. Strategi apa yang diikuti oleh perusahaan? Bagaimana SIA perusahaan membantu mencapai strategi itu? Apakah posisi strategi yang diikuti perusahaan? Bagaimana SIA perusahaan membantu mencapai posisi itu?

3.

4. 5.

Kasus 2 – 1

AnyCompany, Inc,: Kasus Komprehensif Berkelanjutan
Identifikasi perusahaan local (Anda dapat menggunakan perusahaan yang sama dengan yang Anda identifikasi untuk menyelesaikan Kasus 1-1) dan jawablah pertanyaan berikut ini:
1

1.

2.

3. 4.

5.

Berapa banyak siklus transaksi yang ada di perusahaan tersebut? Apakah perusahaan tersebut mempunyai jenis siklus yang tidak didiskusikan dalam bab ini? Jika ada, identifikasi dan disribusikanlah. Pilih dua siklus transaksi dan sebutkan transaksi-trnsaksi utama yang terjadi pada setiap siklus. Teliti bagaimana transaksi-transaksi tersebut diproses dengan menjelaskan hal-hal yang terjadi pada setiap langkah didalam siklus tersebut. Evaluasi kecukupan audit yang berhubungan dengan transaksi-transaksi tersebut. Dokumen sumber apakah yang dipergunakan perusahaan untuk mendapatkan data yang relevan bagi transaksi-transaksi yang Anda idenifikasi di soal nomor 2? Laporan-laporan apa yang dihasilkan dalam dua siklus bisnis yang Anda identifikasi di soal nomor 2? Keputusan-keputusan apa yang dipengaruhi oleh laporan-laporan tersebut? Berikan pendapat Anda mengenai kecukupan laporan tersebut untuk tujuan yang diharapkan. Perhatikan daftar akun perusahaan. Bagaimana strukturnya? Seberapa jauh struktur tersebut dapat menemui kebutuhan informasi untuk pengambilan keputusan? Seberapa fleksibel struktur tersebut untuk menghadapi perkembangan di masa depan?

Kasus 3 – 1

AnyCompany,Inc.: kasuk Komprehensif Berkelanjutan
Kunjungi sebuah perusahaan local dan dapatkan izin untuk mempelajari aktivitas ebusiness-nya. Begitu Anda telah masuk didalam perusahaan tersebut, tilislah laporan yang meringkas informasi-informasi berikut ini: a. b. c. d. e. Apa struktur umum jaringan komunikasi data perusahaan tersebut? Apakah proses dan pengendalian disentralisasi atau terdistribusi? Mengapa? Identifikasi hardeware dan software komunikasi data yang dipergunakan perusahaan tersebut. Identifikasi saluran komunikasi data yang dipergunakan perusahaan, dengan cara menentukan karakteristik utama setiap saluran dan konfigurasi yang dipergunakan. Apakah perusahaan mempergunakan FEDI? Mengapa atau mengapa tidak? Jenis sertifikasi digital apakah, jika ada, yang dimiliki perusahaan? Mengapa perusahaan memilih tingkat keamanan seperti itu? Persyaratan apa sehubungan

2

f.

g. h. i.

dengan tanda tangan digital dan sretifikasi digital, yang harus dipenuhi oleh rekan dagang perusahaan? Mengapa? Apakah perusahaan memiliki Webpage? Jika demikian, bagaimana Webpage tersebut dipergunakan? Kritik Webpage perusahaan tersebut dan berikan saran untuk perbaikan. Apakah perusahaan memiliki kebijakan mengenai penggunaan enkripsi? Bagaimana aktivitas e-business perusahaan tersebut mendukung strategi dan posisi strategi perusahaan? Apakah perusahaan tersebut mempergunakan, atau sudahkah mereka mempertimbangkan untuk mempergunakan ASP? Mengapa atau mengapa tidak?

Kasus 6-1 Any Company, Inc,: komprehensif Berkelanjutan Carilah sebuah perusahaan local (Anda dapat menggunakan perusahaan yang telah Anda gunakan dalam kasus 1-1) dan laksanakan langkah-langkah berikut ini: 1. 2. Pilihlah salah satu siklus bisnis perusahaan untuk dipelajari. Pelajari seluruh dokumentasi yang tersedia atas system informasi siklus tersebut. Siapkan sebuah laporan yang berisi hal-hal berikut ini. a. Deskripsikan siapa saja yang terlibat dalam pemprosesan data system informasi tersebut. Masukkan dalam laporan Anda sebagian diagram organisasi perusahaan, yang menunjukkan hubungan antar-pegawai. b. Deskripsikan informasi yang mengalir dalam organisasi tersebut. Masukkan dalam laporan Anda diagram konteks, dan sebanyak mungkin tingkat DFD yang dibutuhkan, untuk menunjukkan arus informasi dalam siklus terkait c. Deskripsikan dokumen-dokumen apa yang dipergunakan dalam system tersebut. Masukkan dalam laporan Anda bagan air yang menunjukkan dokumen-dokumen utama yang dipergunakan untuk memproses transaksi di siklus tersebut, dari asal hingga tujuan akhirnya. Masukkan pula sebuah contoh dokumen system tersebut. d. Identifikasi file dan database apa saja yang dipergunakan perusahaan, dan deskripsikan bagaimana serta kapan mereka diperbaharui. Masukkan dalam laporan Anda bagan air system yang memperlihatkan hal-hal berikut: (1) Seluruh input ke system terkomputerisasi tersebut, (2) Seluruh pemrosesan yang dilaksanakan, dan (3) Seluruh output system. e. Deskripsikan alat-alat pengembangan lainnya yang dipergunakan untuk membuat dan mendokumentasikan system tersebut.

3

3.

Di dalam tugas nomor 2, Anda dapat menerapkan berbagai teknik dan alat ke dalam system yang sudah ada. Sebagai alternative atas tugas-tugas tersebut, analisis sebuah system yang sedang dikembangkan.

Kasuk 7 – 1

Anycomany, Inc.: Kasus Komprehensif Berkelanjutan
Kunjungilah satu perusahaan local dan mintalah izin untuk mempelajari system pengendalian internalnya. Setelah Anda masuk ke perusahaan tersebut, lakukanlah hal-hal ini: 1. Mintalah kopi bagan organisasi, deskripsi kerja, dan dokumentasi yang berhubungan dengan pembagian otoritas dan tanggung jawab di perusahaan itu. Apakah garis otoritas dan tanggung jawab didefinisikan dengan jelas? Cari tahulah, apakah perusahaan itu memiliki fungsi audit internal atau tidak. Apabila ada, kunjungilah supervisor atau manajer audit internal dan pelajarilah (a) Kepada siapa kepala audit internal melapor di perusahaan itu, dan (b) Jenis pekerjaan apa yang umumnya dilakukan oleh audit inernal. Apabila perusahaan adalah korperasi yang modal sahamnya diperdagangkan secara umum, tenukanlah hal-hal berikut a. Apakah perusahaan sudah mengambil langkah-langkah pendokumentasian yang sesuai dengan Foreign Corrupt Practices Act 1977 mengenai keberadaan pengendalian internal? Apabila memungkinkan, ujilah dan evaluasilah dokumentasi tersebut. b. Apakah komite audit merupakan bagian dari dewan komisaris? Apabila ya, mintalah daftar keanggotaan dan kopi piagam komite atau ART komite. Wawancarailah pihak yang mengontrak pegawai unuk posisi akuntansi dan pemrosesan data. Cari tahulah mengenai informasi berikut ini. a. Apa jenis pemeriksaan latar belakang yang dilakukan sebelum pegawai tersebut dikontrak? b. Apakah cakupan surat pernyataan kesetiaan biasanya diminta dari mereka? c. Apakah perusahaan mengadakan rotasi tugas dan libur wajib pada pegawai tersebut? Pilihlah salah satu dari lima siklus pemrosesan data akuntansi yang dideskripsikan pada bab 11 sampai 15, dan ujilah prosedur pengendalian internal perusahaan untuk siklus akuntansi tersebut. a. Identifikasi pihak yang bertnggung jawab untuk otorisasi transaksi, penyimpanan catatan, dan fungsi penahanan asset.
4

2.

3.

4.

5.

b. Pelajarilah bagaimana dokumen dan/atau catatan transaksi digunakan untuk memfasilitasi pengendalian internal. c. Ikutilah jejak audit menelusuri satu transaksi akuntansi dari dokumentasi dari dokumen sumber hingga ke entri di jurnal, buku besar, file, dan lain-lain, dan akhirnya pada akun buku besar. d. Identifikasi kebijakan dan prosedur yang digunakn untuk melindungi asset dan catatan. e. Identifikasi beberapa prosedur pemeriksaan internal.

5

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->