Drama perpisahan sekolah Akhir Jabatan ku (di beberapa bangku yang berrdekatan terlihat ada yang sedang berbincang – bincang

asysik, di sittu ada Elsa, Sonia, Wulan dan Yuliana) Sonia : eehh..ehh gak nyangka iia, bentar lagi kkitta lulus.. Elsa : iia ya..adduh ttp blm selesai perjuangan kku Wulan : pperjjuangan?? Mmw ngapen llagi kkamu?? Elsa : TPA kkku blm akk jalanin.. Yuliana : akk juga ttau... Elasa : kkita harus berjuang keras nnehh... Yuliana : ppastti ttu.. iia semoga berhasil iia... Elasa : AMIN dde.. Sonia : oohh iia yya kalian TPA... ssabar iia... pasttii dde biisa Elsa : hahaha ssipb*.. (di bangku lain terlihat sedang ada perbincanagan asyik juga antara evi,tia, pande, debi, wahyu, dan wawan) Wahyu : ehh guys, uang kasnya masiih sisa kkan?? Pande : massih yyu, kknp??? Wahyu : acara perpisahan kita buad apaan nneh?? Evi : jalan – jalan ajja yyuukk... Rrame – rame satu kelas...gmn?? Tia : bbolle ddeh, kkan uang kassnya lumayan ttu... Evi : iia, ggmn yyu??? Nnati kkita umumin ajja.... Wahyu : bbole ddeh.. Ttp kklu gg bissa iikut semmua gmn??? Debi : nnah iitu dy masalahnya.. Acra yg lain ajja.. Wahyu : appaan?? Wawan : eeh acara baksos aja yyuk?? Evi : bakso?? Kkughh aneh ssih kkm?? Selain evi : Bakti sosial Evvi.. Tia : bukan bakso Evi : oalah baksos.. Tia : anneh kkali kkammu, makananan ajja Teman* : hahahahahahaha evvvie*... Evi : sorry dde.. heheheheheeeee.. Wawan : gmn??? Okke gg?? Debi : bbolle juga ttu... tumben majju otak mmu wan??? Wahyu : hahahaha, uudah tobat kaalikk....hahahaha Pande : ember... Wawan : kanggo daaah kkaalian.... gmn ookke gak?? Debi : bolleh dde dr pd ttu uang kas amburadul... Tia : Okke de stuuju... (kebetulan bel pulang suda berbunyi, jadi mereka memutuskan untuk melanjutkan diskusinya besok) Pande : eeh uudah bbel ttuhh... kkita umumin kke temen – temen besok aja iia.. Tia : iia dde... Debi : iia sekalian besokk dilanjutin diskusinya, kkan nnie blm sellesai bnget... Tia : iia inikan belum dapet finallynyaa... Wahyu : ookelah kklu beggitu.. kkita lanjutkan besoggg... Wawan : mmmariiiiiiiiii ddehh kitta pulang ...hahahahahahahahahaa... Teman* : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu (kkeesokan harinya pada saat semua berkumpul di kelas, Wahyu pun memberi tahukan acara yang ia rundingkan kemarin)

Tu adi : ttapi pastti nnih?? Wahyu : jelaas pastti... kenapa tidak.. ssini ddee.. nyumbangya bebas yang penting layak pakai aja dan nyumbangnya seikhlasnya ajja. bisa di mulai hari iini dan kke debi sama tia Ariyadi: nyumbangya ap aja kan?? Mksdnya dalam artian boleh uang... di harapkan iikut pada ssaat acara.. ternyata.. bajuu. Teman* : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuu bilang ajja gg ikhlas.. kkamu kira kkamu siapa?? Evi : Eh soryy iia.... iia* Tia : Buat yang mungkin gak sibuk dan ada wakttu. Ggak usah sokk. ohh iia mungkin sebagian yang gak bissa dateng enggak apa – apa bbisa di wakilin atas nama kelas.. Evi : eeh kkey kklu ngomong bisa ggak di jaga?? Ngomong kugh kaya ember pecah.. bbollehh... kkenapa kkalian harus marah.. Teman* : okeh ddeh. mungkin gak sihh kalian* iitu ngelakuin baksos?? Wahyu : ini kan kegiatan positif kenapa egg?? Ooh apa menurut kamu kita gak jujur gittu?? Wulan : mungkin. Temen* : ohh. Tu adi : ggak ggittu juga kkali... Teman* : (sambil berbisik).. kalian kan otak* kadal pasti ada aja rencana ngadalin orang lai... Wahyu : uudah*.. Evi : eehh kamu..... Teman* : hahahahahahaha.. dilanjutin aja diskusi baksosnya. Berhubung uang kas kkita massih dan sebentar lagi kita bakan pisah.kklu ada yang mau nyumbang yang lain juga bboleh... kkamu tu juga bukan siapa siapa.. tolong... Wulan : klu gg merasa iia udah diemm.. ngapaen sih kalian berantem segala Evi : ddia dulu tu yang mulai. Wahyu : maksud kamu ngomong gitu apa?? Wulan : iia piker aja sendiri.. bukanya bakti sosial yang ada malah klu kita nyumbnag uang.. engken?? Iing percaya?? Tu adi : percaya*... mereka pun akhirnya mulai mengumpulkan barang – barang yang akan di sumbangkan) Wahyu : buat yang mau nyumbang. bbolleh ... Ti n de : app vie?? Evi : Kita nyumbangya ke panti asuhan Kasih Asih ... Wulan : hhello. kknp?? Wulan : gak yakin akk kalian bisa puny aide bakti sosial segala. Ariyadi : Baksos ke mana rencananya?? Wahyu : belum ttau tapi nanti kkita coba rundingin ajja. klu kkamu mau nyari kerusuhan mending kkamu keluar ddehh. kalian embat uangnya... bolleh. Evi : gak usah dde kkamu nyari masalah atau pun gara – gara. debi. Wuan : ehh gak berhak iia kkm ngusir* gittu.. bolleh. masih saja ada yang bertentangan dengan ide tersebut) Wulan : apa??? Bbakti sosial?? Gak salah denger akk?? Wahyu : iia bakti sosial.. atau bendda benda layak paakai?? Debi : iiya temen – temen. klu gak kenyataan knp harus marah?? Wahh berarti dugaan kku bner. hhmhh. Bboleh juga (ketika teman* yang lain bilang oke.... Wulan : (keluar kelas) Wahyu : maaf* tadi ada sedikit keributan. Evi : Tia.. gimana kkalau kkita ngadain acara bakti Sosial untuk acara perpisahan kkita??? Iia itung – itung sekalian kenang – kenangan semasa SMP. Debi : wulan kalau memang kamu gak setu bissa ddiem kkan.. Wahyu : udah – udah diem dua*nya.. (akhirnya teman – teman sattu kkelas setuju atas iide baksos iitu.Wahyu : Temen – temen minta waktunya sebentar.

Wawan : kak numpang tanyak..... tua sekali sy di panggil pak Teman* : hahahahahahaha iia ddehhhh Evi : brarti masih remaja dong................. wwahh terimakasih ssudah mau berkunjung ke panti kkamii. Kedatangan adik – adik kemari bertujuan ap iia?? Wahyu : begini kak..... Amin** Surya : iia yya. (setelah keputusan diskusinya ditetapkan lalu wahyu pun mengumumkan tempat pantinya dan waktu acaranya) Wahyu : minta wakttu sedikit ajja. Surya : iia ...... mmaf mmaf. mari – mari silahkan masukk...... Surya : ohh iia*..... Surya : tterimakasih sekali yya. dan sesampainya di sana mereka di smbut oleh salah satu ketua yayansan) Wahyu : Selamat siang pak.... perkenalkan saya wahyu. kami ingin mengadakan bakti sosial menyambut hari kelulusan serta acra perpisahan. kkita mau ngasih tau tempat dan waktu acaranya..... WDT : Astungkara.. tolong antarkan adik* ini ke temapat aula iia... Surya : ohh iia*... DWT : iia kakk.. daari rumah kku kkita berangkat bareng..... semoga beguna bagi panti iia kkak. Wahyu : ia kak sama – sama.... ggak ada pertanyaan lagi. dan kakak turut mendo’akan kalian untuk lulus. mw pendekatan ta?? Evi : enak aja.. Ecca : mmari semua Teman* : iia. kkuliah ap kerja kak?? Surya : Kuliah sambil mengurus panti ini.. kebetulan.. Temaptnya di panti asuhan Kasih Asih di daerah Tabanan tepatnya lussa kkita ke sana. Cuma nanyak tau. ........??? kkalau tiddak bissa di lanjutkan nyumbangnya.... gak dteng gak ap jugga. tapi kugh kayagnya gak cocok iia di panggil pak. Wahyu : iia pakk terima kasih.iia.... Surya : oh iia silahkan silahkan masukk.. kita mau langsung ketemu anak*nya biisa??? Iia daripada kkitta nganggur di sini. selamat siang... Wahyu : hhmm... nntr ajja sekalian jjelasin.. Temen* : ookkkeeeee..Tia : ddi mn ttu?? Evi : Di Tabanan Wahyu : bolleh ttu Debi : kita umuminya wakttu uddh pada ngumpul ajj iia... Surya : memang saya baru ajja lulus SMA tahun lalu jadi panggil kakak ajj... Eca : bbaikk kak...... mungkin tidak seberapa kak.. ohh iia... Tia : iia dde ggittu ajja... Wawan : makasihh kakk........ Pandde : iia dde... hehehe Wawan : kak.. ecca.. ruanganya sebelah mn?? Surya : iiya* . Evi : waahh hhebbat*... Debi : kak kkita boehh langsung ke aula... ddan iini ttia.... TD : evvi*. kesediaan kalian untuk datang kesini saja iitu sudah sangat berguna bagi panti ini..... (akhirnya setelah 2 hari mereka mengumpulkan sumbangan... Surya : iini dengan ssiapa sja iia?? Wahyu : ooh iia saya llupa.. Pande : kkapan kita ke sn?? Wahyu : lusa ajj gmn?? Bbiar gak kelamaan. ya saya Surya pengelola panti di sini. saya ingin bergabung dengan yang lain. bbuad temen – temen di harapkan dateng ia.. Debi : iia kklu lussa bilang na’e ma tmen*. iini ddebi.. kkita berkumpul di rumah kku. akhirnya wahyu dan beberapa teman sekelasnya berangkat ke panti asuhan ..... inni ada sedikit untuk panti ini.... Surya : iia....

... jadi kita buatin puisinya Tia : wwahh makasi iia untuk semuanya. jadi di biarkan di jalanan..... jjadii terharuu. hhebat. jd pedagang asongan. mmari masuuk... Fitri : ookeh kkak.... saaya suka sekali. Tia : dari mulai umur berapa saja kkak anak* yang tinggal di sinni?? Surya : dari 7-13 thh Tia : sudah berapa tahun kak panti ini didirikan?? Surya : barru saja 2 tahun llahh... Tia : wahh baggus kakk.. kami juga sempat menanyakan keberadaan orangtua mereka. mmaf iia kklu jjelekk.. Anak* : siangg kkakk. Tia : wahh semangat sekali.Surya : ohh iia ia mari silahkan saya antarrr Debi : baik kak terimakasih.......... saya dan teman* saya mendirikan panti iini. Debi : iia kakk.. Fitri : kak kita di sini ingin memberi sambutan untuk kakak semua. mungkin sudah dari kecil mereka berpisah dengan orang tuanya. kkita ajj di bikini puisi uddah seneng bnget. jd penasaran..... Debi : appa sayang?? Fitri : ppuuisi Debi : wwah ppuisi?? Fitri : iia kkak. hebat. Wahyu : ooh iia kak... pengamen. iini ruang aulanya. Tia : iia gakk apa*. Tia : sejuk sekali udara di sini. Surya : kiita sudah sampai.orang tua mereka ke mana kak?? Surya : sebagian mungkin orang tuanya msih ada tapi tak sanggup untuk menghidupi mereka* ini.. Tia : hhemmmh. Debi : puisi apa sayang?? Fitri : puisi PERPISAHAN. Surya : memang dekk di sini masih terasa pedesaanya. ddi sini anak*nya berasal dari mana saja?? Surya : sebagian besar mereka anak* jalanan. karena buatnya dadakan. ssokk manggakk. kkita tau kalau kakak iini ke sin karena acara perpisahan .... iia. Fitri : PERPISAHAN Perpisahaan sudah di ambang mata Perpisahan membuat kita tak bersama 3 tahun bersama terasa sangat Sulit untuk dilepaskan dengan perpisahan Semua begitu terasa indah Ada senang dan ada juga sedih Tapi itu hanyalah dongeng cerita kehidupan Kedepan kita akan membuka mata Untuk hidup yang lebih baik Bersenang-senanglah sobat Karena aku disini akan selalu ada Untuk selallu mendukung mmu Kau memang sobat sejatiku Harapan kesepian makin tak ada lagi dalam benakku Jika kau sedih akupun turut gelisah Raihlah segala citamu Harapan akan selalu ada Jika kita menikmati hidup dengan hati yang tenang ( semua bertepuk tangan) .... daripada mereka di jalanan. Anak* : iia donk.... langsung ajja ddeh ddi bacainn...... Tiia : selamat siang semuaaaaa. tapi mereka tidak mengetahuinya.... Debi : wahh begittu iia.

.. nnie uudah ssore iiak. Debi : ttapi kkita pada gak bisa nyanyi ddekk. Aldi : iia gak ap* kkita nyanyi sama*.. dan kkita bakan sering* kke sini..... Wahyu : permissi kak. Wahyyu : iia uudhh kkita permissi ddulu iia sma ketua yayasanya.. Surya : iiya sama – sma.. dang g akan lupa sama kita kan?? Pande : eegga llah..... Fitri : iia gak apa kan kak. (setellah bernyanyi nyari bersama. kakak* yang tadi mau pulang..... Eca : bbaik kak.. Evi : oohh ttidak – ttidak kak.. Fitri : kkak*..... kakak. seru bnget iia.. semuanya ramah ramah. ttkut kemaleman. seruu lagii.. Aldi : tapi kakak* bakalan sering ke sini kann?? Linda : iia kak.Tia : bagus bnget fitri.. Surya : bbaikklah.. sebissa mungkin kkita ngeluangin waktu buuat tmen – tmen kkita.. Eccca. kalian mau lagu ap??? Anak* : ap ajja ddehh Wahyu : kita nyanyi sama – sam iia. udah lama juga kita semua tidak lihat kapak main gitar. Tia : di sini jjuga kkita bbisa llebihh dekat dengan sema hal. kk mau kan nyanyi buat kkita semua.. sampek kkita llupa wakttu Tia : iia nnehh. takutnya merepotkan.. Fitri : terimaksih kkak. tak terasa mereka bermain – main dipanti sampai lupa waktu. tmen gmn nnie?? Kkita pulang sekarang ajj yuuk uudh ssore nnihh.. Surya : egg apa – apa..... kita gak akan lupa sama kalian. bakalan sering kesini kan.. Debi : iia nneh. Debbi : iia dde.. karena adik* ini akan pulang. Surya : kakak juga berharap kalian ttidak kkecewa dengan keadaan sekitarr. Wahyu : iia sudah kak kami permisi iia. sebentar yya kakak panggilkan anak*... anak* sepertinya juga senang dengan kehadiran kalian.. Wahyu : Ohh tidak usah pak. Debi : app iia?? Aldi : kita udah lam gak di hibur. kakak juga senang dan berterimakasih kalian berkunjung kesini....... kak surya juga pinter loh kak main gitarnya... Surya : bbaiklah.... sanpai sore mereka di sana) Ariyadi : eehh gak nyangka. Surya : ooh iia iia ddekk. Linda : yyahh kkakak kkug pulang?? Kkita kan masih mau main. kkm ada ada saja.. Pande : klu nati.. Pande : iia sayng kkita kkan harus pulang. Eca : aayukk*.... kkugh ssudah mmau pulang saja??? Wahyu : iia kak.. kkebetulan ssudahh sore jjuga... Debi : iia kkak. uudah sore juga.. Debi : yyuk. slam untuk temen – temen semua... mereka pasti merasa kehilangan karena kalian tinggal... .... terimakasih seharian suddah diberi kesempatan untuk bermain di sini.. tolong panggil anak – anak .. kkalian jangan sungkan – sungkan untuk sering main ke sini.. iini kkuggh rame rame pada mau ke mana?? Wahyu : kkami mau permisi pulang kak... Aldi : janji iia kak. Surya : oohh iia – iia.. karya yang iindahh. kkita mau minta permintaan bbolehh.. Debi : iia uudah.... Eca : adik* keluar yya. lagian mereka juga lagi main – main..... Aldi : kak kak. Evi : iia kkak kkita bakalan sering ke sini kugh. pengalaman yang tak akan terlupakan pastinya. pintu panti iini selallu terbuka untuk siapa sja... Surya : aldi.. Linda : kenapa gak entaran ajja.... Anak* : yyahhhhhhhhhh.

Teman* : daaaa dadadadadaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa Anak* : dddaaaaaaaaaaaaaa dadadaaaa kakak.. kkita sampai lupa waktu.... tapi masak akk diginiin akk gg mau dipojokinn.. gila kemaren seru bnget di sana... Hhmm bbuad yang gak dateng kemaren gak apa*.............. Evi : gak usah kkamu mulai lagi dde. maaf juga iia akk banyak salah... Wahyu : iia sudah kak.. Evi : gmn tmen*.. Surya : ohh iaa iisa marri*. jauh bnget ssih viieeeeeeeeeee. paling paling uangnya dipakek makan. tolong maafin akk iia. Wulan : iia* akk ngaku akk udah buad banyak kesalahan sama kalian. Evi : iia. Yuliana : adi selama ini kamu boongin kita*?? Evi : iitu ttu temen kamu. kasian tau tmen* kkamu yang udah kamu hasut..... trus barang*nya di buang ke got depan rumah... Anak* : yyeeee assikkkkkkkkkkkkkk. gak minat kita makan uang dari kalia semua. bbuat temen* semua.... kkita semua bisa ngerasain sama – sama. udah cukup kamu ngehasut kita*... Evi : iia nanti pas adda reunion kyag gni ajja lagi........ Debi : kkamu serius lan?? Wulan : iia akk serius akk minta maff sama semuanya. kita sesering mungkin ke sini.... Yulia : udah dde. kamu ttu kali yang maunya makan uang kita semua... kkita kapan kapan kesana ajja kitta kesana lebihh rame lagi. smama*.. Wulan : iia.. Deni : kokakekkkokakekk.. (akhirnya setelah berpamitan mereka pulang...... dan keesokan harinya mereka menceritakan semua yang terjadi di sana ke pada teman – teman sekelas dan menunjukan beberapa foto yang sempat di abadikan oleh salah seorang dari mereka) Evi : temen – temen....... kkamu juga vvie.. ..... rugi banget tau..... baik iia?? Wulan : ehh kamu.... bbiar serru. permisi iia. kan emang kenyataanya giitu. Evi : kkamu makin lama makin ngelunjak iia. yang lalu iia udh beralalu ajj.... Evi : ehhhh guys. gak usah kkm ngebela dirikamu lagi..... ooh iia... iini ada beberapa foto – foto kita sama anak* di panti...nanti kkita janjian ajja iia kklu mau ke sana lge..... akk mintaa maaf bnget.. Debi : senangnya perpisahan yang kayag gini. Temen* : iia uddh.. Wulan : iia memang akk slahh akk tau kkugg. kkugh udah mikir rreuni.... Temen* : hmmmm Debi : iia ddehh... makasih semuanya.. assemellehhh.. Nurul : iia meskipun gak iikut.. mangkanya jadi orang ttu gak usahngehasut orang lain untuk jadi bruk.. hhmm ggak bakalan terlupakan bnget nnehh.... Wulan : apaa seru??? Serius ttuh seru?? Kyagnya gak bnget dde. Teman* : eevviee – evvie.. Pande : guys gak nyangka iia kkita bisa ngadain acara perpisahan yang seru n bermanfaat gini. iia gak??? Wawan : ap reunion??? Gg salah?? Evi : iia enggak lah... Evi : mangkanya jangan berulah.. kayak kita gak pernah di kasih makan ajj sama orang tua kita. ookkkehh???????? Teman* : ookkehh dde.. Wulan : akku ttuhh ak mmulai.. kkita maafin.. kkita ajja masih nunggu pengumuman. Teman* : hahahahahahaahahaaaaaaa. tapi gg bisa. akk minta maaf iia.... nyesel nnie ggak iikutan kmaren..Tia : iia janji.. Teman* : iia ddehh.. Wawan : hhello... Nurul : iidihh gila seru bnget..

..” . pelajaran yang sungguh sangat berharga dan tak terlupakan). dan dengan berbagi gak hanya kita ajja yang seneng tapi orang lainpun merasa senang.(mereka sangat puas dan bahagia dengan kegiatan perpisahan iini.. “Jadi pesan dari drama iini adalah selagi kkita masih bisa berbagi kepada sesama kenapa tidak kita lakukan. Tapi berbaginya juga harus ikhlas iia.. berbagi itu bisa di mana ajja dan kapan ajja gak susah kan untuk kita berbagi. enakkan berbagi. dan mereka sangat bersyukur karena dalam cara perpisahan ini mereka dapat berbagi dengan sesama. hehehehehehehehehe.. bbiar jadi pahala.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful