A.

Ciri-Ciri Negara Berkembang dan Negara Maju
1. Pengertian Negara Berkembang dan Negara Maju
Suatu negara dapat disebut negara berkembang atau negara maju didasarkan pada keberhasilan pembangunan oleh negara yang bersangkutan. Suatu negara digolongkan sebagai negara berkembang jika negara tersebut belum dapat mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan atau belum dapat menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan. Adapun suatu negara digolongkan sebagai negara maju jika negara tersebut telah mampu menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan, sehingga sebagian besar tujuan pembangunan telah dapat terwujud, baik yang bersifat fisik ataupun nonfisik. Penggolongan suatu negara menjadi negara maju atau berkembang daspat diketahui berdasarkan indikator-indikator berikut. a. Indikator kuantitatif (data yang dapat dihitung), misalnya: 1) jumlah dan kepadatan penduduk 2) tingkat pertumbuhan penduduk; 3) angka beban tanggungan; 4) angka beban tanggungan; dan 5) usia harapan hidup. b. Indikator kualitatif (data yang hanya dapat dibandingkan), misalnya; 1) etos kerja dan pola pikir; 4) tingkat kesehatan; 2) tingkat pendidikan; 5) pendapatan; dan 3) mata pencaharian; 6) kesadaran hukum.

2. Ciri-Ciri Negara Berkembang
a. Memiliki emiliki Berbagai Masalah Kependudukan Berbagai tekanan dan masalah kependudukan yang merupakan masalah kompleks di negaranegara berkembang, antara lain: 1) laju pertumbuhan dan jumlah penduduk relatif tinggi; 2) persebaran penduduk tidak merata; 3) tingginya angka beban tanggungan; 4) kualitas penduduk relatif rendah; sehingga mengakibatkan tingkat produktivitas penduduk juga rendah. 5) angka kemiskinan dan pengangguran relatif tinggi; serta 6) rendahnya pendapatan perkapita. b . Produktivitas Masyarakatnya Masih Didominasi Barang-Barang Primer

Hal inilah yang menyebabkan keterbatasan fasilitas umum yang mampu disediakan oleh pemerintah. g . e . dan sebagainya. penyuapan. negara berkembang masih bekerja sama dengan negara maju dalam mengeksploitasi sumber daya alam yang dimiliki. Masyarakatnya (termasuk pejabatnya) masih banyak yang melakukan kecurangan-kecurangan hukum tanpa rasa malu. c . nepotisme. Hasil sumber daya alam ini pada akhirnya dijadikan komoditas perdagangan (ekspor) karena belum memiliki teknologi untuk mengolahnya lebih lanjut. Kesetaraan Gender.Hal ini dikarenakan. Dalam pemanfaatannya. masih banyak dijumpai penduduk yang buta huruf. negara-negara donor tersebut pemberikan pengaruh yang bersifat mengikat dan terkesan mendikte terhadap negara-negara yang dibantunya. Oleh karena itu. Oleh karena itu. d . dan Penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia Relatif Rendah Tingkat partisipasi masyarakat dalam penegakan hukum relatif masih rendah. Tingkat Kesadaran Hukum. Ketergantungan terhadap Negara Maju Negara berkembang pada umumnya sedang giat-giatnya melakukan pembangunan. Hal tersebut dikarenakan sarana dan prasarana pendidikan baik formal maupun nonformal masih terbatas dan belum memadai sehingga belum dapat dijangkau oleh seluruh penduduk di negara tersebut. Akibatnya. f . Pada praktiknya. Bentuk-bentuk pelanggaran hukum yang terjadi. Tingkat Pendidikan Masih Rendah Tingkat pendidikan pendudukan di negara-negara berkembang secara umum masih rendah. . Penegakan dan perlindungan hak asasi manusia juga belum dapat dilaksanakan secara optimal. antara lain pemaksaan kehendak. wanita yang aktif bekerja masih dianggap sebagai hal yang kurang pantas menurut beberapa kalangan. kolusi. pada umumnya negara berkembang mengandalkan ekspor dari hasil alam mentah. pada umumnya > 70% penduduk di negara berkembang berlatar belakang kehidupan agraris yang cara pengolahannya masih dilakukan dengan alat-alat dan metodemetode sederhana. Sumber Daya Alam Belum dapat Dimanfaatkan secara Optimal Pemanfaatan kekayaan alam yang dimiliki belum mampu dioptimalkan. perusakan fasilitas umum. namun terbentur kendala modal dan teknologi. Kondisi ini pula yang menyebabkan sebagian besar penduduk negara-negara berkembang masih tinggal di pedesaan. mereka cenderung tergantung pada teknologi dan kucuran dana (baik hibah ataupun pinjaman) dari negara-negara yang lebih maju (negara donor) demi kelangsungan pembangunan yang sedang dijalankan. Keterbatasan Fasilitas Umum Kemampuan pemerintah negara berkembang dalam bidang keuangan negara pada umumnya terbatas. korupsi. Kesetaraan gender juga belum membudaya.

Misalnya pemanfaatan tenaga angin. ataupun memanfaatkan sumber daya alam yang telah ada sebagai energi alternatif. Sumber Daya Alam Dimanfaatkan secara Optimal Pemanfaatan teknologi dan kepemilikan modal membuat masyarakat di negara maju mampu memanfaatkan sumber daya alam secara optimal. atau energi matahari untuk menggantikan fungsi dari energi minyak bumi. menemukan sumber daya alam baru. Pada umumnya penduduk negara berkembang belum memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan. sedangkan angka harapan hidup rendah. dan peluang kerja dan kesempatan berusaha terbuka luas. jumlah penduduk pada umumnya tidak terlalu banyak. i . Dapat Mengatasi Masalah Kependudukan Hal ini dikarenakan angka pertumbuhan kecil. . b .h. angka beban ketergantungan kecil. Tingkat Kesehatan Taraf kehidupan penduduk negara berkembang yang masih rendah juga berdampak pada tingkat kesehatan penduduknya. Minimnya sarana dan prasarana kesehatan menyebabkan tingkat kesehatan rata-rata penduduk di negara berkembang masih rendah juga ditandai dengan angka kematian dan angka kelahiran tinggi. pendapatan perkapita tinggi. Ciri-Ciri Negara Maju a. Tingkat pendidikan serta penguasaan Iptek oleh penduduk yang rata-rata masih rendah menyebabkan penduduk tidak mampu bersaing untuk bekerja atau menciptakan pekerjaan di sektor lain. kualitas dan produktivitas penduduk tinggi. Tingkat Pendapatan Masih Rendah Mayoritas penduduk negara berkembang bekerja pada sektor pertanian yang umumnya masih dikerjakan secara tradisional. sehingga pendapatan perkapita juga rendah. air. Kondisi demikian mengakibatkan penduduk negara berkembang memiliki penghasilan atau pendapat rata-rata yang relatif rendah. 3.

atau penyandang cacat fisik yang lain diberi fasilitas khusus dan porsi atau kesempatan kerja yang sejajar dengan masyarakat normal. dan Penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia Dijunjung Tinggi Masyarakat di negara maju pada umumnya memiliki disiplin yang tinggi dalam mematuhi hukum. namun dapat menghasilkan produk olahan sumber daya alam. h. Di negaranegara . bahkan untuk golongan minoritas. Kesadaran esadaran Hukum. Jenis kelamin tidak lagi dipermasalahkan dalam penentuan jabatan. tuna netra. misalnya untuk kaum difabel (different ability) seperti orang tua. namun kemampuanlah yang diperhitungkan. Kesetaraan Gender.c . Penghormatan terhadap hak asasi manusia dijunjung tinggi. Kebutuhan minyak mentahnya tercukupi dengan cara mengimpor dari negara-negara lain yang umumnya termasuk dalam kategori negara-negara berkembang. f . Tercukupinya Penyediaan Fasilitasilitas Umum Negara maju memiliki kemampuan berupa sarana dan dana dalam memberikan pelayanan fasilitas umum yang memadai bagi warganya. namun negara tersebut mampu menghasilkan produk olahan minyak bumi dan memasarkannya ke seluruh penjuru dunia. suatu negara maju sangat minim sumber daya alam atau bahkan tidak memiliki sumber daya alam sama sekali. Tingkat Pendidikan Relatif Tinggi Tingkat pendidikan merupakan salah satu indikator penting yang menunjukkan kualitas penduduk suatu negara. Pemerintahan yang berjalan menerapkan prinsip akuntabilitas (dapat dipertanggungjawabkan) serta transparansi (terbuka) dalam berbagai tindakan dan pengambilan keputusan. d . sehingga dapat dipastikan bahwa > 70% penduduk negara maju tinggal di perkotaan. Hal ini juga didukung dengan tingginya tingkat kesadaran warga masyarakatnya dalam memelihara dan memanfaatkan ketersediaan sarana fasilitas umum yang ada. Produktivitas Masyarakat Didominasi Barang-Barang Hasil Produksi dan Jasa Kegiatan ini tidak memerlukan lingkungan agraris. Ekspor yang Dilakukan adalah Ekspor Hasil Industri dan Jasa Ada kalanya. e . hasil minyak mentah dari negara Inggris sangat minim. g . Tingkat dan Kualitas Hidup Masyarakat Tinggi Tingginya kualitas penduduk mendorong semakin tingginya produktivitas masyarakat yang bermuara pada semakin tingginya pendapatan perkapita dan pendapatan nasional. Misalnya.

Tingginya tingkat pendidikan penduduk di negara maju juga ditunjang oleh sistem pendidikan yang baik dan anggaran pendidikan yang tinggi dari pemerintah.maju secara umum penduduknya sudah memiliki kesadaran tinggi akan arti penting pendidikan dan penguasaan Iptek. Variasi pekerjaan di berbagai sektor tersebut menjadikan penduduk negara maju memiliki pendapatan rata-rata tinggi. Tingkat Kesehatan Sudah Baik Rata-rata penduduk negara maju sudah memiliki standar kehidupan yang tinggi. Tingkat kesehatan penduduk yang sudah baik. i . dapat terlihat dari angka kematian penduduk yang rendah dan angka harapan hidup penduduk yang tinggi di negara maju. Selain itu pihak pemerintah juga memberikan perhatian yang sangat baik terhadap tingkat kesehatan masyarakat melalui pembangunan berbagai sarana dan prasarana kesehatan yang memadai di berbagai daerah yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. tetapi di sektor industri. sehingga kesadaran masyarakat akan arti penting kesehatan juga sudah baik. perbedaan indikator negara maju dan negara berkembang saat ini dapat dilihat pada tabel berikut. Kondisi demikian membuat penduduk negara maju tidak lagi menggantungkan sektor pertanian sebagai penghasilan utama. Secara sederhana. . Hal tersebut terlihat dari angka partisipasi belajar penduduk negara-negara maju yang sangat tinggi. j . Penghasilan penduduk yang tinggi akan berdampak pada pendapatan perkapita yang tinggi pula. Tingkat Pendapatan Penduduk Relatif Tinggi Kemajuan tingkat pendidikan serta penguasaan Iptek oleh mayoritas penduduk menjadikan negara maju memiliki potensi SDM yang berkualitas tinggi. jasa dan perdagangan.

 Negara Maju       Austria Belgia Denmark Finlandia Bosnia Perancis      Jerman Yunani Irlandia Italia Luxemburg      Belanda Portugal Spanyol Swedia Britania Raya Negara non-UE:     Andorra Islandia Liechtenstein Monako     Norwegia San Marino Swiss Vatikan Negara bukan Eropa:      Australia Kanada Korea Selatan Hong Kong Libya       Jepang Selandia Baru Singapura Taiwan Amerika Serikat Negara Berkembang .

                            Afghanistan Albania Aljazair Angola Antigua dan Barbuda Argentina Armenia Azerbaijan Bahama Bahrain Bangladesh Barbados Belarus Belize Benin Bhutan Bolivia Botswana Brazil Bulgaria Burkina Faso Burma Burundi Kamerun Tanjung Verde Republik Afrika Tengah Chad Chili .

                              Cina Kolombia Komoro Republik Demokratik Kongo Republik Kongo Kosta Rika Côte d'Ivoire Kroasia Djibouti Dominika Republik Dominika Ekuador Mesir El Salvador Guinea Khatulistiwa Eritrea Estonia Ethiopia Fiji Gabon Gambia Georgia Ghana Grenada Guatemala Guinea Guinea-Bissau Guyana Haiti Honduras .

                              Hongaria Indonesia India Iran Irak Jamaika Yordania Kazakhstan Kenya Kiribati Kuwait Kyrgyzstan Laos Latvia Lebanon Lesotho Liberia Libya Lituania Makedonia Madagaskar Malawi Malaysia Maladewa Mali Kepulauan Marshall[17] Mauritania Mauritius Meksiko Federasi Mikronesia[17] .

                              Moldova Mongolia Montenegro Maroko Mozambik Namibia Nauru Nepal Nikaragua Niger Nigeria Oman Pakistan Palau[17] Panama Papua Nugini Paraguay Peru Filipina Polandia Qatar Rumania Rusia Rwanda Saudi Arabia Samoa São Tomé dan Príncipe Senegal Serbia Seychelles .

                              Sierra Leone Kepulauan Solomon Afrika Selatan Somalia Sri Lanka Saint Kitts dan Nevis Saint Lucia Saint Vincent dan Grenadines Sudan Suriname Swaziland Suriah Tajikistan Tanzania Thailand Timor-Leste Togo Tonga Trinidad dan Tobago Tunisia Turki Turkmenistan Tuvalu Uganda Ukraina Uni Emirat Arab Uruguay Uzbekistan Vanuatu Venezuela .

    Vietnam Yemen Zambia Zimbabwe Negara berkembang yang tidak terdaftar di IMF   Kuba Korea Utara Daftar ekonomi berkembang yang sudah menjadi ekonomi maju (Empat Macan Asia dan negara Euro Baru)           Hong Kong (sebelum 1997) Singapura (sebelum 1997) Korea Selatan (sebelum 1997) Taiwan (sebelum 1997) Siprus (sebelum 2001) Libya (sebelum 2004) Slovenia (sebelum 2007) Malta (sebelum 2008) Republik Ceko (sebelum 2009) Slowakia (sebelum 2009) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful