P. 1
edisi23

edisi23

4.8

|Views: 1,957|Likes:
Published by penol

More info:

Published by: penol on Jan 10, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2012

Harga Rp.

3500,-

No.23/II/28 Maret - 03 April 2001

PCplus
TABLOID KOMPUTER

Mencari Search Engine yang Joss!

Eliminator Joystick: Main Game Jadi Tambah Asyik (25)

PittFall: Petualangan Ke Dunia Maya (29)

KIAT PILIH PENDINGIN PROSESOR

Mengoptimalkan Modem Anda (12)

Yang Tuna Pun Berpeluang Sama Meraih Kerja (22)

PCplus

plusMail
MELACAK E-MAIL
Saya membeli Tabloid PCplus No 16. Pada rubrik plus Kiat yang diberi judul "Cara Mudah Melacak e-mail", ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan. 1. Di dalam tulisan dikatakan "pesan e-mail biasanya dilengkapi dengan properties bermacammacam. My question is: What is properties? And where is it? 2. Bagaimana caranya mendapatkan "data-data pengiriman e-mail". Tolong jelaskan secara lengkap. Tolong segera dijawab, saya sangat membutuhkan penjelasannya. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih. Yudith Pintera Red: Download-lah e-mail tersebut dengan menggunakan Outlook Express. Setelah di-download, sorot e-mail yang ingin Anda lihat Properties-nya, dan kemudian klik kanan serta lihat di menu Properties. Selain dengan Outlook, kami mencobanya dengan Eudora, namun data properties e-mailnya tidak selengkap yang ada di Outlook Express.

No.23/II/03 April 2001

BUNDEL PCplus dan DETEKSI HARDDISK
Kepada Yth Redaksi PCplus, Saya ingin menanyakan tentang bundel PCplus tahun 2000. Isinya tentang apa saja? Bagaimana cara memesannya dan cara pembayarannya? Lalu pada PCplus edisi No. 15/II/06 Februari 2001 pada plusTrik tentang "Menghapus File Temporary" saya bingung harus menyisipkan di mana? Tolong diberi keterangan yang lebih spesifik? Di plusDownload ada tentang Badcopy99, tapi saya bingung setelah di-download dan dibuka tidak ada programnya, gimana nih? Tolong diberi tahu? Dan satu lagi apa nama program untuk men-detect harddisk yang lebih akurat dan cermat daripada Scandisk sebab waktu itu saya lihat di servis komputer menggunakan Doctor Merger untuk men-detect-nya? Terima kasih. Ricky Ren Red: Bundel PCplus adalah PCplus edisi No 01 sampai dengan No 11. Saat ini kami sedang membuat katalognya.Kalau Anda memerlukannya, kami bisa mengirimkannya lewat e-mail.

atau paling lambat Jumat aku kudu cepat-cepat ke agennya. Kalo boleh aku beri saran untuk artikel-artikelnya disertakan pula sumber-sumber referensi/ sumber lain berupa websites/ pustaka lainnya. Jadi pembaca bisa memperoleh info yang lebih komplit lagi, syukur-syukur bisa bantuin milis mania. Dan aku juga mo tanya gimana caranya ngirim artikel terutama jika pakai foto-foto? Tolong ya...Oke gitu dulu dech. Viva PCplus! Adi Prapto N gdi0@lycos.com

PENYALUR PCplus
Saya selama ini sudah mendapatkan Tabloid Komputer PCplus di Medan, dan kadangkadang untuk mendapatkan tabloid PCplus di Medan agak repot, setelah saya baca pada Edisi No.16, saya merasa tertarik untuk bekerjasama dengan Bapak, sebagai penyalur tabloid komputer PCplus di Medan. Sebagai informasi buat Bapak, lokasi kami tidak jauh dari kampus Universitas Sumatera Utara Medan. Apa saja syaratsyaratnya yang kami harus penuhi sebagai penyalur PCplus di tempat kami. Kami mohon informasi selanjutnya, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. K. Tarigan, SE Red: Silakan menghubungi bagian Sirkulasi PCplus (Telepon 0215483008 ext 3704 atau e-mail di sirkulasi@e-pcplus.com). Terima kasih atas tawaran kerjasamanya.

Red: Kami akan mempertimbangkan usulan saudara. Tentang PCplus edisi perdana, silakan mengirim e-mail ke sirkulasi@e-pcplus.com atau telepon di 5483008 ext 3704/3706 untuk menanyakan hal tersebut. Terima kasih atas atensi dan apresiasi Anda buat PCplus.

PEMROGRAMAN JAVA
Assalamualaikum. Saya adalah penggemar berat PCplus. Sekarang saya masih kuliah di jurusan ilmu komputer dan sangat menyukai rubrik "plusProgram" PCplus. Saya sangat memerlukan ulasan tentang bahasa pemrograman Java sebab pemakaian Java sekarang telah sangat mendunia dan dipakai para programer andal. Juga karena paradigma object oriented programming/OOP yang sekarang mulai dilirik oleh para IT mania. Oleh karena itu saya usul bagaimana kalau PCplus mulai menyajikan ulasan programming Java menggantikan C++ yang sekarang diulas. Terima kasih atas perhatiannya. Semoga PCplus tetap yang terbaik. ervin_rie@yahoo.com Red: Usulan Anda akan kami pertimbangkan. Rubrik pemrograman memang akan berganti-ganti sesuai dengan perkembangan dan permintaan pembaca PCplus. Red: Terima kasih atas apresiasi Anda. Untuk mengirimkan artikel, Anda bisa mengirim lewat e-mail dalam format .txt atau .rtf atau lewat pos biasa. Foto bisa juga dikirim lewat e-mail dalam format .jpg atau dalam foto tercetak. Kami tunggu artikel kiriman Anda. Panjang pendeknya tergantung tulisan, maksimal 1300-1400 kata.

PEMROGRAMAN AKUNTANSI
Kepada redaksi Yth. Saya seorang mahasiswa yang sedang kuliah semester akhir pada fakultas ekonomi jurusan akuntansi. Saat ini saya tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman. Yang ingin saya tanyakan ialah: 1. Bahasa pemrograman apa yang diperlukan untuk membuat aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan bidang akuntansi (GL, Payroll, Taxes, dll) yang berbasiskan Windows? Bahasa pemrograman apa yang lebih mudah untuk dipelajari? 2. Menurut Anda manakah yang lebih baik program aplikasi DAC Easy Accounting atau MYOB Accounting? Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih. sribudiarti@yahoo.com Red: Mohon maaf kami kurang tahu (bahkan relatif buta) mengenai pemrograman yang berhubungan dengan akuntansi. Adakah pembaca yang sudi membagikan informasi dan pengetahuannya kepada kawan kita yang tertarik dengan pemrograman akuntansi?

KIRIM ARTIKEL DAN OFFICE LINUX
Yth Redaksi PCplus, 1. Saya adalah pelanggan baru PCplus. Saya hanya ingin menanyakan, apakah bisa menulis artikel di PCplus? Mohon jawabannya. Kalau bisa apa saja syaratsyaratnya (format teks, panjang artikel, dll)? 2. Saya ingin mengusulkan, bagaimana kalau di edisiedisi mendatang, PCplus menyajikan tentang aplikasi office di Linux (fitur dan kelebihannya). Mohon maaf apabila pertanyaan dan usulan saya telah disampaikan oleh pembaca PCplus lainnya. Semoga PCplus menjadi tabloid komputer terbesar dan terpercaya di Indonesia. Untuk para redakturnya semoga tetap kompak. Terima kasih. Saepul Aruf SaepulAruf@ahmadiyya.com www.sirsaepul.com Red: Silakan baca jawaban surat senada di halaman ini. Tentang usulan Office di Linux itu, kami akan mempertimbangkannya. Atau, adakah pembaca yang siap menulis tentang Office Linux?

BEDA MI DAN TK
Perkenalkan saya Nada, pelanggan setia PCplus dengan ini saya ingin bertanya kepada kakak-kakak redaktur. Saya adalah siswa SMU peminat TI terutama komputer. Tapi saya tidak punya PC. Namun hal itu tidak menjadi kendala buat saya bahkan tahun depan insya Allah saya akan melanjutkan kuliah dan ingin mengambil jurusan komputer. Tapi saya bingung harus mengambil jurusan yang mana, Manajemen Informatika (MI) atau Teknik Komputer (TK)? Oleh karena itu saya mohon penjelasannya tentang apa saja yang dipelajari dari masing-masing jurusan tadi? Hal itu kiranya seperti menjadi pertimbangan buat nanti saya memilih jurusan. Hatur nuhun sebelumnya, semoga PCplus makin jaya. Nada 021-79198995 Red: Adakah pembaca lain yang bisa membantu kawan kita ini?

DI STAPLESS DAN EDISI PERDANA
Hallo PC PLUS..:) Ini nich. Saya kan penggemarmu yang sudah mengikutimu dari awal kamu terbit, tapi ada sedikit masalah sama kamu. Di halaman yang tengah, kalo bisa jangan ada gambar atau tulisan yang nyambung, sebab tuh tabloid saya stapless, jadi kalo' nyambung bikin susah bacanya. Dan satu lagi, gimana cara dapetin edisi yang perdana punya kamu? Habis di manamana udah nggak ada sampai di loakan pun tak ada. Habis kamunya laris habis sih. Thanks. Dwi Taufiq Rohman

SERTAKAN SUMBER ATAU REFERENSI
Moshi-moshi.... wow keren banget lho. Aku sudah baca dari pertama kali terbit, PCplus merupakan angin segar bagi pecinta dunia teknik informasi dan elektronika. Informasinya lumayan banyak, cukup ngetrend dan oke, gambarnya jelas dan harganya bersaing. Tapi sayang di kotaku (Salatiga), PCplus susah didapat. Atau karena distribusinya sedikit/laku banget sampai-sampai aku suka nggak kebagian? Tiap Kamis

PCplus
TABLOID KOMPUTER

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: R. Suhartono Dewan Redaksi: P.M. Winarno, P.C. Wiwiek Juwono, B.M. Adam Redaktur Pelaksana: Julianto Redaksi: Alois Wisnuhardana, Silvester Sila Wedjo, Irta Belia, F.X. Bambang Irawan, Andhy Setiawan, Saifullah Kundo Koresponden: Henry Syarifuddin (Bandung), Tjahjono EP (Yogyakarta), Didik Setyono (Surabaya), Sekretariat Redaksi: Putri, Dian Artistik/Tata-letak: Robby F. Richard, Sukarja Produksi: Bambang Trie.

I

N

F

O

G

R

E

S

!

Pemimpin Perusahaan: Teddy Surianto Wakil Pemimpin Perusahaan: Aspianah Hia Iklan: Chrispina E.T., Anneke Dame, Janne Eveline Promosi: Eva Grace S., Jimmy Rambing Sekretariat Sirkulasi: Emy Varlina V., Agung P. Penerbit: PT Prima Infosarana Media Pencetak: PT GRAMEDIA (isi diluar tanggung jawab pencetak) E-mail redaksi: redaksi@e-pcplus.com E-mail iklan: iklan@e-pcplus.com Alamat Sirkulasi: Jl. Palmerah Selatan No. 12 A Jakarta 10270. Telp. 548-3008, 548-0888, 549-0666 Ext. 3704, 3706. Fax. 536-0411. E-mail sirkulasi: sirkulasi@e-pcplus.com E-mail milis PCplus: mailplus@yahoogroups.com Rekening: BCA Cab Gajah Mada No Rek. 012.300551.9 atau Bank BNI Cab Utama Jakarta Kota No Rek. 008.24400 a.n PT Prima Infosarana Media Alamat Redaksi & Iklan: Jl. Palmerah Selatan No. 12. Jakarta 10270 Telp. 548-3008, 548-0888, 549-0666. Ext. 3701, 3703, 3713. Fax. 536-0411

1. Telah dibuka milis jual beli komponen PC yang difasilitasi PCplus dengan alamat bursapcplus@yahoogroups.com. Buat yang ingin menawarkan atau mencari barang silakan gabung di bursapcplus-subscribe@egroups.com. 2. Mohon surat-surat yang ditujukan untuk rubrik plusMail dikirimkan dengan subject: PLUSMAIL (via e-mail). Bila dikirimkan lewat pos, tuliskan PLUSMAIL di kiri atas amplop. Kami mohon maaf bila tidak semua surat yang masuk bisa dimuat di halaman ini.

2 PCplus

plusAktual

No.23/II/03 April 2001

INTEL LUNCURKAN PROSESOR PENTIUM III 1 GHz UNTUK NOTEBOOK
Satu lagi barang anyar Intel diluncurkan: prosesor
mobile Pentium II 1GHz. Teknologi prosesor ini bekerja 50 kali lipat dari prosesor mobile pertama Intel 386Sl yang masih berkecepatan 20MHz. Yang menarik, prosesor ini hanya memerlukan tenaga 1,35 volt dengan mode battery optimized, lebih rendah dibandingkan prosesor generasi pertama yang memerlukan voltase sebesar 5 volt.” Prosesor Intel mobile ini sesuai untuk PC jinjing jenis full-size berukuran normal, tipis, dan ringan. Semua notebook berbasiskan prosesor Intel Mobile Pentium III 1GHz akan memberikan kinerja yang memungkinkan pengguna memanfaatkan situs-situs Internet yang kaya media serta beragam aplikasi canggih seperti fotografi digital, video encoding dan decoding, game 3D, teknologi nirkabel yang baru muncul seperti Bluetooth. Sedangkan fitur Intel SpeedStep technology memungkinkan para sistem integrator menciptakan konfigurasi PC jinjing yang dapat dibuat berdasarkan pesanan. Beberapa manufaktur notebook seperti Asus, FIC, dan Mitac bersedia mengeluarkan beragam tipe PC jinjing pesanan berbasis prosesor 1GHz. Sementara, manufaktur notebook seperti Acer, Compaq, Dell, Fujitsu Corporation, Gateway Inc., Hewlett-Packard, IBM, NEC, Sony, Toshiba, dan Winbook menyatakan kesiapannya untuk mengeluarkan produk yang kompatibel. Prosesor Intel® Pentium® III 1GHz ini dijual seharga $722 per unit untuk pembelian seribu unitnya. (ful)

DI SURABAYA PENURUNAN HARGA MEMORI TAK MAMPU PACU PENJUALAN PC
Dalam dua bulan terakhir, harga
semua memori di tingkat distributor mengalami penurunan sampai dengan 65 %. Pada level end user, penurunan ini mencapai 50% mengingat pengaruh nilai tukar rupiah terhadap dolar. Pada bulan pertama tahun 2001, penjualan PC di Jawa Timur, khususnya Surabaya dan Malang mengalami penurunan dibanding dua bulan terakhir tahun 2000. Pada bulan November dan Desember tahun lalu, penjualan PC untuk kedua kota tersebut mencapai 450 unit, dengan komposisi penjualan 70% rakitan dan 30 % pabrikan (branded). Pada bulan Januari 2001 penjualan PC untuk Jawa Timur mengalami penurunan yang sangat drastis hingga pada jumlah di bawah 200 unit saja. Bahkan banyak toko komputer yang sama sekali tidak menjual komputer dalam “unitan”. Sejak pada akhir Februari sampai awal Maret 2001 setelah pameran berlangsung penjualan PC nyaris terhenti walaupun banyak dealer yang menurunkan harga komponen termasuk di antaranya prosesor, memori, dan periferal lainnya. Menurut Sole Distributor Simple Memory Surabaya, Bambang Triono yang juga pemilik toko komputer MilleniumMac, penurunan harga memori tidak terlalu memacu penjualan, karena penurunan yang terjadi tidak diikuti penurunan harga komponen lainnya dan kalau pun ada penurunan harga adalah dalam nilai US $. Di samping itu banyak reseller yang tidak sampai menurunkan harga komputer dalam bentuk unitan. Sebuah kenyataan bahwa sebenarnya daya beli yang ada di masyarakat saat ini sangat lemah. Mega Bazaar Computer 2001 semula dianggap sebagai awal untuk meningkatkan penjualan sekaligus merupakan ajang penjualan (market place) untuk komputer terbesar ternyata kurang pembeli. (dik)

ADA LOMBA MODEL LEWAT TELEVISI DARI BOLEHNET
Sukses dengan penyelenggaraan kompetisi Cyber Model
tahun lalu, Boleh Net (www.bolehmail.com) kali ini menyelenggarakan “TV Boleh Contest”. Berbeda dengan penyelenggaraan tahun lalu, Cyber Model 2001 ini teknis pelaksanaannya digabungkan dengan program TV, bekerja sama dengan stasiun AN Teve. Dengan begitu, Boleh Net telah merintis sinergi media televisi dengan Internet dalam program ini. “Program ini merupakan perpaduan unik antara TV dan Internet. Fondasi dari program ini sangat kokoh karena pengguna Internet dapat menonton program di televisi untuk melihat kontes yang sedang berlangsung dan di lain pihak, pemirsa juga dapat mengakses Internet untuk berkomunikasi dengan para peserta via e-mail,” kata Dharma Putra, juru bicara Boleh Net. Program tersebut sudah mulai ditayangkan tanggal 18 Maret lalu, disiarkan setiap hari Minggu pukul 17.30, dan akan berlangsung sepanjang 13 episode. Episode 1 sampai 12 merupakan babak prakualifikasi. Episode 13 merupakan babak final dan memilih pemenang Cyber Model 2001 dari dua belas pemenang episode-episode sebelumnya. Seluruh program ini didukung juga oleh PT AITI Investment, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan Teknologi Informasi dan Internet di Indonesia, bersama dengan Acha Production, sebuah rumah produksi. (fbi)

MICROSOFT LUNCURKAN PROGRAM INKUBATOR BUAT VENDOR LOKAL
Apakah Anda
seorang pengelola software lokal yang bingung mencari modal dan kesulitan memasarkan produk Anda? Tidak perlu khawatir. PT Microsoft Indonesia lewat Microsoft The Business Internet Competency Center (MBICC) menyelenggarakan Microsoft.NET Incubator Program, suatu program investasi untuk pengembangan industri teknologi informasi di Indonesia. Program ini sendiri diluncurkan 12 Maret lalu di Hotel Regent, Jakarta. Berawal dari kepedulian terhadap perkembangan TI di Indonesia, program ini bertujuan untuk memberikan andil dalam pengembangan TI di Indonesia. Dengan total budget dana sekitar 2,5 milyar rupiah, dana tersebut akan dialokasikan kepada lima perusahaaan terpilih. Secara teknis, penyeleksian ini akan dilakukan oleh dewan juri dari berbagai kalangan. Dimulai dengan sosialiasi program ini kepada sekitar 2000 software house lokal berskala kecil dan menengah yang tersebar di seluruh Indonesia, seleksi akan dilakukan bertahap sampai terpilih lima perusahaan sofware house lokal terbaik. Kemudian PT Microsoft Indonesia akan membantu mereka dalam bentuk transfer teknologi (pelatihan), penyediaan software, hardware (didukung oleh Hewlett-Packard), dan pemasaran. Menurut Direktur Teknologi PT Microsoft Indonesia Ari Kunwidodo, bantuan tidak diberikan dalam bentuk uang tunai. Pada program ini, Microsoft tidak hanya membantu mengembangkan aplikasi tersebut. Lebih jauh dari itu, Microsoft akan membantu memikirkan bagaimana memasarkan produk tersebut. Hal inilah yang membedakan Microsoft dengan program serupa yang dimiliki oleh vendor TI lainnya. Berdasarkan hal tersebut diharapkan perusahaan yang terpilih benar-benar mempunyai konsep aplikasi terbaik. Satu hal penting ditegaskan oleh Richard Kartawidjaya, Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia. Apabila produk aplikasi software dari perusahaaan-perusahaan tersebut siap diluncurkan, PT Microsoft Indonesia tetap akan menjaga hak royalti (copy right dari software tersebut sehingga kekhawatiran yang berlebihan tentang upaya PT Microsoft untuk menguasai pasar lokal tidak perlu terjadi. Proses pengajuan proposal dimulai dari tanggal 13 Maret hingga 5 April 2001. Setelah melalui proses seleksi, perusahaan yang terpilih akan diumumkan pada tanggal 26 April 2001. Selanjutnya akan dilakukan pelatihan selama 1 bulan, untuk kemudian memasuki tahap pengembangan aplikasi. Perusahaan yang berminat dapat mengajukan proposalnya dalam bentuk dokumen tertulis yang memuat profil perusahaan, konsep produk, spesifikasi aplikasi dan spesifikasi lainnya yang berkaitan ke: Microsoft The Business Internet Competency Center (MBICC), Gedung Bursa Efek Jakarta, Menara II Lt.14 Jl.Jend.Sudirman kav 52-53 Jakarta. (ful)

PCplus 3

plusAktual
ADOBE ACROBAT 5:

No.23/II/03 April 2001

MEMBUAT DOKUMEN JADI LEBIH CANTIK
Minggu lalu, Adobe System Incorporated
meluncurkan versi terbaru Adobe Acrobat 5, sebuah aplikasi software pembuatan dokumen yang sangat efisien dan praktis. Apa saja kelebihan dari seri 5 ini dibanding pendahulunya versi 4? Ya, Acrobat 5 ini melanjutkan tradisi lama Adobe yang memungkinkan pengguna membuat dokumen-dokumen dengan format yang lebih cermat dan teliti. Sebagaimana kita tahu, Adobe Acrobat mampu memberikan hasil yang optimal dari dokumen yang memerlukan penampilan presisi, baik berupa teks, gambar, maupun tabel. Melalui format Portable Document Format (PDF), dokumen ini bisa di-share secara online lewat Internet dan juga bisa dibaca oleh berbagai macam sistem operasi. Adobe Acrobat 5 dapat bekerja secara lebih efisien. Si pengguna bisa menggunakannya secara individual maupun tim. Selain itu, Acrobat dilengkapi pula dengan pembuatan tanda tangan digital dan pengiriman dokumen yang bersifat aman. Oleh karenanya, kalangan pelaku bisnis dapat memanfaatkan software baru ini sebagai format dokumen resmi, yang mengurangi ongkos pencetakan, pengiriman. Dan yang paling pokok, keakuratannya akan terlihat lebih baik. Selain kelengkapan di atas, Acrobat 5 juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan para penyandang cacat tetap bisa menikmati software ini. Beberapa penambahan fitur seperti beberapa format grafis yang lebih baik seperti Network Publishing. Sementara, pengintegrasian dokumen melalui Web lewat WebDistributed Authoring and Versioning (WebDAV) dan Open DataBase Connectivity (ODBC) memungkinkan tim yang memanfaatkan aplikasi Acrobat ini bisa bekerja secara simultan. Mereka bisa saling mengomentari dokumen yang berbentuk PDF melalui browser lewat Internet. Acrobat juga dapat men-support format eXtensible Markup Language (XML). Buat Anda yang sering berkolaborasi dengan orang lain yang berjarak jauh, Acrobat versi 5 ini tentu bisa dijadikan alternatif pilihan. Anda bisa menggunakan Acrobat Reader yang bisa Anda peroleh secara gratis dari situs www.adobe.com untuk membaca dokumen-dokumen berformat PDF ini. Memang, membayangkan berbagai macam aplikasi berbasis dokumen bisa jadi membuat kita puyeng. Platform yang satu kadangkala tidak sesuai atau tidak bisa dibaca pada platform yang lain. Akibatnya, pengguna tidak bisa membuka file karena mereka tidak memiliki aplikasi yang digunakan untuk membuat dokumen. Dengan adanya format PDF, dokumen apapun akan bisa dibuka dengan mudah melalui Acrobat Reader. Selain itu, PDF juga membantu pembuatan dokumendokumen yang bila dibuat dengan aplikasi lain tidak bisa dicetak. File-file PDF selalu bisa dibaca oleh perkakas cetak. Dengan format yang ringkas, PDF bisa dipertukarkan dalam bentuk file di disket, via e-mail, atau CD-ROM. Biasanya, file yang diformat dalam PDF memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding sumber dokumen aslinya. Ini makin menguntungkan, karena Anda tidak akan terganggu oleh besarnya data ketika data itu harus dipertukarkan melalui jaringan. (snu)

HOPPER 20 IMPACT SERIES:

PROYEKTOR LCD MULTIMEDIA DARI PHILIPS
Salah satu
pendahulu di dunia elektronik, Philips, pada hari Senin sampai dengan Jum’at lalu (19-23 Maret), mengadakan launching dan road show produk terbarunya, yaitu Philips LCD Multimedia Projector. Produk tersebut diberi nama “Hopper 20 Impact Series”. Mudah dan praktis, hal itulah yang diusung oleh Philips dengan produk terbarunya itu. Easy plug & play merupakan fitur keunggulan dari proyektor ini. Hopper 20 Impact Series menggunakan sambungan (konektor) USB. Sambungan USB itu digunakan untuk konektor power, kontrol mouse, konektor untuk audio dan PC speaker, serta untuk kamera PC. Untuk lebih memanjakan mata Anda, sesuai dengan namanya, LCD Multimedia Projector, dapat dihubungkan dengan monitor. Sambungan ke monitor melalui kabel-Y VGA. Dengan bentuk fisik yang tidak “makan” tempat, proyektor produk Philips tersebut dapat dipindahkan secara gampang. Dengan bobot yang cukup ringan, sekitar 4,9 kg, untuk menentengnya Anda tidak akan terlalu berkeringat. Kelebihan yang lainnya terletak pada kemampuan lampu yang digunakan. Lampu yang digunakan berkekuatan 150watt, dengan “masa hidup” 2000 jam. Selain itu Hopper 20 Impact Series tidak menimbulkan suara yang berisik. Tingkat keberisikan yang ditimbulkan oleh mesin itu hanya 33dB. Fasilitas lainnya yang dapat ditoleh adalah mempunyai kontrol gambar yang lengkap. Kontrol yang lengkap itu menyangkut digital freeze, digital zoom, auto image, dan picture format 4:3 atau 16:9.
(aan)

MP3 PLAYER DENGAN KAPASITAS 6MB DILUNCURKAN
Yang namanya
musik bisa jadi hiburan di kala stress. Karenanya tidaklah mengherankan bila banyak pabrik elektronik juga memproduksi MP3 player. Archos misalnya meluncurkan sebuah MP3 player yang diberi nama Jukebox 6000. Tidak seperti MP3 player yang telah ada, Jukebox 6000 ini memiliki kapasitas penyimpanan super besar, yaitu sebesar 6GB. Dengan kemampuannya menyimpan file sebesar ini, alat yang beratnya cuma 290 gram ini mampu memainkan musik dalam format MP3 tanpa henti selama 100 jam! Hebatnya, alat ini bisa merekam musik dari berbagai media audio termasuk stereo set, radio, atau microphone. Untuk berhubungan dengan komputer pun alat yang berukuran palm ini memakai konektor USB yang user friendly dengan kemampuan transfer yang cepat tanpa membutuhkan software khusus. Meski bisa memainkan lagu sekitar 100 jam, penggunanya meski mengganti 4 baterai yang dipakai setiap 8 jam. Jukebox ini sendiri memiliki memori buffer sebesar 2MB sehingga mampu menopang kerja alat ini untuk urusan transfer data. Jukebox 6000 ini bisa dihubungkan dengan PC berbasis Windows 98 atau lebih dan Macintosh dengan sistem operasi OS 8.6 atau lebih. Pecinta musik MP3 agaknya harus sedikit bersabar untuk bisa menikmati alat ini. (sil)

PROYEK PERCONTOHAN PENGGUNAAN KARTU CHIP BUAT PEMILU
Kecanggihan teknologi informasi
sepertinya tidak bisa dibendung lagi. Dengan kecanggihan teknologi ini pemilu yang amat penting sekalipun bisa dipermudah, misalnya dengan bantuan jaringan Internet. Cara pemilu lewat Internet ini nampaknya akan segera terwujud. Pada pemilu tahun 2002 nanti misalnya, negara bagian Bayern, Jerman akan melaksanakan proyek percontohan yang memberlakukan penggunaan kartu chip dalam pemilu tersebut. Dengan bantuan Buergerkarte yang disebut "bcard" dan jaringan Internet, para pemilih bisa memilih jagonya dengan keyboard dan mouse. Stern.de melaporkan, kota Passau sengaja dipilih sebagai "kelinci percobaan" untuk proyek ini mengingat besarnya kota ini dan banyaknya warga kota yang telah melek Internet, ungkap jurubicara badan percetakan Jerman yang rencananya akan diserahi untuk menjalankan proyek ini. Menurut rencana, 2 kota lain di Jerman yaitu Ulm dan Bremerhaven juga akan melaksanakan proyek ambisius ini. Melalui metode ini, para calon pemilih akan diberikan sebuah nomor pin untuk registrasi dan mereka kemudian dapat memilih wakil yang mereka inginkan cukup melalui jaringan Internet. Proyek percontohan ini sendiri sengaja dibuat untuk mengetahui kemungkinan diberlakukannya sistem online pada beberapa bidang seperti pajak penghasilan atau pajak kendaraan bermotor. kalau proyek ini berhasil, kemungkinan besar semua urusan yang berkenaan dengan pajak bisa dilakukan secara online. (sil)

4 PCplus

plusBelajar
Saat ini Ciplus agak “sumringah” wajahnya. Minggu kemarin ia sudah “ngeh” apa itu namanya kabel power. Tapi jangan keburu senang dulu, masih ada satu jenis kabel lagi. Kabel itu adalah kabel data. Kabel data juga sama pentingnya dengan kabel power. Ada kabel power, tapi kalau tidak ada kabel data sama juga nggak ada artinya. PC dapat “menyala”, tapi tidak dapat digunakan untuk mentransfer data, tidak ada gunanya bukan?

Andhy Setiawan

No.23/II/03 April 2001

MENGENAL KABEL DATA KOMPUTER
KABEL SERIAL
Port serial (PS) merupakan sambungan yang berupa Input/ Output (I/O). Sambungan I/O berfungsi untuk mentransfer data dari dan ke komputer. Ada beberapa jenis tipe sambungan I/O, yaitu port serial, port paralel, disk-drive controller, ethernet board, universal serial bus (USB), dan lain-lain. Kebanyakan PC mempunyai satu atau dua PS, yaitu yang mempunyai konektor 9 pin dan konektor 25 pin (seperti yang terlihat pada bagian belakang komputer). Pin-pin tersebut sebagian berfungsi untuk
“Dari kiri ke kanan: Kabel IDE, kabel FDC”

Untuk mentransfer data
baik yang berupa data teks maupun data grafis, tentunya diperlukan penghubung. Penghubung itu biasanya melalui kabel. Teknologi yang terbaru, yang disebut “hubungan nirkabel”, tidak memerlukan lagi penghubung berbentuk kabel. Ada beberapa jenis kabel data, yaitu paralel, serial, USB, kabel I/O (IDE dan FDC) dan kabel konektor mouse dan keyboard.

KABEL I/O (IDE DAN FDC)
Di dalam CPU komputer terdapat kabel pipih dan biasanya berwarna putih. Kabel tersebut merupakan media penghubung antar komponen yang terdapat di dalam casing komputer. Kabel itu sering disebut dengan nama kabel data Input/Output atau sering disingkat dengan kabel I/O. Kabel I/O menurut fungsinya ada dua yaitu IDE dan FDC. Kabel I/O menghubungkan antara mainboard dengan harddisk, mainboard dengan CD-ROM, dan mainboard dengan diskdrive. Menurut bentuknya, kabel I/O ada dua macam, yaitu kabel dengan lebar lebih besar dan satunya lagi lebar kabelnya lebih kecil. Kabel yang lebih besar digunakan untuk menghubungkan antara mainboard dengan harddisk dan mainboard dengan CDROM disebut kabel IDE. Kabel yang lebarnya lebih kecil digunakan untuk menghubungkan antara mainboard dengan diskdrive disebut kabel FDC. Sedang menurut jenisnya, ada dua kabel I/O. Yaitu kabel I/O dengan konektor tunggal dan ganda. Konektor tunggal digunakan untuk menghubungkan mainboard hanya dengan satu hardware saja, misalnya Anda hanya menggunakan satu buah diskdrive. Konektor ganda digunakan untuk

menghubungkan mainboard dengan hardware ganda, misalnya jika Anda menggunakan dua harddisk atau lebih. Sebagai identifikator, terdapat warna merah pada sisi lebarnya. Fungsi dari warna merah itu untuk menunjukkan sisi yang akan dipasangkan pada mainboard. Sisi dengan warna merah dipasangkan pada sisi yang mempunyai tanda panah pada mainboard.

kabel data paralel, ukuran dari konektor sangat berpengaruh. Jika ukuran konektor dengan dudukannya tidak sesuai, maka kabel tersebut tidak dapat digunakan. Dengan konektor yang bersifat universal tersebut banyak peranti dapat memanfaatkannya. Peranti yang menggunakan kabel data USB antara lain adalah: printer, scanner, mouse, joystick, kamera digital, modem, speaker, telepon, dan video. Di masa

“Kabel USB”

mendatang, kabel data USB akan menggantikan kedudukan kabel data paralel.

KABEL PARALEL
Kabel data paralel lebih populer jika dibandingkan dengan jenis kabel-kabel yang lain. Hampir semua jenis peranti menggunakan kabel data berjenis paralel. Kabel data paralel digunakan untuk peranti-peranti seperti: printer, scaner, CD-writer, harddisk eksternal, removable drive, network adapter, dan tape backup drive.

KABEL KONEKTOR MOUSE DAN KEYBOARD
Selain kabel power dan kabel data, jika diperhatikan masih ada kabel-kabel yang lain. Kabel itu adalah kabel yang berhubungan dengan mouse dan keyboard. Kabel mouse sebenarnya termasuk kabel data. Mouse generasi lawas kebanyakan menggunakan kabel data paralel. Tetapi pada mouse keluaran terakhir digunakan kabel data USB.

“Konektor serial 9 pin dan 25 pin”

“Colokan kabel paralel”

Kenapa disebut paralel? Karena bentuknya yang memanjang berganda. Kabel data paralel pada kedua ujungnya dilengkapi dengan konektor. Konektor itu ada yang panjang, seperti pada kabel data paralel printer, tapi ada juga yang konektornya pendek, seperti pada kabel data paralel dari monitor. Kabel data paralel mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya adalah gampang ditemukan di manamana. Karena kepopulerannya itu, jika lupa membawa, dapat dicari penggantinya dengan cukup mudah.

transfer data (input/output) dan sebagian lagi sebagai “kontrol” pengatur asal-tujuan data. PS lebih dari hanya sekadar konektor biasa. PS dapat digunakan untuk mengonversi data dari paralel ke serial dan dapat digunakan pula untuk mengubah kode-kode elektronik dari sebuah data. Pada komputer, data ditransfer dalam bentuk paralel melalui berbagai kabel dalam waktu yang sama. Dalam mengalirkan data, data harus dikonversi dulu dari paralel (dari komputer) ke serial. Hal itu terjadi pada waktu mentransmisikan pin dan sebaliknya. PS banyak digunakan pada chip komputer.

“Kabel konektor PS/2”

KABEL USB
Banyak PC sekarang menggunakan kabel data USB. Kelebihan Universal Serial Bus atau yang lebih populer dengan USB adalah dapat digunakan untuk periferal apa saja. Umumnya

Kabel keyboard, jenisnya ada dua: kabel PS/2 dan kabel USB. Kabel PS/2 banyak digunakan keyboard keluaran lama. Produk keyboard terbaru banyak menggunakan kabel USB. Perbedaan antara PS/2 dengan USB adalah pada konektornya. Untuk kabel keyboard PS/2 mempunyai 6 pin dengan mini-DIN konektor. Sedangkan kabel keyboard USB mempunyai 4 jalur penghubung.

PCplus 5

plusInternet
Dulu di zaman Orde Baru, banyak orang menunggu-nunggu siaran Radio Australia atau BBC London setiap senja menjelang. Mereka mencari informasi yang benar tentang bangsa mereka sendiri dari radio yang dipancarkan jauh di seberang lautan. Wajar jika suaranya menggelayut laksana suara angin.

F.X. Bambang Irawan

No.23/II/03 April 2001

“NGUPING” RADIO LEWAT INTERNET
(dengan teknologi audio streaming). Pancaran ini ditangkap oleh komputer yang kemudian menggunakan program audio player untuk mengubahnya menjadi format yang digunakan soundcard agar bisa “membunyikannya” pada speaker atau headphone. congestion atau kemacetan di “jalan raya” Internet. Data yang tercegat kemacetan akan terlambat sampainya, sehingga buffer sempat mengalami kekosongan. Jika menggunakan Real Audio, kita akan mendapatkan pesan kemacetan tersebut. Software kemudian akan melakukan rebuffering, pengisian kembali “bak penampungan” sinyal audio tersebut.

PLAYER
Salah satu teknologi dan program yang paling banyak digunakan untuk menikmati radio Internet adalah RealPlayer (www.real.com) yang sampai versi 8 tersedia gratis. Namun jika Anda mendambakan kualitas audio yang lebih bagus, tersedia RealPlayer 8 Plus, dengan membayar sejumlah dolar. RealPlayer terbaru ini

Tapi kini, selain banyak
radio lokal yang sudah berani ngomong soal ketidakberesan pemerintahan dan bangsa sendiri. Ratusan radio mancanegara juga bisa dipantau dengan mudah lewat Internet: radio Internet. Radio Internet adalah radio yang gelombangnya dipancarkan melalui Internet. Kalau siaran radio biasa kita terima dengan pesawat radio yang nenek moyangnya ditemukan oleh Marconi, maka radio Internet bisa kita terima lewat komputer multimedia yang terkoneksi ke Internet. Stasiun radionya bisa jadi adalah stasiun radio tradisional yang sudah mapan atau bisa jadi juga yang murni berbasis Internet. Dengan mengirim gelombangnya lewat Internet, berarti jangkauan radio Internet ini luas bukan kepalang. Coverage area-nya jauh melebihi daya jangkau pancaran stasiun radio biasa yang lingkupnya biasanya hanya dalam satu kota, plus beberapa daerah sekitarnya. Kalau sudah masuk ke Internet, maka jarak tak jadi kendala lagi. Radio di Kaliangkrik, Magelang, misalnya, bisa terdengar sampai ke California juga. Tentu saja untuk dapat mendengarkan siaran radio itu, komputer kita juga harus bisa bertindak seperti radio. Atau dengan kata lain, komputer kita harus multimedia. Paling tidak, bisa “bersuara”. Untuk itu peranti standar yang perlu tersedia adalah soundcard berikut speaker atau headphone-nya. Koneksi Internet yang diperlukan, pada prinsipnya dapat dilakukan dengan modem yang berkecepatan minimal 14,4Kbps. Namun sekarang tak ada lagi ISP yang menyediakan koneksi sepayah itu. Sekarang ISP berebut menyediakan koneksi minimal 28,8Kbps atau malah 56Kbps. Atau malah broadband sekalian! Pada prinsipnya, agar dapat mendengarkan siaran, komputer melakukan request terhadap server dari stasiun radio online tersebut. Baru kemudian server mengirim pancaran data audionya

AUDIO STREAMING
Teknologi audio streaming berbeda dengan jika kita mendownload file audio secara lengkap, menyimpannya di harddisk dan kemudian baru memainkannya dari komputer. Audio streaming tidak menunggu data di-download hingga lengkap menjadi file.

sebenarnya juga bisa digunakan untuk menonton siaran televisi online, namun kemungkinan besar kita tidak akan sukses melakukannya karena butuh bandwidth yang gede. Software lain yang cukup populer dan biasanya sudah ikut terinstal dalam Windows adalah Windows Media Player. Selain itu dua yang populer tersebut, terdapat juga QuickTime, Destiny, Sonique, Xing StreamWorks, dan WinAmp. Kita perlu menginstal salah satu software tersebut. Tetapi sebaiknya kita mempunyai format yang paling umum diterima, yaitu RealPlayer dan Media Player.

KE MANA MEMILIH STASIUN?
Sekarang ini
sudah banyak pilihan radio Internet, baik dari dalam negeri maupun (apalagi) luar negeri. Banyak portal yang sudah memasukkan subdirektori e-Radio ini ke dalam contentnya. Untuk mencari stasiun radio yang dapat didengarkan melalui Internet ini kita tak perlu “Mendingan lewat Yahoo!” menghapal alamat URL-nya satu per satu. Kita index.htm. Sementara Astaga! bisa menuju ke portal-portal mempunyai daftar di http:// yang mengumpulkan www.astaga.com/Radio/. semuanya dalam satu Pada portal-portal besar halaman dan tinggal klik saja atau portal khusus radio, salah satu di antaranya. bahkan akan kita jumpai Kompas Cyber Media, pengelompokan berdasarkan misalnya, menempatkannya segmentasi pendengar. di alamat http:// Misalnya, ada saluran-saluran www.kompas.com/eradio/ yang dikelompokkan ke dalam kategori berita, musik, humor, jazz, keagamaan, pendidikan, dan sebagainya. Contohnya seperti yang digeber oleh Yahoo! di http:// radio.yahoo.com. Bahkan Yahoo! juga mengembangkan Yahoo! Player-nya sendiri, selain mengadopsi berbagai player populer yang sudah disebut di depan. Kalau koneksi Internet buat kita membaik kelak, maka pasti akan lebih banyak lagi radio yang “go Internet”. Dan radio-radio komunitas atau regional akan bisa didengar dari titik yang sangat jauh dari asal komunitas tersebut.

“Sudah ada dalam Windows”

SITUS RADIO INTERNET INDONESIA
“Player paling populer”

Begitu data diterima (berupa sinyal audio), ia akan di-buffer (ditempatkan dalam “penampungan”) untuk beberapa detik dan kemudian baru dimainkan. Sementara audio tersebut dimainkan, data lainnya terus berdatangan. Jika data yang dipancarkan tersebut diterima secara konstan, suara yang kita nikmati juga akan konstan. Ya, seperti aliran air dari bak berlubang saja. Gemericiknya akan terdengar konstan jika aliran airnya juga tak terputus akibat bak penampungannya kosong. Demikian pula terjadi dalam hal suara radio Internet yang akan kita dengar di komputer. Dalam kenyataannya, buffer tersebut sering kosong karena data mengalami

• •

• • • • • • •

87.6 FM Hard Rock Jakarta (www.hardrockfm.com/ audio_dir/hardrocklive.ram) 96 FM Radio Mercury Surabaya (www.sby.dnet.net.id/ mercury.ram) 96.7 FM Radio A Jakarta (a967fm.indosat.net.id/Live.ram) 97.75 FM Radio Salvatore Surabaya (www.sby.dnet.net.id/ salvatore.ram) 100.55 FM Suara Surabaya (http://suara.surabaya. indo.net.id/ssfm.ram) 100.9 Sonora FM Jakarta (http://sonora.indosat.net.id/ “Salah satu radio Internet di Indonesia” sonoratest.ram) 100.9 RCTFM Semarang (http://radio.indosat.net.id/rctfm.ram) 102.3 FMANIA Prambors Rasisonia Jakarta (http://radio.indosat.net.id/1023fmania.ram) 102.6 Gajahmada FM Semarang (www.gajahmadafm.co.id/gajahmada1026.ram) 103 OZ FM Bandung (http://ozfm.indosat.net.id/ozlive.ram) 104.75 Kiss FM Medan (www.kiss-fm.com/kiss-fm.ram) 104.75 SCFM Surabaya (http://scfm.surabaya.indo.net.id/scfm.ram) 105.8 Ardan FM Bandung (http://ardanfm.indosat.net.id/ardanfm.ram)

6 PCplus

plusInternet
Selain radio-radio yang sudah memancarkan siarannya lewat Internet, masih banyak radio lain yang masih berkutat pada habitat tradisionalnya. Namun tak sedikit juga yang mengambil jalan tengah dalam menyikapi era Internet, mereka mempunyai situs Web untuk memuaskan para penggemarnya atas informasi tentang stasiun tersebut.

Ahmad Saifullah Kundo/F.X. Bambang Irawan

No.23/II/03 April 2001

NAMPANG DULU, SIARAN DI INTERNET BELAKANGAN
pula fitur e-mail, mailing list, ramalan cuaca lengkap yang di-update secara periodik, bahkan pantauan periodik demografi melalui satelit. Bagi Anda yang ingin menggunakan search engine, melalui situs ini Anda dapat langsung mengakses search engine Google secara mudah tanpa harus keluar dari situs tersebut.

SWARAGAMA FM 98,45MHZ (w w w .s w ar ag am a.co m )

SANANTA FM 105,8MHZ TEGAL (w w w .s a n a n t a .co m )

Ada stasiun yang benarbenar serius membangun situsnya dengan menyewa server khusus dan mengisinya dengan content yang menarik dan up to date. Namun ada juga yang memanfaatkan situs gratisan untuk memasang daftar program harian, foto para pengelola radio, atau jadwal acara off air, misalnya. Lepas dari semua itu, upaya mereka sangat berharga dalam hal semangat untuk menggunakan Internet sebagai salah satu media penyampaian informasi (dan promosi). Jika yang melakukan hal itu adalah radio-radio daerah, maka ia bisa jadi nilai tambah. Terutama karena ruang lingkupnya menjadi semakin luas, syukur-syukur bisa mengobati kangen para perantau di tanah seberang. Ya, meski baru bisa melihat situsnya saja. No problemo, kita tunggu mereka di esok hari. Di Internet!

jumpai cerita seluk-beluk dan data rinci mengenai radio kondang di Yogya ini, para koki di belakang layarnya, daftar tangga lagu terbaru, dan lain-lain. Anda juga bisa request lagu lewat situs ini. E-mail gratis yang didukung oleh layanan Everyone.net juga bisa Anda dapatkan dari sini.

SUARA RADIO PADANG FM 102,3MHZ ( h t t p :// p a da n g- f m .8m .co m )

RADIO NIKOYA FM 106.15MHz (w w w .n ik o y a f m .cc.s t )

Awak ndak ke mano? Hendak pulang kampuang? Tidak perlu repot. Bagi Anda yang ingin mengetahui perkembangan terbaru di Padang, Anda dapat mengklik situs ini. Tersedia beragam informasi di situs ini mulai dari agenda program radio Suara Padang, beragam berita sampai dengan informasi terbaru situs ini juga menyediakan informasi pendidikan serta link dengan media online lainnya.

Bagi para user yang berasal dari Aceh dan sulit untuk “pulang kampung” pada kondisi ini, Anda dapat mengobati kerinduan Anda dengan mengunjungi situs ini. Pada situs ini Anda dapat mengikuti perkembangan berita terakhir di Aceh, dengan versi “orang Aceh”. Berita-beria yang tersaji pada umumnya berkisar tentang penerapan HAM dan demokratisasi di Aceh. Sajian ini juga cocok bagi para user yang berminat mengikuti perkembangan politik di Aceh. Selain itu di sini juga Anda dapat mengetahui Nikoya Top 10 Chart dan Hot 20. Tersedia

NIAS MITRADHARMA 99,0MHZ (w w w .r a d io .n ia s n et .co m )

Wong Tegal? Kalau ya, berarti Anda akan tertarik dengan situs ini. Bukan Warung Tegal saja yang menasional, namun kini juga ada situs stasiun radio Star Tegal. Memang, apabila kita simak, perkembangan pemirsa radio lokal cukup pesat, walaupun karena keterbatasan jangkauan siar, pemirsa radio ini masih seputar wilayah Tegal. Adanya situs ini diharapkan dapat menembus batasan wilayah, sehingga masyarakat penggemar stasiun radio ini dapat dengan mudah mengakses informasinya di mana saja. Fitur-fitur yang disajikan juga cukup menarik, misalnya seperti program on air dan program off air. Anda suka campur sari, dangdut, pop sunda, irama melayu, keroncong ataupun lagulagu modern seperti Rock, Jazz ataupun Blues? Silakan pilih di katalog lagu-lagu pilihan.

LESMANA FM 99,15MHZ BOGOR (w w w 2.b o n et .id / les m a n a)

Sebenarnya radio yang dikelola oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada ini sudah bisa diakses lewat Internet, namun pada saat ditulis sedang tidak dapat diakses. Situsnya yang ciamik dan bernuansa biru (maklum, dari Kampus Biru) berisi antara lain tempat untuk ngobrol di forum, menu untuk melakukan request, daftar nama para pengelola, list program siaran, dan lainlain.

PATRIA FM 97,4MHZ (w w w .p a t r ia f m .co m )

Pada situs ini kita bisa jumpai data-data tentang radio, program siaran, profil pendengar (yang menunjukkan bahwa segmen mahasiswa dan pelajar adalah pangsa terbesar radio ini) dan tarif iklan. Sayang content-nya tidak di-update dengan baik, karena tarif iklannya merupakan tarif untuk tahun 1998.

Radio ini siaran di kota Blitar, Jawa Timur. Secara visual situsnya cukup menarik karena dilengkapi dengan efek-efek Javascript. Menurut situs radio FM pertama di Blitar ini, mereka juga dapat diterima di kota-kota sekitarnya, seperti Kediri, Trenggalek, Tulungagung, dan Malang. Hebatnya lagi, seluruh proses produksi acara sudah computerized.

KIDS FM 99,15MHZ BANDUNG (w w w .k ids fm radio.com )

CDS FM 105,1MHZ DUMAI (w w w .geo cit ies .co m / To k y o /Gar d en /4874/)

GERONIMO FM 105,8MHZ YOGYAKARTA (w w w .gero n im o .f m )
Dari nada keceriaan situsnya sudah ketahuan bahwa ini adalah stasiun radio yang mengkhususkan diri pada segmen anak-anak. Menu-menu yang disediakan dalam situs mencakup data dan informasi stasiun, program marketing, daftar acara on air, program off air (yang diadakan sebulan sekali dengan sponsor suatu perusahaan), dan Kids Fan Club (yang bisa dibayangkan pasti sangat ramai kalau pas kumpul).

Anda yang berasal dari Nias dan sekitarnya dapat mengunjungi situs Nias Mitradharma ini. Di sini Anda dapat mengikuti forum diskusi, berita terbaru bahkan ber-chatting dengan sesama pendengar radio tersebut. Anda dapat juga mengikuti informasi harga barang-barang di situs ini.

Love Yogya and You! adalah mantra radio ini untuk memikat para pendengar youngster-nya. Pada situsnya kita bisa

Radio ini melayani 130 ribuan penduduk yang pendapatan daerahnya sangat tinggi dan dinamis, seperti yang mereka ceritakan dalam menu Company Profile situs ini. Dalam program yang direncanakan bahkan disebutkan bahwa situs ini nantinya juga siap menyiarkan acara CDS Unplugged yang menampilkan kelompokkelompok unplugged dari kota Dumai.

PCplus 7

plusPonsel
Teknologi GSM atau Global System for Mobile Communication mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya menyangkut keamanan dari penyadapan dan penggandaan, tingkat aksesibilitas yang tinggi, cost of technology yang tidak terlalu tinggi, kualitas yang dapat diandalkan dan jangkauan yang cukup luas.

Andhy Setiawan

No.23/II/03 April 2001

Memilih SIM Card (2):

PERTIMBANGKAN KEUNGGULAN OPERATOR

Sekarang ini ada tiga
operator yang menggunakan Teknologi GSM. Operatoroperator tersebut adalah Telkomsel, Satelindo, dan Excelcomindo. Ketiga operator tersebut menggunakan Teknologi GSM yang beroperasi pada frekuensi 900MHz. Ketiga operator itu masing-masing mengeluarkan produk (SIMcard) kartu prabayar dan pascabayar. Teliti, bandingkan, putuskan! Langkah-langkah itu merupakan “cara” standar untuk menentukan SIM card apa yang akan dipilih. PCplus akan membantu memandu Anda untuk menentukan SIM card produk mana yang berjodoh dengan Anda.

“Upaya memahami keinginan pelanggan”

TELKOMSEL: JANGKAUAN TERLUAS
Didukung penuh oleh perusahaan telekomunikasi nasional (PT Telkom), memang Telkomsel, saat ini mempunyai wilayah jangkauan (coverage area) terluas . Secara nasional, sebanyak 340 kota di Indonesia telah dapat menikmati fasilitas kartu Simpati. Simpati Nusantara merupakan nama kartu prabayar dari Telkomsel, sedangkan untuk produk kartu pascabayar diberi nama kartu Halo. Untuk layanan secara internasional, tidak kurang dari 118 operator mancanegara di 53 negara digandeng. Dengan jangkauan terluas tersebut, tidak mengherankan jika Telkomsel mempunyai pelanggan terbesar saat ini (sekitar 1,7 juta). Yang menarik lainnya dari kartu Simpati, pilihan voucher isi ulang yang ditawarkan paling beragam. Pilihan yang ditawarkan ada enam jenis voucher, mulai dari Rp 100 ribu sampai dengan Rp 1 juta. Dengan masa aktif dua bulan sampai dengan delapan bulan. Masa aktif adalah batas waktu maksimal untuk menggunakan pulsa. Misalnya, pulsa 100 ribu mempunyai masa aktif dua

bulan. Jika dalam dua bulan pulsa belum habis dan tidak diisi ulang, maka pulsa yang Anda punyai akan “hangus” (hilang). Ada satu lagi fasilitas dari Telkomsel yang dapat digunakan untuk bermigrasi dari kartu Simpati ke kartu Halo dengan menggunakan nomor yang sama. Fasilitas kebebasan bermigrasi ini hanya terbatas dari kartu prabayar (Simpati) ke pascabayar (Halo) saja, tidak dapat sebaliknya. Untuk tarif pembicaraan, Telkomsel memberlakukan sistem pembulatan per 30 detik. Jadi walaupun waktu pembicaraan Anda kurang dari 30 detik, untuk perhitungan tarifnya tetap dihitung 30 detik. Untuk tarif pesan singkat (SMS), setiap pesan yang dikirim dikenakan biaya Rp 350,-. Selain itu, pada kartu Simpati maupun kartu Halo, pada keduanya terdapat fitur voice mail.

SATELINDO: TARIF AGAK “MIRING”
Satelindo, dengan mengusung dua produk, yaitu kartu Mentari (prabayar) dan kartu GSM Satelindo (pascabayar), masuk ke bisnis seluler pada November 1994. Sekarang ini coverage area nasional Satelindo mencakup 200 kota, di 27 propinsi. Tidak kurang dari 122 operator lain menjadi kepanjangan tangan Satelindo di 58 negara.

Citra tentang tarif yang murah tersebut terbentuk karena pentarifannya menganut sistem pembulatan pulsa pembicaraan yang pada saat ini masih paling murah. Pembulatannya dihitung per 20 detik pada setiap panggilan yang dilakukan, sehingga pada akhirnya “jatuhnya” tarif menjadi relatif lebih murah. Selain itu, Satelindo juga mempunyai fitur pesan singkat (SMS). Tarif SMS yang diberlakukan sementara ini adalah paling murah, jika dibandingkan dengan fasilitas serupa yang dikeluarkan oleh operator seluler lain, yaitu Rp 250,- per pesan. Ada satu lagi fitur dari Satelindo, sebagai pengembangan dari fitur SMS. Fitur tersebut adalah Satelindo @ccess yang merupakan layanan informasi melalui short message service sesuai permintaan pelanggan. Untuk kartu Mentari (prabayar), pilihan voucher isi ulang yang ditawarkan bersifat “longgar”. Ini berkaitan dengan masa aktif pulsa yang berlaku. Pilihan masa aktif pulsa yang ditawarkan dari dua bulan sampai dengan sepuluh bulan, untuk pulsa dari seratus ribu sampai dengan satu juta rupiah. Misal, voucher dengan pulsa 1 juta rupiah, masa aktif yang dapat digunakan maksimal sampai 10 bulan.

EXCELCOMINDO: FASILITAS YAHUD
Satusatunya perusahaan swasta “murni” yang berani, serta mendapatkan ijin untuk terjun di bisnis seluler GSM900 (pada masa itu) adalah PT Excelcomindo Pratama. PT Excelcomindo Pratama di masyarakat lebih populer dengan nama “XL”. Mereka masuk bisnis seluler dengan mengedepankan kualitas. Unggul pada kualitas, kelancaran komunikasi dan kejernihan suara, begitu kirakira klaim mereka. Untuk mendukung itu, Excelcomindo membangun jaringan dengan teknologi serat optik, jaringan microwave dan yang terbaru adalah dengan menggunakan jaringan microcell. Produk yang dikeluarkan Excelcomindo bernama kartu proXL, prabayar dan pascabayar. Yang menarik dari kartu proXL adalah adanya kebebasan bermigrasi dari prabayar ke pascabayar dan sebaliknya. Fasilitas bebas migrasi itu dengan menggunakan nomor sama. Roaming sering menimbulkan masalah, yaitu beban biaya yang harus dibayar kadang-kadang membengkak sangat besar. Kartu proXL berani menawarkan fasilitas gratis roaming. Gratis roaming berlaku di seluruh wilayah

operasi proXL, kecuali untuk wilayah Sumatra. Gratis roaming tersebut adalah gratis menerima telepon di mana saja, di seluruh jaringan proXL. Selain itu, proXL juga menawarkan fasilitas voice mail. Sebenarnya ada satu lagi fasilitas dari kartu proXL yang sangat menarik. Fasilitas tersebut adalah pembicaraan multipihak (multiparty calling). Tapi sayangnya fasilitas tersebut masih terbatas hanya untuk kartu proXL pascabayar saja. Jangkauan dari proXL mencakup nasional dan internasional. Secara nasional mencakup wilayah Jawa, Bali dan Lombok, serta menyusul wilayah Sumatra, adalah cakupan wilayah operasi kartu proXL. Secara keseluruhan coverage area proXL mencakup pada 15 zona wilayah di Indonesia. Secara internasional, kartu proXL dapat digunakan di 54 negara. Kira-kira terdapat 108 operator yang menjadi mitra Excelcomindo. Kartu proXL, baik prabayar maupun pascabayar, juga mempunyai fitur untuk mengirim pesan singkat (SMS). Untuk dapat menggunakan fitur tersebut pada kartu proXL prabayar, pulsa minimal yang harus dimiliki adalah Rp 150.000,-

PILIH-PILIH TARIF
Untuk masalah tarif prabayar, PCplus hanya akan membahas untuk kategori tarif lokal dengan panggilan ke PSTN dan ponsel. Kartu Simpati Nusantaranya Telkomsel menganut sistem peak time (waktu sibuk), seperti pentarifan pada PSTN oleh PT Telkom. Tarif peak time yang dianut oleh Simpati Nusantara ada dua macam, jam sibuk antara jam 07.00 sampai dengan 23.00 dan jam non-sibuk antara jam 23 sampai jam 07:00. Tarif panggilan ke PSTN untuk jam sibuk adalah Rp 890,- per menit dan jam non-sibuknya adalah Rp 700,- per menit. Sedangkan tarif panggilan ke ponsel untuk jam sibuk adalah Rp 1.500,- per menit dan jam non-sibuknya adalah Rp 1.300,-/menit. Kartu Mentari (Satelindo) dan kartu proXL prabayar tidak menganut jam sibuk seperti kartu Simpati Nusantara (Telkomsel). Tarif panggilan ke PSTN untuk Mentari (Satelindo) adalah Rp 860,- per menit dan untuk tarif panggilan ke ponsel adalah Rp 1.490,- per menit. Sedangkan tarif panggilan ke PSTN untuk proXL prabayar adalah Rp 909,- per menit dan untuk tarif panggilan ke ponsel adalah Rp 1.636,- per menit. Silakan Anda timbang-timbang dan akhirnya pilih yang sesuai dengan Anda.

8 PCplus

plusVirus
Satu lagi alternatif antivirus yang dapat Anda gunakan selain Norton dan McAfee. Namanya PC-Cillin 2000, produksi Trend Micro. Menurut situs teknologi terkemuka CNET, antivirus ini mempunyai beberapa keunggulan seperti tampilan instruksi yang mudah diikuti, aktualitas pemberitaan pemunculan virus-virus terbaru, dan metode scan yang relatif lebih cepat dibandingkan software antivirus lainnya. Untuk Anda yang menginginkan keunggulan seperti tersebut di atas, software ini cocok untuk digunakan.

Ahmad Saifullah Kundo

No.23/II/03 April 2001

PC-Cillin 2000:

PERSYARATAN SISTEM
Persyaratan sistem untuk aplikasi Trend PC-Cillin 2000 adalah: Windows 95/98/2000/NT, prosesor Pentium, dan minimal 24MB RAM (disarankan 32MB). Antivirus ini tidak memerlukan CD-ROM dan hanya berharga $ US 29.95. Meski memiliki beberapa keunggulan, antivirus ini mengandung kelemahan dalam memfilter beberapa tipe virus dan “gagal” membersihkan beberapa file yang terinfeksi oleh virus tersebut. Untuk tahu informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi www.trendmicro.com.au/ pccillin/download.htm .

ANTIVIRUS DENGAN SISTEM SCANNING CEPAT
mendetail macam virus yang masuk ke sistem PC Anda serta macam file yang terinfeksi? Anda dapat mengetahuinya melalui fitur Virus Log. Melalui fitur ini akan dideskripsikan macam virus yang menginfeksi dengan jenis-jenis file yang terinfeksi. Anda juga butuh konsultasi? Fitur Support menyediakan fasilitas konsultasi melalui e-mail atau online dengan teknisi Trend Micro Incorporated untuk semua permasalahan software yang terkait dengan Trend PC-cillin 2000.

Fitur yang terdapat pada
antivirus ini dapat digolongkan ke dalam tujuh kelompok yaitu Scan Wizard, Scan Manager, Update, WebTrap, Quarantine, Log, dan Support. Melalui fitur Scan Wizard, Anda akan dipandu tahap demi tahap untuk men-scan file pada sistem PC Anda. Sedangkan dengan Scan Manager, Anda dapat memilih metode scan yang Anda inginkan sehingga dapat disesuaikan dengan sistem kerja PC Anda. Untuk penyesuaian dengan perkembangan virus terbaru Anda dapat mengupdate Trend PC-Cillin 2000 Anda melalui fitur Update. Di sini Anda tinggal memilih metode update yang Anda inginkan. Sementara, fitur WebTrap bertujuan melindungi sistem PC Anda dari penetrasi virus yang masuk melalui Internet. Fitur WebTrap terdiri atas Web Security dan Web filter. Web Security akan melindungi penetrasi virus ke dalam sistem PC Anda sedangkan Web Filter akan memfilter website tertentu yang tidak ingin Anda kunjungi ataupun dicurigai akan menghasilkan program yang merusak sistem kerja PC Anda. Apabila Anda ingin melindungi putra-putri Anda dari website yang “tidak layak”, fitur ini cocok untuk Anda. Bagaimana kalau Trend PCCillin 2000 mendeteksi virus yang belum ditemukan pembasminya? Jangan khawatir, karena fitur Quarantine akan melokalisir file yang terinfeksi dan Anda bisa mengirimkannya ke Trend Micro’s eDoctor Lab untuk dianalisis. Hasil akan dikembalikan kepada Anda kurang dari 48 jam dengan file yang sudah bersih. Ingin mengetahui secara

PCplus 9

plusTrik

No.23/II/03 April 2001

MEMULIHKAN OUTLOOK EXPRESS MEMBUKA FILE SELAIN DENGAN SETELAH MENGINSTAL ULANG WINDOWS PROGRAM DEFAULT
Jika Anda Pada saat kita
menggunakan File Manager ataupun Explorer, kita dapat mengklik ganda sebuah file dengan ekstension .txt. Otomatis akan tampil program Notepad. Mengapa? Karena file dengan akhiran ekstension .txt ini oleh sistem operasi sudah di assosiasikan atau dihubungkan untuk selalu dibuka dengan menggunakan program Notepad. Dengan menggunakan program Associate v1.3 ini, contoh ekstensi diatas (yaitu .txt) dapat diganti agar pada saat dijalankan dengan mengklik ganda dibuka dengan program lain, misalnya Microsoft Word. Jalankan program ini, lalu ketikkan pada kotak isian File Extension dengan tulisan .txt. Otomatis akan muncul default dari program yang akan dipanggil. Ganti program yang akan membuka file .txt ini, dengan cara mengklik browse pada kotak Open With, misalnya program MS Word (winword.exe). Lalu pada kotak Select Icon kita dapat memilih icon kecil, tidak tergantung hanya dari default MS Word saja. Saya browse pada file explorer.exe dalam folder Windows dan pilihan View Icons, dipilih icon ke empat. Setelah me-restart komputer, file dengan ekstension .txt sudah dihubungkan dan dibuka dengan program MS Word dengan icon kecil yang muncul berbeda sama sekali. Program dapat diambil pada website: http:// members.aol.com/ron2222 menggunakan Outlook Express dan suatu saat harus menginstal ulang Windows Anda secara clean install dan bukan sistem tiban langsung, Anda tentu ingin mengembalikan semua e-mail, alamat di Address Book, dan account e-mail yang Anda punyai. Semua itu tentu menyita waktu jika Anda harus men-setup ulang dari awal atau harus mem-backup e-mail satu per satu. Berikut ini saya coba berikan solusi yang agak lebih cepat dibandingkan langkahlangkah tersebut di atas. Pertama-tama harus diingat, jika Anda ingin menginstal ulang tetapi sebelumnya masih dapat masuk ke Windows, maka Anda dapat me-recover semuanya. Tetapi jika tidak, maka yg bisa di-recover hanya e-mail dan alamat-alamat pada Address Book saja. Juga perlu diingat bahwa folder Windows lama tidak boleh dihapus sebelum melakukan recovery ini. Untuk itu, installah dengan cara me-rename folder Windows lama Anda (misalnya menjadi C:\Windo), baru kemudian instal ke direktori Windows baru. “C:\Windows\Application Data” lalu copy-lah folder Identities ke folder lain, misalnya (C:\Backup). Cara 2: Untuk Anda yang tidak bisa masuk ke Windows sebelumnya, maka Anda bisa langsung ke bagian recovery di bawah. Kini anda tinggal merecover semuanya. Caranya: • Jalankan Outlook Express dari Windows Anda yang baru (setelah terlebih dahulu mengonfigurasikan dial-up account Anda tentunya). Kemudian klik menu Tools, Accounts. Kemudian muncul jendela Internet Accounts klik pada tombol Import, pilih file .iaf sesuai nama account yang akan di-recover di folder tempat Anda menyimpannya tadi (misalnya C:\Backup). Maka proses recover atas account e-mail Anda telah selesai. Jika Anda tidak bisa menjalankan Windows terlebih dahulu untuk membuat backup atas account Internet Anda, maka Anda tidak akan menemukan file .iaf, sehingga harus men-setup ulang account e-mail Anda. • Selanjutnya Anda dapat merecover isi Address Book. Pertama, klik icon Addresses di toolbar Outlook Express. Setelah muncul jendela Address Book, klik File, Import, Address Book (WAB). Pilih file .WAB yang telah Anda backup sebelumnya (misal di folder C:\Backup). Atau jika Anda tidak dapat mem-backupnya sebelumnya, Anda dapat menemukannya di folder Windows lama anda yang sudah di-rename (misalnya menjadi c:\Windo) di subfolder \Application Data\Microsoft\Address Book\ dengan nama file sesuai dengan nama user Windows anda (bisa lebih dari satu). Maka sekarang isi Address Book Anda kembali seperti semula. Untuk mem-backup e-mail lama, maka pertama jalankan Outlook Express, klik pada menu File, Import, Messages akan muncul jendela Outlook Express Import pilih Microsoft Outlook Express 5 dari daftar yang tersedia. Kemudian akan muncul jendela Import from OE5 pilih Import mail from OE5 store directory. Kemudian muncul jendela Location of messages, klik Browse, muncul jendela Browse for folder. Jika anda membackup folder Identities ke c:\Backup pilih folder C:\Backup\Identities\ {0A8FE8D0-D0B2-4A28B2EA-B58015318B5C}\ Microsoft\Outlook Express. Atau jika Anda menginstal ulang dengan me-rename folder Windows menjadi C:\Windo maka pilih folder C:\WINDO\Application Data\Identities\{0A8FE8D0D0B2-4A28-B2EAB58015318B5C}\Microsoft\ Outlook Express. Perlu diketahui bahwa folder yang bernama angka yang di dalam kurung kurawal mungkin dapat berbeda dari yang ditulis di sini dan mungkin bukan hanya satu, tergantung dari jumlah identity yang Anda pakai. Maka sesuaikanlah e-mail Anda dari identity Anda yang lama dengan identity yang baru. Jika di identity lama Anda membuat folder sendiri (di luar folder standar seperti Inbox, Outbox, Sent items, dan lain-lain) maka Anda dengan mudah dapat menentukan dari identity mana e-mail itu karena dalam subfolder \Identities\{0A8FE8D0D0B2-4A28-B2EAB58015318B5C}\Microsoft\ Outlook Express akan ada file berekstensi .dbx dengan nama folder tersebut. Misalnya, jika Anda membuat folder bernama personal dalam Outlook Express maka akan ada file personal .dbx dalam subfolder tersebut.

Dwinanto Agung N. dagung@mailhost.bps.go.id

CARA MUDAH MEMBUAT FILE MP3 DENGAN REAL JUKEBOX
Dengan bantuan software Realjukebox, Anda akan
dengan mudah menyalin CD lagu kesukaan Anda ke dalam format mp3. Akan tetapi software tersebut harus terinstal terlebih dahulu pada komputer anda. Caranya sebagai berikut: 1. Pada menu, Klik Options kemudian klik Preferences. 2. Klik tab General kemudian hilangkan tanda check ( ) pada box Start playing the CD dan Start recording the CD. 3. Selanjutnya beralihlah ke tab Encoding Options pada tab ini berfungsi untuk memilih format rekaman dan kualitas suara yang akan dihasilkan. 4. Klik MP3 Audio pada Select a Format dan pada Select a Quality Level pilihlah level yang terbesar untuk menghasilkan kualitas suara yang paling baik. Pada versi freeware kualitas rekaman hanya mencapai pada 96Kbps sedangkan pada versi komersialnya bisa mencapai 320Kbps. 5. Klik OK untuk konfirmasi. 6. Langkah selanjutnya masukkan CD musik kesukaan Anda ke dalam CD-ROM dan selanjutnya Realjukebox akan menampilkan seluruh track pada CD musik kesukaan anda. 7. Dan kemudian pilihlah track yang ingin Anda rekam dengan cara klik pada pilihan track tersebut, atau klik semua untuk merekam seluruh track yang ada dalam CD. 8. Terakhir, klik Record untuk mulai merekam ke dalam format MP3. Sekadar mengingatkan bahwa hak cipta (copy right) dilindungi oleh undang-undang dan sampai sekarang pun, tentang sah dan tidaknya merekam musik ke format MP3 masih dalam perdebatan yang panjang. Selanjutnya kembali kepada Anda sendiri menilainya.
Boris Garcia Condet Batuampar Rt 002/004 No : 51 Kramatjati-Jaktim 13520 andreas06@hotmail.com

Langkah 1: Untuk membuat backup atas account Internet Anda, maka jalankan Outlook Express, klik Tools, Accounts… maka akan muncul jendela Internet Accounts. Klik pada tab Mail, pilih account mana yang mau di-backup, lalu klik Export. Tentukan folder mana tempat menyimpan backup tersebut, misalnya C:\Backup. Langkah 2: Untuk membackup isi Address Book Anda, ada dua cara. Cara 1: Jalankan Outlook Express, klik pada icon Addresses, klik File, Export, Address Book (WAB). Lalu tentukan direktori dan nama file backup tersebut, misalnya C:\Backup. Cara 2: Untuk Anda yang tidak bisa masuk ke Windows sebelumnya, maka Anda bisa langsung ke bagian recovery di bawah. Langkah 3: Untuk membackup e-mail Anda, ada dua cara juga. Cara 1: masuklah ke folder

Setelah itu, jika Anda menggunakan beberapa identity sekaligus maka Anda harus membuat berbagai identity tersebut dan mengulangi proses backup.

Ginanjar gigin@thepentagon.com

10 PCplus

plusProgram
Pada C++, Anda dapat menggunakan nama fungsi yang sama untuk satu atau lebih fungsi. Hal seperti ini dalam C++ disebut dengan overloading. Yang wajib berbeda adalah tipe parameter di dalamnya, atau jumlah parameter. Contohnya sebagai berikut: int Fungsi1 (int, int); int Fungsi1 (int); int Fungsi1 (float, float); Pada contoh di atas, Fungsi1 digunakan untuk tiga fungsi yang berbeda. Pada fungsi yang pertama dan kedua, yang membedakan adalah jumlah parameter di dalam. Pada fungsi pertama, parameter ada dua, sedangkan pada fungsi yang kedua, parameternya hanya satu buah. Sedangkan untuk fungsi yang ketiga, tipe data parameternya yang berbeda. Kalau fungsi pertama dan kedua bertipe data integer, fungsi ketiga bertipe data float. Lalu, jika ada fungsi yang memanggilnya, bagaimana si fungsi pemanggil membedakan fungsi mana yang akan dipanggilnya? Melalui nilai yang akan dilewatkan ke fungsi terpanggil tersebut. Misalkan, yang akan dipanggil adalah fungsi pertama (lihat contoh di atas), maka nilai yang harus

No.23/II/03 April 2001

FUNGSI OVERLOADING DALAM C++
Program 3

perlu meloncat ke alamat yang lain untuk mengeksekusi fungsi tersebut. Contoh penggunaan inline adalah seperti pada contoh Program 3 berikut.

ANALISIS PROGRAM:
Pada baris 4, fungsi KataMutiara dideklarasikan sebagai inline, dan dipanggil sebanyak dua kali pada baris 17 dan 19. Ini adalah contoh sederhana penggunaan inline. Anda dapat gunakan kreativitas Anda dalam menggunakan inline. Namun perlu diingat, penggunaan inline yang sangat banyak pada akhirnya akan membuat program menjadi berukuran sangat besar. Semakin banyak inline digunakan, tentunya keuntungan yang didapatkan dengan kecepatan program akan dimentahkan oleh membengkaknya program. Jadi, gunakan jalan tengah untuk penggunaan inline tersebut. Minggu depan pelajaran tentang C++ ini akan kita lanjutkan dengan contohcontoh penggunaan fungsi pada program. Dengan contoh-contoh tersebut, kita akan dapat mengetahui, pada situasi yang bagaimana fungsi dapat sangat menguntungkan bagi program-program Anda.
Christianto Sahat Kurniawan

FUNGSI INLINE
Pada saat suatu program yang terdiri dari beberapa fungsi, kompiler melakukan loncatan-loncatan dari fungsi utama (pemanggil) ke fungsi yang dipanggil. Bayangkan, jika ada sebuah fungsi yang harus dipanggil berkali-kali, 10 kali misalnya. Berarti, kompiler harus bolak-balik antar fungsi pemanggil dan yang dipanggil. Hal ini akan menyebabkan kecepatan eksekusi program berkurang. Jika fungsi yang akan dipanggil sangat sederhana, terdiri kurang dari 10 baris, ada baiknya Anda tidak menggunakan fungsi, tapi langsung menuliskannya di tubuh fungsi utama. Kalau hal ini dirasa melelahkan, Anda dapat menggunakan inline. Pada intinya, inline menyisipkan tubuh fungsi ke fungsi pemanggil. Jadi, saat Anda memanggil fungsi tersebut, yang dilakukan sebenarnya adalah menyalin tubuh fungsi ke bagian fungsi dipanggil. Jadi, kompiler tidak

1. 2. 3. 4.

//Program 3. Contoh penggunaan inline #include <iostream.h> #include <stdlib.h> inline void KataMutiara ();

5. void KataMutiara () 6. { 7. cout << "Orang yang tidak berani mengambil resiko" << endl; 8. cout << " tidak akan melakukan apa-apa, \n "; 9. cout << " tidak akan mempunyai apa-apa, \n "; 10.cout << " bukan siapa-siapa, \n "; 11.cout << "Dia mungkin akan terhindar dari penderitaan,\n" ; 12.cout << " dan kekecewaan, tapi dia tidak dapat belajar,\n"; 13.cout << " merasakan, berubah, tumbuh, ataupun hidup.\n"; 14.} 15.int main() 16.{ 17.KataMutiara(); 18.cout << " Selamat belajar, jangan takut untuk gagal \n"; 19.KataMutiara(); 20.system("PAUSE"); 21.return 0; 22.}

dilewatkan oleh fungsi pemanggil adalah dua buah, dengan tipe integer. Jika yang akan dipanggil adalah fungsi yang kedua, maka nilai yang dilewatkan haruslah bertipe

data integer sebanyak satu buah. Overloading pada C++ sering juga dijuluki dengan istilah polymorphism.

Mungkin kita semua sudah mengetahui menu sleep yang disediakan oleh hampir semua pesawat TV saat ini. Dengan adanya fasilitas ini, kita dapat men-set waktu sampai kapan TV akan menyala. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghemat energi listrik apabila suatu saat kita ketiduran.

MEMBUAT PROGRAM SLEEP DENGAN DELPHI
selanjutnya memanggil fungsi ExitWindowsEx (EWX_SHUTDOWN,0). Inti dari program ini hanya terdapat pada dua prosedur yaitu: 1. Prosedur untuk meminta inputan waktu kapan komputer akan waktu dan menyimpannya dalam variabel waktu.
procedure TForm1.SetupWaktu1Click(Sender: TObject); 'Input waktu untuk shutdown','')); end; Edit1.Text:=TimeToStr(Time); if Time >= waktu then ExitWindowsEx(EWX_SHUTDOWN,0);

2. Prosedur untuk memanggil fungsi ExitWindowsEx (EWX_SHUTDOWN,0) yang kita letakkan dalam event On Timer yang terdapat pada komponen Timer pada component pallette System.
procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject) begin

end;

Diilhami oleh hal
tersebut dan mengingat perkembangan PC saat ini di mana sudah semakin banyaknya PC yang memakai casing ATX yang mempunyai kelebihan yaitu auto shut off, penulis membuat program yang sangat sederhana sekali agar kita bisa men-setup waktu kapan PC akan mati atau shutdown. Mungkin hal ini bisa bermanfaat bagi kita. Setidaknya dengan memakai program ini kita bisa menikmati MP3 kesukaan kita sebagai pengantar tidur tanpa harus repot-repot mematikan PC kita. Program ini sangat simpel dan mudah. Kita hanya perlu satu variabel waktu dengan tipe Tdatetime dan

begin waktu:=StrToTime(InputBox('Input Waktu',

Untuk lebih jelasnya perhatikan source code selengkapnya. Sebagai catatan, penulis di sini memakai komponen PopUpMenu, yaitu menu yang akan muncul dengan mengklik kanan tombol mouse, yang terdiri dari item SetupWaktu, Batalkan,
implementation {$R *.DFM}

Keluar, dan komponen TEdit untuk menampilkan waktu. Ini bisa saja dimodifikasi sesuai selera dan kreativitas pembaca sekalian, namun komponen yang harus disertakan adalah komponen Timer. Program ini juga sangat mudah dikembangkan misalnya untuk men-set bunyi alarm pada waktu tertentu, kita hanya perlu memodifikasi prosedur On Timer. Selamat mencoba dan mudahmudahan bermanfaat.

Juliver

{SOURCE CODE} (* (* (* (* Program Sleep *) Oleh : Juliver Sihombing *) Email : sepakbola@lovemail.com *) Kategori : Pemula *)

unit unitsleep; interface uses Windows, Messages, SysUtils, Classes, Graphics, Controls, Forms, Dialogs, Menus, ExtCtrls, StdCtrls; type TForm1 = class(TForm) Edit1: TEdit; PopupMenu1: TPopupMenu; Timer1: TTimer; SetupWaktu1: TMenuItem; Keluar: TMenuItem; Batalkan1: TMenuItem; Label1: TLabel; procedure FormCreate(Sender: TObject); procedure SetupWaktu1Click(Sender: TObject); procedure Timer1Timer(Sender: TObject); procedure Batalkan1Click(Sender: TObject); procedure KeluarClick(Sender: TObject); private { Private declarations } public { Public declarations } end; var Form1: TForm1; waktu: TDateTime;

{prosedur untuk mengeset waktu kapan untuk shutdown } procedure TForm1.SetupWaktu1Click(Sender: TObject); begin waktu:=StrToTime(InputBox('Input Waktu', 'Input waktu untuk shutdown','')); end; {prosedur untuk memanggil fungsi shutdown komputer} procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject); begin if Edit1.Text <> TimeToStr(Time) then Edit1.Text:=TimeToStr(Time); Label1.Left:=Label1.Left+1; if Label1.Left=290 then Label1.Left:=0; if Time>=waktu then ExitWindowsEx(EWX_SHUTDOWN,0); end; {prosedur membatalkan waktu shutdown} procedure TForm1.Batalkan1Click(Sender: TObject); begin waktu:=Time+1; end; {prosedur keluar dari program} procedure TForm1.KeluarClick(Sender: TObject); begin close; end; end. {END OF CODE}

PCplus 11

plusKiat
Anton Timur*
Dewasa ini hampir setiap PC memiliki modem dial up, dan kita bisa menggunakannya dengan mudah. Tancapkan kabelnya, sambungkan ke Internet dan selesai. Apalagi yang perlu diketahui?

No.23/II/03 April 2001

MENGOPTIMALKAN MODEM ANDA

• Link Naks
Remote modem tidak mengkonfirmasi penerimaan data Anda, satu hal lagi yang memperlambat koneksi.

PROTOKOL DIAL UP NETWORKING
Secara default, koneksi modem Dial-Up Networking pada Windows menggunakan protokol NetBEUI, IPX/SPX, dan TCP/IP. Sebaiknya disable protokol NetBEUI dan IPX/SPX karena kebanyakan ISP (Internet Service Provider) hanya menggunakan protokol TCP/IP. Untuk men-disable protokol yang tak diinginkan: Klik Start, sorot Programs > Accessories > Communications > Dial-Up Networking. Klik kanan setting koneksi ISP Anda, dan klik Properties. Pada tab Server Types, di bawah tulisan Allowed network protocols, klik untuk mengosongkan pilihan NetBEUI dan IPX/SPX Compatible. Pilihlah protokol TCP/IP saja. Jika protokol TCP/IP belum terinstal, lakukan langkah berikut: klik Start, sorot Settings > Control Panel, lalu klik ganda Network. Pada tab Configuration, klik Add. Pilih protocol lalu klik Add. Pada kotak dialog Manufacturers, klik Microsoft, lalu pada Network Protocols, pilih TCP/IP, lalu klik OK. Tetapi jika Anda kurang yakin protokol mana yang digunakan, sebaiknya tanyakan pada ISP Anda.

SEKILAS TENTANG MODEM
Modem adalah akronim dari modulator demodulator. Perangkat ini mengonversi data dari sinyal digital komputer menjadi sinyal analog sehingga bisa ditransmisikan melalui saluran telepon. Proses ini disebut modulasi. Kemudian sinyal analog tadi dikonversi kembali ke sinyal digital oleh modem penerima agar bisa dibaca oleh komputer, proses ini dinamakan demodulasi. Mula-mula modem hanya berkecepatan sekitar 2400bps, cukup untuk download e-mail. Kemudian meningkat menjadi 14,4Kbps, 28,8Kbps, dan 36,6Kbps. Saat ini kebanyakan modem berkecepatan 56Kbps. Awalnya teknologi modem 56K dikembangkan oleh Rockwell dengan teknologi K56Flex dan US. Robotics dengan teknologi X2. Pada tahun 1998 International Telecommunication Union (ITU) memutuskan bahwa standar untuk modem 56K adalah V.90, yang merupakan

terpisah, tidak menggunakan kabel yang semrawut, serta menghemat tempat. Modem eksternal biasanya dilengkapi dengan panel atau LED atau LCD yang menampilkan info tentang apa yang sedang dilakukan oleh modem, berguna untuk mendiagnosis jika terjadi masalah. Dapat dinyalakan atau dimatikan secara terpisah dari komputer. Lebih mudah dipindah tempatkan. Di daerah yang rawan dengan masalah petir lebih aman bila menggunakan modem eksternal. Apapun model dan merek modem yang Anda pakai, yang pasti Anda mengharapkan dapat terhubung ke Internet dengan lancar. Tapi tunggu dulu, apakah kecepatannya seperti keong? Bila

DIAGNOSIS MODEM
Saat komputer tidak terhubung dengan Internet, buka setting modem Anda. Klik Setting > Control Panel, lalu pilih Modems. Jangan lupa hidupkan modem terlebih dahulu. Pada tab General pilih tipe modem, lalu klik tab Diagnostic, kemudian pilih port modem Anda, misalnya COM 2, selanjutnya klik More Info. Windows akan memproses perintah Anda. Tunggu sebentar. Setelah beberapa detik, akan terlihat beberapa respon. Hasil ini bisa berbeda-beda tergantung pada jenis modemnya, jangan khawatir bila Anda tidak menemukan apa-apa. Bandingkan tipe modem Anda dengan jenis yang tampil

• REJs received
Provider kadang-kadang menolak data yang dikirim dari PC Anda. Busy line biasanya disebabkan hal ini. Bila terlalu banyak REJ, koneksi Internet Anda akan terputus.

• Blers (Block error)
Data harus dikirim dua kali. Makin jarang, makin baik, tapi bukan hal yang aneh bila terjadi data dikirim berkali-kali.

• Retrains
Bila terdapat banyak kesalahan dalam melakukan koneksi, maka akan terjadi pengulangan hubungan. Komputer Anda dan ISP saling berhenti mengirimkan data, sehingga harus melakukan

PEMERIKSAAN BERKALA
Melakukan
pemeriksaan hanya sekali tidak banyak membantu. Hal itu karena datangnya gangguan tak menentu, kadang ada kadang tidak, suatu saat saluran jernih, tapi di lain waktu bisa bergemerisik. Untuk memastikan semuanya beres, pemeriksaan perlu dilakukan paling tidak satu minggu sekali. Catat kejadian yang penting serta waktu mulai dan akhir tiap konek ke Internet. Jadi meski tidak bisa memperbaiki masalah itu dengan tuntas, paling tidak Anda tahu kapan waktu koneksi Internet yang terbaik. Jika masalahnya ada pada PC Anda, maka banyak yang bisa dilakukan, tapi bagaimana bisa tahu bahwa masalahnya sudah beres. Pemeriksaan ekstra satu atau dua hari akan membuktikannya. Anda tidak

rugi apa-apa selain waktu. Jika masalahnya bersumber dari saluran telepon, memiliki data ini akan membuat Anda tahu apa yang harus dikeluhkan, dan Telkom bisa lebih cepat menanggapi. Sebelum menelepon Telkom, berikut ada beberapa tips untuk memastikan bahwa kesalahan bukan pada komputer Anda. Salah satu tes yang signifikan adalah membawa PC Anda ke rumah teman dan coba melakukan koneksi Internet dari sana. Jika hasilnya lebih baik, mungkin Anda ingin segera menelepon Telkom dan marah-marah. Jangan! Anda harus melakukan beberapa hal lagi untuk membuktikan bahwa masalah itu memang bersumber

dari saluran telepon. Peralatan lain yang terhubung dengan saluran telepon Anda -ekstension, faksimili- bisa menyebabkan masalah. Hubungkan modem Anda langsung ke rochet utama. Jika berhasil, maka hubungkan lagi peralatan lain itu sampai Anda menemukan sumber masalahnya. Beberapa modem mempunyai colokan tambahan untuk perangkat lain sehingga Anda juga bisa menancapkan sebuah telepon pada modem. Lepaskan peralatan itu dari modem dan amati pengaruhnya. Kabel telepon yang murah atau sudah lama bisa menyebabkan koneksi buruk cobalah diganti. Gunakan kabel yang pendek karena hasilnya lebih baik daripada yang

panjang. Kabel yang cacat bisa menjadi penyebab lain. Hindari memasang kabel melewati alat-alat elektronik lain. Apakah kedua ujung kabel kondisinya sama? Uji coba keduanya, pastikan kabel tidak tergores atau sobek. Selain serangkaian langkah pengecekan modem tadi, Anda juga bisa meningkatkan koneksi Internet menggunakan sejumlah software akselerator, misalnya Modem Booster 2.2, NetTurbo 1.0 atau Speed Connect 3.2 yang bisa down-load dari www.download.com. OK, kini modem Anda siap tancap gas. Wuss..wuss...wus....

gabungan dari kedua teknologi tersebut. Standar modem terbaru adalah V.92 yang mampu melakukan up stream data hingga 48Kbps, tapi sayangnya belum semua modem model terbaru mengakomodasi standar ini. Modem terdiri dari 2 model yaitu internal dan eksternal. Modem internal lebih mudah dipasang, tinggal dicolokkan pada slot komputer. Biasanya lebih murah karena tidak memiliki casing dan power supply

Anda sudah puas dengan kondisi seperti itu, maka tidak ada masalah. Namun jika koneksinya lamban, sering disconnect, atau gangguan lain sejenisnya, maka mempelajari sedikit mengenai modem akan sangat menolong. Hal terbaik untuk melakukannya adalah memeriksa apa yang terjadi setiap Anda melakukan koneksi ke Internet. Memang sepele, tapi tidak ada cara yang lebih Andal untuk mendeteksi masalah itu.

pada kotak dialog. Jika tidak sama, maka kemungkinan Anda tidak menggunakan driver yang benar. Untuk mencari driver yang sesuai, Anda bisa download dari situs produsen modem itu. Periksa juga statistik dari koneksi terakhir, klik modems di Control Panel, pada tab General pilih modem Anda, klik Properties > Connection > Advanced > View log, terutama informasi sebagai berikut:

logging on lagi. Meskipun retrain memperlambat koneksi, tapi itu hal biasa, bukan masalah.

• Error control
Metode yang digunakan untuk koreksi kesalahan pengiriman data, biasanya LAPM atau MNP. Jika kosong, periksa setting modem di Control Panel, klik General > Properties > Connection > Advanced dan periksa Use error Control. Pastikan “Required to connect” tidak dipilih.

Biasanya jika Anda terhubung ke Internet, hanya diperlukan tiga komponen berikut ini: Client for Microsoft Networks, Dial-Up Adapter, dan TCP/IP. Setelah semua terinstal dengan baik, restart komputer Anda.

*Spesialis R&D PT Telkom Divisi Regional III Jawa Barat Jl Supratman 66A lt.2, Bandung E-mail: antontimur@yahoo.com anton@divre3.telkom.co.id

12 PCplus

plusUpgrade
Agus Purnomo Nugroho*
Mungkin Anda bingung saat menggunakan PC yang baru dengan spesifikasi yang di atas standar (misalnya PIII, 64 MB), tapi berjalan lambat bahkan kalah cepat dengan PC yang berspesifikasi di bawahnya. Sebenarnya PC dengan spesifikasi di atas standar tidak akan berbeda dengan PC standar jika Anda belum dapat memaksimalkan dan mengefisienkan kerja PC Anda.

No.23/II/03 April 2001

OPTIMALKAN KINERJA SISTEM PC ANDA
membuang informasi tersebut. scandisk juga dapat digunakan untuk memperbaiki masalah yang berhubungan dengan File Allocation Table (FAT) dan struktur direktori (directory tree structure).

DEFRAG
Defrag terdapat pada DOS 6 ke atas. Saat file baru dibuat, file tersebut diletakkan di harddisk di sembarang sector yang tersedia, tidak peduli apakah itu

Untuk meningkatkan
efisiensi komputer, ada beberapa metode yang dapat Anda lakukan tanpa membeli peralatan tambahan yang rumit. Berikut beberapa metode yang bisa dicoba, meskipun mungkin ada beberapa yang bisa dianggap ketinggalan (apalagi bagi pengguna Windows 2000). Tapi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya jika dirasa kinerja sistem Anda belum maksimal.

KAPASITAS HARDDISK
Harddisk merupakan daerah yang paling sering membutuhkan pengefisienan untuk meningkatkan kecepatan operasi/proses. Ada beberapa cara untuk melakukannya. Cara yang paling sederhana adalah membuang file-file yang tidak perlu. Beberapa program yang tidak dipakai lagi sebaiknya disimpan atau didokumentasikan ke dalam removable area (CD/disket). Agar jika kelak membutuhkannya lagi, kita dapat menginstal ulang. Folder, directories, file temporary merupakan sumber lain dari file-file yang tidak perlu. File temporary ini dibuat oleh beberapa program untuk digunakan dalam pengoperasian program, tapi tidak dihapus saat program ditutup. Hapus file-file tersebut secara periodik untuk memperoleh tambahan kapasitas harddisk. Dan Anda hanya dapat menghapus file-file tersebut jika tidak ada program yang sedang beroperasi.

berdekatan atau tidak. Sayangnya, hal ini menjadi tidak efisien karena file dapat diakses lebih cepat jika diletakkan berdekatan. Defrag mengatur kembali sector file, sehingga mereka berdekatan, yang akhirnya akan mempercepat proses pembacaan dan penulisan ke harddisk.

mengatur jumlah buffers dengan menambahkan baris berikut dalam file CONFIG.SYS: BUFFERS=n Semakin banyak buffers Anda alokasikan, semakin baik kinerja sistem. Bagaimanapun, tiap buffer yang dialokasikan menggunakan sekitar 0.5KB dari conventional memory. Maka keseimbangan harus dicapai sehingga tidak ada kelebihan memori yang disediakan untuk buffers dari yang diperlukan. Anda perlu mencoba mengatur tinggi rendah n secukupnya untuk memastikan kecepatan, tapi tidak begitu banyak membuang memori. DOS menghitung jumlah minimal untuk perintah ini. Pada banyak kasus, Anda akan perlu menaikkan angka dari nilai default.

DEVICE=C:\path\SMARTDRV.EXE /DOUBLE_BUFFER Jika Anda menganggap bahwa double-buffering mungkin diperlukan untuk sebuah device, maka nama device harus ditambahkan dalam CONFIG.SYS. Untuk mengeceknya pada prompt DOS ketikkan: SMARTDRV Sebuah tabel akan ditampilkan yang menggambarkan status disk caching untuk tiap drive. satu kolom dalam tabel akan berlabel "buffering." Jika suatu baris dalam kolom ini menunjukkan "yes," maka diperlukan double-buffering pada sistem Anda. Jika "no" ditampilkan pada semua drives, hapus pernyataan yang mengaktifkan double-buffering dari file CONFIG.SYS.

RAMDRIVE
Cara lain dalam mempercepat akses ke harddisk dalam sebuah sistem adalah dengan membuat RAM drive. Ini adalah sebuah drive yang digunakan untuk menempatkan data sementara, tapi di memori, bukan di disk yang sebenarnya. Sebuah RAM drive berfungsi seperti disk drive, hanya saja semua data akan hilang jika sistem dimatikan. Sebuah RAM drive paling sering digunakan saat menampung file temporary yang dibuat program saat dijalankan. Menyimpan data ke RAM drive lebih cepat, juga menyelamatkan Anda dari menghapus file temporary secara manual. RAM drive dibuat dengan menambahkan baris berikut dalam file CONFIG.SYS: DEVICE=C:\path\RAMDRIVE.SYS disksizesectorsize RAM drive kemudian secara otomatis menentukan posisi drive-nya (letter drive, d:, c:, A:, dst) seperti drive yang lain tapi tidak terlihat pada Explorer. Demikianlah beberapa cara yang mungkin dapat Anda coba untuk memaksimalkan kinerja PC Anda. Beberapa metode mungkin kurang atau bahkan tidak berpengaruh pada PC Anda. Hal ini mungkin dikarenakan oleh versi Windows Anda (terutama Windows 2000 dan ME). Selamat mencoba!

SMARTDRIVE
SMARTDrive bekerja serupa dengan buffer menyediakan tempat (cache) bagi data di extended memory. Tempat ini digunakan untuk lalu lintas (baca/tulis) data di harddisk. Data dari harddisk dapat diakses lebih cepat dari cache area daripada dari harddisk. Data yang sedang dituliskan ke harddisk dapat ditangani daerah ini hingga perintah yang diberikan pada system resources berkurang dan dapat menuliskan data ke drive. Anda harus yakin bahwa semua aktivitas yang berhubungan dengan penulisan ke harddisk telah selesai sebelum mematikan komputer. Hal ini dapat dilakukan dari DOS prompt dengan mengetikkan perintah: SMARTDRV /c Tunggu agar semua aktivitas harddisk berhenti sebelum mematikan power. SMARTDrive dapat menyediakan double-buffering pada peralatan seperti SCSI drives, yang tidak dapat bekerja dengan virtual memory. Untuk mengaktifkan doublebuffering, tambahkan baris berikut dalam file CONFIG.SYS:

PATH
Cara lain yang sederhana dan sangat efektif dalam mengoptimalkan sistem operasi adalah dengan membuat DOS lebih mudah dalam memanggil file yang dibutuhkan. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan direktori file (Full Path) pada PATH statement di AUTOEXEC.BAT, karena DOS mencari file berdasarkan PATH statement. Atau bisa juga dengan menjaga agar jumlah file dalam sebuah folder tidak lebih dari 150. Karena semakin sedikit jumlah file dalam sebuah folder, semakin cepat pula DOS mencari sebuah file di dalamnya

SCANDISK
Menjalankan scandisk merupakan cara lain dalam membersihkan harddisk. Mungkin ada lost clusters di hardisk yang bisa dimanfaatkan. Jika scandisk menemukan lost clusters ini dan memberi Anda pilihan untuk membuangnya atau menyimpannya dalam sebuah file untuk diperiksa kembali sebelum memutuskan untuk menyimpan atau

BUFFERS
DOS memiliki kemampuan untuk mengalokasikan sebagian kecil dari conventional memory dan menggunakannya sebagai buffers yang akan mempercepat akses informasi. Anda dapat

Jl. Kalitan RT 04/I Penumping Surakarta 57141

PCplus 13

plusOpini

No.23/II/03 April 2001

14 PCplus

plusDownload
HistoryKill 2001:

No.23/II/03 April 2001

PEMBASMI JEJAK SELANCAR ANDA
Ingin berselancar
dengan bebas di dunia maya tanpa perlu pusing-pusing meninggalkan jejak? Ya, tentunya Anda sudah tahu bahwa situs yang Anda buka, semuanya dengan mudah bisa dilihat lagi lewat daftar history pada browser Anda. Jadi setiap kali Anda selesai mengunjungi suatu situs, alamat URL (Universal Resources Locator) situs tadi otomatis akan terdaftar. Bahkan setelah komputer dimatikan pun, daftar ini masih tetap tinggal. History sebenarnya disediakan untuk memudahkan Anda bila ingin membuka halaman situs yang sebelumnya sudah pernah dibuka. Namun mungkin ada kalanya Anda ingin menjaga privasi dan tak ingin menampilkan alamat situs tersebut. Nah, cara yang umum digunakan adalah dengan membuang daftarnya satu per satu atau membuangnya lewat editor registri Anda. Tapi cara ini jelas tidak sepraktis bila Anda menggunakan program HistoryKill 2001. HistoryKill adalah program yang otomatis bisa menghapus jejak selancar setiap kali Anda menutup browser Web atau mematikan komputer. Program ini hanya bisa digunakan untuk browser-browser berbasiskan Internet Explorer, Netscape, dan AOL. Versi shareware-nya bisa Anda download dari situs pembuatnya di www.swanksoft.com/historykill/download.html. File instalasinya berjudul hk2001.exe dan berukuran sekitar 2,3 MB. Mau tahu apa saja yang bisa dibasmi? Di sini Anda bisa menonaktifkan beberapa pilihan. Salah satunya adalah Anda bisa membasmi file-file history, cookies, dan file temporary Internet. File-file ini biasanya ikut tersimpan di harddisk tanpa disadari setiapkali kita berselancar. Selain bisa mengurangi muatan harddisk, privasi Anda pun ikut terjaga. HistoryKill juga bisa diset otomatis membuang isi Recycle Bin Windows setiap kali Windows dimulai (start-up). Anda bisa pula mengatur agar folder C:\TEMP pada Windows selalu dikosongkan untuk penghematan kapasitas harddisk. Selain itu utilitas ini juga menyediakan opsi untuk menonaktifkan fitur AutoComplete history dan mengosongkan isi kotak Address. AutoComplete adalah satu fitur pada IE dan AOL yang membuat Anda tak perlu repot-repot mengetikkan seluruh huruf dari alamat situs di kotak Address. Tapi Anda masih tetap bisa mengaktifkan fasilitas Auto-Complete ini bila mau. Oke, ingin buru-buru menghapus jejak dengan praktis? Coba saja download versi shareware dari situsnya. (ibp)

PARANOID:

SEMBUNYIKAN FILE DAN FOLDER ANDA
Setelah mencari
dan mencoba berbagai macam program untuk menyembunyikan folder atau file dari Windows, akhirnya saya menemukan satu yang paling mudah, gratis, dan andal. Program ini bernama Paranoid. Untuk mendapatkan program ini, Anda dapat mendownloadnya dari alamat http://home.earthlink.net/ ~ockham07/. Filenya berjudul paranoid.zip. Mekarkan (unzip) dahulu file tersebut dengan program sejenis Winzip. Kini Anda bisa menemukan file paranoid.exe. Setup akan menjalankan file install.bat yang antara lain akan mengecek keberadaan file VB5 runtime. Jika Anda menggunakan Windows98 ke atas, Anda tidak perlu khawatir akan file tersebut. Hampir dipastikan Anda memilikinya. Namun jika ternyata pada file test VB5 runtime tersebut tidak Anda miliki, silahkan lihat file Install.doc yang telah disertakan. Program setup yang sebenarnya pun akan dijalankan dan Anda bisa menjalankan file tadi. Dari Menu Start, pilih Paranoid. Pertama kali setelah diinstal, Paranoid akan menanyakan session password. Session password ini fungsinya untuk memudahkan Anda menentukan kata kunci untuk folder atau file yang ingin Anda sembunyikan. Pilih folder atau file yang ingin dijaga, beri tanda pada kotak use password, lalu klik protect. Berikutnya akan muncul satu jendela enter a new password

memanggil program dari menu Run pada menu Start. Setelah itu Anda harus menghapus shortcut program Paranoid di menu Start. Kemudian Anda ubah file paranoid.exe yang berada di folder c:\Windows\

yang meminta Anda memasukkan kata kunci. Bila Anda ingin menggunakannya untuk satu folder/file klik saja OK, maka folder/file yang terproteksi tadi akan muncul di bagian protected files/folders. Untuk mengembalikan suatu folder, Anda tinggal memilihnya dari daftar folder/file yang terproteksi dan klik unprotect. Jika Anda memasukkan session password sesuai dengan password proteksi suatu folder, maka Anda bisa langsung membukanya dengan mengklik tombol Unprotect. Ada beberapa tips bagi Anda yang tidak menginginkan ada orang lain yang tahu bahwa Anda menyembunyikan suatu folder/file dengan Paranoid. Pertama, Anda harus merubah direktori instalasi pada waktu setup dijalankan. Semula c:\Windows menjadi c:\Windows\System. Hal ini selain untuk mencegah ada orang yang mencoba-coba mencari program tersebut, juga untuk memudahkan Anda

System menjadi nama lain yang mengisyaratkan seolaholah itu adalah program internal Windows. Misalnya, gunakan saja nama Syspass. Langkah terakhir adalah mencegah munculnya entri Paranoid pada Add/Remove Program Properties. Untuk melakukan ini Anda memerlukan utiliti eksternal seperti TweakUI yang merupakan bagian dari MS Powertoys untuk menghapus entri Paranoid tersebut. Setelah semua selesai, Anda bisa menjalankan Paranoid dengan membuka kotak dialog Run dari menu Start dan mengetikkan nama program Paranoid Anda di folder c:\Windows\System yang telah diganti namanya tadi (misalnya Syspass). Lalu jalankan prosedur proteksi yang telah disebutkan di atas. Maka tak seorang pun mengetahui dengan mudah bahwa Anda menggunakan proteksi file/folder.
Ginanjar gigin@thepentagon.com

WherelsIP:

PELACAK ALAMAT IP
WhereIsIP adalah
tool Internet yang menarik dan bisa membantu Anda melihat lokasi geografis dari pengguna Internet atau situs yang dikunjungi. Anda juga dapat menggunakannya untuk mencari teman ICQ, chatting, atau mencari alamat e-mail kenalan Anda. Program ini bisa dengan cepat mencari Internet IP register atau DNS, kemudian menampilkan alamat negara, net name, dan sebagainya.

Sekuritinya juga bagus. Pelacakan yang Anda lakukan

terhadap alamat IP host target, dijamin tidak akan ketahuan.

WhereIsIP v1.05 tersedia dalam bentuk shareware. Untuk mendapatkan versi ujicobanya, kunjungi saja www.jufsoft.com/whereisip/ register.asp. Dari sini, download file Whereisip105.exe. Lalu bagaimana menggunakannya? Pertama, instal dulu shareware ini di komputer Anda. Lalu ikuti langkah-langkah berikut. 1. Ketikkan satu IP address. Contohnya 202.102.29.149. Atau bisa juga nama domain seperti www.msn.com dan server1.oneserver.net. Ini semua diisikan pada kotak pilihan Target [IP Address OR Domain Name]: 2. Pilih kotak Check: Check IP

location atau Check Domain Name. Secara default, kotak pilihan ini sudah diaktifkan. 3. Tekan ENTER atau klik GO untuk mulai pencarian. Proses ini umumnya akan memakan waktu kira-kira 30 detik untuk melihat hasilnya. Hasil pencarian Anda tadi dapat disimpan atau di-copy ke folder penyimpanan data. Oke, selamat melakukan pencarian.

Ferdian Noor Jl. Veteran Gg. H. Hadijah RT 26, No.55 Banjarmasin 70236 ferdi_vesa@usa.net

PCplus 15

plusFokus
Search engine atau mesin pencari adalah sebuah program untuk membantu menemukan informasi yang ada di halamanhalaman Web di Internet. Mesin ini pada dasarnya terdiri dari tiga komponen: spider (atau crawler, bot), sebuah katalog atau indeks, dan perangkat lunak untuk mengolah informasi yang telah diindeks tersebut.

F.X. Bambang Irawan

No.23/II/03 April 2001

MEMBERI SENTUHAN MANUSIAWI PADA MESIN PENCARI

masuk. Situs-situs seperti Exp.com (www.exp.com), ExpertCentral (www.expertcentral.com), About.com (www.about.com) dan Guru.com (www.guru.com), benar-benar menghadirkan para guru, master dan pakar untuk berhubungan langsung dengan pengguna.

Spider atau crawler
menyusur Internet untuk mencari dokumen-dokumen yang terdapat dalam halamanhalaman situs Web di antero Internet. Halaman-halaman yang telah diperoleh tadi kemudian dibuat indeks atau katalog. Dapat kita bayangkan ukuran indeks tersebut jika melihat jumlah halaman Web yang telah dibuat orang sampai saat ini. Indeks inilah yang nanti akan diambil dan ditampilkan sesuai query yang datang dan diolah menurut algoritma tertentu. Algoritma inilah yang merupakan faktor dominan yang membedakan satu search engine dengan yang lain. Algoritma juga yang paling bertanggung jawab terhadap tampilnya hasil kepada sidang pencari informasi yang budiman. Search engine berbeda dengan direktori, meski sering rancu perbedaannya. Direktori diatur indeksnya dengan campur tangan manusia. Pemilahan oleh manusia ini menjanjikan presisi pemilahan sebagaimana dipikirkan oleh manusia, sehingga relevansi hasil yang disuguhkan lebih akurat, meski di sisi kuantitas tentu hasil yang ditampilkan

www.exp.com

www.oingo.com

sehingga hasil pencarian bisa masif dan sekaligus bersifat human. Teknologi dari ranah artificial intelligence yang bisa memahami hubunganhubungan yang sangat kompleks mungkin adalah jawaban di masa depan. Namun yang jelas, sampai saat ini berbagai sudut keunggulan teknologi Internet sedang dieksplorasi untuk mendapatkan hasil pencarian yang akurat. Beberapa di antaranya adalah seperti yang akan di bahas di bawah ini.

UTILITI

MEMANFAATKAN “TEKNOLOGI NAPSTER”
Orang mungkin harus diingatkan pada Napster jika agak
ragu ketika mendengar teknologi peer-to-peer (P2P). Memang, Napster mengorbitkan teknologi ini ke puncak tertinggi dengan kontroversi menyangkut kemudahan saling salin file MP3 antarteman melalui Internet. Seperti kita tahu, search engine sampai saat ini masih mengandalkan pada spider, sebuah program yang menjelajah Web untuk mendapatkan katalog yang disimpan di server layanan search engine tersebut. Gagasan penggunaan teknologi P2P adalah meniadakan penelusuran terhadap indeks yang ada di server tersebut. Sehingga pencari informasi langsung menuju pusat datanya, yaitu pada berbagai peer atau harddisk yang menyimpan informasi tersebut. Persis sebagaimana kalau kita mencari file MP3 dengan Napster dulu. Masalah kronis yang selalu merundung search engine adalah dalam hal keterbaruan informasinya. Padahal informasi pada kebanyakan situs bisa berubah dalam hitungan detik. Butuh waktu untuk mengunjungi ulang suatu situs yang terindeks, dan begitu dilakukan, sudah tertumpuk lagi dengan informasi baru. Pencarian terdistribusi dengan P2P akan meretas kendala tersebut. Informasi yang diperoleh bukan informasi basi yang sudah mampir lama dalam indeks layanan search engine, melainkan yang fresh from another peer computer. Baru-baru ini raksasa jaringan Sun Microsystems mengakuisisi InfraSearch, sebuah provider pencarian dengan teknologi P2P. “Pencarian adalah komponen mendasar yang dibutuhkan untuk mendorong pembuatan aplikasi-aplikasi P2P. Akuisisi InfraSearch ini diharapkan membantu menggenjot Project Juxtapose,” tutur Mike Clary, wakil presiden Sun dan kepala administasi JXTA. JXTA adalah lembaga penelitian tentang komputer terdistribusi.

Dengan utiliti pencarian, kita tidak perlu menuju ke suatu situs layanan tertentu. Kita cukup mempunyai utiliti tersebut terinstal ke dalam komputer kita dan memasukkan permintaan pencarian. Biasanya utiliti ini akan mencari ke dalam beberapa search engine, bukan hanya satu. Contohnya adalah WebFerret, GuruNet,Copernic, dan Matahari. Utiliti ini sering juga disebut dengan Webcrawler.

“VEARCH”
Vertical search engine atau biasa disebut juga “Vearch” merupakan search engine yang lebih mengutamakan spesialisasi suatu topik, misalnya search engine yang khusus menyediakan database masalah kesehatan, politik, musik, berita, olah raga, dan sebagainya. Pencarian dengan search engine umum seringkali memusingkan karena istilah dan konsep-konsepnya campur-aduk tak keruan. Dalam “Vearch” setidaknya kita tidak akan menemukan istilah yang tidak pada bidangnya.

METASEARCH
Salah satu kecenderungan yang terjadi dalam dunia search engine adalah penggunaan beberapa mesin

WebFerret

akan kalah jauh. Search engine menggantungkan diri semata pada program yang tidak bisa diajak berpikir laksana manusia. Mereka tidak bisa diajak mengambil keputusan yang intuitif dalam memutuskan menanggapi permintaan pencarian. Baik search engine maupun direktori memang punya kelebihan masingmasing. Idealnya memang jika bisa meramu keduanya dalam takaran yang harmonis

secara berbarengan. Tujuan pencarian dengan cara yang juga disebut Metacrawler ini tentu adalah untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak dan variatif. Permintaan pencarian dikirim ke berbagai search engine yang menjadi backbone-nya, dan kemudian hasilnya disajikan dalam satu halaman.

XML
Perkembangan XML juga memberi harapan terhadap hasil pencarian yang lebih baik. Ini dikarenakan dengan XML, konteks terhadap data bisa ditambahkan pada tag. HTML hanya mampu menentukan fungsi tiap tag saja. XML bisa digunakan untuk membangun data-data yang terstruktur seperti spreadsheet, address book, atau gambar-gambar teknik menjadi berformat seperti teks.

PEMAKNAAN
Salah satu contohnya adalah Oingo (www.oingo.com). Mesin ini

mempunyai spesialis-spesialis ilmu bahasa dan ilmu perpustakaan yang siap menyusun database “makna” –berupa sinonim dan topiktopik yang berkaitan— sehingga hasil pencarian nantinya juga akan mempertimbangkan untuk menampilkan kata-kata yang berkaitan. Oingo menyebut

databasenya dengan Oingo Ontology, yang diklaim berisi satu juta kata dan makna yang mempunyai link ke jutaan hubungan dalam jaringan semantik.

PAKAR
Layanan pencarian lain menyiapkan pakar untuk menangani pertanyaan yang

16 PCplus

plusFokus
Setelah lama dikungkung oleh keterbatasan sumber informasi yang menjangkiti negeri selama bertahun-tahun, kehadiran Internet begitu menyegarkan. Bahanbahan dan referensi matakuliah yang kurang variatif dan susah ditemukan, sekarang dapat dengan mudah disusuri di Internet. Dosen juga dengan santainya bisa bilang “cari di Internet!” kepada para mahasiswanya untuk memperoleh bahanbahan referensi kuliahnya.

F.X. Bambang Irawan

No.23/II/03 April 2001

KETIKA ANGKAANGKA BICARA
informasi yang disediakan. Singkat kata, makin lama Internet dengan layanan Webnya sebagai pusat informasi mengidap penyakit busung informasi. Search engine pada mulanya tampil sebagai pahlawan penyelamat berkat kemampuannya menyisir seluruh informasi yang tersedia di Internet dan menyuguhkan hasilnya sesuai dengan permintaan kita. Tak ayal lagi, layanan search engine menjadi primadona para surfer Web. Tak tahulah apa yang terjadi dengan Internet tanpa keberadaan search engine. Para pengunjung Internet mungkin akan menjadi seperti rombongan orang buta yang mencari sebuah jarum yang tersembunyi di balik tumpukan jerami. Mungkin Anda tidak sadar akan seberapa bergantungnya kita pada search engine dalam menyusuri Internet. Bahkan mungkin kita tak peduli dengan “merek” mesin pencari tersebut. Pokoknya asal sudah menggunakan Yahoo! atau Altavista, misalnya, semua urusan sudah selesai, baik berhasil ataupun gagal menemukan informasi. Kadang kita hanya pasrah menggunakan sebuah search engine seperti yang teman kita gunakan kalau harus mencari informasi di Internet. Padahal di dalam Internet sana terdapat ribuan jenis “mesin pencari” yang siap melayani perintah pencarian data. Dan “celakanya”, masingmasing search engine mempunyai ciri khas sendiri dalam mengumpulkan informasi, sehingga wajar juga kalau hasilnya pun sudah pasti berbeda-beda. Artinya, kalau Anda tidak menemukan apa yang dicari lewat sebuah search engine, maka belum tentu hasilnya akan sama dengan jika Anda mencoba mencarinya dengan search engine lain. Mungkin juga Anda sudah terlanjur fanatik terhadap sebuah search engine tertentu dan tidak mau lagi mencoba menggunakan search engine lain. Banyak kemungkinan penyebab fanatisme Anda tersebut. Misalnya, karena jumlah hasil yang diperoleh dengannya sangat banyak, sehingga Anda merasa bahwa sang search engine sangat “kaya” informasi. Atau juga justru karena jumlah hasil yang disajikan oleh search engine tersebut sedikit tetapi relevan sehingga Anda tidak pusing memilih salah satu dari bejibunnya entri yang ditemukan. Mungkin Anda sudah merasa mempunyai search engine favorit yang Anda

anggap terbaik. Tetapi ada baiknya kita telisik lagi beberapa hal tentang search engine yang mungkin bsia membantu kita mendapatkan yang benar-benar terbaik bagi kita, baik itu search engine yang belum pernah Anda gunakan atau syukur-syukur yang sudah Anda gunakan saat ini.

UKURAN
Sebagaimana kita tahu, search engine membuat indeks atas informasi yang dikumpulkannya. Secara logika “wan-tah”, semakin banyak indeks yang dikandungnya, maka semakin banyak kemungkinan kita bisa mengeruk informasi dari sana. Untuk jumlah halaman Web yang terindeks ini Google adalah juaranya. Menurut laporan Searchenginewatch. com, sampai awal bulan November tahun 2000 lalu, mesin ini mengindeks 602 juta halaman. Di bawahnya menyusul Fast dengan 575 juta halaman. Urutan lengkap ukuran indeks berdasarkan klaim search engine itu sendiri bisa dilihat pada Grafik 1. Ukuran memang membubungkan harapan kita untuk mendapatkan informasi dengan topik yang mungkin

Tetapi jangan kira
cerita sudah berakhir happy ending begitu. Jumlah informasi yang begitu masif dan campur aduk tak karuan di Internet menimbulkan masalah tersendiri. Kalau perpustakaan di kelurahan bisa digambarkan sebagai ujung spektrum kemiskinan informasi karena sedikitnya buku yang dikoleksi, maka Internet berada pada ujung spektrum yang lain karena superbanyaknya

PCplus 17

plusFokus
sangat spesifik dan susah diperoleh. Ya, probabilitasnya lebih besar karena indeksnya lebih banyak. Namun, apa yang terjadi jika kita mencari informasi umum? Hasilnya tentu saja juga akan lebih banyak, dan sering kali justru akan membut kita sakit kepala.

No.23/II/03 April 2001

KEBERHASILAN PENCARIAN
Alangkah senangnya hati bila informasi yang kita damba dari Internet berhasil ditemukan. Penelitian yang dilakukan oleh NPD New Media Services sampai dengan awal tahun 2000 tentang keberhasilan mendapatkan informasi berkat search engine menunjukkan bahwa Google nomor satu dalam hal ini. Dari 33 ribu responden, 97 persennya menyatakan bahwa mereka menemukan apa yang dicari baik secara “selalu”

maupun “sering”. GoTo membuntuti di nomor dua dengan 82 persen pendapat mereka yang mengatakan selalu bisa mendapatkan apa yang mereka cari lewat search engine ini.

grafik 1: KET: GG=Google, FAST=FAST, WT=WebTop.com, INK=Inktomi, AV=AltaVista, NL=Northern Light, EX=Excite, Go=Go (Infoseek).

JUMLAH PENCARIAN
Jumlah pencarian per hari juga menunjukkan tingkat popularitas sebuah search engine. Menurut klaim rilis pers masing-masing layanan, Altavista mengaku mendapat 50 juta order pencarian per harinya. Inktomi mendapat 47 juta permintaan pencarian

POPULARITAS
Popularitas mau tak mau menjadi salah satu faktor yang menentukan. Banyak orang mengenal dan mengakrabi mesin pencari ini karena rekomendasi teman atau membaca dari media. Namun bukan berarti semua orang taken for granted begitu saja. Sangat mungkin juga sebuah search engine populer karena mampu menyuguhkan kepuasan kepada lebih banyak khalayak. Grafik 2 menunjukkan tingkat popularitas search engine sebagaimana diteliti oleh Media Metrix pada bulan Januari 2001. Grafik tersebut menunjukkan persentase

Grafik 2 KEY: YH=Yahoo, MSN=MSN, AOL=AOL, LY=Lycos, GO=Go (Infoseek), NS=Netscape, NBC=NBCi, EX=Excite, LS=LookSmart, AV=AltaVista, AJ=Ask Jeeves, GG=Google, iWN=iWon, GT=GoTo, DH=Direct Hit, DP=Dogpile.

perkiraan mereka yang mengunjungi situs search engine selama sebulan terakhir. Jumlahnya tidak bulat seratus persen sebab banyak yang tidak hanya mengunjungi satu situs saja. Demikian pula traffic bisa rancu karena beberapa di antara search engine juga menjadi fasilitas dari sebuah portal dan pengunjung portal tentu saja tidak hanya berkunjung untuk sekadar mencari informasi.

ALAMAT SITUS SEARCH ENGINE
Altavista AOL Ask Jeeves Excite FAST Go Google GoTo HotBot Lycos MSN Netscape Seacrh Northern Light WebTop Yahoo! (www.altavista.com) (www.aol.com) (www.askjeeves.com) (www.excite.com) (www.alltheweb.com) (www.go.com) (www.google.com) (www.goto.com) (www.hotbot.com) (www.lycos.com) (www.msn.com) (http://search.netscape.com) (www.northernlight.com) (www.webtop.com) (www.yahoo.com)

(termasuk yang berasal dari Yahoo sebelum beralih ke Google pada bulan Juli 2000). Google yang mempunyai banyak partner (Yahoo dan Netscape Search, misalnya) mengumpulkan 40 juta request sehari. Sedang FAST mengerjakan 12 juta request.

SEARCH ENGINE:

BUKAN TERBAIK, TAPI YANG PALING SESUAI
Persoalan memilih search engine adalah bukan dalam hal memilih yang terbaik, melainkan dalam hal memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Atau tepatnya, terbaik buat kita (saja).

Ya, search engine terbaik
seperti yang diklaim oleh masing-masing perusahaannya boleh jadi memang benar. Namun ia tidak dapat mencakup seluruh “kebenaran” yang kita butuhkan agar mendapatkan layanan yang kita perlukan. Oleh karena itu, memilih sesuai dengan adat kebiasaan pencarian secara pribadi mungkin adalah jalan terbaik yang harus ditempuh. Tetapi tentu saja PCplus tidak akan setega itu membiarkan Anda melakukan trial and error atas 3000-an situs layanan pencarian yang ada di Internet. Kali ini PCplus

mencoba menguji beberapa situs paling populer. Memang pengujian tidak dilakukan secara lengkap dan terstruktur. Namun justru ingin dicari kebutuhan paling mendasar sebagian besar dari kita ketika menampi jerami Internet untuk mencari sebatang jarum informasi. Meninjau secara garis besar belasan layanan pencarian juga sulit dilakukan kecuali membuatnya hanya sampai pada pencarian yang umumumum saja. Bahkan pencarian dengan Logika Boolean yang sudah merupakan standar saja tidak bisa diterapkan secara serta merta dan seragam untuk semua search engine yang dibahas di sini. Masing-masing search engine mempunyai karakteristik sendiri-sendiri, bahkan pada tingkat pencarian yang “umumumum saja” itu. Ketidakseragaman ini makin “parah” kalau kita harus memasuki

fasilitas pencarian tingkat advanced yang disediakan oleh layanan tersebut. Oleh karenanya, jika Anda adalah pencari harta karun informasi di Internet yang setia, Anda harus paham keunggulan search engine yang Anda gunakan, atau kalau perlu keunggulan dari berbagai search engine lain.

KECEPATAN
Seperti mempunyai anjing piaraan, kita sering kali juga mendambakan agar search engine segera datang begitu dipanggil. Apalagi kalau dia juga bisa sekalian membawakan koran pagi ke ruang makan kita. “Anjing” yang paling manis kita kali ini adalah

Google. Dalam tiga detik, moncongnya sudah nongol di layar komputer siap untuk diorder melakukan pencarian. Kita katakan “moncongnya” sebab kami membagi dua jenis tampilan search engine ketika di-load, yaitu ketika load mencapai kotak pencarian (query) dan ketika semua sudah selesai di-load. Hasil selengkapnya bisa disimak pada Tabel 1. Mengapa demikian? Karena sebenarnya kalau mau, begitu kotak pencarian terbuka, kita sudah bisa memasukkan query dan mengklik perintah pencarian. Namun untuk alasan fairness kita juga mencatat

KECEPATAN TAMPILAN SITUS SEARCH ENGINE
SEARCH ENGINE LOAD SAMPAI KOTAK PENCARIAN LOAD SITUS LENGKAP KETERANGAN

Altavista AOL Search Ask Jeeves Excite FAST Go.com Google GoTo HotBot Lycos MSN Netscape Search Northern Light WebTop Yahoo Tabel 1

14 detik 6 detik 8 detik 5 detik 6 detik 29 detik 3 detik 8 detik 10 detik 5 detik 5 detik 25 detik 10 detik 6 detik 5 detik

68 detik 53 detik 14 detik 15 detik 11 detik 38 detik 9 detik 15 detik 93 detik 19 detik 25 detik 68 detik 26 detik 26 detik 19 detik

Portal Portal Portal Portal Non-Portal Portal Non-Portal Portal Non-Portal Portal Portal Portal Portal Non-Portal Portal

18 PCplus

plusFokus
jangka waktu sampai seluruh situs selesai ditampilkan. Google unggul dalam hal ini karena tampilannya yang sederhana, tidak disesaki grafis dan pernik-pernik lainnya. Ini karena Google tidak terbebani dengan jabatan sebagai portal sebagaimana situs-situs lainnya. Makanya Google tercepat, baik dalam menampilkan kotak pencarian maupun menampilkan keseluruhan situs.

No.23/II/03 April 2001

GOOGLE, JAGOAN KAMI
Enaknya punya “anjing” seperti Google.
Tampangnya sederhana, namun justru kesederhanaan itulah yang menjamin kegesitannya. Google mempunyai teknologi demokratis yang disebut PageRank. Sebuah halaman diberi ranking yang tinggi jika ia mendapat link dari banyak halaman lain. Seperti presiden yang dipilih berdasarkan suara terbanyak. Link dari halaman A ke halaman B diperhitungkan sebagai tambahan ranking untuk halaman B. Namun, metodenya tidak hanya sesederhana itu saja, Google juga menganalisa halaman yang “memberi suara” itu. Suara yang diberikan oleh halaman yang juga penting (mempunyai ranking tinggi) juga mendapat bobot yang lebih. Demi kesesuaian dengan kebutuhan pencari informasi, Google masih melengkapi PageRank dengan teknik penyesuaian teks yang canggih. Google tidak hanya memperhitungkan frekuensi tampilnya suatu istilah dalam sebuah halaman, namun juga memperhitungkan semua aspek isi halaman tsb (serta halaman yang di-link kepadanya) untuk menentukan apakah sesuai dengan permintaan anda. Dalam Google, terdapat indeks yang jumlahnya sebesar 1 miliar URL. Ia hanya menampilkan hasil yang persis dengan istilah yang Anda masukkan berikut tanda-tanda yang digunakan untuk mengkondisikannya. Anda bisa juga menggunakan tombol “I’m feeling lucky” untuk langsung menuju situs yang relevan menurut anggapan Google. Kalau Anda mau, Anda bisa menyerahkan kendali pencarian ini kepadanya.

PENCARIAN DENGAN FRASA
Sekarang kita gabungkan pencarian sederhana dengan kecepatan penyajian hasil. Pencarian sederhana dilakukan dengan memasukkan frasa “dotcom entrepreneur” ke dalam kotak query masingmasing layanan, dan kemudian kami hitung jangka waktu selesainya halaman pertama ditampilkan. Google masih tetap tercepat untuk acara tersebut. Kali ini ditemani oleh FAST. Hasil terbanyak disuguhkan oleh WebTop, jauh meninggalkan jumlah hit yang disuguhkan temantemannya. SEARCH ENGINE Namun ternyata WebTop “main curang” dengan tidak Altavista AOL Search merangkai Ask Jeeves kedua kata Excite tersebut dalam FAST satu rangkaian Go.com yang Google seharusnya GoTo HotBot diperlakukan Lycos secara MSN berurutan. Netscape Search Artinya antara Northern Light dotcom dan WebTop entrepreneur Yahoo diperlakukan Tabel 2: seperti jika menggunakan

logika Boolean “AND”. Pantas saja hasilnya bisa sebanyak itu. Altavista juga melakukan “kecurangan” serupa. Hal yang sama terjadi pada pencarian dengan frasa yang lumayan rumit: “number of humologous chromosomes in a cell”. Makin banyak search engine yang tidak berhasil menemukan frasa tersebut dalam indeksnya. Tetapi WebTop justru makin “girang” dengan banyaknya frasa yang bisa dipisah-pisah. Dari hasil ini kita bisa mendapatkan pelajaran tentang “kejujuran” sebuah search engine. Yang bisa menghasilkan suguhan raksasa belum tentu akan memuaskan Anda. Hasil yang secara logika seharusnya tidak akan banyak ditemukan, oleh search engine yang “tidak bertanggung jawab” itu justru di-blow up habishabisan. Kalau kita cermat,

hasil itu sudah mencurigakan.

BAHASA INDONESIA
Salah satu kebutuhan pencarian kita yang utama suatu saat adalah pencarian informasi dengan Bahasa Indonesia. Maka kami coba pula mengetahui respon berbagai layanan search engine tersebut dalam menangani permintaan pencarian dengan Bahasa Indonesia atau dari situs-situs Indonesia. Alangkah menggembirakan karena ternyata situs-situs Indonesia turut terindeks dengan baik di server para search engine tersebut. Tidak ada yang menghasilkan nol dalam tampilan hasil pencarian. Justru ketika frasa tersebut kami masukkan dalam kotak query situs-situs search engine Indonesia, mereka tidak bisa memprosesnya karena sedang out of order. Ironisme biasa dalam jagad Internet! (fbi)

PENCARIAN SEDERHANA DENGAN FRASA “DOTCOM ENTREPRENEUR”
HASIL (HIT) WAKTU UNTUK MENAMPILKAN HALAMAN PERTAMA HASIL PENCARIAN

PENCARIAN FRASA PANJANG: "NUMBER OF HOMOLOGOUS CHROMOSOMES IN A CELL"
SEARCH ENGINE HASIL (HIT) Altavista AOL Search Ask Jeeves Excite FAST Go.com Google GoTo HotBot Lycos MSN Netscape Search Northern Light WebTop Yahoo
Tabel 3

PENCARIAN INFORMASI BERBAHASA INDONESIA DENGAN FRASA: “OTONOMI DAERAH”
SEARCH ENGINE Altavista AOL Search Ask Jeeves Excite FAST Go.com Google GoTo HotBot Lycos MSN Netscape Search Northern Light WebTop Yahoo
Tabel 4

HASIL (HIT) 3.387 5 -10 13.187 63 12.700 63 13.187 900 1.096 627 2.818 24.780 1.610

11.793 25 -4 298 11 202 11 72 298 129 69 1120 883.009 118

16 detik 23 detik -53 detik 10 detik 12,5 detik 10 detik 19 detik 27 detik 20 detik 26,5 detik 69 detik 24,5 detik 20 detik 36 detik

5.044 0 -40 0 kotak tak cukup 1 0 1 0 2 0 231 23.363.003 1

Edisi Terbaru Beredar 23 Maret 2001
Web Hosting Gratis atau Bayar? Saat ini sudah banyak orang dan perusahaan punya situs Web sendiri. Jangan sampai dibilang ketinggalan jaman! Anda dapat memilih yang gratis. Ikuti ulasan pilihan perusahaan Web Hosting dan Web Design Indonesia yang patut Anda ketahui ! Portal Humor dan Film Ada cara baru mengurangi stress setelah bekerja seharian, Anda kini bisa mengunjungi situsnya. Kami sediakan juga situs-situs film dunia. Radiasi Ponsel Membahayakan Benarkah ponsel bisa menyebabkan kanker otak? Apakah hands-free dapat mengatasinya atau malah memicunya? Rubrik Tetap : Jangan lewatkan pula rubrik kamus komputer. Tutorial : Membuat formulir halaman Web dengan Word 2000 , mengawasi komputer lain, menyunting gambar dengan GFX-View dan berbagai tips untuk aktivitas Internet Anda. Dapatkan software gratis di bonus CD kali ini a.l. : •Grafik (Paintshop Pro 7.01, Adobe After Effects 4.1) •Antivirus (McAfee 5.15, AVX 2000 Profesional 5.90) •Games ( Hangman 3000, Rugby 2001, Blair Witch) •Tools (FinePrint, Ultra Edit32, SpyPC 2) • Lain-lain (Media Studio Pro 6, Avi2000 Gif)
Nantikan acara talkshow kami di Radio Sonora 100,9 FM Jumat, 30 Maret 2001 Jam 09.00 - 10.00

Gramedia Specialized Publication
Untuk berlangganan hub: Sdr.Rudi/Emi Telp : (021) 5483008 ext.: 3704, 3705, 3706. Email: langganan@infokomputer.com

PCplus 19

plusTrend
Siapa yang tak ingin komputernya punya gambar tajam dan enak dipandang berjam-jam tanpa lelah mata? Untuk mewujudkan semua itu, tentu saja pengguna PC harus memiliki sebuah komponen tambahan yang disebut kartu grafis. Semakin bagus dan hebat performa kartu grafis yang dimiliki, tentu saja kualitas gambar yang dihasilkan juga makin OK.

Silvester Sila Wedjo

No.23/II/03 April 2001

KARTU GRAFIS 32MB PALING LARIS
kecepatan maupun kualitas gambar benarbenar jadi acuan utama pemilihan sebuah kartu grafis. “VGA bermemori sebesar 32MB memang lebih banyak terjual,” ujar Victor dari Mostech Computer, distributor kartu grafis merek Octec. Meski demikian, bergesernya trend penggunaan memori pada kartu grafis ini bukan berarti tidak ada hambatannya. Apalagi kalau bukan harga. Ya, semakin tinggi besar memori pada sebuah kartu grafis sudah pasti membuat harganya membubung tinggi. Komponen yang satu ini memang amat mempengaruhi harga sebuah kartu grafis di samping juga chip-nya. Bayangkan, kartu grafis bermemori 32MB dulunya bisa berharga di atas 100 dolar. Ini berarti di atas 1 juta rupiah bila kursnya 10 ribu per dolar. Lebih mahal dari harga sebuah motherboard kelas low end atau bahkan kelas mid end! Turunnya harga memori secara global yang diakibatkan karena akan beralihnya teknologi memori ke arah DDR maupun Rambus disertai juga dengan membanjirnya pasokan memori di pasaran kemudian membawa efek pada kartu grafis.

Pertanyaannya,
bagaimana orang memilih kartu grafis? Bagaimana pula kecenderungannya? Dulu, orang barangkali sudah cukup puas dengan kartu grafis yang bermemori SDRAM 4MB atau 8MB. Namun, setelah berbagai aplikasi, baik itu software maupun game semakin lama menuntut memori yang lebih dari itu, trend penggunaan kartu grafis pun bergeser. Apalagi dengan makin banyaknya motherboard dengan fitur tambahan berupa VGA onboard dengan share memori sampai sebesar 8MB. Tentu saja kartu grafis yang bermemori sebesar ini kalah bersaing. Memang peminat kartu grafis macam begini masih saja ada. Tapi jumlahnya sudah jauh berkurang. Kalaupun ada, biasanya mereka adalah pengguna low end saja yang jarang sekali menggantiganti kartu grafis ini, kecuali bila ada kerusakan. Untuk VGA bermemori 4MB sampai 8MB, orang lalu lebih memilih menggunakan motherboard ber-VGA onboard. Apalagi bila dihitung-hitung, motherboard Bagaimana cara paling enak dan mudah untuk menemukan sebuah informasi yang kita inginkan lewat Internet? Tentu saja dengan search engine. Dengan search engine ini pengguna Internet dapat dengan mudah menemukan beratusratus bahkan beribu-ribu artikel yang membahas informasi yang dibutuhkan, hanya dengan mengetik beberapa kata kunci. Dengan search engine, jaringan Internet akan terlihat sebagai “perpustakaan raksasa” yang memuat jutaan informasi.

ber-VGA onboard ini jatuhnya jauh lebih murah. Sebagian produsen kartu grafis bermain di bidang motherboard dengan merek sama. Nah, mereka menangkap pergeseran trend semacam ini. Kartu grafis dengan memori 16 dan 32MB pun kemudian muncul sebagai alternatif pilihan bagi pengguna PC. Apalagi game-game 3D dikenal “haus” memori. Jadilah kemudian kartu grafis 16MB banyak dicari.

Keadaan ini masih terus berlangsung hingga sekarang meskipun jumlahnya sudah agak berkurang karena desakan VGA bermemori 32MB. “Konsumen saya masih banyak memilih kartu grafis 16MB,” ungkap Lisanto dari Listraco Saranatama Tekindo kepada PCplus. Keadaan ini lama-kelamaan bergeser. Kartu bermemori 32MB sekarang ini sudah dipilih pengguna PC. Apalagi ketika

Kartu grafis 32MB segera saja berjatuhan dan bisa mencapai harga 80-an dolar per keping! Apalagi ditambah perang harga antarmerek yang lumayan keras. Harganya boleh dibilang jatuh bebas! “Kartu grafis 32MB dengan chip Riva TNT M64 sekarang harganya tinggal sekitar 460 ribu per unitnya,” ungkap Hasan dari USA Computer. Menurutnya, memang lebih baik memilih kartu grafis sekelas ini ketimbang 16MB karena toh harganya tidak terpaut jauh. Ya, dengan chip yang sama namun bermemori 16MB harganya 400 ribu rupiah atau terpaut “hanya” 60 ribu dengan yang 32MB! Kenyataan ini ditunjang pula dengan harga kartu grafis bermemori 64MB yang masih tergolong tinggi. Kartu grafis kelas high end ini memang penggunaannya masih terbatas karena harganya yang masih di atas awan. Fenomena ini ternyata berbuah manis. Orang kemudian lebih banyak yang memilih kartu grafis bermemori 32MB. Apalagi ditambah imingiming fitur tambahan yang makin lama makin beragam. Ya, orang kemudian memilih kartu grafis 32MB atau lebih karena fitur-fitur tambahan memang menarik hati. Bayangkan berbagai fitur tambahan memang menggoda. Apalagi dengan harga yang sudah “terbanting” tadi. Asyik tentunya. Dengan harga murah, pengguna bisa dapat berbagai fitur tambahan menarik seperti video out, video capture, atau bahkan TV tunner! Kalau saja di waktu mendatang harga kartu grafis semakin terjangkau luas, kartu grafis 32MB pasti bisa terserap lebih besar lagi, bahkan untuk kelas low end sekalipun. Hasil-hasil survei ini menunjukkan adanya kecenderungan makin meningkatnya pemakaian search engine pada pengguna Internet. Sebagian dari pemakai search engine tersebut tidak saja memakai fasilitas ini untuk mencari informasi atau berita yang diinginkan. Beberapa dari mereka bahkan memakai search engine untuk mencari situs yang tepat untuk berbelanja online. Alta Vista misalnya, mengaku, sekitar 20 persen dari pengguna layanan mereka menggunakan search engine untuk mencari produk yang diinginkan. Pengguna search engine ini diperkirakan akan semakin bertambah banyak jumlahnya dari waktu ke waktu. Apalagi dengan makin menjamurnya situssitus baru yang juga berfungsi sebagai search engine.

PENGGUNAAN SEARCH ENGINE BAKAL JADI “PENYAKIT MENULAR”
Dengan kemudahan
mencari informasi, para pengguna Internet yang sebelumnya asing dengan mesin ini akhirnya “terbawa arus” pula. Apalagi bagi mereka yang “buta” Internet dan tidak tahu ke situs mana mereka harus surfing untuk mendapat informasi yang diinginkan. Search engine ini terus dan akan terus menjadi “penyakit menular”. Tidak percaya? Berbagai penelitian membuktikan, sebagian besar pengguna Internet akan mencari informasi dengan terlebih dahulu masuk ke dalam search engine. IMT Strategies misalnya, pada tahun 2000 lalu melakukan penelitian mengenai kecenderungan pemakai Internet menggunakan search engine. Hasilnya, 46 persen responden menggunakan search engine untuk menemukan situs baru. GVU user survey bahkan lebih drastis lagi. Menurut studi mereka, 84,8 persen pengguna Internet menggunakan Internet untuk menemukan situs baru dan untuk mencari informasi via Internet. Survei yang dilakukan di Inggris juga sama. Lebih dari 81 persen orang Inggris yang masuk ke jaringan Internet menyatakan search engine merupakan pilihan utama mereka sebagai "jalan masuk" untuk mencari situs-situs yang dibutuhkan.

20 PCplus

plusBelanja
Pernahkah terpikir, prosesor komputer Anda yang sepanjang waktu bekerja keras juga membutuhkan pendingin yang sesuai. Ibarat orang yang telah bekerja keras, ia pasti membutuhkan kesegaran udara untuk mengembalikan stamina dan suhu tubuhnya.

Silvester Sila Wedjo

No.23/II/03 April 2001

AC BUAT PROSESOR ANDA
memang berasal dari penjualnya dengan segala macam pertimbangan, termasuk pertimbangan ekonomis seperti harga tentunya. Tetapi, mungkin saja pilihan kurang tepat dan Anda pun ingin mengganti fan supaya prosesor Anda lebih cool. Tapi, bagaimana ya memilihnya? Ikuti tips belanja berikut ini dan nikmatilah hasilnya buat prosesor Anda.

Perhatikan Kecepatan Putar yang Ada!

5.

Fan

Begitu juga dengan
prosesor. Dengan segala macam tugas beratnya karena menjadi otak sebuah sistem komputer, fan pendinginnya adalah suatu komponen yang sangat vital. Terlebih lagi jika Anda termasuk orang yang hobi mengoverclock kerja prosesor. Pendingin yang lebih besar dan berkualitas tinggi untuk meredam panas sudah barang tentu amat dibutuhkan. Apa sih sesungguhnya kegunaan fan prosesor ini? Yang paling utama adalah melindungi prosesor dari bahaya panas yang berlebih. Ya, kalau prosesor terlalu panas, bahaya paling ringan yang biasa terjadi adalah sistem komputer tiba-tiba hang. Atau yang paling fatal, prosesor Anda terbakar dan tidak bisa dipakai sama sekali. Kalau keadaannya sudah begini, mau tidak mau Anda harus ganti prosesor! Mahal bukan? Nah, untuk menghindari semua itu, fan yang cocok dan sesuai kebutuhan adalah jalan keluarnya. Panas merupakan problem paling menakutkan untuk komponen semacam prosesor. Suhu standar prosesor pada keadaan normal bisa mencapai 60 hingga 70 derajat celcius. Namun bila pengguna menjalankan aplikasi 3D atau aplikasi berat lainnya, biasanya suhu prosesor akan lebih tinggi lagi. Ibarat sprinter disuruh berlari 4000 meter. Otomatis tenaga ekstra harus dikeluarkan. Begitu juga kirakira yang terjadi pada prosesor. Panas yang berlebih kemudian jadi akibat sampingnya. Apalagi bila komputer Anda di-overclock. Prosesor yang dipaksa lari lebih cepat otomatis mengeluarkan “keringat” yang lebih banyak dari biasanya. Makanya komponen yang satu ini disebut vital dalam sebuah sistem komputer. Jadi, jangan sembarangan memilih fan sebagai Air Conditioner (AC) prosesor Anda! Lalu bagaimana menentukan pilihan fan mana yang seharusnya dipakai buat mendinginkan prosesor kita? Kalau Anda beli seperangkat PC lengkap, tentu saja pilihan fan

Perhatikan Bahan Heatsink yang Dipakai
Sebagian besar heatsink yang menempel pada prosesor menggunakan bahan aluminium. Bahan ini sengaja dipakai karena mudah menyerap panas yang dihasilkan oleh prosesor. Memang, bahan ini memiliki titik leleh yang rendah sehingga panas sedikit saja bisa langsung terserap dengan cepat pada aluminium ini. Pada beberapa cooling fan, bahan yang dipakai buat heatsink ini tidak murni terbuat dari aluminium saja. Campuran berbagai bahan sengaja diracik agar perpindahan panas dari prosesor bisa berjalan cepat dan lancar. Pada beberapa merek misalnya, heatsink yang ada terbuat dari campuran aluminium, tembaga, dan bahan-bahan lainnya. Hasilnya, penyerapan panas dari prosesor bisa cepat dan maksimal. Namun, untuk yang macam begini, dana yang harus Anda keluarkan memang harus lebih dibanding membeli cooler fan biasa. tentunya mempengaruhi juga volumenya. Nah, semakin besar volumenya, maka kemampuan heatsink untuk menampung panas dari prosesor tentunya makin besar pula. Itulah sebabnya, semakin besar heatsink makin bagus. Meski demikian, Anda juga harus memperhatikan besarnya heatsink yang ingin Anda beli dengan besarnya ruang yang tersedia pada motherboard Anda. Beberapa tipe motherbord memang memiliki space yang besar buat menampung cooling fan yang besar. Tapi ada pula tipe yang “pelit” ruang buat komponen vital ini. Memang, umumnya soket buat prosesor “dikepung” oleh beberapa kapasitor untuk mengontrol frekuensi yang dipakai. Nah, itulah sebabnya ukuran air conditioner prosesor Anda harus disesuaikan dengan space yang ada pada motherboard.

1.

yang lumayan besar, otomatis volume untuk menyerap panas semakin besar. Umumnya cooling fan yang baik punya sirip yang tebalnya sekitar 3,5 milimeter. Namun, ada pula yang tebalnya sampai 7 milimeter. Tentu saja sirip berukuran 7 milimeter menyerap lebih banyak panas. Banyaknya sirip juga bisa Anda pertimbangkan. Banyaknya sirip sedikit banyak juga mempengaruhi cepatnya panas bisa diserap. Semakin banyak sirip tentunya semakin bagus fan tersebut.

Semakin besar kecepatan putar fan sebuah cooling fan, maka semakin banyak panas yang bisa dilepaskan dari heatsink. Sama seperti fan di rumah Anda, tentunya semakin cepat fan berputar, semakin sejuk ruangan. Analogi yang sama berlaku untuk barang seperti fan prosesor ini. Makin cepat putarannya makin dingin heatsink yang ada. Akibatnya panas yang bisa diserap heatsink ini bisa lebih bagus. Beberapa jenis cooling fan bahkan memasang fan kembar pada heatsink-nya meskipun hasilnya memang tidak terlalu signifikan. Nah, kalau Anda ingin membeli, tanyakan pada penjual kecepatan putar fan-nya. Di pasaran sendiri ada beberapa pilihan kecepatan dalam rpm (rotation per minute) untuk fan seperti 1500rpm, 1300rpm, 1000rpm. Bahkan pada beberapa merek fan yang bagus, kecepatan putarnya bisa mencapai di atas 4700rpm.

Klipnya Harus Mudah Dipasang
Faktor ini penting pula untuk diperhatikan, apalagi bila Anda ingin memasang sendiri dan kemungkinan akan sering “mengobokobok” prosesor Anda! Pada beberapa cooling fan, klip yang terpasang “tidak bersahabat” dengan pengaitnya pada soket karena bahannya terlalu keras dan kecil. Kalau klip fan yang ingin Anda beli macam demikian, siap-siap saja untuk berkeringat hanya untuk memasang fan! Klip yang baik memang sebaiknya punya bentuk yang cocok dan punya kelenturan yang baik pula sehingga jari Anda tidak sakit dan tekanan prosesor juga tidak terlalu keras.

6.

Tebal Penampang Heatsink Juga Harus Jadi Pertimbangan
Makin tebal penampang heatsink yang merupakan bagian terdepan yang menempel pada prosesor akan makin bagus. Apalagi dengan luas penampang yang memadai. Otomatis daya serap panasnya akan semakin baik juga. Tebalnya penampang ini juga mempengaruhi volume heatsink secara menyeluruh yang berarti juga mempengaruhi kapasitasnya untuk menampung panas. Beberapa heatsink yang dipakai memiliki tebal penampang yang tidak terlalu besar. Hal ini tentu saja membuat daya serap panasnya kurang baik.

4.

Permukaan Heatsink yang Rata
Ya, semakin rata dan halus sebuah heatsink maka bidang kontak permukaan heatsink dengan prosesor akan semakin besar pula. Akibatnya jelas, panas akan lebih terserap ke heatsink. Nah, itulah beberapa tips yang bisa diberikan dalam memilih sebuah fan untuk prosesor. Mudah-mudahan pilihan Anda untuk komponen vital ini tepat. Selamat mencari!

7.

Sesuaikan Lebar Heatsink dan Fan
Semakin lebar heatsink dan fan yang Anda miliki tentunya akan semakin bagus buat menyerap panas. Ilmiahnya begini, semakin lebar heatsink yang dimiliki

2.

Perhatikan Tebal dan Banyaknya Sirip Aluminium yang Ada
Pastikan heatsink pada cooling fan yang akan Anda beli punya sirip-sirip yang agak tebal dan jumlahnya banyak. Dengan ketebalan

3.

PCplus 21

plusKerja
Internet tidak hanya membuka peluang kerja buat orang-orang normal. Penyandang tunanetra atau tunarungu atau penderita gangguan fisik lain kini berkesempatan meraih pekerjaan di berbagai bidang yang berhubungan dengan komputer. Berbagai program aplikasi komputer telah dirilis untuk membantu orangorang cacat mengaktualisasikan potensi yang mereka miliki. Pada akhirnya, cacat fisik bukanlah hambatan untuk meraih sukses. Ketekunan dan keuletan mengejar apa yang mereka impikan lah yang pada akhirnya berbicara.

Alois Wisnuhardana

No.23/II/03 April 2001

YANG TUNA PUN BERPELUANG SAMA MERAIH KERJA
cacat, asal mereka bisa menunjukkan kreativitas, gagasan yang brilian, kepemimpinan, dan kemampuan manajerial yang memadai. Sebuah perusahaan perkantoran di Inggris juga mencari seorang akuntan, dan mereka tidak mempersyaratkan bahwa

BAGAIMANA TEKNOLOGI MEMBANTU ORANG CACAT?
Pada awalnya, sebuah situs Web
bersifat statis. Tidak banyak hal atau informasi bisa ditampilkan, meski sebuah halaman Web tetaplah dianggap sebagai sebuah revolusi penting dalam teknologi komputer-Internet. Kemudian, orang mengenal Web dinamis dan membuat situs Web makin terlihat cantik dan multiguna. Ada polesan di sana-sini. Keluasan, kompatibilitas, dan kemudahan menjadi kata kunci. Dalam setahun ini, perkembangan Web makin luas. Kalangan penyandang cacat fisik pun sudah bisa mengakses informasi. Berbagai software aplikasi komputer bermunculan meringankan beban para penderita cacat ini. IBM meluncurkan, HP demikian juga. Belum lagi yang kecil-kecil. Bagaimana sebenarnya teknologi dirancang untuk mereka? Berikut ini beberapa solusi teknologi yang membantu orang-orang cacat menggunakan komputer dan mengakses informasi. 1. Untuk orang buta. Tampilan yang muncul di layar monitor dikeluarkan dalam format audio dengan menggunakan software pembaca teks dan speech synthesizer. Cara yang lain adalah membuat output berupa huruf-huruf Braille yang dicetak di printer. Atau menggunakan scanner dan software yang dilengkapi dengan optical character recognition (OCR) sehingga teks-teks Braille dapat dikonversi ke suara dan sebaliknya. 2. Untuk orang yang mengalami gangguan penglihatan. Gangguan yang dimaksudkan di sini adalah orang tidak tidak mampu melihat karakter secara jelas. Misalnya tidak bisa membaca karakter yang terlampau kecil. Masalah ini dipecahkan dengan program Magnifier. Dengan program ini, huruf-huruf dalam layar bisa ditampilkan lebih besar. Bila memerlukan cetakan dalam format huruf yang besar, digunakan program Large Print. 3. Untuk orang yang mengalami gangguan ortopedik. Gangguan yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti kecelakaan, stroke, cacat lahir, dan gangguan saraf ini biasanya berpengaruh pada ketidakmampuan orang menggunakan peralatan komputer secara normal. Nah, cacat semacam ini biasanya dipecahkan dengan memodifikasi keyboard atau mouse sesuai dengan cacat yang disandang. Posisi keyboard dan mouse yang sesuai akan mengurangi efek kelelahan dan menekan kemungkinan kesalahan ketika si pengguna memasukkan data. Program Keyboard Control biasanya juga digunakan untuk mereka yang tidak mampu menggunakan keyboard secara sempurna. 4. Untuk orang yang mengalami gangguan pendengaran atau tunarungu. Berbagai program komputer memiliki fasilitas sinyal suara untuk memberikan tanda bagi penggunanya, terutama bila ada error. Masalahnya, bagaimana error itu bisa diketahui oleh orang yang menderita tunarungu atau kurang bisa mendengar? Para perancang komputer dan pembuat aplikasi kemudian mengubah sinyal suara dengan berbagai tanda lain seperti warna, prompt, dan semacamnya. Ini dimaksudkan supaya mereka yang mengalami gangguan pendengaran tetap bisa mengidentifikasi masalah yang terjadi atau menggunakan komputer secara normal, dengan indera yang berfungsi normal. •••

Di Amerika Serikat, perusahaanperusahaan teknologi informasi raksasa seperti Microsoft, IBM, Acer, atau Hewlett-Packard, senantiasa membuka kesempatan bagi tunarungu, tunanetra, dan penderita cacat fisik lainnya untuk bekerja di perusahaan tersebut. Microsoft sendiri selama setahun terakhir terus mengembangkan aplikasi yang memudahkan para penderita cacat mengoperasikan komputer. Program-program asistensi seperti itu kini telah dibundel menjadi satu dalam sistem operasi mereka. Di sektor lain seperti perbankan, lembaga konsultan, lembaga riset, dan institusi pendidikan, kesempatan itu juga terbuka. Bahkan, industri manufaktur besar seperti Boeing Corp., Lockhead, Honda Motor America, AT&T, pun sangat aktif merekrut karyawan yang menyandang cacat fisik. Tidak hanya di AS, di Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya, para penderita cacat pun ternyata bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan mereka yang sehat secara fisik. Pekerjaan-pekerjaan nirfisik seperti penerjemahan, input data, koding, analisis, kliping, operator telepon, dan berbagai pekerjaan administrasi adalah lapangan pekerjaan yang banyak tersedia untuk para penyandang cacat fisik. BBC London misalnya. Ketika mereka membutuhkan seorang pekerja yang bertanggung jawab atas content dan program, kesempatan itu juga diberikan kepada para penyandang

calon pekerja haruslah orang yang normal secara fisik. “The company is seeking an individual who is capable of keeping up with rapid growth and also of enhancing the accounts and administrative functions.” Itu saja yang mereka persyaratkan. Namun, tidak semua penderita cacat harus bergabung secara formal dalam suatu lembaga atau korporat untuk bisa mendapatkan penghasilan. Bisa saja mereka mengembangkan diri dan rajin bergerilya untuk menjadi individual workers sesuai dengan talenta yang mereka miliki. Yang lebih hebat, kini banyak tawaran pekerjaan untuk orang cacat di situs internet. Dimotori oleh beberapa lembaga perguruan tinggi di Amerika Serikat, berbagai inovasi dan tawaran untuk penyandang cacat terbuka lebar. Ada pula lembaga yang menggelar ekspo khusus. Sementara, lembaga-lembaga yang konsern ke penyandang cacat terus tumbuh dan juga

menyediakan semua hal yang dirasa dibutuhkan oleh penyandang cacat, mulai dari bagaimana memotivasi diri, perkumpulan untuk penyandang cacat, sampai dengan penawaran pekerjaan. Dengan adanya Internet, mereka tidak harus bersusah payah menyusuri jalan-jalan dan tangga gedung perkantoran. Dengan berbagai inovasi yang ditemukan dalam dunia komputer, mereka bisa saja mengerjakan pekerjaanpekerjaan lumrah, tanpa harus terganggu atau terbebani dengan keterbatasan yang mereka sandang. Di Amerika Serikat, undang-undang yang memberi hak yang sama kepada para penyandang cacat (Americans with Disabilities Act, ADA) telah membukakan mata para penyandang cacat sendiri, bahwa mereka sesungguhnya bisa bersaing dengan warga biasa yang lain untuk melakukan suatu pekerjaan. Dengan demikian, sesungguhnya tidak ada lagi batas yang membedakan antara penyandang cacat dan orang yang dianugerahi tubuh sempurna. Batasnya ada dalam diri masing-masing. Sejauh mana para penyandang cacat mampu memotivasi dan menghargai diri mereka sendiri dan tidak merasa perlu dikasihani. Cacat, dengan demikian bukan terletak pada kondisi fisik, melainkan pada pikiran masing-masing orang. Sayangnya, apresiasi dan penghargaan terhadap para penyandang cacat di Indonesia masih sangat rendah. Banyak orang masih beranggapan, mereka adalah orang yang patut dikasihani dan boleh jadi, anggapan inilah yang paling dibenci oleh para penyandang cacat. Kita lihat saja contoh sederhana. Berapa banyak terminal, stasiun, taman, gedung perkantoran yang memberikan kemudahan bagi orang-orang cacat. Di Amerika Serikat, sebuah gedung diwajibkan untuk menyediakan jalan yang bisa dilalui oleh para penyandang cacat. Di sini, Stasiun Gambir barangkali bisa jadi contoh. Tapi angka perbandingannya tetap amat timpang. Belum banyak juga perusahaan di sini yang “rela” menyediakan diri membuka lowongan untuk mereka. Namun, seiring dengan tumbuhnya Internet, bukankah ada banyak lapangan pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh mereka?

22 PCplus

plusInteraksi
TENTANG MONITOR
Dear PCplusers, Numpang lewat, saya mau nanya lagi, apa benar monitor merek Samsung radiasinya lebih kuat dari merek GTC? Ceritanya gini. Dulu waktu masih pakai monitor GTC 14" (nomor serinya lupa dan waktu itu saya belum begitu minat komputer) mata saya cukup kuat "melototin" monitor itu. Tapi sekarang setelah ganti Samsung 17" (SyncMaster 750s), mata saya sering terasa pedas dan berair kalau tidak sering take a break. Dulu saya kira karena ukurannya yang lebih besar, tapi setelah saya lihat punya teman saya yang pakai Samsung 14", ternyata tetap terasa "sakit" di mata. Selain itu, monitor saya "setelan" brightness-nya juga tidak sama untuk teks dan gambar. Setelan yang masih terasa terlalu terang untuk baca teks, kalau buat main game jadi terlalu gelap. Apakah saya harus pakai screen filter (merek apa yang bagus)? Adakah rekan-rekan yang mengalami masalah seperti saya?
Reza bsa15@yogya.wasantara.net.id

No.23/II/03 April 2001

+

TENTANG PROSESOR

Control hermawan@control.ee.itb.ac.id

+ Dengan kecepatan yang sama, bagus mana sih kinerja prosesor Pentium
II/III dengan Celeron? Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing? Lukman luqman@gerbang.fa.itb.ac.id

PROGRAM “BLEEM”
Aku pernah coba instal program “Bleem”, yang katanya bisa membikin CD Playstation bisa dimainkan di komputer. Tapi setelah dicoba kok tetap aja nggak bisa. Tolong nih gimana caranya supaya bisa running well. Mungkinkah ada yang salah?
Elnusa Elnusa@sfer-indo.com

+

Yang paling “jos” ya PIII dong. Misal: kita pakai Celeron 600Mhz dan PIII 600EB, PIII 600EB ini mempunyai bus 133MHz, L2 cache 256 yang tentu jauh lebih cepat dibandingkan dengan Celeron 600Mhz yang hanya mempunyai bus 66MHz dan L2 cache 128. Command yang ada di PIII juga lebih banyak di banding PII atau Celeron. Lupita Sharaga lupita_sharaga@yahoo.com

hanya stick ID 1. Yang ID 2 nggak mau jalan sama sekali. Terus di pindah lagi ke MB saya, dapat “berjalan” normal, padahal seting port printernya sudah sama, ECP/EPP. Mohon pencerahan dari rekan-rekan, biar “terus-terang-terang-terus”.
dc-09 dc-09@ugm.ac.id

Mungkin setelan contrast & brigthness-nya terlalu tinggi, cukup separuhnya (50%) saja (tiap monitor berbeda). Saya pake screen filter "Hikari", cukup baik & membuat mata lebih "tahan lama".
Chandra.R chan8lus@cbn.net.id

Coba dilihat di game option bagian controller. Di situ harus ada dua buah, ID 1 dan ID 2. Kalo yang ID 2 belum ada, coba ditambah dengan mengklik add, trus pilih game pad Anda. Setelah OK, klik Properties untuk men-set-nya menjadi ID 2. Harusnya sekarang sudah bisa.
Jonathan_Oei jonathan_oei@telkom.net

SURFING SECARA OPTIMAL MEMILIH VGA CARD
Saya mau pasang kipas tambahan di graphic card saya. “Nyolokin” di motherboard-nya di bagian mana? Motherboardnya ASUS P3BF. Mohon bantuannya.
Bayu bayu90@indosat.net.id

+

Di Asus P3BF ‘kan ada tiga konektor buat fan, yaitu CPU fan, power fan dan CHA fan (+12V). CPU fan pasti udah dipake. Berarti masih ada dua yang mungkin nggak kepake. Tancepin aja di situ.
Lupita Sharaga lupita_sharaga@yahoo.com

GAME PAD PS
Saya punya satu pasang game pad PS for PC, yang berjalan normal (tidak ada masalah) di MB ABIT VH 6 dan Connectix 1.41. Tapi ketika saya gunakan di MB DFI dan Jetway (jenisnya nggak tahu) punya temen saya, yang mau “jalan”

+

Halo! Pada PCplus no.17 (atau 16) terdapat artikel "Surfing Secepat Kilat..." (Y.J. Thurana, hal. 10) yang antara lain dapat dilakukan dengan mengoptimalkan memori dan disk cache. Di artikel tersebut tertulis bahwa optimalisasi dapat dicapai dengan memperbesar ukuran memori dan disk cache, serta dengan memilih seting once per session (untuk Navigator) dan automatically (untuk IE). Tetapi menurut pengalaman, memperbesar memori dan disk cache berarti membiarkan aksi swap pada harddisk membesar dan berarti akan semakin melambatkan akses internet. Selain itu disk cache yang besar akan memakan semakin banyak tempat di harddisk. Akses akan semakin lambat bila memilih option once per session atau automatically, sebab once per session akan selalu mencari versi aktual dari halaman web setiap kali navigator dimulai. Sedangkan automatically akan mengambil data sebagian dari

+

harddisk dan sebagian dari Internet, ketika IE di mulai. Saya men-setting memori cache di navigator dengan nilai "0" dan tidak merubah nilai yang ditawarkan pada disk cache, yaitu 7680. Dengan kondisi seperti di atas, saya dapat surfing lebih cepat ketimbang ketika saya memperbesar memori (di atas 1000) dan disk cache (10.000). Selain itu setting-an 0 dan 7680 lebih menghemat tempat di harddisk. Memilih option "never" baik pada navigator maupun IE, jelas mempercepat akses Internet ketimbang "once per session" atau "automatically", sebab situs Web hanya akan diambil dari cache tanpa membandingkannya lagi dengan situs yang ada di Internet. Saya sudah mencoba apa yang tertulis di PCplus dan apa yang ada di Chip, dan saya merasakan kecepatan yang lebih baik dengan mengikuti setting-an yang ada di Chip ditambah beberapa modifikasi sendiri. Saya tidak tahu pengalaman teman-teman lain. Oke guys, bagaimana pendapat Anda.
Burhanuddin Gala boergala@yahoo.com

orang, seperti alamat web berita. Jadi menurut saya dengan meningkatkan cache dapat mempercepat browser, mungkin pendapat saya berbeda dengan Anda. Ya, namanya juga demokrasi, iya nggak? Berbeda pendapat tidak apa-apa. Saya juga punya sedikit trik untuk mempercepat kinerja browse. OK, dicoba saja langsung mudah-mudahan bermanfaat (Thank's to "HarryPeratestes" for this tricks): 1. Jalankan regedit.exe dari menu Run. 2. Lihat di registry untuk key tersebut: HKEY_CURRENT_USER \Software\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\ Internet Settings 3. Temukan key ini, sudah ada atau belum: MaxConnectionsPerServer dan MaxConnectionsPer1_0Server 4. Kalo belum, bisa ditambahkan dua key tersebut. (Create DWORD/ HEX or DWORD/DEC). 5. Isikan masing-masing nilai untuk key tersebut (dengan nilai yang tertinggi dan dilihat hasilnya). Contoh: MaxConnectionsPerServer=12 (hex) - Defaulnya = 2 MaxConnectionsPer1_0Server=16 (hex) - Defaultnya = 4 6. Untuk tes, Anda bisa ke http://www.disney.com. Bandingkan sebelum dan sesudah menggunakan trik ini. 7. Enjoy... NB: Untuk masing-masing value bisa terserah, pokoknya tinggal dilihat saja hasilnya, nilai-nilai mana yang lebih cepat.

Kalo mau maen PS di komputer lebih baik pake connectix, kayaknya udah ada di “yahoogroups”, tinggal download aja.
Ronny Hartanto aircraft@indo.net.id

PROGRAM KAMUS INDONESIA-INGGRIS SIAP DOWNLOAD?
Saya ingin tanya, ada nggak program kamus Indonesia-Inggris yang bagus dan siap download.
jsugianto jsugianto@telkom.net

+

“Babylon” bagus, download di www.babylon.com, juga download kamus IndonesiaInggrisnya.
Ronny Hartanto aircraft@indo.net.id

HARDDISK TIDAK TERDETEKSI

Halo Mailplus! Memang kalo menurut teori, dengan cara kita mengoptimalkan memori dan disk cache pada IE dapat mempercepat browser. Hal itu terjadi karena sebagian data yang ada pada suatu alamat akan tersimpan sebagian pada HD kita. Ketika kita mengunjungi kembali halaman tersebut bisa lebih cepat diakses karena sudah tersimpan di cache, dan malah kebanyakan server di warnet-warnet atau perkantoran setting untuk cache di-enable-kan. Hal itu untuk mempercepat browser pada suatu alamat yang umumnya diakses oleh banyak

Salam untuk para milis PCplus yang telah lama bergabung. Saya ingin bertanya apakah jika 'fdisk' gagal, harddisk bisa menjadi tidak terdeteksi? Waktu itu verifying drive integrity-nya berjalan lama sekali, maka saya tekan tombol restart di komputer saya. Setelah restart, ternyata harddisk jadi tidak terdeteksi. Mohon informasi. Thank's thousandly,
M. Reedho reedho7@yahoo.com

+

Biasanya kalo verifying drive integrity-nya lambat, karena ada bad sector atau physical error. Kalo setelah di restart tidak terdeteksi, mungkin harddisk memang rusak, atau mungkin bisa dibawa ke service center-nya untuk diperiksa.
Stephen sgkurnia@cbn.net.id

PCplus 23

plusProduk
ASUS V7700 Deluxe Series:

No.23/II/03 April 2001

KARTU GRAFIS ANDAL DENGAN FITUR MENAWAN
Siapa yang tidak ingin
punya komputer dengan gambar grafis yang hebat disertai dengan fitur tambahan yang menarik? Nah, ASUS tampaknya mengetahui kebutuhan ini. Salah satu kartu grafis buatan ASUS yang ada di pasaran saat ini adalah ASUS V7700 series. Untuk seri ini ASUS tidak tanggungtanggung. Sembilan macam tipe dikeluarkan dengan berbagai model, fitur, dan kapasitas memori. PCplus mendapat contoh AGP-V7700 untuk seri Deluxe yang memakai chip GeForce 2 GTS. Jika dilihat “pasukan pendukungnya”, kartu grafis ini amat menjanjikan. Apalagi dilihat dari kualitasnya. Bayangkan, siapa yang tidak ingin memiliki kartu grafis dengan kapasitas memori sebesar 64MB? Itu pun bukan memori tipe SDRAM yang biasa dipakai. Tipe memori yang

apalagi buat overclock. Untuk urusan overclock, ASUS tetap mengandalkan software Tweak Utility untuk menggenjot frekuensi dari chip maupun memorinya. Amat mudah bahkan untuk yang awam tentang komputer sekalipun. Fitur yang lain, V7700 Deluxe ini memiliki Composite (RCA) output, S-Video output,

dipakai adalah tipe terbaru yaitu tipe Double Data Rate (DDR) buatan Samsung, yang dari segi teknis memang sudah lebih cepat dua kali lipat ketimbang jenis SDRAM. Dengan pemakaian memori seheboh ini, tentu saja pemakai akan dimanja dengan tampilan grafis yang bagus.

Yang terlihat menonjol pada kartu grafis bertipe AGP 4X ini adalah pemakaian fan pendingin untuk chip yang sedikit beda. Bentuknya yang bulat disertai dengan pendingin dari logam membuat pengguna yakin chip akan aman dari bahaya panas berlebih. Fan pendingin ini amat berguna

VGA output, Video input, dan -yang paling unik- output untuk kacamata 3D. Dengan kacamata 3D ini, main game 3D dengan kartu grafis ini sudah pasti makin asyik. Dengan dukungan berbagai macam fasilitas inputoutput ini, tentu saja komputer dapat men-support berbagai perangkat lain seperti kamera,

proyektor TV, antena, dan lain-lain. Keunggulan kartu grafis ini juga ditunjang oleh software yang memadai. Driver dan pendukungnya ada pada satu CD ditambah lagi dengan sebuah CD untuk memaksimalkan game 3D. ASUS pun memberikan pula sebuah CD game, dan sebuah CD untuk DVD plus sebuah CD untuk manipulasi gambar. Untuk fasilitas tambahan, selain tweak Utility untuk overclock, ASUS juga memberikan fasilitas smart doctor buat memonitor keadaan kartu grafis baik suhunya, tegangan maupun kecepatannya. Fasilitas lainnya yang juga berguna bagi pemakai adalah video security yang berguna untuk mengontrol satu bagian rumah Anda, tentunya juga dengan tambahan alat yaitu video camera. Asyik bukan? Fasilitas lain yang tidak kalah hebat adalah kemampuannya untuk mengcapture gambar maupun video yang ingin disimpan di dalam harddisk. Nah, kalau yang Anda butuhkan adalah kartu grafis dengan kemampuan hebat disertai fitur tambahan untuk berbagai keperluan lainnya, agaknya ASUS AGP V7700 Deluxe ini boleh juga dilirik. (sil)

ABIT Siluro GF2 MX:

KARTU GRAFIS MANIS BUAT MULTIMEDIA
ABIT, salah satu merek
ternama untuk urusan motherboard, tidak mau ketinggalan dengan mengeluarkan pula kartu grafis. Salah satu produk kartu grafis unggulannya yang dilempar ke pasar adalah Siluro GF2MX. Untuk seri Siluro, sebenarnya ABIT juga mengeluarkan sebuah kartu grafis lagi yang diberi nama Siluro GF256 GTS yang telah memakai memori DDR. Sesuai dengan namanya, “otak” dari siluro GF2 MX ini adalah chip yang sedang in di pasaran yaitu GeForce 2 MX. Hebatnya, produk ini telah menggunakan Graphics Accelerator untuk gambar 3D dan 2D sebesar 256-bit atau dua kali lebih besar dibanding dengan merek lain sekelasnya yang ada di pasaran. Dengan kemampuan sebesar ini, kualitas gambar yang dihasilkan tentu bisa amat dibanggakan. Chip yang terintegrasi pada board-nya ini oleh produsennya sengaja diberi heatsink yang lumayan besar untuk melindungi dari panas yang berlebih. Untuk urusan memori, Siluro GF2 MX menggunakan

maupun aplikasi multimedia lain bisa ditampilkan secara lebih optimal. Kartu grafis yang bisa support AGP 4X dan 2X ini ini juga telah memakai bandwidth memori sebesar 2,8GB per sekon. Bagaimana dengan resolusinya? Siluro GF2 MX ini resolusinya mampu “digeber” hingga 2048X1536 true color pada frekuensi sebesar 60MHz.

memori SDRAM berkapasitas 32MB buatan Hyundai. Dengan kapasitas sebesar ini, game

Resolusi sebesar ini juga ditunjang oleh RAMDAC sebesar 350MHz sehingga kartu grafis ini dapat mengirimkan gambar dengan bersih, tajam dan solid. RAMDAC sebesar ini juga masih di atas rival sekelas lainnya yang cuma 300MHz. Meski kemampuannya lumayan hebat, Siluro GF2 MX

miskin fitur tambahan. Dibanding dengan kartu grafis lain, memang produk ini hanya men-support untuk tampilan gambar ke monitor atau ke TV plus TV out. Pengguna tidak akan menemukan fasilitas buat meng-capture gambar atau fitur tambahan lain yang biasanya ada pada rival sekelasnya. Pada bundel produknya, selain driver utamanya, ABIT memberikan dua buah CD game 3D tambahan disertai kabel TV out. Dua buah CD game ini diberikan pihak produsen untuk membuktikan produk ini andal buat game-game 3D maupun aplikasi multimedia lainnya. CD driver buat WinDVD 2000 juga disertakan sebagai software tambahan yang sifatnya optional. Yang terasa unik dari produk ini adalah kemasannya yang lain dari yang lain. Bentuknya yang segitiga juga mudah dibawabawa. Cukup unik untuk sebuah kemasan kartu grafis. (sil)

24 PCplus

plusProduk

No.23/II/03 April 2001

EzBurner:

CD-RW MODEL IDE DENGAN KINERJA YAHUD
Urusan bakarmembakar CD bukan
lagi kemewahan. Cukup dengan drive CD-RW, datadata penting atau yang Anda sukai bisa disimpan di keping CD. Karena kemudahan dan kemampuannya untuk menyimpan file dalam jumlah besar, drive CD-RW kemudian diminati oleh berbagai kalangan, baik rumahan maupun korporat. Salah satu alternatif merek drive CD-RW yang sekarang beredar adalah EzBûrner. CD-RW ini tergolong merek baru di pasar komputer Indonesia. Meski muka baru, namun kemampuannya tidak kalah dengan merek-merek drive CD-RW yang sudah ada sebelumnya. Kemampuan writing, rewriting, read-nya

relatif sebanding dengan merek lain. Ya, kemampuan writing atau pembakaran CD pada drive CD-RW ini mencapai 8X atau 1200KB per sekon. Sedang kemampuannya membakar kembali CD yang sebelumnya

telah terisi data mencapai 4X atau sebesar 600KB per sekon. Yang terasa istimewa EzBûrner ini adalah kecepatan responsnya dalam membuka maupun menutup tempat CDnya. Dibanding merek lain, kemampuan ini boleh dibilang

di atas rata-rata. Dengan respons yang cepat, pengguna tidak perlu harus menunggu beberapa saat untuk mengeluarkan maupun memasukkan CD. Drive CD-RW dengan dimensi 145,6X193X41 milimeter ini memiliki buffer memori standar sebesar 2MB, dengan kecepatan akses sebesar 125ms pada saat reading. Kecepatan akses sebesar ini memang masih terasa kurang bila pengguna ingin bermain game 3D dengan pergerakan gambar yang cepat. Meski demikian, untuk game yang tidak terlalu mengutamakan kecepatan, produk yang beratnya cuma 0,95kg ini tergolong andal. Lalu bagaimana kemampuan “bakarnya”? PCplus sendiri menguji produk ini untuk mengkopi file MP3 ke dalam CD sebesar 650MB. Hasilnya memuaskan. Empat langkah pembakaran CD yang harus dilalui hanya membutuhkan waktu sebesar 12 menit tanpa hambatan apapun. Software yang mendukung juga boleh dibilang user friendly di mana hanya dengan empat langkah saja CD kosong sudah bisa

ditulisi. Enak bukan? Proses penginstalan CDRW ini amat mudah.Hampir sama dengan memasang CDROM atau harddisk. Cukup dengan memasang kabel data pada port IDE yang ada pada motherboard dan menginstal softwarenya, semuanya ditanggung beres. Hanya saja, ada sedikit kekurangan pada buku manualnya. Proses pembakaran CD tidak diterangkan secara mendetail. Dengan ketiadaan keterangan ini, pengguna yang awam memang agak sedikit kebingungan untuk menjalankan proses pembakaran. Ada keunggulan dan sedikit kelemahan. Yang pasti, produk ini bisa diandalkan untuk menunjang pekerjaan maupun hobi Anda. EzBûrner ini dibanding merek lain masih bersahabat dengan kantong Anda, karena cuma dibandrol 150 dolar AS. Apalagi dengan ditunjang dengan garansi selama satu tahun penuh bagi penggunanya. Berminat? Hubungi USA Computer (021) 6000053. (sil)

Eliminator Joystick:

MAIN GAME JADI TAMBAH ASYIK
Para maniak game pasti akan betah
berlama-lama main game 3D bila ada alat bantu seperti joystick, gamepad, atau alat bantu lainnya. Menyadari kebutuhan para maniak game ini, Gravis mengeluarkan berbagai macam produk buat memanjakan mereka. Mulai dari gamepad, sampai joystick yang mirip dengan kemudi. Salah satu produk yang dikeluarkan sebagai andalan adalah Eliminator Joystick. Dari bentuknya, para maniak game bisa langsung mengetahui jenis game apa yang paling cocok untuk disandingkan dengan produk ini. Ya, paling heboh memang jika para gamer memakai joystick ini buat game pesawat tempur atau balapan. Gamer serasa betul-betul mengemudikannya. Apalagi bila tampilan gambarnya tajam dan menyerupai aslinya dengan bantuan kartu grafis yang andal. Pasti makin betah di depan komputer! Kemudinya berupa tongkat dengan kemampuan gerakan dinamis. Ini membuat pergerakan jadi mudah. Apalagi

ditunjang dengan tombol buat senjata di depan kemudi untuk gamegame pertempuran pesawat atau yang lainnya. Itu belum

ditambah dengan 4 buah tombol digital tambahan di samping kiri dan kanan yang bisa ditekan dengan ibu jari saat permainan berlangsung. Pendek kata, untuk sebuah joystick, tombol-tombol yang ada cukup memadai dan kompak. Tombol-tombol pendukung lainnya seperti tombol untuk presisi bisa berguna buat “mengunci” sasaran. Selain itu, proportional throttle yang ada sengaja ditambahkan buat memperlambat gerakan secara lebih halus. Yang terasa menarik adalah penggunaan konektor USB (Universal Serial Bus) sebagai interface antara joystick dengan PC. Bila konektor dihubungkan dengan PC, secara otomatis lampu pada joystick akan menyala yang menandakan koneksinya sudah OK dan PC secara otomatis mendeteksi keberadaan alat ini. Dengan kemudahan ini, orang awam sekalipun dengan mudah bisa menginstalnya ke PC. Jika driver-nya sudah terinstal, pengguna tinggal memainkan game yang diinginkan. Beberapa game 3D yang bisa di-support dari joystick ini bisa dilihat pada Gravis Xperience Control Panel.

Yang terasa kurang adalah informasi bagaimana caranya menambah game baru pada daftar tersebut agar bisa disupport oleh joystick ini. Mau coba? Tunggu dulu. Apakah PC Anda cocok dengan alat ini? PC atau Macintosh memang bisa dipasangi produk ini. Untuk PC, Windows 98 atau lebih merupakan sistem operasi yang bisa direkomendasikan oleh Eliminator Joystick ini. Pentium berkecepatan 60MHz atau kompatibelnya dengan RAM minimal sebesar 16MB jadi syarat minimum agar joystick ini bisa dipakai pada PC. Selain itu, monitor SVGA dengan resolusi sebesar 800X600 juga diminta buat tampilan gambar yang OK. PC yang akan dipasangi alat ini pun harus pula memiliki harddisk berkapasitas minimal 15MB plus CD-ROM berkecepatan 2X atau lebih untuk penginstalan softwarenya. Nah, kalau semua beres, gamer bisa merasakan enaknya bermain Need For Speed III atau MidTown Madness dengan menggunakan Eliminator Joystick ini! Wow asyik! (sil)

PCplus 25

plusHarga
JAKARTA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – JAKARTA KURS 1 USD = RP 10.300,(Harga sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu) HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD ASUS CUR-DLS Intel 82559 (FCPGA) P4T Intel 850 (FCPGA) CUSL2-LS Intel 815 (FCPGA) CUSL2 Intel 815 (FCPGA) CUSL2-C Intel 815 (FCPGA) CUV4x-D Via 694 (FCPGA) CUV4x-C Via 694 (FCPGA) P3V-4x Via 694 (Slot 1) A7V Via KT133 (Socket A) A7V133 Via KT133A (Socket A) K7V-RM Via KX133 (Slot A) K7V Via KX133 (Slot A) CUW-RM Intel 810, Au (FCPGA) CUSI-FX SiS 630 (FCPGA) CUSI-M SiS 630 (FCPGA) SOLTEK SL-67EB Intel 82440BX SL-67KV Via, Sound/133 SL-67EV1 Via SL-65DV2 Via 133 (PPGA) SL-65KV2 Via 133 (PPGA) SL-54U5 Via Apollo, AMD K5 7,931,000 2,379,300 4,078,800 1,586,200 1,431,700 1,987,900 1,133,000 1,215,400 1,472,900 1,648,000 1,122,700 1,246,300 1,102,100 968,200 906,400 710,700 793,100 607,700 741,600 793,100 607,700 DVD-E612 12x DVD-ROM, 40x CD-ROM CRW-0804F CD-RW 8x/4x/32x PROLINK CD-ROM 56x BTC BTC CD-RW 8x/4x/32x IDE MOUSE COMFORT Comfort Fast (Ser or PS/2) Color Comfort Fast (Ser or PS/2) Fast 4D Way Scroll Comfort Candy (IMAC- Color) Comfort Ice (Ser or PS/2) Comfort Wheel (Ser or PS/2) LOGITECH Dexxa Optical Mouse OEM M-34 (Serial)/S34 (PS2) FM Super FM 3B (PS/2 /Serial) Mini Wheel Mouse (USB+PS/2) FM+Loose S48 (PS/2) FM+Full Pack (PS/2 & Serial) Wheel Mouse (Opt) USB+PS/2 USB Wheel Mouse (USB+PS/2) USB MouseMan Wheel Mouse Man Wheel-Optical Cordless MouseMan Wheel iFeel Mouse Cordless Trackman Wheel (Optical) TrackMan Marble+ (Optical) TrackMan Marble FX (Optical) Marble Mouse (Serial & PS/2 / USB & PS/2) TrackMan Live KEYBOARD COMFORT Small Keyboard (IMAC-Colour) 72,100 Keyboard (IMAC-Colour) PS/2 92,700 Keyboard Comfort 2 in 1 (USB+PS/2) 113,300 Keyboard Newtech (Au+Internet)-Small 56,650 Palm Rest for Keyboard Comfort 15,450 LOGITECH Paket 10 Deluxe 104 Paket 10 New Touch Cordless Desktop iTouch Cordless iTouch Internet Keyboard SPEAKER 741,600 648,900 659,200 731,300 772,500 988,800 803,400 782,800 659,200 875,500 896,100 484,100 628,300 ALTEC LANSING ACS 33X ACS 45.2X ACS 54X ARTIS MOZART 2 in 1 (Speaker + SubW) BEETHOVEN 4 in 1 (Speaker + SubW) LOGITECH SoundMan S4 (w/o SubW) 4W rms SoundMan X1 25W rms (SubW) SoundMan X2 40W rms (SubW) VIDEO CAMERA 875,500 957,900 999,100 1,225,700 1,359,600 1,400,800 1,565,600 1,565,600 1,915,800 2,245,400 2,245,400 2,605,900 2,873,700 4,820,400 PROLINK DC-305 3 in 1 Camera Digital DS-3303U SONY CCD Camera TV TUNER HAUPPAUGE-PROLINK WinTV GO Int WinTV USB Ext WinTV USB plus Radio Ext WinTV Theatre DV Wizard (Fire Wire) CASING TASK Task 970 Series ATX WHALE Task 980 Series ATX DOLPHINE 1,854,000 1,957,000 2,266,000 2,420,500 ELAN VITAL T5AB + PS 235W (Mid ATX) T10AB + PS 300W (Big ATX) MF-1 + PS 121W (Flex ATX) SUAVE Casing Plastic SUAVE II Color 278,100 463,500 947,600 MONITOR COMFORT Super View Digital 14" Power Vies Digital 17"-OSD Max View Digital 15"-OSD 5,386,900 4,305,400 2,719,200 2,266,000 1,359,600 1,194,800 731,300 566,500 442,900 GTC Monochrome 9" Ultimate 458 14" Ultimate 558 15" Futura L4031ND 14" Futura L503RNDG 15" Millenia 6425 DSE 14" Digital 1765 17" GALAXY 14" 0,28 SVGA, Digital PX-456 15" 0,28 SVGA, Digital PX-561 VIEWSONIC E-50 15" 0,28 1024 x 768 E-653 15" 0,28 1280 x 1024 E-70 17" 0,27 1280 x 1024 EF-70 17" 0,25 1280 x 1024 PF-775 17" 0,25 1600 x 1280 E-790 19" 0,26 1600 x 1280 PF-790 19" 0,25 1600 x 1280 G-810 21" 0,25 1600 x 1280 1,184,500 1,905,500 1,349,300 772,500 1,158,750 1,297,800 1,158,750 1,297,800 1,158,750 1,884,900 1,102,100 1,256,600 1,390,500 1,565,600 2,090,900 2,832,500 3,862,500 4,738,000 5,665,000 9,012,500 319,300 319,300 793,100 1,225,700 854,900 250,000 700,400 824,000 978,500 1,390,500 978,500 669,500 741,600 401,700 587,100 679,800 150,000 135,000 829,000 510,000 255,000 30,900 23,690 61,800 30,900 23,690 41,200 216,000 55,000 103,000 130,000 264,000 123,600 206,000 290,000 235,000 355,000 420,000 540,000 450,000 765,000 554,000 554,000 315,000 880,000 1,133,000 1,812,800 365,650 1,297,800 LEXMARK Z12, 1200 x 1200 Cabl + USB (Mac Support) Z12, 1200 x 1200 Cartridge CARTRIDGE PRINTER LEXMARK Black 13400 HC (1100, 1000, 2000, 3000) Color 13619 HC Black 12A1970 ( 3200, 5000, 7000, Z11) Color 12A1980 (CJ 5770) Foto Ink 12A1990 (CJ 5770) Black 12A1970 (Z51, Z42, Z52) Color 15M0120 Foto Ink 12A1990 Black 17G0050 (Z12, Z32) Color 17G0060 SCANNER MUSTEK 1200CU - 600x1200 CIS 1200ED - 600x1200 CCD PARAGON 1200FS 600x1200 CCD/SCSI 1200UB - 600x1200 MUSTEK BearPaw-1200 PROLINK Winscan Pro SK42U Winscan Pro 1248P FAX MODEM PROLINK 56,6K EXT Tornado 1456 VE (Anti Petir) 56,6K EXT Connexant 1456 VE (Anti Petir) PCMCIA 56,6K 1456C H/W INT 1456 VH Lucent H/W (Anti Petir) INT 1456 VH Motorola S/W (Anti Petir) NOTEBOOK COMPAQ PRESARIO 1931/4x DVD/ 13.3" XGA PRESARIO 1200 XL-305 Cel 600 12.1” TFT PRESARIO 1200 XL-305 PIII/650 12.1" TFT PRESARIO 1200 XL-312 PIII/700 PRESARIO 1200 XL-405 Cel 700 PRESARIO 1200 XL-405 PIII/866 ARMADA M300 Cel 333 TOSHIBA Satelite Pro 4600 PIII/750 Toshiba 2800/2805 Cel 650 721,000 669,500 2,008,500 721,000 906,400 824,000 679,800 628,300 824,000 P220F 22" 0.25 1600 x 1200 BNC VE150 15" ViewPanel/LCD PRINTER 11,330,000 10,815,000

No.23/II/03 April 2001

257,500 267,800 257,500 309,000 360,500 257,500 370,800 360,500 226,600 226,600

LEGEND QDI BrillianX-9 ATA 33 (FCPGA) 762,200 BrillianX-1S/2000 ATA 33 (Slot 1) 762,200 BrillianX-1 ATA 33 (Slot 1) 638,600 Advance 5/133 Via Apollo Pro133 (Slot 1) 638,600 WinneX-1E Intel 810E, VGA (FCPGA) 1,030,000 Synactix-2EP Intel 815EP (FCPGA) 1,163,900 Synactix-2X Intel 815E (FCPGA) 1,339,000 Advance-10E Via Apollo 133A (FCPGA) 947,600 Advance-9 Via Apollo 133A (FCPGA) 762,200 KinetiZ-7T Via Apollo KT133 (Socket A) 1,071,200 JETWAY 911AF (Slot 1+PPGA) 920BF (Slot 1+PPGA) V89-993BF Via 693A J-530BF (Sock. 7 - 100MHz) J-630BN SIS 630 J-618AF Intel Solano 815 J-630CF SIS 630 J-630CN SIS 630 J-693AS Via 693A J-663AS Via KT133 (Slot A) J-663AS Pro Via KX133 (Slot A) P6BAT Via 693, Au XCELL 200 XCELL 2000 Sis 620, Au PROSESOR INTEL Box Cel 667 FCPGA Box Cel 700 FCPGA Box Cel 733 FCPGA Box Cel 766 FCPGA Tray PIII 650 FCPGA, 100 MHz Box PIII 667 FCPGA, 133 MHz Box PIII 733 FCPGA, 133 MHz Box PIII 750 FCPGA, 100 MHz Box PIII 800EB FCPGA, 133 MHz Box PIII 850 FCPGA, 100 MHz Box PIII 866 FCPGA, 133 MHz Box PIII 933 FCPGA, 133 MHz Box PIII 1G FCPGA, 133 MHz Box PIV 1.3 + RDRAM 128 PC 800 PORTABLE DRIVE ORB EIDE 2,2 GB Internal Drive SCSI 2,2 GB Internal Drive SCSI 2,2 GB External Drive USB 2,2 GB External Drive MEMORI SPECTEK SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 133 SDRAM 256 MB PC 133 VGA CARD ASUS V7700 Ultra/T 64MB (GeForce2 Ultra) V7700 Deluxe 64MB (GeForce2 GTS) V7700 Deluxe 32MB (GeForce2 GTS) V7100 Deluxe Combo (GeForce2 MX) V7100/T 32MB (GeForce2 MX) V7100 32MB (GeForce2 MX) V3800 Magic 32MB (Riva TNT2 M64) V300C 16MB Sis 305 V2000 8MB CD-ROM/CD WRITER/ DVD-ROM ASUS CD-S400 40x Speed CD-S500 50x Speed 453,200 494,400

432,600 494,400 669,500 247,200 149,350

16,000,000 13,905,000 15,965,000 16,995,000 14,317,000 17,510,000 11,600,000 31,930,000 18,025,000

319,300 422,300

206,000 566,500 844,600

ASUS L7200E PIII 650 SVGA TFT 12.1" 17,000,000 L7300E PIII 650 XGA TFT 13.3" 18,000,000 L8400B-DVD PIII 650 XGA TFT 14.1" 24,150,000 L8400K-DVD PIII 850 XGA TFT 14.1" 23,000,000 L8400C-DVD PIII 650 XGA TFT 14.1" 22,200,000 L8400C-DVD PIII 700 XGA TFT 14.1" 22,700,000 L8400C-DVD PIII 750 XGA TFT 14.1" 23,300,000 L8400C-DVD PIII 800 XGA TFT 14.1" 24,400,000 L8400C-DVD PIII 850 XGA TFT 14.1" 26,600,000 A1200B PIII 500 XGA TFT 12.1" 13,900,000 A1200B PIII 650 XGA TFT 12.1" 16,700,000 A1200B PIII 700 XGA TFT 12.1" 17,000,000 A1200B PIII 750 XGA TFT 12.1" 17,800,000 A1200B PIII 800 XGA TFT 12.1" 18,900,000 A1200B PIII 850 XGA TFT 12.1" 21,000,000 A1300B PIII 500 XGA TFT 13.3" 15,000,000 A1300B PIII 650 XGA TFT 13.3" 17,500,000 A1300B PIII 700 XGA TFT 13.3" 18,000,000 A1300B PIII 750 XGA TFT 13.3" 18,600,000 A1300B PIII 800 XGA TFT 13.3" 19,700,000 A1300B PIII 850 XGA TFT 13.3" 21,900,000 S8600A-CD PIII 650 XGA TFT 12.1" 18,900,000 S8600A-CD PIII 700 XGA TFT 12.1" 19,500,000

IKLAN BARIS
KOMPUTER
KOMPUTER 2nd Dijual komputer merk Compaq, HP, IBM, NEC + Monitor 14” s/d 21” (Garansi!!!) Hubungi: Elextor (021)6288309-11,Fax. (021)6121512, E-mail: sales@elextor.co.id Buat Dealer ada harga khusus. Jangan Terlambat!!!

KURSUS
NUSA PRIMA COMPUTER Gajah Mada Plaza, Semi Ground No. 77, Jakpus Telp/Fax: 021-6338154-6343954 PT. NUSANTARA ERADATA P. Jayakarta 117 Blok C No. 28 Jakarta 10730 Telp: 6018218 PT. ASTRINDO SENAYASA Ruko Mangga Dua Mall No. 27, Jakarta Telp: 6121330-31 (hunting) Fax: 6121329 Email: astrindo@rad.net.id PolyCom - POLYDAYA COMPUTER Tel: (021) 6301918, 6301920, 6336610, Fax: (021) 6336610 HP: 0816 842103, 0816 1117914 Email: info@e-polycom.com http://www.e-polycom.com CPU Computer Center Ruko Glodok Jaya No. 3 Jl. Hayam Wuruk Jakarta 11180 Telp. : 6243166 Fax. : 6255538 Email : sales@cpucom.com http://www.cpucom.com CPUCOM Tel: 7207524-25-26 Fax: 7207514 MAKRO IT Mart Tel: 6127032, 6121964-5 Fax: 6121964 PT. UIS (ORB Distributor) Gajah Mada Plaza, Semi Ground Fl. No.26 Jl. Gajah Mada No. 19-26, JKT 10130 Tel: (62 21) 6385 0669 Fax: (62 21) 6387 2143
Pertama di Indonesia Pusat Training pembuatan program komputer utk Windows langsung ke aplikasi database utk segala jenis usaha, multi user, dlm wkt skt, case study, Vip Class! 4203853, 42879033. Email: milenium@link.net.id

ASSESORIS
Profesional alat transfer + edit Pinnacle DC30/ DV500; Studio DV/VCD, Camera Panasonic M3500/M9500, Datavideo Mixer; Time Base Corrector 1000;VDR 1000/3000, CD Duplikator 1 to 3, Kst VHS Grundig, hub. 031-5355039

Surya Candra Komp. Ruko Marinatama Mangga Dua, Blok G-3 Jl. Gunung Sahari Raya No. 2, Jakarta-14420 Telp: (021) 6413639 (Hunting), 6456617 (Hunting) Fax: (021) 6413639

26 PCplus

plusHarga
BANDUNG
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – BANDUNG KURS 1 USD = RP 10.300,HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD ABIT VA-6 VT6XA BE6-II VH6 BE6 II 100 BE6 II RAID BP6 KA7 KT7 KT7 RAID BX133-100 RAID SE6 ASUS CUV4X-C CUSL2 VGA Onboard CUSL2-C CURDLS (Dual FCPGA) A7V K7V CUW-RM DFI K6BV3+ (S7) K6BV3+ (S7) K6BV3+ (S7) K6BV3+ (S7) P2XBL (Slot 1) CB 61 (S370) PA 61 (Slot 1) CA 63 (S370) TA 64 AK-70 (Slot A) AK-74 (Socket A) K6BV3+1MB AT (S7) K6BV3+2MB AT (S7) K6XV3+1MB ATX (S7) K6XV3+2MB ATX (S7) GIGABYTE GA-5AA (S7) GA-6WXM GA-6WXM-e GA-BX2000 GA-BX2000+ GA-71XE GA-6VXE GA-6VXE+ I WILL VD133PL VD133 (Slot 1) VD133 Pro DBS100 DGL200 for Xeon WS133 VGA, Au (Slot 1) 865,200 1,009,400 1,194,800 1,009,400 1,215,400 1,256,600 1,318,400 1,318,400 1,400,800 1,627,400 1,215,400 1,380,200 1,133,000 1,586,200 1,421,400 7,931,000 1,586,200 1,472,900 1,040,300 772,500 916,700 793,100 916,700 772,500 978,500 700,400 772,500 999,100 906,400 1,081,500 772,500 916,700 793,100 927,000 515,000 782,800 824,000 947,600 1,081,500 1,081,500 690,100 731,300 875,500 824,000 1,462,600 4,635,000 7,725,000 1,297,800 XA1100+ (S7) KK266 KK266 RAID JETWAY J-530BF SiS 530 J-771AS (Slot A Athlon) BX993AN Via 693 (Slot 1) BX993BN Via 693 (Slot 1) BX993BS Via 693 (Slot 1) 9BXAN Intel 440BX (Slot 1) 911AF Intel 810L (Slot 1) 911BF Intel 810L (Slot 1) 912AF Intel 810DC (Slot 1) 913AF Intel 810E (Slot 1) BX994AN Via 694 (Slot 1) BX994AS Via 694 (Slot 1) SOYO SY-7VCA Via 694X (S370) SY-6VCA Via 694X (Slot 1) SY- 6BA+III Intel 440BX (Slot 1) SY-6BA+100 Intel 440BX (Slot 1) SY-6VBA133 Via 693A (Slot 1/S370) SY-7VBA133 Via 693A (Slot 1/S370) SY-7IWM/L Intel 810L (S370) OEM Elite P6BAT FSB 100, SC Elite P6BAT ME FSB 100, SC Lucky Tech Via 133 (Slot 1) Excel 2000 VGA, SC TX PRO II (S7) PROSESOR INTEL 233 MMX Tray, Fan Cel 566 MHz FCPGA Cel 600 MHz FCPGA Cel 633 MHz FCPGA Cel 667 MHz FCPGA Cel 700 MHz FCPGA Cel 733 MHz FCPGA Cel 766 MHz FCPGA PIII 450 Tray (Slot 1) PIII 533EB c/256, 133, Box PIII 600EB c/256, 133, FCPGA PIII 600E c/512, 133 (Slot 1) PIII 650EB c/256 FCPGA PIII 700E c/256 FCPGA PIII 733EB c/256 FCPGA PIII 750E c/256 FCPGA PIII 800E c/256 FCPGA PIII 866EB c/256 FCPGA PIII 933 c/256 FCPGA PIII 1G c/256 FCPGA P 4 1.3G P 4 1.4G AMD K6-2 500 MHz Bus 100, Fan K7 Duron 600 MHz (Socket A) MEMORI AM1 SDRAM 32 MB PC 100 144,200 370,800 772,500 803,400 865,200 916,700 968,200 1,225,700 1,648,000 988,800 1,112,400 1,308,100 1,411,100 1,442,000 1,617,100 1,802,500 1,761,300 1,977,600 2,060,000 2,564,700 2,904,600 4,480,500 5,489,900 494,400 556,200 SAMSUNG CDROM Drive 52x TEAC CDROM-540E 40x IDE MITSUMI Athlon ThunderBird 850 Box Athlon ThunderBird 900 Athlon ThunderBird 1G Athlon ThunderBird 1,1G Box Athlon ThunderBird 1,2G Box INTEL Box Cel 667 FCPGA Box Cel 700 FCPGA Box Cel 733 FCPGA Box Cel 766 FCPGA Box PIII 667EB FCPGA 133 Box PIII 733EB FCPGA 133 Box PIII 800EB FCPGA 133 Box PIII 850 FCPGA 100 Box PIII 866 FCPGA 133 Box PIII 933 FCPGA 133 Box PIII 1G FCPGA 133 MEMORI SPECTEK SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 133 SDRAM 256 MB PC 133 KARTU GRAFIS ASUS V7700 Deluxe 32MB (GeForce2 GTS) V7100 Deluxe Combo (GeForce2 MX ) V7100/T 32MB (GeForce2 MX) V7100 32MB (GeForce2 MX) V3800 Magic 32MB (Riva TNT2 M64) V300C 16MB Sis 305 247,200 494,400 947,600 1,452,300 1,596,500 2,255,700 2,544,100 2,914,900 875,500 957,900 1,009,400 1,143,300 1,297,800 1,575,900 1,936,400 2,266,000 2,266,000 2,626,500 2,894,300 381,100 463,500 Aureal 3D 128 bit PCI YAMAHA Yamaha SPEAKER CD-ROM/CD-RW/DVD-ROM ASUS CDRW-0804F 8x4x32 DVD-E612 12x DVD/40x CD CD-S400 CD-S500 FREETECH 56X FreeTech KEYBOARD BLANK WIN98 PS/2 WIN98 AT MOUSE BLANK Scroll PS/2/Serial Serial SPEAKER Mercury 240W ARX-580W Flat Panel ARX-880W + Subw ARX-1280W + Subw ARX-1680W + Subw ARX-1880W + Subw ARX-2100W + Subw GN100 160W GN180 160W GN380 360W MICROPHONE Headset Mono 37,700 78,000 227,500 279,500 312,000 390,000 442,000 64,350 78,650 200,200 17,500 26,200 13,400 40,200 40,200 1,833,400 1,143,300 453,200 504,700 401,700 195,700 123,600 751,900 1,339,000 1,524,400 679,800 1,091,800 721,000 618,000 679,800 824,000 772,500 751,900 885,800 927,000 824,000 824,000 957,900 1,102,100 916,700 1,339,000 1,236,000 1,287,500 1,236,000 535,600 545,900 576,800 679,800 453,200 SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 133 HYUNDAI SDRAM 64 MB PC 133 Orig SAMSUNG SDRAM 64 MB PC 100 Orig SIEMENS/INFINEON SDRAM 64 MB PC 100 Orig SDRAM 128 MB PC 100 Orig SPECTEK SDRAM 64 MB PC 100 SDRAM 128 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 133 SDRAM 256 MB PC 133 VISIPRO EDO 16 MB EDO 32 MB SDRAM 32 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 100 SDRAM 128 MB PC 100 SDRAM 256 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 133 SDRAM 256 MB PC 133 ECC SDRAM 64 MB PC 100 ECC SDRAM 128 MB PC 100 ECC SDRAM 256 MB PC 100 ECC SDRAM 64 MB PC 133 ECC SDRAM 128 MB PC 133 ECC SDRAM 256 MB PC 133 IBM SDRAM 32 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 133 HARDDISK QUANTUM 10 GB Fireball LD 15 GB Fireball LD 20 GB Fireball LM 875,500 927,000 1,133,000 247,200 515,000 236,900 226,600 236,900 473,800 216,300 412,000 226,600 442,900 927,000 CDROM Drive 48x PIONEER CD/DVD 16X KARTU GRAFIS ABIT Siluro 32MB (GeForce2 MX) ASUS V7700 Deluxe 32MB V7700 Deluxe 64MB V7700 PURE 32MB V7700 /T 32MB V7100 Pure 32MB V7100 /T 32MB V3800 Pro Deluxe 32MB V3800 Pro TV 32MB V3800 Magic 16MB V3800 Magic 32MB V3800 Magic/T 16MB V3800 Magic/T 32MB V3 3000 16MB V3800 Magic 32MB 1,421,400 2,719,200 4,305,400 2,544,100 2,657,400 1,287,500 1,545,000 1,648,000 1,648,000 824,000 875,500 824,000 1,030,000 597,400 721,000 350,200 453,200 504,700 535,600 690,100 381,100 1,030,000

No.23/II/03 April 2001

JAZZ Vivid 360W 180,000 Carrera 7904 700W (2 Sat, 1 Sub) 275,000 Carrera 7907 800W (4 Sat, 1 Sub) 375,000 Monaco 500W (2 Sat, 1 Sub) 325,000 Game Beast 310,000 9902 5.1 (4 Sat,1 Sub,1 Ctr) 1,100,000 MONITOR NEXT NX-411 14" NX-511 15" NX-521 15" OSD NX-712 17" OSD GTC 14" Futura Digital 14" CA6425 Digital 15" CA6525 Flat Digital 17" CM6746 Flat Digital VIEWSONIC 15" E-653 17" E-70 17" Perfect Flat SAMSUNG 14" SS-450B 15" SS-550V 17" SS-750S TVM 4D+ 14" OSD 5D+ 15" OSD 6D+ 17" OSD PRINTER CANON BJ 2100 SP BJ 1000 SP HEWLETT-PACKARD DeskJet 350 Cbi Portab DeskJet 640C DeskJet 840C (Photo RET II) DeskJet 930C (Photo RET III) DeskJet 950C (Photo RET III) LaserJet 1100 Copier/Scanner for LJ 1100 LaserJet 1100A LaserJet 6L Pro LaserJet 2100 LaserJet 2100M LaserJet 2100TN SCANNER UMAX Astra 2000P Astra 2200U USB Astra 3400U USB Astra 3450U USB Astra 4000U with UTA HEWLETT-PACKARD ScanJet 3400C ScanJet 4300C ScanJet 5370C ScanJet 6300C COLOR Headset Stereo MONITOR AOC 4Vn/4V 14" Digital 5En 15" Flat 5Glr 15" OSD 7Vlr 17" OSD 7Glra 17" 0,25 TCO Audio 7Klr 17" PureFlat 9Glra 19" 0,26 TCO Audio 9Klr 19" PureFlat LM500 15" TFT SCANNER ACER Vuego 640p 19200dpi 48-Bit LPT 715,000 Vuego 640u 19200dpi 48-Bit USB 825,000 640BU 48-Bit USB 1,045,000 Vuego 640UT 19200dpi 48-Bit USB 1,331,000 Vuego 620ST 19200dpi 3 6-Bit SCSI 1,430,000 PERFECT COMPUTER Pusat Reparasi & Suku Cadang Komputer Jl. Monumen Yogya Kembali 248a Yogyakarta pccenter@yogya.indosat.net.id Tel: 0816688380 Fax: (274) 518658 WIRABUANA Tel: (274) 586613 / 522077 ASTRINDO SENTANA 1,215,400 1,339,000 1,421,400 2,369,000 2,575,000 3,193,000 3,914,000 4,944,000 9,270,000 745,000 1,800,000 950,000 1,350,000 3,700,000 1,390,500 1,771,600 2,935,500 3,708,000 25,750 1,009,400 906,400 2,811,900 916,700 1,503,800 1,936,400 2,657,400 3,893,400 2,039,400 4,974,900 3,275,400 7,034,900 8,064,900 9,496,600 1,153,600 1,328,700 1,411,100 2,049,700 1,225,700 1,277,200 1,411,100 2,163,000 1,699,500 2,781,000 5,098,500 1,215,400 1,431,700 2,286,600 1,236,000 1,359,600 2,008,500

195,700 267,800 370,800 916,700 206,000 381,100 927,000 329,600 618,000 1,215,400 339,900 628,300 1,236,000 164,800 226,600

EAGLE Eagle nVidia RivaTNT Vanta 8MB Eagle S3 Savage4 Pro 16MB Eagle nVidia RivaTNT 16MB Eagle nVidia RivaTNT2 M64 16MB Eagle nVidia RivaTNT2 M64 16MB

CD-ROM/CD-RW/DVD-ROM ACER CDROM Drive 40x ASUS CDROM Drive 40x CDROM Drive 50x CDRW 8x4x32 DVD 12x AOPEN CDROM Drive 40x ACTIMA CDROM Drive 52x 350,200 432,600 484,100 1,812,800 1,133,000 381,100 370,800

ELSA GRAPHICS Winner III (Trident Blade 3D 8MB) 350,200 ERAZOR III LT (TNT2 M64 32MB) 597,400 ERAZOR III PRO (TNT2 PRO 32MB) 1,122,700 ERAZOR III PRO VIVO (TNT2 PRO 32MB) 1,328,700 Gladiac MX (GeForce2 MX 32MB) 1,122,700 Gladiac (GeForce2 GTS 32MB DDR) 2,472,000 Gladiac Ultra 64MB (GeForce2 GTS DDR) 4,418,700 Revelator 453,200 Synergy II 16MB TNT2 1,287,500 Synergy II 32MB TNT2 2,008,500 KARTU SUARA CREATIVE Creative Vibra Creative Live! SOUND MAGIC Sound Magic 3D PCI AZTECH 338 Aureal 3D 226,600 515,000 144,200 206,000

YOGYAKARTA
DAFTAR HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – YOGYAKARTA KURS 1 USD = RP 10.300,HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD ASUS P4T Intel 850 (FCPGA) 2,399,900 CUSL2 Intel 815E, VGA (FCPGA) 1,596,500 CUSL2-C Intel 815E (FCPGA) 1,442,000 CUV4x-D Via 694 (FCPGA) 1,998,200 CUV4x-C Via 694 (FCPGA) 1,143,300 P3V-4x Via 694 (Slot 1) 1,225,700 A7V Via KT133 (Socket A) 1,586,200 A7V133 Via KT133A (Socket A) 1,658,300 K7V-RM Via KX133 (Slot A) 1,133,000 K7V Via KX133 (Slot A) 1,256,600 CUW-RM Intel 810, Au (FCPGA) 1,112,400 CUSI-FX Sis 630, VGA, Au (FCPGA) 968,200 CUSI-M Sis 630, VGA, Au (FCPGA) 916,700 INTEL D815 PEA Box Intel 815EP (FCPGA) D815EEA Blk Intel 815E (FCPGA) D815EEA Box Intel 815E (FCPGA) CA810EA Box Intel 810E (FCPGA)

DMO 810EMO Box Intel 810E (FCPGA) 1,596,500 D850GB Box Intel 850 (FCPGA) 2,214,500 ABIT A-VP6 RAID Dual Via 694X A-BX133 BX (S370) A-SA6R Intel 815 (S370) A-KT7A RAID/DDR Via KT133A (Soc A) A-KT7 RAID Via KT133 A-KT7A DDR266 Via KT133A A-KT7 Via KT133 A-BE6-II BX (Slot 1) A-BE6-II RAID BX (Slot 1) A-SE6 Intel 815 (S370) A-VH6 Via 694X A-VH6 II Via 694X A-VL6 Via 693A A-VT6 Via 694X (Slot 1) TOMATO T-PM133 + AC97 Via KT133 T-PG133 Via KM133 JETWAY J-663AS Pro+AC97 Via KT133 LUCKY TECH P811A Intel 810E 1,483,200 1,225,700 1,462,600 1,617,100 1,514,100 1,369,900 1,256,600 1,133,000 1,225,700 1,339,000 1,019,700 1,112,400 885,800 978,500 865,200 927,000 937,300 672,000

1,256,600 1,380,200 1,390,500 1,308,100

PROSESOR AMD Duron 750 Box Duron 800 Box Athlon ThunderBird 750 Athlon ThunderBird 800 Box 690,100 834,300 1,143,300 1,390,500

2,739,800 2,286,600 1,369,900 1,205,100 731,300 576,800

Berikut ini daftar istilah teknis yang ada pada PCplus edisi ini.
ADA: Americans Disability Act, suatu undang-undang di AS yang mengatur hak-hak untuk penyandang cacat Buffer memori: Memori penyangga,memori cadangan Cluster: Kelompok dB: Desibel, ukuran kebisingan suara Delphi: Suatu bahasa pemrograman

Encoding: Sebuah metode pengubahan data digital menjadi format lain sesuai dengan kebutuhan Fan: Kipas FDC: Floppy Disk Connector atau konektor disket GSM: Global System for Mobile Communication Heatsink: Saluran pembuang gas Inkubator: Sebuah program yang membantu pertumbuhan perusahaanperusahaan

Konsern: Peduli Nirkabel: Tanpa kabel OCR: Optical Character Recognition, suatu program untuk mengenali suatu karakter tertentu Overloading: Suatu fungsi yang sama untuk satu atau lebih fungsi dalam bahasa pemrograman C++ PDF: Portable Data Format, suatu format dokumen yang diolah menggunakan software aplikasi Adobe Acrobat PIN: Personal Identification Number, nomor

identitas pribadi Puyeng: Pusing RAMdrive: Tempat penyimpanan sementara yang dibuat menggunakan memori Scan: Proses utama pencarian/ pembacaan secara bertahap file-file dengan karakteristik tertentu Share: Berbagi, pembagian, pemakaian bersama Speech Synthesizer: Pengolah suara Temporary: Sementara

USB: Universal Serial Bus User friendly: Mudah dioperasikan oleh pengguna Vendor: Toko atau perusahaan komputer Via: Lewat XML: Extensible Markup Language, suatu format halaman Web yang lebih luas penggunaannya dibanding HTML

***

PCplus 27

plusHarga
SURABAYA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – SURABAYA HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD TX-PRO 512 TX PRO VGA, Sound I WILL VD 133 (Slot 1) VA 133 (S370) 788,000 758,450 1,152,450 AMD K6-2 500 + Fan 530,000 K7 650 Athlon 990,000 K7 650 Duron (64KB, Socket A) 565,000 K7 700 Duron (64KB, Socket A) 570,000 K7 800 Duron (64KB, Socket A) 865,500 K7 700 Thunderbird (256KB Soc A) 1,125,000 K7 800 Thunderbird (256KB Soc A) 1,180,000 K7 900Thunderbird (256KB Soc A) 1,544,000 MEMORI VISIPRO SDRAM 32 MB PC 100/133 SDRAM 64 MB PC 100/133 SDRAM 128 MB PC 100/133 SDRAM 256 MB PC 100 SPECTEK SDRAM 32 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 100 SDRAM 128 MB PC 133 SDRAM 256 MB PC 133 RDRAM 128 MB PC 800, RIMM HARDDISK SEAGATE Seagate 10 GB Seagate 20 GB QUANTUM Quantum 7,5 GB Quantum 10 GB Quantum LC 15 GB MAXTOR 15,3 GB 5400 20,4 GB 5400 30,7 GB 5400 61,2 GB 5400 15,3 GB 7200 DISK DRIVE PANASONIC Disk Drive 1,44 MB ZIP DRIVE IOMEGA ZIP IOMEGA 100 MB ZIP IOMEGA 250 MB 100,000 1,300,000 1,550,000 899,600 990,000 735,000 899,600 992,900 871,000 968,000 1,276,000 2,684,000 1,276,000 137,800 228,800 426,400 821,600 152,000 200,000 252,000 380,000 459,800 954,000 2,528,900 KARTU GRAFIS INNOVISION 4MB S3 TRIO AGP 8MB S3 TRIO AGP 16MB SAVAGE 4 AGP 32MB SAVAGE 4 AGP 32MB SAVAGE 2000 4X AGP 16MB TNT2 M64 VANTA AGP 16MB TNT2 M64 AGP 16MB TNT2 M64 AGP TV 32MB TNT2 M64 AGP 32MB TNT2 M64 AGP TV 32MB TNT2 PRO AGP 32MB GeForce 256 32MB GeForce 256 DDR 32MB GeForce2 MX 32MB GeForce2 GTS ASUS V2000 8MB Vanta (Nvidia Vanta LT 3D/2D) V3800 Magic 32MB (Riva TNT2 M64) V7100 32MB (Geforce2 MX) V7100 TV 32MB (Geforce2 MX) V7100 32MB Deluxe Combo (Geforce2 MX) V7700 DDR 32MB Deluxe (Geforce2–256GPU) V7700 DDR 64MB Deluxe (Geforce2–256 GPU) V7700 DDR 64MB Ultra (Nvidia Geforce2 Ultra GPU) SPEAKER ALTEC LANSING ACS 54 ACS 56 ADA880 Dolby Digital Sub BOSTON ACCOUSTIC BA 635 Micromedia BA 4800 Digital BA 7500 GENIUS Genius 120W SPG 06 KENIKA Kenika 180W TYPHOON PRESTIGE Typhoon Prestige 120W STAVOLT & UPS KASUGAWA KASUGAWA 500W KENIKA STAVOLT 500VA Servo Motor UPS Kenika UPC 625 650 VA ICA UPS ICA 601B 750W NAKATA Nakata 610 Nakata 1010 TV TUNER 60,000 167,500 600,000 1,130,000 845,000 1,300,000 675,000 1,250,000 2,100,000 640,000 860,000 1,775,000 2,680,000 65,000 85,000 70,000 MICROTEK Slimscan C3U Scanmaker 3600U Scanmaker V6-UPL Scanmaker V6-USL Scanmaker 4700-U UMAX UMAX 3400 UMAX 3450 UMAX 2200 USB/SCSI CANON Canoscan N340P Canoscan N640P Canoscan N650P Canoscan N656P Canoscan D660U 635,000 860,000 1,370,000 1,700,000 1,900,000 775,000 1,140,000 1,275,000 630,000 950,000 1,115,000 1,210,000 1,115,000 ASTRINDO SURYA Email: ast-sby@indo.net.id 180,000 230,000 385,000 556,000 1,195,000 420,000 510,000 595,000 605,000 695,000 720,000 1,060,000 1,725,000 1,190,000 2,475,000 WINTV WinTV GO Radio INT WinTV USB WinTV USB Plus Radio Win TV Theater MONITOR NEXT NEXT 14 " NEXT 15" 511 NEXT 15" 521 Onscreen NEXT 17" GTC GTC 6525 15" Digital AOC 14" 4VN Digital 15" 5En Digital CASPER 14" Digital 4V7 15" Digital SONY SONY 15" Digital Flat PHILIPS Philips 104 S 14" Philips 105 B 15" Philips 107 S 17" Philips 107 B 17" Philips 107 P 17" NAKATA Nakata 14 " Nakata 15" GREEN VIEW Green View 14 " Green View 15 " PRINTER CANON Canon 1000 SP Canon 2100 SP HEWLETT-PACKARD LaserJet 6L GOLD SCANNER 835,000 900,000 2,655,000 1,110,000 1,230,000 1,282,500 1,800,500 1,300,000 1,100,000 1,345,000 1,000,000 1,100,500 2,200,000 1,225,000 1,825,000 2,475,000 3,475,000 4,560,000 1,026,000 1,121,000 1,050,000 1,200,000 630,000 755,000 910,000 1,510,000

No.23/II/03 April 2001

ASUS CUW-RM Intel 810 (S370) 1,057,500 MEW-B Intel 810 (S370) 1,057,500 CUV4X-C Via Apollo Pro (S370) 1,126,500 CUSL2-C Intel 815E (S370) 1,402,000 CUSL2 SOLANO Intel 815, VGA (S370) 1,609,000 CUSI-FX SiS 630E, Au (S370) 1,092,000 CUSI-FX Bulk SiS 630E, Au (S370)1,034,500 CUSI-M SiS 630E, Au (S370) 919,600 P3C-E Intel 820E, RDRAM (Slot 1) 2,011,625 P2B-D Intel 440BX (Slot 1) 3,218,600 CUR-DLS SertverSet III LE (S370) 8,046,500 P4T Pro 4x Intel 850 (S370) 2,413,900 A7V Via KT133 1,609,000 A7V 133 Via KT133 1,780,000 CUSL2-LS Intel 815 (S370) 4,138,000 CUV4X-D Via Apollo Pro (S370) 2,011,500 ABIT VA6 Via (Slot 1) VT6X4 Via (Slot 1) VH6 Via (S370) BE6-II Intel BX440 (Slot 1) SE6 Intel i815E (S370) KT7 Via KT133 Athlon REDFOX 6XV94A Via 694X (Slot 1/S370) BX-6AV2 Via (Slot 1) 6XV93B Via 693 (Slot 1) BX-6XP2 Intel BX440 PROSESOR INTEL Box Cel 667 MHz c/ 128 Box Cel 700 MHz c/ 128 Box Cel 733 MHz c/ 128 Box Cel 766 MHz c/ 128 Tray PIII 667 FCPGA c/256 Tray PIII 667 SECC c/256 Box PIII 733EB FCPGA c/256 Box PIII 800EB c/256 Box PIII 850 c/256 FCPGA Box PIII 866EB c/256 Box PIII 933 c/256 FCPGA PIII 1GB P4 1,3GB HZ ATC 256K FSB 400 P4 1,4GB HZ ATC 256K FSB 400 P4 1,5GB HZ ATC 256K FSB 400 Xeon PIII 700 Tray 874,000 954,000 1,000,000 1,229,500 1,413,500 1,436,000 1,586,000 1,930,000 2,276,000 2,276,000 2,640,500 2,885,000 4,885,000 5,919,500 8,276,000 14,368,500 730,000 856,000 905,000 1,300,000 1,265,000 1,275,000 765,000 555,000 620,000 630,000

436,500 8,662,000 1,207,000 1,379,000 2,299,000 2,758,800 4,368,000 5,862,000

CD-ROM/CD-RW/DVD-ROM ACTIMA CD-ROM 52X Box CD ROM Cyber Drive 48X CREATIVE CD ROM 52X + Remote SONY CD ROM SONY 48X ASUS CD ROM 40X CD ROM 50X DVD-ROM 8X DVD-ROM 12X 370,000 380,000 415,000 360,000 448,000 494,000 977,000 1,149,500

Mau Pasang Iklan Mini?
Tarif Iklan Mini Warna B/W Minimal 1 kol x 50 mm 1 kol x 100mm, B/W : Rp.400.000,1 kol x 100mm, Warna : Rp.650.000,2 kol x 100m, B/W : Rp.800.000,2 kol x 100mm, Warna : Rp.1.300.000,1 kol x 50mm, B/W : Rp.200.000,1 kol x 50mm, Warna : Rp.325.000,2 kol x 50mm, B/W : Rp.400.000,2 kol x 50mm, Warna : Rp.650.000,: 6500/mmk : 4000/mmk

Hubungi

Janne/Ike
E-mail Telp. Ext. Fax. : iklan@e-pcplus.com : 548 3008, 548 0888 : 3701, 3711, 3703 : 5360411

28 PCplus

plusGame
Pasti Anda sudah pernah mendengar legenda tentang suku Maya yang penuh misteri. Nah, pada game berjudul Pitfall: The Mayan Adventure, Anda benar-benar diajak bertualang mengenali kehidupan bangsa ini di pedalaman Amerika. “It is civilization of mystery and magic that I long to explore,” tulis Pitfall Harry dalam buku hariannya. Siapakah Harry? Mari simak bersama-sama!

Irta Belia

No.23/II/03 April 2001

PITFALL:

PETUALANGAN KE DUNIA MAYA
TUNTUNAN DARI BUKU HARIAN
Buku harian yang ditinggalkan Pitfall Harry banyak mengisahkan perjalanan dan informasi tentang ekspedisi ke situs kuno bangsa Maya. Buku ini sengaja ditulis bila terjadi sesuatu dengan Pitfall Harry. Itulah sebabnya semua informasi penelitiannya dituliskan lengkap. Meski sudah banyak ditemukan situs Maya, hanya sedikit yang kita ketahui tentang aktivitas sehari-hari bangsa ini. Bangsa ini memang masih sarat dengan misteri dan kisah magis. Misalnya saja, kota dan kuil peninggalan yang mereka dirikan tidak dibuat dengan bantuan peralatan dari metal ataupun bantuan hewan. Bangsa Maya sendiri menyebar dan berkembang selama hampir 4.000 tahun lamanya di pedalaman Meksiko dan Amerika Latin. Di beberapa tempat, sisa-sisa kebudayaan Maya masih bertahan hingga

Di masa-masa
kejayaannya, bangsa Maya terkenal dengan peradabannya yang tergolong tinggi. Ini menarik para peneliti untuk mengetahui lebih banyak tentang bangsa kuno ini. Tak ketinggalan pula para pencari harta karun yang berlombalomba ingin menemukan barang antik. Salah satu peneliti dalam ekspedisi ini adalah Pitfall Harry, yang rela menerobos aneka bahaya untuk menemukan kembali dunia Maya. He soon became larger than life... a legend. Kisah petualangan dan

“Misi pencarian di dunia Maya”

temuan-temuannya tiba-tiba menjadi legenda yang menarik untuk disimak. Konon sang peneliti, Pitfall Harry memiliki seorang putra yang juga mewarisi semangat petualang seperti ayahnya. Harry Junior tak hanya ingin mengikuti jejak ayahnya. Keduanya kemudian bertualang bersama kembali ke hutan Amerika mencari sisa-sisa peninggalan bangsa Maya. Berhasilkah mereka mengulang sejarah sebagaimana yang dilakukan Pitfall Harry dahulu? Temukan kisahnya di permainan ini.

Pada game ini Anda memerankan tokoh Harry Jr. yang baru pertama kali menjelajah ke hutan Amerika. Hanya saja dalam ekspedisi ini ternyata rencana tak berjalan semulus yang diperkirakan. Something went terribly wrong… Pitfall Harry disandera oleh musuh bangsa Maya, Zakelua, Lord of Evil! Dengan hanya bermodalkan senjata seadanya dan buku harian Pitfall, Anda harus menyelamatkan Pitfall Harry sebelum terlambat. Sanggupkah Anda?

tahun 1500-an. Tapi kota-kota besarnya sendiri sudah hilang sejak 900 M. Dalam misi pencarian Pitfall Harry, Anda bakal sering menemukan aneka benda berharga dan senjata peninggalan bangsa Maya yang bisa digunakan untuk menyerang musuh. Misalnya saja ada Sling stones, Boomerang, dan batu Pascal yang bisa meledak bila dilemparkan. Seperti ketapel, sling stones digunakan untuk melempari musuh Anda. Jadi kumpulkan batu ini sebanyak-banyaknya untuk persediaan. Anda bisa menemukan batu ini di daerah Maya. Awas, hati-hati dengan aneka jebakan di hutan! Nah, ingin segera merasakan game petualangan ini? Download versi demonya di www.zdnet.com/downloads/ stories/info/0,,0009V3,.html. A head lies a long road…to Mayan Empire.
SHORTCUT KEYBOARD A: Menyerang (Gunakan senjata pilihan) S: Loncat D: Melempar senjata ayun Space Bar: Memegang senjata Tanda panah kiri/kanan: Lari/Berputar/ Merangkak/Mendorong Tanda panah atas/bawah: Memanjat/ Membungkuk/Menarik

Hari/Tanggal: Kamis, tgl. 29 Maret - Minggu, tgl. 1 April 2001 Lokasi : Pusdiklat Binasentra
Komplek Bidakara, pancoran, Jakarta selatan

Acara : q Lomba Komputer Nasional tingkat SD, SLTP, SMU, memperebutkan Hadiah Total Rp. 75.000.000,(tujuh puluh lima juta rupiah) dan piala bergilir Menteri Pendidikan Nasional
q Gelar karya Siswa tingkat SD, SLTP, SMU q Seminar dengan Tema : Peran internet dalam Pendidikan dan Penanggulangan q Eksploitasi Internet - GRATIS!!! Dan ikuti kuis Berhadiah menarik q Belajar sambil bermain dengan komputer

Pengaruh Pornografi pada Anak, dengan pembicara antara lain: dr. Boyke Nugraha, Chandra Sugiono

PCplus 29

plusBintang
Nama IndoExchange.com identik dengan kekhususannya sebagai portal finansial Indonesia. Tapi justru ciri khasnya inilah yang membuatnya dikenal di negeri sendiri maupun di luar negeri. Serius menggarap informasi finansial dalam negeri adalah salah satu kuncinya. Tak heran bila surat kabar International Herald Tribune menjulukinya sebagai “one of the best Web Sites in Asia”.

Irta Belia

No.23/II/03 April 2001

Presiden Direktur IndoExchange.com EDDIE RASYID DARAJAT:

WUJUDKAN INFORMASI TERPADU UNTUK MASALAH FINANSIAL

Meski banyak
mengkhususkan diri seputar masalah finansial dalam negeri, IndoExchange.com tak kalah bersaing dengan portal-portal lain produksi dalam maupun luar negeri. Informasi yang ditampilkannya cukup komprehensif terutama bagi kebanyakan investor dan pengusaha. Yang jelas, ini semua sesuai dengan misinya yang ingin selalu memberikan layanan terpadu bagi sektor bisnis dan finansial. Caranya antara lain adalah dengan penyediaan informasi lengkap tentang perusahaan-perusahaan di Indonesia, juga penyediaan layanan solusi dan konsultasi.

“Berawal dari niat mengembangkan pasar modal dalam negeri”

ONE STOP SOLUTIONS
IndoExchange yang merupakan portal finansial pertama di Indonesia, didirikan pada tahun 1996. Tahun di mana belum menjamurnya aneka portal dalam negeri seperti saat ini. Berdirinya perusahaan ini sendiri lebih dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mewujudkan one stop solutions di mana informasi di situ bisa diakses oleh semua orang. “Awalnya memang IndoExchange didirikan dengan misi untuk mengembangkan pasar modal waktu itu. Jadi tahun 1996, pas zaman Orde Baru dan sebelum krisis moneter, pasar modal kita baru mulai beranjak naik. Tapi memang dirasakan informasi tentang pasar modal kita masih sangat kurang dipublikasikan,” jelas Eddie Darajat, Presiden Direktur IndoExchange.com yang juga sekaligus salah satu pendiri perusahaan ini. “Padahal untuk mendapatkan investor, seperti di Malaysia saja, sudah berkembang karena informasinya mudah didapatkan. Nah, sementara kita ingin punya juga satu tempat di mana informasi itu bisa diakses oleh semua orang. Baik oleh investor lokal maupun internasional,” jelas Eddie. “Jadi memang dari awal kita ciptakan portal finansial, karena kita tahu investor kita tidak hanya dari dalam negeri. Tapi banyak juga investor dari luar seperti dari London atau dari Amerika. Dan memang sampai saat ini terbukti bahwa 40% dari pengunjung tetap portal IndoExchange adalah dari luar negeri. Yang tertinggi adalah dari Amerika Utara, sekitar 14.000-an yang terdaftar. Sisanya dari negara-negara di Asia,” ungkap pria berkaca mata ini. Lalu mengapa berbentuk portal? “Dulu sederhana saja idenya. Oke, setiap perusahaan bisa saja bikin situs sendirisendiri. Tapi harus ada satu effort yang terkoordinasi,” ujar Eddie Darajat. Itulah sebabnya dipilih ide portal. “Definisi portal memang secara evolusi berkembang dalam dua-tiga tahun ini. Memang awalnya portal berawal dari search engine seperti directory Yahoo. Lama-lama menjadi Website atau superwebsite yang isinya dalam, banyak, dan lebih luas,” jelasnya. “Karena memang kita ingin sekali menjadikan IndoExchange sebagai one-stop. Istilah portal mungkin belum terlalu populer saat itu. Tetapi kita ingin mewujudkan one stop telah menunjukkan perkembangan yang cukup menggembirakan. “Kita tidak hanya bergerak di portal tapi juga memiliki consulting business. Dalam dua tahun ini kita harapkan sudah bisa memperoleh profit. Memang sempat rugi karena kita sempat invest besar untuk pengembangan. Tapi yang pasti dalam perkembangannya ada revenue yang kita peroleh dari beberapa sumber,” jelas Eddie optimis. Meski berawal dari portal finansial, kini IndoExchange juga mengembangkan aneka unit usaha. “Pengembangan yang kedua adalah Web solution dan yang ketiga untuk pengembangan portal businessservices untuk financial yang awalnya mungkin lebih banyak ke arah capital market (financial market). Tapi kini akan lebih banyak jasa finansial yang lain,” tambah Eddie.

“EDUKASI” KE PELBAGAI PERUSAHAAN
Eddie Darajat memulai IndoExchange bersama-sama Scott Dennis Coffey yang kini juga salah satu komisaris perusahaan ini. Eddie mengaku, perkenalannya dengan dunia TI dimulai sejak tahun 1989. Sebelum mendirikan IndoExchange, pria lulusan Teknik Sipil Institut to-business (B2B). Inilah tiga unit usaha yang sudah kita kembangkan. Portalnya sendiri sampai sejauh ini sudah memiliki lebih kurang 89.000 pengunjung terdaftar,” ujar Eddie. Dari jumlah pelanggan sebesar ini, kebanyakan 60% terdiri dari pengunjung lokal dan 40% lagi dari luar negeri. “Secara horisontal kita juga mengembangkan consulting dan portal B2B. Secara vertikal kita kembangkan portal finansial ini agar lebih banyak lagi menyediakan jasa-jasa finansial. Jadi tak hanya informasi tetapi juga jasa-jasa finansial. Dalam hal ini, karena kita awalnya lebih banyak di dalam informasi pasar modal, maka jasa-jasa finansial yang

Teknologi Bandung ini, sempat bekerja di Andersen Consulting dan menangani beberapa proyek pengembangan TI di beberapa perusahaan. “Tahun 1996 mungkin banyak yang heran dengan perusahaan ini. Tapi yang menarik, kita bikin portal untuk perusahaanperusahaan pasar modal, perusahaan-perusahaan emiten,” ujar Eddie. “Ada sedikit unsur “edukasi” ke perusahaanperusahaan itu. Karena pada saat itu banyak dari mereka yang belum mengetahui apa itu Website dan apa kegunaannya,” jelas Eddie Darajat. Menurutnya, ini adalah salah satu cara untuk memperkenalkan perusahaanperusahaan tersebut terutama dalam kaitannya dengan investor. Kebanyakan kliennya saat itu adalah perusahaanperusahaan yang go public dan mereka harus menyediakan informasi yang baik di Internet. “Biasanya mereka harus menyiapkan laporan tahunan dan sebagainya. Tampilkan saja laporan tahunan perusahaaannya di IndoExchange agar lebih menarik,” tambahnya. “Yang kita cukup senang adalah saya percaya tentunya bukan semata-mata karena kita. Tetapi kini rata-rata perusahaan yang sudah go public ini sudah punya situs sendiri atau portal juga. Jadi kita juga ikut di awal-awal memasyarakatkan. Karena waktu itu rata-rata klien kita adalah perusahaan-perusahaan emiten maupun perusahaanperusahaan efek, akhirnya kita mendapatkan kerjasama dari Asosiasi Emiten untuk memanage data-data yang akan ditampilkan di IndoExchange. Sehingga menjadi portal yang sangat komprehensif yang berisi informasi emiten, harga saham, informasi peraturan-peraturan permodalan, dan sebagainya. One stop untuk para investor,” jelas Eddie Darajat lagi. akan kita luncurkan dalam waktu dekat adalah jual-beli saham. Kemudian nanti asuransi, reksadana, dan sebagainya,” katanya menjelaskan ekspansi yang dilakukan. Ekspansi ini juga mencakup layanan semacam online stock trading atau jual beli saham secara online. “Tapi jangan lupa itu hanya salah satu dari layanan finansial yang akan kita kembangkan. Masih ada beberapa layanan finansial lagi di antaranya ada layanan asuransi, reksadana, dan lain-lain. Sampai ada juga layanan untuk pembayaran listrik. Jadi benar-benar menjadi personal financial portal,” jelas Eddie. •••

INDOEXCHANGE SIAP MASUK BURSA
Menyusul rencana IndoExchange
untuk ikut meramaikan bursa saham nasional (BEJ dan BES), tentunya niat ini juga tak lain adalah untuk mengembangkan perusahaan ini lebih besar lagi. Mengenai kesiapan go public ini, Eddie Darajat mengungkapkan bahwa dalam empat tahun terakhir ini perusahaannya

30 PCplus

plusNetiket
Coba periksa identitas yang tertera pada e-mail Anda! Hitung, ada berapa baris identitas tentang diri Anda di situ? Sebaris? Dua baris? Atau lebih dari empat baris? Banyaknya baris pada identitas e-mail ini bisa menjadi salah satu ukuran, apakah Anda ingin menonjolkan diri atau tidak. Ada juga pandangan lain, identitas e-mail berlebihan adalah cermin narsistik alias cinta diri yang kelewat batas.

Alois Wisnuhardana

No.23/II/03 April 2001

Netiket E-mail:

APAKAH ANDA TERLALU INGIN MENONJOLKAN DIRI?
telepon berikut ini.” Tentu saja ia pasti tidak akan berkeberatan Anda ganggu lewat telepon atau ponsel guna membicarakan atau menindaklanjuti urusan bisnis yang tengah dibicarakan. Yang dianggap sopan, identitas diri tidak melebihi empat baris. Empat baris itu adalah toleransi maksimal yang masuk di akal. Memang ada kalanya kita memasang secara otomatis pada aplikasi e-mail kita, setiap e-mail yang kita kirimkan akan mencantumkan identitas kita ini. Fasilitas ini memang membantu kita untuk menghemat waktu dan tenaga. Yang paling masuk akal

Apa relevansi dari pencantuman semua identitas dan alat komunikasi macam begitu? Identitas semacam ini cuma membuang-buang bandwidth dan, dari sisi itu, Anda sudah mengabaikan netiket. Atribut atau identitas dalam e-mail yang kita kirim memang diperlukan. Mengirim email tanpa identitas sama dengan lempar batu sembunyi tangan. Terutama untuk urusanurusan formal. Namun, bila identitas diri Anda dipajang habis di situ, “Gambar 1: Identitas mencerminkan pribadi Anda” apa maknanya? bila identitas Apa gunanya? Sementara, hanya sebaris dan itu adalah dalam e-mail yang bersifat lebih nama Anda, bisa jadi personal atau akrab, memang ketidakpercayaan diri tengah persyaratan semacam ini tidak menggerogoti Anda pelanterlampau rumit. Biasanya, pelan. Anda tidak yakin dengan mereka justru terganggu status diri Anda sendiri. Kalau keakrabannya dengan tidak ada nomor telepon di pencantuman identitas yang kantor, bukankah Anda bisa berlebihan ini. Seolah-olah si mencantumkan nama kantor penerima e-mail dianggap tidak Anda? Malu karena kantor tahu nomor telepon, alamat eAnda tidak terkenal dan maju? mail, atau kantor di mana Anda Mengapa Anda tidak membuatbekerja. nya menjadi terkenal dan maju? Namun, jangan sesekali Menyebutkan nama Anda menganggap remeh hal plus identitas tambahan – semacam ini dalam urusan misalnya perusahaan tempat formal atau resmi. Biasanya, Anda bekerja atau alamat ekalau seseorang mencantumkan mail kantor atau nomor “hanya” alamat e-mailnya di telepon- adalah cara paling bawah nama dirinya, ia ingin umum/wajar dalam netiket mengatakan pada Anda, “Saya berkorespondensi secara formal. lebih mudah dihubungi lewat eJangan dianggap tidak mail, dan saya harap Anda penting menambahkan atribut membalas pesan lewat e-mail.” selain nama di bawah identitas Bila di bawahnya ia e-mail kita. Entah itu nomor mencantumkan nomor telepon telepon, alamat telepon atau ponsel, ia menyatakan, alternatif, atau sekadar nama “Bila ada hal yang kantor di mana Anda bekerja. membutuhkan tanggapan Tapi, sekarang coba kita simak segera atas pesan e-mail, saya Gambar 1. bisa dihubungi di nomor

dan terlihat paling wajar/sopan adalah identitas yang terdiri atas tiga baris. Baris pertama adalah nama kita. Baris kedua adalah jabatan atau status kita di kantor, sedangkan baris ketiga adalah alamat e-mail dan/atau nomor telepon. Apa pertimbangan yang mendasari perlunya membatasi identitas semacam ini? Pertama adalah alasan kepantasan. Kedua efisiensi. Tidak semua informasi dalam identitas itu akan digunakan oleh si penerima. Yang patut diingat, tampilan dalam e-mail bukanlah suatu halaman Web yang patut ditindih dengan kepentingan lain di luar fungsi pokok.

JANGAN REMEHKAN JUGA SUBJEK E-MAIL!
Yang tidak kalah pentingnya diperhatikan adalah subjek e-mail. Subjek ini ibaratnya nama Anda. E-mail yang tidak bersubjek ibarat orang tak memiliki identitas. Anonim! Selain mengandung risiko tersisihkan dari perhatian si penerima, e-mail tanpa subjek atau ada subjek tetapi tidak jelas seringkali memancing amarah.

Namun, yang paling
menjengkelkan adalah menulis subjek tidak sesuai dengan isi yang dimaksud. Subjek e-mail pribadi berjudul “Buat Imelda” misalnya, jelas mubazir. Kenapa? Karena e-mail itu memang sudah kita tujukan buat Imelda dan bukan untuk orang lain. Mengapa kita harus membuang kata-kata tidak perlu. Bila ditujukan ke milis di mana Imelda menjadi anggotanya, subjek seperti itu juga membingungkan. Mengapa? Karena tidak ada keterangan tambahan yang menjelaskan apa sesungguhnya isi e-mail Anda. Mungkin bisa saja kita berkilah, “Bukankah pesan seperti itu juga memancing rasa ingin tahu?” Memang! Namun, membuat subjek dengan judul “Buat Imelda: Penting” namun isinya hanya sekadar, “Gimana kabarmu sekarang? Sehat-sehat bukan?” juga menyesatkan. Terutama dalam urusanurusan formal, pilihlah subjek yang ringkas dan mencerminkan isi e-mail.

Namun,

Subjek e-mail bisa bervariasi dari satu kata sampai dengan empat atau lima kata. Lebih dari itu, kemungkinan isi pesan Anda sudah bisa terbaca dari subjeknya. Yang perlu Anda perhatikan, seseorang “Subjek e-mail sama seperti nama kita masing-masing” kadangkadang menyimpan e-mail yang ditampilkan. dalam folder-folder tertentu di Berikut ini beberapa trik PC mereka. E-mail dengan yang bisa Anda gunakan subjek yang tepat akan dengan untuk menamai pesan e-mail mudah dilacak, ketika ia Anda. memerlukannya lagi. 1. Hindari subjek yang Dengan demikian, terlalu panjang atau merumuskan kata-kata dalam terlalu pendek! subjek e-mail bisa dibayangkan 2. Sesuaikan subjek dengan seperti halnya mencari kata isi pesan! kunci yang relevan ketika kita 3. Carilah kata-kata yang tengah menjelajahi Internet. menarik dari pesan Anda Dengan pilihan kata kunci yang itu! tepat, waktu dan tenaga tidak 4. Jangan menggunakan kita habiskan sekadar untuk kata-kata yang abstrak memelototi satu per satu hasil atau sulit dipahami!

bermain puzzle dengan adiknya. Dalam kotak-kotak yang di hadapan mereka, terdapat kata-kata atau istilah yang berhubungan dengan dunia komputer. Supaya tidak pusing lagi, tolong dong PCplusser sekalian, bantu CIPLUS dan adiknya menemukan istilah itu. Di dalam kotak itu, ada enam kata atau istilah yang populer dalam dunia komputer. Carilah istilah itu dan kirimkan daftarnya ke meja redaksi paling lambat tanggal 11 April 2001. Buat tiga pembaca yang menemukan kata itu secara tepat dan beruntung, PCplus akan memberikan masing-masing satu buah mouse cantik dari LOGITECH.
Jawaban Kuis No 19/II/2001 Partition Magic (www.powerquest.com)

KUIS

CIPLUS lagi-lagi pusing tujuh keliling. Dia sedang

A C A I G K O L E E

P E V G A C A R D P

R U Y N N L O M A O

O B E K E N D I N G

S O C K E T A N D U

E M O U S E N J O R

S L O T Z M G A X I

O J E H I A D I M A

R D G N N I U L J E

I N T O G L A K Z M

Pemenang Kuis Edisi 19/II/2001: 1. WAHYU WIDODO Jl. Kasturi I (STM Bawah) No. 16 RT. 01 RW. 01 - Jambi 2. LAKSMI PARAMITA Jl. Puncak Malino No.1 - Malang 65146 3. AHMAD YANI Jl. Taman Sari I/21 RT. 02 RW. 03 Karang Tengah - Jakarta 12440

KUPON KUIS 23/II/2001
PCplus 31

Creative Vibra 128
Simply The Best PCI Audio Solution In Its Class.
• Enjoy high quality audio recording and playback • Incredible 128-voice wave-table synthesis for rich MIDI playback

CD-ROM Blaster Digital iR 52X
Superior Ripping. Amazing Digital Audio.
• Superior ripping with advanced Digital Audio Extraction (DAE) technology • Clean digital playback • Convenient remote solution

Authorised Distributor: PT Metrodata Electronics Tbk

W i s m a M e t r o p o l i t a n 1, 16 th F l o o r , J a l a n J e n d . S u d i r m a n Kav 2 9 - 3 1 , J a k a r t a 1 2 9 2 0 T e l : ( 0 2 1 ) 5 7 0 5 9 9 8 F a x : ( 0 2 1 ) 5 7 0 6 0 0 0 For f u r t h e r i n f o r m a t i o n you can c a l l : Call C e n t e r ( 0 2 1 ) 529 60606 T e c h n i c a l H o t l i n e (021) 252 5307 or v i s i t w w w . e - m e t r o d a t a . c o m
©2001 Creative Technology Ltd. All rights reserved Creative, the Creative logo and Sound Blaster are registered trademarks and VIBRA is a trademark of Creative Technology Ltd in the United States and/or other countries. DigitaliR is trademark of Creative Technology Ltd. All other brand and product names listed are trademarks or registered trademarks of their respective holders.

32 PCplus

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->