Drama perpisahan sekolah Akhir Jabatan ku (di beberapa bangku yang berrdekatan terlihat ada yang sedang berbincang – bincang

asysik, di sittu ada Elsa, Sonia, Wulan dan Yuliana) Sonia : eehh..ehh gak nyangka iia, bentar lagi kkitta lulus.. Elsa : iia ya..adduh ttp blm selesai perjuangan kku Wulan : pperjjuangan?? Mmw ngapen llagi kkamu?? Elsa : TPA kkku blm akk jalanin.. Yuliana : akk juga ttau... Elasa : kkita harus berjuang keras nnehh... Yuliana : ppastti ttu.. iia semoga berhasil iia... Elasa : AMIN dde.. Sonia : oohh iia yya kalian TPA... ssabar iia... pasttii dde biisa Elsa : hahaha ssipb*.. (di bangku lain terlihat sedang ada perbincanagan asyik juga antara evi,tia, pande, debi, wahyu, dan wawan) Wahyu : ehh guys, uang kasnya masiih sisa kkan?? Pande : massih yyu, kknp??? Wahyu : acara perpisahan kita buad apaan nneh?? Evi : jalan – jalan ajja yyuukk... Rrame – rame satu kelas...gmn?? Tia : bbolle ddeh, kkan uang kassnya lumayan ttu... Evi : iia, ggmn yyu??? Nnati kkita umumin ajja.... Wahyu : bbole ddeh.. Ttp kklu gg bissa iikut semmua gmn??? Debi : nnah iitu dy masalahnya.. Acra yg lain ajja.. Wahyu : appaan?? Wawan : eeh acara baksos aja yyuk?? Evi : bakso?? Kkughh aneh ssih kkm?? Selain evi : Bakti sosial Evvi.. Tia : bukan bakso Evi : oalah baksos.. Tia : anneh kkali kkammu, makananan ajja Teman* : hahahahahahaha evvvie*... Evi : sorry dde.. heheheheheeeee.. Wawan : gmn??? Okke gg?? Debi : bbolle juga ttu... tumben majju otak mmu wan??? Wahyu : hahahaha, uudah tobat kaalikk....hahahaha Pande : ember... Wawan : kanggo daaah kkaalian.... gmn ookke gak?? Debi : bolleh dde dr pd ttu uang kas amburadul... Tia : Okke de stuuju... (kebetulan bel pulang suda berbunyi, jadi mereka memutuskan untuk melanjutkan diskusinya besok) Pande : eeh uudah bbel ttuhh... kkita umumin kke temen – temen besok aja iia.. Tia : iia dde... Debi : iia sekalian besokk dilanjutin diskusinya, kkan nnie blm sellesai bnget... Tia : iia inikan belum dapet finallynyaa... Wahyu : ookelah kklu beggitu.. kkita lanjutkan besoggg... Wawan : mmmariiiiiiiiii ddehh kitta pulang ...hahahahahahahahahaa... Teman* : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu (kkeesokan harinya pada saat semua berkumpul di kelas, Wahyu pun memberi tahukan acara yang ia rundingkan kemarin)

masih saja ada yang bertentangan dengan ide tersebut) Wulan : apa??? Bbakti sosial?? Gak salah denger akk?? Wahyu : iia bakti sosial. ohh iia mungkin sebagian yang gak bissa dateng enggak apa – apa bbisa di wakilin atas nama kelas. klu kkamu mau nyari kerusuhan mending kkamu keluar ddehh. atau bendda benda layak paakai?? Debi : iiya temen – temen. tolong. bisa di mulai hari iini dan kke debi sama tia Ariyadi: nyumbangya ap aja kan?? Mksdnya dalam artian boleh uang. ngapaen sih kalian berantem segala Evi : ddia dulu tu yang mulai..... nyumbangya bebas yang penting layak pakai aja dan nyumbangnya seikhlasnya ajja. bbollehh. Debi : wulan kalau memang kamu gak setu bissa ddiem kkan.. Teman* : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuu bilang ajja gg ikhlas. Ggak usah sokk... dilanjutin aja diskusi baksosnya.. Teman* : hahahahahahaha. Evi : gak usah dde kkamu nyari masalah atau pun gara – gara. Tu adi : ttapi pastti nnih?? Wahyu : jelaas pastti...... bolleh.... kalian embat uangnya.. Bboleh juga (ketika teman* yang lain bilang oke. Berhubung uang kas kkita massih dan sebentar lagi kita bakan pisah.. mungkin gak sihh kalian* iitu ngelakuin baksos?? Wahyu : ini kan kegiatan positif kenapa egg?? Ooh apa menurut kamu kita gak jujur gittu?? Wulan : mungkin. debi.... kkenapa kkalian harus marah...... kenapa tidak. Wulan : hhello. engken?? Iing percaya?? Tu adi : percaya*. bolleh.. klu gak kenyataan knp harus marah?? Wahh berarti dugaan kku bner. kknp?? Wulan : gak yakin akk kalian bisa puny aide bakti sosial segala. Evi : eeh kkey kklu ngomong bisa ggak di jaga?? Ngomong kugh kaya ember pecah.... Wahyu : uudah*. bukanya bakti sosial yang ada malah klu kita nyumbnag uang. Wahyu : maksud kamu ngomong gitu apa?? Wulan : iia piker aja sendiri.... kkamu kira kkamu siapa?? Evi : Eh soryy iia. Teman* : okeh ddeh. gimana kkalau kkita ngadain acara bakti Sosial untuk acara perpisahan kkita??? Iia itung – itung sekalian kenang – kenangan semasa SMP. Wulan : klu gg merasa iia udah diemm.Wahyu : Temen – temen minta waktunya sebentar.. Wuan : ehh gak berhak iia kkm ngusir* gittu.... di harapkan iikut pada ssaat acara. kalian kan otak* kadal pasti ada aja rencana ngadalin orang lai. hhmhh.. mereka pun akhirnya mulai mengumpulkan barang – barang yang akan di sumbangkan) Wahyu : buat yang mau nyumbang.. iia* Tia : Buat yang mungkin gak sibuk dan ada wakttu.. Tu adi : ggak ggittu juga kkali. Evi : eehh kamu. ssini ddee. Ariyadi : Baksos ke mana rencananya?? Wahyu : belum ttau tapi nanti kkita coba rundingin ajja.... Wulan : (keluar kelas) Wahyu : maaf* tadi ada sedikit keributan..kklu ada yang mau nyumbang yang lain juga bboleh.. (akhirnya teman – teman sattu kkelas setuju atas iide baksos iitu. Teman* : (sambil berbisik). bajuu... ternyata. bbolleh .. kkamu tu juga bukan siapa siapa. Temen* : ohh.. Evi : Tia.... Ti n de : app vie?? Evi : Kita nyumbangya ke panti asuhan Kasih Asih . Wahyu : udah – udah diem dua*nya.

kesediaan kalian untuk datang kesini saja iitu sudah sangat berguna bagi panti ini... Tia : iia dde ggittu ajja. (setelah keputusan diskusinya ditetapkan lalu wahyu pun mengumumkan tempat pantinya dan waktu acaranya) Wahyu : minta wakttu sedikit ajja..... tapi kugh kayagnya gak cocok iia di panggil pak.. Wawan : kak numpang tanyak....... tua sekali sy di panggil pak Teman* : hahahahahahaha iia ddehhhh Evi : brarti masih remaja dong. dan sesampainya di sana mereka di smbut oleh salah satu ketua yayansan) Wahyu : Selamat siang pak... Ecca : mmari semua Teman* : iia..iia... Pandde : iia dde.. kkita berkumpul di rumah kku... wwahh terimakasih ssudah mau berkunjung ke panti kkamii...??? kkalau tiddak bissa di lanjutkan nyumbangnya.. ...... inni ada sedikit untuk panti ini. kkita mau ngasih tau tempat dan waktu acaranya. Wahyu : hhmm.......... mmaf mmaf... DWT : iia kakk. saya ingin bergabung dengan yang lain..... kebetulan..... kkuliah ap kerja kak?? Surya : Kuliah sambil mengurus panti ini.. dan kakak turut mendo’akan kalian untuk lulus... ggak ada pertanyaan lagi.... ohh iia.. mw pendekatan ta?? Evi : enak aja. nntr ajja sekalian jjelasin.... akhirnya wahyu dan beberapa teman sekelasnya berangkat ke panti asuhan . Surya : memang saya baru ajja lulus SMA tahun lalu jadi panggil kakak ajj.... tolong antarkan adik* ini ke temapat aula iia.. kami ingin mengadakan bakti sosial menyambut hari kelulusan serta acra perpisahan........ Temaptnya di panti asuhan Kasih Asih di daerah Tabanan tepatnya lussa kkita ke sana.. kita mau langsung ketemu anak*nya biisa??? Iia daripada kkitta nganggur di sini.... Surya : oh iia silahkan silahkan masukk... Surya : ohh iia*.. Surya : iia.... ya saya Surya pengelola panti di sini. Surya : iini dengan ssiapa sja iia?? Wahyu : ooh iia saya llupa... Wawan : makasihh kakk....... Amin** Surya : iia yya. ruanganya sebelah mn?? Surya : iiya* . WDT : Astungkara...... Debi : kak kkita boehh langsung ke aula... Surya : ohh iia*... Temen* : ookkkeeeee..... Cuma nanyak tau. hehehe Wawan : kak.. perkenalkan saya wahyu... TD : evvi*.... Pande : kkapan kita ke sn?? Wahyu : lusa ajj gmn?? Bbiar gak kelamaan. daari rumah kku kkita berangkat bareng... Eca : bbaikk kak. mungkin tidak seberapa kak. Kedatangan adik – adik kemari bertujuan ap iia?? Wahyu : begini kak... Evi : waahh hhebbat*. Wahyu : ia kak sama – sama.. (akhirnya setelah 2 hari mereka mengumpulkan sumbangan. ddan iini ttia. mari – mari silahkan masukk... semoga beguna bagi panti iia kkak.... bbuad temen – temen di harapkan dateng ia. gak dteng gak ap jugga.. iini ddebi.... selamat siang.. ecca...Tia : ddi mn ttu?? Evi : Di Tabanan Wahyu : bolleh ttu Debi : kita umuminya wakttu uddh pada ngumpul ajj iia.... Wahyu : iia pakk terima kasih.. Surya : iia . Debi : iia kklu lussa bilang na’e ma tmen*..... Surya : tterimakasih sekali yya..

hhebat... Tia : dari mulai umur berapa saja kkak anak* yang tinggal di sinni?? Surya : dari 7-13 thh Tia : sudah berapa tahun kak panti ini didirikan?? Surya : barru saja 2 tahun llahh.. pengamen....... Anak* : iia donk..orang tua mereka ke mana kak?? Surya : sebagian mungkin orang tuanya msih ada tapi tak sanggup untuk menghidupi mereka* ini.... Fitri : PERPISAHAN Perpisahaan sudah di ambang mata Perpisahan membuat kita tak bersama 3 tahun bersama terasa sangat Sulit untuk dilepaskan dengan perpisahan Semua begitu terasa indah Ada senang dan ada juga sedih Tapi itu hanyalah dongeng cerita kehidupan Kedepan kita akan membuka mata Untuk hidup yang lebih baik Bersenang-senanglah sobat Karena aku disini akan selalu ada Untuk selallu mendukung mmu Kau memang sobat sejatiku Harapan kesepian makin tak ada lagi dalam benakku Jika kau sedih akupun turut gelisah Raihlah segala citamu Harapan akan selalu ada Jika kita menikmati hidup dengan hati yang tenang ( semua bertepuk tangan) .. Fitri : ookeh kkak....... saya dan teman* saya mendirikan panti iini. Surya : kiita sudah sampai. ssokk manggakk. kkita ajj di bikini puisi uddah seneng bnget.. tapi mereka tidak mengetahuinya.. karena buatnya dadakan. Wahyu : ooh iia kak. Debi : wahh begittu iia.. Debi : puisi apa sayang?? Fitri : puisi PERPISAHAN. Tia : wahh baggus kakk... daripada mereka di jalanan.. jjadii terharuu.. iia. ddi sini anak*nya berasal dari mana saja?? Surya : sebagian besar mereka anak* jalanan.. Anak* : siangg kkakk.. Debi : iia kakk... kami juga sempat menanyakan keberadaan orangtua mereka. mmari masuuk.... iini ruang aulanya.. jadi di biarkan di jalanan.... Tia : sejuk sekali udara di sini. langsung ajja ddeh ddi bacainn. hebat.. jd penasaran. mungkin sudah dari kecil mereka berpisah dengan orang tuanya. saaya suka sekali. jadi kita buatin puisinya Tia : wwahh makasi iia untuk semuanya. jd pedagang asongan.. Surya : memang dekk di sini masih terasa pedesaanya. Tia : hhemmmh...Surya : ohh iia ia mari silahkan saya antarrr Debi : baik kak terimakasih. kkita tau kalau kakak iini ke sin karena acara perpisahan .. Tia : iia gakk apa*. Fitri : kak kita di sini ingin memberi sambutan untuk kakak semua. mmaf iia kklu jjelekk..... Debi : appa sayang?? Fitri : ppuuisi Debi : wwah ppuisi?? Fitri : iia kkak.. Tiia : selamat siang semuaaaaa. Tia : wahh semangat sekali...

. kkm ada ada saja. terimakasih seharian suddah diberi kesempatan untuk bermain di sini. pintu panti iini selallu terbuka untuk siapa sja. Eca : aayukk*.. Pande : klu nati. Aldi : janji iia kak. dan kkita bakan sering* kke sini. sanpai sore mereka di sana) Ariyadi : eehh gak nyangka... kakak juga senang dan berterimakasih kalian berkunjung kesini.. Eca : adik* keluar yya. semuanya ramah ramah..... Debi : ttapi kkita pada gak bisa nyanyi ddekk.... Eccca.. Surya : oohh iia – iia.... Fitri : terimaksih kkak... tmen gmn nnie?? Kkita pulang sekarang ajj yuuk uudh ssore nnihh. kita gak akan lupa sama kalian.Tia : bagus bnget fitri.. tolong panggil anak – anak . tak terasa mereka bermain – main dipanti sampai lupa waktu. Wahyu : Ohh tidak usah pak.. Linda : kenapa gak entaran ajja..... Surya : bbaiklah.. Surya : iiya sama – sma... bakalan sering kesini kan. nnie uudah ssore iiak.... mereka pasti merasa kehilangan karena kalian tinggal.. Anak* : yyahhhhhhhhhh. Eca : bbaik kak. Debi : iia nneh... Debi : yyuk.... Aldi : iia gak ap* kkita nyanyi sama*. kakak. Debbi : iia dde. kkita mau minta permintaan bbolehh. udah lama juga kita semua tidak lihat kapak main gitar.. Linda : yyahh kkakak kkug pulang?? Kkita kan masih mau main. . Fitri : iia gak apa kan kak. Surya : aldi.. Wahyyu : iia uudhh kkita permissi ddulu iia sma ketua yayasanya.. lagian mereka juga lagi main – main......... Surya : kakak juga berharap kalian ttidak kkecewa dengan keadaan sekitarr. Fitri : kkak*...... Wahyu : iia sudah kak kami permisi iia. kk mau kan nyanyi buat kkita semua. kkebetulan ssudahh sore jjuga. seruu lagii. iini kkuggh rame rame pada mau ke mana?? Wahyu : kkami mau permisi pulang kak. karena adik* ini akan pulang... kalian mau lagu ap??? Anak* : ap ajja ddehh Wahyu : kita nyanyi sama – sam iia... Debi : iia kkak. kkugh ssudah mmau pulang saja??? Wahyu : iia kak... Pande : iia sayng kkita kkan harus pulang.. uudah sore juga. Surya : egg apa – apa... Aldi : kak kak.. Wahyu : permissi kak... slam untuk temen – temen semua... Debi : iia uudah.. kakak* yang tadi mau pulang.. dang g akan lupa sama kita kan?? Pande : eegga llah. kkalian jangan sungkan – sungkan untuk sering main ke sini. anak* sepertinya juga senang dengan kehadiran kalian.. pengalaman yang tak akan terlupakan pastinya... Evi : iia kkak kkita bakalan sering ke sini kugh... sebissa mungkin kkita ngeluangin waktu buuat tmen – tmen kkita... karya yang iindahh. ttkut kemaleman.. seru bnget iia.. Debi : app iia?? Aldi : kita udah lam gak di hibur.. Evi : oohh ttidak – ttidak kak.. sampek kkita llupa wakttu Tia : iia nnehh. Tia : di sini jjuga kkita bbisa llebihh dekat dengan sema hal.. kak surya juga pinter loh kak main gitarnya.. takutnya merepotkan.... Surya : ooh iia iia ddekk. Surya : bbaikklah.. (setellah bernyanyi nyari bersama. Aldi : tapi kakak* bakalan sering ke sini kann?? Linda : iia kak.. sebentar yya kakak panggilkan anak*..

bbiar serru. kkita maafin.. Evi : iia. gila kemaren seru bnget di sana.. Hhmm bbuad yang gak dateng kemaren gak apa*.. dan keesokan harinya mereka menceritakan semua yang terjadi di sana ke pada teman – teman sekelas dan menunjukan beberapa foto yang sempat di abadikan oleh salah seorang dari mereka) Evi : temen – temen... baik iia?? Wulan : ehh kamu. kkugh udah mikir rreuni.. gak usah kkm ngebela dirikamu lagi... Wahyu : iia sudah kak.... Temen* : iia uddh...... kasian tau tmen* kkamu yang udah kamu hasut. Surya : ohh iaa iisa marri*.. kkamu juga vvie...... trus barang*nya di buang ke got depan rumah.... Teman* : daaaa dadadadadaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa Anak* : dddaaaaaaaaaaaaaa dadadaaaa kakak..... Anak* : yyeeee assikkkkkkkkkkkkkk.... Teman* : eevviee – evvie.... Wulan : iia memang akk slahh akk tau kkugg... ooh iia.. Debi : senangnya perpisahan yang kayag gini.. Evi : kkamu makin lama makin ngelunjak iia. akk mintaa maaf bnget.. Pande : guys gak nyangka iia kkita bisa ngadain acara perpisahan yang seru n bermanfaat gini. jauh bnget ssih viieeeeeeeeeee. yang lalu iia udh beralalu ajj.. ookkkehh???????? Teman* : ookkehh dde. makasih semuanya... Yulia : udah dde..nanti kkita janjian ajja iia kklu mau ke sana lge.... . kkita sampai lupa waktu. Teman* : iia ddehh. Wulan : akku ttuhh ak mmulai.. kamu ttu kali yang maunya makan uang kita semua..Tia : iia janji.. Wulan : iia. Nurul : iidihh gila seru bnget.. permisi iia. Yuliana : adi selama ini kamu boongin kita*?? Evi : iitu ttu temen kamu............. bbuat temen* semua.. Deni : kokakekkkokakekk..... tapi gg bisa..... mangkanya jadi orang ttu gak usahngehasut orang lain untuk jadi bruk... Evi : ehhhh guys... maaf juga iia akk banyak salah.. Evi : gak usah kkamu mulai lagi dde.... kita sesering mungkin ke sini..... nyesel nnie ggak iikutan kmaren.. Evi : iia nanti pas adda reunion kyag gni ajja lagi.. assemellehhh.. kkita semua bisa ngerasain sama – sama. gak minat kita makan uang dari kalia semua. Temen* : hmmmm Debi : iia ddehh. paling paling uangnya dipakek makan.. smama*. rugi banget tau. hhmm ggak bakalan terlupakan bnget nnehh. Nurul : iia meskipun gak iikut. akk minta maaf iia... Teman* : hahahahahahaahahaaaaaaa. iini ada beberapa foto – foto kita sama anak* di panti...... kkita kapan kapan kesana ajja kitta kesana lebihh rame lagi.... Evi : gmn tmen*. kkita ajja masih nunggu pengumuman.. tapi masak akk diginiin akk gg mau dipojokinn. kayak kita gak pernah di kasih makan ajj sama orang tua kita...... tolong maafin akk iia...... Wulan : apaa seru??? Serius ttuh seru?? Kyagnya gak bnget dde.... udah cukup kamu ngehasut kita*. Wawan : hhello. Wulan : iia* akk ngaku akk udah buad banyak kesalahan sama kalian. Evi : mangkanya jangan berulah... Debi : kkamu serius lan?? Wulan : iia akk serius akk minta maff sama semuanya... iia gak??? Wawan : ap reunion??? Gg salah?? Evi : iia enggak lah.. (akhirnya setelah berpamitan mereka pulang.. kan emang kenyataanya giitu.

(mereka sangat puas dan bahagia dengan kegiatan perpisahan iini. enakkan berbagi... dan mereka sangat bersyukur karena dalam cara perpisahan ini mereka dapat berbagi dengan sesama.. “Jadi pesan dari drama iini adalah selagi kkita masih bisa berbagi kepada sesama kenapa tidak kita lakukan. Tapi berbaginya juga harus ikhlas iia.. pelajaran yang sungguh sangat berharga dan tak terlupakan). hehehehehehehehehe. dan dengan berbagi gak hanya kita ajja yang seneng tapi orang lainpun merasa senang.. bbiar jadi pahala.” . berbagi itu bisa di mana ajja dan kapan ajja gak susah kan untuk kita berbagi.