ADISI H2SO4 DAN H2O

KELOMPOK 4
Widiyanti Any Kurniawati Nestri Yunarti Vera Hardiyana 4301410001 4301410009 4301410010 4301410016

Asam sulfat pekat bereaksi dengan alkena membentuk alkil hidrogen sulfat. Reaksinya : .

Proton menuju ke atom C yang mengikat atom H lebih banyak. dan anion hidrogen sulfat (OSO2OH) menuju ke atom C yang mengikat atom H lebih sedikit. Reaksinya: .

mekanisme penambahan asam sulfat pada alkena dapat dicontohkan dalam propena.• Menurut aturan Markovnikov . . • Alkil hidrogen sulfat dapat diubah menjadi alkohol dengan cara memanaskannya dengan air atau uap. Hal ini disebut reaksi hidrolisis. dimana sebuah ikatan diputus oleh air.

• Ikatan oksigen-belerang dapat putus ketika sebuah alkil hidrogen sulfat mengalami hidrolisis. .

Reaksi keseluruhan : .

• Kombinasi penambahan asam sulfat ke propena. . adalah metode utama. diikuti dengan hidrolisis hidrogen sulfat menghasilkan isopropil.

. sikloheksena mengalami hidrasi menjadi sikloheksanol: Hidrasi alkena dengan metode ini hanya terjadi pada monosubstitusi alkena dan disubstitusi alkena dari jenis RCH=CHR. Dalam cara yang sama. H dan OH telah ditambahkan dalam seluruh ikatan rangkap karbon-karbon.Propena mengalami hidrasi. Secara keseluruhan.

.Hidrasi Alkena dengan Katalis Asam Metode lain untuk hidrasi alkena adalah dengan reaksi dengan air pada kondisi katalis asam.

Reaksi hidrasi alkena dengan katalis asam ini dilakukan dalam medium asam encer. Air 50% / larutan asam sulfat sering digunakan dalam reaksi ini. menghasilkan alkohol secara langsung dan mengikuti aturan Markovnikov : .

9 .Prinsip-prinsip umum untuk adisi elektrofilik hidrasi berkatalis asam ditunjukkan pada Gambar 6.

Protonasi 2-methylpropena (yang paling reaktif) menghasilkan karbokation tersier. .Protonasi etilena (alkena yang paling reaktif) menghasilkan karbokation primer.

Hidrasi alkena dengan katalis asam dan dehidrasi alkohol dengan katalis asam adalah berkebalikan satu sama lain. Berikut ini reaksinya: .

TERIMA KASIH SAMPAI JUMPA .