Berikut adalah rumus-rumus dasar turunan/ derivatif: Bila y=f(x) , y'=f'(x), dan a adalah konstanta maka: 1. 2. 5.

3.

_

4.

6.

etc... Lihat lanjutan post di bawah untuk mengetahui bukti-buktinya. =========================================================================

Mengapa Turunan dari

adalah

?? (a konstanta)

Bukti ini sangat mudah. Langsung kita gunakan definisi dari derivatif. (atau bisa kita gunakan cara seperti di post "bukti sifat-sifat turunan" yang dilakukan secara bertahap..) .

seperti cara yang serupa seperti di atas. Di atas merupakah rumus yang sudah kita dapatkan sebelumnya. kita gunakan saja rumus sebelumnya. Substitusikan a=e.TERBUKTI Selanjutnya: Mengapa turunan dari adalah ?? Kita bisa saja menguraikan penurunan rumus ini dari awal. untuk membuktikan rumus ini.. Ingat bahwa ln e =1. Namun. supaya kita tidak 2 kali kerja.. Ingat bahwa: = . maka: TERBUKTI ========================================================================= Mengapa turunan dari adalah ?? .

maka hasilnya: TERBUKTI Selanjutnya: Mengapa turunan dari adalah ?? .ln-kan kedua ruas. turunkan kedua ruas. Ingat bahwa turunan dari ln x adalah 1/x. TERBUKTI ========================================================================= Mengapa turunan dari adalah ?? (a konstanta) ln-kan kedua ruas. turunkan kedua ruas.

Sesuai dengan rumus sebelumnya: Jika a=e. Ingat bahwa: ==> Note: rumus di atas HARUS dapat diturunkan sendiri. persamaan menjadi: . kita bisa gunakan definisi awal dari derivatif. Dengan demikian. . maka: TERBUKTI ========================================================================= Mengapa turunan dari adalah ?? Untuk membuktikan ini.

maka akan menghasilkan sisi kanan dari . Dengan demikian. Ingat bahwa: ==> rumus di atas HARUS bisa diturunkan sendiri. persamaan menjadi: TERBUKTI Note: Cara lain menurunkan turunan sin x dan cos x yaitu dengan melihat identitas eulernya (Lihat di sini): *) *) Dengan menurunkan sisi ruas kanan dari .TERBUKTI Mengapa turunan dari adalah ?? Pembuktiannya menggunakan cara yang sama seperti di atas. .

Kemudian. maka: . kecuali adanya beberapa yang mengharuskan substitusi trigonometri. . Jika terpakai pun. akan dibahas pembuktian untuk rumus-rumus yang kurang begitu *terpakai*. rumus di bawah jangan sengaja dihapal (kecuali kalau tidak sengaja terhapal). maka pembuktian turunan f(x) akan segera terbukti... TERBUKTI Rumus-rumus di atas adalah rumus turunan yang siap pakai. . Selanjutnya.P Bukti: turunan dari .. lagi-lagi. dan Bukti bisa menggunakan teorema sebelumnya yang berbunyi: Sama halnya seperti menggunakan dalil rantai. ingatlah sifat turunan berikut. Konsep menurunkannya sama seperti di atas.. Dengan menggunakan sifat itu. kita dapat dengan mudah menurunkannya. But. .Mengapa turunan dari adalah ?? Fungsi tangen dapat dibentuk ke dalam bentuk pembagian. Dengan aturan rantai.

Bukti turunan dari fungsi arcsin x Turunkan kedua ruas. sisi miring 1). etc Tidak semua bukti akan diberikan di sini.. arctan x. arccos x. it is your challenge to prove it by yourself. So. maka kita akan mendapatkan cos y. Di sini. maka hasilnya: Dengan menggambar segitiga siku-siku dengan sudut y (memisalkan sisi depan adalah x. . tinggal disubstitusikan.. Maka. akan terlalu banyak jika semuanya dibahas dalam satu post di blog. kita dapat: .. kita bisa memanfaatkan identitas trigonometri: .TERBUKTI Bukti turunan dari fungsi arcsin x. (Lihat gambar) Atau. karena prosesnya hampir sama. Dan. maka: TERBUKTI Bukti turunan dari fungsi arccotan x ..

Dengan demikian. dan sisi samping adalah x. TERBUKTI Bukti turunan dari fungsi hiperbolik: sinh x. kemudian menghitung nilai dari sin y. etc Pembuktiannya menggunakan sisi kanan dari identitas terhadap euler. Substitusikan nilai dari sin y ke persamaan sebelumnya.Turunkan kedua ruas maka hasilnya: . Gambarkan segitiga siku-siku dengan sudut y. maka . Ingat bahwa: . Misalkan sisi depan adalah 1. kita bisa menghitung panjang sisi miring. (lihat gambar). cosh x.

Bukti turunan sinh x (TERBUKTI) Bukti turunan cosh x (TERBUKTI) Bukti turunan tanh x ___________ (TERBUKTI) .