PROGRAM DAN CARA BELAJAR Cara Belajar di SMP berbeda jauh dengan di SD ada beberapa hal yang perlu

diperhatikan : 1. Setelah MOPD berakhir akan dibagi Kelas dari kelas 7A s/d 7H dan akan memiliki wali kelas masing masing 2. Setiap kelas harus menyusun Struktur organigram kelas dipandu oleh wali kelas 3. Setiasp siswa harus mendapatkan nilai tuntas dalam setiap mata pelajaran dengan melakukan perbaikan sebagai syarat untuk naik ke kelas berikutnya 4. setiap kelas akan mendapatkan jadwal pelajaran yang berbeda dengan kelas yang lain 5. selain Program Kurikuler artinya yang diajarkan dikelas diwajibkan / diharuskan memilih salah satu ekstrakurikuler yang ada yang dilaksanakan setiap hari sabtu 6. Setiap siswa yang melanggar tata tertib sekolah akan dikenakan sangsi sesuai dengan pelanggaran yang dibuat bahkan dapat dikeluarkan sesuai perjanjian yang ditanda tangani setiap siswa yang diterima di SMP 1 Ngamprah 7. 8. setiap mata pelajaran diajarkan oleh seorang guru mata pelajaran siswa yang aktif dan berprestasi akan mendapat penghargaan dari sekolah

setiap siswa dituntut untuk dapat rajin membaca sebab dengan membaca akan banyak tahu . siswa dapat berkonsultasi masalah pelajaran atau masalah lainnya kepada : Wali Kelas masing masing . perpustakaan dan fasilitas lainnya 12. lab bahasa. Pembina OSIS atau PKS Kesiswaan 15. setiap kamis memakai Batik.9. Setiap siswa dituntut aktif kreatif baik bertanya mengajukan saran maupun menjawab pertanyaan sebab diskusi kelas harus dapat dilaksanakan oleh siswa dengan dibimbing oleg guru mata pelajaran 10. Guru BP . pakaian Putih biru wajib rapih berdasi dan ikat pinggang sekolah dengan atribut lengkap dengan memakai sepatu NB dari sekolah atau sejenisnya . mendengarkan berita perkembangan negara maupun dunia 11. tanpa dasi setiap sabtu berpakaian sesuai dengan Ekstrakuyrikuler yang diikuti ( Pakaian Kebesaran Ekstra Kurikuler atau sesuai petunjuk Pembina Ekstra masing masing ) 14.Jum at Pakaian Taqwa seragam sekolah 13. Berpakaian setiap siswa diwajibkan berpakaian sesuai dengan ketentuan yang diharuskan seperti : Setiap senin wajib memakai topi saat Upacara. Jika siswa memiliki bakat Khusus diharapkan diketahui wali Kelas atau Pembina OSIS . setiap siswa diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas sekolah seperti internet.

dengan memahami wawasan wiyata mandala . setiap siswa mendapatkan buku tata tertib yang berisi pulsa . Setiap semester diadakan Ulangan umum 20. Warnet *) e. Fasilitas Alat Musik ( Band ) d. sekolah memiliki Radio Suara siswa diisi oleh para siswa yang berminat dalam bidang Broadcast / siaran *) 18. setiap siswa mendapatkan pulsa 100 . Kantin dll 19. Tabungan siswa di Ruang Tabsis c. siswa tersebut dikembalikan pada orang tuanya 21. apabila pulsa sudah habis maka . dan setiap kesalahan akan dikurangi pulsanya sesuai dengan jenis kesalahan yang diperbuatnya WAWASAN WIYATA MANDALA Wawasan artinya cara Pandang Wiyata artinya pendidikan Mandala artinya lingkungan Jadi wawasan wiyata mandala adalah cara pandang siswa terhadap lingkungan pendidikan .16. sekolah memiliki Majalah sekolah yang mengisi berbagai rubrik adalah siswa dengan menghubungi redaksi majalah di Ruang Tabsis dan Pemred Majalah siswa *) 17. fasilitas lain yang disediakan sekolah : a. Foto Copy di Koperasi sekolah dan kebutuhan siswa lainnya b.

bertaqwa . artinya tidak ada sesuatu yang tidak berguna bahkan bagi orang yang kreatif sampah saja masih bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna . Selama menjadi siswa SMP 1 Ngamprah harus memiliki tekad bahwa datang ke sekolah semata – mata hendak menjadi lebih baik dan bermanfaat . Artinya kritis berbicara dalam menyampaikan pendapat dan mampu menghargai pendapat orang lain Bertaqwa artinya mengamalkan ilmu pengetahuan dan perbuatan harus senantiasa didasari oleh nilai nilai agama . inovatif . walaupun berbeda agama .siswa harus menjadikan lingkungan sekolah sebagai lingkungan belajar baik belajar berbagai ilmu pengetahuan maupun belajar bersosialisasi artinya bergaul dengan berbagai kalangan seperti dengan sesama siswa ( harus berkawan banyak ) dengan guru bagaimana tata krama dilakukan . mampu berfikir kritis. sebab semuaagama resmi mengajarkan umatnya untuk berbuat baik Cerdas dalam bersikap dan mengambil keputusan artinya kapan boleh berbicara dan kapan kita harus menjadi pendengar yang baik . Kreatif artinya selalu ingin memanfaat segala sesuatu untuk kebaikan dan segala sesuatu dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin . Keamana sekolah dan sebagainya . baik dalam belajar di kelas maupun di luar kelas . cerdas dan kreatif. baik dalam bertata krama dan sopan santun . dengan karyawan sekolah dengan Tata Usaha sekolah .

Dengan memanfaat segala fasilitas yang ada disekolah yang mendukung lingkungan belajar yang kondusif artinya dapat memanfaat lingkungan sekolah sebagai wahana belajar menempa diri menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan negara . anggota masyarakat . ingin enak saja tanpa bekerja keras . cerdas. berilmu . bukan diisi oleh orang malas .Inovatif artinya mampu menciptakan sesuatu yang baru yang mendukung khidupan menjadi lebih berkwalitas dan lebih baik dan layak . ingin disebut anak gaul tanpa mau berjuang untuk menjadi manusia yang memiliki keahlian . dan berdaya saing . menjadi warga negara yang baik yang memahami hak dan kewajiban sebagai siswa. dan calon penerus bangsa yang beriman. Maka di sinilah lingkungannya di sekolah jadikanlah sekolah SMP 1 Ngamprah sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan dan tempat mengukir prestasi . sebab bangsa Indonesia ini akan maju jika diisi oleh warga negara yang berfikiran positif dan inovatif .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful