Drama perpisahan sekolah Akhir Jabatan ku (di beberapa bangku yang berrdekatan terlihat ada yang sedang berbincang – bincang

asysik, di sittu ada Elsa, Sonia, Wulan dan Yuliana) Sonia : eehh..ehh gak nyangka iia, bentar lagi kkitta lulus.. Elsa : iia ya..adduh ttp blm selesai perjuangan kku Wulan : pperjjuangan?? Mmw ngapen llagi kkamu?? Elsa : TPA kkku blm akk jalanin.. Yuliana : akk juga ttau... Elasa : kkita harus berjuang keras nnehh... Yuliana : ppastti ttu.. iia semoga berhasil iia... Elasa : AMIN dde.. Sonia : oohh iia yya kalian TPA... ssabar iia... pasttii dde biisa Elsa : hahaha ssipb*.. (di bangku lain terlihat sedang ada perbincanagan asyik juga antara evi,tia, pande, debi, wahyu, dan wawan) Wahyu : ehh guys, uang kasnya masiih sisa kkan?? Pande : massih yyu, kknp??? Wahyu : acara perpisahan kita buad apaan nneh?? Evi : jalan – jalan ajja yyuukk... Rrame – rame satu kelas...gmn?? Tia : bbolle ddeh, kkan uang kassnya lumayan ttu... Evi : iia, ggmn yyu??? Nnati kkita umumin ajja.... Wahyu : bbole ddeh.. Ttp kklu gg bissa iikut semmua gmn??? Debi : nnah iitu dy masalahnya.. Acra yg lain ajja.. Wahyu : appaan?? Wawan : eeh acara baksos aja yyuk?? Evi : bakso?? Kkughh aneh ssih kkm?? Selain evi : Bakti sosial Evvi.. Tia : bukan bakso Evi : oalah baksos.. Tia : anneh kkali kkammu, makananan ajja Teman* : hahahahahahaha evvvie*... Evi : sorry dde.. heheheheheeeee.. Wawan : gmn??? Okke gg?? Debi : bbolle juga ttu... tumben majju otak mmu wan??? Wahyu : hahahaha, uudah tobat kaalikk....hahahaha Pande : ember... Wawan : kanggo daaah kkaalian.... gmn ookke gak?? Debi : bolleh dde dr pd ttu uang kas amburadul... Tia : Okke de stuuju... (kebetulan bel pulang suda berbunyi, jadi mereka memutuskan untuk melanjutkan diskusinya besok) Pande : eeh uudah bbel ttuhh... kkita umumin kke temen – temen besok aja iia.. Tia : iia dde... Debi : iia sekalian besokk dilanjutin diskusinya, kkan nnie blm sellesai bnget... Tia : iia inikan belum dapet finallynyaa... Wahyu : ookelah kklu beggitu.. kkita lanjutkan besoggg... Wawan : mmmariiiiiiiiii ddehh kitta pulang ...hahahahahahahahahaa... Teman* : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu (kkeesokan harinya pada saat semua berkumpul di kelas, Wahyu pun memberi tahukan acara yang ia rundingkan kemarin)

.... engken?? Iing percaya?? Tu adi : percaya*.. Tu adi : ggak ggittu juga kkali.. Temen* : ohh. Wahyu : uudah*.... Wulan : hhello. kkamu tu juga bukan siapa siapa.. Evi : eehh kamu.. Evi : Tia. bukanya bakti sosial yang ada malah klu kita nyumbnag uang. kenapa tidak..... klu kkamu mau nyari kerusuhan mending kkamu keluar ddehh... dilanjutin aja diskusi baksosnya.kklu ada yang mau nyumbang yang lain juga bboleh. Wulan : (keluar kelas) Wahyu : maaf* tadi ada sedikit keributan. bbolleh . tolong.. Wahyu : udah – udah diem dua*nya.. kknp?? Wulan : gak yakin akk kalian bisa puny aide bakti sosial segala.. Wulan : klu gg merasa iia udah diemm.. Wuan : ehh gak berhak iia kkm ngusir* gittu. mungkin gak sihh kalian* iitu ngelakuin baksos?? Wahyu : ini kan kegiatan positif kenapa egg?? Ooh apa menurut kamu kita gak jujur gittu?? Wulan : mungkin. bolleh... hhmhh. Berhubung uang kas kkita massih dan sebentar lagi kita bakan pisah..... Debi : wulan kalau memang kamu gak setu bissa ddiem kkan... Wahyu : maksud kamu ngomong gitu apa?? Wulan : iia piker aja sendiri. kalian kan otak* kadal pasti ada aja rencana ngadalin orang lai.. ternyata. bajuu. masih saja ada yang bertentangan dengan ide tersebut) Wulan : apa??? Bbakti sosial?? Gak salah denger akk?? Wahyu : iia bakti sosial... Evi : eeh kkey kklu ngomong bisa ggak di jaga?? Ngomong kugh kaya ember pecah. Teman* : okeh ddeh. gimana kkalau kkita ngadain acara bakti Sosial untuk acara perpisahan kkita??? Iia itung – itung sekalian kenang – kenangan semasa SMP. bisa di mulai hari iini dan kke debi sama tia Ariyadi: nyumbangya ap aja kan?? Mksdnya dalam artian boleh uang.. mereka pun akhirnya mulai mengumpulkan barang – barang yang akan di sumbangkan) Wahyu : buat yang mau nyumbang. Teman* : (sambil berbisik). Bboleh juga (ketika teman* yang lain bilang oke. iia* Tia : Buat yang mungkin gak sibuk dan ada wakttu.. atau bendda benda layak paakai?? Debi : iiya temen – temen... Teman* : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuu bilang ajja gg ikhlas. kkenapa kkalian harus marah. Evi : gak usah dde kkamu nyari masalah atau pun gara – gara. bbollehh.. (akhirnya teman – teman sattu kkelas setuju atas iide baksos iitu.. Tu adi : ttapi pastti nnih?? Wahyu : jelaas pastti.Wahyu : Temen – temen minta waktunya sebentar.. ohh iia mungkin sebagian yang gak bissa dateng enggak apa – apa bbisa di wakilin atas nama kelas.. debi.. bolleh.. Ariyadi : Baksos ke mana rencananya?? Wahyu : belum ttau tapi nanti kkita coba rundingin ajja. Ggak usah sokk.... nyumbangya bebas yang penting layak pakai aja dan nyumbangnya seikhlasnya ajja. kalian embat uangnya. di harapkan iikut pada ssaat acara. Ti n de : app vie?? Evi : Kita nyumbangya ke panti asuhan Kasih Asih . ngapaen sih kalian berantem segala Evi : ddia dulu tu yang mulai. ssini ddee..... Teman* : hahahahahahaha. kkamu kira kkamu siapa?? Evi : Eh soryy iia. klu gak kenyataan knp harus marah?? Wahh berarti dugaan kku bner....

.... tua sekali sy di panggil pak Teman* : hahahahahahaha iia ddehhhh Evi : brarti masih remaja dong. (setelah keputusan diskusinya ditetapkan lalu wahyu pun mengumumkan tempat pantinya dan waktu acaranya) Wahyu : minta wakttu sedikit ajja. DWT : iia kakk. bbuad temen – temen di harapkan dateng ia... Amin** Surya : iia yya.. Surya : memang saya baru ajja lulus SMA tahun lalu jadi panggil kakak ajj........ Debi : iia kklu lussa bilang na’e ma tmen*.... Kedatangan adik – adik kemari bertujuan ap iia?? Wahyu : begini kak. Evi : waahh hhebbat*... gak dteng gak ap jugga. kita mau langsung ketemu anak*nya biisa??? Iia daripada kkitta nganggur di sini. ddan iini ttia. Pandde : iia dde..iia... ecca.. Eca : bbaikk kak... Temaptnya di panti asuhan Kasih Asih di daerah Tabanan tepatnya lussa kkita ke sana... dan kakak turut mendo’akan kalian untuk lulus.. Surya : oh iia silahkan silahkan masukk. kkuliah ap kerja kak?? Surya : Kuliah sambil mengurus panti ini.......... WDT : Astungkara....... Surya : ohh iia*. mw pendekatan ta?? Evi : enak aja. wwahh terimakasih ssudah mau berkunjung ke panti kkamii... (akhirnya setelah 2 hari mereka mengumpulkan sumbangan. Surya : iia .. ruanganya sebelah mn?? Surya : iiya* .... mmaf mmaf. akhirnya wahyu dan beberapa teman sekelasnya berangkat ke panti asuhan .... Wawan : kak numpang tanyak.. daari rumah kku kkita berangkat bareng.. tolong antarkan adik* ini ke temapat aula iia.. dan sesampainya di sana mereka di smbut oleh salah satu ketua yayansan) Wahyu : Selamat siang pak. Wahyu : ia kak sama – sama.. iini ddebi.. nntr ajja sekalian jjelasin... ya saya Surya pengelola panti di sini. Wahyu : iia pakk terima kasih.. Tia : iia dde ggittu ajja... Surya : ohh iia*. inni ada sedikit untuk panti ini. Wahyu : hhmm....... Temen* : ookkkeeeee.. selamat siang. tapi kugh kayagnya gak cocok iia di panggil pak.. Pande : kkapan kita ke sn?? Wahyu : lusa ajj gmn?? Bbiar gak kelamaan... ..... TD : evvi*. saya ingin bergabung dengan yang lain..... kebetulan... Ecca : mmari semua Teman* : iia. Surya : iini dengan ssiapa sja iia?? Wahyu : ooh iia saya llupa....... Wawan : makasihh kakk.. semoga beguna bagi panti iia kkak.....??? kkalau tiddak bissa di lanjutkan nyumbangnya......... ggak ada pertanyaan lagi.. Debi : kak kkita boehh langsung ke aula.... mari – mari silahkan masukk..Tia : ddi mn ttu?? Evi : Di Tabanan Wahyu : bolleh ttu Debi : kita umuminya wakttu uddh pada ngumpul ajj iia.. kesediaan kalian untuk datang kesini saja iitu sudah sangat berguna bagi panti ini. kkita berkumpul di rumah kku...... hehehe Wawan : kak...... kkita mau ngasih tau tempat dan waktu acaranya..... mungkin tidak seberapa kak. Surya : iia......... kami ingin mengadakan bakti sosial menyambut hari kelulusan serta acra perpisahan. ohh iia. Cuma nanyak tau.. Surya : tterimakasih sekali yya. perkenalkan saya wahyu...

.. karena buatnya dadakan... Debi : puisi apa sayang?? Fitri : puisi PERPISAHAN.. Tia : iia gakk apa*.. Fitri : ookeh kkak. Tia : wahh baggus kakk. Tiia : selamat siang semuaaaaa. Tia : dari mulai umur berapa saja kkak anak* yang tinggal di sinni?? Surya : dari 7-13 thh Tia : sudah berapa tahun kak panti ini didirikan?? Surya : barru saja 2 tahun llahh.... iini ruang aulanya. saaya suka sekali. Fitri : PERPISAHAN Perpisahaan sudah di ambang mata Perpisahan membuat kita tak bersama 3 tahun bersama terasa sangat Sulit untuk dilepaskan dengan perpisahan Semua begitu terasa indah Ada senang dan ada juga sedih Tapi itu hanyalah dongeng cerita kehidupan Kedepan kita akan membuka mata Untuk hidup yang lebih baik Bersenang-senanglah sobat Karena aku disini akan selalu ada Untuk selallu mendukung mmu Kau memang sobat sejatiku Harapan kesepian makin tak ada lagi dalam benakku Jika kau sedih akupun turut gelisah Raihlah segala citamu Harapan akan selalu ada Jika kita menikmati hidup dengan hati yang tenang ( semua bertepuk tangan) . ssokk manggakk.... jd penasaran. Surya : kiita sudah sampai.... daripada mereka di jalanan. Surya : memang dekk di sini masih terasa pedesaanya. jadi di biarkan di jalanan. pengamen.. mmaf iia kklu jjelekk.......orang tua mereka ke mana kak?? Surya : sebagian mungkin orang tuanya msih ada tapi tak sanggup untuk menghidupi mereka* ini..Surya : ohh iia ia mari silahkan saya antarrr Debi : baik kak terimakasih. Tia : wahh semangat sekali. jd pedagang asongan. Debi : appa sayang?? Fitri : ppuuisi Debi : wwah ppuisi?? Fitri : iia kkak. kkita tau kalau kakak iini ke sin karena acara perpisahan .. Debi : iia kakk. mmari masuuk. saya dan teman* saya mendirikan panti iini....... mungkin sudah dari kecil mereka berpisah dengan orang tuanya. Anak* : siangg kkakk.. Tia : sejuk sekali udara di sini.. jjadii terharuu... tapi mereka tidak mengetahuinya.... hhebat.... hebat. langsung ajja ddeh ddi bacainn.. iia.. kkita ajj di bikini puisi uddah seneng bnget. ddi sini anak*nya berasal dari mana saja?? Surya : sebagian besar mereka anak* jalanan. Tia : hhemmmh. jadi kita buatin puisinya Tia : wwahh makasi iia untuk semuanya. kami juga sempat menanyakan keberadaan orangtua mereka.. Anak* : iia donk. Debi : wahh begittu iia..... Fitri : kak kita di sini ingin memberi sambutan untuk kakak semua.. Wahyu : ooh iia kak...

kkebetulan ssudahh sore jjuga. sampek kkita llupa wakttu Tia : iia nnehh.. kk mau kan nyanyi buat kkita semua.. ttkut kemaleman.. sebentar yya kakak panggilkan anak*.. bakalan sering kesini kan. semuanya ramah ramah. Surya : aldi...... Eca : bbaik kak.. Debi : iia uudah. karya yang iindahh. Aldi : tapi kakak* bakalan sering ke sini kann?? Linda : iia kak. mereka pasti merasa kehilangan karena kalian tinggal. kkugh ssudah mmau pulang saja??? Wahyu : iia kak.. Eccca.. Linda : kenapa gak entaran ajja. Fitri : kkak*. Debi : app iia?? Aldi : kita udah lam gak di hibur.. kakak* yang tadi mau pulang.... kalian mau lagu ap??? Anak* : ap ajja ddehh Wahyu : kita nyanyi sama – sam iia. Evi : oohh ttidak – ttidak kak. Wahyu : permissi kak.. Surya : oohh iia – iia...... pintu panti iini selallu terbuka untuk siapa sja. kita gak akan lupa sama kalian. lagian mereka juga lagi main – main... Surya : kakak juga berharap kalian ttidak kkecewa dengan keadaan sekitarr.... uudah sore juga.. Surya : ooh iia iia ddekk. Surya : iiya sama – sma.. Debi : ttapi kkita pada gak bisa nyanyi ddekk.. kakak juga senang dan berterimakasih kalian berkunjung kesini.. sebissa mungkin kkita ngeluangin waktu buuat tmen – tmen kkita.. sanpai sore mereka di sana) Ariyadi : eehh gak nyangka.. kakak. pengalaman yang tak akan terlupakan pastinya. nnie uudah ssore iiak.... Wahyu : Ohh tidak usah pak. Surya : egg apa – apa.. Debi : iia nneh..... tolong panggil anak – anak . Tia : di sini jjuga kkita bbisa llebihh dekat dengan sema hal.... Pande : klu nati.. .. Debbi : iia dde..... dan kkita bakan sering* kke sini.. karena adik* ini akan pulang..... Eca : aayukk*. Wahyu : iia sudah kak kami permisi iia...Tia : bagus bnget fitri. kkm ada ada saja. anak* sepertinya juga senang dengan kehadiran kalian.. udah lama juga kita semua tidak lihat kapak main gitar. Surya : bbaikklah. tmen gmn nnie?? Kkita pulang sekarang ajj yuuk uudh ssore nnihh. Evi : iia kkak kkita bakalan sering ke sini kugh... Linda : yyahh kkakak kkug pulang?? Kkita kan masih mau main.. kkita mau minta permintaan bbolehh.. Aldi : kak kak.. Aldi : iia gak ap* kkita nyanyi sama*.. Debi : iia kkak. Anak* : yyahhhhhhhhhh. Fitri : terimaksih kkak..... Aldi : janji iia kak. iini kkuggh rame rame pada mau ke mana?? Wahyu : kkami mau permisi pulang kak. Debi : yyuk.. kak surya juga pinter loh kak main gitarnya... Wahyyu : iia uudhh kkita permissi ddulu iia sma ketua yayasanya.... (setellah bernyanyi nyari bersama. Eca : adik* keluar yya. Surya : bbaiklah. Pande : iia sayng kkita kkan harus pulang. kkalian jangan sungkan – sungkan untuk sering main ke sini. tak terasa mereka bermain – main dipanti sampai lupa waktu.. slam untuk temen – temen semua.. seru bnget iia. terimakasih seharian suddah diberi kesempatan untuk bermain di sini.. seruu lagii.... dang g akan lupa sama kita kan?? Pande : eegga llah... takutnya merepotkan.. Fitri : iia gak apa kan kak.....

Wahyu : iia sudah kak.. maaf juga iia akk banyak salah. kkamu juga vvie. Wulan : akku ttuhh ak mmulai.... akk mintaa maaf bnget...... yang lalu iia udh beralalu ajj.... kkita kapan kapan kesana ajja kitta kesana lebihh rame lagi.. permisi iia. iini ada beberapa foto – foto kita sama anak* di panti... . paling paling uangnya dipakek makan. tapi masak akk diginiin akk gg mau dipojokinn. rugi banget tau.... assemellehhh... kan emang kenyataanya giitu.. Evi : iia.. dan keesokan harinya mereka menceritakan semua yang terjadi di sana ke pada teman – teman sekelas dan menunjukan beberapa foto yang sempat di abadikan oleh salah seorang dari mereka) Evi : temen – temen.. tapi gg bisa..... Temen* : hmmmm Debi : iia ddehh... trus barang*nya di buang ke got depan rumah... nyesel nnie ggak iikutan kmaren.. gak minat kita makan uang dari kalia semua....... iia gak??? Wawan : ap reunion??? Gg salah?? Evi : iia enggak lah.. Pande : guys gak nyangka iia kkita bisa ngadain acara perpisahan yang seru n bermanfaat gini... Wulan : iia* akk ngaku akk udah buad banyak kesalahan sama kalian.. Wulan : apaa seru??? Serius ttuh seru?? Kyagnya gak bnget dde..... Evi : iia nanti pas adda reunion kyag gni ajja lagi... Wawan : hhello.Tia : iia janji...... hhmm ggak bakalan terlupakan bnget nnehh. mangkanya jadi orang ttu gak usahngehasut orang lain untuk jadi bruk. kkita ajja masih nunggu pengumuman... jauh bnget ssih viieeeeeeeeeee.. (akhirnya setelah berpamitan mereka pulang... akk minta maaf iia.. Surya : ohh iaa iisa marri*... Wulan : iia. ooh iia.. smama*. Anak* : yyeeee assikkkkkkkkkkkkkk...... Hhmm bbuad yang gak dateng kemaren gak apa*. kkita maafin.. kita sesering mungkin ke sini. Evi : gmn tmen*. Debi : kkamu serius lan?? Wulan : iia akk serius akk minta maff sama semuanya.nanti kkita janjian ajja iia kklu mau ke sana lge.. bbiar serru. kkita sampai lupa waktu.. Evi : mangkanya jangan berulah. Yulia : udah dde. bbuat temen* semua. kkita semua bisa ngerasain sama – sama.... kasian tau tmen* kkamu yang udah kamu hasut..... Temen* : iia uddh. gila kemaren seru bnget di sana. Teman* : eevviee – evvie.... Nurul : iidihh gila seru bnget. gak usah kkm ngebela dirikamu lagi.. Teman* : iia ddehh...... Teman* : daaaa dadadadadaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa Anak* : dddaaaaaaaaaaaaaa dadadaaaa kakak....... Nurul : iia meskipun gak iikut. Teman* : hahahahahahaahahaaaaaaa. Deni : kokakekkkokakekk..... Debi : senangnya perpisahan yang kayag gini...... Wulan : iia memang akk slahh akk tau kkugg..... tolong maafin akk iia.... baik iia?? Wulan : ehh kamu... kamu ttu kali yang maunya makan uang kita semua.. kayak kita gak pernah di kasih makan ajj sama orang tua kita.. Evi : ehhhh guys.. udah cukup kamu ngehasut kita*.. kkugh udah mikir rreuni.. ookkkehh???????? Teman* : ookkehh dde. Yuliana : adi selama ini kamu boongin kita*?? Evi : iitu ttu temen kamu.. Evi : kkamu makin lama makin ngelunjak iia. makasih semuanya. Evi : gak usah kkamu mulai lagi dde...

.. Tapi berbaginya juga harus ikhlas iia.(mereka sangat puas dan bahagia dengan kegiatan perpisahan iini. dan dengan berbagi gak hanya kita ajja yang seneng tapi orang lainpun merasa senang.” . berbagi itu bisa di mana ajja dan kapan ajja gak susah kan untuk kita berbagi. “Jadi pesan dari drama iini adalah selagi kkita masih bisa berbagi kepada sesama kenapa tidak kita lakukan. dan mereka sangat bersyukur karena dalam cara perpisahan ini mereka dapat berbagi dengan sesama. pelajaran yang sungguh sangat berharga dan tak terlupakan).. bbiar jadi pahala.. hehehehehehehehehe.. enakkan berbagi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful