P. 1
Mesin Turing

Mesin Turing

5.0

|Views: 1,590|Likes:
Published by Reby Adi Saputra

More info:

Published by: Reby Adi Saputra on Jul 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2013

pdf

text

original

BAB I

PENDAHULUAN

A. Pengertian Mesin Turing

Sebuah mesin Turing adalah perangkat teoritis yang memanipulasi simbol-simbol pada strip pita sesuai dengan tabel aturan. Meskipun kesederhanaan, mesin Turing dapat disesuaikan untuk mensimulasikan logika dari setiap komputer algoritma , dan sangat berguna dalam menjelaskan fungsi sebuah CPU di dalam sebuah komputer. The "Turing" mesin digambarkan oleh Alan Turing pada tahun 1936. Yang menyebutnya "a (utomatic)mesin". Mesin Turing adalah tidak dimaksudkan sebagai teknologi komputasi praktis, melainkan sebagai eksperimen pemikiran yang mewakili mesin komputasi. Mesin Turing membantu para ilmuwan komputer memahami batas-batas perhitungan mekanik. Turing memberikan definisi singkat dari percobaan pada tahun 1948 esainya, "Mesin Cerdas". Mengacu pada publikasi 1936, Turing menulis bahwa mesin Turing, di sini disebut Mesin Komputasi logis, terdiri dari: Kapasitas memori terbatas diperoleh dalam bentuk kaset terbatas ditandai ke kotak, di masing-masing simbol dapat dicetak. Setiap saat ada satu simbol dalam mesin, itu disebut simbol dipindai. Mesin dapat mengubah simbol dipindai dan perilaku adalah sebagian ditentukan oleh simbol itu, tetapi simbol pada pita lain tidak mempengaruhi perilaku mesin. Namun, rekaman itu dapat digerakkan maju dan mundur melalui mesin, yang satu ini menjadi operasi dasar dari mesin. Setiap simbol pada pita mungkin karena itu akhirnya memiliki babak. (turing 1948, hal 61). Sebuah mesin Turing yang dapat mensimulasikan mesin Turing lainnya disebut mesin Turing Universal (UTM, atau hanya mesin universal). Definisi yang lebih matematis berorientasi dengan sifat yang mirip "universal" diperkenalkan oleh Alonzo Church , yang bekerja pada kalkulus lambda terjalin dengan itu Turing dalam teori formal komputasi yang dikenal sebagai Gereja-Turing tesis . Tesis menyatakan bahwa mesin Turing memang menangkap gagasan informal metode efektif dalam logika dan matematika , dan memberikan definisi yang tepat dari suatu algoritma atau 'prosedur mekanis'.Mesin Turing matematis model mesin yang mekanis beroperasi pada tape. Pada rekaman ini adalah simbol yang mesin dapat membaca dan menulis, satu per satu, menggunakan kepala tape. Operasi sepenuhnya ditentukan oleh satu set instruksi dasar yang terbatas seperti "di negara bagian 42, jika simbol yang terlihat adalah 0, menulis 1, jika simbol yang terlihat adalah 1,

1

2 . jika simbol yang terlihat adalah 0. dan ilustrasi menggambarkan rekaman itu sebagai tak terhingga dan pra-diisi dengan "0". Kepala selalu lebih dari persegi tertentu pita. Alfabet berisi simbol kosong khusus (di sini ditulis sebagai 'B') dan satu atau lebih simbol lainnya. "dengan cara karuanh"). pita meluas atau tanpa batas extensible ke kanan.pergeseran ke kanan. Setiap sel berisi simbol dari beberapa alfabet yang terbatas. Sel yang belum ditulis sebelum diasumsikan diisi dengan simbol kosong.) Di sini. Sebuah rekaman yang terbagi ke dalam sel. hanya bentangan terbatas kotak diberikan. dengan aplikasi untuk Entscheidungsproblem . Instruksi untuk dilakukan (q 4) ditampilkan di alun-alun dipindai. di negara bagian 17. Turing tidak membayangkan mekanisme. isi kotak yang diarsir termasuk kosong dipindai oleh kepala ("11B"). tetapi orang yang dia sebut "komputer". yang mengeksekusi aturan-aturan deterministik mekanik seperti budak (atau sebagai Turing katakan. dan posisi kepala. keadaan internal (q 1) ditampilkan di dalam kepala. menulis 1 dan mengubah ke negara 6. Dalam beberapa model rekaman itu memiliki ujung kiri ditandai dengan simbol khusus. Penuh negara sistem (konfigurasi) terdiri dari keadaan internal. (Menggambar setelah Minsky (1967) hal 121). Mesin Turing terdiri dari: 1. satu di samping yang lain. dan berubah menjadi negara 17. Rekaman dianggap sewenang-wenang diperpanjang ke kiri dan ke kanan yaitu. B. lihat juga referensi di bawah ). (Menggambar setelah Kleene (1952) p. mesin Turing adalah selalu disediakan dengan pita sebanyak yang dibutuhkan untuk perhitungan nya. Dalam artikel asli (" Pada nomor dihitung. simbol melayani sebagai kosong.375.

Secara khusus. mengingat negara (q i ) mesin saat ini dan simbol (j a) itu adalah membaca pada pita (simbol saat ini di bawah kepala) memberitahu mesin untuk melakukan hal berikut dalam urutan (untuk 5-tupel model):  Entah menghapus atau menulis simbol (bukan j menulis j1). dan kemudian  Pindahkan kepala (yang digambarkan oleh d k dan dapat memiliki nilai: 'L' untuk satu langkah kiri atau 'R' untuk satu langkah yang tepat atau 'N' untuk tinggal di tempat yang sama). dan kemudian (ii) menganggap sama atau negara baru seperti yang ditentukan. Negara-negara ini.2. itu adalah jumlah terbatas berpotensi tape yang memberikan suatu jumlah terbatas dari ruang penyimpanan . menulis Turing. Sebuah negara yang mendaftar menyimpan status dari mesin Turing. menghapus dan tape-gerak terbatas. tetapi tidak kedua tindakan (AGLOCO) dan (ib) dalam instruksi yang sama. Ada satu mulai keadaan khusus dengan yang mendaftar negara diinisialisasi. Sebuah tabel yang terbatas (kadang-kadang disebut tabel tindakan atau fungsi transisi) instruksi (biasanya quintuples [5-tupel]: q i j → q i1 sebuah j1 d k. tapi kadangkadang 4-tupel) bahwa. salah satu dari finitely banyak. Dalam beberapa model gerakan kepala dan pita stasioner. Perhatikan bahwa setiap bagian dari mesin negara-dan simbol-koleksi-dan yang tindakanmencetak. 3 . Sebuah kepala yang dapat membaca dan menulis simbol pada pita dan memindahkan tape kiri dan kanan satu (dan hanya satu) sel pada suatu waktu. meja memberitahu mesin untuk (AGLOCO) menghapus atau menulis simbol atau (ib) memindahkan kepala kiri atau kanan. 3. menghapus atau menulis simbol (a j1) dan memindahkan kepala kiri atau kanan (d k) ditetapkan sebagai instruksi terpisah. menggantikan "keadaan pikiran" orang yang melakukan . diskrit dan dibedakan. jika tidak ada entri dalam tabel untuk kombinasi saat simbol dan negara maka mesin akan menghentikan.  Asumsikan yang sama atau negara baru seperti yang ditentukan (pergi ke negara q  Dalam 4-tupel model. model lain memerlukan semua entri untuk diisi. Pada beberapa model.

C. R adalah benar pergeseran. terbatas tidak kosong set negara Γ adalah.) Apa pun yang beroperasi sesuai dengan spesifikasi ini mesin Turing. hal 148) secara formal mendefinisikan mesin (satu-tape) Turing sebagai 7 .tupel    mana Q adalah. The 7-tupel untuk 3-negara berang-berang sibuk terlihat seperti ini (lihat lebih lanjut tentang ini berang-berang sibuk di contoh mesin Turing ): Q = {A. B. terbatas tidak kosong set alfabet tape / simbol adalah simbol kosong (simbol hanya diperbolehkan terjadi pada pita tak terhingga sering pada langkah apapun selama perhitungan)     adalah himpunan simbol masukan adalah keadaan awal adalah himpunan negara akhir atau menerima. katakanlah N. sebagai elemen ketiga set kedua. 1} b = 0 = "blank" Σ = {1} δ = lihat tabel di bawah negaraq 0 = Sebuah negara = awal F = elemen satu set akhir negara} {HALT Awalnya semua sel tape ditandai dengan 0. (Sebuah varian relatif jarang memungkinkan "tidak ada pergeseran". Contoh Mesin Turing Definisi FormalHopcroft dan Ullman (1979.C. berang-berang sibuk 2 simbol Sebuah negara saat ini Tape simb ol Menul Pindahka is n Berikutn ya negara Menuli Pindahka s n Berikutn ya negara Menuli Pindahka s n Berikutn ya negara Saat ini negara B Saat ini negara C simbol rekaman simbol rekaman simbol rekaman 4 . Negara meja untuk 3 negara. adalah fungsi parsial disebut di mana L adalah pergeseran kiri. HALT} Γ = {0.

Rekaman itu bisa terbatas. tetapi lebih umum untuk menganggapnya sebagai peregangan terbatas pada kedua ujungnya dan menjadi pra-diisi dengan kosong kecuali secara eksplisit diberikan fragmen yang terbatas kepala tape pada. Objek set-teori [formal tujuh tupel deskripsi mirip dengan di atas] menyediakan informasi hanya parsial pada bagaimana mesin akan berperilaku dan apa perhitungan nya akan terlihat seperti.0 1 1 1 R L B C 1 1 L R Sebuah B 1 1 L R B HALT Rincian tambahan yang dibutuhkan untuk memvisualisasikan atau menerapkan mesin TuringDalam kata-kata van Emde Boas (1990). karena itu tidak akan sesuai dengan definisi yang diberikan dan serius akan membatasi jangkauan perhitungan mesin dapat melakukan untuk orang-orang dari otomat dibatasi linier . tapi ketika benar-benar membangun mesin Turing itu lebih praktis untuk membuat slide kaset bolak-balik di bawah kepala sebagai gantinya. tidak diimplementasikan dalam praktek. dan secara otomatis diperpanjang dengan kosong yang diperlukan (yang paling dekat dengan definisi matematika). Pergeseran kiri dan kanan dapat pergeseran operasi menggeser kepala tape di tape. dan cara failproof membaca dan menulis simbol tanpa batas. Ada perlu beberapa keputusan tentang apa yang sebenarnya terlihat seperti simbol.) Tape tidak bisa diperbaiki panjang. 5 . tentu saja. hal 6: ". (Hal ini.

mengubah himpunan {L.BAB II PENGEMBANGAN A. tetapi hal ini selalu dilakukan sedemikian rupa sehingga mesin yang dihasilkan memiliki kekuatan komputasi yang sama. 1. 1. Hopcroft dan Ullman (1979) hal 158. 1. L. (Definisi 2): (q i. simbol dipindai S j. S k / E / N. L / R / N. C) (B. 1. Batu (1972) hal. B) (A. Misalnya. Konvensi yang paling umum mewakili setiap "Turing instruksi" dalam "tabel Turing" oleh salah satu dari sembilan 5-tupel. 9) mengadopsi sebuah konvensi yang berbeda. L. dengan negara baru q m terdaftar segera setelah jsimbol dipindai S. per konvensi Turing / Davis (Turing (1936) di diputuskan. (Definisi 1): (q i. untuk membuat argumen atau bukti lebih mudah atau lebih jelas. R} ke {L. Definisi Alternatif Definisi dalam sastra kadang-kadang sedikit berbeda. tidak meningkatkan daya komputasi mesin. k cetak simbol S / menghapus e / tidak ada N. Untuk sisa artikel ini "definisi 1" (Turing / Davis konvensi) akan digunakan. R.) (Q saat ini negara saya. 0. S k / E / N. dimana N ("None" atau "Tidak-operasi") akan memungkinkan mesin untuk tinggal di sel pita yang sama. 0. S j. S j. Sebuah 1 1 L C B 0 1 L Sebuah B 1 1 R B 6 . 1. R. L move_tape_one_square kiri / kanan R / N tidak ada). Penulis lain (Minsky (1967) hlm 119. L / R / N) (Q saat ini negara saya. simbol dipindai S j. L move_tape_one_square kiri / kanan R / N tidak ada. negara baru q m). q m. N}. R. negara baru q m. Contoh: negara meja untuk berang-berang 3-2-simbol negara sibuk dikurangi menjadi 5-tupel Saat negara Sebuah ini Scanned simbol 0 Cetak simbol 1 Pindahkan rekaman R Akhir (yaitu berikutnya) negara B 5-tupel (A. B) 1. hal 126-127 dan Davis (2000) p 152). bukan bergerak kiri atau kanan . k cetak simbol S / menghapus e / tidak ada N. A) (B.

dll "Kosong" = S 0. S j. S j. N. model asli Turing hanya diperbolehkan pertama tiga baris yang ia sebut N1. q m) N 2 qi Sj Cetak (S k) Kana nR qm (Q i.konfigura gerak si (Turing negara) "Kosong" = S 0. S j. dia tidak memungkinkan untuk non-cetak. R. H) 1. L. N. Berikutnya ke kertas asli Turing di 1936-1937. mesin-model telah memungkinkan semua sembilan jenis kemungkinan lima-tupel: Saat mini Tape Cetakoperasi M-akhir Tape. N. hal 126). q m) (Q i. S j. B) (C. diputuskan 119). R. "melompat q m) 5 qi Sj Tidak ada Kana N nR qm 6 qi Sj Tidak ada Tidak N ada N qm . L. q m) 7 4 qi Sj Tidak ada Kiri N L qm (Q i. Dia mengizinkan untuk penghapusan dari "persegi scan" dengan penamaan simbol 0 S 0 = "menghapus" atau "kosong". S j. 1 = S 1. N. dll Namun. hal diputuskan 300). q m) (Q i. S j. dll "Kosong" = S 0. S k. q m) Langsung (Q i. N2. R. q m) konfigura simbo si (Turing l negara) N 1 5-tupel 5-tupel komentar 4-tupel qi Sj Cetak (S k) Kiri L qm (Q i. 0. N. sehingga setiap instruksi-line termasuk "cetak simbol S k "atau" menghapus "(bdk. 1 = S 1. S j. q m) N 3 qi Sj Cetak (S k) Tidak ada N qm (Q i. Singkatan menjadi milik Turing (hal. S j.C 0 1 L B (C. N. Dalam tabel berikut. L. L. N3 (lih turing di diputuskan. 1. catatan kaki 12 di Post (1947). S k. C 1 1 N H 1. S j. S k. S k. q m) (Q i. S j. dll (Q i. q m) (Q i. N. 1 = S 1.

karena dapat berarti dua hal. juga melihat lebih pasca-mesin Turing . bersama dengan semua simbol pada pita (diputuskan. E. (negara internal) dan mesin (atau seseorang) "negara kemajuan" melalui perhitungan . tiga non-cetak atau "N" instruksi (4. N. E. q m) (Q i. E. 1999). 8 . Ekspresi ini disebut 'negara formula'. Tapi Turing (1936) membuat perbedaan yang kuat antara catatan tentang apa yang ia sebut mesin "m-konfigurasi". Artinya.keadaan saat ini sistem total. 5.Kurang sering menggunakan 4-tupel yang dihadapi: ini mewakili atomisasi lebih lanjut dari instruksi Turing (bdk. hal 118). S j. Kebanyakan komentator setelah Turing telah menggunakan "negara" berarti nama / penanda dari instruksi saat ini untuk dilakukan-yaitu isi dari register negara. S j. E. Davis-Sigal-Weyuker (1994)). L. Kata "negara" yang digunakan dalam konteks mesin Turing dapat menjadi sumber kebingungan. q m) 8 qi Sj Menghapu Kana s nR qm 9 qi Sj Menghapu Tidak s ada N qm Setiap meja Turing (daftar instruksi) dapat dibangun dari sembilan di atas 5-tuple. Pos (1947). Sebelumnya dalam makalahnya Turing membawa ini lebih jauh: ia memberikan contoh di mana ia menempatkan simbol dari "m konfigurasi-" arus instruksi labelnya-bawah persegi dipindai. ini dia sebut "konfigurasi lengkap" (diputuskan. R. hal 121). Sebagai contoh lihatcontoh mesin Turing . keadaan dari sistem dapat digambarkan oleh ekspresi tunggal (urutan simbol) yang terdiri dari simbol pada pita diikuti oleh Δ (yang kita kira tidak muncul di tempat lain) dan kemudian dengan catatan instruksi. Dengan demikian keadaan kemajuan perhitungan pada tahap apapun sepenuhnya ditentukan oleh catatan instruksi dan simbol pada pita. Apa Turing disebut "rumus negara" meliputi baik instruksi saat ini dan semua simbol pada pita. Boolos & Jeffrey (1974. S j. 6) biasanya dapat ditiadakan." 7 qi Sj Menghapu Kiri s L qm (Q i. S j. q m) (Q i. Untuk alasan teknis. q m) (Q i.

atau (iii)daftar simbol pada pita bersama-sama dengan instruksi saat ini ditempatkan di sebelah kiri simbol dipindai atau ke kanan simbol dipindai.. 000110000 . di atasnya.. rekaman itu memiliki 1 tunggal di atasnya. Contoh: negara total 3-2-simbol negara berang-berang sibuk setelah 3 "bergerak" (diambil dari contoh "jalankan" pada gambar di bawah): 1 A 1 Ini berarti: setelah tiga bergerak rekaman itu telah .. kepala pemindaian paling kanan 1.. m-konfigurasi) di sebelah kiri simbol dipindai (hal. hal 374-375).Untuk mencetak "konfigurasi yang lengkap" pada satu baris dia tempat state-label/mconfiguration ke kiri simbol dipindai. Hopcroft dan Ullman menyebutnya komposit "deskripsi seketika" dan mengikuti konvensi Turing menempatkan "negara saat ini" (instruksi-label. namun kepala pemindaian 0 ("kosong") ke kiri dan negara adalah B. Meja untuk berang-berang 3-negara sibuk ("P" = cetak / menulis "1") Tape simb Sebuah negara saat ini ol Menul Pindahka is n Berikutn ya negara B C Menuli Pindahka s n Berikutn ya negara Sebuah B Menuli Pindahka s n Berikutn ya negara B HALT Saat ini negara B Saat ini negara C simbol rekaman 0 1 P P R L simbol rekaman P P L R simbol rekaman P P L R 9 . Tapi Kleene mengacu pada "q 4"dirinya sebagai "mesin negara" (Kleene. atau (ii) daftar simbol pada pita bersama-sama dengan instruksi saat ini. Kosong (dalam hal ini diwakili oleh "0" s) dapat menjadi bagian dari negara total ditunjukkan di sini: B 01. dan negara adalah A. 149). Turing mesin "negara" diagram. "Negara" dalam konteks mesin Turing harus diklarifikasi untuk yang sedang dijelaskan: (i) instruksi saat ini. Sebuah varian ini terlihat dalam Kleene (1952) di mana Kleene menunjukkan bagaimana untuk menulis jumlah Gödel dari "situasi" sebuah mesin: ia menempatkan "m-konfigurasi" simbol q 4 atas persegi dipindai pada sekitar tengah 6 non kosong kotak pada pita (lihat gambar Turing-tape dalam artikel ini) dan menempatkan ke kanan alun-alun dipindai.

10 . Lihat mesin negara terbatas untuk lebih. Pembaca kembali harus memperingatkan bahwa diagram tersebut mewakili snapshot TABLE mereka membeku dalam waktu. misalnya" P P etak "kemudian pindahkan rekaman" R ight R". bukan saja ("lintasan") dari perhitungan melalui waktu dan / atau ruang. Apakah menggambar merupakan perbaikan pada TABEL yang harus diputuskan oleh pembaca untuk konteks tertentu. Hill dan Peterson (1974). R) di dekat negara keluar (di "ekor" dari panah) menentukan simbol scan yang menyebabkan transisi tertentu (misalnya 0) diikuti dengan garis miring /. konsep tertentu-misalnya mesin dengan "ulang" negara dan mesin dengan pola berulang (lih Hill dan Peterson hal 244ff)-dapat lebih mudah terlihat ketika dilihat sebagai gambar. TABEL biasanya besar yang lebih baik dibiarkan sebagai tabel (Booth. Label (misalnya 0 / P. Di sebelah kanan: TABLE atas sebagai dinyatakan sebagai diagram "keadaan transisi". Setiap lingkaran merupakan "negara" dari TABLE-an "konfigurasi m-" atau "instruksi".diikuti oleh "perilaku berikutnya "dari mesin. "Arah" dari sebuah transisinegara ditunjukkan oleh panah. Tidak ada format yang diterima umum terjadi. hal ini tidak berlaku untuk mesin "copy" yang dapat diberikan dengan "parameter" input variabel. Mereka lebih mudah disimulasikan oleh komputer dalam bentuk tabular (Booth."3-negara berang-berang sibuk" Mesin Turing dalam representasi finite state . hal 74). Booth (1967). Konvensi yang ditampilkan adalah setelah McClusky (1965). hal 74). Sementara setiap kali mesin berang-berang sibuk "berjalan" itu akan selalu mengikuti lintasan yang sama negara. Namun. Evolusi komputasi sibuk-berang-berang dimulai di bagian atas dan hasil ke bawah.

) Sebuah mesin Turing adalah setara dengan otomat pushdown yang telah dibuat lebih fleksibel dan ringkas dengan relaksasi terakhir-in-first-out persyaratan stack. kanan bergerak Mesin Turing yang setara dengan itu NDFA (serta yang DFA dengan konversi menggunakan NDFA untuk DFA algoritma konversi ). Mereka mungkin menghitung lebih cepat. dan non-deterministik mesin Turing (NDTM) sebagai lawan dari mesin Turingdeterministik (DTM) untuk tabel tindakan yang telah di paling satu entri untuk setiap kombinasi simbol dan negara. beberapa model yang sangat sederhana berubah menjadi Turingsetara . Ini akan terjadi jika kita menggunakan mesin untuk menangani sistem aksiomatis. yaitu memiliki kekuatan komputasi yang sama seperti model mesin Turing. Pada ekstrem yang lain. Ketika seperti mesin mencapai salah satu dari konfigurasi ini ambigu. Read-only. mungkin. atau menggunakan memori kurang. multi-track mesin Turing . mesin dengan input dan output. atau set instruksi mereka mungkin lebih kecil. 159.. Model Mesin Turing Banyak mesin yang mungkin dianggap memiliki kemampuan lebih komputasi dari mesin Turing sederhana universal dapat terbukti memiliki kekuatan lagi (Hopcroft dan Ullman p. Untuk tujuan praktis dan didactical setara mesin mendaftar dapat digunakan sebagai biasa perakitan bahasa pemrograman B.BAB III PEMODELAN MESIN TURING A. Oracle O-Mesin Awal dalam makalahnya (1936) Turing membuat perbedaan antara "mesin otomatis"nya "gerak sepenuhnya ditentukan oleh konfigurasi" dan "mesin pilihan": Yang gerak hanya sebagian ditentukan oleh konfigurasi . Turing (1936) tidak merinci lebih jauh kecuali dalam catatan kaki di mana ia menjelaskan bagaimana menggunakan sebuah-mesin untuk "menemukan 11 . Model yang sama yang umum adalah multi-pita mesin Turing . tetapi mereka tidak dapat menghitung lebih kuat (yaitu lebih banyak fungsi matematika). (Ingat bahwa Gereja-Turing tesis hipotesis ini benar untuk setiap jenis mesin: bahwa apa pun yang dapat "dihitung" dapat dihitung oleh beberapa mesin Turing.. lih Minsky (1967)). tidak bisa pergi sampai beberapa pilihan sewenang-wenang telah dilakukan oleh operator eksternal.

. 12 . hanya perlu lebih lambat oleh logaritmik faktor dibandingkan dengan mesin itu mensimulasikan. . + i n benar-benar menentukan buktinya.. multi-pita mesin turing universal. maka U akan menghitung urutan yang sama sebagai M. hal 138). i 2. i n = 0 atau 1). Hasil ini diperoleh pada tahun 1966 oleh FC Hennie dan RE Stearns ."U" untuk pendek dianggap oleh beberapa (bdk.. diputuskan. bukti 3.. tapi pada saat (1936) itu dianggap menakjubkan.. Davis (2000)) telah menjadi terobosan teoritis mendasar yang menyebabkan pengertian tentang program yang tersimpan komputer . untuk menyelesaikan perhitungan. i 2 = 0 atau 1. " (Catatan kaki ‡... bukti 2. Ini memang teknik dimana seorang deterministik (yaitu-) Turing mesin dapat digunakan untuk meniru aksi dari mesin Turing nondeterministic . Konsep ini sekarang aktif digunakan oleh ahli matematika C. Dia "kira [s] bahwa pilihan selalu antara dua kemungkinan 0 dan 1 bukti Setiap kemudian akan ditentukan oleh urutan pilihan i 1. .. dan karenanya nomor 2 n + i 1 2 n-1 + i 2 2 n-2 + . Model komputasi yang Turing disebut "mesin universal" nya . itu "menunggu keputusan" dari "oracle"-entitas yang tidak ditentukan "selain dari mengatakan bahwa itu tidak bisa menjadi mesin "(Turing (1939). hal diputuskan 166-168). Turing kertas mengandung. In (i 1 = 0 atau 1. penemuan komputer modern dan beberapa teknik pemrograman yang menyertainya. .. Unniversal Mesin Turing Hal ini dimungkinkan untuk menciptakan sebuah mesin tunggal yang dapat digunakan untuk menghitung urutan dihitung. Dalam hal kompleksitas komputasi .semua rumus yang dapat dibuktikan dari [Hilbert] kalkulus" daripada menggunakan mesin pilihan. Turing diselesaikan masalah ini dalam catatan kaki dan muncul untuk memberhentikan dari pertimbangan lebih lanjut.. pada intinya.. mesin otomatis melakukan berturut bukti 1. Temuan ini sekarang diambil untuk diberikan. Jika ini U mesin diberikan dengan tape pada awal yang ditulis string quintuples dipisahkan oleh titik koma dari beberapa M mesin komputasi. Sebuah mesin oracle atau o-mesin adalah mesin Turing-bahwa jeda perhitungan tersebut pada sedangkan negara "o".

D. Apa pun komputer yang nyata dapat menghitung. karena mesin nyata hanya bisa di konfigurasi finitely banyak. sejarah. mengingat jumlah waktu yang terbatas. Mesin Turing memungkinkan kita untuk membuat pernyataan tentang 13 . Perbandingan Hal ini sering mengatakan bahwa mesin Turing. mesin Turing (seperti mesin nyata) hanya dapat memanipulasi data jumlah terbatas. termasuk prosedur rekursif dan salah satu parameter-melewati mekanisme dikenal" (Hopcroft dan Ullman hal 157). adalah sebagai kuat sebagai mesin yang nyata. eperti mesin Turing. Waktu proses yang dibutuhkan biasanya jauh lebih masalah. komputer. Sebagai contoh: "Sebuah mesin Turing dapat mensimulasikan semua jenis subrutin yang ditemukan di bahasa pemrograman. Tetapi kenyataannya adalah bahwa baik atau mesin Turing mesin nyata membutuhkan jumlah astronomi ruang penyimpanan untuk melakukan perhitungan berguna. sementara deterministik setara terbatas robot pada mesin nyata yang diberikan telah quadrillions. Bahkan. Ada sejumlah cara untuk menjelaskan mengapa mesin Turing adalah model yang berguna dari komputer nyata. melainkan mereka dimaksudkan untuk perhitungan model itu sendiri. mesin Turing dapat menjadi kurang berguna sebagai model. Apa yang terjawab dalam pernyataan ini adalah bahwa. Dengan demikian. mesin turing yang setara dengan mesin yang memiliki jumlah terbatas ruang penyimpanan untuk perhitungan mereka. mengabaikan IO. Sebagai contoh. dikembangkan kemudian. Deskripsi program mesin nyata dengan menggunakan model abstrak sederhana sering jauh lebih kompleks daripada menggunakan mesin Turing deskripsi. Perbedaannya hanya terletak dengan kemampuan mesin Turing untuk memanipulasi jumlah terbatas data. fakta ini "mesin nyata" hanyalah sebuah robot dibatasi linier . Ada batas ke memori yang dimiliki oleh mesin saat ini. tidak seperti otomata sederhana. mesin nyata dapat memiliki ruang penyimpanan diperbesar sesuai kebutuhan. pernyataan tentang keterbatasan mesin Turing juga akan berlaku untuk komputer nyata. sebuah mesin Turing menggambarkan sebuah algoritma mungkin memiliki beberapa ratus negara. dan mampu mengeksekusi operasi apapun bahwa program nyata dapat. yang menghitung hanya pada (tetap) penyimpanan internal mereka. mesin turing tidak dimaksudkan untuk komputer model. Jika pasokan ini berjalan singkat. Di sisi lain. Sebuah FSA cukup besar juga dapat model apapun komputer yang nyata. Hal ini membuat representasi DFA tidak layak untuk menganalisis. mesin Turing juga dapat menghitung. Namun. dengan mengakuisisi disk lebih atau media penyimpanan lainnya. Mesin Turing menjelaskan algoritma independen dari berapa banyak memori yang mereka gunakan. tetapi batas ini dapat naik sewenangwenang dalam waktu.

Keterbatasan Mesin Turing Keterbatasan Mesin Turing adalah bahwa mereka tidak model kekuatan dari pengaturan tertentu dengan baik.algoritma yang akan (secara teoritis) terus selamanya. namun tidak terbatas pada. Hartmanis (1971). dan di Cook khususnya -Rechow (1973). terlepas dari kemajuan dalam arsitektur mesin komputasi konvensional. Mesin Turing menyederhanakan pernyataan algoritma. yang tidak mungkin dalam Turing Machine umum. Hasil dari perbedaan ini adalah bahwa ada optimasi komputasi yang dapat dilakukan berdasarkan indeks memori. Seperti mesin Turing Universal serak toko "Program" dalam "memori" eksternal untuk negara terbatas mesin yang itu "petunjuk". karena mereka telah sewenang-wenang-presisi tipe data yang tersedia dan tidak pernah harus berurusan dengan kondisi tak terduga (termasuk. Elgot dan Robinson (1964). 14 . seperti prosedur individu). serak memiliki jumlah tak terbatas dibedakan. dan karena itu tidak berhenti. Berbeda dengan Universal Turing Machine. namun nomor terbatas "register"-memori "sel" yang dapat berisi bilangan bulat apapun (lih. 'palsu batas bawah 'dapat terbukti pada algoritma tertentu' kali berjalan (karena asumsi menyederhanakan palsu dari Turing Machine). algoritma yang dapat ditampilkan untuk melakukan lebih cepat ketika menggunakan model serak perhitungan ketimbang model mesin Turing. Salah satu cara di mana mesin Turing adalah model yang buruk untuk program ini adalah bahwa program-program nyata. Mesin Turing tidak model perhitungan sedang berlangsung seperti juga (tapi masih dapat model bagian dari itu. Sebuah contoh dari ini adalah pencarian biner . E. dengan demikian "Program" parau bisa alamat setiap mendaftar di urutan mendaftar-. Misalnya. referensi di mesin akses acak ). modern disimpan-program komputer sebenarnya contoh dari bentuk yang lebih spesifik mesin abstrak yang dikenal sebagai mesin disimpan mengakses program acak atau model serak mesin. kehabisan memori) . Algoritma berjalan pada mesin Turing-setara abstrak biasanya lebih umum daripada rekanrekan mereka berjalan pada mesin yang nyata. seperti sistem operasi dan pengolah kata . sehingga ketika turing Mesin digunakan sebagai dasar untuk melompat-lompat kali berjalan. ditulis untuk menerima input terbatas dari waktu ke waktu. Terbatas-negara mesin parutan adalah dilengkapi dengan kemampuan untuk mengatasi tidak langsung (misalnya isi dari satu mendaftar dapat digunakan sebagai alamat untuk menentukan mendaftar lain).

Mesin Turing adalah model yang sangat sederhana dari komputer. 15 .Mesin terdiri dari sebuah finite control. simbol yang dituliskan dapat sama dengan simbol yang sekarang ada dalam tape. Pada awalnya. ditempatkan pada tape. Setiap sel dapat menampung sebuah dari sejumlah berhingga dari simbol. Memindahkan tape head ke kiri atau ke kanan. Mesin turing dikatakan men-scan sel tersebut. Dalam satu pergerakan. input yang merupakan string dari simbol dengan panjang berhingga dipilih dari input alphabet. pada awalnya menampung simbol khusus yang dinamakan blank. Next state dapat sama dengan current state. Pada awalnya. mesin Turing adalah sebuah finite automaton yang miliki sebuah tape tunggal dengan panjang tak terhingga yang dapat membaca dan menulis data. yang dapat berada dalam sebuah himpunan berhingga dari state. Kesimpulan Mesin turing ditemukan oleh Alan Turing. Terdapat sebuah tape yang dibagi ke dalam kotak-kotak atau sel-sel. Terdapat sebuah tape head yang selalu ditempatkan pada salah satu dari sel-sel tape. Secara esensial.      Blank bukan sebuah input symbol. dan mungkin terdapat simbol tape yang lain disamping input symbol dan blank. Sel-sel tape yang lain. mesin Turing akan: Merubah state. Tape symbol ini mengganti symbol apapun yang ada dalam sel tersebut.BAB IV PENUTUP A. Sebuah pergerakan mesin Turing adalah sebuah fungsi dari state dari finite control dan tape symbol yang di-scan. Menulis sebuah tape symbol dalam sel yang di-scan. tape head berada pada sel paling kiri yang menampung input. Secara opsional. Mesin Turing menggunakan notasi seperti ID-ID pada PDA untuk menyatakan konfigurasi dari komputasinya. perluasan secara infinite ke kiri dan ke kanan.

www. www.15 WIB 16 .30 WIB 2.Daftar Pustaka 1.30 WIB 3.wikipedia. www.ilmukomputer.com diakses 05 juli 2012 jam 13.com diakses 05 juli 2012 jam 13.scribid.com diakses 06 juli 2012 jam 20.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->