ADISI H2SO4 DAN H2O

KELOMPOK 4
Widiyanti Any Kurniawati Nestri Yunarti Vera Hardiyana 4301410001 4301410009 4301410010 4301410016

Asam sulfat pekat bereaksi dengan alkena membentuk alkil hidrogen sulfat. Reaksinya : .

Reaksinya: .Proton menuju ke atom C yang mengikat atom H lebih banyak. dan anion hidrogen sulfat (OSO2OH) menuju ke atom C yang mengikat atom H lebih sedikit.

Hal ini disebut reaksi hidrolisis. dimana sebuah ikatan diputus oleh air. • Alkil hidrogen sulfat dapat diubah menjadi alkohol dengan cara memanaskannya dengan air atau uap. mekanisme penambahan asam sulfat pada alkena dapat dicontohkan dalam propena. .• Menurut aturan Markovnikov .

• Ikatan oksigen-belerang dapat putus ketika sebuah alkil hidrogen sulfat mengalami hidrolisis. .

Reaksi keseluruhan : .

diikuti dengan hidrolisis hidrogen sulfat menghasilkan isopropil. adalah metode utama. .• Kombinasi penambahan asam sulfat ke propena.

Dalam cara yang sama. Secara keseluruhan. H dan OH telah ditambahkan dalam seluruh ikatan rangkap karbon-karbon.Propena mengalami hidrasi. sikloheksena mengalami hidrasi menjadi sikloheksanol: Hidrasi alkena dengan metode ini hanya terjadi pada monosubstitusi alkena dan disubstitusi alkena dari jenis RCH=CHR. .

Hidrasi Alkena dengan Katalis Asam Metode lain untuk hidrasi alkena adalah dengan reaksi dengan air pada kondisi katalis asam. .

Air 50% / larutan asam sulfat sering digunakan dalam reaksi ini. menghasilkan alkohol secara langsung dan mengikuti aturan Markovnikov : .Reaksi hidrasi alkena dengan katalis asam ini dilakukan dalam medium asam encer.

9 .Prinsip-prinsip umum untuk adisi elektrofilik hidrasi berkatalis asam ditunjukkan pada Gambar 6.

Protonasi 2-methylpropena (yang paling reaktif) menghasilkan karbokation tersier.Protonasi etilena (alkena yang paling reaktif) menghasilkan karbokation primer. .

Hidrasi alkena dengan katalis asam dan dehidrasi alkohol dengan katalis asam adalah berkebalikan satu sama lain. Berikut ini reaksinya: .

TERIMA KASIH SAMPAI JUMPA .