Drama perpisahan sekolah Akhir Jabatan ku (di beberapa bangku yang berrdekatan terlihat ada yang sedang berbincang – bincang

asysik, di sittu ada Elsa, Sonia, Wulan dan Yuliana) Sonia : eehh..ehh gak nyangka iia, bentar lagi kkitta lulus.. Elsa : iia ya..adduh ttp blm selesai perjuangan kku Wulan : pperjjuangan?? Mmw ngapen llagi kkamu?? Elsa : TPA kkku blm akk jalanin.. Yuliana : akk juga ttau... Elasa : kkita harus berjuang keras nnehh... Yuliana : ppastti ttu.. iia semoga berhasil iia... Elasa : AMIN dde.. Sonia : oohh iia yya kalian TPA... ssabar iia... pasttii dde biisa Elsa : hahaha ssipb*.. (di bangku lain terlihat sedang ada perbincanagan asyik juga antara evi,tia, pande, debi, wahyu, dan wawan) Wahyu : ehh guys, uang kasnya masiih sisa kkan?? Pande : massih yyu, kknp??? Wahyu : acara perpisahan kita buad apaan nneh?? Evi : jalan – jalan ajja yyuukk... Rrame – rame satu kelas...gmn?? Tia : bbolle ddeh, kkan uang kassnya lumayan ttu... Evi : iia, ggmn yyu??? Nnati kkita umumin ajja.... Wahyu : bbole ddeh.. Ttp kklu gg bissa iikut semmua gmn??? Debi : nnah iitu dy masalahnya.. Acra yg lain ajja.. Wahyu : appaan?? Wawan : eeh acara baksos aja yyuk?? Evi : bakso?? Kkughh aneh ssih kkm?? Selain evi : Bakti sosial Evvi.. Tia : bukan bakso Evi : oalah baksos.. Tia : anneh kkali kkammu, makananan ajja Teman* : hahahahahahaha evvvie*... Evi : sorry dde.. heheheheheeeee.. Wawan : gmn??? Okke gg?? Debi : bbolle juga ttu... tumben majju otak mmu wan??? Wahyu : hahahaha, uudah tobat kaalikk....hahahaha Pande : ember... Wawan : kanggo daaah kkaalian.... gmn ookke gak?? Debi : bolleh dde dr pd ttu uang kas amburadul... Tia : Okke de stuuju... (kebetulan bel pulang suda berbunyi, jadi mereka memutuskan untuk melanjutkan diskusinya besok) Pande : eeh uudah bbel ttuhh... kkita umumin kke temen – temen besok aja iia.. Tia : iia dde... Debi : iia sekalian besokk dilanjutin diskusinya, kkan nnie blm sellesai bnget... Tia : iia inikan belum dapet finallynyaa... Wahyu : ookelah kklu beggitu.. kkita lanjutkan besoggg... Wawan : mmmariiiiiiiiii ddehh kitta pulang ...hahahahahahahahahaa... Teman* : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu (kkeesokan harinya pada saat semua berkumpul di kelas, Wahyu pun memberi tahukan acara yang ia rundingkan kemarin)

. bbollehh.. Tu adi : ttapi pastti nnih?? Wahyu : jelaas pastti. kkamu kira kkamu siapa?? Evi : Eh soryy iia. bisa di mulai hari iini dan kke debi sama tia Ariyadi: nyumbangya ap aja kan?? Mksdnya dalam artian boleh uang. nyumbangya bebas yang penting layak pakai aja dan nyumbangnya seikhlasnya ajja... klu gak kenyataan knp harus marah?? Wahh berarti dugaan kku bner. mereka pun akhirnya mulai mengumpulkan barang – barang yang akan di sumbangkan) Wahyu : buat yang mau nyumbang...kklu ada yang mau nyumbang yang lain juga bboleh... ssini ddee.. bbolleh . Wulan : klu gg merasa iia udah diemm.... ngapaen sih kalian berantem segala Evi : ddia dulu tu yang mulai.. kalian embat uangnya. Wahyu : maksud kamu ngomong gitu apa?? Wulan : iia piker aja sendiri. kknp?? Wulan : gak yakin akk kalian bisa puny aide bakti sosial segala.. Bboleh juga (ketika teman* yang lain bilang oke. di harapkan iikut pada ssaat acara... dilanjutin aja diskusi baksosnya..Wahyu : Temen – temen minta waktunya sebentar.. Teman* : okeh ddeh. atau bendda benda layak paakai?? Debi : iiya temen – temen.. debi..... Ggak usah sokk. bukanya bakti sosial yang ada malah klu kita nyumbnag uang. Wulan : hhello. iia* Tia : Buat yang mungkin gak sibuk dan ada wakttu.. Teman* : hahahahahahaha.. kkenapa kkalian harus marah. Evi : eeh kkey kklu ngomong bisa ggak di jaga?? Ngomong kugh kaya ember pecah. Ti n de : app vie?? Evi : Kita nyumbangya ke panti asuhan Kasih Asih ... engken?? Iing percaya?? Tu adi : percaya*.. Wuan : ehh gak berhak iia kkm ngusir* gittu..... ternyata. Berhubung uang kas kkita massih dan sebentar lagi kita bakan pisah. gimana kkalau kkita ngadain acara bakti Sosial untuk acara perpisahan kkita??? Iia itung – itung sekalian kenang – kenangan semasa SMP. kenapa tidak. hhmhh.. Wulan : (keluar kelas) Wahyu : maaf* tadi ada sedikit keributan... Evi : Tia. Tu adi : ggak ggittu juga kkali... Wahyu : uudah*... klu kkamu mau nyari kerusuhan mending kkamu keluar ddehh. Evi : eehh kamu. bolleh. Ariyadi : Baksos ke mana rencananya?? Wahyu : belum ttau tapi nanti kkita coba rundingin ajja... Evi : gak usah dde kkamu nyari masalah atau pun gara – gara.. mungkin gak sihh kalian* iitu ngelakuin baksos?? Wahyu : ini kan kegiatan positif kenapa egg?? Ooh apa menurut kamu kita gak jujur gittu?? Wulan : mungkin. bajuu.. kalian kan otak* kadal pasti ada aja rencana ngadalin orang lai. tolong... Wahyu : udah – udah diem dua*nya... Debi : wulan kalau memang kamu gak setu bissa ddiem kkan. kkamu tu juga bukan siapa siapa.. Teman* : (sambil berbisik). ohh iia mungkin sebagian yang gak bissa dateng enggak apa – apa bbisa di wakilin atas nama kelas.... Temen* : ohh. bolleh. masih saja ada yang bertentangan dengan ide tersebut) Wulan : apa??? Bbakti sosial?? Gak salah denger akk?? Wahyu : iia bakti sosial. (akhirnya teman – teman sattu kkelas setuju atas iide baksos iitu.. Teman* : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuu bilang ajja gg ikhlas.

. kkita berkumpul di rumah kku... kebetulan..... (setelah keputusan diskusinya ditetapkan lalu wahyu pun mengumumkan tempat pantinya dan waktu acaranya) Wahyu : minta wakttu sedikit ajja. kesediaan kalian untuk datang kesini saja iitu sudah sangat berguna bagi panti ini. Kedatangan adik – adik kemari bertujuan ap iia?? Wahyu : begini kak.. wwahh terimakasih ssudah mau berkunjung ke panti kkamii... Surya : oh iia silahkan silahkan masukk.... ruanganya sebelah mn?? Surya : iiya* . TD : evvi*... ddan iini ttia..... Surya : iini dengan ssiapa sja iia?? Wahyu : ooh iia saya llupa... ggak ada pertanyaan lagi... Evi : waahh hhebbat*.... Wahyu : ia kak sama – sama....... Temen* : ookkkeeeee.... Surya : ohh iia*.... Pande : kkapan kita ke sn?? Wahyu : lusa ajj gmn?? Bbiar gak kelamaan. hehehe Wawan : kak. dan kakak turut mendo’akan kalian untuk lulus. Tia : iia dde ggittu ajja.... mw pendekatan ta?? Evi : enak aja... tolong antarkan adik* ini ke temapat aula iia. perkenalkan saya wahyu.... Surya : iia .... kkuliah ap kerja kak?? Surya : Kuliah sambil mengurus panti ini. tapi kugh kayagnya gak cocok iia di panggil pak.. Surya : ohh iia*... mungkin tidak seberapa kak. Wahyu : hhmm.. Debi : iia kklu lussa bilang na’e ma tmen*. DWT : iia kakk.. ecca....... iini ddebi........ mari – mari silahkan masukk.. mmaf mmaf. daari rumah kku kkita berangkat bareng..... kkita mau ngasih tau tempat dan waktu acaranya.. Ecca : mmari semua Teman* : iia......... Surya : memang saya baru ajja lulus SMA tahun lalu jadi panggil kakak ajj........ nntr ajja sekalian jjelasin..... Surya : tterimakasih sekali yya...... ohh iia.... kami ingin mengadakan bakti sosial menyambut hari kelulusan serta acra perpisahan. kita mau langsung ketemu anak*nya biisa??? Iia daripada kkitta nganggur di sini.. selamat siang. WDT : Astungkara. Wahyu : iia pakk terima kasih.. Cuma nanyak tau...... Eca : bbaikk kak.iia. Temaptnya di panti asuhan Kasih Asih di daerah Tabanan tepatnya lussa kkita ke sana.. (akhirnya setelah 2 hari mereka mengumpulkan sumbangan.. bbuad temen – temen di harapkan dateng ia......Tia : ddi mn ttu?? Evi : Di Tabanan Wahyu : bolleh ttu Debi : kita umuminya wakttu uddh pada ngumpul ajj iia.. Wawan : kak numpang tanyak. Pandde : iia dde.. tua sekali sy di panggil pak Teman* : hahahahahahaha iia ddehhhh Evi : brarti masih remaja dong.. dan sesampainya di sana mereka di smbut oleh salah satu ketua yayansan) Wahyu : Selamat siang pak.. Wawan : makasihh kakk... inni ada sedikit untuk panti ini... ya saya Surya pengelola panti di sini. gak dteng gak ap jugga. .. Surya : iia.. Debi : kak kkita boehh langsung ke aula.. saya ingin bergabung dengan yang lain....... akhirnya wahyu dan beberapa teman sekelasnya berangkat ke panti asuhan .??? kkalau tiddak bissa di lanjutkan nyumbangnya.. Amin** Surya : iia yya. semoga beguna bagi panti iia kkak.

... mmaf iia kklu jjelekk.. mungkin sudah dari kecil mereka berpisah dengan orang tuanya... Tia : wahh baggus kakk... pengamen.... ddi sini anak*nya berasal dari mana saja?? Surya : sebagian besar mereka anak* jalanan.... saaya suka sekali.orang tua mereka ke mana kak?? Surya : sebagian mungkin orang tuanya msih ada tapi tak sanggup untuk menghidupi mereka* ini... Fitri : PERPISAHAN Perpisahaan sudah di ambang mata Perpisahan membuat kita tak bersama 3 tahun bersama terasa sangat Sulit untuk dilepaskan dengan perpisahan Semua begitu terasa indah Ada senang dan ada juga sedih Tapi itu hanyalah dongeng cerita kehidupan Kedepan kita akan membuka mata Untuk hidup yang lebih baik Bersenang-senanglah sobat Karena aku disini akan selalu ada Untuk selallu mendukung mmu Kau memang sobat sejatiku Harapan kesepian makin tak ada lagi dalam benakku Jika kau sedih akupun turut gelisah Raihlah segala citamu Harapan akan selalu ada Jika kita menikmati hidup dengan hati yang tenang ( semua bertepuk tangan) . langsung ajja ddeh ddi bacainn.. jadi di biarkan di jalanan. Tia : dari mulai umur berapa saja kkak anak* yang tinggal di sinni?? Surya : dari 7-13 thh Tia : sudah berapa tahun kak panti ini didirikan?? Surya : barru saja 2 tahun llahh. saya dan teman* saya mendirikan panti iini.. kkita tau kalau kakak iini ke sin karena acara perpisahan . Tiia : selamat siang semuaaaaa... ssokk manggakk. hhebat.. kkita ajj di bikini puisi uddah seneng bnget... Anak* : iia donk... Tia : hhemmmh. jd penasaran. Fitri : ookeh kkak. jadi kita buatin puisinya Tia : wwahh makasi iia untuk semuanya. Tia : wahh semangat sekali. Tia : iia gakk apa*. tapi mereka tidak mengetahuinya.. mmari masuuk.. kami juga sempat menanyakan keberadaan orangtua mereka. daripada mereka di jalanan..... iini ruang aulanya.. jd pedagang asongan. Debi : wahh begittu iia.. Debi : iia kakk...Surya : ohh iia ia mari silahkan saya antarrr Debi : baik kak terimakasih. Debi : puisi apa sayang?? Fitri : puisi PERPISAHAN. hebat.. karena buatnya dadakan..... Tia : sejuk sekali udara di sini. jjadii terharuu. Debi : appa sayang?? Fitri : ppuuisi Debi : wwah ppuisi?? Fitri : iia kkak... Wahyu : ooh iia kak... iia. Fitri : kak kita di sini ingin memberi sambutan untuk kakak semua.. Surya : kiita sudah sampai. Anak* : siangg kkakk.. Surya : memang dekk di sini masih terasa pedesaanya.....

... karena adik* ini akan pulang... sebissa mungkin kkita ngeluangin waktu buuat tmen – tmen kkita.. kalian mau lagu ap??? Anak* : ap ajja ddehh Wahyu : kita nyanyi sama – sam iia... Wahyu : permissi kak.. kkebetulan ssudahh sore jjuga.. Fitri : terimaksih kkak. semuanya ramah ramah. Surya : bbaikklah. . Eca : aayukk*. Surya : oohh iia – iia. lagian mereka juga lagi main – main. Debbi : iia dde. tmen gmn nnie?? Kkita pulang sekarang ajj yuuk uudh ssore nnihh.. takutnya merepotkan. Surya : kakak juga berharap kalian ttidak kkecewa dengan keadaan sekitarr. iini kkuggh rame rame pada mau ke mana?? Wahyu : kkami mau permisi pulang kak. dang g akan lupa sama kita kan?? Pande : eegga llah. Wahyu : iia sudah kak kami permisi iia... uudah sore juga. pengalaman yang tak akan terlupakan pastinya.. ttkut kemaleman. Evi : oohh ttidak – ttidak kak. Pande : klu nati. Aldi : kak kak. Aldi : iia gak ap* kkita nyanyi sama*........ Wahyyu : iia uudhh kkita permissi ddulu iia sma ketua yayasanya. dan kkita bakan sering* kke sini. Eca : adik* keluar yya. Pande : iia sayng kkita kkan harus pulang. kkugh ssudah mmau pulang saja??? Wahyu : iia kak. Fitri : kkak*. kakak* yang tadi mau pulang.... Tia : di sini jjuga kkita bbisa llebihh dekat dengan sema hal. kkalian jangan sungkan – sungkan untuk sering main ke sini... Debi : yyuk.. Surya : iiya sama – sma..... karya yang iindahh. pintu panti iini selallu terbuka untuk siapa sja. nnie uudah ssore iiak. anak* sepertinya juga senang dengan kehadiran kalian.. kakak juga senang dan berterimakasih kalian berkunjung kesini.. Anak* : yyahhhhhhhhhh.. terimakasih seharian suddah diberi kesempatan untuk bermain di sini. Debi : ttapi kkita pada gak bisa nyanyi ddekk. Aldi : tapi kakak* bakalan sering ke sini kann?? Linda : iia kak. Linda : yyahh kkakak kkug pulang?? Kkita kan masih mau main....... Fitri : iia gak apa kan kak. udah lama juga kita semua tidak lihat kapak main gitar.... kkm ada ada saja.. Surya : aldi. seruu lagii.. mereka pasti merasa kehilangan karena kalian tinggal...Tia : bagus bnget fitri.. Aldi : janji iia kak.. kak surya juga pinter loh kak main gitarnya..... tolong panggil anak – anak . sanpai sore mereka di sana) Ariyadi : eehh gak nyangka... Linda : kenapa gak entaran ajja.. seru bnget iia. slam untuk temen – temen semua... kakak.. sebentar yya kakak panggilkan anak*.. Surya : bbaiklah... (setellah bernyanyi nyari bersama. Eccca.. Debi : iia nneh.. Debi : iia uudah.......... bakalan sering kesini kan.. Wahyu : Ohh tidak usah pak. Evi : iia kkak kkita bakalan sering ke sini kugh. kk mau kan nyanyi buat kkita semua. Eca : bbaik kak... Debi : iia kkak. sampek kkita llupa wakttu Tia : iia nnehh. Surya : ooh iia iia ddekk.... kita gak akan lupa sama kalian.... Surya : egg apa – apa.. kkita mau minta permintaan bbolehh.. Debi : app iia?? Aldi : kita udah lam gak di hibur.... tak terasa mereka bermain – main dipanti sampai lupa waktu.

Wulan : akku ttuhh ak mmulai. bbiar serru... rugi banget tau.. makasih semuanya. Hhmm bbuad yang gak dateng kemaren gak apa*... nyesel nnie ggak iikutan kmaren..... kamu ttu kali yang maunya makan uang kita semua.. Wulan : iia memang akk slahh akk tau kkugg... jauh bnget ssih viieeeeeeeeeee.... Nurul : iidihh gila seru bnget..nanti kkita janjian ajja iia kklu mau ke sana lge.. kkita sampai lupa waktu.. Wahyu : iia sudah kak. baik iia?? Wulan : ehh kamu.. ookkkehh???????? Teman* : ookkehh dde.. trus barang*nya di buang ke got depan rumah.. Evi : ehhhh guys. Wulan : iia* akk ngaku akk udah buad banyak kesalahan sama kalian. gila kemaren seru bnget di sana. Evi : gak usah kkamu mulai lagi dde. Wulan : iia. Teman* : daaaa dadadadadaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa Anak* : dddaaaaaaaaaaaaaa dadadaaaa kakak. Deni : kokakekkkokakekk. Teman* : iia ddehh.. Evi : iia nanti pas adda reunion kyag gni ajja lagi.... (akhirnya setelah berpamitan mereka pulang.. Teman* : hahahahahahaahahaaaaaaa.... permisi iia.. Debi : senangnya perpisahan yang kayag gini.. gak minat kita makan uang dari kalia semua. akk minta maaf iia.. Evi : iia..... Wulan : apaa seru??? Serius ttuh seru?? Kyagnya gak bnget dde. kkita maafin... kkita ajja masih nunggu pengumuman.. bbuat temen* semua.... tapi masak akk diginiin akk gg mau dipojokinn. kkamu juga vvie.. Surya : ohh iaa iisa marri*... assemellehhh. kan emang kenyataanya giitu.... paling paling uangnya dipakek makan.. tapi gg bisa. Evi : kkamu makin lama makin ngelunjak iia... kayak kita gak pernah di kasih makan ajj sama orang tua kita...... gak usah kkm ngebela dirikamu lagi.... Anak* : yyeeee assikkkkkkkkkkkkkk... hhmm ggak bakalan terlupakan bnget nnehh... udah cukup kamu ngehasut kita*.. Pande : guys gak nyangka iia kkita bisa ngadain acara perpisahan yang seru n bermanfaat gini....... kkugh udah mikir rreuni. maaf juga iia akk banyak salah... .. Teman* : eevviee – evvie.... kasian tau tmen* kkamu yang udah kamu hasut.. kkita kapan kapan kesana ajja kitta kesana lebihh rame lagi.... Wawan : hhello.... iia gak??? Wawan : ap reunion??? Gg salah?? Evi : iia enggak lah. mangkanya jadi orang ttu gak usahngehasut orang lain untuk jadi bruk. kkita semua bisa ngerasain sama – sama...Tia : iia janji. Evi : mangkanya jangan berulah......... iini ada beberapa foto – foto kita sama anak* di panti... Evi : gmn tmen*.. Debi : kkamu serius lan?? Wulan : iia akk serius akk minta maff sama semuanya.. akk mintaa maaf bnget. dan keesokan harinya mereka menceritakan semua yang terjadi di sana ke pada teman – teman sekelas dan menunjukan beberapa foto yang sempat di abadikan oleh salah seorang dari mereka) Evi : temen – temen... Yulia : udah dde... ooh iia.. yang lalu iia udh beralalu ajj..... Temen* : hmmmm Debi : iia ddehh. tolong maafin akk iia..... smama*.. Temen* : iia uddh.... Nurul : iia meskipun gak iikut..... kita sesering mungkin ke sini. Yuliana : adi selama ini kamu boongin kita*?? Evi : iitu ttu temen kamu.

dan mereka sangat bersyukur karena dalam cara perpisahan ini mereka dapat berbagi dengan sesama. pelajaran yang sungguh sangat berharga dan tak terlupakan)..” .. enakkan berbagi. dan dengan berbagi gak hanya kita ajja yang seneng tapi orang lainpun merasa senang..(mereka sangat puas dan bahagia dengan kegiatan perpisahan iini.. Tapi berbaginya juga harus ikhlas iia. bbiar jadi pahala. “Jadi pesan dari drama iini adalah selagi kkita masih bisa berbagi kepada sesama kenapa tidak kita lakukan. berbagi itu bisa di mana ajja dan kapan ajja gak susah kan untuk kita berbagi.. hehehehehehehehehe.