USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS

)

1. Program Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) 1

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan bagian dari program kesehatan anak usia sekolah. Anak usia sekolah adalah anak yang berusia 6 – 21 tahun, yang sesuai dengan proses tumbuh kembangnya dibagi menjadi 2 sub kelompok, yakni pra remaja (6-9 tahun) dan remaja (10-19 tahun).1

Pelayanan kesehatan pada UKS adalah pemeriksaan kesehatan umum, kesehatan gigi dan mulut siswa SD dan setingkat melalui penjaringan kesehatan terhadap murid kelas 1 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah

Tujuan UKS untuk Meningkatkan kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat.Tujuan umum Meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS – Tujuan Khusus 1. Agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah. sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal.2 a. Anak usia sekolah adalah anak yang berusia 6-21 tahun . b. . Tujuan . penjaringan lanjutan oleh tenaga kesehatan). yang sesuai dengan proses tumbuh kembangnya dibagi menjadi 2 subkelompok yakni pra remaja ( 6-9 tahun ) dan remaja ( 10-19 tahun ). Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) merupakan bagian dari program kesehatan anak usia sekolah .yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan bersama dengan guru UKS terlatih dan dokter kecil secara berjenjang (penjaringan awal oleh guru dan dokter kecil. dan derajat kesehatan siswa serta menciptakan lingkungan yang sehat. sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat. Agar siswa dapat menolong dirinya sendiri. 2. b.di rumah dan lingkungannya.

6. Kriteria peserta : 1.c. 5. Berwatak pemimpin dan bertanggung jawab. Berprestasi sekolah 3. 4. 2. Izin orang tua . Berpenampilan bersih dan berperilaku. Siswa kelas 4 atau 5 SD atau MI dan belum pernah mendapatkan pelatihan dokter kecil. 7. Berbadan sehat. Berbudi pekerti baik dan suka menolong.

Sedangkan yang dimaksud "Kepramukaan" adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik. Pamong Saka Pramuka. menyenangkan. yang sasaran akhirnya pembentukan watak. Andalan Pramuka. teratur. yang meliputi. praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. terarah. akhlak dan budi pekerti luhur.Gerakan Pramuka Indonesia Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan diIndonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. yang memiliki arti Rakyat Muda yang Suka Berkarya. sehat. Pramuka Siaga. Korps Pelatih Pramuka. Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka. Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing Pramuka. Pramuka Penggalang. "Pramuka" merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang . Pramuka Penegak danPramuka Pandega.

disesuaikan dengan keadaan. Prinsip Dasar Kepramukaan Gerakan Pramuka berlandaskan prinsip-prinsip dasar sebagai berikut:  Iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa  Peduli terhadap bangsa dan tanah air. serta menjdai calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan. sedangkan LambangWOSM pada kantung sebelah kanan kemeja. dikenakan pada kerah kiri baju pramuka dan Lambang WOSM yang dikenakan pada kerah kanan baju pramuka puteri. kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia. kepribadian dan akhlak mulia kaum muda  Menanamkan semangat kebangsaan. social. Sedangkan untuk putera. Emblem lokasi wilayah Gerakan Pramuka (berdasarkan provinsi) dikenakan pada lengan sebelah kanan baju Pramuka. Tujuan Pramuka Gerakan Pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional. maka kepanduan mempunyai tiga sifat atau ciri khas. Denmark. patriot dan pejuang yang tangguh. agara mereka bias:  Membentuk. intelektual dan fisiknya. cinta tanah air dan bela negara bagi kaum muda  Meningkatkan keterampilan kaum muda sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat. Lambang Gerakan Pramuka dikenakan pada kantung sebelah kiri. sesama hidup dan alam  Peduli terhadap dirinya pribadi  Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka Sifat Lambang Gerakan Pramuka (menurut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga) adalah Tunas Kelapa. bertujuan untuk membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya potensi-potensi spiritual. Berdasarkan resolusi Konferensi Kepanduan Sedunia tahun 1924 di Kopenhagen. yaitu : .

tingkat. rasa. Karang Taruna merupakan tempat diselenggarakannya berbagai upaya atau kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan cipta. . suku dan bangsa. tanpa membedakan kepercayaan/agama. Nasional. Karang Taruna tumbuh dan berkembang atas dasar adanya kesadaran terhadap keadaan dan permasalahan di lingkungannya serta adanya tanggung jawab sosial untuk turut berusaha menanganinya. Sebagai wadah pengembangan generasi muda. yang berarti bahwa kepanduan dapat dipergunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja. Rumusan tersebut diatas dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. karsa. Karang Taruna adalah suatu organisasi sosial.  Universal. golongan. 3. kebutuhan dan kepentingan masyarakat. 2. Kesadaran dan tanggung jawab sosial tersebut merupakan modal dasar tumbuh dan berkembangnya Karang Taruna.  Internasional. perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam melaksanakan Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS). Pengertian KARANG TARUNA Karang Taruna adalah Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari. yang berarti suatu organisasi yang menyelenggarakan kepanduan di suatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan. yang berarti bahwa organisasi kepanduan di negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pandu dan sesama manusia. oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/ kelurahan dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. bangsa dan negara. dan karya generasi muda dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM).