P. 1
Background Dengan Teknik Masking Pada Photoshop

Background Dengan Teknik Masking Pada Photoshop

|Views: 80|Likes:
Published by Didi Darmadi

More info:

Published by: Didi Darmadi on Jul 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2012

pdf

text

original

Background dengan Teknik Masking Pada Photoshop

Dukung smartuts.com dengan berbagi bersama teman melalui tombol retweet dan facebook share di sebelah kiri artikel ini. Masking telah menjadi teknik yang wajib dikuasai bagi anda pencinta manipulasi foto. Beragam karya dibuat menggunakan teknik ini. Masing-masing orangpun punya cara yang berbeda-beda. Melakukan teknik masking sebenarnya tidak begitu sulit, meskipun begitu, teknik masking yang bagus juga tidak bisa dibilang mudah. Misalnya saja melakukan teknik masking pada objek-objek dengan detail yang rumit seperti gelas atau rambut dengan hasil yang rapi dan halus. Dalam tutorial kali ini saya ingin berbagi cara melakukan teknik masking menggunakan Photoshop. Meskipun tidak bisa dikatakan sempurna, tutorial ini setidaknya memberikan gambaran kepada Anda tentang teknik masking yang banyak digunakan. Setelah memahami tutorial ini, diharapkan kita bisa mengembangkan teknik masking dengan menggunakan objek-objek yang lebih sulit . Agar lebih jelas, Anda juga bisa men download Video Tutorial dan File Photoshop yang saya sertakan. Tampilan sebelum dan sesudah Proses Masking

Selamat mencoba, semoga bermanfaat..

1. Buka foto atau Gambar yang ingin Anda edit. Pada tutorial ini saya menggunakan Male Stock
4 dari katanaz yang bisa anda unduh DISINI

2. Double Click layer Background, ubah nama layernya lalu Klik OK

. “Invert” .apa ya namanya ) . dan “Selection” tercontreng ( hehe. Pastikan opsi “Localized Color Cluster” . Click “Color Range” 5. Buat layer mask dengan menekan “Add Vector Mask” 4.3.

6. Click OK . Gunakan “Add to Sample”untuk menyempurnakan hasil masking anda.

7. Tekan “Alt + Mouse Click” pada layer mask untuk mengubah menjadi tampilan masking/hitam putih .

8. Gunakan “Dodge tool” dengan setting “Highlights” untuk mengisi bagian yang kurang jelas .

Tambahkan Background berwarna hitam menggunakan “Rectangle Tool”. Jangan lupa untuk menaruhnya dibawah layer image. . Hasil sementara akan terlihat seperti ini 10.9.

Belum rapi dan masih meninggalkan warna putih di bagian tepi. Bisa dilihat bahwa hasilnya belum sempurna. Hasil sementara menggunakan Background hitam 12. .11. Untuk itu kita akan mencoba merapikannya.

Sapukan bagian tepi layer mask menggunakan “Blur Tool”.13. bukan imagenya. Perlu diingat bahwa yang diblur adalah bagian tepi Layer Mask . .

14. Lakukan proses yang sama pada langkah 13 menggunakan “Burn Tool” dengan setting “Range : Shadows” 15. Hasil akhirnya akan terlihat seperti ini : .

Uji hasil akhir Masking anda dengan mengunakan warna latar/background yang berbedabeda. .16.

tapi laksana indahnya pipi pacar anda yang membuat anda ingin mencubit atau mengelusnya . . Desain sebuah Button sebaiknya mampu menghadirkan daya tarik untuk meng-klik-nya.Button atau tombol adalah salah satu element interface yang sangat penting. Bukan seperti nyamuk yang minta ditabok.

Jenis button dalam tutorial ini sangat umum dan banyak digunakan pada websitewebsite ternama. Semoga .Kali ini saya ingin berbagi tutorial membuat button yang simple namun tetap mempertimbangkan unsur estetika. Hasil akhir dari tutorial ini adalah seperti gambar dibawah ini : Selamat mencoba. semoga bermanfaat. Aktifkan Rounded Rectangel tool : tekan tombol U.. 1. Buat file baru di Photoshop : File > New atau tekan tombol Ctrl+N . setting konfigurasinya seperti gambar dibawah ini. 2. lalu set radiusnya menjadi 3 px . Tutorial ini saya buat sedetail mungkin sehingga bagi anda yang kurang familiar dengan Photoshop masih bisa mengikutinya.

setting Grids melalui : edit > preferences > Guides. Penggunaan Grid akan meminimalisir kebocoran pixel pada desain anda. Grids.3. & Slices . Buat sebuah persegi panjang seperti gambar di bawah Tutorial 4 – 9 akan menjelaskan tentang penggunaan Grid dengan tujuan agar pengerjaan desain lebih rapi dan presisi. PENTING! 4.

5.Set nilainya seperti gambar di bawah 6. .Aktifkan Grid dengan menekan Ctrl + ‘ atau dengan mengikuti gambar di bawah 7.Area kerja anda akan terlihat seperti gambar dibawah.

Zoom In Area Kerja anda dengan menekan Ctrl & + atau mouse scroll sambil menekan tombol Alt. Kebocoran Pixel dapat kita ketahui dengan adanya garis abu-abu pada tepi shape berwarna hitam..Double Clik Layer. Aktifkan Gradient Overlay lalu setting layer style seperti gambar dibawah.8.Setelah dirapikan. . garis tersebut dapat kita hilangkan dengan menggeser tepi shape sesuai dengan Grid pada area kerja menggunakan transform tool ( Ctrl + t ) 9. hasilnya akan terligat seperti gambar dibawah 10.

.

. .11.Aktifkan Gradient Stroke lalu setting layer style seperti gambar dibawah.

Aktifkan Inner Shadow lalu setting layer style seperti gambar dibawah.Buat Layer baru berupa teks ( dengan menekan tombol T pada keyboard ) lalu beri tulisan seperti yang anda inginkan . 14.Hasil Sementara akan terlihat seperti gambar dibawah.. 13..12.

Double Click pada layer. lalu setting layer style eperti gambar di bawah . aktifkan Inner Shadow.15.

16. lalu setting layer style eperti gambar di bawah .Aktifkan Drop Shadow.

Garis pertama diberi warna #500000 dan garis kedua diberi warna #EF0000 18.Aktifkan Grid ( Ctrl + ‘ ).17. Buat 2 garis vertikal berukuran 1 pixel.Hasil Sementara akan terlihat seperti gambar di bawah ini .

Buat segitiga berwarna #500000 dengan ujung runcing mengarah ke kanan 21. set sides=nya menjadi 3 20. aktifkan Inner Shadow dan set layer style-nya seperti gambar di bawah .Double Click Layer.Aktifkan Polygon Tool.19.

.

22.Aktifkan Drop Shadow dan set layer style-nya seperti gambar di bawah 23.Buat Hue/Saturation adjustment Layer pada layer paling atas dan geser slider Hue untuk mendapatkan warna lain yang anda inginkan .Aktifkan Panel Adjustment 24.

25.Dari Hasil langkah 24. anda akan mendapatkan hasil warna seperti gambar di bawah ini .

Simpan dengan konfigurasi seperti gambar di bawah ini. dan simpan button dengan Save for Web & Devices 27. Klik Save Selamat anda telah berhasil membuat sebuah button sederhana .Untuk mendapatkan hasil akhir yang optimal. nonaktifkan layer background. . anda juga dapat mendownload file hasil akhirnya berbentuk PSD dengan menekan button di bawah ini.26.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->