P. 1
07052008161215_HAKIKAT_IPS_1

07052008161215_HAKIKAT_IPS_1

|Views: 25|Likes:
Published by mrnehrun

More info:

Published by: mrnehrun on Jul 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2013

pdf

text

original

HAKEKAT IPS

M.Murdiono Jurusan PKn dan Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi

tapi disesuaikan dengan tujuan pengajaran dan perkembangan peserta didik Jenjang pendidikan juga ikut menentukan jumlah dan bagian isi ilmu sosial yang akan diramu menjadi program IPS Kesamaannya IPS dapat disusun dengan mengaitkan atau menggabungkan berbagai unsur ilmu sosial sehingga menjadi menarik .Keterkaitan IPS dan Ilmu-ilmu Sosial     IPS mengambil bahan-bahan dari ilmu-ilmu sosial Tidak ada keharusan bahwa semua ilmu sosial perlu diturunkan dalam setiap pokok bahasan IPS.

Perbedaan terletak pada tujuan. Persamaan terletak pada sasaran yang diselidiki. manusia dalam kehidupan bermasyarakat.Edgar B. . sementara IPS tujuannya lebih bersifat pendidikan bukan menemukan teori ilmu sosial. Wesley (1930)    IPS adalah ilmu-ilmu sosial yang disesuaikan dan disederhanakan guna mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran. Ilmu sosial bertujuan memajukan dan mengembangkan ilmu masing-masing.

dll.PENGERTIAN IPS (SOCIAL STUDIES) ► Kajian mengenai manusia dengan segala aspeknya dalam sistem kehidupan bermasyarakat ► Mengkaji bagaimana manusia hidup bersama manusia lainnya. ► Yang menjadi bahan kajian atau bahan belajar dalam IPS adalah keseluruhan tentang manusia. . bagaimana mereka memenuhi kebutuhan hidupnya. ► Mengkaji bagaimana mereka bergerak.

peserta didik harus mampu memadukan dari semua ilmu-ilmu sosial Diperlukan juga bahan-bahan yang berasal dari ilmu-ilmu alam dan humaniora sebagai materi pendukung Kompleksitas di Indonesia bukan saja karena tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi.Lanjutan …    Untuk menghadapi kompleksitas kehidupan. . tapi juga kompleksitas kemajemukan masyarakat Indonesia.

berkembang sebagai pendidikan ilmu-ilmu sosial) Pendidikan nilai (merekonstruksi pribadi.IPS dapat ditafsirkan sebagai:    Disiplin akademik (hasil yang diharapkan adalah membiasakan berpikir teratur dan sistematis. menyangkut perilaku individu dan bersifat intra pribadi) Isu-isu sosial (menyangkut masalah perilaku sosial dan sekaligus bersifat antar pribadi) .

C.DEFINISI IPS  Paul Mathias (IPS adalah subjek yang diajarkan di sekolah untuk mempelajari manusia dalam masyarakat pada masa lalu. masa kini. Binning & D. dan masa yang akan datang)  John Jarolimek (IPS adalah bagian dari kurikulum SD yang mapel yang berisi ilmuilmu sosial terpilih untuk tujuan pengajaran)  A. Binning (IPS adalah mapel yang mengemukakan bahan-bahan ilmu sosial untuk mempelajari hubungan manusia dalam masyarakat dan manusia sebagai anggota masyarakat .H.

menarik. mudah dimengerti dan mudah dipelajari. dengan menggunakan materi ilmu-ilmu sosial. Nasution (IPS adalah mata pelajaran yang merupakan suatu fusi atau paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial)  IPS dipadukan untuk tujuan-tujuan instruksional dengan materi yang sangat sederhana. IPS memanfaatkan temuan ilmu-ilmu sosial bagi aplikasi pendidikan  .  IPS merupakan pengetahuan terapan.Lanjutan … S. untuk tujuan pengajaran.

Lanjutan … ► IPS merupakan mata pelajaran yang bersifat normatif. ► IPS mengintegrasikan materi ilmu-ilmu sosial dengan menampilkan permasalahan seharihari dari masyarakat sekitar . sangat dipengaruhi oleh tujuan pendidikan yang diprogramkan yaitu hubungan timbal balik dalam kehidupan bermasyarakat.

TUJUAN IPS    Mengembangkan kemampuan dan keterampilan agar siswa mampu hidup selaras. serasi dan seimbang di lingkungannya. Gejala dan masalah yang ada pada lingkungan siswa dapat dijadikan stimulan untuk dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar. Dalam pengajaran IPS masyarakat merupakan sumber belajar dan materi utama serta sekaligus menjadi laboratorium .

dan terampil mengatasi masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya maupun yang melanda kehidupan masyarakat.Lanjutan …  Melalui pengajaran IPS diharapkan terbinanya warga negara yang peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat. memiliki sikap mental yang positif terhdap segala ketimpangan yang terjadi. .

 Membina keterampilan hidup bermasyarakat  Membina. memberikan bekal dan kesiapan untuk belajar lebih lanjut dan/atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi  . keyakinan. dan sikap akan pentingnya hidup bermasyarakat.Yang perlu diperhatikan oleh guru IPS Kemampuan dalam memberikan bekal pengetahuan tentang manusia dan seluk beluk kehidupannya  Membina kesadaran.

emosi.  Afektif Menekankan pada perasaan. dan keterampilan berpikir siswa. intelegensi.TUJUAN PENGAJARAN IPS  Kognitif Memperoleh pengetahuan. dan derajat penerimaan atau penolakan siswa terhadap materi pembelajaran IPS  Psikomotor Menekankan pada keterampilan/perilaku sebagai warga negara yang diharapkan diperoleh setelah belajar IPS . pengertian.

mengajar anak bagaimana berpikir.Lanjutan …  Fenton (1967:1): Pengajaran pendidikan IPS adalah mengantarkan anak menjadi warga negara yang baik. dan dengan pengajaran IPS dapat menyampaikan warisan kebudayaan kepada anak .

Guru dan lingkungan belajar yang ada diharapkan mendorong dan mengarahkannya . dan watak pribadi.FUNGSI PENDIDIKAN IPS    Membentuk dan meneruskan nilai-nilai moral Membentuk watak dan mental manusia Indonesia Membentuk dan meningkatkan kecerdasan individu dan masyarakat Pendidikan IPS seharusnya menitikberatkan kepada cara-cara yang dapat menumbuhkembangkan inisiatif. intelektualitas. kreativitas.

Terima kasih atas perhatiannya.. . sampai ketemu minggu depan insya Alloh…….

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->