Drama perpisahan sekolah Akhir Jabatan ku (di beberapa bangku yang berrdekatan terlihat ada yang sedang berbincang – bincang

asysik, di sittu ada Elsa, Sonia, Wulan dan Yuliana) Sonia : eehh..ehh gak nyangka iia, bentar lagi kkitta lulus.. Elsa : iia ya..adduh ttp blm selesai perjuangan kku Wulan : pperjjuangan?? Mmw ngapen llagi kkamu?? Elsa : TPA kkku blm akk jalanin.. Yuliana : akk juga ttau... Elasa : kkita harus berjuang keras nnehh... Yuliana : ppastti ttu.. iia semoga berhasil iia... Elasa : AMIN dde.. Sonia : oohh iia yya kalian TPA... ssabar iia... pasttii dde biisa Elsa : hahaha ssipb*.. (di bangku lain terlihat sedang ada perbincanagan asyik juga antara evi,tia, pande, debi, wahyu, dan wawan) Wahyu : ehh guys, uang kasnya masiih sisa kkan?? Pande : massih yyu, kknp??? Wahyu : acara perpisahan kita buad apaan nneh?? Evi : jalan – jalan ajja yyuukk... Rrame – rame satu kelas...gmn?? Tia : bbolle ddeh, kkan uang kassnya lumayan ttu... Evi : iia, ggmn yyu??? Nnati kkita umumin ajja.... Wahyu : bbole ddeh.. Ttp kklu gg bissa iikut semmua gmn??? Debi : nnah iitu dy masalahnya.. Acra yg lain ajja.. Wahyu : appaan?? Wawan : eeh acara baksos aja yyuk?? Evi : bakso?? Kkughh aneh ssih kkm?? Selain evi : Bakti sosial Evvi.. Tia : bukan bakso Evi : oalah baksos.. Tia : anneh kkali kkammu, makananan ajja Teman* : hahahahahahaha evvvie*... Evi : sorry dde.. heheheheheeeee.. Wawan : gmn??? Okke gg?? Debi : bbolle juga ttu... tumben majju otak mmu wan??? Wahyu : hahahaha, uudah tobat kaalikk....hahahaha Pande : ember... Wawan : kanggo daaah kkaalian.... gmn ookke gak?? Debi : bolleh dde dr pd ttu uang kas amburadul... Tia : Okke de stuuju... (kebetulan bel pulang suda berbunyi, jadi mereka memutuskan untuk melanjutkan diskusinya besok) Pande : eeh uudah bbel ttuhh... kkita umumin kke temen – temen besok aja iia.. Tia : iia dde... Debi : iia sekalian besokk dilanjutin diskusinya, kkan nnie blm sellesai bnget... Tia : iia inikan belum dapet finallynyaa... Wahyu : ookelah kklu beggitu.. kkita lanjutkan besoggg... Wawan : mmmariiiiiiiiii ddehh kitta pulang ...hahahahahahahahahaa... Teman* : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu (kkeesokan harinya pada saat semua berkumpul di kelas, Wahyu pun memberi tahukan acara yang ia rundingkan kemarin)

Wulan : klu gg merasa iia udah diemm. kalian embat uangnya. gimana kkalau kkita ngadain acara bakti Sosial untuk acara perpisahan kkita??? Iia itung – itung sekalian kenang – kenangan semasa SMP.... klu kkamu mau nyari kerusuhan mending kkamu keluar ddehh..... Wahyu : maksud kamu ngomong gitu apa?? Wulan : iia piker aja sendiri. kalian kan otak* kadal pasti ada aja rencana ngadalin orang lai. Ti n de : app vie?? Evi : Kita nyumbangya ke panti asuhan Kasih Asih . Wahyu : uudah*.. bbolleh .. Teman* : (sambil berbisik). masih saja ada yang bertentangan dengan ide tersebut) Wulan : apa??? Bbakti sosial?? Gak salah denger akk?? Wahyu : iia bakti sosial. Bboleh juga (ketika teman* yang lain bilang oke. hhmhh.. engken?? Iing percaya?? Tu adi : percaya*.... kknp?? Wulan : gak yakin akk kalian bisa puny aide bakti sosial segala. Evi : gak usah dde kkamu nyari masalah atau pun gara – gara. Teman* : hahahahahahaha... tolong. ohh iia mungkin sebagian yang gak bissa dateng enggak apa – apa bbisa di wakilin atas nama kelas.. Berhubung uang kas kkita massih dan sebentar lagi kita bakan pisah... Evi : eeh kkey kklu ngomong bisa ggak di jaga?? Ngomong kugh kaya ember pecah.. (akhirnya teman – teman sattu kkelas setuju atas iide baksos iitu. Temen* : ohh. debi.. Teman* : okeh ddeh.... bukanya bakti sosial yang ada malah klu kita nyumbnag uang. dilanjutin aja diskusi baksosnya.. ternyata... iia* Tia : Buat yang mungkin gak sibuk dan ada wakttu. ssini ddee.. Tu adi : ttapi pastti nnih?? Wahyu : jelaas pastti. klu gak kenyataan knp harus marah?? Wahh berarti dugaan kku bner..kklu ada yang mau nyumbang yang lain juga bboleh.. Evi : eehh kamu. ngapaen sih kalian berantem segala Evi : ddia dulu tu yang mulai.. di harapkan iikut pada ssaat acara... mungkin gak sihh kalian* iitu ngelakuin baksos?? Wahyu : ini kan kegiatan positif kenapa egg?? Ooh apa menurut kamu kita gak jujur gittu?? Wulan : mungkin.. Debi : wulan kalau memang kamu gak setu bissa ddiem kkan. bisa di mulai hari iini dan kke debi sama tia Ariyadi: nyumbangya ap aja kan?? Mksdnya dalam artian boleh uang.... nyumbangya bebas yang penting layak pakai aja dan nyumbangnya seikhlasnya ajja. Evi : Tia.. Ggak usah sokk....Wahyu : Temen – temen minta waktunya sebentar. atau bendda benda layak paakai?? Debi : iiya temen – temen..... bolleh. kkamu kira kkamu siapa?? Evi : Eh soryy iia. Wulan : hhello. Teman* : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuu bilang ajja gg ikhlas. bbollehh. kenapa tidak. kkamu tu juga bukan siapa siapa. bajuu. Tu adi : ggak ggittu juga kkali.. Wulan : (keluar kelas) Wahyu : maaf* tadi ada sedikit keributan... Ariyadi : Baksos ke mana rencananya?? Wahyu : belum ttau tapi nanti kkita coba rundingin ajja...... kkenapa kkalian harus marah. bolleh. Wuan : ehh gak berhak iia kkm ngusir* gittu. mereka pun akhirnya mulai mengumpulkan barang – barang yang akan di sumbangkan) Wahyu : buat yang mau nyumbang. Wahyu : udah – udah diem dua*nya.

ddan iini ttia. dan kakak turut mendo’akan kalian untuk lulus...... Wahyu : hhmm... kami ingin mengadakan bakti sosial menyambut hari kelulusan serta acra perpisahan.. Surya : ohh iia*. inni ada sedikit untuk panti ini... Surya : tterimakasih sekali yya..... Surya : memang saya baru ajja lulus SMA tahun lalu jadi panggil kakak ajj. ya saya Surya pengelola panti di sini......... Debi : kak kkita boehh langsung ke aula. ruanganya sebelah mn?? Surya : iiya* ......... mari – mari silahkan masukk. kesediaan kalian untuk datang kesini saja iitu sudah sangat berguna bagi panti ini...??? kkalau tiddak bissa di lanjutkan nyumbangnya. Surya : iia... Kedatangan adik – adik kemari bertujuan ap iia?? Wahyu : begini kak... iini ddebi...iia...... kkita berkumpul di rumah kku... saya ingin bergabung dengan yang lain. Surya : iini dengan ssiapa sja iia?? Wahyu : ooh iia saya llupa....... Wawan : makasihh kakk. Amin** Surya : iia yya. mungkin tidak seberapa kak. Cuma nanyak tau...... (setelah keputusan diskusinya ditetapkan lalu wahyu pun mengumumkan tempat pantinya dan waktu acaranya) Wahyu : minta wakttu sedikit ajja... Tia : iia dde ggittu ajja...... TD : evvi*..... tapi kugh kayagnya gak cocok iia di panggil pak. semoga beguna bagi panti iia kkak....... Wahyu : ia kak sama – sama..... WDT : Astungkara..Tia : ddi mn ttu?? Evi : Di Tabanan Wahyu : bolleh ttu Debi : kita umuminya wakttu uddh pada ngumpul ajj iia.. nntr ajja sekalian jjelasin.... kita mau langsung ketemu anak*nya biisa??? Iia daripada kkitta nganggur di sini.... tolong antarkan adik* ini ke temapat aula iia... kkuliah ap kerja kak?? Surya : Kuliah sambil mengurus panti ini... selamat siang. ggak ada pertanyaan lagi.. Evi : waahh hhebbat*.. Pandde : iia dde. Surya : ohh iia*... ohh iia. hehehe Wawan : kak..... kebetulan. dan sesampainya di sana mereka di smbut oleh salah satu ketua yayansan) Wahyu : Selamat siang pak. Temaptnya di panti asuhan Kasih Asih di daerah Tabanan tepatnya lussa kkita ke sana.. .... daari rumah kku kkita berangkat bareng.... mw pendekatan ta?? Evi : enak aja...... kkita mau ngasih tau tempat dan waktu acaranya. Eca : bbaikk kak... Surya : iia ... akhirnya wahyu dan beberapa teman sekelasnya berangkat ke panti asuhan .. Wawan : kak numpang tanyak... bbuad temen – temen di harapkan dateng ia. ecca.... Temen* : ookkkeeeee. tua sekali sy di panggil pak Teman* : hahahahahahaha iia ddehhhh Evi : brarti masih remaja dong. Pande : kkapan kita ke sn?? Wahyu : lusa ajj gmn?? Bbiar gak kelamaan. (akhirnya setelah 2 hari mereka mengumpulkan sumbangan.... mmaf mmaf. Debi : iia kklu lussa bilang na’e ma tmen*.. Surya : oh iia silahkan silahkan masukk... DWT : iia kakk. gak dteng gak ap jugga.. wwahh terimakasih ssudah mau berkunjung ke panti kkamii. perkenalkan saya wahyu....... Wahyu : iia pakk terima kasih. Ecca : mmari semua Teman* : iia.

. mungkin sudah dari kecil mereka berpisah dengan orang tuanya..... jadi kita buatin puisinya Tia : wwahh makasi iia untuk semuanya. kkita ajj di bikini puisi uddah seneng bnget. Tiia : selamat siang semuaaaaa. jadi di biarkan di jalanan. hebat. Debi : wahh begittu iia.... iini ruang aulanya.. daripada mereka di jalanan. Debi : appa sayang?? Fitri : ppuuisi Debi : wwah ppuisi?? Fitri : iia kkak. Surya : kiita sudah sampai... Tia : dari mulai umur berapa saja kkak anak* yang tinggal di sinni?? Surya : dari 7-13 thh Tia : sudah berapa tahun kak panti ini didirikan?? Surya : barru saja 2 tahun llahh... Fitri : kak kita di sini ingin memberi sambutan untuk kakak semua..... mmaf iia kklu jjelekk.. jd penasaran. jd pedagang asongan.. pengamen..... Wahyu : ooh iia kak. saaya suka sekali... ddi sini anak*nya berasal dari mana saja?? Surya : sebagian besar mereka anak* jalanan. Fitri : ookeh kkak. kami juga sempat menanyakan keberadaan orangtua mereka. ssokk manggakk.... Debi : iia kakk. Fitri : PERPISAHAN Perpisahaan sudah di ambang mata Perpisahan membuat kita tak bersama 3 tahun bersama terasa sangat Sulit untuk dilepaskan dengan perpisahan Semua begitu terasa indah Ada senang dan ada juga sedih Tapi itu hanyalah dongeng cerita kehidupan Kedepan kita akan membuka mata Untuk hidup yang lebih baik Bersenang-senanglah sobat Karena aku disini akan selalu ada Untuk selallu mendukung mmu Kau memang sobat sejatiku Harapan kesepian makin tak ada lagi dalam benakku Jika kau sedih akupun turut gelisah Raihlah segala citamu Harapan akan selalu ada Jika kita menikmati hidup dengan hati yang tenang ( semua bertepuk tangan) . karena buatnya dadakan...orang tua mereka ke mana kak?? Surya : sebagian mungkin orang tuanya msih ada tapi tak sanggup untuk menghidupi mereka* ini.... Tia : sejuk sekali udara di sini. Anak* : iia donk.. mmari masuuk... iia..Surya : ohh iia ia mari silahkan saya antarrr Debi : baik kak terimakasih. Tia : iia gakk apa*. Tia : hhemmmh.. kkita tau kalau kakak iini ke sin karena acara perpisahan . tapi mereka tidak mengetahuinya. hhebat.. langsung ajja ddeh ddi bacainn.. Surya : memang dekk di sini masih terasa pedesaanya.. jjadii terharuu...... Tia : wahh semangat sekali.... saya dan teman* saya mendirikan panti iini. Anak* : siangg kkakk. Tia : wahh baggus kakk. Debi : puisi apa sayang?? Fitri : puisi PERPISAHAN..

..... Tia : di sini jjuga kkita bbisa llebihh dekat dengan sema hal.. Debi : iia uudah. Surya : ooh iia iia ddekk.. Aldi : iia gak ap* kkita nyanyi sama*. Debi : yyuk.. pintu panti iini selallu terbuka untuk siapa sja.... Aldi : tapi kakak* bakalan sering ke sini kann?? Linda : iia kak. Debi : ttapi kkita pada gak bisa nyanyi ddekk.. Fitri : iia gak apa kan kak... uudah sore juga. sebentar yya kakak panggilkan anak*... kk mau kan nyanyi buat kkita semua. Surya : aldi.. terimakasih seharian suddah diberi kesempatan untuk bermain di sini. Wahyyu : iia uudhh kkita permissi ddulu iia sma ketua yayasanya. kkita mau minta permintaan bbolehh. sebissa mungkin kkita ngeluangin waktu buuat tmen – tmen kkita. semuanya ramah ramah. takutnya merepotkan.... Pande : klu nati. seruu lagii... tak terasa mereka bermain – main dipanti sampai lupa waktu.. kakak juga senang dan berterimakasih kalian berkunjung kesini.... Surya : kakak juga berharap kalian ttidak kkecewa dengan keadaan sekitarr. Wahyu : permissi kak.. udah lama juga kita semua tidak lihat kapak main gitar.. kita gak akan lupa sama kalian.. Aldi : kak kak..... Wahyu : Ohh tidak usah pak.... Pande : iia sayng kkita kkan harus pulang. seru bnget iia. Surya : bbaiklah.. kkugh ssudah mmau pulang saja??? Wahyu : iia kak. Debi : app iia?? Aldi : kita udah lam gak di hibur.. iini kkuggh rame rame pada mau ke mana?? Wahyu : kkami mau permisi pulang kak. lagian mereka juga lagi main – main.. sampek kkita llupa wakttu Tia : iia nnehh. bakalan sering kesini kan.. Debi : iia kkak. Fitri : terimaksih kkak. kak surya juga pinter loh kak main gitarnya.. kalian mau lagu ap??? Anak* : ap ajja ddehh Wahyu : kita nyanyi sama – sam iia. nnie uudah ssore iiak.... sanpai sore mereka di sana) Ariyadi : eehh gak nyangka... kkalian jangan sungkan – sungkan untuk sering main ke sini. Surya : egg apa – apa... kkm ada ada saja... (setellah bernyanyi nyari bersama... Eccca. Evi : oohh ttidak – ttidak kak.. slam untuk temen – temen semua... Debi : iia nneh... ttkut kemaleman. . dan kkita bakan sering* kke sini. Surya : bbaikklah.. karena adik* ini akan pulang.. Anak* : yyahhhhhhhhhh. Eca : bbaik kak. Aldi : janji iia kak.. Wahyu : iia sudah kak kami permisi iia. Linda : kenapa gak entaran ajja. pengalaman yang tak akan terlupakan pastinya.. anak* sepertinya juga senang dengan kehadiran kalian.. Eca : aayukk*. Eca : adik* keluar yya.. Surya : iiya sama – sma. Evi : iia kkak kkita bakalan sering ke sini kugh.. Surya : oohh iia – iia... Fitri : kkak*. kakak.. kakak* yang tadi mau pulang. kkebetulan ssudahh sore jjuga.. dang g akan lupa sama kita kan?? Pande : eegga llah...... mereka pasti merasa kehilangan karena kalian tinggal. tolong panggil anak – anak ....Tia : bagus bnget fitri.. Linda : yyahh kkakak kkug pulang?? Kkita kan masih mau main. Debbi : iia dde... karya yang iindahh......... tmen gmn nnie?? Kkita pulang sekarang ajj yuuk uudh ssore nnihh.

. kasian tau tmen* kkamu yang udah kamu hasut. Wawan : hhello... mangkanya jadi orang ttu gak usahngehasut orang lain untuk jadi bruk.... kkita ajja masih nunggu pengumuman.. baik iia?? Wulan : ehh kamu... kan emang kenyataanya giitu. Temen* : hmmmm Debi : iia ddehh.. kkita semua bisa ngerasain sama – sama. Hhmm bbuad yang gak dateng kemaren gak apa*. Evi : iia nanti pas adda reunion kyag gni ajja lagi. gila kemaren seru bnget di sana... udah cukup kamu ngehasut kita*. (akhirnya setelah berpamitan mereka pulang.. Teman* : hahahahahahaahahaaaaaaa.. assemellehhh... nyesel nnie ggak iikutan kmaren. Evi : kkamu makin lama makin ngelunjak iia. Pande : guys gak nyangka iia kkita bisa ngadain acara perpisahan yang seru n bermanfaat gini..... kkamu juga vvie.... bbuat temen* semua.... kita sesering mungkin ke sini.....nanti kkita janjian ajja iia kklu mau ke sana lge. trus barang*nya di buang ke got depan rumah.. Yuliana : adi selama ini kamu boongin kita*?? Evi : iitu ttu temen kamu................. bbiar serru... kkita kapan kapan kesana ajja kitta kesana lebihh rame lagi... iini ada beberapa foto – foto kita sama anak* di panti.... Evi : mangkanya jangan berulah.. yang lalu iia udh beralalu ajj. Wulan : iia memang akk slahh akk tau kkugg. tapi gg bisa. Wahyu : iia sudah kak... Wulan : akku ttuhh ak mmulai. Evi : iia.. tapi masak akk diginiin akk gg mau dipojokinn... Evi : ehhhh guys. jauh bnget ssih viieeeeeeeeeee........ Wulan : iia* akk ngaku akk udah buad banyak kesalahan sama kalian.. Teman* : eevviee – evvie.... akk minta maaf iia.... ooh iia.. Deni : kokakekkkokakekk. makasih semuanya... Surya : ohh iaa iisa marri*.... Wulan : iia. Evi : gak usah kkamu mulai lagi dde. kkugh udah mikir rreuni. dan keesokan harinya mereka menceritakan semua yang terjadi di sana ke pada teman – teman sekelas dan menunjukan beberapa foto yang sempat di abadikan oleh salah seorang dari mereka) Evi : temen – temen..... smama*. rugi banget tau.... . kkita maafin.. Anak* : yyeeee assikkkkkkkkkkkkkk. iia gak??? Wawan : ap reunion??? Gg salah?? Evi : iia enggak lah. Evi : gmn tmen*. Yulia : udah dde.. permisi iia... Nurul : iidihh gila seru bnget.Tia : iia janji... kamu ttu kali yang maunya makan uang kita semua..... Wulan : apaa seru??? Serius ttuh seru?? Kyagnya gak bnget dde.. ookkkehh???????? Teman* : ookkehh dde... gak usah kkm ngebela dirikamu lagi... Debi : kkamu serius lan?? Wulan : iia akk serius akk minta maff sama semuanya.... Teman* : daaaa dadadadadaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa Anak* : dddaaaaaaaaaaaaaa dadadaaaa kakak. kkita sampai lupa waktu..... gak minat kita makan uang dari kalia semua. Temen* : iia uddh. Debi : senangnya perpisahan yang kayag gini. maaf juga iia akk banyak salah.. akk mintaa maaf bnget.... kayak kita gak pernah di kasih makan ajj sama orang tua kita.. Teman* : iia ddehh. Nurul : iia meskipun gak iikut. hhmm ggak bakalan terlupakan bnget nnehh.. paling paling uangnya dipakek makan.. tolong maafin akk iia...

bbiar jadi pahala. dan mereka sangat bersyukur karena dalam cara perpisahan ini mereka dapat berbagi dengan sesama.. “Jadi pesan dari drama iini adalah selagi kkita masih bisa berbagi kepada sesama kenapa tidak kita lakukan.. enakkan berbagi. dan dengan berbagi gak hanya kita ajja yang seneng tapi orang lainpun merasa senang...(mereka sangat puas dan bahagia dengan kegiatan perpisahan iini.” .. berbagi itu bisa di mana ajja dan kapan ajja gak susah kan untuk kita berbagi. hehehehehehehehehe. Tapi berbaginya juga harus ikhlas iia. pelajaran yang sungguh sangat berharga dan tak terlupakan).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful