TUGAS KOMUNIKASI DATA INTERKONEKSI JARINGAN E1 DI PT.

INDOSAT, Tbk

Disusun oleh ; Violita (09061001031) Annasrudin (09061001032) Hery DwiYanto (09061001033) Suma Wira Karya (09061001035) Avrianty Fajrien (09071001040) Dosen Pembimbing ;
Deris Stiawan, S.Kom.,M.T.

Jurusan Sistem Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya 2007/2008

Dan pada tanggal 20 November 2003 legal merge antara Indosat dengan 2 anak perusahaannya yaitu : PT Satelindo dan PT IM3. Seiring berjalannya waktu. melalui kepemilikan oleh PT Indosat.INDOSAT. sehingga PT Indosat menjadi BUMN penyelenggara telekomunikasi Internasional untuk umum. . sehingga menjadi satu entitas perusahaan bernama Indosat. dan PT Bimagraha didirikan sebagai penyelenggara jasa telekomunikasi seluler GSM yang pertama di Indonesia serta penyelenggara jasa telekomunikasi Internasional 008 dan penyelenggara jasa satelit palapa.Indosat. Pada tahun 2001 PT Indosat Multi Media Mobile (IM3) didirikan sebagai anak perusahaan Indosat yang bergerak dibidang telekomunikasi seluler GSM. Maka pada tanggal 20 November 1967 berdirilah PT Indosat (Indonesian Sattelite Corporation) menjadi perusahaan PMA kedua di Indonesia. Tonggak Sejarah Pendirian PT. yaitu pada tahun 1993 PT Satelit Palapa Indonesia (PT Satelindo).Tbk A.INTERKONEKSI JARINGAN E1 DI PT. Bermula dengan penandatanganan perjanjian antara Pemerintah RI dengan Perusahaan Amerika Serikat. Kemudian Indosatpun mulai mempersiapkan diri sebagai FNSP (Full Network dan Service Provider) untuk berkompetisi penuh dengan operator telekomunikasi lain. Pada mulanya saham PT Indosat 100% dimiliki pemerintah RI melalui pembelian seluruh saham. Tbk PT. International Telephone dan Telegraph Corporation (ITT) mengenai pembangunan dan pengoperasian satelit di Indonesia pada tanggal 9 Juni 1967. Tbk merupakan perusahaan penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi terpadu berfokus seluler/wireless yang terkemuka di Indonesia. PT Telkom.INDOSAT.

Flatcall 016. StarOne MIDI (Multimedia Interactive Datacomm & Internet) Frame relay. Layanan PT. IP-MPLS (Internet Protocol-Multi Label Switching) . Fiber Optic 4. CDMA (Code Division Multiple Access) : StarOne 6.B. SLJJ 011. Terrestial : Microwave.Tbk Adapun layanan – layanan yang disediakan oleh PT. Inmarsat 2. GSM 900. Satellite : Palapa. GSM 1800 (Global System Mobile) : Mentari. Indosat. Tbk. Celluler Produk Prabayar : Mentari dan IM3 Produk Pascabayar : Matrix Fixed Telecommunication Sambungan Langsung Internasional : 001 dan 008 Sambungan operator : 101 dan 104 Fixed Phone : I-Phone. 3. GPRS (General Packet Radio Service) 9. Blackberry 7. Intelsat. IM3. Internet akses VSAT C. Matrix 5. Menang dll 3. 3 G 8. 2.5 G : HSPDA (High Speed Packet Downlink Access) 10. Jasuraus. Kabel Laut : SEA-ME-WE.Indosat. Sirkit sewa.5 G . Teknologi Indosat 1.

Teknologi E1 Network Diagram PT. Indosat. Tbk Reg.Sumbangsel .D.

E1 merupakan standar yang dipakai di Eropa dan Indonesia. yang disimpan di MSC (Media Switching Central). Perbedaan dengan T1 adalah.Semua data PT. Standar E1 ini ekivalen dengan standar T1 yang dipakai di Amerika Data maksimum yang dapat di lewatkan pada media trasmisi E1 adalah 2 Mb. namun sekarang mulai banyak disewakan oleh perusahaan telekomunikasi untuk jalur komunikasi data. Pengertian E1 E1 atau sirkuit E-1 (Inggris: E-carrier) adalah nama format transmisi digital dengan 30 kanal suara digital berkecepatan 2.Tbk untuk wilayah Sumbagsel berpusat di Sumatra Selatan. Saluran ini berbentuk saluran telepon khusus dan digunakan pada awalnya untuk sambungan trunk antar sentral telepon. T1 menggunakan 24 kanal suara digital dengan kecepatan 1.Indosat. Keuntungan Menggunakan E1 Dikarenakan E1 merupakan teknologi yang paling canggih pada saat ini sehingga Indosat lebih mudah memperluas jaringan komunikasi hingga ke Luar Indonesia. yang berada di 2 lokasi . Angkatan 45 2. 1.048 megabit per detik. Di daerah Bukit MSC yang ada di Palembang terkoneksi langsung ke MSC yang berada Di Jambi dan Bandar Lampung. . Dari kantor pusat ke kantor cabang dapat dilakukan komunikasi dengan mudah tanpa harus pergi ke masing – masing tempat. dengan membagi ke 32 slot dengan masing – masing 64 kb.554 megabit per detik.

000.000.-/bulan. 64 kb = Rp.000. 50. Adapun jalur komunikasi data dengan teknologi E1 adalah Switch .-/bulan. PC BTS (melalui kabel e1) port DDF FCD (Converter) Router Kabel E1 .500. sehingga untuk menggunakannya pun dibutuhkan biaya yang tidak sedikit yaitu . 1. 2 Mb = Rp.Kerugian Mengunakan E1 Dikarenakan E1 merupakan teknologi tercanggih pada saat sekarang ini.

Port DDF .

Router.2000). mentransfer. Secara fisik bentuknya mirip dengan hub biasa namun switch hub memiliki domain collision sendiri sehingga sering disebut multi-port bridge. Ia juga mengatakan bahwa PABX hanya dapat digunakan dalam jangkauan tertentu yang jaraknya hanya beberapa puluh kilometer saja. PABX dapat menyimpan. . namun PABX dapat dihubungkan dengan jaringan PABX lainnya yang menggunakan jaringan paket switching. Loundon. Menyimpan routing table untuk menentukan rute terbaik di dalam jaringan. hold. PABX (Private Automated Brach Echange). dan juga dapat digunakan sebagai alat digital switch yang menghubungkan dengan computer atau peripheral lainnya (Kenneth C. port-port lainnya dapat berfungsi. Jika satu port sibuk. Switch. mereka tidak perlu mengganggu segmen lainnya. yaitu suatu alat yang menjadi central system switching voice dan komunikasi digital.FCD. berfungsi memecah data menjadi bytes. meredial panggilan telpon.Switch mempunyai table penerjemah pusat yang memiliki daftar penerjemah untuk semua port dan meciptakan virtual private network (VPN) dari port pengirim ke penerima sehingga jika dua host sedang berkomunikasi. conference dengan banyak user.

Perusahan Network Service Provider yang berada di Indonesia antara lain : Telkom. . Lintas Arta.Server E. maka diperlukanlah suatu Network Service Provider yang menyediakan infrastruktur untuk menghubungkan WAN tersebut. XL. Indosat. dll. MPLS Pengertian MPLS Untuk dapat menyediakan jaringan yang bersifat baik (realible) dan permanen.

performance dan aviability. VPN IP MPLS adalah suatu layanan komunikasi data any to any connections berbasis IP Multi Protocol Label Switch dengan menggunakan peralatan (hardware) dari perusahaan Cisco (berupa Cisco Router dan Cisco Switch Catalist). Teknologi VPN IP MPLS merupakan suatu layanan yang dibangun di atas Integrated Network Architecture yang secara dinamis dapat mengenali jenis aplikasi enterprice untuk memperoleh layanan end to end security. . Teknologi VPN IP MPLS ini merupakan solusi yang sangat praktis bagi suatu institusi yang menginginkan komunikasi secara terus menerus (intensif) antara kantorkantor cabang dengan kantor pusatnya. dimana suatu institusi dapat mengimplementasikan aplikasinya baik berupa aplikasi yang memiliki delay time sensitive.Teknologi terbaru yang saat ini sedang dikembangkan untuk membangun jaringan WAN yang baik (realible) dan permanen adalah Virtual Private Network (VPN) berbasis IP Multi Protocol Label Switch (VPN IP MPLS). mission critical maupun non mission critical pada satu platform jaringan private IP MPLS. Layanan ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan layanan komunikasi data melalui Leased Line maupun Frame Relay yang menggunakan teknologi yang lebih tua. VPN IP MPLS digunakan untuk merealisasikan Class of Service (CoS).