Drama perpisahan sekolah Akhir Jabatan ku (di beberapa bangku yang berrdekatan terlihat ada yang sedang berbincang – bincang

asysik, di sittu ada Elsa, Sonia, Wulan dan Yuliana) Sonia : eehh..ehh gak nyangka iia, bentar lagi kkitta lulus.. Elsa : iia ya..adduh ttp blm selesai perjuangan kku Wulan : pperjjuangan?? Mmw ngapen llagi kkamu?? Elsa : TPA kkku blm akk jalanin.. Yuliana : akk juga ttau... Elasa : kkita harus berjuang keras nnehh... Yuliana : ppastti ttu.. iia semoga berhasil iia... Elasa : AMIN dde.. Sonia : oohh iia yya kalian TPA... ssabar iia... pasttii dde biisa Elsa : hahaha ssipb*.. (di bangku lain terlihat sedang ada perbincanagan asyik juga antara evi,tia, pande, debi, wahyu, dan wawan) Wahyu : ehh guys, uang kasnya masiih sisa kkan?? Pande : massih yyu, kknp??? Wahyu : acara perpisahan kita buad apaan nneh?? Evi : jalan – jalan ajja yyuukk... Rrame – rame satu kelas...gmn?? Tia : bbolle ddeh, kkan uang kassnya lumayan ttu... Evi : iia, ggmn yyu??? Nnati kkita umumin ajja.... Wahyu : bbole ddeh.. Ttp kklu gg bissa iikut semmua gmn??? Debi : nnah iitu dy masalahnya.. Acra yg lain ajja.. Wahyu : appaan?? Wawan : eeh acara baksos aja yyuk?? Evi : bakso?? Kkughh aneh ssih kkm?? Selain evi : Bakti sosial Evvi.. Tia : bukan bakso Evi : oalah baksos.. Tia : anneh kkali kkammu, makananan ajja Teman* : hahahahahahaha evvvie*... Evi : sorry dde.. heheheheheeeee.. Wawan : gmn??? Okke gg?? Debi : bbolle juga ttu... tumben majju otak mmu wan??? Wahyu : hahahaha, uudah tobat kaalikk....hahahaha Pande : ember... Wawan : kanggo daaah kkaalian.... gmn ookke gak?? Debi : bolleh dde dr pd ttu uang kas amburadul... Tia : Okke de stuuju... (kebetulan bel pulang suda berbunyi, jadi mereka memutuskan untuk melanjutkan diskusinya besok) Pande : eeh uudah bbel ttuhh... kkita umumin kke temen – temen besok aja iia.. Tia : iia dde... Debi : iia sekalian besokk dilanjutin diskusinya, kkan nnie blm sellesai bnget... Tia : iia inikan belum dapet finallynyaa... Wahyu : ookelah kklu beggitu.. kkita lanjutkan besoggg... Wawan : mmmariiiiiiiiii ddehh kitta pulang ...hahahahahahahahahaa... Teman* : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu (kkeesokan harinya pada saat semua berkumpul di kelas, Wahyu pun memberi tahukan acara yang ia rundingkan kemarin)

Bboleh juga (ketika teman* yang lain bilang oke. ssini ddee.. Evi : Tia. Temen* : ohh. klu gak kenyataan knp harus marah?? Wahh berarti dugaan kku bner. iia* Tia : Buat yang mungkin gak sibuk dan ada wakttu..kklu ada yang mau nyumbang yang lain juga bboleh..... Berhubung uang kas kkita massih dan sebentar lagi kita bakan pisah. ternyata. Ti n de : app vie?? Evi : Kita nyumbangya ke panti asuhan Kasih Asih .. bolleh..... Tu adi : ttapi pastti nnih?? Wahyu : jelaas pastti. mereka pun akhirnya mulai mengumpulkan barang – barang yang akan di sumbangkan) Wahyu : buat yang mau nyumbang. Teman* : (sambil berbisik). Teman* : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuu bilang ajja gg ikhlas.. di harapkan iikut pada ssaat acara.. kkenapa kkalian harus marah.. kkamu kira kkamu siapa?? Evi : Eh soryy iia. kalian embat uangnya. gimana kkalau kkita ngadain acara bakti Sosial untuk acara perpisahan kkita??? Iia itung – itung sekalian kenang – kenangan semasa SMP. nyumbangya bebas yang penting layak pakai aja dan nyumbangnya seikhlasnya ajja.. bolleh...... ngapaen sih kalian berantem segala Evi : ddia dulu tu yang mulai.. ohh iia mungkin sebagian yang gak bissa dateng enggak apa – apa bbisa di wakilin atas nama kelas.. Wulan : klu gg merasa iia udah diemm. hhmhh. (akhirnya teman – teman sattu kkelas setuju atas iide baksos iitu. Teman* : hahahahahahaha. Wahyu : uudah*. Evi : eehh kamu. bbolleh . engken?? Iing percaya?? Tu adi : percaya*..... Tu adi : ggak ggittu juga kkali...... masih saja ada yang bertentangan dengan ide tersebut) Wulan : apa??? Bbakti sosial?? Gak salah denger akk?? Wahyu : iia bakti sosial..Wahyu : Temen – temen minta waktunya sebentar.. bisa di mulai hari iini dan kke debi sama tia Ariyadi: nyumbangya ap aja kan?? Mksdnya dalam artian boleh uang. tolong.. Wulan : hhello. Evi : eeh kkey kklu ngomong bisa ggak di jaga?? Ngomong kugh kaya ember pecah.. debi... kkamu tu juga bukan siapa siapa. bukanya bakti sosial yang ada malah klu kita nyumbnag uang. klu kkamu mau nyari kerusuhan mending kkamu keluar ddehh.... atau bendda benda layak paakai?? Debi : iiya temen – temen.. kknp?? Wulan : gak yakin akk kalian bisa puny aide bakti sosial segala... Debi : wulan kalau memang kamu gak setu bissa ddiem kkan.. kalian kan otak* kadal pasti ada aja rencana ngadalin orang lai. Ggak usah sokk. bbollehh.. Evi : gak usah dde kkamu nyari masalah atau pun gara – gara. bajuu.. Wahyu : maksud kamu ngomong gitu apa?? Wulan : iia piker aja sendiri. mungkin gak sihh kalian* iitu ngelakuin baksos?? Wahyu : ini kan kegiatan positif kenapa egg?? Ooh apa menurut kamu kita gak jujur gittu?? Wulan : mungkin. kenapa tidak.. Ariyadi : Baksos ke mana rencananya?? Wahyu : belum ttau tapi nanti kkita coba rundingin ajja.... Teman* : okeh ddeh. Wulan : (keluar kelas) Wahyu : maaf* tadi ada sedikit keributan.. Wahyu : udah – udah diem dua*nya.. dilanjutin aja diskusi baksosnya. Wuan : ehh gak berhak iia kkm ngusir* gittu.

kkuliah ap kerja kak?? Surya : Kuliah sambil mengurus panti ini. kami ingin mengadakan bakti sosial menyambut hari kelulusan serta acra perpisahan. saya ingin bergabung dengan yang lain. Tia : iia dde ggittu ajja....... ... selamat siang......... mari – mari silahkan masukk.. Pande : kkapan kita ke sn?? Wahyu : lusa ajj gmn?? Bbiar gak kelamaan. Ecca : mmari semua Teman* : iia.... nntr ajja sekalian jjelasin........... tua sekali sy di panggil pak Teman* : hahahahahahaha iia ddehhhh Evi : brarti masih remaja dong.. Surya : oh iia silahkan silahkan masukk. Surya : iini dengan ssiapa sja iia?? Wahyu : ooh iia saya llupa.... ddan iini ttia........ Surya : tterimakasih sekali yya... (setelah keputusan diskusinya ditetapkan lalu wahyu pun mengumumkan tempat pantinya dan waktu acaranya) Wahyu : minta wakttu sedikit ajja. Evi : waahh hhebbat*... Cuma nanyak tau. Pandde : iia dde.. mmaf mmaf.. Wawan : makasihh kakk.. Wahyu : ia kak sama – sama.. Surya : ohh iia*....... tolong antarkan adik* ini ke temapat aula iia... kkita mau ngasih tau tempat dan waktu acaranya... daari rumah kku kkita berangkat bareng.. TD : evvi*.. gak dteng gak ap jugga. inni ada sedikit untuk panti ini.. Debi : iia kklu lussa bilang na’e ma tmen*...??? kkalau tiddak bissa di lanjutkan nyumbangnya. semoga beguna bagi panti iia kkak.. bbuad temen – temen di harapkan dateng ia... Surya : iia . kebetulan. wwahh terimakasih ssudah mau berkunjung ke panti kkamii.. Wawan : kak numpang tanyak. mungkin tidak seberapa kak...... Surya : memang saya baru ajja lulus SMA tahun lalu jadi panggil kakak ajj... Debi : kak kkita boehh langsung ke aula. tapi kugh kayagnya gak cocok iia di panggil pak....iia.. WDT : Astungkara.... Wahyu : hhmm. perkenalkan saya wahyu.... kkita berkumpul di rumah kku......... Amin** Surya : iia yya.... dan sesampainya di sana mereka di smbut oleh salah satu ketua yayansan) Wahyu : Selamat siang pak. kesediaan kalian untuk datang kesini saja iitu sudah sangat berguna bagi panti ini..... Temen* : ookkkeeeee.. Wahyu : iia pakk terima kasih. ya saya Surya pengelola panti di sini... ggak ada pertanyaan lagi.. Temaptnya di panti asuhan Kasih Asih di daerah Tabanan tepatnya lussa kkita ke sana.. mw pendekatan ta?? Evi : enak aja. (akhirnya setelah 2 hari mereka mengumpulkan sumbangan. DWT : iia kakk... Surya : iia.. dan kakak turut mendo’akan kalian untuk lulus.Tia : ddi mn ttu?? Evi : Di Tabanan Wahyu : bolleh ttu Debi : kita umuminya wakttu uddh pada ngumpul ajj iia. kita mau langsung ketemu anak*nya biisa??? Iia daripada kkitta nganggur di sini. ecca.. ruanganya sebelah mn?? Surya : iiya* ... Surya : ohh iia*........ Kedatangan adik – adik kemari bertujuan ap iia?? Wahyu : begini kak. iini ddebi. ohh iia........... hehehe Wawan : kak. akhirnya wahyu dan beberapa teman sekelasnya berangkat ke panti asuhan . Eca : bbaikk kak.....

Tiia : selamat siang semuaaaaa. Surya : kiita sudah sampai.. mmaf iia kklu jjelekk. Fitri : kak kita di sini ingin memberi sambutan untuk kakak semua..... jd penasaran... Anak* : siangg kkakk. jadi di biarkan di jalanan..orang tua mereka ke mana kak?? Surya : sebagian mungkin orang tuanya msih ada tapi tak sanggup untuk menghidupi mereka* ini. iini ruang aulanya.... Fitri : PERPISAHAN Perpisahaan sudah di ambang mata Perpisahan membuat kita tak bersama 3 tahun bersama terasa sangat Sulit untuk dilepaskan dengan perpisahan Semua begitu terasa indah Ada senang dan ada juga sedih Tapi itu hanyalah dongeng cerita kehidupan Kedepan kita akan membuka mata Untuk hidup yang lebih baik Bersenang-senanglah sobat Karena aku disini akan selalu ada Untuk selallu mendukung mmu Kau memang sobat sejatiku Harapan kesepian makin tak ada lagi dalam benakku Jika kau sedih akupun turut gelisah Raihlah segala citamu Harapan akan selalu ada Jika kita menikmati hidup dengan hati yang tenang ( semua bertepuk tangan) ... Debi : wahh begittu iia..... Tia : wahh semangat sekali. Tia : hhemmmh.. Debi : puisi apa sayang?? Fitri : puisi PERPISAHAN.. Surya : memang dekk di sini masih terasa pedesaanya.. Debi : appa sayang?? Fitri : ppuuisi Debi : wwah ppuisi?? Fitri : iia kkak.. kkita tau kalau kakak iini ke sin karena acara perpisahan . tapi mereka tidak mengetahuinya. jadi kita buatin puisinya Tia : wwahh makasi iia untuk semuanya... Fitri : ookeh kkak.. mmari masuuk. Tia : sejuk sekali udara di sini.. Tia : dari mulai umur berapa saja kkak anak* yang tinggal di sinni?? Surya : dari 7-13 thh Tia : sudah berapa tahun kak panti ini didirikan?? Surya : barru saja 2 tahun llahh. Debi : iia kakk..Surya : ohh iia ia mari silahkan saya antarrr Debi : baik kak terimakasih. saaya suka sekali.. Anak* : iia donk.. daripada mereka di jalanan..... Tia : wahh baggus kakk.. ssokk manggakk. Wahyu : ooh iia kak.. hebat.. iia.. kkita ajj di bikini puisi uddah seneng bnget... ddi sini anak*nya berasal dari mana saja?? Surya : sebagian besar mereka anak* jalanan. jd pedagang asongan. karena buatnya dadakan... jjadii terharuu.. mungkin sudah dari kecil mereka berpisah dengan orang tuanya... pengamen. kami juga sempat menanyakan keberadaan orangtua mereka... Tia : iia gakk apa*.... langsung ajja ddeh ddi bacainn.. saya dan teman* saya mendirikan panti iini. hhebat..

.... ttkut kemaleman. Surya : iiya sama – sma... kkita mau minta permintaan bbolehh... Wahyyu : iia uudhh kkita permissi ddulu iia sma ketua yayasanya. Debi : ttapi kkita pada gak bisa nyanyi ddekk... Debi : app iia?? Aldi : kita udah lam gak di hibur.. udah lama juga kita semua tidak lihat kapak main gitar.. mereka pasti merasa kehilangan karena kalian tinggal. Surya : kakak juga berharap kalian ttidak kkecewa dengan keadaan sekitarr.. Pande : klu nati.... kakak* yang tadi mau pulang. nnie uudah ssore iiak. Linda : yyahh kkakak kkug pulang?? Kkita kan masih mau main. pengalaman yang tak akan terlupakan pastinya. kakak. Fitri : kkak*. tak terasa mereka bermain – main dipanti sampai lupa waktu...........Tia : bagus bnget fitri. kakak juga senang dan berterimakasih kalian berkunjung kesini.. tolong panggil anak – anak .. kkebetulan ssudahh sore jjuga. Debi : iia kkak. Surya : oohh iia – iia.. pintu panti iini selallu terbuka untuk siapa sja. Debi : yyuk.. Eca : adik* keluar yya.... bakalan sering kesini kan. ... semuanya ramah ramah.. iini kkuggh rame rame pada mau ke mana?? Wahyu : kkami mau permisi pulang kak. Aldi : iia gak ap* kkita nyanyi sama*. Surya : aldi. lagian mereka juga lagi main – main. Fitri : iia gak apa kan kak. kkm ada ada saja. Debi : iia uudah.. Linda : kenapa gak entaran ajja. tmen gmn nnie?? Kkita pulang sekarang ajj yuuk uudh ssore nnihh. Evi : iia kkak kkita bakalan sering ke sini kugh... Tia : di sini jjuga kkita bbisa llebihh dekat dengan sema hal.. Eca : aayukk*..... Wahyu : iia sudah kak kami permisi iia... dang g akan lupa sama kita kan?? Pande : eegga llah.. Pande : iia sayng kkita kkan harus pulang.. Anak* : yyahhhhhhhhhh.. Eccca.. sampek kkita llupa wakttu Tia : iia nnehh. Eca : bbaik kak. sebissa mungkin kkita ngeluangin waktu buuat tmen – tmen kkita. kalian mau lagu ap??? Anak* : ap ajja ddehh Wahyu : kita nyanyi sama – sam iia... Aldi : janji iia kak... Evi : oohh ttidak – ttidak kak.. kk mau kan nyanyi buat kkita semua. Aldi : kak kak.. Fitri : terimaksih kkak. Debbi : iia dde.. Debi : iia nneh... Surya : bbaiklah... Wahyu : permissi kak. terimakasih seharian suddah diberi kesempatan untuk bermain di sini. Surya : bbaikklah. slam untuk temen – temen semua... sanpai sore mereka di sana) Ariyadi : eehh gak nyangka. kita gak akan lupa sama kalian.. Aldi : tapi kakak* bakalan sering ke sini kann?? Linda : iia kak..... uudah sore juga. kkugh ssudah mmau pulang saja??? Wahyu : iia kak.... takutnya merepotkan.. dan kkita bakan sering* kke sini.. anak* sepertinya juga senang dengan kehadiran kalian... kkalian jangan sungkan – sungkan untuk sering main ke sini. kak surya juga pinter loh kak main gitarnya.. Wahyu : Ohh tidak usah pak. seru bnget iia.. sebentar yya kakak panggilkan anak*. seruu lagii. (setellah bernyanyi nyari bersama... Surya : egg apa – apa. karya yang iindahh...... Surya : ooh iia iia ddekk.. karena adik* ini akan pulang...

.. gak usah kkm ngebela dirikamu lagi.. yang lalu iia udh beralalu ajj.. akk mintaa maaf bnget. .. kkita semua bisa ngerasain sama – sama.... rugi banget tau.... smama*. Teman* : hahahahahahaahahaaaaaaa.Tia : iia janji.. bbuat temen* semua... Wulan : akku ttuhh ak mmulai.. Deni : kokakekkkokakekk. Evi : iia. Evi : gmn tmen*.... ooh iia... Temen* : hmmmm Debi : iia ddehh.... Anak* : yyeeee assikkkkkkkkkkkkkk. Wahyu : iia sudah kak. Wawan : hhello. Wulan : iia* akk ngaku akk udah buad banyak kesalahan sama kalian.. Teman* : iia ddehh.. Evi : iia nanti pas adda reunion kyag gni ajja lagi. Nurul : iia meskipun gak iikut. makasih semuanya.... dan keesokan harinya mereka menceritakan semua yang terjadi di sana ke pada teman – teman sekelas dan menunjukan beberapa foto yang sempat di abadikan oleh salah seorang dari mereka) Evi : temen – temen. kamu ttu kali yang maunya makan uang kita semua.. mangkanya jadi orang ttu gak usahngehasut orang lain untuk jadi bruk. hhmm ggak bakalan terlupakan bnget nnehh.. baik iia?? Wulan : ehh kamu. Evi : kkamu makin lama makin ngelunjak iia. permisi iia.. Yulia : udah dde. jauh bnget ssih viieeeeeeeeeee.. Hhmm bbuad yang gak dateng kemaren gak apa*. Wulan : iia memang akk slahh akk tau kkugg. Pande : guys gak nyangka iia kkita bisa ngadain acara perpisahan yang seru n bermanfaat gini... Teman* : eevviee – evvie. kayak kita gak pernah di kasih makan ajj sama orang tua kita... bbiar serru.. Yuliana : adi selama ini kamu boongin kita*?? Evi : iitu ttu temen kamu.. iini ada beberapa foto – foto kita sama anak* di panti.... Nurul : iidihh gila seru bnget.. kkamu juga vvie..... Evi : gak usah kkamu mulai lagi dde. kita sesering mungkin ke sini.. Debi : senangnya perpisahan yang kayag gini......... nyesel nnie ggak iikutan kmaren. kkita maafin. ookkkehh???????? Teman* : ookkehh dde. Surya : ohh iaa iisa marri*... trus barang*nya di buang ke got depan rumah.. udah cukup kamu ngehasut kita*. kkugh udah mikir rreuni... Debi : kkamu serius lan?? Wulan : iia akk serius akk minta maff sama semuanya... gak minat kita makan uang dari kalia semua... Evi : mangkanya jangan berulah.. Temen* : iia uddh.. tapi gg bisa. Evi : ehhhh guys. tolong maafin akk iia. kkita kapan kapan kesana ajja kitta kesana lebihh rame lagi...nanti kkita janjian ajja iia kklu mau ke sana lge............ akk minta maaf iia...... Wulan : apaa seru??? Serius ttuh seru?? Kyagnya gak bnget dde. tapi masak akk diginiin akk gg mau dipojokinn. maaf juga iia akk banyak salah. kan emang kenyataanya giitu...... Teman* : daaaa dadadadadaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa Anak* : dddaaaaaaaaaaaaaa dadadaaaa kakak....... kasian tau tmen* kkamu yang udah kamu hasut.. iia gak??? Wawan : ap reunion??? Gg salah?? Evi : iia enggak lah...... kkita sampai lupa waktu. paling paling uangnya dipakek makan.. assemellehhh. Wulan : iia.......... gila kemaren seru bnget di sana.... kkita ajja masih nunggu pengumuman.... (akhirnya setelah berpamitan mereka pulang..

(mereka sangat puas dan bahagia dengan kegiatan perpisahan iini. bbiar jadi pahala. “Jadi pesan dari drama iini adalah selagi kkita masih bisa berbagi kepada sesama kenapa tidak kita lakukan. dan dengan berbagi gak hanya kita ajja yang seneng tapi orang lainpun merasa senang. enakkan berbagi.. berbagi itu bisa di mana ajja dan kapan ajja gak susah kan untuk kita berbagi.” .. pelajaran yang sungguh sangat berharga dan tak terlupakan). hehehehehehehehehe.. dan mereka sangat bersyukur karena dalam cara perpisahan ini mereka dapat berbagi dengan sesama.. Tapi berbaginya juga harus ikhlas iia..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful