P. 1
12.1 psikologi pesan

12.1 psikologi pesan

|Views: 26|Likes:

More info:

Published by: Diyah Ayu Amalia Avina on Jul 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/20/2012

pdf

text

original

6/10/2012

PSIKOLOGI PESAN
D_avina@ub.ac.id

• •

orang dapat menggerakkan orang lain dgn merangsang salah satu bagian otak. HOW?

Jose Delgado

Transdermal stimoceiver

Language

teknik pengendalian perilaku  BAHASA

“The Power Of Words”

George A Miller

Bahasa = pesan dalam kata-kata dan kalimat  pesan linguistik

1

pendekatan kognitif menerangkan proses komunikasi yang kita lakukan tidak hanya sekedar penyampaian informasi namun lebih kepada penyampaian makna dan pemahaman. yang bisa berfungsi sebagai satu sarana mengurangi ketidakpastian merancang pesan yang efektif menjadi bagian yang relatif sulit dalam proses komunikasi. Efektif dalam hal ini lebih banyak berhubungan dengan bagaimana pesan bisa mempengaruhi pemikiran dan perilaku individu lain dalam berbagai situasi. Wendy Stainton Rogers(2003: 103) pesan memiliki pengaruh besar dalam mengubah aspek kognisi dan pemikiran dalam diri individu jika pesan yang disampaikan bersifat efektif. 2 . karena pesan membawa sejumlah informasi dari komunikator ke komunikan.6/10/2012 Intinya  pesan Dalam komunikasi pesan merupakan bagian yang penting. Dengan demikian definisi efektif sangat beragam dan bervariasi tergantung kondisi situasional dan personal yang melingkupinya.

bau-bauan.6/10/2012 Linguistik pesan Paralingusitik ekstralinguistik Linguistik Pesan dalam bentuk kata-kata dan kalimat Cara mengucapkan kata /kalimat (intonasi/nada bicara) Paralingusitik ekstralinguistik Penyampaian pesan dengan cara lain – misal isyarat. mimik muka. gerak tubuh. dsb Verbal pesan Non verbal linguistik Paralinguistik ekstralinguistik 3 .

yang dapat dibuat menurut peraturan tata bahasa 4 .6/10/2012 Tetapi penting untuk diingat…. Hal itu jelas menunjukkan bahwa efektivitas pesan dalam komunikasi masih berhubungan dengan komunikator dan kredibilitas komunikator tersebut. pesan biasanya tergantung pada sifat pesan tersebut serta sifat audience nya atau komunikatornya (Dovidio dan Penner. 2003 : 167). Kenyataan tersebut menjadi penjelasan paling kuat bahwa kita lebih banyak melihat siapa yang berbicara ketimbang apa yang dibicarakan. Definisi fungsional Bahasa Definisi Formal Alat yang dimiliki bersama untuk mengungkapkan gagasan Semua kalimat yang terbayangkan. dan sedikit sekali individu yang melakukan sebaliknya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->