Contoh Satpel Dm

SATUAN PEMBELAJARAN (SATPEL

)
Pokok Bahasan : Diabetes Melitus Sub Pokok Bahasan : Cara Mengatasi Diabetes Melitus Sasaran : pasien Tempat : Rumah Sakit Waktu : 13.00-13.45 Tanggal : 26 mei 2012 A. Tujuan - Tujuan Instruksional Umum (TIU) Setelah mendapatkan penkes selama 45 menit masyarakat akan memahami tentang penyakit Diabetes Melitus - Tujuan Instruksional Khusus (TIK) Setelah diberikan penyuluhan selama 45 menit, diharapkan masyarakat dapat :  Menyebutkan pengertian Diabetes Melitus  Menjelaskan Penyebab Diabetes Melitus  Menyebutkan Tanda dan Gejala Diabetes Melitus  Menjelaskan Penatalaksanaan pada Pasien Diabetes Melitus  Menjelaskan komplikasi Diabetes Melitus Materi Penyuluhan - Pengertian Diabetes Melitus - Penyebab Diabetes Melitus - Tanda dan Gejala Diabetes Melitus - Penatalaksanaan pada Pasien Diabetes Melitus - Menjelaskan komplikasi Diabetes Melitus Metode Pembelajaran - Metode : a. Ceramah b. Diskusi c. Tanya Jawab Media dan Sumber - Media : infocus dan laptop - Sumber : http://wordpress.com/Diabetes Melitus dan buku Medikal Bedah 2 (Doengoes) Langkah-langkah kegiatan

B.

C.

D.

E.

Kegiatan

Pengajar

Audience

Bersama audience menyimpulkan materi yang telah disampaikan b. Memberikan kesempatan kpd audience utk bertanya. d. Dst ……………… a. Memberikan jawaban yg tepat dan benar g. Mengajukan pertanyaan (lisan/tertulis) ssi dgn materi yg telah disampaikan c. Sebutkan Penatalaksanaan pada Pasien Diabetes Melitus e.Pembuka ( 5 menit ) a. Sebutkan pengertian Diabetes Melitus b. Sebutkan Penyebab Diabetes Melitus c. Mengucapkan salam memperkenalkan diri Mengabsen Menjelaskan tujuan          Menjawab salam Memperhatikan Memperhatikan memperhatikan Inti ( 45 menit ) a. Evaluasi Jenis tes : Pertanyaan secara lisan Butir-butir pertanyaan : a. Sebutkan Tanda dan Gejala Diabetes Melitus d. Dst … sesuai materi yg akan disampaikan d. Memberikan kesempatan kepada audience untuk merespon pertanyaan yg diajukan f. Menjelaskan tentang Diabetes Melitus c. Sebutkan komplikasi Diabetes Melitusw . Mengucapkan salam Memperhatikan Memperhatikan Memperhatikan Mengajukan pertanyaan Memberikan kemampuan jwbn ssi  memperhatikan Penutup ( 10 menit )    Menyimpulkan bersamapengajar Menjawab pertanyaan Menjawab salam F. Appersepsi b. b. e. c.

Dari beberapa definisi diatas penulis menyimpulkan bahwa diabetes melitus adalah suatu penyakit atau sindroma yang ditandai dengan kenaikan kadar glukosa dalam darah atau hiperglikemia. yang dikarekteristikkan dengan hiperglikemi karena defisiensi insulin. Polidipsi c.(Barbara Engram. yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara suplai insulin dengan kebutuhan tubuh.    Etiologi/Penyebab 1) Kelainan fungsi dan jumlah sel beta 2) Kelainan disini dimana fungsi dan jumlah sel beta yang menurun sehingga insulin tidak dapat diproduksi secara optimal. 4) Herediter Tanda dan Gejala Tanda dan gejala utama yang sering dijumpai pada diabetes melitus adalah : a.(M.1996). Baal dan kesemutan pada ekstemitas bawah f.1996). 3) Faktor Lingkungan Faktor lingkungan ini meliputi diet.(Polaski.(Suzanne C. d. Diabetes melitus adalah suatu penyakit yang ditandai dengan menurunnya kadar gula didalam sel yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara suplai insulin dengan kebutuhan tubuh. Penurunan berat badan e.Diabetes melitus adalah gangguan metabolik kronis yang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikontrol.black 1997). Poliuri b. 1997). kehamilan. Gatal-gatal . obesitas. Smeltzer. Badan terasa lemas. Diabetes melitus adalah sekelompok kelainan ditandai oleh kenaikan kadar glukosa dalam darah atau hiperglikemia.Materi Diabetes Melitus Pengertian  Diabetes melitus adalah gejala-gejala atau sindrom yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara suplai insulin dengan kebutuhan tubuh.

penyebab. Komplikasi Adapun komplikasi yang terjadi pada klien dibetes melitus adalah : 1. tanda dan gejala. Komplikasi akut  Hipoglikemia Suatu keadaan dimana kadar gula darah <>  Hiperglikemia Suatu keadaan dimana kadar gula darah > 120 mg/dl. Luka yang sukar sembuh h. Impotensi dan asidosis metabolic Penatalaksanaan Penatalaksanaan pada pasien Diabetes Melitus dengan cara : Tujuan utama pengobatan adalah untuk menormalkan atau mengontrol kadar gula didalam darah. protein dan lemak. 2. pengobatan serta perawatan. Komplikasi kronik . pengaturan diet serta pemberian insulin. meliputi 5 komponen yaitu : 1.  Ketoasidosis Keadaan dimana terjadi peningkatan keasaman tubuh oleh keton. 3. hal ini disebabkan asupan nutrisi yang berlebihan.  ntake Kalori Langkah awal dengan menentukan kebutuhan kalori dasar dengan mempertimbangkan usia. Pendidikan kesehatan Informasi yang harus disampaikan yaitu meliputi pengertian DM.g. Exercise Latihan fisik dapat mempermudah transportasi glukosa kedalam sel karena kerja insulin meningkat dan menurunkan kadar gula dalam darah. Pada tipe II (NIDDM) dilakukan dengan pemberian obat untuk jangka panjang atau pendek. 5. 2. jenis kelamin dan berat badan. Pengobatan Pengobatan pada tipe I (IDDM) hanya dengan menambah insulin dari luar karena tubuh gagal memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup.  Distribusi kalori Pemberian kalori difokuskan pada jumlah harian dari karbohidrat. Monitor kadar gula darah 4. akibat lanjut. Pandangan kabur i. Diet Diet untuk mengotrol berat badan adalah dasar dalam pelaksanaan pengontrolan gula darah pada penyakit DM.

Penyakit neuropati syaraf sensori motorik otonum serta mengakibatkan timbulnya impotensi . mempengaruhi pembuluh darah koroner. Penyakit makrovaskuler. baal atau kesemutan. vaskularisasi perifer dan sirkulasi serebrovaskuler. Penyakit mikrovaskuler. mikro angiopati pada mata menyebabkan retinopathy. hipertensi akibat peningkatan viskositas dan penurunan elastisitas pembuluh darah. .misalnya makroangiopati pada pembuluh darah perifer sehingga bila luka sukar sembuh.a. b. pada ginjal menyebabkan nefropathy dan bila berlanjut menyebabkan gagal ginjal c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful