P. 1
edisi36

edisi36

4.73

|Views: 2,034|Likes:
Published by penol

More info:

Published by: penol on Jan 10, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2012

Harga Rp.

3500,-

No.36/II/27 Juni - 03 Juli 2001

TABLOID KOMPUTER

MENGATASI BAD SECTOR DI HARDDISK

Jo Hendric: Pelatihan TI Internasional a la Aptech (30)

Intel® Itanium: Prosesor Anyar Buat Server High End (04)

FOTO: RICHARD/PCplus

Menguji Motherboard Dual Processor

Awas Motherboard Palsu! (21)

KUIS IAH AD BERH ker & Spea inding D JamASUS

Lebih Dalam dan Makin Sayang Pada PCI (20)

PCplus

plusMail
TANYA DI MILIS PCplus
Saya seorang pembaca PCplus yang sudah berlangganan sejak edisi pertama. Semoga PCplus tetap jaya. Sampai sekarang masih ada yang tidak saya mengerti jadi saya mohon penjelasannya. 1. Jika saya bertanya dalam surat milis (misalnya "mailto: mailplus@yahoogroups.com" mailplus@yahoogroups.com) bagaimana caranya? (untuk diketahui saya sudah terdaftar dalam milis tersebut) 2. Jika saya mendapat kiriman e-mail yang disertai dengan file attachment, bagaimana cara men-download-nya? Lung Haslim Pardi phaslim@yahoo.com Red: 1. Bung Haslim bisa langsung mengeposkan pertanyaan tersebut ke milis kita. Banyak sukarelawan yang akan membantu memecahkan masalah Anda. 2. Klik di file tersebut. Bila Anda menggunakan e-mail berbasis Web, klik DOWNLOAD FILE di halaman tersebut.

No.36/II/03 Juli 2001

KOMPUTER TERLALU PANAS
Hallo PCplus, perkenalkan saya Santi, penggemar setiamu. Saya mengenalmu sejak edisi 11. Padahal sebelumnya saya pernah melihatmu beberapa kali, tapi saya tidak pernah membacanya. Saya pikir PCplus sama dengan tabloid-tabloid komputer/TI lainnya, yang umumnya bahasanya agak sulit dimengerti oleh orang awam komputer seperti saya ini. Tapi karena saya lihat teman-teman saya banyak yang membaca PCplus, saya jadi penasaran dan berusaha untuk mencoba membacanya. Eh...ternyata ...OK punya. Apalagi sekarang PCplus makin OK aja. Nah... sekarang saya mau nanya nih, mudah-mudahan PCplus ataupun rekan-rekan PCplusser bisa membantu saya. Komputer saya berspesifikasi PIII 550MHz (tidak di-overclock), MB Asus P3BF, SDRAM 128 MB, casing ATX Middle Tower. MUGENPC; AGUNG/PCplus Saya menggunakan Asus PC Probe Rev.2.24 untuk melihat suhu prosesor saya. Pada saat permulaan, suhunya sekitar 56 derajat celcius, tapi setelah menjalankan beberapa aplikasi ataupun game suhunya bisa mencapai 79 derajat celcius, bahkan pernah sampai 81 derajat celcius. Ya.. dampaknya sih lumayan sering hang. Padahal saya sudah memasang kipas pendingin tambahan pada casing. Yang ingin saya tanyakan, apakah suhu prosesor saya normal-normal saja? Soalnya kata teman-teman saya suhu prosesornya hanya sekitar 30-an derajat celcius. Apakah saya perlu mengganti casing komputer saya dengan ukuran yang lebih besar? Atau ada cara lain yang lebih baik? Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan PCplus tetap menjadi yang terbaik! Marlina Santi msh_cancer@yahoo.com Red: Memang suhu segitu terlalu tinggi Jeng Santi. Normalnya 50-60 derajat celcius. Mungkin perlu dicek dahulu, apakah kipasnya berfungsi dengan baik dan dipasang dengan benar atau tidak. Kalau tetap buntu, coba lakukan penggantian kipas yang lebih besar tenaganya. Kalau kesulitan menggantinya, bawalah sekalian dengan casingnya ke tempat servis. Anda tidak perlu mengganti casing secara keseluruhan.

diberikan infonya. 3. Usul lagi nih, (nggak pa..pa khan banyak usul agar membangun tabloid tercinta ini), bagaimana bila PCplus mengulas beberapa software antivirus, kelebihan dan kekurangannya. Masalahnya, sekarang banyak virus yang belum terdeteksi oleh antivirus saat ini. Segini dulu aja deh keingintahuan saya mengenai dunia PC di media yang banyak mengulas PC dari segi plusnya...Regards. Pasha From My Home E-mail: pasha_xand@2.pacific.net.id pasha_xand@yahoo.com Red: 1. Terima kasih atas koreksi Anda. Memang, di situ terjadi kesalahan cetak. 2. Kami pernah membahas ISP di Edisi 02/I/2000. 3. Usulan itu sudah pernah kami bahas, meskipun tidak semendetail yang Anda minta.

EDISI KHUSUS DAN IKATAN MORAL
Kepada Redaksi PCplus, saya mau sedikit berbagi rasa nih, moga-moga 'dimasukin hati'. 1. Artikel untuk end user tolong terus ada dong di setiap edisi. Kan pembacamu terus bertambah dengan muka baru, khususnya di Pontianak, karena saya rasa hanya PCplus-lah yang bisa mengakomodir keinginanku ini. 2. Bagaimana kalau tiap bulannya ada edisi khusus yang materinya antara lain peluang kerja praktisi TI di pasar global, perkembangan TI di Indonesia, jalur pendidikan di bidang komputer (e-campuss) liputan mengenai hal tersebut hendaknya disisipi oleh kontributor luar seperti Onno Purbo, Roy Suryo, dan lain-lain. 3. Surat-surat yang masuk di plusMail diberi kenangan dong, itung-itung sebagai ikatan moral antara PCplus dengan pembacanya. Sekian masukan saya, semoga kamu tetap fight membumikan komputer di Indonesia. Wassalam. Ahmad Yaser Jazers4L4T5@hotmail.com

Red: 1. Usulan Bung Yaser jelas kami perhatikan dan kami masukkan dalam hati. Simak terus PCplus, pasti Anda bakal menemukan jawabannya. 2. Bukankah selama ini memang begitu? 3. Kami akan memperhatikan usulan Anda, tapi belum bisa merealisasikannya dalam waktu dekat.

cobalah tekan F5 (pilih Save Mode). Setelah masuk, jalankan defrag. Sayang sekali Bung Iwan tidak menjelaskan lebih jauh problem penginstalan Office tersebut, sehingga kami kesulitan mendeteksi kemungkinan penyebab masalahnya.

KOREKSI DAN BAHASAN ISP
Saya mengikuti edisi Tabloid PCplus, dan saya juga mengikuti Milis PCplus. Saya mempunyai beberapa pertanyaan mengenai perkembangan Tabloid PCplus sendiri dan mengenai pemakai PC-nya juga. 1. Pertanyaan ini bersifat membangun dan untuk perbaikan, kenapa di edisi No. 31/II/23 Mei - 29 Mei 2001, tertulis halaman pertamanya 30/II/23-29 Mei 2001? 2. Bagaimana kalau (ini kalau ya) PCplus mengulas beberapa ISP di Indonesia dan mengenai prospektus masa depannya di Indonesia. Masalahnya sekarang sudah mulai masuk ISP-ISP dari luar, dengan memberikan jaminan yang sangat menggiurkan, tetapi bayarannya tidak menggiurkan. Sedangkan ISP di Indonesia makin hari, mutunya makin tidak menjamin untuk para pelanggannya, contohnya Telkomnet Instan, bayar Internetnya Rp. 150/menit (maaf kalau salah) sedangkan Pulsa telp. (Japati) Rp. 3.300/ menit. Mungkin bisa

KUIS, PEMROGRAMAN, DAN ATTACHMENT
Dear PCplus, salam kenal. Saya ingin bertanya dan mengajukan saran, yaitu: 1. Bagaimana kalau jawaban kuis PCplus boleh dikirim melalui e-mail saja. Kan lebih praktis? 2. Adakah bahasa pemograman yang gratis di-download dari Internet? Tolong kasih tahu donk! 3. Apakah jika menerima attachment e-mail berupa document Word, di komputer yang menerima email tersebut harus terinstal Microsoft Word? Mengapa? Demikian saran dan pertanyaan. Trim's. Semoga PCplus selalu jaya. Dedy John dedy_john@usa.net Red: 1. Usulan Bung Dedy sudah kami realisasikan untuk beberapa kuis, tapi memang tidak semuanya. 2. Ada. Bahasa Pemrograman apa yang Anda minta? Seharusnya begitu. Karena kalau dikirim dalam format DOC, otomatis file tersebut membutuhkan aplikasi yang bisa membaca file berekstensi DOC.

BONUS TIAP BULAN
Hallo redaksi PCplus, Saya sudah lama baca Tabloid PCplus. Kalau boleh saya usul bagaimana kalau tiap bulan sekali ada sisipan bonus, bisa trik-trik bahasa pemograman, misalnya: Visual Basic, Delphi, C++, dan pemograman lainnya. Atau trik-trik dalam pembuatan homepage, dari persiapan sampai publikasi. Segitu saja usul saya. Terima kasih. Bravo PCplus... jirman@bukaka.com Red: Bung Jirman, kami tidak sekadar memberi bonus trik pemrograman setiap bulan. Panduan dari awal tentang bahasa pemrograman seperti Visual Basic kami sajikan setiap minggu untuk memenuhi keinginan orang yang bertekad maju seperti Bung Jirman. Simak dan ikuti terus PCplus!

TIDAK BISA INSTAL OFFICE 2000
Salam buat Redaksi. Saya ini pengguna komputer yang masih awam. Saya baru saja membeli komputer jenis Cyrix MII, memori 64MB, Windows 98. Setelah beberapa bulan komputer saya tidak bisa scandisk dan defrag dari Windows maupun dari DOS. Saya tidak tahu bagaimana caranya agar bisa scandisk dan defrag lagi seperti biasa yang saya lakukan setiap dua minggu sekali. Masalah yang lain, komputer saya tidak bisa menginstal Office 2000. Sekarang saya memakai Office 97. Saya sangat berterima kasih sekali atas jawabannya. Iwan Ahmad Wancik cakmano@yahoo.com Red: Ketika mau masuk Windows,

PCplus
TABLOID KOMPUTER

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: R. Suhartono Dewan Redaksi: P.M. Winarno, P.C. Wiwiek Juwono, B.M. Adam Redaktur Pelaksana: Julianto Redaksi: Alois Wisnuhardana, Silvester Sila Wedjo, Irta Belia, F.X. Bambang Irawan, Saifullah Kundo, Shintia Dian A. Koresponden: Tjahjono EP (Yogyakarta), Hari Nugroho (Surabaya) Kontributor: Budiman Ranamanggala, Christianto S. Kurniawan, Harry Surjadi, Yahya Kurniawan Sekretariat Redaksi: Putri, Dian Artistik/Tata-letak: Richard, Robby F., Sukarja Produksi: Bambang Trie.

I

N

F

O

G

R

E

S

!

Pemimpin Perusahaan: Teddy Surianto Wakil Pemimpin Perusahaan: Aspianah Hia Iklan: Chrispina E.T., Anneke Dame, Janne Eveline Promosi: Eva Grace S., Jimmy Rambing Sekretariat Sirkulasi: Emy Varlina V., Agung P. Penerbit: PT Prima Infosarana Media Alamat Redaksi & Iklan: Jl. Palmerah Selatan No. 12. Jakarta 10270 Telp. 548-3008, 548-0888, 549-0666. Ext. 3701, 3703, 3713. Fax. 536-0411 Pencetak: PT GRAMEDIA (isi di luar tanggung jawab pencetak) E-mail redaksi: redaksi@e-pcplus.com E-mail iklan: iklan@e-pcplus.com Alamat Sirkulasi: Jl. Palmerah Selatan No. 12 A Jakarta 10270. Telp. 548-3008, 548-0888, 549-0666 Ext. 3704, 3706. Fax. 536-0411. E-mail sirkulasi: sirkulasi@e-pcplus.com E-mail milis PCplus: mailplus@yahoogroups.com Rekening: BCA Cab Gajah Mada No Rek. 012.300551.9 atau Bank BNI Cab Utama Jakarta Kota No Rek. 008.24400 a.n PT Prima Infosarana Media

Untuk mengetahui daftar isi PCplus edisi terbaru, Anda bisa mengklik situs http://pcplus.s5.com. Di situs tersebut, Anda bisa mendapatkan informasi tentang judul artikel dan abstraksinya. Anda juga bisa berpartisipasi dalam polling yang ada di situs tersebut. Polling tersebut bermanfaat bagi Redaksi dalam rangka memberikan informasi dan pelayanan terbaik kepada pembaca sekalian. Silakan mengisi daftar pertanyaan yang disediakan di halaman tersebut sesuai dengan kondisi Anda. Terima kasih atas partisipasi pembaca sekalian untuk membuat PCplus makin oke buat Anda. Wartawan dan fotografer PCplus dibekali kartu pengenal dan tidak diperkenankan meminta imbalan berupa uang atau barang apapun demi kepentingan pemberitaan.

2 PCplus

plusAktual
HP Indonesia tunjuk PT Mitra Integrasi Informatika sebagai reseller HP OpenView Solutions.
Produknya adalah perangkat lunak untuk perusahaan berskala menengah ke atas (enterprise management) di Indonesia. Solusi HP OpenView ini didesain khusus untuk membantu para penyedia dan pengguna sistem TI dapat menggunakan sistemnya seoptimal mungkin, tanpa harus membebani pekerjaan para penyedia TI. Termasuk dalam keluarga produk ini adalah perangkat yang dapat digunakan oleh para penyedia jasa layanan TI untuk menyelesaikan tugasnya lebih cepat, sehingga waktu pengguna yang tidak produktif akibat tidak berjalannya sistem TI dapat diminimalkan. Dengan melakukan sistem integrasi secara keseluruhan, tingkat jasa layanan kepada para pengguna dapat dijaga seoptimal mungkin. (cia)

No.36/II/03 Juli 2001

INDONESIA MENDUDUKI RANKING TIGA PEMBAJAK SOFTWARE DI DUNIA. Menurut hasil survei tahunan terkini dari Business Software
Alliance (BSA), pada tahun 2000 lalu Indonesia berada di posisi tiga teratas, setelah Vietnam dan Cina. Dinyatakan oleh BSA bahwa tingkat pembajakan di Indonesia mencapai 89% dengan total kerugian sekitar US$ 69,991 juta. Ini berarti 89% dari keseluruhan piranti lunak komersial yang diperjual-belikan dan dipergunakan di Indonesia adalah bajakan dan hanya 11% saja yang memiliki lisensi sah. Demikian menurut keterangan resmi situs BSA.org. Peringkat maupun persentase angka pembajakan di Indonesia tersebut naik dari tahun 1999 dimana Indonesia berada pada posisi ke tujuh di bawah Vietnam, Cina, Persemakmuran Negara exRusia, Rusia, Lebanon dan Oman. Persentase pembajakan Indonesia saat itu adalah 85% dengan total kerugian sekitar US$ 42,106 juta. Tampaknya dengan melihat hal tersebut, BSA bersama dengan Software & Information Industry Associates (SIIA) sejak Februari 1999 telah berhasil meyakinkan US Trade Representative (USTR) untuk memasukkan Indonesia ke dalam Priority Watch List, bersama dengan Yunani, India, Israel, Makao, Pakistan, Filipina, Rusia, Turki, dan Vietnam. (cia)

AWAS, WORM MENYEBAR LEWAT MSN MESSENGER! Berhatihatilah saat chatting melalui messenger ini. Virus ini menyebarkan dirinya sebagai file choke.exe, atau ShootPresidentBush.exe, atau hotmail.exe lewat MSN Messenger. Jika dijalankan, worm ini akan menampilkan kotak pesan dengan kata-kata: "This program needs Flash 6.5 to run!". Jika tombol OK-nya dipencet, akan muncul "Run time error", dan "Cannot run program!, Quiting". Kemudian, ia akan menyalin diri ke direktori yang sedang aktif sebagai choke.exe, dan nama-nama file berakhiran .exe dan berawalan user name dan domain untuk account MSN Messengernya (misalnya sidia.exe dan hotmail.exe). Selain itu juga tercipta file about.txt yang berisi teks sebagai berikut: Choke , Copyright ® 1886 ... A MAD CHRISTIAN. (fbi)

Seorang pekerja China memanjat papan reklame Computer Mall di Beijing. Seperti yang dilaporkan NewsExcite.com, foto ini
diambil pada hari Minggu, 11 Juni kemarin. Ternyata keinginan masyarakat China untuk menyaksikan produk-produk komputer terbaru begitu besar. Angin reformasi di China memang membuka peluang untuk masuknya teknologi TI. Tidak bisa lewat pintu, memanjatpun jadilah. (ful)

ISTIMEWA

PAUL McCartney MUNCUL DI SITUS MICROSOFT MSN MUSIC. Buat
Anda penggemar musisi Beatles ini, kini Anda bisa mendapatkan kumpulan lagunya, tayangan klip video musiknya plus wawancara intekatif dengan Paul. Demikian diberitakan oleh ZDNet News, 18 Juni lalu. Kini Anda bisa mendapatkan berbagai fasilitas itu di Situs MSN Music, WindowsMedia.com dan PaulMcCartney.com. Dengan demikian, para penggemar musisi gaek ini bisa terpuaskan untuk mendapatkan beragam karya gemilangnya, bahkan berinteraksi dengannya di mana pun Anda berada. (ful)

SUN MICROSYSTEMS INC. DAN CREATIVE LUNCURKAN DUA KARTU AUDIO TERBARU. Kedua kartu itu
diharapkan memaksimalkan kemampuan multimedia seluruh workstation dan server Sun yang berbasis PCI. Kartu-kartu audio baru ini menawarkan kualitas audio yang tinggi untuk kreasi konten digital, streaming media, simulasi visual, teknikal dan pasar komersial. Creative, penyedia solusi computer-based sound dan multimedia, mengembangkan kedua kartu audio tersebut dengan menggunakan chip DSP terbaru mereka, yaitu EMU8020 digital signal processor, untuk menyediakan kualitas audio paling baik dalam sistem-sistem Sun. Kedua kartu itu adalah Creative Sound Blaster untuk Solaris Ultra dengan harga AS$149 dan Creative Sound Blaster untuk Solaris Ultra PRO seharga AS$ 399. (cia)

ISTIMEWA

IWILL CORPORATION PERKENALKAN DX400-SN.
Motherboard ini didesain khusus untuk dual prosesor XeonTM, 21 Mei lalu. Tidak seperti motherboard untuk desktop, motherboard ini memang didesain sebagai platform Workstation dan server. Produk ini didesain untuk mendukung kinerja chipset Intel®860 400MHz Front Side Bus (FSB) dan memori Quad Channel Rambus® di atas 6,4GB. Motherboard ini juga sesuai dengan generasi prosesor Intel®Xeon berkecepatan 1,4GHz-1,7GHz, memiliki Ultra-Fast 400MHz FSB, 64-bit PCI, AGP Pro 50 dan menopang Quad Channel Rambus RDRAM. Cukup canggih dan paling depan untuk motherboard di kelasnya. (ful)

ITB LUNCURKAN SOFTWARE REPORT WRITING COMPONENT.
Software ini, seperti namanya, berguna dalam pembuatan laporan. Tapi tidak sesederhana itu. Software ini dapat membangkitkan laporan dari sebuah file database, dan dikonversi ke dalam format xml atau html. Jadi, mendukung konektivitas ke berbagai database seperti Oracle, Informix, dan sebagainya. Disebut komponen, karena software ini dapat diperlakukan sebagai fitur yang dapat di-embed (digabungkan/ditambahkan) ke software lain. Namun, bukan berarti ia tidak dapat berdiri sendiri. Bahkan, dapat berdiri sebagai server. Komponen memang merupakan suatu konsep yang membagi software ke bagian-bagian kecil yang dapat dipergunakan kembali. Tiap bagian, yang disebut komponen, dapat digunakan sebagai aplikasi yang dapat berdiri sendiri atau dapat digabungkan (embeded) dengan komponen atau aplikasi lain agar fitur pada komponen tersebut dapat digunakan. Software ini dapat diguna-kan untuk pembuatan laporan jenis tabular, columnar, master-detail, dan crosstab. Selain itu, juga dapat mengakses data melalui Internet atau ODBC, kalkulasi query, SQL, grouping, filter, link, dan report preparation. Software ini dibuat oleh 5 orang yang tergabung dalam tim Riset Unggulan Strategis Nasional (RUSNAS) Informatika di bawah PPAU Mikroelektronika, yaitu Iping Supriana, Wikan Danar Sunindyo, Reza Ferrydiansyah, Rakhmat Aji Jauhari, dan Veriyanta Kusuma. Sekarang, software ini masih dapat digunakan secara gratis dengan men-download-nya di alamat http://tim.informatika.org/~rusnas. Selain itu, untuk mendorong perkembangan industri software nasional, Armein Z. R. Langi, Ph.D, ketua PPAU Mikroelektronika mengatakan, dokumentasi pembuatan software ini juga akan dibuka untuk umum. (chr)

PCplus 3

plusAktual
Intel® ItaniumTM: Prosesor Anyar Buat Server HIGH END. Pernah belanja
online di Internet? Kalau ya, mungkin Anda sering kesal dengan lambatnya proses transaksi online. Atau khawatir dengan keamanan transaksi online? Jangan khawatir, kini sudah hadir prosesor baru Intel Itanium yang diperuntukkan buat server dan workstation. Menurut Intel, prosesor ini mempunyai banyak kelebihan dibandingkan prosesor 32-bit yang digunakan sekarang ini. Berbeda dengan prosesor Intel Pentium 4 yang ditujukan untuk para pengguna PC rumahan atau kantoran, Itanium ditujukan untuk high end server dan workstation. Prosesor ini merupakan prosesor server 64-bit pertama dari kelompok Intel. Berbeda dengan Xeon TM 32-bit, yang diperuntukkan untuk server kelas menengah, Itanium diperuntukkan untuk high end server. Memang, kecepatan prosesor yang hanya berada di 733MHz dan 800MHz dengan cache L3 masing-masing 2MB dan 4MB ini masih terbilang rendah bila dibandingkan Pentium 4 yang sudah mencapai 1,8GHz. Hal ini merupakan pertimbangan biaya.

No.36/II/03 Juli 2001

Dengan arsitektur Explicity Parrallel Instruction Computing (EPIC), prosesor ini mampu mempercepat pencarian dan proses transaksi hingga kapasitas 16 terabyte data secara simultan. Dengan demikian, prosesor ini mampu memberikan kinerja yang lebih tinggi untuk kecepatan proses, lebih responsif, dan lebih aman. Dapat dikatakan lebih aman karena prosesor ini mampu menjamin keamanan transaksi online, 12 kali lipat lebih aman dibandingkan prosesor server berbasis RISC lainnya. Sering kesal karena situs-situs yang dikunjungi bermasalah? Sulit diakses, sering menampilkan pesan error dan sejenisnya akibat kerusakan server? Sebagai solusi, produk ini mempunyai Enhanced Machine Check Architecture yang menawarkan fitur Error Correcting Code (ECC). Dengan fitur ini pendeteksian, koreksi dan pencatatan kesalahan dapat dilakukan dengan cepat sebelum terjadi gangguan pelayanan terhadap konsumen. Satu terobosan baru juga, prosesor ini memberikan kesempatan yang sama bagi dua operating system yang sedang ramai bersaing saat ini yaitu Microsoft dan Linux untuk bertarung. Baik Linux Operating Systems (OS) maupun Microsoft (diwakili oleh Windows XP 64-bit Edition dan Windows Advanced Server Limited Edition 2002) keduanya mempunyai kesempatan yang sama untuk membuktikan sebagai yang terbaik.

dok. PCplus

Creative mengadakan road show. Dari tanggal 20-30 Juni ini. Bertempat di Dusit Mangga Dua,
perusahaan sound system terkemuka ini menunjukkan beragam produk anyarnya. Produk Creative ini menawarkan beragam fitur yang cocok untuk Home Theatre dan menyajikan digital entertainment yang memikat. (ful)

Pemenang Lomba Desain Poster FKI 2001

KESIAPAN PEMASARAN
Seperti kita ketahui, pengembangan arsitektur baru sebuah prosesor perlu didukung oleh infrastruktur periferal lainnya. Perlu penyesuaian RAM, OS, infrastruktur jaringan, dan sebagainya. Untuk itu Intel telah mengajak beberapa perusahaan besar untuk mensupport OS yang sesuai dengan desain arsitektur produk ini. Telah ada empat OS yang mendukung yaitu Microsoft, Linux, Hewlett Packard’s HP-UX 1li v 1,5 dan IBM’s AIX-5L. Penjualan prosesor ini juga didukung oleh 25 sistem manufaktur yang akan menawarkan 35 model server dan workstation, untuk tahun ini saja. Menurut ZDNet Reviews, banyak perusahaan yang perlu mempertimbangkan margin keuntungan yang akan diperolehnya bila mereka menggunakan prosesor ini. Perbandingan peningkatan kinerja prosesor yang terkait dengan optimalisasi layanan e-Business perlu diukur dengan biaya yang akan dikeluarkan. Namanya juga bisnis. Jadi mereka perlu berfikir berulang kali untuk mengganti prosesor yang sudah umum mereka gunakan seperti Sun US III Prosesor dengan produk anyar keluaran Intel ini. (ful)

Juara I: Tony O.K., Jakarta

Juara II: F.E. Adi Permana (Didit), Jakarta

Juara III: Imam Pramuji, Jakarta

JUARA I: PRINTER Canon + Voucher berlangganan Majalah Chip 3 bulan JUARA II: SCANNER UMAX + Voucher berlangganan Majalah Mikrodata 3 bulan JUARA III: Speaker + Mouse Zyrex + Voucher berlangganan Majalah Play 3 bulan Hadiah dapat diambil di: Dyandra Promosindo Permata Plaza lantai 7 Jl. M.H. Thamrin 57 Jakarta 10350 Indonesia dengan membawa identitas diri.

4 PCplus

plusInternet
Bisnis dotcom memasuki tahun 2001 mulai berjatuhan. Situs-situs besar yang high profile tidak kuat lagi mengeluarkan uang jutaan dolar untuk mengongkosi bisnisnya yang belum mendatangkan uang banyak. Tetapi situs-situs kecil yang efisien bisa bertahan dan bahkan perlahan-lahan menjadi bisnis nyata. Begitulah fenomena yang muncul.

Harry Surjadi

No.36/II/03 Juli 2001

Rahasia Indokado:

KOMITMEN, KECINTAAN, DAN PROFESIONALISME
membeli nama domain dulu? Mengapa? Yang mana yang sebaiknya dilakukan jika ingin memulai bisnis online? Bisa cerita sedikit mengenai manggadua.com? KJ: Ide dulu. Kita mau jualan apa? Produk yang mau dijual juga mesti dicermati dulu: ada yang jenis low touch dan yang high touch. Rokok kretek Indonesia itu termasuk produk yang low touch. Orang nggak perlu nyentuh, atau nyicipin dulu kalau mau beli. Rokok mengandalkan brand. Begitu menyebut satu merek, orang misalnya udah percaya rasanya. Kalau yang high touch itu misalnya duren, baju, dan sebagainya. Pembeli mau beli kalau udah nyicipin dulu. Jadi menurut saya, kalau mau jualan di cyber, yah, nggak sembarang jualan, harus cermat memilih produk. Dalam kasus indokado dan indoflorist, selain produknya jenis yang bisa di-cyber-kan, kebetulan kami senang bunga. Kalau saya ambil nama domain mangga-dua.com (sebelum membuka indokado dan indoflorist, KJ sudah lebih dulu membuka mangga-dua.com yang jualan rokok dan produk khas Indonesia lainnya – Red), karena tadinya konsep saya mall online. Mau jualan bumbu dapur, kretek, atau bahkan maunya BtoB, misalnya jualan garment dan sebagainya. Manggadua.com operasionalnya sudah saya serahkan ke adik saya. O ya, yang kasih tau cara daftarnya Andrey Andoko (Kompas Cyber Media). Dia kasih alamat Netsol (www.netsol.com). Jadi saya ambil domain manggadua.com di Netsol, harganya masih 70 dollar US untuk dua tahun dan di-hosting di tempatnya Atiep (www.indoglobal.com). Baru setelah daftar, semua orang pada kritik: “kok pakai tanda minus (-)”. Ya, waktu itu saya belum ngerti soal domain name sama sekali. Waktu mau ambil yang tanpa tanda minus, eh, sudah diambil orang lain.
dok. PCplus

Salah satu situs kecil
milik anak bangsa adalah indokado.com (www.indokado.com) dan indoflorist.com (www.indoflorist.com). Bermula dari kesenangan ber-Internet, kemudian diberi semangat dan dukungan kawan-kawannya, jadilah Kurniawan Junaedhie membangun bisnis nyatanya di dunia maya. Setelah berumur lebih dari setahun, omzet dua situs online (Indokado diluncurkan tanggal 23 Januari 2000 dan indoflorist diluncurkan Desember 1999) itu setiap bulan sekarang sudah mencapai US$ 5.000 – 7.000. Dibandingkan Mei 2000 sampai Mei 2001 penjualan Indokado Group meningkat 300 persen. Sekarang Indokado sudah bisa melayani pengiriman bunga ke Filipina, Thailand, Malaysia, Singapura, Hongkong, Cina, Korea Selatan dan lainnya. Bahkan sedang dijajaki untuk bermitra dengan rekanan di Eropa, seperti Perancis, Jerman, Netherland, Rusia dan lainnya. Kurniawan Junaedhie, yang biasa dipanggil Mas KJ, adalah mantan Pemimpin Redaksi Tiara. Sebelum akhirnya memutuskan mengelola bisnis online-nya, KJ sempat membantu mengelola content Kompas Cyber Media. Selain sebagai CEO Indokado.com dan Indoflorist.com, saat ini KJ juga mengelola Sanggar Bobo di Serpong. Berikut adalah petikan sebagian wawancara dengan Kurniawan Junaedhie:

banyak telepon yang menanyakan kok belum ada di Internet. Saya tahunya ada di Detik.com pukul 19.00 malam. Segera saya membuat rancangannya dan diupload kurang lebih pukul 21.00 hari itu juga. Prinsip saya act now. Memang hasilnya belum maksimal, yang penting ada dulu, perbaikan belakangan.

PCplus: Setelah ide dan punya nama domain apa langkah selanjutnya? KJ: O ya, jadi pertama ide mau jualan apa, lalu beli domain. Pilih nama domain itu penting. Meski demikian nama domain nggak selalu yang generik. Jualan bumbu dapur nggak perlu bikin bumbudapur.com. Ingat, toko buku terbesar di Internet bukan bookstore.com tapi amazon.com. Lalu bikin desain. Kebetulan saya bikin sendiri. Kalau sudah oke, lalu sewa hosting yang bagus dan terpercaya, punya fasilitas pre-installed scripts, dan customer support-nya bagus dan bisa diganggu 24 jam supaya kalau ada apa-apa, dia mau bantu. Awalnya, hosting cukup yang 5 MB saja. Kalau sudah tahu kebutuhan baru mulai cari program yang cocok. Kalau sudah pasang PHP atau mysql yah, mesti tambah space di server. PCplus: Berapa modal awal? KJ: Hahaha.... modal awal zero. Saat itu biaya langgan ISP dan bayar pulsa telepon nebeng gaji saya. Tapi sesudah berkembang, kita lalu bikin PT, dan semua yang bayar PT. Saya sekarang malah saban bulan digaji sama PT itu. :-)) PCplus: Bagaimana cerita menerima order pertama kali? KJ: Setelah punya nama domain, saya cerita kepada seorang rekan dari Detik.com, saya mau menjual bunga online. Rupanya rekan itu memuatnya di Detik.com. Hari itu (23 Januari 2000) saya menerima

PCplus: Apakah saat memulai ada keyakinan bisnis ini bisa feasible dan menghasilkan uang? KJ: Keyakinan itu jelas perlu, meski mungkin perbandingannya 45:55. Yang 45 persennya nothing to loose kalau gagal. Dan 55 persennya ancang-ancang untuk sukses. Karena didorong oleh pengalaman dari mereka yang pernah saya wawancarai, antara lain yang punya indomall.or.id, Adi, waktu itu masih di SMP. Dia bisa menghasilkan 5 juta perak saban bulan. Mosok saya nggak yakin. PCplus: Bisa cerita mengenai kesulitan-kesulitan yang dihadapi? KJ: Kalau sudah running, paling sulit itu di back office. admin atau customer service. Wah itu minta ampun. Harus gesit, tangkas dan sabar. :-)) Cari SDM yang punya kemampuan itu sulit. Kami ada beberapa orang yang magang. Paling sulit menularkan kultur Internetnya: buka Internet (kalau dial up) itu harus jadi habit, kalau mau maju. Di customer service, yang paling sulit ngajar bahwa konsumen itu raja. Kita terbiasa hidup di dunia konsumen bukan raja. Tapi secara keseluruhan perimbangan antara kemampuan teknikal dan kemampuan bisnis harus sama rata. Nggak boleh menonjol. Itu menurut saya. Kalau kemampuan teknisnya maju, pengunjung males, karena website-nya jadi rumit. Kalau hanya ngandelin bisnis, bisa-bisa lupa karakter Internetnya.

PCplus: Siapa yang merancang homepage indokado dan indoflorist? Kalau merancang sendiri, dari mana belajarnya? Apa kesulitan yang dihadapi? Berapa lama prosesnya? KJ: Hahahaha..... saya sendiri. Khusus untuk indokado dalam hal brand color, fontasi untuk logo dan sebagainya, saya dibantu Bimo (rekan KJ designer freelance - Red) karena dia saya anggap punya pengetahuan grafis yang bagus, antara lain soal pewarnaan dan sebagainya. Pengembangan desain selanjutnya di saya. Saya belajar desain (Photoshop, Image ready, Dreamweaver dan lain-lain) itu kilat. Cuman email-emailan sama Mbah Wiro waktu dia di Amerika (Harijanto Suwarna, designer freelance yang pernah bekerja sebagai designer di Amerika Serikat - Red), ditambah lihat teman-teman kerja di Kompas Cyber Media, sambil langganan milis berkaitan dengan desain website. Terus, seperti pemula lainnya, awalnya bikin homepage pribadi yang sekarang kalau dilihat jadi malu sendiri. Kebetulan dulu ketika di Tiara, meski jadi pemimpin redaksi, saya sudah belajar ikutan layout dan desain pakai Pagemaker jadi sudah kenal fontasi, pencet tombol enter/Apple (Mac). Dan karena latar belakang sastra, ngerti komposisi (balancing dan sebagainya). Terus saya juga nggak percaya, ada kohortkohortan (penggenerasian) bahwa yang ngerti Internet itu adalah generasi tahun sekian. Jadi meski 'tua' saya harus tunjukkan saya juga mampu. Cuman waktu mau belajar programming, semua mengingatkan, "udah jangan emosi..." Hahahaha... PCplus: Ketika memutuskan bisnis ini menjadi bisnis serius apa yang menjadi pertimbangannya? KJ: Saya pribadi baru punya intuisi bisnis ini bukan main-main setelah dua bisnis kami itu jalan tiga bulan. Kami tiba-tiba merasa bangga, karena bisa memberi banyak order untuk petani dan agen. Juga ada puluhan tenaga kurir yang bisa kami pekerjakan setiap hari. Itu berkat Indokado. Saya kira, dalam hal ini, istri saya, Maria Nurani, punya andil membesarkan indokado dan indoflorist. Harap diingat, dia yang mengelola sehari-hari. Begadangan untuk jawab order, dan menerima telepon setiap hari. Padahal dia juga memimpin Sanggar Bobo. Saya sih memilih bagian enaknya, jadi CEO-nya. Hahahaha.

PCplus: Bagaimana ceritanya sampai muncul ide untuk membuat bisnis online indokado.com dan indoflorist.com? Dari mana inspirasi itu muncul? KJ: Idenya muncul dari browsing Internet. Terus digosok-gosok sama Atiep (Widya Latief, CEO Indoglobal.com, www. indoglobal.com, perusahaan webhosting). Tadinya kami becandaan. Mau jual kondom. PCplus: Mulai dari ide dulu atau

PCplus 5

plusInternet
Cara favorit untuk upload situs, tak pelak lagi, adalah dengan FTP. Pada edisi 15 sudah dibahas serba singkat cara penggunaannya. Karena banyaknya permintaan, kali ini kita membahasnya lagi dengan menggunakan software Cute FTP versi 4.0.

F.X. Bambang Irawan

No.36/II/03 Juli 2001

UPLOAD DENGAN CUTE FTP 4.0
SETTING
Pada Cute FTP 4.0, pengisian account tersebut dipusatkan pada menu Site Manager. Atau gunakan saja tombol F4. Pada Gambar 2 jendela sebelah kiri terdapat sebuah folder yang dibagi lagi menjadi dua folder. Folder pertama digunakan untuk Anonimous FTP yang sebagian alamat-alamatnya sudah disediakan oleh Cute FTP. Kalau kita ingin menambahkan baru lagi, klik New Site dan isikan account Anonimous FTP yang diperlukan. Bagian ini lebih umum digunakan untuk download file. Bagian kedua adalah bagian yang relevan dengan pembahasan kita, yaitu bagian untuk membuat setting yang diperlukan untuk mengupload file ke situs kita. Klik folder New Site atau tombol New untuk menampilkan keterangan sekadarnya untuk mengiringi Anda mengisi kolomkolom tersebut, gunakan Wizard (tombolnya ada di deretan bawah atau melalui menu File>Wizard).

Seperti kita ketahui, banyak FTP client
yang bisa digunakan untuk meng-upload file-file penyusun situs. Akibatnya, banyak antarmuka yang berbeda-beda dengan kolom-kolom berbeda yang harus diisi. Namun begitu, sebenarnya yang harus diisikan hanyalah “itu-itu saja”, yaitu seputar account yang sudah kita peroleh dari penyedia layanan hosting. Komponen account itu adalah: alamat host FTP, user name, dan password. Oleh karenanya, meski kita menggunakan Cute FTP 4.0, namun sebenarnya client FTP yang lain tidak akan banyak berbeda.

CONNECT
Sesudah beres dengan setting, Anda bisa menghubungkan diri dengan situs Anda dengan tombol Connect atau melalui menu File>Connect. Jika berhasil, Anda akan disuguhi kotak berisi ucapan selamat datang (lihat Gambar 2). Sesudah terhubung, tugas Anda beralih ke jendela utama yang judulnya sama dengan label yang Anda masukkan untuk setting situs Anda sebelumnya (lihat Gambar 3). Jendela ini terbagi lagi menjadi dua jendela kanankiri, ditambah lagi dua jendela atas bawah. Di Gambar 3 sebelah kiri adalah folder lokal yang akan mengeksplorasi harddisk komputer Anda, terutama folder tempat Anda menempatkan filefile penyusun situs. Di sebelah kanan terdapat

jendela yang menampilkan folder di server hosting yang menjadi hak Anda. Jika Anda sudah terhubung, maka jendela sebelah kanan ini akan me-list file-file yang ada di server tersebut. Anda bisa melakukan operasi file, seperti menghapus dan meng-copy file di antara kedua jendela tersebut sebagaimana biasa kita lakukan pada Windows Explorer. Jendela atas digunakan untuk menunjukkan operasi dari perintah FTP yang dijalankan. Jendela bawahnya menunjukkan operasi transfer antara folder lokal dengan folder server yang sedang berlangsung, tertunda atau dibatalkan.

INDEX
Mungkin ini bersifat generik dan tidak berkaitan langsung dengan FTP. Namun, salah satu hal penting yang harus diingat adalah bahwa untuk kebanyakan layanan hosting, halaman pertama (homepage)

kolom-kolom kosong di sebelah kanannya. Isi dengan account yang sesuai. Masing-masing kolom yang perlu diisi (lihat Gambar 1) adalah: ¬ Label for site. Ini bukan untuk “menjuduli” situs, melainkan label di Cute FTP untuk setting yang Anda buat untuk sebuah situs. Label ini berguna jika Anda mempunyai banyak situs. ¬ FTP Host Address. Alamat host untuk FTP. Umumnya berformat ftp.anu.com. ¬ FTP Site User Name. User name yang Anda tentukan untuk mengakses layanan hosting. ¬ FTP Site Password. Password (pasangan user name) untuk masuk ke layanan hosting. ¬ FTP site connection port. Biasanya diisi dengan angka 21. ¬ Login type. Pilih Normal. Jika Anda membutuhkan

Gambar 1

yang default adalah index.htm. Jadi, pastikan bahwa file yang Anda edit dan upload adalah index.htm. Kalau tidak, homepage Anda tak akan ditampilkan.

6 PCplus

PCplus 7

plusPonsel
Sesuatu yang melekat, digunakan, dan dijalani sehari-hari oleh seseorang, seringkali mencerminkan karakter yang dimiliki oleh orang itu. Oleh karenanya, pakaian, kendaraan, parfum, aksesoris fashion, atau bahkan tempat makan/minum, dalam banyak hal kemudian dijadikan tolok ukur untuk menilai segala sesuatu tentang orang itu.

Alois Wisnuhardana

No.36/II/03 Juli 2001

Ponsel Nokia 3330:

KOMBINASI ANTARA FUN, LINCAH, DAN TANGGUH
GESIT-LINCAH
Jiwa muda memang identik dengan lincah, gesit, serba praktis. Pada Nokia 3330, semangat ini dimanifestasikan ke dalam fasilitas seperti voice dialing (delapan nama untuk mengaktifkan panggilan cepat), cover Xpress-on (pelindung depan yang trendy dan tampak unik), dan kemampuannya menyimpan 100 nama dalam daftar telepon internal. Kelincahan ini dipadukan pula dengan upaya Nokia untuk membentuk citra yang sangat personal buat pemakai ponsel ini. Profil nama, screen saver dan nada dering yang dapat didownload untuk personalisasi ponsel. Semuanya itu bisa dikustomasi dan dibentuk sesuai dengan karakter kepribadian si pengguna. Ditambahkan pula nada dering baru, di mana bila ada panggilan masuk, Anda bisa mengeset first vibrate then ring. Wuih!!! Ada pula fasilitas untuk membuat teks pengingat singkat dengan alarm atau catatan pengingat kepada sesama pengguna Nokia 3330 atau 3310. Namun, untuk mengaktifkan fitur ini, si pengguna harus mengonfirmasikannya kepada operator atau penyedia jasa layanan, karena layanan ini tergantung dari jaringan. Selain itu, masih ada pula fitur stopwatch dan countdown timer. 30 persen bila dipakai dalam kondisi half rate aktif dan akan berkurang hingga 5 persen bila dipakai dalam keadaan enhanced full rate aktif. Jadi,
dok. NOKIA

Produk-produk yang
digunakan sehari-hari pun seringkali didesain untuk memberi citra tertentu buat penggunanya. Ponsel contohnya. Hampir semua produk ponsel diproduksi dan kemudian dibalut dengan idiom yang menunjukkan image yang khas tentang ponsel itu. Nokia, produsen peranti komunikasi asal Finlandia yang kini memimpin pasar peranti mobile communication di Indonesia, baru-baru ini meluncurkan lagi produk ponsel terbarunya. Citra apa yang diusung ponsel barunya, Nokia 3330?

dimensinya sendiri, Nokia 3330 sudah mencerminkan sebagai ponsel yang lincah, karena hanya berukuran 113x48x22 mm dengan berat 107 gram. Wireless Application Protocol (WAP) yang bisa diakses oleh ponsel ini adalah WAP 1.1. Dengan fitur ini, Anda makin mudah terhubung ke berbagai saluran informasi dan hiburan, kapan saja dan di mana saja. Nokia 3330 dilengkapi dengan interface yang dioptimalkan untuk menjelajahi jalur layanan informasi lewat WAP. Beberapa fasilitas berupa aksesori tambahan yang disediakan untuk Nokia 3330 antara lain 5 warna untuk panel cover,

w

.no ww

kia

.co

m

waktu siaga yang mungkin kurang lebih mencapai 3 sampai 10 hari, tergantung cara Anda menggunakan. Dari sisi

internal baterai, car kit, mobile holder, desktop charger, dan headset. So, ingin tetap berjiwa muda? Buruan deh coba!

HAVING FUN
Ponsel yang masuk dalam kategori entry level/basic di jajaran produk-produk Nokia ini memberi kesan fun yang amat kuat. Lantaran ditujukan buat anak muda atau mereka yang ingin terlihat berjiwa muda,

Dari situ, terlihat keseriusan Nokia menggarap kalangan yang menginginkan “jiwa muda”. Dalam peluncuran produk ini di Kafe Tenda Semanggi 16 Juni lalu pun, mereka mengemasnya dalam idiom Nokia Funfair. Stanstan dibuat dalam warna-warni yang terlihat funky, sementara beberapa band dan penyanyi

NOKIA PERKENALKAN SOLUSI TERINTEGRASI
Dalam acara Nokia Connection 18 Juni lalu di

“Bermain game snake II sungguhan”

RICHARD/PCplus

beragam fasilitas yang ditawarkan pun mencerminkan citra ini. SMS Chat, animasi screen saver, pesan bergambar (picture messaging), dan games jadi fitur andalan Nokia 3330 ini. Selain itu, meski dikategorikan dalam kelompok entry level dalam jajaran produknya, Nokia menambahkan pula fasilitas WAP pada ponsel ini, sehingga pengguna dapat mengakses berita dan informasi hiburan melalui aplikasi WAP.

enerjik dan muda diusung ke atas panggung. Di antaranya Bunga, Bunglon, dan The Fly, Purpose, dan Harapan Jaya. Ponsel yang “menyenangkan” ini masih dibubuhi tambahan yang makin menyenangkan dengan adanya game-game ponsel terbaru yakni Bumper, selain game-game klasik ponsel yang sudah beredar sebelumnya semacam Snake II, Pairs II, Space Impact, dan Bantumi.

Singapura, Nokia kembali memperkenalkan platform baru untuk bisnis M2M (machine-to-machine atau mobile-to-machine). Platform ini mengombinasikan telekomunikasi dan teknologi informasi (IT system) untuk mengotomatisasi proses, mengintegrasikan aset perusahaan dalam sistem teknologi informasinya, dan menciptakan layanan yang memiliki nilai tambah. Platform ini dapat diimplementasikan pada beragam lingkungan aplikasi dan solusi, seperti automatic meter reading, security, elevator control, fleet management, vending, dan telemedicine. “Platform M2M Nokia menggunakan kapasitas jaringan bergerak yang telah tersedia secara cerdas untuk mentransfer data yang berasal dari mesin dan melalui itu menciptakan peluang usaha yang menarik bagi berbagai pihak yang berbeda,“ ungkap Hannu Huttunen, Vice President, Special Products, Nokia Mobile Phones. Platform M2M Nokia merupakan suatu solusi nirkabel end-to-end menyeluruh untuk membangun aplikasi M2M. Sementara, Nokia M2M Gateway menjembatani jaringan GSM dan Internet dengan menyediakan hubungan dua arah antara TANGGUH aplikasi yang ada di Internet atau Dengan server perusahaan dan peralatan memanfaatkan baterai yang saling berjauhan. Li-Ion 850mAh, ponsel Sebuah platform Machineto-Machine terdiri atas dua ini dapat dipakai untuk elemen yaitu gateway dan bicara nonstop (kalau terminal penghubung Anda mau) selama 2 jam (connectivity terminal). Nokia 20 menit sampai 4 jam M2M Gateway sendiri 15 menit. Sementara merupakan produk open waktu siaganya bisa software yang didasarkan pada RICHARD/PCplus “Meriahnya Nokia Fun Fair” standar industri yang telah mencapai 55 sampai 245 diterima secara luas. Gateway ini jam. Lho, kenapa menyediakan pengembangan, operasional dan perawatan yang lebih rentangnya begitu panjang? Ya, mudah dari berbagai aplikasi dan layanan M2M. variasi dalam konsumsi baterai Perusahaan-perusahaan dapat menggunakan platform ini untuk pada sebuah ponsel tentu saja beberapa tujuan usaha dan aplikasi. Kone, salah satu perusahaan dipengaruhi oleh kartu SIM yang elevator dan escalator terkemuka di dunia menggunakan aplikasi ini Anda gunakan, pengaturan untuk memperbaiki keandalan dan keamanan elevator dan escalator melalui pengawasan jarak jauh dan komunikasi telepon darurat. jaringan dan penggunaannya. Sementara Enermet, salah satu pemasok utama sistem tenaga untuk Waktu bicara dalam ponsel meter reading dengan menggunakan Platform M2M Nokia. 3330 ini akan meningkat sampai

8 PCplus

plusVirus
Virus adalah program komputer yang didesain untuk menyebarkan dirinya dari satu file ke file yang lain pada sebuah perangkat PC atau sistem jaringan.

Shintia Dian Arwida

No.36/II/03 Juli 2001

MEMBEDAKAN VIRUS DAN WORM DENGAN VBSIM
dalam sebuah jaringan di dua perusahaan yang berbeda. Program simulasi ini ditampilkan secara grafis dan dalam bentuk perbandingan, sehingga lebih mudah dimengerti. Berhubung sebuah simulasi, maka setiap kali program ini dijalankan, maka hasil yang didapat dan pola infeksi yang ditampilkan akan berbeda-beda. Diharapkan, dengan melihat simulasi ini bisa didapat gambaran secara sederhana bagaimana jaringan suatu perusahaan dapat terserang oleh Melissa atau Love Letter.

¬ VBSIM.PDF -- dokumentasi simulasi Untuk menjalankan program ini, klik pada icon VBSim atau aktifkan vbsim.exe melalui perintah DOS prompt. Dengan mempergunakan program simulasi ini, maka diharapkan Anda akan mengerti bagaimana cara kerja Concept (virus komputer makro yang pertama). Kemudian Anda juga akan memperoleh gambaran bagaimana perbedaan cara penyebaran makro dengan worm seperti Melissa, atau bahkan kombinasi virus dan worm seperti ExploreZip.

“Seekor” virus, dapat
menyebar dengan sangat cepat dan menginfeksi setiap file aplikasi pada sebuah perangkat PC, tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa penyebarannya berlangsung lambat. Yang harus dicatat di sini adalah, virus tidak secara sengaja berusaha menularkan dirinya ke perangkat PC lain. Jadi, sifat infeksinya adalah internal. Kalaupun sampai terjadi penularan antar-PC, maka dapat dipastikan adanya peranan manusia di sana. Kasus penularan virus yang umum terjadi biasanya disebabkan karena pengiriman e-mail attachment, tukar-menukar disket atau CD, dan mengopi file ke file server. Sedangkan worm bisa dikatakan lebih berbahaya dibandingkan virus. Hal ini disebabkan, karena worm dalam penyebarannya hanya sedikit bahkan tidak sama sekali bergantung pada peran serta manusia. Worm adalah program perusak yang didesain sedemikian rupa, sehingga ia memiliki kemampuan untuk menggandakan dan menyebarkan dirinya sendiri, dari satu komputer ke komputer lain, dengan memanfaatkan sistem jaringan. Contohnya dengan meng-copy dirinya ke dalam file attachment dan mengirimkan copy dirinya melalui e-mail. Dari uraian tadi, dapat disimpulkan dua perbedaan mendasar antara worm dan virus. Yang pertama, penyebaran virus adalah penyebaran yang bersifat pasif, sedangkan penyebaran worm bersifat aktif. Yang kedua, penyebaran worm, jauh lebih cepat dibanding penyebaran virus. Pernahkah Anda merasa heran dan bertanya-tanya, mengapa worm Mellisa menyebar demikian cepat sedangkan virus lain bahkan ada yang tidak menyebar sama sekali? Kini keingintahuan Anda itu dapat terjawab dengan VBSim. Produk yang merupakan keluaran dari Symantec Antivirus Research Center ini adalah sebuah program yang dapat membantu Anda untuk memahami perbedaan cara kerja worm dan virus. Program ini pertama kali diperkenalkan pada Bulletin Virus tahun 1999 di Vancouver, Kanada.

CARA MENGAKSES VBSIM
VBSim dapat di-download dari situs Symantec, karena program simulasi ini merupakan produk dari Symantec Antivirus

Research Center. Setelah itu, Anda harus mengaktifkan vbsim.exe untuk mengekstrak isi dari data-data yang terkandung di dalam program ini. Tiga file utama yang ada dalam data program ini adalah: ¬ README.TXT -- file README ¬ VBSIM.EXE -- program simulasi

BAGAIMANA VBSIM BEKERJA?
VBSim adalah program simulasi komputer yang mendemonstrasikan bagaimana cara penyebaran virus dan worm,

PCplus 9

plusTrik

No.36/II/03 Juli 2001

MEMPERCEPAT BOOTING KOMPUTER ANDA
Ketika Anda membooting komputer, kadangkala waktu yang dibutuhkan cukup lama sehingga Anda menjadi tidak sabar dan bosan. Ada banyak cara untuk mempercepat proses booting tersebut, misalnya dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Configuration atau MSConfig di mana Anda dapat menyeleksi program-program mana saja yang boleh jalan pada saat startup. Selain itu ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses booting tersebut. Cobalah dengan 'menonaktifkan' pendeteksian floppy drive pada saat Windows pertama kali dijalankan. Untuk menonaktifkan fungsi tersebut cobalah tips berikut : ¬ Klik Start>Settings>Control Panel ¬ Klik dua kali pada icon System kemudian pilih tab Performance ¬ Lanjutkanlah dengan mengklik File System, klik tab Floppy Disk ¬ Hapuslah tanda centang pada pilihan Search for new floppy drives each time your computer start ¬ Klik tombol OK dua kali.
Hasan Ali Jl. Siaga Dharma VIII No. 19, Ps. Minggu, Jakarta Selatan 12510 Phone : 7992938, 7900063-64 E-mail : deadly_boy@yahoo.com

VIRTUAL DRIVE PENGGANTI FOLDER
Setiap pengguna PC hampir dipastikan
mempunyai folder yang paling sering diakses atau dibuka. Lokasi folder favorit tersebut bisa saja terletak di sub-sub direktori harddisk. Tentunya hal ini cukup memakan waktu untuk membuka folder yang dituju. Ada cara yang lebih efisien, yaitu dengan menjadikan folder tersebut sebagai drive baru. Drive yang berfungsi sebagai cermin atau tiruan dari suatu folder. Sehingga dalam Windows Explorer akan terlihat drive tambahan yang berisi direktori persis folder yang dipilih. Tidak hanya dalam Windows Explorer, drive ini juga akan terlihat di dalam program setiap menanyakan alamat file ketika hendak membuka atau menyimpan file. Drive ini hanya sebagai drive virtual yang bisa dihapus atau dihilangkan sewaktuwaktu. Untuk membuat drive virtual kita bisa memanfaatkan perintah SUBST (substitutes) di MS-DOS Prompt. Caranya: ¬ Buka MS-DOS prompt yang ada di menu Start atau melalui menu Run dengan mengetikkan COMMAND, lalu ketikkan SUBST/? untuk melihat cara penggunaannya. Agar lebih efektif, sebaiknya virtual drive diaktifkan setiap masuk atau booting Windows ¬ Misalkan, folder yang akan ditiru atau dijadikan sebagai drive adalah: C:\My Documents\My Music dan D:\Master\Software Baru ¬ Selanjutnya ikuti masingmasing langkah yang berbeda untuk Windows Me dan Windows 95/98 berikut ini: Notepad ¬ Ketikkan perintah SUBST seperti di atas, lalu Save. Terakhir, Restart Windows Seperti diketahui bahwa dalam DOS, nama file/folder yang panjang akan dipendekkan menjadi 8 karakter dan tanda spasi akan dihilangkan. Untuk mengetahui perubahan nama folder ketikkan dir dalam DOS dari folder di atasnya. Contoh: D:\MASTER>dir Untuk menghapus drive, buat file *.BAT dengan Notepad yang isi perintahnya: SUBST X: /D SUBST Z: /D Klik file BAT tersebut, maka drive X dan Z akan hilang. Tidak perlu khawatir dengan foldernya, karena tidak akan ikut hilang. Jumlah drive virtual adalah 26, yaitu mulai dari A sampai dengan alphabet Z. Jika ada yang kurang jelas, silakan kontak penulis via e-mail.
Sa'dal Hayat sadalhayat@yahoo.com Mahasiswa Arsitektur UNDIP. Jl Ngesrep Timur V Dalam II, No.17, RT 06/01, Semarang 50269.

WINDOWS ME
¬ Untuk Windows Me caranya adalah dengan membuat file BATCH yang berisi perintah SUBST dengan Notepad ¬ Ketikkan: SUBST X: C:\MYDOCU~1\MYMUSI~2 SUBST Z: D:\MASTER\SOFTWA~1 ¬ Lalu simpan dalam format *.BAT. Misal dengan nama file NewDrive.BAT. ¬ Selanjutnya buat shortcutnya atau copy file NewDrive.BAT ke StartUp yang ada di menu Start ¬ Jika ingin jendela DOS tidak terlihat saat proses SUBST, klik kanan filenya dan buka menu Properties. Lalu klik tab Program. Pada jendela ini cek boks Close on exit dan ubah option Run dari Normal window menjadi Minimized

MENENTUKAN WAKTU SHUTDOWN ATAU RESTART
Apakah Anda pernah
mengalami masalah saat mengaktifkan fasilitas Shutdown computer after downloading pada software download? Ternyata shutdownnya tidak berjalan dengan sempurna? Biasanya proses shutdown terhenti di tampilan logo Windows. Mungkin juga Anda pernah men-defrag harddisk dan meninggalkan komputer begitu saja karena Anda tidak mau menunggu lama sehingga komputer "menganggur". Kalau Anda pernah mengalami hal tersebut, cobalah trik di bawah ini untuk menentukan waktu shutdown atau restart yang Anda inginkan. ¬ Klik Start>Programs>Accessories>System Tools>Scheduled Tasks untuk membuka Scheduled Tasks ¬ Kemudian klik ganda Add Scheduled Task. Pada Scheduled Task Wizard gunakan option Browse untuk membuka C:\Windows\Rundll.exe ¬ Klik OK dan pilih waktu shutdown komputer yang Anda inginkan. ¬ Setelah itu, klik kanan task yang baru saja Anda buat dan klik Properties. Tambahkan parameter berikut pada kolom Run: "C:\Windows\Rundll.exe user.exe,exitwindows". Pastikan juga pada kolom Start in tertulis C:\Windows dan aktifkan Enabled (scheduled task runs at specified time) yang ada di bagian paling bawah. ¬ Sedangkan untuk menentukan waktu restart, gunakanlah cara yang sama namun dengan nama file C:\Windows\Rundll32.exe dan di kolom Run tambahkan parameter C:\Windows\Rundll32.exe shell32.dll,SHExitWindowsEx 0x2 Selamat mencoba!
Robi Suptaji suptaji@pro.net.id Mahasiswa Matematika Institut Teknologi Bandung

WINDOWS 95/98
¬ Untuk Win95/98, cukup dengan mengedit file C:\AUTOEXEC.BAT dengan

MEMBUAT BACK-UP ACCOUNT E-MAIL
Kalau kita punya
banyak account e-mail, urusan setting bisa jadi bikin pusing kepala. Nama-nama server harus kita ingat dengan persis, karena salah sedikit saja akan berabe, tak mau jalan. Karena itu sebaiknya kita menyimpan backup-nya jika suatu saat diperlukan. Caranya adalah: ¬ Dari Outlook Express, klik the menu Tools dan pilih Accounts otomatis menambahkan ekstensi IAF-nya). ¬ Ulangi proses ini untuk semua account e-mail Anda. Simpan file-file IAF tsb pada media yang Anda kehendaki, seperti disket atau CD atau harddisk. Jika suatu saat diperlukan, Anda tinggal masuk ke kotak dialog E-mail Account dan mengklik tombol Import untuk mengambil file IAF dari tempat Anda memback-up. (fbi)

¬ Klik tab Mail, pilih nama account yang ingin dibackup, dan kemudian klik tombol Export ¬ Masukkan penjelasan untuk file backup dan simpan (Windows akan secara

10 PCplus

plusProgram
Minggu lalu PCplus telah berjanji mengajak Anda membuat aplikasi sederhana dengan Visual Basic, dan kami memenuhinya sekarang ini. Memang, kepada Anda belum dijelaskan mengenai sintaks-sintaks dasar, project management, even, dan lain-lain. Akan tetapi nggak asyik rasanya belajar teori terus-menerus tanpa mengetahui terlebih dahulu betapa menyenangkannya membuat aplikasi Visual Basic. Karena itu sengaja PCplus menempatkan artikel ini pada permulaan pelajaran tentang Visual Basic.

Yahya Kurniawan

No.36/II/03 Juli 2001

APLIKASI SEDERHANA VISUAL BASIC
Gambar 1 Label1). Untuk mengatur properti form, kliklah form pada area yang tidak ada kontrolnya. 4. Setelah kontrol yang akan diubah propertinya aktif, perhatikan properties windows. Pada properties windows terdapat dua buah kolom, kolom pertama adalah nama properti dan kolom kedua adalah nilai properti. Untuk mengubah nilai properti, kliklah pada kolom nilai properti. Kemudian tergantung dari jenis nilai properti yang tersedia, pada kolom nilai properti akan muncul kursor atau drop down list. Jika muncul kursor, berarti nilai properti harus diisikan dengan mengetikkan nilainya. Jika muncul drop down list, berarti nilai properti tinggal dipilih dari pilihan yang tersedia. Sekarang ubahlah properti dari kontrol-kontrol yang ada sesuai dengan Tabel 1. Kontrol Form1 Label1 Label2 Text1 Properti Caption Caption Caption (Name) Text Text2 (Name) Text Command1 (Name) Caption Command2 (Name) Caption Command3 (Name) Caption Nilai Konversi Suhu Suhu awal Suhu konversi txtTAwal [kosongkan] txtTKonversi [kosongkan] cmdCtoF &C ke F cmdFtoC &F ke C cmdExit E&xit properti ini, form akan terlihat seperti Gambar 2. Perhatikan bahwa pada beberapa property caption terdapat karakter &. Karakter & berarti memberi garis bawah (underline) pada karakter di sebelah kanan tanda &. Contoh: property caption pada command3 adalah E&xit, pada kontrol akan terlihat Exit. Karakter yang diberi garis bawah merupakan shortcut yang dikombinasikan dengan tombol Alt. Jadi jika pada sebuah Private Sub cmdExit_Click() Unload Me End Sub Keterangan dari skrip program di atas adalah sebagai berikut. Private Sub namakontrol_namaeven() merupakan deklarasi standar Visual Basic untuk sebuah prosedur even. Jadi pada contoh di atas, Private Sub cmdFtoC_Click() merupakan deklarasi dari prosedur even click dari kontrol cmdFtoC. Prosedur akan dijalankan apabila kontrol FtoC diklik. Skrip program Private Sub cmdCtoF_Click akan menghitung nilai suhuF dengan mengambil nilai yang tertulis pada kontrol txtTAwal. Pengambilan nilai ini didapat dengan perintah val(txtTAwal.text). Setelah suhuF terhitung, maka nilai suhuF tersebut akan ditampilkan pada txtTKonversi dengan perintah txtTKonversi.text = suhuF. Skrip program Private Sub cmdFtoC memiliki pengertian yang sama dengan skrip

Versi Visual Basic
yang digunakan adalah Visual Basic 6.0. Aplikasi yang akan dibuat adalah membuat konversi dari suhu dengan satuan derajat Celcius ke derajat Fahrenheit atau sebaliknya. Hal yang pertama akan dilakukan adalah menyusun tata letak form. Pada saat pertama kali Anda membuka Visual Basic, umumnya telah tersedia sebuah form yang terbuka. Kemudian pada form tersebut akan ditambahkan beberapa kontrol yaitu 2 buah kotak teks (text box), 2 buah label, dan 3 buah tombol (command button). Cara untuk menambahkan sebuah kontrol ke dalam form adalah sebagai berikut. 1. Klik ikon kontrol yang bersangkutan pada tool box, lalu mouse pointer akan berubah menjadi tanda +. 2. Klik dan tarik (click and drag) pointer mouse di dalam form sampai mencapai ukuran yang diinginkan, setelah itu lepaskan tombol mouse. Nah, setelah Anda merasa familiar dengan cara penyusunan form, susunlah form seperti pada Gambar 1. 3. Setelah form tersusun, langkah berikutnya adalah mengatur properti dari masing-masing kontrol. Untuk mengatur properti dari suatu kontrol, terlebih dahulu kliklah kontrol yang bersangkutan pada form agar kontrol tersebut aktif. (Pada Gambar 1 terlihat kontrol yang aktif adalah

Gambar 2 kontrol terbaca Exit, maka untuk mengaktifkannya sama dengan menekan tombol Alt-X. Setelah form dan properti disusun, sekarang tibalah saatnya untuk menuliskan kode program agar aplikasi tersebut berjalan sesuai dengan keinginan kita. Setiap kontrol mungkin akan memiliki kode program tersendiri. Untuk mengisikan kode program pada suatu kontrol, klik ganda pada kontrol yang bersangkutan. Setelah itu akan muncul sebuah jendela yang didalamnya siap “ditulisi” dengan kode program. Nah, untuk sementara tulislah skrip program seperti tertulis di bawah ini apa adanya. Private Sub cmdCtoF_Click() Dim suhuF suhuF = Val(txtTAwal.Text) * 1.8 + 32 txtTKonversi.Text = suhuF End Sub Private Sub cmdFtoC_Click() Dim suhuC suhuC = (Val(txtTAwal.Text) - 32) / 1.8 txtTKonversi.Text = suhuC End Sub

Gambar 3 program Private Sub cmdCtoF, hanya mekanisme konversinya dibalik dari Fahrenheit ke Celcius. Skrip program Private Sub cmdExit_Click() berisi perintah Unload Me, yang berarti “menghilangkan” form itu sendiri, atau dengan kata lain berarti menghentikan program. Setelah itu tutuplah jendela editor skrip tersebut. Untuk menjalankan program ini, pilih menu Run->Start atau tombol F5. Setelah program berjalan, isikan sembarang angka ke Tengok ke bawah, ada slider untuk menyetel jumlah ruang yang akan digunakan oleh file-file cache (Amount of disk space to use). ¬ Geser-geser slider tersebut sesuai dengan banyaknya ruang yang ingin Anda jatahkan untuk cache. Atau cukup masukkan angka (dalam ukuran megabyte) di

kotak teks Suhu awal, ambil contoh 50. Setelah itu tekan tombol C ke F, maka pada kotak teks Suhu konversi akan muncul angka 122. Artinya 50 derajat C akan sama dengan 122 derajat F. Sekarang tekan tombol F ke C, maka pada kotak teks Suhu konversi akan muncul angka 10, artinya 50 derajat F sama dengan 10 derajat C. Tekan tombol Exit, maka program akan berhenti dan kembali ke Visual Basic. Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan aplikasi yang telah Anda buat tersebut. Pada saat proses penyimpanan, Anda akan menjumpai lebih dari satu kotak dialog yang menanyakan nama file. Hal ini normal, karena setiap form akan disimpan sebagai file tersendiri, kemudian project yang menggabungkan formform tersebut juga akan diberi nama file tersendiri. Pada contoh ini Anda hanya akan ditanyai sebanyak dua kali, yang satu untuk nama form-nya dan yang satu lagi untuk nama projectnya. Ambillah nama yang sederhana tapi mudah diingat dan telah menggambarkan isi dari nama file tersebut. Pada contoh ini misalnya form disimpan dengan nama KonvSuhu.frm dan project-nya disimpan dengan nama KonvSuhu.vbp. Nah, Anda telah belajar membuat sebuah aplikasi yang sederhana dengan Visual Basic. Mudah dan menyenangkan, bukan? Aplikasi tersebut telah memiliki berbagai kelengkapan dari aplikasi under Windows, namun hanya dengan 13 baris skrip program, aplikasi tersebut telah siap dijalankan. Selain ke-13 baris skrip program tadi, Anda hanya harus menata form serta mengganti beberapa properti. Jika Anda ingin aplikasi tadi sedikit lebih keren, maka Anda bisa mengubahnya menjadi executable file yang berekstensi .exe. Caranya adalah dengan menu File->Make namaproject. exe. Sekarang aplikasi Anda telah menjadi sebuah aplikasi yang berekstensi .exe, sehingga bisa Anda jalankan langsung under Windows, tanpa harus membuka Visual Basic. Cool, kan? Aplikasi tersebut bisa Anda lihat pada Gambar 3. Minggu depan akan dibahas konsep dasar pemrograman dengan Visual Basic. Stay tune on PCplus!!! sampingnya. ¬ Klik OK. Harap dicatat sekali lagi bahwa cache bisa cukup membantu kecepatan tampilan sebuah halaman, sehingga memberi ruang yang cukup pada gilirannya juga akan mempermudah hidup kita. (fbi)

Setelah mengubah propertisuatu fitur cache. IE tak perlu mencari-cari lagi komponenkomponen halaman di server aslinya. Terlebih dahulu, ia akan mencari apakah file-file penyusun situs tersebut sudah ada di dalam harddisk Anda (ditempatkan pada folder Temporary Internet Files). Enak, bukan? Namun, sayangnya, kalau tidak dikelola dengan baik, file-file itu akan memenuhi harddisk Anda. Bagaimana mengelolanya? ¬ Dari jendela Internet Explorer, pilih Tools>Internet Options. ¬ Akan muncul kotak dialog. Klik tombol Setting pada bagian Temporary Internet Files. ¬ Muncul kotak menu Setting.

MENJATAH RUANG UNTUK FILE CACHE INTERNET
Agar suatu situs
dapat dikunjungi lagi dengan cepat di kemudian hari, Internet Explorer mempunyai

PCplus 11

plusKiat
Harddisk adalah salah satu komponen vital pada komputer kita. Bahkan boleh dikatakan sebagai nyawa dari komputer kita, karena harddisk adalah tempat penyimpanan data, mulai dari data sistem operasi sampai file-file pribadi kita yang sangat penting.

No.36/II/03 Juli 2001

Bad Sector:

Karena vitalnya
kegunaan harddisk ini, kita dituntut untuk dapat merawat “si piringan keras” ini dengan cermat. Supaya apa? Supaya harddisk kita tidak rusak. Kalau harddisk kita rusak, kerugian pertama yang kita terima adalah harus menggantinya dengan harddisk baru. Tapi itu bukan satusatunya akibat yang kita derita. Itu baru dari sisi materinya saja. Dari sisi morilnya gimana? Apakah Anda tidak uring-uringan bila harddisk yang berisi skripsi, data-data penting keuangan perusahaan, atau berisi save data dari game yang sedang kita mainkan tiba-tiba rusak, tidak detect lagi, yang kesimpulan akhirnya tidak bisa digunakan lagi. Masih untung kalau ada back-upnya, kalau nggak?

MUSUH BESAR HARDDISK
M U N GE PC ;A G G UN /PC plu s

dan aktifkan pilihan “Automatically Fix Errors” agar bad sector yang terdeteksi bisa langsung diperbaiki. Software Zerofill bisa juga kita gunakan, tapi software ini dibuat khusus hanya untuk digunakan pada harddisk buatan Quantum.

2. Format Harddisk
Jika alternatif pertama tidak manjur, maka cara yang paling ampuh untuk menghilangkan bad sector adalah dengan memformatnya. Format ulanglah harddisk Anda, tapi jangan gunakan high level format atau dari start up disk karena biasanya ini tidak mempan. Format yang paling sakti adalah dengan Low Level Format. Pada beberapa mainboard lama, dapat kita temukan fasilitas Low Level Format pada setup BIOSnya. BIOS dari Award Software termasuk salah satu yang menyertakan fasilitas Low Level Format ini. Masuklah ke setup BIOS lalu pilih Low Level Format dan jalankan Bad Sector/Track Analysis. Selanjutnya harddisk Anda akan dianalisa dan jika telah selesai maka Anda tinggal pilih Delete Bad Sector untuk menghapus bad sector-nya. Biasanya cara ini adalah cara yang paling ampuh. Bad sectornya langsung hilang tak berbekas.

sebagai harddisk kita, maka sektor-sektor ini bisa kita umpamakan sebagai kamar hotel yang bisa menampung para tamu hotel (file) yang menginap (disimpan). Kita punya 100 kamar, lalu karena kurangnya perawatan kita, salah satu kamar hotel kita (sektor) rusak.

disk bisa berbeda-beda, tapi kalau mereka telah terkena bad sector: ATASI SEGERA!

KENAPA BISA TIMBUL?
Sekarang kita akan bahas lebih lanjut mengenai bad sector, agar kita tidak hanya memandang harddisk dari segi kapasitas, kecepatan transfer data, RPM, atau interface-nya saja. Bad sector bisa timbul karena beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain misalnya adalah:

bisa timbul kemungkinan head dan piringan magnetis harddisk bergesekan dengan tidak normal. Improperly shut down bisa terjadi karena kita mematikan PC tanpa mengikuti prosedur shutdown atau bisa juga karena menekan tombol reset. Di samping itu bagi Anda yang tidak menggunakan UPS atau stabilizer, listrik yang tiba-tiba padam atau tegangan (voltase) yang tidak stabil merupakan faktor penyebab yang lebih parah.

3. Partisi Harddisk
Opsi terakhir yang bisa kita lakukan adalah mencegah bad sector ini agar tidak merambat ke sector lain. Untuk mencegah agar sektor ini tidak menjalar, maka kita harus mempartisi harddisk kita dan seluruh bad sector itu kita lokalisir pada satu bagian partisi harddisk. FDISK dan Power Quest Partition Magic adalah software yang bisa kita gunakan untuk mempartisi harddisk kita dan melokalisir bad sector pada satu partisi. Saran saya, gunakan saja Partition Magic, pada software ini cara mempartisinya lebih gampang karena ada petunjuk dan wizard-nya, di samping itu ada juga fasilitas bad sector retest untuk menganalisa bad sector. Ditambah lagi, partisi yang telah kita buat untuk melokalisir bad sector tadi bisa kita hidden atau mungkin didelete. Tapi bagi PC yang belum terinstal, maka FDISK bisa juga digunakan.

2.

File

1. Improperly Shut
Down
Mematikan komputer tanpa prosedur shutdown dengan normal akan berpengaruh pada harddisk, karena tujuan dari prosedur shutdown itu sendiri adalah untuk mengamankan posisi

Dalam beberapa kasus, file berpotensi juga menyebabkan bad sector, contohnya file yang corrupt dan rusak, atau penginstalasian program yang salah.

MENGATASI BAD SECTOR
Setelah kita tahu penyebabnya, untuk mengatasi bad sector tadi ada beberapa alternatif yang bisa kita gunakan.

“Salah satu software pendeteksi bad sector”

Nah, biar hal-hal di atas tidak sampai terjadi pada kita, mulai sekarang rawatlah harddisk Anda dengan baik dan kenalilah kemungkinan kerusakan yang bisa diderita oleh harddisk kita. Bukankah mencegah kerusakan lebih lebih baik dari pada mengobati, dan mengobati lebih baik daripada mengganti baru?

APAKAH BAD SECTOR ITU?
Bad sector -kalau diindonesiakan berarti sektor rusak- adalah salah satu musuh besar harddisk. Ibaratnya Anda adalah pengusaha hotel dan hotel itu kita umpamakan

Bukankah hasil yang diberikan oleh 99 buah kamar lebih sedikit dari hasil 100 kamar? Celakanya lagi, kamar rusak (bad sector) ini bisa merambat ke seluruh kamar lain di hotel itu. Bagaimana kalau ke 100 kamar hotel kita rusak? Seperti itulah kira kira sektor-sektor pada harddisk. Di dalam sektor ini kita file-file kita ditempatkan. Apakah itu MP3, JPG, DOC, dan lain-lain. Jumlah sektor pada harddisk tergantung dari ukuran harddisk itu sendiri (untuk mengetahuinya Anda bisa lihat di keterangan produk harddisk atau masuk ke setup BIOS dan jalankan Autodetect harddisk). Walaupun jumlah sektor hard-

1. Software Utility
Harddisk.
Untuk pencegahan atau sebagai tindakan pertama yang sebaiknya kita lakukan jika sektor-sektor rusak ini telah menghiasi harddisk kita adalah dengan menggunakan software utility harddisk. Norton Disk Doctor buatan Symantec Corp adalah salah satu software yang bisa kita gunakan untuk mengatasi bad sector ini. Pada “Surface Scan” bad sector akan dianalisa (sektor rusak akan ditandai dengan blok berwarna hitam),

“Shutdown yang benar menghindari munculnya bad sector”

head dari piringan harddisk agar tidak bergesekan (atau bisa juga diistilahkan dengan parkir harddisk). Anda bisa bayangkan ketika harddisk yang sedang berputar dengan kecepatan 7200 rpm lalu komputernya dimatikan, maka

Dody Cahyadi MIKO KOMPUTER - Air Molek Telp: 0769 - 41854 Dodycahyadi@yahoo.com

12 PCplus

plusAd Motherboard Iwill
Iwill Corporation, salah satu pemimpin industri dan inovator motherboard dunia memperkenalkan DX400-SN yang diperuntukkan bagi prosesor Intel generasi terakhir, XeonTM, 7GHz. Iwill DX400-SN merupakan motherboard pertama yang beredar dipasaran untuk prosesor Xeon terbaru Intel. Motherboard yang berbasis chipset Intel 860 ini mendukung Front Side Bus (FSB) 400MHz, dan memori Rambus Quad Channel yang mendukung kecepatan transfer dari memori ke CPU atau CPU ke memori hingga 6,4GB per detik. Selain keunggulannya dalam mendukung FSB sampai 400MHz, motherboard untuk pemakaian dua prosesor (Symmetric MultiProcessing) ini juga telah mendukung arsitektur PCI 64 bit, AGP 4X atau AGP Pro 50 & 100.

No.36/II/03 Juli 2001

Iwill DX400-SN:

MOTHERBOARD PERTAMA DI DUNIA UNTUK DUAL PROSESOR INTEL XEON
Iwill DX400-SN didesain berbasis mikro arsitektur Intel ® NetBurst TM yang mengadopsi beberapa fitur baru untuk meningkatkan kinerja, seperti Hyper Pipelined Technology yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan hingga mencapai kecepatan clock tertinggi; Streaming SIMD Extentions 2 (SSE2) untuk meningkatkan kinerja video dan aplikasi-aplikasi Internet; Streaming SIMD Rapid Execution Engine untuk menjalankan perintahperintah pada sistem bus 400MHz. Teknologi Rambus yang tersedia mendukung kecepatan 1,6 GB per detik dari setiap kanal Direct Rambus, dengan kemampuan mendukung kecepatan yang lebih tinggi melalui beberapa kanal yang tersedia. Untuk mengambil keunggulan maksimal dari teknologi Rambus, DX400-SN mengintegrasikan dua hub repeater memori (MRHR) berbasis teknologi Intel RDRAM untuk menyediakan platform Quad Channel Rambus DRAM pertama yang mendukung kecepatan transfer hingga 6,4GB per detik. Kombinasi antara kinerja tinggi prosesor Intel Xeon dengan teknologi memori Rambus ini yang dipersembahkan DX400-SN sehingga motherboard ini cocok digunakan untuk aplikasiaplikasi profesional, seperti ecommerce, visualisasi data, streaming audio, video recognation, dan aplikasi-aplikasi intensif lain. Dukungan sistem bus Intel NetBurst 400MHz yang dikemas motherboard ini memiliki kecepatan tiga kali lebih cepat dibandingkan sistem bus Intel Pentium Xeon III saat ini. Melalui sebuah proses yang diberi nama Quad Pumping, transfer data yang menggunakan sistem bus berkecepatan clock 100MHz, dapat ditingkatkan untuk menopang transfer data 400MHz, sistem bus tercepat saat ini, yang mendukung transfer data ke dan dari prosesor hingga 3,2 GB per detik. Slot ekspansi yang disediakan DX400-SN cukup maksimal. Tersedia dua slot PCI 64 bit/66MHz, satu slot AGP 4X/ AGP Pro 50/100. Tersedia juga sebuah slot untuk 8 RIMM Memory Expansion Card yang dapat digunakan untuk meningkatkan DRDRAM hingga 8GB. Fasilitas tambahan lainnya yang menarik, motherboard ini mengintegrasikan kartu jaringan Intel 82550 LAN, Audio Codec AC’97, dan Qlogic Dual Channel Ultra 160 SCSI. Kapabilitas jaringan onboard yang tersedia mendukung jaringan 10 dan 100Mbps. Motherboard yang mendukung dua socket 603 untuk prosesor Intel Xeon 1,4GHz – 1,7GHz ini didesain untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan banyak proses (multithread) atau dalam lingkungan multitasking yang menuntut kinerja maksimal prosesor dan memori. Multitasking merupakan kemampuan melakukan banyak proses atau tugas dalam waktu yang bersamaan. Dengan dukungan Symmetric

Multi-Processing maka memungkinkan prosesor berbagi tugas sehingga proses dapat dilakukan lebih cepat. Dengan kata lain, apikasi-aplikasi yang menuntut kinerja intensif dari prosesor akan dikerjakan dengan lebih baik dan lebih cepat dengan DX400-SN. Dengan desainnya yang kaya fitur, DX400-SN sangat ideal digunakan sebagai workstation handal atau sebuah server yang menangani aplikasi-aplikasi profesional.

TENTANG Iwill
Iwill Corporation yang berdiri sejak 1989 merupakan pemimpin dan inovator dalam industri motherboard berbasis teknologi SCSI, IDE RAID, Double Data Rate, dan Dual Processor. Strategi kemitraan dan komitmen kepada pelanggan dibuktikan melalui produk-produknya yang memberikan kualitas, ketersediaan, dan kinerja yang tinggi. Iwill Corporation yang berkantor pusat di Taiwan ini memiliki beberapa kantor cabang di beberapa negara, meliputi USA, Japan, China, Korea, dan distributor di Indonesia, PT Terra Computer System. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs http:// www.iwill.net atau situs Terra Computer System, http:// www.terra.co.id

PCplus 13

plusOpini
Bambang S Nugroho
Pernahkah Anda membayangkan bahwa di tahun 2005 nanti kita bisa mengurus KTP secara online atau mengurus pembayaran PBB tanpa menemui birokrasi berbelit? Seandainya rencana yang sudah ditetapkan oleh pemerintah tentang e-government berhasil, maka sebuah terobosan di bidang teknologi informasi akan kita nikmati menyusul berkibarnya ecommerce yang telah duluan ada.

No.36/II/03 Juli 2001

APA KABAR E-GOVERNMENT?
situs dapat melakukan aplikasi transaksi yang memudahkan konsumen atau warga negara.

BANYAK KENDALA
Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan egovernment seperti dikatakan oleh Mas Wigrantoro Roes Setiyadi adalah: SDM, infrastruktur, budaya kerja dan hubungan sosial, regulasi (dalam pengertian terbatas maupun luas), anggaran, penguasaan teknologi, aplikasi, dan national leadership. Faktor SDM dan national leader-ship merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam hal ini. Tentunya kita juga menyambut gembira dengan dibentuknya sebuah tim yang dipimpin Ibu Megawati (Wakil Presiden RI) berkaitan dengan pengembangan teknologi informasi di Indonesia. Sejauh mana efektivitas tim tersebut, kita sebagai warga negara tentu harus ikut andil juga menyukseskan kerja besar ini! Seorang pelaku TI lainnya, Jonathan L Parapak dalam sebuah seminar e-government di Jawa Timur menjelaskan melalui sebuah media bahwa keberhasilan e-government secara mendasar akan mengubah cara pandang masyarakat terhadap pemerintah yang selama ini selalu berkonotasi jelek dengan ciri-ciri antara lain, inefisiensi, prosedur layanan berbelit-belit, biaya silu-

Birokrasi yang kerap
menimbulkan pungli dan menyedot dana masyarakat tanpa kejelasan arah akan dipangkas di dalam e-government! Artinya, nanti tidak ada lagi pungli petugas kelurahan atau petugas loket di kantor SAMSAT saat kita melakukan aktivitas tertentu. Pun efisiensi yang berkaitan dengan biaya bisa tercapai baik oleh pihak pemerintah maupun warga negara itu sendiri. Demikian juga halnya efektivitas karena dengan egovernment semua urusan akan dikerjakan oleh sebuah mesin komputer secara cepat dan tepat! E-government bukan sebuah impian, karena negara tetangga kita Singapura telah menerapkannya (http://www.ecitizen. gov.sg) semenjak beberapa tahun yang lalu. Pemerintah Indonesia sebenarnya layak mem-benchmark keberhasilan e-government di negara itu dengan cara melakukan studi banding bagi insan TI kita ke sana.

PENGERTIAN EGOVERNMENT
Dalam diskusi di milis mastele-commerce@yahoogroups.com dengan topik e-government, dijelaskan tentang definisi egovernment oleh World Bank yaitu "E-government refers to the use by government agencies of information technologies (such as wide area networks, the Internet, and mobile computing) that have the ability to transform relations with citizens, businesses, and other arms of government. These technologies can serve a variety of different ends: better delivery of government services to citizens, improve interactions with business and industry, citizen empowerment through access to information, or more efficient government management. The resulting benefits can be less corruption, increased transparency, greater convenience, revenue growth, and / or cost reductions " Artinya penggunaan teknologi informasi oleh aparat peme-

rintah mampu menjembatani hubungan dengan warga negara, pelaku bisnis dan dengan sesama pemerintah itu sendiri. Teknologi ini memberikan banyak manfaat di bidang perbaikan pelayanan pemerintah, meningkatkan interaksi dengan pelaku bisnis dan industri, serta pemberdayaan warga negara melalui informasi atau menjadikan manajemen pemerintah yang efisien. Keuntungan lain juga berupa mengurangi korupsi, meningkatkan transparansi, meningkatkan kenyamanan, peningkatan pendapatan, dan pengurangan biaya. Lebih lanjut Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, seorang anggota Mastel (Masyarakat Telekomunikasi) juga memberikan pendapatnya tentang topik ini. Beliau mengatakan di sebuah e-mailnya bahwa e-government bukanlah sebuah pekerjaan mudah yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Banyak faktor atau kendala yang harus dihadapi karena mengingat negara Indonesia terdiri banyak pulau dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa. Fakta seperti ini menuntut sebuah pembangunan infrastruktur yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan wilayah negara yang lebih kecil. E-government itu sendiri juga tidak identik dengan melaunching sebuah website yang mewakili pemerintah daerah atau pemerintah propinsi agar dibuka oleh masyarakat karena menyediakan informasi peta, hasil pertanian, atau berbagai

schedule resmi pemerintah. Namun lebih dari itu, karena egovernment yang dibangun dengan baik akan menyediakan layanan-layanan publik secara online, seperti pengurusan KTP, IMB, atau pembayaran PBB misalnya. Sehingga kita ambil contoh, website seperti http:// www.bantul-online.com nanti tidak sekedar menyajikan

negara kita tentang bagaimana meningkatkan kualitas infrastruktur Internet kita. Lantas bagaimana wajah egovernment kita saat ini ? Yang jelas sebagian besar website milik pemerintah saat ini masih berupa website informasi yang belum menyediakan layanan publik secara online. Pada saat kita membuka satu per satu website resmi pemerintah maka kita hanya mendapatkan informasi peta, profil lembaga, serta paling-paling sebuah search engine yang sedemikian mudah dibuat oleh seorang webmaster pemula. Ada baiknya saya mengutip pernyataan Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dalam e-mailnya, bahwa e-government adalah pekerjaan raksasa. E-government bisa diibaratkan dengan pesawat terbang yang bisa terbang secara fly by wire, tidak jatuh walaupun ada turbulance atau udara kosong (draging) dan pilot pun bisa dilihat sebagai pelanggan di samping sebagai komandan di pesawat terbang tersebut. Anggapan sementara orang bahwa e-government itu tidak sulit yakni bagaimana menyajikan layanan online kepada masyarakat bisa berarti memasang banyak control panel di cockpit pesawat tanpa memperhatikan apa-apa di balik tampilan instrumen tersebut. Masih banyak yang lupa bahwa di balik cockpit terdapat suatu sistem backoffice yang mendukung pesawat bisa terbang, selain itu juga dibutuhkan seorang pilot yang pandai, jadi bukan sekadar pilot.

SIAPA BERPERAN?
Kini sudah bukan saatnya lagi kalau perusahaan Telkom (pelaku tunggal dalam layanan telekomunikasi) melakukan gebrakan yang selalu kontroversial dan selalu merugikan masyarakat. Sampai saat ini infrastruktur Internet kita masih menggantungkan saluran kabel telepon yang dikelola oleh Telkom. Masyarakat kita sudah mendambakan perbaikan di sektor layanan publik semenjak dulu, sehingga kerja keras RM Roy Suryo (pengamat multimedia dan Internet) baru-baru ini yang menentang kenaikan tarif telpon perlu kita dukung bersama. Di sisi lain, pernyataan sikap dari Asosiasi Pengusaha Warnet Yogyakarta (AWAYO) yang mendukung dan siap membantu pelaksanaan e-government di Yogyakarta, misalnya, bisa dijadikan contoh bagi semua pihak. Hal ini juga membuka peluang bagi siapa saja yang ingin berkecimpung di dunia teknologi informasi, sebab masih terbuka lebar peluang untuk bekerja di sektor itu.

Beberapa Situs E-government
http://www.ecitizen.gov.sg http://www.e-government.govt.nz http://www.co.dakota.mn.us/e_government/ e_government.htm http://www.utah.gov/egov_services/registration.html http://www.its.state.ms.us/ http://www.buergerkarte.at/e-government.htm http://cio.ost.dot.gov http://www.rete.toscana.it/ http://www.commerce.state.az.us/ http://www.gcn.com/ http://www.bsi.de/fachthem/egov/ http://www.nzz.ch/ http://www.socitm.gov.uk/ informasi yang berkaitan dengan pemerintah daerah Bantul saja, namun penduduk Bantul bisa juga mengurus perijinan secara online dari sana. Coba pembaca sekalian membuka link http:// www.ecitizen.gov.sg atau http:// www.mfa.gov.sg/ yang merupakan portal e-government pemerintah Singapura, yang sederhana namun sarat menu layanan publik bagi warga negaranya. Jadi kira-kira egovernment itu bisa digambarkan seperti sebuah ecommerce di mana pengunjung man yang tinggi, hingga ketidakjelasan fungsi kelembagaan. Beliau juga mengatakan bahwa dengan e-government akan terjadi penghematan biaya administrasi sebanyak 75% serta akan memotong pengeluaran rutin dari anggaran pembelian perlengkapan pemerintah (procurement material) sebanyak 20 %. Jonathan L Parapak juga menambahkan, kita akan berhadapan dengan kendala buruknya koneksi Internet kita sehingga hal ini merupakan tantangan bagi para pelaku TI di

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya Yogyakarta

14 PCplus

plusDownload
DFX: Versaverter 1.6.0.112:

No.36/II/03 Juli 2001

DENDANG JADI KONVERSI PUN JADI MUDAH MAKIN ASYIK
Pernahkah Anda
dibuat pusing ketika harus mengonversi suatu satuan ke satuan lainnya? Kalau untuk urusan konversi satuan berat, jarak, suhu, gaya, atau volume, sedikit banyak tentu Anda sudah menghafalnya di luar kepala. Tapi bagaimana kalau ingin mengonversi satuan yang kurang umum digunakan? Misalnya untuk masalah resolusi gambar digital, transfer data, induksi, atau tipografi? Tentunya Anda harus membuka-buka dulu buku yang spesifik menjelaskan tentang itu. Mungkin juga Anda harus mencari daftar konversinya atau bertanya sana-sini kepada orang yang mengerti hal tersebut. Bila jawabannya memuaskan, barulah Anda bisa melakukan konversi. Dari segi efisiensi, ini akan menyita waktu Anda. Belum lagi ditambah bila terjadi kesalahan (human error) pada sistem konversi manual yang Anda lakukan. Apabila Anda telah mencoba program Versaverter yang dikeluarkan oleh pembuat software Paw Print, maka masalah Anda di atas pasti sedikitnya akan teratasi. Versaverter merupakan tool konversi satuan yang begitu lengkap dan bisa diandalkan. Program ini mampu menangani hingga 979 unit konversi -setelah program

Bagi yang hobi mendengarkan musik-musik MP3 dari
Winamp, software berikut ini sangat cocok untuk meningkatkan kualitas suara file-file musik Anda. DFX, begitulah nama software tersebut. Setelah terpasang, Anda bisa membandingkan kualitas suara yang dihasilkan. Untuk menginstalnya pun Anda tak membutuhkan ruang harddisk yang terlalu besar. Program ini bisa di-download di www.fxsound.com. Cara menginstalnya, jalankan file dfx5_0009_wp.exe yang berukuran 222KB. Ketikkan direktori Winamp, kemudian klik tombol Next. Aktifkan program Winamp, lalu tekan tombol Ctrl-P di keyboard Anda. Selanjutnya pilih opsi DSP/Effect pada Windows DSP/Effect Plug-in Select DFX [dsp_dfx.dll] dan kemudian klik tombol Close setelah selesai. Nah, kini setiap kali Anda mengaktifkan Winamp, otomatis program DFX pun akan langsung aktif. Anda pun bisa mengatur aneka fungsi seperti fidelity, ambience, dynamic boost, atau HyperBass yang tersedia pada versi shareware dan versi lengkap yang telah diregister. Khusus untuk versi teregister, Anda juga bisa menikmati pilihan fungsi 3D surround. Caranya, aturlah tombol fungsi-fungsi ini sesuai keinginan Anda. Selamat mencoba!
Husriadi Jl. Dr. Mansyur 70 (Asrama KKB USU) Medan 20154 husriadi@hotmail.com

Shutdown on time:

di-update. Bentuk penyajiannya terdiri atas tiga jendela dan beberapa tab kategori. Secara default, kedua jendela di sebelah kanan dan kiri identik satu sama lain untuk masing-masing kategori. Jendela sebelah kiri akan menampilkan pilihan unit yang ingin dikonversikan. Sedangkan jendela di sebelah kanan berisi beberapa pilihan satuan setelah proses konversi. Selain kedua jendela tadi, masih ada jendela ketiga yang merupakan media pemasukan data. Jendela ini secara otomatis akan menampilkan hasil konversi bila Anda sudah memasukkan nilai dari satuan asal yang ingin disesuaikan. Selain fungsi konversi unit, Versaverter juga memiliki fungsi kalkulator yang sudah terintegrasi di dalamnya. Ada pula fasilitas update software yang bisa Anda aktifkan dengan cara mengklik

icon Check for update via the Internet. Nah, untuk mengaktifkan fasilitas update software ini, tentunya komputer Anda harus terhubung ke Internet terlebih dahulu. Program Versaverter v1.6.0.112 yang berlisensi freeware ini bisa dioperasikan pada Windows 9x/NT/2000. Ukuran file instalasinya adalah 1,32MB dan tersedia dalam bentuk file vv160112.zip. File ini bisa Anda download lewat situs produk ini di http:// pawprint.net/vv/. Nah, bila Anda ingin melengkapi program ini dengan lebih banyak unit konversi lain, download saja sekalian pilihan Current Unit Data untuk update software ini. Oke, semoga program kecil ini bisa membantu Anda.
Ferdian Noor ferdi_vesa@usa.net

PENGATUR WAKTU SHUTDOWN WINDOWS
Inilah satu lagi program utiliti untuk mengatur waktu
shutdown Windows Anda. Program sederhana ini dibuat dengan menggunakan program Visual Basic 5.0. Anda bisa men-download program ini secara gratis dan bisa pula digunakan selama Anda suka. Program yang termasuk kategori open source ini menyediakan source code programnya bagi Anda yang berminat mengutak-atik utiliti ini. Untuk mendapatkan program ini, Anda harus men-download file instalasinya terlebih dulu dari www.winsite.com/bin/Info?2000000036265. Filenya tersedia dalam format ZIP dengan ukuran file 1,46MB. Cara menggunakannya sangatlah mudah. Anda tinggal menjalankan program Shutdown On Time ini dan klik tombol Insert shutdown time. Selanjutnya Anda bisa melihat tampilan kotak input dan Anda tinggal mengisi waktu shutdown yang diinginkan. Format penulisan waktu yang ditetapkan mengikuti "HH:MM:SS". Klik OK begitu selesai dan biarkan saja program ini beroperasi. Nah, selanjutnya program ini pun akan bekerja dengan sendirinya.

IconPax:

GONTA-GANTI TAMPILAN WINDOWS
Apakah Anda
merasa jenuh dengan segala bentuk tampilan, shorcut, dan icon Windows? Bosan dengan penampilan desktop dan icon pada tampilan Windows Explorer? Cobalah download program IconPax berikut. Anda bakal mendapatkan tampilan Windows yang lebih menarik. Utiliti IconPax ini bisa Anda peroleh di situs www.venus.dti.ne.jp/~mueji/ desktop/di/di_e.htm. Atau untuk informasi lainnya, silahkan lihat di situs www.southern.edu/people/ jrbeck/iconpacks/. Uniknya, program ini memberikan kebebasan bagi pemakainya untuk mengembangkan dan

Lilik Wahyudi yuds@usa.net

berkreasi membentuk aneka tampilan baru.Untuk menjalankan program ini, Anda tinggal menginstal program tersebut dalam folder Program Files. Nah, bila Anda sudah bosan dengan program ini, Anda tinggal melakukan uninstall langsung dari menu Add and

Remove Program pada Control Panel. Selamat berkreasi.
Edi Topan young@topanflash.com severus_young@bolehmail.com

PCplus 15

plusFokus
Kalau Anda punya dua keping prosesor Intel Pentium III 800 lalu dipasang pada motherboard yang menyediakan fasilitas dobel prosesor, apakah pasti kinerjanya akan menyamai sistem komputer Intel Pentium 4 yang berkecepatan 1,6GHz? Pengujian yang dilakukan di lab PCplus, dilengkapi ulasan dari berbagai sumber menunjukkan, tidak serta merta kecepatan sistem Pentium III 800 meningkat dua kali lipatnya.

Alois Wisnuhardana, Silvester Sila Wedjo

No.36/II/03 Juli 2001

plusFokus
Mungkin menurut Anda judul tersebut terlalu ngada-ada. Namun kenyataannya, PCplus mendapati dari 3 produk yang berhasil diperoleh yaitu Iwill DVD266R, ABIT VP6, dan TyanS2507 Tiger 230, semuanya menawarkan fitur menarik berupa kemampuan overclock yang sedemikian mudah. Dari 3 produk tersebut, ternyata dua di antaranya menawarkan kemudahan overclock lewat BIOS sehingga tak perlu lagi mengatur setting CPU clock atau Front Side Bus (FSB) secara manual lewat berbagai jumper pada body motherboard.

Silvester Sila Wedjo

No.36/II/03 Juli 2001

MENIMBANG-NIMBANG PC BERPROSESOR GANDA

Dengan kata lain, SMP ini memungkinkan dua prosesor yang karakternya sama untuk berbagi segala sesuatu yang ada di dalam sistem. Pada umumnya, SMP ini memungkinkan pemasangan prosesor sampai 16 buah. Untuk bisa bekerja, prosesor yang digunakan pun tidak sembarangan. Ia mempersyaratkan tiga hal yakni: • Kecepatan prosesor sama • Ukuran cache L2 sama • Voltase yang digunakan untuk masing-masing prosesor sama. Bahkan, ada persyaratan lebih ketat yang digariskan oleh sebuah situs analis independen, di mana seri prosesor yang digunakan pun harus sama. Maksudnya? Begini. Di bagian punggung prosesor selalu tercantum seri tertentu. Prosesor Intel memiliki kode seri lima karakter huruf dan angka. Misalnya saja salah satu prosesor yang digunakan PCplus yakni Intel Pentium III 800MHz yang berseri SL4CD. Untuk bisa bekerja secara dobel, kata analis ini, seri kepingan prosesor yang lain pun harus bertanda huruf awal S. PCplus ingin membuktikan analisis ini, dengan menggunakan prosesor dengan cache berbeda, di mana yang satu merupakan Intel Pentium III 800 dan satu lagi Pentium III 800 EB yang memiliki cache berbeda. Ternyata, sistem tetap bisa bekerja normal.

MUDAHNYA MENG-OVERCLOCK MOTHERBOARD DUAL PROSESOR

Seandainya pun kita
membayangkan ada Pentium III berkecepatan 1,6 GHz (dengan alasan sistem Pentium 4 memiliki arsitektur berbeda dengan Pentium III) lalu diuji, apakah hasilnya akan tetap sama? Ternyata tidak! Meski begitu, tetap saja ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari pemasangan dua prosesor pada satu sistem komputer.

AGUNG/PCplus

SEJAK CHIPSET 440BX
Perusahaan motherboard yang pertama kali memperkenalkan dual processor dalam sebuah sistem PC adalah ABIT. Menggunakan chipset Intel 440BX, motherboard ABIT BP6 ini diluncurkan pertengahan September 1999 lalu. Dari sisi chipset yang digunakan, Intel, VIA, dan AMD tetap jadi pemain inti, tanpa pemain alternatif. Seperti sudah disinggung di atas, Intel merilis 440BX yang untuk pertama kalinya mampu menangani pekerjaan multiprocessing dalam sistem PC. Sementara VIA mengandalkan Appolo Pro133A dan Appolo Pro266. AMD menjadi pemain terakhir lewat AMD760MP, yang dimaksudkan buat menopang prosesor Athlon yang mereka keluarkan. AMD760MP sendiri baru diluncurkan di bersamaan dengan pameran Computex 2001 di Taipei, Taiwan, awal Juni lalu.

UNTUNG RUGI
Sampai sekarang, tidak banyak pemain motherboard yang menyediakan produk motherboard yang menggerakkan dua prosesor sekaligus. Hasil penelusuran PCplus ke berbagai situs Internet dan juga konfirmasi ke beberapa distributor motherboard di pasar Indonesia memperlihatkan, kurang dari sepuluh produsen motherboard yang menjual papan induk PC untuk prosesor ganda tersebut.

Beberapa di antaranya adalah ABIT, AOpen, ASUS, ECS, Intel, IWill, MSI, dan Tyan. Mengapa bisa demikian? Komputer dengan prosesor ganda pada umumnya diperuntukkan sebagai sistem server atau workstation grafis. Pekerjaan-pekerjaan tersebut pada umumnya komputasi yang luar biasa besar, sementara pada saat yang sama juga memerlukan kecepatan transfer data yang tinggi. Motherboard dobel prosesor hanya mampu meningkatkan kemampuannya dalam aplikasiaplikasi tertentu, dan tidak untuk seluruh aplikasi berbasis komputer. Bahkan beberapa program rendering video atau program animasi pun hanya memanfaatkan tenaga ekstra yang dimiliki oleh prosesor kedua. Pengujian menggunakan 3D Studio Max R3 dan Cinema 4D XL 5.3 oleh Tomshardware (www.tomshardware.com) memperlihatkan lemahnya penanganan sistem berprosesor ganda. Bahkan, software penyuntingan video populer Adobe Premiere pun hanya menggunakan kapasitas tenaga dari dua prosesor tersebut secara sangat minimal. Dari sisi sistem operasi pun, komputer dengan dual prosesor tidak banyak pilihannya. Windows 98 atau Millennium yang paling populer digunakan di seluruh dunia tidak memiliki dukungan terhadap pengoptimalan kerja

dual prosesor. ABIT dan IWill yang diuji PCplus menunjukkan, sekalipun Windows 98 tetap bisa bekerja dengan prosesor ganda, kinerja yang dihasilkan tidak akan meningkat dua kali lipat, karena Windows 98 tidak memiliki core system yang menopang kerja dua prosesor secara bersama-sama. Lalu, sistem operasi apa yang mampu mendukung sistem PC berprosesor ganda? Jawabnya, hanya Windows NT, Windows 2000 Pro, SCO Unix, Free BSD, dan Linux RedHat. Bahkan, bila Anda ingin menggunakan Windows NT pun Anda harus mencari sebuah program kecil yang disebut uptomp.exe, yang ditujukan untuk meng-upgrade instalasi single processor ke multi processor. Sayangnya, seperti ulas Tomshardware, program ini mengandung bug, sehingga Anda perlu mendownload patch dari situs Microsoft. Untuk lebih aman, Anda pun perlu mem-backup beberapa file penting sebelum mengubahnya menjadi SMP. File-file itu antara lain Hal.dll, Kernel32.dll, Ntdll.dll, Ntoskrnl.exe, Win32k.sys, dan Winsrv.dll. Keuntungan yang paling menonjol dari penggunaan aplikasi dual processor tentu saja tetap ada. Dibandingkan dengan motherboard berprosesor tunggal, sistem prosesor ganda memberikan keuntungan ketika si pengguna menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu

bersamaan. Bila dalam sistem tunggal kita sering menjumpai komputer tiba-tiba kehilangan tenaga, dalam prosesor ganda beban pekerjaan komputasi itu dibagi antara dua prosesor, sehingga Anda tidak akan merasakan sistem menjadi sangat lamban. Oleh karenanya, motherboard berprosesor ganda ini benar-benar maksimal bila dibangun sebagai sebuah sistem server, di mana berbagai akses melewati jaringan (Internet ataupun Local Area Network) bisa ditangani dalam waktu bersamaan. Masing-masing prosesor memiliki tanggung jawab yang untuk menjalankan perintah-perintah yang sama dalam waktu yang bersamaan pula.

PERBANDINGAN DAN KESIMPULAN
Kita sudah membuat beberapa asumsi dan sekaligus membuktikannya, bahwa pemakaian prosesor ganda dalam suatu sistem PC tidak dengan serta merta meningkatkan kecepatan proses sampai dua kali. Bahkan mendekati sistem yang menggunakan prosesor tunggal berkecepatan dua kali lipatnya pun tidak. Beberapa analis menyebutkan, peningkatan yang bisa dicapai paling-paling berkisar dari 20-85 persen, tergantung dari aplikasi yang dijalankan. Dari sisi mekanisme eksekusi perintah pada motherboard tunggal yang mengandalkan SMP, sistem PC berbasis prosesor ganda relatif paling tepat untuk dijadikan sebuah server, di mana aplikasi-aplikasi yang sama bisa dikerjakan dalam waktu yang sama pula. Sementara, bila digunakan sebagai workstation, sistem berprosesor ganda tidak akan mendongkrak secara signifikan suatu aplikasi yang dijalankan, namun hanya akan mempercepat aplikasi-aplikasi multitasking yang dijalankan pada waktu yang bersamaan.

SMP
SMP di sini tentu saja bukan jenjang sekolah. SMP singkatan dari Symmetric Multiple Processor atau Symmetric Multiple Processing. SMP merupakan fitur yang disediakan oleh Intel, di mana prosesor-prosesor tertentu yang dibuatnya mampu bekerja dalam dua socket 370. SMP sendiri didefinisikan sebagai suatu suatu pemrosesan program oleh multiprosesor, sehingga memungkinkan prosesor berbagai sumber daya seperti sistem operasi dan memori. Dalam modus SMP tersebut, prosesor menggunakan memori dan bus untuk input/output alias I/O atau jalur data yang menjadi jalan rayanya.

16 PCplus

PCplus 17

plusFokus
Untuk merk Iwill DVD266R, kemampuan overclock-nya tergolong bagus dan bisa “diutak-atik” lewat salah satu fitur BIOS-nya yaitu Iwill Smart Setting. Pada bagian ini, pengguna yang ingin meng-overclock seakan diberi ‘angin surga” oleh pabrik pembuatnya. Bayangkan, CPU Clock yang di-support lumayan bagus yaitu mulai dari frekuensi 66MHz hingga 200MHz dengan kenaikan setiap 1MHz. Dengan kenaikan setiap 1MHz ini, tentu saja risiko kerusakan yang mungkin ditimbulkan bisa diminimalisir karena kenaikan yang bertahap. Tentu saja fitur ini sangat memuaskan pengguna yang haus akan overclock. Bukan apa-apa, motherboard yang berbasis Intel pada umumnya mengunci CPU clock ini hanya pada 3 pilihan umum saja yaitu 66MHz, 100MHz, atau 133MHz. Tak hanya itu. Iwill memberikan pula CPU clock ratio atau yang lebih dikenal sebagai multiplier alias faktor pengali dengan range yang lumayan besar. Multiplier yang disediakan mulai dari 3,0 hingga 8,0 dengan kenaikan setiap 0,5 poin. Tegangan dasar atau Vcore yang juga harus di-setting secara tepat untuk overclock juga bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. Enaknya, bila pengguna agak ragu menentukan tegangan yang sesuai dengan CPU clock maupun faktor pengalinya, posisi auto untuk CPU Vcore setting bisa menentukan secara otomatis tegangan yang dibutuhkan buat mendukung kerja prosesor. Meski bisa di-setting pada posisi auto, Vcore juga bisa ditentukan secara manual mulai dari 1,06Volt hingga 2,05Volt dengan kenaikan tegangan setiap 0,5V. Sayangnya, ketika PCplus mencoba “menggeber” prosesor dengan kecepatan 133MHz dan faktor pengali 4,0, secara tiba-tiba komputer jadi hang sehingga terpaksa dilakukan clear CMOS untuk mengembalikannya pada keadaan awal. Lain lagi yang dilakukan ABIT untuk pengguna motherboardnya dari jenis VP6 ini. Mereka juga menerapkan sistem jumper free untuk urusan overclock dan mempercayakan sepenuhnya urusan ini pada BIOS melalui salah satu fiturnya yaitu SOFT MENU III. Pada bagian ini, pengguna juga bisa menggenjot lebih keras lagi kemampuan prosesor mereka. Hanya saja,

Silvester Sila Wedjo

No.36/II/03 Juli 2001

“Angin surga untuk overclock”

FOTO-FOTO dok. PCplus

sedikit berbeda dengan Iwill DVD266-R, VP6 ini memberikan beberapa pilihan

diatur sedemikian rupa sehingga CPU clock yang bisa dipakai cuma dua buah yaitu

mungkin ditimbulkan karena pemakaian CPU clock yang tidak “umum”.

berpihak pada para overclocker juga memberikan berbagai pilihan. Tidak seperti Iwill yang faktor pengalinya hingga sampai angka 8, ABIT sengaja mengusung faktor pengali yang ada pada produk ini mulai dari 3,0 hingga 12,0 dengan kenaikan setiap 0,5 poin. Ketika diuji dengan menaikkan faktor mengali maupun CPU clock hingga 133MHz dan 6,0, sistem PC yang ada belum mengalami perubahan apa-apa kecuali muncul bunya berdenyit dari fan pada awal operasi. Namun demikian, setelah sistem beradaptasi, dalam satu-dua menit, bunyi berdenyit tersebut hilang dengan sendirinya. Tidak seperti dua merk motherboard di atas, Tyan tidak memberikan kemudahan overclock melalui BIOS. Mereka lebih memilih menempatkan jumper khusus yaitu jumper 9 untuk CPU clock yang ingin dipakai. Opsi-opsi yang diberikan memang jauh lebih terbatas karena pengguna tidak bisa mengatur multiplier atau CPU speed sesuai kehendak. Begitu pula dengan FSB yang

“Untuk menggeber kemampuan grafis”

(option) yang “tak bisa diganggu gugat” oleh penggunanya. CPU Operating Speed yang ada misalnya

pada frekuensi 100 dan 133MHz. Hal ini sengaja dilakukan untuk menghidari risiko kerusakan yang

Untuk faktor pengali, ABIT yang juga dikenal sebagai salah satu merk motherboard yang sangat

bisa di-support boleh dibilang standar yaitu 66MHz, 100MHz, dan 133MHz. Kemudahan overclock yang diberikan para produsen tersebut bisa jadi berkaitan erat dengan kegunaan dari motherboard dual processor tersebut yang kebanyakan digunakan untuk server atau tugas berat lainnya. Dengan tugas berat yang dibebankan, bisa jadi pengguna juga ingin memacu sistem PC yang memakai teknologi ini supaya mencapai performa yang optimal. Salah satu caranya ya dengan overclock tadi.

18 PCplus

plusFokus
Iwill DVD266-R: LENGKAP FITURNYA GAMPANG INSTALASINYA
Bila Anda merencanakan untuk memasang sistem komputer dengan dual processor, motherboard keluaran Iwill ini bisa jadi salah satu alternatif. Selain instalasinya mudah, motherboard ini menjanjikan overclocking yang mudah, dengan mengeset clock ratio CPU satu poin demi satu poin, mulai dari 66 sampai 200MHz. fitur yang dimiliki oleh motherboard seri ini antara lain, interface AGP 4x, ACR support, bus tipe V-link dengan bandwidth 266MB/sec yang menghubungkan North Bridge dan South Bridge, modem MC-97 terintegrasi, kontroler ethernet BaseT 10/100 yang terintegrasi, dan protokol ATA100. Masih ditambahkan pula satu slot ACR (advanced communication riser). Menggunakan chipset Appolo Pro266, motherboard ini mampu dipasangi memori maksimal sampai 4GB, dengan bus memori sebesar 2,1GB/detik. Slot PCI yang dimiliki ada 5 buah, sementara port untuk USBnya bisa dipasang sampai 6 buah. Ukurannya motherboardnya sendiri bertipe ATX dengan dimensi 305x260mm. Lantaran memang diorientasikan sebagai sistem server, tentu saja Iwill menyediakan konfigurasi harddisk dengan sistem IDE-RAID (Redundant Array of Independent Disks), di mana si pengguna bisa mengeset dalam tipe 0 (mirroring), 1 (stripping), dan 0+1 (mirroring and stripping). Yang dimaksud dengan mirroring di sini adalah mekanisme penyimpanan menggunakan dua harddisk yang berukuran sama, di mana data pada harddisk pertama digunakan sebagai penyimpan data utama, sedangkan harddisk kedua digunakan sebagai back-up data. Sementara pada pengesetan stripping, data Yang menguntungkan dan membuat kinerja IWill terasa optimal adalah pemanfaatan memori tipe DDR, yang sudah semakin memasyarakat. Selain menjanjikan keunggulan dari segi kecepatan dibandingkan dengan memori SDRAM, kesalahankesalahan yang diakibatkan oleh memori menjadi lebih kecil karena secara kualitas, teknologi DDR memang sudah lebih baik dibandingkan dengan SDRAM. Lalu, prosesor kecepatan berapa yang bisa ditancapkan di motherboard ini? Intel Pentium III 500MHz hingga 1GHz dengan tipe FC-PGA bisa ditancapkan di

No.36/II/03 Juli 2001

ABIT VP6: MOTHERBOARD STANDAR DENGAN FITUR LUMRAH
Sama seperti halnya Iwill yang diuji PCplus, motherboard ABIT VP6 ini menggunakan chipset VIA, masing-masing VT82C694X untuk North Bridge dan VT82C686B. ABIT VP6 juga memiliki skala dukungan yang luas untuk protokol IDE-nya, mulai dari Ultra DMA 33, 66, sampai dengan 100.

non-ECC. Dibandingkan dengan IWill DVD266-R, motherboard ini masih agak minim fasilitas, mengingat ia hanya menyediakan dua konektor USB. Tentu saja, ada beberapa kemiripan fitur seperti slot AGP yang sama-sama bisa bekerja sampai 4x, selain untuk 1x dan 2x. Dengan dimensi berukuran 305x245mm berbentuk ATX form factor, motherboard ini menyediakan lima buah slot PCI, dan header untuk Wake on LAN, dan Wake on Modem. Tersedianya fasilitas ini jelas mengindikasikan bahwa ABIT

Beberapa

yang akan disimpan dalam harddisk akan dipecah dalam dua bagian, sehingga dua media simpan itu dimanfaatkan secara bersama-sama, tetapi hanya digunakan untuk menyimpan suatu file data. Ketika data diakses, secara bersama-sama data akan dipanggil dari kedua harddisk dalam waktu bersamaan. Keuntungannya dari pengesetan model ini adalah akses data menjadi lebih cepat.

motherboard ini, baik hanya satu prosesor maupun dua prosesor sekaligus. Untuk memasang satu prosesor, Anda tidak perlu mengutak-atik jumper, karena BIOS langsung bisa mendeteksinya. Yang agak disayangkan, tidak disediakan kontroler SCSI onboard, di mana seringkali fitur ini menjadi salah satu pertimbangan pengguna yang memang mengandalkan kecepatan transfer data.

Berbeda dengan Iwill
yang menyediakan fasilitas slot memori DDR, ABIT masih menggunakan teknologi memori tipe SDRAM, di mana memori yang bisa tertancapkan maksimal mencapai 2GB. Untuk mengurangi risiko error ketika menjalankan aplikasi, tentu saja motherboard ini pun menyediakan fitur ECC-SDRAM yang merupakan penyempurnaan dari teknologi SDRAM

pun sudah mengintegrasikan fasilitas kontroler ethernet di dalamnya dan juga kontroler modem. Setting BIOS di motherboard ini pun sangat gampang dan Anda tinggal mengatur clock ratio yang Anda inginkan melalui BIOS ini. Sama seperti Iwill, Anda juga bisa menyetel, apakah motherboard ini akan dijalankan dengan prosesor tunggal atau ganda.

PCplus 19

plusUpgrade
Duduk perkara tentang PCI (peripheral component interrupt) sudah kita ketahui minggu lalu. Sekarang kita akan menelusuri lebih jauh, kenapa PCI benar-benar merupakan saksi kunci dalam pembicaraan kita tentang mekanisme data di motherboard dan terlihat memperlihatkan keperkasaannya dibanding slot ISA. Yang perlu kita camkan, PCI memiliki performa paling tinggi di antara bus-bus untuk input/ output (I/O) yang digunakan dalam PC.

Alois Wisnuhardana

No.36/II/03 Juli 2001

LEBIH DALAM DAN MAKIN SAYANG PADA PCI
versi 2.1 yang ada saat ini mampu dikembangkan dengan kecepatan 66MHz dan besaran 64-bit. Memang, kebanyakan PC sekarang ini masih menggunakan PCI berkecepatan 33MHz dan 32-bit dan untuk jalur data video, sudah tombak dalam menancapkan kartu video. Selain itu, bisa pula dipasang adapter SCSI atau kartu jaringan (LAN card). Harddisk pada umumnya juga menggunakan bus PCI, tetapi hampir semua motherboard langsung menghubungkan menangani peranti-peranti tersebut.

INTERNAL INTERRUPTS
Apaan nih maksudnya? Ya, bus PCI pun menggunakan sistem internal interrupt untuk berkomunikasi dengan kartu-

Ada beberapa faktor yang membuat bus
PCI jadi powerful dalam memainkan peranannya sebagai jalur lintasan transportasi data di PC. Pertama adalah fitur Burst Mode yang dimilikinya. Dengan adanya mode burst ini, bus PCI mampu mengangkut informasi dalam satu kali langkah, di mana setelah dilakukan pengalamatan awal di memori utama, seperangkat data dapat ditransmisikan ke dalam galur alamat yang sesuai, dalam sekali angkut. Dengan kata lain, data diangkut dalam sekali jalan. Mode pengangkutan ini berbeda dengan model aliran data lainnya seperti streaming (aliran terus-menerus tanpa terputus. Faktor kedua adalah bandwidth yang dimiliki oleh PCI, yang lebih lebar dibandingkan dengan bandwidth ISA punya. Bus PCI

melalui layar BIOS, di mana ia mampu mengendalikan operasi kartu-kartu PCI. Interrupt-interrupt ini, bila diperlukan oleh kartu-kartu yang terpasang dalam slot, bisa terpetakan dalam interrupt reguler, biasanya pada IRQ 9 sampai dengan IRQ 12. Dalam sistem di mana terdapat lebih dari empat slot PCI atau empat slot PCI plus kontroler USB (yang menggunakan PCI), dua atau lebih peranti yang memanfaatkan slot PCI berbagi satu IRQ. Nah, ilmu tentang IRQ ini akan kita pelajari tersendiri supaya kita tidak bingung dan lebih gamblang menangkap apa sesungguhnya fungsi IRQ dalam sebuah sistem komputer.

AGUNG/PCplus

“Masih banyak digunakan sebagian besar motherboard”

AGUNG/PCplus

“AGP berjejer dengan PCI”

ada komponen AGP (accelerated graphics port) yang jauh lebih cepat. Bus PCI umumnya menawarkan variasi yang lebih besar untuk penerapan kartukartu tambahan dibandingkan dengan VL-bus. Pada umumnya, sebelum ditemukan AGP, PCI menjadi ujung

drive harddisk ke motherboard langsung sehingga langsung masuk ke sistem. Yang perlu diingat, tidak semua komponen bisa bekerja dalam bus PCI, terutama untuk port serial dan paralel, yang masih menggunakan bus ISA. Untungnya, bus ISA pun masih cukup punya kecepatan untuk

kartu yang menggunakan jalur bus-nya. Interrupt ini sering disebut sebagai Interrupt #A, #B, #C, dan #D. Istilah Interrupt #A, #B, #C, dan #D ini digunakan untuk menghindari kekacauan dalam penomoran sistem IRQ. Yang membedakan, interrupt ini biasanya tidak dapat dilihat oleh user kecuali

Ini akan memperjelas keyakinan kita, bahwa kita tidak bisa meremehkan PCI sebagai tulang punggung dalam berkomunikasi, sama halnya kita tidak boleh sekalipun meremehkan komunikasi dengan pacar kita tercinta, misalnya. Apalagi saat ia membutuhkan kita.

20 PCplus

plusBelanja
Begitulah hukum dagang yang berlaku, di mana setiap kali ada sebuah produk yang laku keras di pasaran, tak lama kemudian pasti akan muncul produk palsunya yang mendompleng ketenaran yang asli. Dan gilanya, bukan hanya pakaian atau tas saja yang bisa dipalsukan, motherboard yang notabene harus menggunakan teknologi canggih pun ada barang palsunya!

Silvester Sila Wedjo

No.36/II/03 Juli 2001

AWAS... ASUS CUSL2-C PALSU BEREDAR DI PASARAN!
lebih hitam dan kasar dibanding yang asli. Begitu pula dengan pemilihan komponen yang dipakai pada body motherboard. Beberapa transistor dan kapasitor yang dipakai memiliki warna dan besaran yang berbeda dengan produk yang asli. Warna bus PCI yang dipakai juga tampak lebih kusam dari yang asli. “Yang pasti, kualitas komponen yang dipakai pasti lebih rendah dan lebih murah untuk menekan harga jualnya,” tambah sumber tadi. Tandatanda yang lain juga bisa dikenali dengan menyandingkan produk yang asli dengan yang palsu, misalnya pemilihan bahan socket 370 yang dipakai maupun komponen-komponen yang lain yang terlihat jelas perbedaannya.

Tak lebih dari setengah
tahun sejak PCplus memberitakan adanya motherboard ASUS palsu dari tipe P2BF dan P3BF, kali ini produsen motherboard ternama asal Taiwan ini kembali diguncang dengan hadirnya “cloning illegal” salah satu produknya. Kali ini yang dipalsukan adalah produk andalannya yaitu jenis CUSL2-C. Tidak seperti jenis terdahulu yang dipalsukan –di mana perbedaannya masih dapat dikenali dengan mudah- CUSL2-C palsu ini benar-benar mirip dengan yang asli bak pinang dibelah dua. Dari segi komposisi maupun arsitektur hardware yang dipasang, secara umum hampir sulit dibedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Apalagi yang palsu juga terangterangan memakai merek dagang ASUS di body motherboardnya! Menurut salah satu sumber yang dapat dipercaya dan tidak bersedia disebut namanya, keberadaan produk palsu ini sendiri sebenarnya sudah

“Sekilas kemasan antara yang asli dan yang palsu sulit dibedakan”

Kesangsian adanya CUSL2-C ini akhirnya terjawab sudah ketika pihak distributor akhirnya berhasil “menangkap basah” produk palsu tersebut di pasar komputer Surabaya pada tanggal 12 Juni 2001 yang baru lalu. Mereka menduga produk tersebut dibuat di China dan dilempar ke pasar komputer Indonesia oleh pihak yang sama, yang memasarkan motherboard jenis P2BF dan P3BF palsu. “Jaringannya sudah berhasil kami ketahui. Hanya saja kami masih kesulitan untuk menghentikan kegiatan mereka,” ungkap sumber tadi. Diduga kuat, produk palsu ini

setelah diperhatikan lebih seksama, beda antar keduanya dapat dikenali meski sangat “tipis”. Sumber tadi bahkan menjelaskan, banyak pedagang yang juga tak bisa membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. PCplus sendiri yakin pembeli yang awam pasti jadi sasaran empuk, mengingat perbedaan fisik antarkeduanya memang sulit dilacak. Apalagi pihak pemalsu juga cerdik dengan selalu mengikuti setiap perubahan atau revisi yang dilakukan pada CUSL2-C yang asli. Makanya tak mengherankan jika kemudian yang palsu benarbenar sulit dibedakan dengan yang asli. Sayangnya, PCplus tidak berhasil meminjam produk asli dan palsu tersebut untuk dibenchmark karena produk yang palsu rencananya akan segera dibawa ke Taiwan untuk dilaporkan sekaligus diuji.

yang berasal dari pihak distributor. Produk palsu sama sekali tidak memberikan segel apapun pada komponen yang satu ini untuk menjamin kualitas motherboard yang dikeluarkannya. Tanda lain yang sulit dipenuhi adalah segel garansi maupun kartu garansi resmi dari pihak distributor. “Mana mau distributor CUSL2-C palsu memberi garansi produk mereka. Paling-paling hanya garansi toko,” tutur sumber tadi. Penanda lain adalah pada PCB, di mana pada produk palsu sama sekali tidak terdapat identitas pabrik PCB motherboard tersebut. Sumber tadi juga menambahkan, dari awal calon pembeli harusnya sudah mulai curiga ketika mendapati harga yang ditawarkan pedagang jauh di bawah dari harga pasaran. Ya, sebagai tanda awal, beda yang paling mencolok adalah perbedaan harga yang bisa mencapai 10 dolar dibanding produk yang asli. Tapi bagaimana mengetahui CUSL2-C yang dibeli asli atau tidak sedang pengguna membelinya dalam satu paket komputer lengkap yang tidak boleh diutak-atik supaya garansi dari toko tetap berlaku? Mudah saja sebenarnya. Tips yang

Foto-foto: AGUNG/PCplus

“Sukar dideteksi bila tanpa pembanding yang asli”

TANDA YANG BISA JADI PEGANGAN
Serupa tapi tak sama. Meski bentuk maupun kemasannya bagai pinang dibelah dua dan belum sempat di-benchmark untuk mengetahui perbedaan kualitasnya, ada saja tandatanda pembeda yang bisa dijadikan patokan untuk membedakan produk “kembar ilegal” tersebut. Salah satu contohnya misalnya cetakan huruf pada kemasan palsu tidak sehalus yang asli. Begitu pula bayangan hitam pada tulisan di kemasan terlihat berlebihan dan tampak tidak rapi. Hal yang sama juga jelas terlihat pada buku manual CUSL2-C palsu, di mana cetakan gambar tidak terlihat jelas dan

“Pastikan segel terpasang pada CMOS dan hologram logo distributor”

tercium sejak lama. Namun, pihak tersebut masih sangsi, apa betul jenis motherboard tersebut ada palsunya. Bukan apa-apa, selain teknologi yang digunakan sudah sedemikian canggih, berbagai “pengaman” dan tanda pembeda sengaja dipasang pihak produsen agar tidak “terjeblos” kedua kalinya untuk masalah pemalsuan ini.

dipasarkan ke pasar Indonesia dalam jumlah besar. Alasannya ya itu tadi, CUSL2-C merupakan salah satu motherboard ASUS yang laku di pasaran. Saat pertama disodori CUSL2-C yang asli dan yang palsu, PCplus sendiri benar-benar dibuat bingung untuk membedakan, mana yang asli dan mana yang bukan. Namun

Namun demikian, sumber tadi juga mewanti-wanti untuk tetap waspada karena semua tanda pembeda ini bisa dengan mudah diperbaiki oleh pihak pemalsu untuk menyamakan dengan CUSL2-C yang asli. “Sulit untuk menjadikan tanda-tanda tersebut sebagai patokan mengingat pihak pemalsu juga selalu memperbaiki kekurangan mereka,” tambah sumber tadi. Lalu, pembeda apa dong yang bisa dijadikan patokan? Salah satu ciri pembeda adalah hologram ASUS yang dikeluarkan oleh pihak distributor. “Masih sulit buat pemalsu untuk membuat hologram yang dipasang pada chipset CUSL2-C asli,” ucap sumber tadi. Tanda kedua yang bisa dijadikan pegangan adalah adanya segel pada baterai CMOS pada merek yang asli

paling mudah adalah meminta box maupun kartu garansi dari toko tempat mereka membeli untuk memastikan motherboard yang mereka beli adalah yang asli. Begitu pula yang harus dilakukan saat membeli PC lengkap yang memakai CUSL2-C sebagai motherboardnya. “Jangan mau beli paket PC tanpa box motherboard beserta kartu garansi dari distributor,” tutur sumber tadi. “Yang pasti, kalau beli CUSL2-C asli, garansi selama 2 tahun untuk motherboard ini pasti didapat,” tambahnya lagi. Nah, makanya Anda harus lebih hati-hati dalam membeli. Dengan memperhatikan tandatanda pembeda ini, mudahmudahan Anda tidak tertipu dengan CUSL2-C yang palsu yang bisa membuat Anda kecewa!

PCplus 21

plusKerja

No.36/II/03 Juli 2001

JANGAN JATUH CINTA PADA MISS WORLD!

22 PCplus

plusInteraksi
HAPUS TEMPORARY FOLDER

No.36/II/03 Juli 2001

mau bertanya, sebenarnya apakah ada problem kalau kita menghapus isi folder Temporary? Saya masih merasa tidak yakin untuk menghapusnya. Tolong penjelasannya ya? Thanks
~KummY~ xxx@gmx.com

+ Halo teman-teman, saya

KEGUNAAN FILE PDF
Apa sih kegunaan file PDF ini, soalnya saya sering mendengar tapi belum mengetahui kegunaannya? Tolong dijelaskan ya. Thanks, Enggar (xxx@lpkt.com)

+

Tidak ada masalah, justru template di directory temporary folder itu harus dihapus untuk membantu proses pencarian data. Kalau Anda menginstal program sebelum setup berjalan biasanya diekstrak di folder temporary terlebih dulu, baru setup dijalankan. Setelah instalasi selesai, file di folder temporary tersebut tidak berguna lagi dan memang sebaiknya dihapus saja. Yang dihapus adalah file-filenya sedangkan foldernya jangan dihapus. Kalau tidak sering dilihat, dikhawatirkan membludak sekian banyak file dengan jumlah besar. Namun, proses penghapusan sebaiknya tidak dari Windows. Hapus sebelum masuk Windows dengan menaruh file di autoexec.bat. Caranya dengan menambahkan: del c:\windows\temp\*.* Memang ketika file-file tersebut dihapus secara manual, sering muncul prompt peringatan bahwa file tersebut mungkin diperlukan program lain. Dihapus secara manual pada Windows Explorer juga tidak apa-apa, asal sering dicek. Memang sebaiknya perintah penghapusan file-file tersebut ditambahkan pada autoexec.bat, sehingga setiap kali komputer hidup, harddisk sudah bersih. Untuk Windows ME yang tidak bisa diganggu autoexec.bat-nya, bisa diakali dengan membuat file batch dan membuat shortcutnya pada startup serta bila perlu di-set Run Minimized dan Closed on exit pada shortcut properties-nya. Misalnya: @ECHO OFF DELTREE/Y C:\WINDOWS\TEMP*.* CLS EXIT Jika kita menggunakan perintah DEL, maka akan muncul prompt yang meminta konfirmasi. Untuk menghindari hal tersebut, pergunakan DELTREE/Y yang maksudnya mengonfirmasi sendiri. Ada baiknya kita set untuk file temporary juga pada autoexec.bat, untuk menghindari file yang sering berpindah ke direktori lain.

PDF (Portable Data Format) adalah struktur file yang dibuat oleh Adobe. Struktur atau format file ini sangat ringkas, bahkan dokumen setara beberapa puluh halaman MS-Word ditambah beberapa gambar akan menjadi beberapa kilobyte saja dalam format PDF. Format PDF saat ini cukup popular. Jika Anda sering mencari paper atau makalah di Internet, maka sebagian dari paper tersebut berformat PDF. Untuk membaca format PDF ini, diperlukan Adobe Acrobat Reader. Budi Mulyono

foto, sedangkan website graphic lebih banyak menggunakan GIF (Graphic Interchange Format). Kualitas JPEG masih kalah dengan BMP, tapi tak kasat mata apalagi sama TIFF (TaggedImage File Format). Makanya kalau ke percetakan, mereka minta format TIFF CMYK, dan kalau ke laboratorium foto digital seperti Frontier mintanya bisa JPG/TIFF/RGB karena mencetaknya di kertas foto. Ada banyak software yang dapat digunakan untuk membuka file bereskstensi .JPG seperti Adobe photoshop, Paint, Corel Draw, Flash, ACD See, dan masih banyak lagi. Jawaban merupakan rangkuman dari jawaban Jali, Iswandi, Joko dan Yuzup

Misalnya sebagai berikut: SET TEMP=C:\WINDOWS\TEMP SET TMP=C:\WINDOWS\TEMP DELTREE/Y C:\WINDOWS\TEMP\*.* Semoga cukup membantu. (Rangkuman jawaban dari Advance(xxx@telkom.net), Pasha(xxx@2.pacific.net.id), PostMaster(xxx@op.st), dan F.X. Harry Wardhana.)

menuju link ini: TCP/IP di : http:// whatis.techtarget.com/ definition/ 0,289893,sid9_gci214173,00.html untuk definisi tentang TCP/IP dan http:// whatis.techtarget.com/ definition/ 0,289893,sid9_gci213908,00.html untuk DNS. (Bambang S Nugroho dan dc-09)

KEGUNAAN TCP/IP
Rekan-rekan milis, ada yang bisa ngejelasin apa yang dimaksud TCP/IP & DNS? Apakah ini mempengaruhi kecepatan berinternet, soalnya selama ini saya berinternet memakai nomor dan pasword milik abang saya.
Deddy Purnama dxx@yxx.com

+

Langkah pertama buatlah double power supply 12V dan 5 V dengan menambahkan IC regulator 7912 dan 7905. Lengkapi dengan switch dan socket. Lalu port out pada CD-ROM disambung ke amplifier. Bila tidak ada amplifier, dapat kita gunakan radio atau tape mobil dengan cara kabel audio out pada CD-ROM disambung ke potensio pengatur volume radio atau tape. Gunakan kaki tengah dan kaki bawah ground bila radio menghasilkan mono. Tapi bila tape kita sudah stereo masing-masing kanal dapat kita connect ke masingmasing potensio (kalau stereo potensionya dobel). Untuk CD-ROM yang tidak dilengkapi forward jack, tidak dapat memilih lagu. Sayangnya, pemasangan CDROM di mobil dikhawatirkan akan menimbulkan goncangan yang akan merusak CD-ROM. Karena CDROM tidak memiliki antishock. Penambahan sepon (busa) di sekeliling cover diharapkan dapat menahan goncangan CD-ROM bila ditaruh di mobil. Semoga dapat membantu. (Joko dan F.X. Harry Wardhana)

MEMBUAT AIRFLOW YANG BAIK
Saya ingin bertanya, airflow yang baik untuk casing ATX itu bagaimana? Di depan diberi fan yang mengaliri udara masuk. Tiap harddisk diberi 1 fan kecil. Semua slot PCI yang tidak terpakai saya buka penutupnya. Di dalam Power Suply Unit (PSU) saya tambahkan heatsink yang menempel di heatsink standar. Ditempel dengan lem FOX yang dioles tipis sekali. Pernah saya coba lepas setelah dipakai beberapa jam dan hasilnya panasnya mengalir ke heatsink baru. Kemudian, apakah mungkin saya melubangi PSU untuk menambah fan baru (risikonya apa?). Ada yang punya saran agar PC tetap dingin.Thanks.
Ronny Hartanto xxx@indo.net.id

+

MEMBUKA FILE BEREKSTENSI JPG
Saya ingin bertanya dengan rekan milis, program apa yang dapat digunakan untuk membuka file yang berekstensi .jpg. Terimakasih sebelumnya. Salam.
Sugandi xxx@hotpop.com

TCP/IP singkatan dari Transport Control Protocol/ Internet Protocol sedangkan DNS = Domain Name Service/Domain Name System. Kedua fitur di atas pada umumnya berfungsi untuk me-manage, sedangkan kecepatan lebih tergantung dengan jenis media penghantar seperti coax cable yang umumnya jauh lebih lambat dari FO. Untuk lebih jelasnya Anda dapat

+

CD-ROM DIPAKAI DI MOBIL
Rekan-rekan millis, saya mau bertanya, apakah CD-ROM yang digunakan di PC dapat kita pakai di mobil. Kalau bisa, bagaimana caranya? Mohon penjelasannya. Terima kasih.
Djunaidi xxx@ptcpi.com

+

Anda tidak perlu melubangi casing. Coba gunakan drive bay 5 1/2 yang tersisa. Buka semua, terus pasang fan di sana. Lihat di bawah PSU, kalau tempatnya cukup dan ada ventilasi yang memadai, bisa juga dipasang fan tepat di atas prosesor (fan menempel ke PSU dengan arus udara ke arah PSU). Atau ganti fan PSU asli dengan yang ampere-nya lebih besar. Dapat juga ditambahkan inhaust di antara slot PCI kosong untuk in/exhaust fan. Sebaiknya gunakan delta 0,41 Amp 8cm. Arus udaranya kencang.
Pak Dengkek xxx@telkom.net

JPEG/JPG (Joint Photographic Experts Group) sebenarnya adalah standar global file kompresi untuk

PCplus 23

plusProduk
TNT-2 Vanta:

No.36/II/03 Juli 2001

KARTU GRAFIS STANDAR DARI COLORMAX
Kartu grafis ini
merupakan salah satu produk ColorMAX yang meramaikan persaingan produk kartu grafis di pasaran. Dari 3 produk yang diuji PCplus, salah satunya adalah TNT-2 Vanta. TNT-2 Vanta ini sendiri menurut distributornya merupakan produk yang diperuntukkan buat kalangan end user yang low end yang memerlukan kartu grafis buat kebutuhan standar seperti mengetik, atau aplikasi standar lainnya. Kartu grafis ini sendiri telah menerapkan teknologi 128 bit dengan chip TNT-2 Vanta buatan nVIDIA untuk menghasilkan kualitas grafis yang cukup lumayan. Secara teknis, kartu grafis yang memakai RAMDAC sebesar 250MHz ini memang harus diakui tidak terlalu menjanjikan untuk aplikasi yang lumayan berat seperti game 3D. Maklum memori buffer yang diusung oleh produk ini cuma sebesar 16MB. Itu artinya, game 3D yang dijalankan tidak bisa "digeber" secara optimal. Saat diuji untuk menjalankan game 3D Tomb Raider misalnya, gambar tidak terlihat sempurnya di mana garis terlihat patahpatah pada bagian ujungnya (jaggies). Ketajaman gambar pun terlihat menurun. Namun, untuk aplikasi game 2D, hasil yang didapat boleh dibilang cukup bagus. Screen area yang bisa disupport oleh kartu grafis ini maksimal bisa mencapai 1024X768 pixel pada refresh rate 60Hz. Cukup besar untuk kartu grafis bermemori 32MB! Produk

ini sendiri mampu bekerja di bawah sistem operasi Windows 9X, 2000, dan NT 4.0/5.0. Selain itu, TNT-2 Vanta ini juga membutuhkan port AGP sebesar 4x atau 2x sebagai interface-nya. Enaknya, produk ini sangat mudah dalam proses pemasangan maupun instal softwarenya. Buku manual yang diberikan pun cukup informatif untuk menjelaskan proses instalasi lengkap dengan spesifikasi teknisnya. Pada kemasan jual, ColorMAX menyertakan pula sebuah CD driver yang cukup lengkap. (sil)

Laser Master www.amaxhk.com ¤ (022) 4206210 37 dolar AS

Gladiac MX:

KARTU GRAFIS OKE DARI ELSA
Sebagai pemain lama yang telah lama bergelut di bidang kartu grafis, ELSA tak ketinggalan mengeluarkan beberapa produk unggulannya ke pasar komputer Indonesia. Produk-produk ini tentu saja sengaja dirancang buat memuaskan para pengguna PC, khususnya para gamers maupun desainer grafis. Salah satu produk yang dilempar ke pasar adalah ELSA Gladiac MX yang memakai chip buatan nVIDIA. Untuk produk ini, chipset yang dipakai adalah GeForce 2 MX yang sekarang ini sedang jadi mainstream untuk chipset kartu grafis. Secara teknis, kartu grafis yang punya memori buffer sebesar 32MB ini cukup lumayan. Lihat saja, kemampuan refresh rate yang bisa di-support oleh kartu grafis ini bisa mencapai frekuensi 100Hz. Meski frekuensi yang bisa di-support sudah mencapai kecepatan segitu, pada kenyataannya ketika diuji oleh PCplus dengan memakai Mugen PC, refresh rate setinggi ini baru bisa dipakai hanya pada screen area sebesar 640X480 pixel. Kartu grafis ini sendiri mampu menampilkan screen area hingga mencapai 1152X864 pixel pada frekuensi 60Hz. Besar bukan? Ketika diuji untuk memainkan game 3D Tomb Raider dengan menggunakan pixel area sebesar 1024X768 pada frekuensi 68Hz, kartu grafis yang butuh prosesor minimal dari kelas Celeron 300, Pentium II 300MHz, atau AMD K6 200MHz ini menunjukkan kelasnya. Gambar yang dihasilkan terlihat mulus dan tajam. Perpindahan dari satu frame ke frame lain benar-benar mulus. Pendek kata, pengguna bisa bermain game 3D dengan nyaman bila memakai kartu grafis buatan China ini. Bagaimana dengan panas berlebih yang mungkin timbul saat bermain game 3D? Tidak usah khawatir. Heatsink yang terpasang pada bagian atas chipnya bisa meminimalisir panas yang dihasilkan. Hal ini juga ditunjang dengan besar heatsink tadi yang amat besar dan di atas rata-rata heatsink kartu grafis pada umumnya. Pada kemasan jualnya, Gladiac MX yang punya RAMDAC Pixel Timing sebesar 350MHz ini menyertakan dua buah buku panduan yang lengkap dan jelas membantu pengguna. Instalation guide dibuat secara terpisah dan disajikan dalam 8 bahasa.
lus Cp G/P UN AG

Sedang user manual, memberikan berbagai macam informasi yang diperlukan seputar produk ini, mulai dari spesifikasi, syarat minimal yang diminta hingga keterangan tentang fitur-fitur yang ada pada kartu grafis yang support untuk port AGP 2X maupun 4X ini. Sayangnya, kemasan jual yang diberikan terkesan seadanya tanpa keterangan maupun gambar apapun. (sil)

Vitesse Computer www.elsa.com ¤ (021) 6262589 95 dolar AS

A1554NEL:
Salah satu produk
yang meramaikan pasar monitor Indonesia adalah merek Trust yang punya ukuran diagonal layar sebesar 15 inci. Meski tergolong muka baru di bidang monitor, dari segi kualitas, produk ini tidak kalah dibanding merek monitor lain yang sudah ada lebih dahulu. Secara teknis, monitor yang menggunakan display jenis RGB colour ini masih menggunakan teknologi tabung CRT (Cathode Ray Tube) dan menggunakan layar cembung. Dari resolusi yang

MONITOR 15 INCI DARI TRUST
bisa diusung, monitor yang punya bentuk konservatif ini boleh dibilang cukup bagus, di mana resolusi maksimum yang bisa dicapai bisa sampai sebesar 1024X768 pixel. Kemampuan refresh rate yang bisa di-support pun lumayan bagus yaitu dari 50Hz hingga 100Hz. Refresh rate setinggi ini tentu saja cukup nyaman buat pengguna yang biasa berlama-lama di depan komputer karena frame per detik yang bisa dihasilkan bisa mencapai nilai di atas 75Hz. Pada keadaan interlaced, resolusi yang ditawarkan mencapai maksimum dengan refresh rate sebesar 87Hz. Resolusi ini sebenarnya masih bisa digenjot lagi hingga 1280X1024, namun tentu saja dengan refresh rate yang lebih rendah, yaitu 75Hz. Dari segi fitur lain yang ditawarkan, montitor yang punya gamma factor sebesar 1.01 ini tidaklah terlalu istimewa. Seperti pada monitor digital pada umumnya, pada bagian depan layar terdapat tomboltombol setting pengatur besarnya layar, ketajaman, terang gelapnya cahaya, dan sebagainya. Sayangnya, pada

monitor ini tidak terdapat tampilan OSD (On Screen Display) untuk mengatur presisi setting seperti layaknya monitor modern lain. Tombol yang diberikan pun tidak terlalu nyaman dipakai karena pengguna harus menekan lebih kuat agar tombol-tombol tersebut bisa berfungsi. Pada kemasan jual, Trust sama sekali tidak memberikan buku panduan maupun CD driver untuk proses instalasi. Saat diuji, PCplus menggunakan CD Windows 98SE sebagai software driver-nya. Selain itu, kabel power juga tidak disertakan pada kemasan jual monitor yang punya ukuran CRT horisontal/vertikal sebesar 280mm/200mm ini.

AGUN G/PCp lus

Nah, kalau yang Anda inginkan monitor standar yang nyaman dengan ukuran yang besar, mungkin monitor ini bisa jadi salah satu kandidatnya! (sil)
PT Elextorindo Mitra Sarana www.elextor.co.id ¤ (021) 6288311 Rp. 950.000,-

24 PCplus

AGUNG/PCplus

plusProduk
All-In-ComboTV128:

No.36/II/03 Juli 2001

KARTU GRAFIS MULTIFUNGSI DARI PIXELVIEW
Sebagai salah satu
produsen kartu grafis yang cukup banyak mengeluarkan produk-produk terbaru, PixelView mengeluarkan beberapa tipe yang bisa dijadikan kartu grafis andalan bagi pengguna rumahan. Salah satunya adalah tipe All-InComboTV128 yang punya dua versi. Satu versi adalah PVNVTNT2MA yang memakai slot AGP (Accelerated Graphic Port) dan tipe PV-NVTNT2MP yang memanfaatkan bus PCI untuk menancapkan barangnya di motherboard. PCplus sendiri menerima kartu grafis produk Taiwan ini untuk tipe AGP. Saat diuji dengan memakai monitor Philips, produk ini cukup user friendly dari segi kemudahan proses instalasi. PCplus sama sekali tidak mendapat masalah dalam hal instalasi hardware maupun softwarenya. Bagaimana soal kemampuannya? Dari segi kemampuan, kartu grafis ini cukup lumayan. Dari segi resolusi yang mampu di-support, kartu grafis yang punya memori buffer sebesar 32MB ini boleh diacungi jempol. Resolusi maksimum yang mampu dihasilkan bisa sampai sebesar 1920X1440 pixel pada refresh rate 60Hz. Refresh rate yang bisa di-support sendiri tergolong besar, yaitu mencapai 85Hz. Pilihan setting resolusi yang ditawarkan oleh kartu grafis yang memakai chip jenis TNT2Model64 ini sendiri cukup beragam hingga 33 pilihan. Yang cukup menarik dari produk yang memakai RAMDAC sebesar 300MHz ini adalah fiturfitur tambahan yang ditawarkannya. Selain berfungsi sebagai kartu grafis, PixelView AllIn-ComboTV128 ini juga bisa berfungsi sebagai TV tuner yang bisa menangkap saluran hingga 125 channel TV dari berbagai format file mulai dari NTSC, PAL, SECAM, dan lain-lain. Selain men-support TV tuner, produk dengan teknologi 128 bit ini juga bisa difungsikan

sebagai FM Tuner. Fitur tambahan yang lain adalah kemampuannya untuk melakukan capture gambar maupun video. kartu grafis ini juga memiliki port input/output sebagai interface untuk berhubungan dengan perangkat lain seperti kamera maupun TV. Pendek kata, fitur yang ditawarkan cukup menjanjikan. Produk ini sendiri bisa

minimal dari kelas Pentium II di mana motherboardnya sudah memasang fitur port AGP dengan kecepatan 2X atau 4X. Pada kemasan jualnya, PixelView sengaja memberikan berbagai keterangan spesifikasi teknis dari produk ini. Buku manual yang disertakan juga lumayan lengkap dan memuat panduan proses instalasi, spesifikasi, maupun keterangan mengenai fitur-fitur tambahan. Begitu pula dengan CD driver yang disertakan juga lengkap plus 3 CD tambahan buat fitur tambahan maupun game 3D. Tak lupa

lus Cp G/P UN AG

kabel-kabel tambahan ditambah sebuah remote control disertakan pada kemasan jual untuk mendukung fitur-fitur tambahan tadi. (sil)
Sempurna Computer www.prolink.com.tw ¤ (021) 6129920 140 dolar AS

bekerja di bawah sistem operasi Windows 95, 98, NT 4.0, atau 2000. Sedang PC yang dipasangi produk ini haruslah

56X Spacewalker:

CD-ROM OKE DARI SHUTTLE
CD ROM sekarang ini boleh dibilang sudah jadi
periferal wajib yang harus ada dalam sebuah PC. Apalagi di era multimedia, CD-ROM adalah “nyawa” dari PC multimedia, karena fungsinya yang teramat vital. Karena fungsinya yang amat penting ini, tak mengherankan bila kemudian banyak merek CDROM drive yang saat ini beredar di pasaran. Nah, salah satu pemain yang ikut meramaikan pasar CD-ROM drive ini adalah produk buatan Shuttle. Selain mengeluarkan motherboard dan kartu grafis, ternyata Shuttle juga mengeluarkan CD ROM yang diberi nama Spacewalker Drive 56X. Dari segi kemudahan pemasangan, produk ini sangat user friendly. Selain mudah dipasang, proses instalasinya pun sama sekali tidak menyulitkan pengguna. Begitu pula saat beroperasi. Yang menonjol dari CD-ROM drive ini adalah suaranya yang “nyaris tak terdengar”. Tidak seperti produk lain, saat produk ini dicoba untuk memutar film, PCplus sama sekali tidak mendengar suara bising yang keluar dari drive ini. Selain tanpa kebisingan yang mengganggu, film yang diputar pun jadi terlihat mulus. Maklum, produk yang kompatibel buat sistem berbasis Windows 95, 98, 3.1, MS-DOS dan PS/2 warp ini mampu mengirimkan data dengan kemampuan maksimal hingga 8400KB/sec. Semua ini bisa di-support oleh produk ini karena kecepatan transfer data yang mampu disediakan memang sudah mencapai 56X alias kecepatan transfer tertinggi yang bisa dicapai oleh sebuah CD-ROM drive saat ini. Dari segi spesifikasi teknis, produk ini masih pula mengusung IDE ATA 33 sebagai interface data dari dan ke motherboard seperti layaknya drive sejenis lainnya. Kecepatan aksesnya pun tergolong tidak terlalu istimewa, sekitar 80milisekon. Mungkin yang kurang dari produk ini hanyalah masa pakai yang cuma sekitar 50 ribu jam. Lalu, bagaimana dengan fitur-fitur tambahan? Hampir sama juga dengan CD-ROM drive lain yang sedang beredar di pasaran, pada bagian depan terdapat sebuah headphone jack, maupun volume control untuk mendukung fasilitas multimedia. Shuttle tak lupa juga mengusung LED indicator sebagai penanda beroperasinya periferal ini. Untuk keadaan darurat seperti misalnya mengeluarkan CD yang ada di dalam pada saat tegangan listrik tiba-tiba drop, sebuah

AGUNG/PCplus

emergency eject hole juga disertakan untuk mengantisipasi keadaan ini. Fitur terakhir yang ada pada bagian depan produk ini adalah skip dan eject button untuk memasukkan dan mengeluarkan CD. Yang menarik, pada kemasan jualnya, Shuttle juga menampilkan beragam informasi seputar produk buatan Taiwan ini, seperti informasi tentang fitur-fitur yang ada, spesifikasi teknis, maupun petunjuk pemasangannya yang disajikan dalam 4 bahasa: Inggris, Jerman, Perancis, dan Cina. Buku manual

yang informatif juga disertakan buat membimbing pengguna dalam menginstal produk yang beratnya 1 kilogram ini, mulai dari spesifikasi teknis, proses instalasi, maupun informasi penting lainnya. Selain itu, disertakan pula sebuah disket driver, sebuah kabel audio, plus empat buah baut pengait. Lengkap bukan? (sil)
Mostech Gigadonics www.mostech.web.id ¤ (021) 6128825 37 dolar AS

PCplus 25

plusStudi
Dino anak rajin. Setiap kali mendapat tugas sekolah dia selalu berusaha mengerjakannya dengan software aplikasi. Alasannya supaya bisa komputer. Kalau ada tugas mengetik, dia mengetik dengan MSWord. Kalau ada tugas penghitungan dengan tabel, dia menggunakan Excel. Dino tidak punya PC di rumah, tidak pernah ikut kursus dan belajar komputer di rental secara otodidak.

Ahmad Saifullah Kundo

No.36/II/03 Juli 2001

SERTIFIKASI PENTING, TAPI BUKAN SEGALANYA
kerja. Begitu pentingnya sertifikat ini, sampai banyak lembaga pendidikan yang menawarkan beragam sertifikat, bahkan yang berstandar internasional. Harganyapun jutaan. Sebenarnya, seberapa penting sih sertifikat ini? beberapa sekolah. “Namun setelah dijelaskan secara terbuka bahwa ada beberapa siswa yang nilainya memang buruk, mereka dapat mengerti,” tambah pria berkacamata ini. Lembaga pendidikan sekolah yang bekerjasama dengan sekolah menyelenggarakan pendidikan komputer terkadang menghadapi dilema. Di satu sisi mereka harus menyelaraskan dengan kebijakan sekolah, tapi di sisi lain mereka harus menjaga mutu. Hal ini sebenarnya dapat diatasi bila ada kesamaan persepsi antara sekolah dengan lembaga pendidikan untuk menjaga mutu lulusan siswa mereka. Sedangkan untuk mengupdate sertifikat, Pami mengaku hal itu cukup sulit. “Memang, seharusnya sertifikat harus memiliki masa berlaku dalam rentang waktu tertentu, misalnya dua tahun,” katanya. Namun, hal ini terbentur pada kendala teknis.

BELUM ADA STANDARDISASI
Menurut Pami, belum adanya standardisasi nasional untuk sertifikat komputer di tingkat sekolah dasar dan menengah juga merupakan penyebab munculnya sertifikasi asal jadi. “Masing-masing lembaga pendidikan akan mengeluarkan sertifikat sebagai ajang promosi mereka,” katanya. Adapun sertifikat standar internasional untuk keahlian khusus seperti local academic Cisco yang mengeluarkan sertifikasi CCNA (Lihat PCplus Edisi33/II/2001) lebih terkait dengan sekolah kejuruan. Sedangkan untuk lulusan SMU, walaupun banyak juga yang melamar kerja, prioritas utama pendidikannya tetap mempersiapkan siswa ke jenjang perguruan tinggi. “Sehingga standardisasinya berbeda,” jelasnya lagi. Ketatnya persaingan kerja memang membuat sertifikat naik pamor. Tidaklah salah untuk mendapatkan sertifikat. Memperoleh sertifikat dengan kemampuan yang tidak sesuai hanya akan menipu diri sendiri. Lagipula banyak perusahaan saat ini yang lebih menekankan kapabilitas karyawannya dibandingkan selembar sertifikat.

PENTING TAPI TIDAK VITAL
AGUNG/PCplus

Masalah timbul ketika
dia lulus SMU. Berniat melamar kerja tapi tidak punya sertifikat. Kebetulan di rental tempatnya biasa mengetik juga membuka kursus komputer. Dia ingin kursus tapi ternyata ditolak oleh instruktur komputer di sana. “Ngapain kamu kursus lagi, kan sudah bisa,” kata instruktur itu. “Sudahlah, kalau kamu ingin sertifikat nanti kita bikinin, cuman setengah harga kursus,” ujarnya memberi solusi. Sertifikat memang penting. Saat ini, tanpa sertifikat, lulusan SMU maupun mahasiswa bakal mati langkah. Mereka tidak percaya diri untuk melamar

Sertifikat penting, namun itu tidak ada gunanya kalau tidak didasari dengan ilmu dan keterampilan yang memadai. Perkembangan teknologi komputer memang menuntut seseorang harus terus belajar. Sertifikat yang hanya merupakan tanda, belum tentu menjadi jaminan keterampilan seseorang dalam berkomputer. Apalagi sertifikat yang tidak di-update. Yang menyedihkan, sekarang ini sertifikat menjadi ajang bisnis. Sudah umum diketahui, ada beberapa lembaga pendidikan yang hanya memperjualbelikan sertifikat. Memang, tidak semua lembaga pendidikan menjual

“Perlu standardisasi sertifikat”

sertifikat. “Kami mengantisipasi hal ini dengan memberikan batasan nilai minimal untuk lulus,” jelas Pami Larto, seksi Akademik Gramacom. Menurutnya, lembaga pendidikan sekolah harus berani bersikap tegas terhadap siswa yang tidak layak lulus. “Umumnya instruktur kami memberi batasan nilai minimal 60 untuk mendapat sertifikat,” jelasnya. Hal ini bukannya tidak mendapat tentangan dari

26 PCplus

plusHarga
JAKARTA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL - JAKARTA HARGA DALAM DOLAR AS MOTHERBOARD ABIT TH7-Raid P4, Intel 850 (S423) WX6 Intel 810 (S370) BE6-II Intel 440BX (Slot 1) BE6-II RAID Intel 440BX (Slot 1) SH6 Intel 815E (Slot 1) BX133-RAID Intel 440BX (S370) SE6 Intel 815E (S370) SA6 Intel 815EP (S370) SA6R Intel 815E (S370) VH6 II + Flash, Via 694 (S370) VH6 Via 694 (S370) VL6 Via 693 (S370) VP6 Dual Via 694 (S370) KA7 Via KX133 (Slot A) KT7A Via KT133A (S-A) KT7A-100 RAID Via KT133A (S-A) KT7E Via KT133E/686B (S-A) KT7 RAID Via KT133 (S-A) MONITOR PHILIPS 104S CRT 14" 1024x768 105E CRT 15" 1024x768 105S CRT 15" 1280x960 MPR II 105B CRT 15" 1280x1024 MPR II 107E CRT 17" 1280x1024 0,24mm MPR II 107S CRT 17" 1280x1024 0,23mm MPR II 115 135 148 175 225 240 ICA UPS302B Pioneer PN D 815 EPEA-2 (FCPGA) D 850 GB (Pentium 4) IWILL VD 133 PL (Audio, FCPGA) VD 133 PRO (Audio, FCPGA) VD 133 (Slot1) VA133+ (FCPGA) JETWAY 920 BF (Slot1+S370) VB9 (Slot1+S370, 133 MHz, AT) 663 AS Pro (Socket A) 695 AS (133 MHz, ATX) ABIT KT7A (Socket A) KT7 E (Socket A) PROSESOR AMD K6-2 380 MHz K6-2 500 MHz Duron 750 MHz Duron 800 MHz Duron 850 MHz Thunderbird 850 MHz Thunderbird 900 MHz Thunderbird 1000 MHz Thunderbird 1100 MHz Thunderbird 1200 MHz INTEL Pentium 233 MMX Celeron 433 MHz Celeron 600 MHz BOX Celeron 667 MHz BOX Celeron 700 MHz BOX Celeron 733 MHz BOX Celeron 766 MHz BOX Celeron 800 MHz BOX P II 300 MHz Slot 1 Tray P II 350 MHz Slot 1 Tray P II 400 MHz Slot 1 Tray P II 450 MHz Slot 1 Tray P III 667 MHz FCPGA Tray P III 733 MHz FCPGA BOX P III 866 MHz FCPGA BOX P III 933 MHz FCPGA BOX P III 1 Giga Hz FCPGA BOX KARTU GRAFIS SAVAGE InnoVISION 8 MB AGP InnoVISION 16 MB AGP RIVA TNT 8 MB AGP TNT2 Power Color 32MB M64 TNT2 Power Color 32MB 128 365.000 420.000 285.000 480.000 580.000 385.000 535.000 505.000 595.000 845.000 1.095.000 1.345.000 1.690.000 1.860.000 1.985.000 410.000 490.000 625.000 685.000 705.000 820.000 875.000 920.000 660.000 730.000 830.000 1.105.000 1.150.000 1.460.000 1.960.000 2.170.000 2.315.000 1.205.000 1.920.000 970.000 1.185.000 900.000 955.000 705.000 715.000 935.000 715.000 1.310.000 1.060.000 Sempurna Computer Tel. 6129920/46 TNT2 Power Color 32MB 128 + TV OUT ELSA ERAZOR III LT (TNT2 M64) 32 MB GLADIAC MX (GeForce II MX) 32MB MEMORI AM1 32 MB PC 133 64 MB PC 133 128 MB PC 133 HYUNDAI 64 MB PC 133 APACER 64 MB PC 133 128 MB PC 133 256 MB PC 133 64 MB PC 150 WBGA 128 MB PC 150 WBGA 128 MB PC 266 DDR 256 MB PC 266 DDR RDRAM 128 MB PC 800 VISIPRO 32 MB PC 100 64 MB PC 100 64 MB PC 133 128 MB PC 100 128 MB PC 133 256 MB PC 100 256 MB PC 133 PRINTER CANON CANON 1000 SP CANON 2100 SP CANON 5100 SP LEXMARK Z-12 Black Z-32 Black+Color Z-42 Z-52 HP APOLLO GREY Deskjet 640 C Deskjet 840 C Laser Jet 6L Pro EPSON Epsonmatic 480 Epson LX 300 Plus Epson LQ 2180 HARDDISK 765.000 795.000 1.350.000 720.000 1.220.000 2.075.000 2.415.000 575.000 950.000 1.310.000 3.350.000 710.000 1.745.000 6.775.000 110.000 140.000 240.000 150.000 155.000 270.000 510.000 160.000 265.000 400.000 640.000 990.000 130.000 165.000 170.000 295.000 305.000 610.000 630.000 SEAGATE 10,2 GB ATA 100 20 GB ATA 100 30 GB Baracuda 7200 rpm 40 GB Baracuda 7200 rpm QUANTUM 10,2 GB ATA 100 20 GB LD ATA 100 20 GB AS 7200 rpm 30 GB ATA 100 30 GB AS 7200 rpm 40 GB LD ATA 100 18 GB SCSI Ultra160 FAX/MODEM PROLINK 56K Int. + Anti Petir 56K Ext. + Anti Petir ROCKWELL 56K Internal Voice 56K External Voice US ROBOTICS 56K External Voice/message 56K Internal Winmodem MONITOR GTC 14" Advantage 14" Millenia DIGITAL 15" OSD DIGITAL 17" Flat OSD DIGITAL VIEWSONIC 15" E-50 DIGITAL OSD 15" E-653 DIGITAL OSD 17" E-70 Flat DIGITAL OSD SAMSUNG 14" 450NB DIGITAL 15" 550V DIGITAL 17" 750S DIGITAL 1085.000 1.240.000 1.380.000 2.030.000 1.505.000 1.640.000 2.255.000 1.190.000 1.445.000 2.430.000 190.000 570.000 160.000 420.000 775.000 890.000 1.355.000 1.595.000 750.000 875.000 1.095.000 1.095.000 1.370.000 1.230.000 3.020.000 199 99 104 109 122 109 122 105 126 92 88 78 136 119 118 145 108 140 US$ 107T CRT 17" 1280x1024 0,21mm MPR II 107P CRT 17" 1920x1440 0,25mm TCO'99 109S CRT 19" 1920x1440 0,23mm TCO'99 109B CRT 19" 1920x1440 0,21mm TCO'99 109P CRT 19" 1920x1440 0,24mm TCO'99 201B CRT 21" 1920x1440 0,21mm TCO'99 201P CRT 21" 2048x1536 0,24mm TCO'99 140S TFT LCD 14" 1024x768 150B TFT LCD 15" 1024x768 150P TFT LCD 15,1" 1024x768 150X TFT LCD 15,1" 1024x768 170B TFT LCD 17" 1280x 1024 180P TFT LCD 18" 1280x 1024 KARTU GRAFIS PIXELVIEW XX-PLAY3 (Geforce3 GTS GPU, 64 MB DDR) XX-PLAY Pro (Geforce2 GTS GPU, 64 MB DDR) G2 VIO (Geforce2 MX, 32MB) G2 MX Twin (Geforce2 MX, 32MB) G2 MX 400 (Geforce2 MX, 32MB) Geforce MX (Geforce2 MX, 32MB) G2MX200 (Geforce2 MX GPU, 32MB) TNT2 M64 (Nvidia RIVA TNT2 M64, 32MB) TNT2 M64 TV (Nvidia RIVA TNT2 M64, 32MB) HARGA DALAM RUPIAH UPS 280 375 425 650 675 1.050 1.225 650 880 950 1.150 1.700 2.600 (600VA, 12V) UPS600C Pioneer PN (600VA, 24V) CT682BLine Interactive (1200VA, 24V) UPS602B Line Interactive (1200VA, 24V) UPS1022B (2000VA, 48V) UPS2022B (4000VA, 48V) UPS1000C (1000VA, 48V) CT382B Compaq (600VA, 12V) CT1082B (2000VA, 36V) CT1382B (2600VA, 48V) CT1682B (3200VA, 60V) ST531CStream Line (1000VA, 24V) ST831C On Line Sinewave (1600VA, 48V) ST1231C (2400VA, 72V) ST1631C (3200VA, 96V) STABILIZER 380 220 130 130 80 80 60 48 58 Rp MINAMOTO SM500(500VA) SM1000(1000VA) 255.000 425.000 1.062.500 2.975.000 1.317.500 1.232.500 3.400.000 6.120.000 4.505.000 1.020.000 1.912.500 2.890.000 3.570.000 3.315.000 4.675.000 6.885.000 8.585.000

No.36/II/03 Juli 2001

ICA PUS & STABILIZER Ph. 6269828-29, Fax. 6269830 www.ica.co.id, e-mail: sales@ica.co.id Spectrum Utama Authorized Dist for ABIT & FirstLINK Tel: 6125503-05 Fax : 6013281 E-mail: Sales@spectrum-first.com PT Philips Electronics Indonesia Tel. +62.21.7984255 Fax. +62.21.7947539

IKLAN BARIS
KOMPUTER
JUAL KOMPUTER 2nd BERGARANSI !! Tersedia komputer merk Compaq, HP, IBM, NEC + Monitor 14” s/d 21” Hubungi: Elextor (021)6288309-11, Fax. (021)6121512, E-mail: sales@elextor.co.id Kami memberikan harga khusus bagi Dealer.

BANDUNG
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL - BANDUNG HARGA DALAM DOLAR AS MOTHERBOARD ASUS CURDLS (Intel 82559) P4T (Intel 850 for Pentium 4) CUSL2-LS (Intel 815E,Lan,SCSI) CUSL2 (Intel 815E) CUSL2-C (Intel 815E) CUV4X-C (Via 694, 2 DIMM) CUV4X-D (Via 694, 4 DIMM) CUV4X-DLS (Via 694, Lan, SCSI) CUV266 (Via VT8633, 3 DDR ) A7A266 (SocketA, Ali MAGiK 1) A7V (SocketA, Via KT 133) A7V 133 (SocketA, Via KT 133A) A7V 133C (SocketA, Via KT 133A) A7V-E (SocketA, Via KT133) A7V-E (SocketA, Via KT133) CUSI-FX (FCPGA, Sis 630,Lan) CUSI-M (FCPGA, Sis 630) CD-ROM/CD-RW/DVD ASUS CD 40X CD 50X CDRW 10x12x32 DVD 12X KARTU GRAFIS ASUS V8200 Dlx 64 MB (GeForce3) AGP V7700 Ultra/T 64MB (GeForce Ultra) AGP V7700 Dlx 64Mb (GeForce2 GTS) AGP V7700 Dlx 32Mb (GeForce2 GTS) AGP V7100 Dlx Combo 32Mb (GeForce2 MX) AGP V7100 T32Mb (GeForce2 MX) AGP V7100, 32Mb (GeForce2 MX) AGP V3800 Magic32Mb (Riva TNT2 M64) HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD INTEL D 815 EEA-2 (VGA, FCPGA) 512 440 374 231 198 117 101 66 42 44 194 96 770 217 374 154 132 96 192 396 275 264 143 159 142 99 108 81 77 US$

650.000 630.000 990.000

HARDWARE
TONER CARTRIDGE SPECIALIST. PENJUALAN TONER ISI ULANG KW1 & SPARE PART TERSEDIA COLOR TONER ISI ULANG HP 4500!! MELAYANI LUAR KOTA/LUAR PULAU. HUB. : Telp. (031) 501 6088, Fax: (031) 5040 150. E-mail: lazarus@sby.centrin.net.id

KURSUS
KURSUS CAD UNTUK ARSITEKTUR & INTERIOR dgn software ArchiCAD, level 1 (Dasar), Level 2 (Rendering & Animasi), Level 3 (RAB), Kelas baru (Level 1) mulai 10 Juli 2001. Hub.: C@D Center (021) 7777 135

LAIN-LAIN
BAYAR CASH! Terima cartridge tinta toner inkjet yang sudah kosong/habis isinya. HP, CANON, IBM/LEXMARK. 51626A/29A/25A/49A/45A, BC01/02/03/05/20, C6614A/15A,13400HC, 92274A/ 75A, C3903A/06A/09A, C4092A/96A, C4127A/ 27X/82X,dsb.Hub: (021)5300-133, BeliTinta.com Program Komputer. Terima pembuatan program komputer underwindow sesuai dengan permintaan untuk segala jenis usaha. CEPAT, CANGGIH dan TERJANGKAU. Hubungi (021) 4287 9033 atau 420 3853

IKLAN BARIS
Anda ingin iklan murah dan efektif ? Beriklanlah di iklan baris PCplus , min . 5 baris, Rp. 5000/ baris. Kirimkan berita lewat fax atau ke iklan@epcplus.com . Pembayaran di muka dng transfer ke rek. PCplus (lihat. hal 2) dan bukti transfer fax ke (021)5360411.

890.000 420.000

LG 14" 452V DIGITAL 15" 552V/560N DIGITAL 15" 550M DIGITAL Multimedia 17" 775N DIGITAL OSD COMFORT 14" DIGITAL 15" DIGITAL OSD

1.240.000 1.470.000 1.675.000 2.335.000 1.130.000 1.400.000

Rp

ASTRINDO BANDUNG Sima Computer Telp. 022-7273158 / 7237217 E-mail : sima@elga.net.id

1.320.000

KAMUS PCPLUS EDISI INI
ALU: Arithmetic Logic Unit. Sirkuit CPU berkecepatan tinggi yang bertugas menghitung dan membandingkan. Angka-angka dikirim dari memori ke ALU untuk dikalkulasi dan kemudian dikirim balik ke memori. Demkian juga datadata alfanumerik dikirim ke ALU untuk diperbandingkan. Beberapa chip mempunyai beberapa ALU untuk kepentingan penghitungan yang berbarengan (simultan). Anonimous FTP: Suatu situs yang bebas dimasuki oleh netter. Bebas disini dalam arti tidak perlu mempergunakan password. Di dalam situs ini,

netter juga bebas untuk meng-copy atau mendownload. Booting: Sebuah perintah untuk mengulangi operasi sebuah komputer dari awal. Default: Setting atau operasi tertentu yang dipasang oleh hardware atau software tertentu, jika penggunanya tidak memberikan perintah yang spesifik. Defrag: Mengkomposisi ulang atau mengatur isi harddisk sebuah komputer untuk mengoptimalkan kerja komputer tersebut. Drive:

Sebuah peranti elektronik yang berfungsi untuk memutar disk dan kaset pada kecepatan tertentu. Dapat juga digolongkan sebagai komponen unit periferal. Dynamic boost: Komponen pendukung yang men-support kualitas suara yang dihasilkan oleh sebuah alat audio elektronik. Entry level: Kelompok pemakai yang termasuk ke dalam pemula, sehingga standar yang dipakai lebih sederhana dibanding kelompok yang sudah profesional. Fidelity: Kemampuan sebuah alat audio elektronik untuk menampilkan sebuah suara semirip mungkin

dengan aslinya. Semakin tinggi fidelitasnya, semakin bagus kualitas suara yang dihasilkan. Floating Point Unit (FPU): Dikenal juga sebagai numeric coprocessor, adalah mikroprosesor atau sirkuit khusus dalam sebuah mikroprosesor yang menangani angka dengan lebih cepat dibanding mikroprosesor biasa yang digunakan oleh komputer kita. Keunggulan itu diperoleh karena mempunyai seperangkat instruksi yang memfokuskan diri pada operasi matematis. FPU memang sudah mulai banyak digunakan dalam PC terbaru, terutama untuk mendukung aplikasi-aplikasi yang menangani pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan grafis. Form: Sebuah format dokumen yang berisi kolom-kolom

kosong yang ditujukan untuk disi oleh user dengan data mereka. Biasa dipergunakan dalam proses penyusunan database. FTP client: Program atau software yang digunakan untuk menjalankan FTP (File Transfer Protocol). FTP bisa dilakukan melalui browser, namun dengan client atau program ini FTP bisa makin mudah dikelola. Hyper Bass: Komponen yang terdapat pada alat audio elektronik yang men-support kualitas suara bass yang dihasilkan.

•••

PCplus 27

plusHarga
YOGYAKARTA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL - YOGYAKARTA HARGA DALAM DOLAR AS MOTHERBOARD ASUS A7V133 (KT 133) A7V-E (w/ audio KT133) CUSI-FX (SIS630 FLEX ATX FCPGA) CUSI-M (W/AUDIO, VGA O/B MICRO ATX) CUSL2 (I815E) CUSL2-C BLACK PEARL CUV4X-C (VIA694X, FCPGA) CUV4X-D (VIA PM133, DUAL PROCESSOR FCPGA) CUW-RM (W/O AUDIO, CHIPSET I810) P3V4X (SLOT 1, VIA 694X) P4T (TEHAMA) INTEL BULK D815EEAA2 BULK D815EPFV BULK D815EEAAL BOX D815 EPEA BOX D815EPEA2 161 123 82 78 155 150 98 194 102 119 220 127 109 144 120 120 US$ BOX D850GB (TEHAMA) BOX STL2 TUPELO (INTEL DUAL PIII, S370, LAN, SCSI) ABIT A-VP6 RAID Dual Server 694X A-BX133 ATA100/RAID 0+ 1Socket 370 BX A-SA6R AIO + RAID 815 A-KT7A RAID/266 Socket-A KT133A A-KT7A ATA100/266 A-Abit KT133A A-KT7E B-Biostar KT133E A-TH750 RAID P4 850 A-SA6 + AC97 815EP A-VH6 II + AC97 ATA100 694X A-VL6 + AC97 ATX 693A A-SE6 AIO S370 133MHz 815 PROSESOR INTEL INTEL CELERON 667 C/128 FCPGA BOX INTEL CELERON 766 C/128 FCPGA BOX IP III 733 FCPGA C/256 133FSB BOX IP III 866 FCPGA C/256 133FSB BOX IP III 933 FCPGA C/256 133FSB BOX IP III 1GHZ FCPGA C/256 133FSB BOX INTEL P4P 1,3GHZ / 400MHZ FSB INTEL P4P 1,4GHZ / 400MHZ FSB AMD Duron™ 750 (socket A) Duron™ 800 (socket A) CD ROM 50X CD ROM 50X (Bulk) DVD ROM 12X CRW-1210R MEMORI Rp SPECTEK SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 133 SDRAM 256 MB PC 133 RDRAM 128 MB PC 800 RIMM Module KARTU GRAFIS ASUS V2000 8MB Vanta (Chipset Nvidia LT 3D/2 Daccelerator. AGP 2X) V3800 Magic 32 MB (Chipset Riva TNT2 M64) V7100 32 MB (Chipset Geforce2 MX) V7100 TV 32 MB (Chipset Geforce2 MX) V7100 32 MB Dlx Combo (Chipset Geforce2 MX) V7700 DDR 32MB Dlx (Chipset Geforce2–256GPU) V7700 DDR 64MB Deluxe (Chipset Geforce2–256 GPU) V7700 DDR 64MB Ultra (Chipset Nvidia Geforce2. AGP 4X) V7100 Pro 32 MB (Chipset Geforce2 MX 400. AGP 4X) V7100 Magic 32 MB (Chipset Geforce2 MX 200. AGP 4X) V6600 MX 32 MB (Chipset Geforce 256. AGP Pro) CASING Codegen 324-5 (AT. mini tower. pw sply 200 Watt) Codegen 6009 (ATX. middle tower. pw sply 200 Watt) Elan Vital T5AB (ATX. middle tower. pw sply 235 Watt) T10AB (ATX. middle tower. pw sply 300 Watt) T15 (ATX. big tower. pw sply 300 Watt) Advance CI-7004 185.000 333.500 679.000 1.482.000 80 92 124 185 220 261 311 333 49 58 481.500 432.000 1.210.000 2.160.000 200 538 144 111 129 145 119 98 225 116 92 77 125 Duron™ 850 Duron™ 900 Athlon™ 850 Athlon™ 900 Athlon™ 1 GHz Athlon™ 1 GHz/266 Athlon™ 1,1 GHz Athlon™ 1,2 GHz Athlon™ 1,33 GHz MONITOR AOC 4V 14" Digital 110 5En 15" Digital 120 5Glr 15" OSD 1280x1024 MPR-II 125 7Glra 17" 0,25 1600x1200 TCO Audio 220 7Klr 17" PureFlat (0,25 1600x1200 TCO) 240 9Glrs 19" 0,26 1600x1200 TCO 310 9Klr 19" PureFlat 360 LM500 15" TFT 1024x768 (0,25 1600x1200 TCO) 600 SPEAKER Philips A1,2 (10RMS) Philips A2,300 (20RMS+Subwoofer) Philips A2,600 5pcs (50RMS+Subwoofer) Philips A3,500 4pcs (80RMS+Subwoofer+Remote) FAX MODEM Advance CI-7006 PROSESOR INTEL CELERON 766 Mhz c/ 128 (box) 913.000 CELERON 800 Mhz c/ 128 ( box ) FSB 100 975.000 PIII 667 Mhz SECC c/256 (Tray) 1.407.000 PIII 866EB Mhz c/256 ( Box ) 2.075.000 PIII 933 Mhz c/256 FC-PGA ( Box ) 2.346.000 PIII 1 GB 2.518.000 P4 1.3 GB HZ ATC 256K. FSB 400 3.430.000 P4 1.4 GB HZ ATC 256K. FSB 400 3.691.000 P4 1.5 GB HZ ATC 256K. FSB 400 4.420.000 P4 1.5 GB HZ ATC 256K. FSB 400 5.605.000 P4 1.7 GB HZ ATC 256K. FSB 400 5.618.000 Xeon PIII 700 Tray 15.430.000 NOTEBOOK ASUS L7200 E (64 MB.Pentium III 500 Dixon) L7200 E (64 MB.Pentium III 650 Dixon) L7300 E (64 MB.Pentium III 650 Dixon) L8400 B-DVD (STD 128 MB. Pentium III 650 Dixon) L8400 K-DVD (STD 128 MB. Pentium III 850 Dixon) L8400C-DVD (STD 128 MB. Pentium III 650 Dixon) L8400C-DVD (STD 128 MB. Pentium III 700 Dixon) L8400C-DVD (STD 128 MB. Pentium III 750 Dixon) L8400C-DVD (STD 128 MB. Pentium III 800 Dixon) L8400C-DVD (STD 128 MB. Pentium III 850 Dixon) A 1200 B (64 MB. Pentium III 500 Dixon) A 1200 B (64 MB. Pentium III 600 Dixon) A 1200 B (64 MB. Pentium III 650 Dixon) A 1200 B (64 MB. Pentium III 700 Dixon) A 1200 B (64 MB. Pentium III 750 Dixon) A 1200 B (64 MB. 889.000 27,20 51 100 150 82 102 100 119 133 136 139 150 219 AMBIENT 56 Int PCI (Hardware) 56 Ent Voice Transparant (Anti Petir) MR Card 56 Int AMR ECS/PC100 56 Int Module f/ P6-STP/Txpro UPS eZ CYBER 500 VA + anti petir 500 VA + anti petir (black) REMINGTONS KIN-625 AP + Software KIN-1000 AP + Software CD-ROM/CD-RW ASUS CD-ROM 40X ASUS CD-ROM 50X ASUS CD-RW ASUS 12X 10X 32X KARTU GRAFIS ASUS VGA AGP V3800 MAGIC 32MB/PURE (RIVA TNT2 M64) Pentium III 800 Dixon) A 1200 B (64 MB. Pentium III 850 Dixon) A 1300 B (64 MB. Pentium III 500 Dixon) A 1300 B (64 MB. Pentium III 600 Dixon) A 1300 B (64 MB. Pentium III 650 Dixon) A 1300 B (64 MB. Pentium III 700 Dixon) A 1300 B (64 MB. Pentium III 750 Dixon) A 1300 B (64 MB. Pentium III 800 Dixon) A 1300 B (64 MB. Pentium III 850 Dixon) S8600A-CD (64 MB. Pentium III 600 Dixon) S8600A-CD (64 MB. Pentium III 700 Dixon) S8600A-CD (64 MB. Pentium III 750 Dixon) 41 43 194 63 65 132 250 24 46 14,80 11

No.36/II/03 Juli 2001

VGA AGP V7100 DELUXE COMBO 32MB (GEFORCE2 MX) VGA AGP V7100 PURE 32 MB (GEFORCE2 MX) VGA AGP V7100/T 32 MB (GEFORCE2 MX) CASING ELAN VITAL T-5AB PS 235 WATT T-10AB PS 300WATT T-15 PS 300 WATT HARGA DALAM RUPIAH SCANNER ACER Vuego 640p 19200dpi 48-Bit LPT 3D Vuego 640u 19200dpi 48-Bit USB 3D

200 102 117

78 120 133 Rp

852.500 1.375.000

Perfect CompuPart Reseller Hotline. 082-274-3707 Telp 0274-545845 Fax. 0274-518658 (09:00 s.d. 16:00 WIB Senin s.d. Sabtu) WiraBuana (0274) 586613 / 522077 S8600A-CD (64 MB. Pentium III 800 Dixon) S8600A-CD (64 MB. Pentium III 850 Dixon) M1300 A (64 MB. Pentium III 600 Dixon) M1300 A (64 MB. Pentium III 700 Dixon) M1300 A (64 MB. Pentium III 750 Dixon) M1300 A (64 MB. Pentium III 800 Dixon) M1300 A (64 MB. Pentium III 850 Dixon)

67

SURABAYA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL - SURABAYA HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD ASUS A7V (ATX. Via KT133.DMA 66/100) A7V 133-C (ATX. Via KT 133.DMA 66/100) A7A 266 (ATX. Ali Magic. DMA 66/100) A7V-E (ATX. Via KT133. DMA 66) A7V-E (ATX.Via KT133. DMA 66) A7VL-VM (Mikro ATX. Via KT133. DMA 100) CUSL2-C (Socket 370. Intel 815E) CUSL2-C Black Pearl (ATX. Socket 370. i815E) CUSL2-LS (Socket 370. Intel 815) CUSL2 SOLANO (Socket 370. Intel 815) CUV4X-C (Socket 370. Via Apollo Pro) CUV4X-D (Socket 370. Via Apollo Pro) CUV4X-DLS (Socket 370. Via Apollo Pro) CUR-DLS (Socket 370. LAN 10/100. FSB 133) CUV266 (Socket 370. Via VT8633. FSB133) CUW-RM (Socket 370. Intel 810) CUSI-M (Socket 370. Sis 630E) CUSI-FX (Socket 370. Sis 630E. Lan) MEW-B (Socket 370. Intel 810) P3C-E (Slot 1. Intel 820E. FSB 66/133) P2B-D (Slot 1. Intel 440BX. FSB 66/100) P4T Pro 4x (Socket 370. Intel 850. FSB 133) CD-ROM/DVD/CD-RW ASUS CD ROM 40X 450.500

17.992.000 19.135.000 15.700.000 16.279.000 16.564.000 17.420.000 17.992.000 18.560.000 19.700.000 17.400.000 18.278.000 18.849.000

19.420.000 20.563.000 18.564.000 19.420.000 19.992.000 20.563.000 21.700.000

1.605.000 1.605.000 2.956.000 1.111.300 1.235.000 1.175.000 1.469.000 1.666.900 4.445.000 1.704.000 1.087.000 2.160.000 4.445.000 8.650.000 3.087.000 1.133.500 865.000 926.000 1.133.500 2.160.800 3.457.000 2.444.800

469.000 766.000 1.136.000 1.296.500 2.222.500 2.600.000 4.198.000 4.939.000 1.358.000 1.049.500 839.500

ASTRINDO SURYA E-mail: ast-sby@indo.net.id

15.700.000 17.136.000 18.849.000 25.132.000 23.419.000 19.922.000 20.848.000 21.705.000 22.276.000 23.419.000 14.565.000 15.136.000 15.993.000 16.850.000 17.421.000

197.500 358.000

864.000 1.333.500 1.469.000 889.000

28 PCplus

plusGame
Nama Ducati memang sudah tak asing lagi di dunia balap otomotif. “The Ducati name means you’re riding the best on the road,” begitu klaim perusahaan pembuat sepeda motor bertenaga besar ini. Apa rasanya menunggangi Ducati seraya ngebut dengan kecepatan ratusan km/ jam? Simak semuanya lewat Ducati World.

Irta Belia

No.36/II/03 Juli 2001

DUCATI WORLD:

RAGAM MODEL DUCATI
Anda mau tahu modelmodel motor Ducati terbaru? Coba simak aneka model Ducati pada game Ducati World. Game ini menyediakan lebih dari 40 model motor asal produsen otomotif dari Itali ini. Mulai dari model asli keluaran tahun 1950-an hingga aneka model Superbike bertenaga besar yang berkesan high-tech. Salah satu Superbike yang dibanggakan adalah model legendaris 851 yang juga dikenal dengan sebutan Desmoquattro. Model ini pertama kali dirilis pada tahun 1988 dan sejak itu motor ini berhasil mencetak banyak prestasi di berbagai turnamen. Lalu ada pula tipe SportTouring (ST) yang sesuai untuk perjalanan jarak jauh. Modelnya yang aerodinamis dan mesinnya yang tangguh bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memainkan mode permainan Ducati Life. Nah, bila Anda ingin tahu lebih banyak tentang sejarah motor-motor merek ini, silahkan mampir ke Ducati Museum. Tapi bukan berarti Anda mesti jauh-jauh ke negerinya Luciano Pavarotti hanya untuk melihat-lihat koleksi yang ada. Singgah saja ke galeri foto yang disediakan. Sayangnya, pada versi demo yang tersedia di situs pembuat game ini, www.acclaim.com/games/ ducatiworld, Anda hanya bisa menikmati sebagian kecil dari model-model yang disediakan. Ya, bila Anda ingin bisa mengendarai semua model Ducati, Anda disarankan mencoba versi lengkap game ini. Nah, siap ngebut dengan motor keren? Tiga..dua..satu go! permainan pada versi yang lebih lengkap (full version). Pada versi ini Anda bisa menemukan 160 level acak dengan 11 monster baru. Belum lagi ditambah 3 monster yang lebih berkuasa, 10 senjata pemusnah monster, musik, grafik dan efek yang gilagilaan. Selamat Bermain!
SPESIFIKASI MINIMUM: ¬ Windows 95/98/NT ¬ Prosesor Pentium 133 MHz ¬ RAM 32MB ¬ Sisa harddisk 20MB ¬ 2D Video Card, memori 2MB mendukung 16-bit warna ¬ DirectX 3 ¬ CD-ROM Drive 8x SPESIFIKASI YANG DISARANKAN:

BIKIN NGEBUT MAKIN SERU

Di sini bukan berarti
Anda harus ngebut di jalanan, tapi Anda bisa membayangkan motor bertenaga besar dari perusahaan yang bermarkas di Italia ini lewat layar monitor Anda. Ducati World memang sarat dengan tontonan aneka model motor balap yang menggoda.

PILIHAN MODE
Game kebut-kebutan ini dibagi menjadi dua mode permainan: Ducati Life dan Ducati Quick Race. Kendati demikian, kedua mode ini bisa sama serunya, apalagi dengan motor-motor Ducati yang diperagakan. Ducati Life mengambil inspirasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari. Di sini Anda bisa merasakan sensasi sebagai seorang “real Ducati” dalam kesehariannya. Nah, lain lagi dengan Ducati Quick Race. Mode yang satu ini sangat cocok buat Anda yang gemar adu kecepatan di lingkungan arena balap. Di sini Anda bakal beradu dengan pembalap lain yang memamerkan tunggangannya masing-masing. Anda bisa memanfaatkan mode Challenge 2 player untuk menantang rekan Anda di sirkuit balap virtual ini. Anda ingin menjadi pemburu monster seperti pada film Buffy, The Vampire Slayer atau Angel, vampir yang baik hati? Cobalah main game Monster Hunter. Di sini Anda menjadi pemburu monster profesional yang berkerja sendirian melawan para monster. Termasuk pula para drakula, monster rawa, hantu, gremlin, manusia serigala, dan konco-konco-nya. membutuhkan strategi untuk melewati setiap level. Tentu saja Anda harus bisa memusnahkan setiap monster yang ada. Caranya bisa saja beragam. Yang penting, Anda harus bisa menggunakan senjata untuk memanfaatkan kelemahan dari setiap monster. Seperti monster rawa yang takut
“Ducati World: sarat dengan aneka motor keren” “Posisi kamera bisa diubah-ubah semau Anda”

SPESIFIKASI MINIMUM: ¬ ¬ ¬ ¬ ¬ ¬ ¬ Windows 95/98/ME Prosesor PII 266 MHz ke atas RAM 32MB Kartu grafis AGP 3D 16MB Sound Blaster 16 (kompatibel DirectX 7a) CD-ROM Drive 4x DirectX 7a

PEDOMAN KEYBOARD
Panah kiri Belok kiri Panah kanan Belok kanan Panah atas Menambah kecepatan Numpad 8 Numpad 4 Numpad 7 Numpad 5 Numpad 1 Numpad 9 Numpad 6 Numpad 3 Rem depan Rem belakang Mengubah posisi kamera Mengganti ke persneling lebih tinggi Mengganti ke persneling lebih rendah Melihat ke belakang Menempel ke depan lawan Menempel di belakang lawan

SPESIFIKASI YANG DISARANKAN: ¬ ¬ ¬ ¬ ¬ Prosesor PII 400 MHz ke atas RAM 64MB Kartu grafis AGP 3D 32MB Sound card SB Live atau kompatibel 3D card CD-ROM Drive 8x

Monster Hunter:

GAME PEMBURU MONSTER

Game ini

“Game perburuan para monster”

“Berkejar-kejaran dengan makhluk seram”

akan garam, manusia serigala yang dapat dibunuh dengan peluru perak, dan sebagainya. Nah, Anda dapat mencoba versi demonya dengan men-

download permainan ini dari situs www.monkeybyte.com. File instalasinya sendiri berukuran 20MB. Pada versi demo tersebut, Anda hanya

dapat memainkan dua mode: mode Training (latihan) dan the Haunted Castle (level 1). Kurang puas? Anda bisa memainkan lebih banyak lagi

¬ Windows 95/98/NT ¬ Prosesor 233 MHz ke atas ¬ RAM 32MB ¬ Sisa harddisk 200MB ¬ DirectX 5 ke atas ¬ CD-ROM Drive 20x
Samuel WB wb25us@yahoo.com Jakarta

PCplus 29

plusBintang
Lembaga pelatihan komputer ini baru saja dibuka di Jakarta bulan Februari lalu. Awal bulan Juni ini pun lembaga ini kembali membuka cabangnya di Bandung. Usianya masih tergolong sangat muda di Indonesia. Namun dengan reputasi dan kurikulum pendidikan yang cukup padat dan langsung dikirim dari markasnya di India, lembaga ini optimis bisa menjaring peminat TI di tanah air.

Irta Belia

No.36/II/03 Juli 2001

Direktur Aptech Indonesia: JO HENDRIC

PELATIHAN TI INTERNASIONAL A LA APTECH
certificate, e-commerce, atau JAVA. Bagi mereka yang ingin bersekolah ke luar negeri, ada beberapa kerja sama dengan beberapa universitas di luar negeri seperti di Australia. Kalau mereka masih tetap ingin sekolah di dalam negeri seperti di Aptech, kita masih bisa menyediakan sampai tahun ketiga. Saya mengambil pemisalan di Jabotabek karena contohnya kota-kota sekitar Jakarta yang memang penduduknya juga
AGUNG/PCplus

selama dua minggu. Peminatnya cukup banyak, mulai dari anakanak usia 12 tahun. Program ini akan diadakan selama bulan Juni dan Juli ini. Rencana apa lagi yang akan dikembangkan Aptech dalam waktu dekat? Rencana kami sebenarnya adalah ingin mengembangkan sebanyak mungkin cabang di Indonesia. Kami tahu bahwa investasi di pendidikan ini bersifat long term dan menyangkut kepercayaan. Untuk di Indonesia, sementara ini kita masih berkonsentrasi di Pulau Jawa dan Bali. Dengan model franchise yang diterapkan, tentunya ada seleksi untuk pengusaha lokal yang ingin membuka cabang di daerah. Seleksi seperti apa yang diterapkan? Biasanya kita memberikan satu kuesioner untuk mengetahui background dari pihak ketiga yang berminat bekerja sama. Misalnya apakah mereka sebelumnya sudah memiliki pengalaman di dunia pendidikan. Kalau mereka berminat dan yakin, kita akan bantu 100%. Contohnya seperti cabang kita di Bandung. Kita akan support dari desain gedungnya, infrastruktur yang diperlukan, lokasi, dan yang paling penting adalah human resource. Yang paling penting lagi adalah faculty atau guru-gurunya. Sampai saat ini semua guru didatangkan langsung dari India, termasuk Aptech Bandung. Selain guru, semua silabus dan buku-buku juga masih didatangkan langsung dari Aptech pusat. Aptech India memiliki 50 hingga 60 orang staf yang bertugas di bagian R & D (research and development –Red) dan menangani kurikulum pendidikan Aptech seluruh dunia. Jadi core business kami adalah memberikan kurikulum dan mendidik orang untuk mengajarkan kurikulum tadi ke pihak ketiga. Apakah untuk kurikulum selanjutnya akan disesuaikan dengan keadaan atau demand di lokasi center itu sendiri? Sementara ini kami masih melihat Jakarta dan Bandung setara. Tingkat pendidikan dan daya serapnya masih sebanding. Saat ini kami masih menggunakan silabus yang sama seperti yang diterapkan di Aptech pusat. Keseragaman kurikulum dan jenis yang diajarkan tetap diterapkan di Aptech seluruh dunia. Contohnya kurikulum ACCP kami. Jenis pendidikan yang di-launch ke seluruh dunia tetap diberlakukan sama.

di Indonesia lebih dilatarbelakangi oleh kurangnya lembaga pelatihan TI yang menawarkan pendidikan bertaraf internasional. Ini pulalah yang membuat lembaga ini tak kurang peminat. Berikut petikan wawancara dengan salah satu direktur Aptech Computer Education Indonesia, Jo Hendric, yang ditemui di Aptech Center Mal Ambasador, Jakarta. Apakah kurikulum yang diterapkan di sini sama dengan yang diberlakukan oleh Aptech India dan seluruh dunia? Kita baru saja mulai pada minggu ketiga bulan Februari ini dan praktis baru berjalan empat bulan. Operasi Aptech di seluruh dunia jauh lebih banyak dari yang ada sekarang. Cuma karena di Indonesia baru saja dibuka, kita masih belum mengambil seluruh kurikulum Aptech untuk diterapkan di sini. Kurikulum yang kita launch di Indonesia masih terbatas pada ACCP (Aptech Certified Computer Professional). Ini hanyalah salah satu produk dari Aptech dan kurikulumnya kita ambil yang masih bisa diterapkan di sini. Kalau mereka mau yang level pendidikannya lebih tinggi, kita juga memiliki kurikulum yang lebih advance. Aptech memiliki programprogram yang bersifat short course dan long term. Seperti apa jaminan kelulusan yang diberikan kepada para siswanya? Kalau yang short term course, sertifikasi yang kita berikan hanya terbatas sebagai attendant. Mereka bisa mengambil Oracle, Visual Basic, dan sebagainya. Sedangkan untuk career course yang kita sebut ACCP tadi, itu terbagi menjadi tiga semester. Semester pertama begitu mereka selesai, mereka mendapat sertifikat. Semester kedua selesai, mereka mendapat sertifikat. Sertifikat untuk semester ketiga dan keempat digabung. Jadi kalau mereka

Hadirnya Aptech

“Ingin mengembangkan sebanyak mungkin Aptech center di tanah air”

mengikuti sampai dua tahun, mereka akan mendapatkan tiga sertifikat: enam bulan, setahun, dan tahun kedua. Sertifikat itu semua harus melalui online examinations. Jadi mereka bisa lulus dan bisa juga tidak lulus, tergantung dari bagaimana prestasi mereka mengikuti kelas kita di sini. Semua sertifikat dikirim langsung dari Aptech pusat, Aptech India yang bermarkas di Mumbai. Online examinations ini berarti materi ujian dan sistem penilaian semua berasal dari Aptech pusat? Betul. Jadi mereka harus melalui satu ujian yang soalsoalnya diambil dari kurikulum ACCP tadi, tetapi bahan yang diuji tetap dikirim dari India. Jadi mereka harus mengerjakannya di depan komputer secara online. Sejauh ini sudah berapa jumlah siswa Aptech Indonesia? Respon yang kita terima dari masyarakat Jakarta saja sudah cukup lumayan. Kita sudah memiliki sekitar 100 siswa. Ini total di center Mal Ambasador saja sejak Maret lalu. Awal Agustus nanti adalah lulusan dari gelombang pertama yang sudah memulai kelasnya sejak awal Maret. Kalau belum ada produk (lulusan–Red) yang dihasilkan, rasanya kita belum bisa cerita banyak. Namun, kita akan coba membantu menyalurkan para lulusan ini dengan cara mempromosikan ke beberapa perusahaan. Karena mereka

tentunya memiliki suatu harapan tersendiri sebelum mengikuti kursus semacam ini. Mungkin bagi industri-industri yang memerlukan tenaga TI nantinya bisa menghubungi Aptech. Sudah sejauh mana pendekatan yang dilakukan? Sementara ini kita belum berani melakukan approach ke perusahaan sebelum kita sendiri menghasilkan lulusan dan caloncalon pekerja TI. Karena mereka sekarang masih dalam tahap pendidikan. Kita belum bisa mempromosikan sebelum kita yakin murid-murid kita menunjukkan kualitas yang cukup memadai buat mereka. Setelah membuka Aptech di Jakarta dan Bandung. Apakah Aptech berencana membuka cabang di kota-kota lain dalam waktu dekat? Franchise terakhir yang dibuka adalah di daerah Wastukencana, Bandung. Kita harapkan dalam bulan Juli dan Agustus kita bisa membuka franchise baru lagi. Di India, di satu kota seperti Mumbai saja sudah ada 36 Aptech center. Jadi kita bisa bayangkan, sebenarnya pasar untuk pendidikan ini masih banyak sekali. Tapi itu juga tergantung dari demand. Center di Jabotabek berhak mengadakan pendidikan sampai tahun ketiga. Dua tahun ACCP, tahun ketiga spesialisasi. Spesialisasi tergantung dari minat masingmasing murid. Ada Microsoft

bertambah dan memiliki minat sekolah yang tinggi di bidang TI. Kalau memang ada peminat, jaringan franchise kita selalu berkembang. Contoh di Bekasi, Cikarang. Mereka bisa membuka satu center dan kami berikan wewenang untuk mengadakan pengajaran. Kita bisa meniru kota Mumbai yang sudah memiliki 36 center. Mungkin tidak semua kelas adalah kelas A, ada juga kelas B dan kelas C. Ini yang kita sebut feeder. Mereka bisa belajar di sekitar kota ini karena mutu pendidikannya sama. Jadi pendidikan itu merata sampai ke semua kalangan. India yang ekspor industri softwarenya sudah begitu besar, belajar dengan konsep yang tidak begitu glamour. Industri TI-nya begitu jauh? karena mereka punya satu keinginan belajar yang kuat. Nah, minat belajar di Jakarta ini mungkin besar, jadi kita coba berikan mutu pendidikan yang baik dari Aptech. Kalangan mana yang paling banyak berminat belajar di Aptech Indonesia? Apakah pelajar, mahasiswa, atau profesional? Kalau kita lihat dari datadata yang masuk, semua kalangan ada. Mulai dari pelajar, profesional, dan korporat. Kita juga menyediakan program inhouse training untuk korporat. Jadi kita kirim instruktur kita ke perusahaan mereka. Dalam musim liburan sekolah ini kita juga membuka holiday program

30 PCplus

plusNetiket
Apa beda etiket dan etika? Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia yang disusun oleh W.J.S. Poerwadarminta, etika diartikan sebagai ilmu pengetahuan tentang asas-asas moral. Sedangkan etiket diartikan sebagai aturan sopan-santun di pergaulan. Kalau netiket? Seperti yang sudah sering dibahas di beberapa edisi sebelumnya, menururt Eric Spellman, netiket atau dalam bahasa Inggris netiquette merupakan kombinasi kata Net (sebagai kependekan Internet) dan etiquette (etiket). Jadi dapat diterjemahkan netiket merupakan serangkaian aturan yang harus diikuti bila seseorang ingin diterima di sebagai netizen (komunitas masyarakatat yang saling beriteraksi melalui Internet) yang baik.

Ahmad Saifullah Kundo

No.36/II/03 Juli 2001

Netiket:

LEBIH DARI SEKADAR ETIKET
oleh banyak budaya dan mail advertorial yang tidak agama di dunia. Etika Anda inginkan. Hal sangat terkait dengan tersebut berulang terus moral dan kewajiban pada jam-jam berikutnya kepada Tuhan. Sehingga bahkan beberapa hari sering dikatakan bila kita selanjutnya. Anda jadi tidak beretika, kita tidak korban advertorial flaming. bermoral. Kasus kedua lain lagi. Dalam banyak hal Bayangkanlah Anda etika dan etiket berjalan sedang online di Internet, seiring namun ada kalanya sedang asyik membuka esaling bertentangan. mail yang masuk ke Seorang dosen galak yang mailbox. Mendadak, Anda suka mencela namun dapat sebuah e-mail dari “Lekas minta maaf kalau tanpa sengaja mengirim virus” bertujuan mulia mendidik teman. Wah, e-mail dari mahasiswanya dapat teman lama pikir Anda. dikatakan beretika Anda membuka e-mail walaupun kurang tersebut dengan berbungaberetiket . Bandingkan bunga, tanpa rasa curiga. dengan seorang penjilat Ternyata, e-mail itu bermulut manis namun bervirus. Nasi sudah jadi suka mencelakai temannya bubur, virus sudah masuk dari belakang. Dia ke sistem. Sistem Anda beretiket namun tidak rusak dan harus diinstal beretika. ulang. Data yang sudah Sebuah tindakan pun Anda kumpulkan berbulandapat dimaknai sebagai bulan juga hilang terinfeksi etiket atau etika. Bila virus itu. Anda mengucapkan Pada kasus pertama, selamat pagi kepada orang yang mengirim e“E-mail ber-virus, memacu flaming” teman Anda dengan basamail itu dapat dikatakan basi itu hanya etiket. Tapi kalau melanggar netiket. Mengirim eflaming atau bukan, sangat Anda ucapkan dengan tulus mail advertorial yang tidak tergantung dengan budaya dapat diindikasikan Anda diinginkan. Tindakan itu masyarakat sebuah mailing list. beretika. Sebuah tindakan dapat dikategorikan advertorial Di mailing list A bisa dianggap memberikan makna beragam, flamming (PCplus edisi 34/II/ joke, di mailing list B mungkin tergantung motivasi pelaku dan 2001). Tidak ada kerugian nyata merupakan hal tabu. dampaknya kepada orang lain. yang dialami oleh penerima eLalu apakah netiket itu mail kecuali kerugian waktu dan hanya sebatas etiket di Internet? penuhnya mailbox dengan NETIKET BISA JADI ETIKA Sebelum menjawab itu, junkmail. Di edisi lalu sudah banyak bandingkanlah dua buah kasus Namun, pada kasus kedua, diulas tentang teknis-teknis yang mungkin pernah Anda penerima e-mail sangat bernetiket. Sama seperti dunia alami. dirugikan. Sistemnya rusak dan nyata, netiket di sebuah mailing Kasus pertama. Anda sedang datanya hilang. Terlepas dari list dapat berbeda satu dengan menunggu e-mail penting dari kesalahan penerima e-mail yang yang lain. Mungkin saja ada relasi. Sambil menunggu, Anda tidak menggunakan e-mail virus beberapa hal umum yang sama surfing di beberapa situs. Sedang scanner, dia telah dirugikan oleh seperti larangan melakukan asyik-asyiknya Anda memkiriman e-mail tersebut. Apabila spamming, tidak memicu browsing, muncul isyarat dari si pengirim e-mail dengan flaming dan sebagainya. Namun sistem bahwa ada e-mail masuk. sengaja melakukan hal itu parameter aktivitas flaming Andapun menghentikan dengan iseng, dia bukan saja misalnya bisa saja berbeda-beda. aktivitas browsing, menutup telah melanggar netiket tapi Sebagai contoh, dalam penilaian situs dan membuka mailbox. Eh, juga etika. Dia bukan saja tidak sebuah e-mail adalah pemicu ternyata yang masuk adalah e-

sopan tapi juga bermoral rendah. Memang, lain hal bila itu terjadi dengan tidak dengan sengaja. Misalkan sistem PCnya juga terinfeksi oleh virus dan dia lupa memeriksa kebersihan email yang akan dikirimnya dari virus. Dalam hal ini dia ceroboh dan kecerobohannya itu merugikan orang lain. Dengan demikian , kepercayaan netizen lain terhadapnya akan hilang.

IKUTILAH NETIKET
Dari contoh di atas jelaslah sudah bahwa di cyberspace pelanggaran netiket dapat juga mengakibatkan pelanggaran etika. Sebenarnya penilaian terhadap sebuah pelanggaran etika di Internet relatif lebih mudah dibandingkan dunia nyata. Pelanggaran etika pada umumnya merupakan pelanggaran netiket walaupun belum tentu sebaliknya. Namun, sama dengan dunia nyata, di dunia maya, pelanggaran etika banyak yang tidak tersentuh hukum yuridis. Dari sekian ribu penyebar virus via e-mail, berapa puluh orang sih yang dapat tertangkap? Apalagi di negara Indonesia yang belum mempunyai cyberlaw. Komitmen moral, pertanggungjawaban kepada Tuhan serta hati nurani merupakan poin penting yang dapat membentengi kita untuk tidak melakukan perbuatan amoral tersebut. Selain itu, pelanggaran netiket juga terkait dengan kepercayaan beribu-ribu netizen kepada kita. Sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tak percaya. Hal ini diakui oleh Onno W. Purbo, pakar TI ITB. Menurutnya, salah satu hal yang menghambat berkembangnya ecommerce di Indonesia, adalah sulitnya membangun kepercayaan di komunitas maya tersebut. Siapa sih yang dapat menjamin pengirim sebuah email adalah orang yang sama setiap saat? Perlu waktu bertahun-tahun dengan intensitas komunikasi yang tinggi sebelum seseorang dapat dipercaya sepenuhnya oleh netizen yang lain. Maukah kepercayaan yang sudah Anda bangun lama itu runtuh hanya gara-gara pelanggaran netiket. Sayang, kan?

ETIKET DAN ETIKA
Etiket itu relatif. Dulu, di Bali, seorang wanita yang bertelanjang dada sambil tampil di muka umum adalah hal lumrah. Tapi jangan harap menemukan kebiasaaan tersebut di Sumatera, bisa-bisa wanita itu dipasung karena dianggap gila. Di Arab Saudi, jangan coba-coba memukul pantat seorang warga Arab asli, bisa-bisa Anda diajak duel. Tapi dia tidak akan terlalu marah kalau kepalanya yang ditepuk. Hal sebaliknya justru berlaku di Indonesia. Itu semua etiket. Sesuatu yang dilarang di suatu daerah belum tentu terlarang di daerah lain. Etiket di sebuah komunitas bersifat lokal dan relatif tidak ada kewajiban moral tinggi untuk mengikutinya. Bila kita tidak mengikutinya, paling-paling kita tidak akan diterima oleh masyarakat di suatu daerah dan dicap tidak sopan. Beda dengan etiket, etika bersifat normatif dan universal. Tidak membunuh, tidak merampas hak orang lain, berbuat baik kepada orang lain adalah hal-hal yang dianjurkan

KUIS

Ciplus sedang rajin-rajinnya bermain Internet. Maklum, baru

1.

dapat PC baru plus modem. Ketika sedang asyik membuka mailbox di Outlook Express dia menerima e-mail dari Ook, adiknya yang sedang berada di kampus. Ciplus heran, setiap kali Ook mengirim e-mail, di bagian bawah e-mail selalu terdapat signature berupa nama dan alamat rumah. Wah, gimana cara membuat signature itu ya, pikir Ook. Tolong dong PCplusser sekalian bantu si Ciplus membuat signature e-mail di Outlook Express. Beri penjelasan secara sistematis, ringkas, dan jelas, tidak lebih dari dua baris di sehelai kartu pos yang ditempeli kupon asli. Jawaban paling lambat sudah diterima redaksi paling lambat tanggal 11 Juli 2001. PCplus akan memberikan speaker keren ASUS dan lima buah jam dinding dari ASUS bagi PCplusser yang beruntung.

1. 2. 3. 4. 5.

Jawaban Kuis No 32/II/2001:
Tools>Options>Save>Ketik Password>OK>Ketik ulang Password>OK

Pemenang Kuis Edisi 32/II/2001: HADIAH SPEAKER SLAMET ARIEK Jl. K.H. Hasyim As’ari No. 46 Probolinggo 67217 HADIAH JAM DINDING DAVID ADI SURYA Jl. Muara Mas Raya B-91 Semarang 50177 SUHERMANTO LPK “Borneo” Jl. Jend. Sudirman 175 Balikpapan 76113 CAROLINA SALLY Jl. Sukarno Hatta 55 RT.06/05 Malang 65142 AINUR ROZIKIN Jl. Jombang No. 810 Kandangan - Kediri Jawa Timur 64294 STEFANUS F.R. Komp. Sek-Neg Baru Blok D/8 Cidodol Kebayoran Lama - Jakarta Selatan

KUPON KUIS 36/II/2001
PCplus 31

32 PCplus

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->