ALIRAN DALAM KARYA SENI

1. EKSPRESIONISME Ekspresionisme adalah aliran yang mengutamakan curahan batin secara bebas. Bebas dalam menggali obyek yang timbul dari dunia batin ! Imajinasi dan perasaan. Obyek-obyek yang dilukiskan antara lain kengerian, kekerasan, kemiskinan, kesedihan dan keinginan lain dibalik tingkah laku manusia. Tokoh ekspresionisme : Vincent Van Gogh, Paul Gaugiuin, Ernast Ludwig, Karl Schmidt, Emile Nolde, JJ. Kandinsky dan Paul Klee. Di Indonesia penganut ini adalah : Affandi, Zaini dan Popo Iskandar. Contoh Lukisan bercorak Naturalisme, Contoh Lukisan bercorak Impresionisme, karya Basoeki Abdullah karya George Sevoat.

2. DADAISME Dadaisme lahir karena berkecamuknya Perang Dunia I. Sifatnya dikatakan anti seni, anti perasaan dan cenderung merefleksi kekasaran dan kekerasan. Karyanya aneh seperti misalnya mengkopy lukisan Monalisa lalu diberi kumis, tempat kencing diberi judul dan dipamerkan. Dilakukan juga metode kolase seperti misalnya kayu dan rongsokan barangbarang bekas. Tokoh-tokoh aliran ini : Juan Gross, Max Ernst, Hans Arp, Marcel Duchamp dan Picabia.

3. IMPRESIONISME Impressionisme merupakan corak seni rupa yang lahir pada tahun 1874. Aliran ini mengutamakan kesan selintas dari suatu obyek yang dilukiskan. Kesan itu didapat dari bantuan sinar matahari yang merefleksi ke mata mereka. Mereka melukiskan dengan cepat karena perputaran matahari dari timur ke barat. Karena itulah dalam lukisan impressionisme obyek yang dihasilkan agak kabur dan tidak mendetail. Tokoh aliran ini : Claude Monet, Aguste Renoir, Casmile Pissaro, SIsley, Edward Degas dan Mary Cassat. Di Indonesia penganut aliran ini : Kusnadi, Solichin dan Afandi (sebelum Ekspresionisme).

4. SUREALISME Surrealisme pada awalnya merupakan gerakan dalam sastra yang diketemukan oleh Apollinaire utuk menyebut dramaya. Pada tahun 1024 dpakai oleh Andre Bizton untuk menyebutkan corak dalam seni lukis. Dalam kreativitasya corak surrealis berusaha membebaskan diri dari control kesadaran, menghendaki kebebasan yang selanjutnya ada

FAUVISME Fuvisme merupakan nama yang dijuluki kepada sekelompok pelukis muda yang muncul pada abad ke 20. Tokoh-tokoh aliran ini : Henry Matisse. adik Twarkov. yaitu lukisan yang tidak mementingkan bentuk yang penting adalah aksi atau cara dalam melukiskannya. Dipelopori oleh Kandinsky. Tokohnya adalah : Jackson Polack. Salvador Dali darl Andre Masson. Clyfford Stll. Andre Dirrain. Abstrak Ekspresionisme Amerika abstrak ini terdapat dua kecenderungan yaitu :  Color Field Painting. Abstrak Geometris Abstrak Geometris disebut juga seni non obyektif. Frans Kliner dan. Mathiew dan Piere Souloges. Adolf Got lieb. Dalam seni abstrak terbagi dua katagori besar yaitu : a. b. Robert Montherwell dan Bornet Newman.  Pelopornya : Mark Rothko. Rauol Dufi dan Kess Van Dongen . imajinasi dan mungkin juga intuisi para seniman. Obyek itu bisa fantasi. Willem de Koning. Di Indonesia bisa disebut : Sudibio. Tokoh Surrealisme : Joan Miro. 5. Des fauves dalam bahasa Perancis artinya binatang liar. Ciri khas seni lukisannya ialah warna-warna yang liar. Setelah itu bermunculan abstrak geometris yang lain dengan nama berbeda 6.  Action Painting.kecenderungan menuju kepada realistis namun masih dalam hubungan-hubungannya yang aneh. Kemudian yang diberi nama Technisme dipelopori : Wols Aechinsky dan Asger Yorn. Sudiardjo dan Amang Rahman. G. Karena timbul dari dalam batin. Hartum Gerard Schneider. ABSTRAKISME Seni abstrak dalam seni lukis ialah seni yang berusaha mengambil obyek yang berasal dari dunia batin.  Di Perancis abstrak ekspresionesme diikuti oleh : H. Karena keliaran dari warna-warna itulah oleh kritikus Perancis Louis Vauxelles dilontarkan dengan nama Fauvisme. yaitu lukisan yang menampilkan bidang-bidang lebar dan warna yang cerah. Maurice de Vlamink.

Claes Oldenburg dan Cristo.Jan Mukarovsky. humor dan apa adanya. Bahasa dan sastra adalah salah satu cara untuk mengungkapkan sesuatu yang menjadi objek utama dalam Hermeneutika. Roman Osipocich Jakobson. apa yang mereka jumpai dijadikan obyek. nama aslinya adalah Popular Images. Kesan umum dari karya-karya Pop art menampilkan suasana sindiran. George Segal. POP ART Seni Pop atau Pop Art mula-mula berkemang di Amerika pada tahun 1956. Dengan kata lain. dan Hans Robert Jausss. Robert Delaunay. .Modern : Charles Sanders Peirce. Penulis I. Pablo Picasso. 9. kerucut. segi empat. Braque. POST MODERN Postmodernisme berarti kritik-krtik filosofis atas gambaran dunia. Albert Glazes. Salah satu gerakan tersebut berkaitan dengan dunia sastra dan linguistik. Di Indonesia yang menganut aliran ini adalah seniman-seniman yang memproklamirkan diri :Kaum Seni Rupa Baru Indonesia”. bola. Menurutnya. Disini sei bukanlah peniruan alam melainkan penempatan bentuk-bentuk geometris dari seniman kepada alam. Fernand Leger. epistemologi dan ideologi-ideologi modern. Bahkan bisa saja mereka mengambil sepasang sandal disandarkan diatas rongsokan meja kemudian diatur sedemikian rupa dan akhirnya dipamerkan. Hermeneutika menurut Gadamer adalah sebuah refleksi kritis atas cara-cara kita memahami dunia dan atas bentuk-bentuk pemahaman itu. Tokohtokohnya antara lain : Tom Wasselman. kubus dan kotak-kotak. Seni ini muncul karena kejenuhan dengan seni tanpa obyek dan mengingatkan kita akan keadaaan sekeliling yang telah lama kita lupakan. Tokoh-tokoh Post. Bambang Sugiharto membagi gerakan postmodern yang ingin merevisi paradigma modern. 8.7. karikaturis. Metzinger. bahasa adalah cara yang khas dari manusia di dunia ini. Yoseph Benys. KUBISME Kubisme lahir pada saat pameran retpektif Cezanne yakni pada tahun 1907. Tokoh Kubisme : Gezanne. Dalam mengambil obyek tidak memilih-milih. Corak ini menggambarkan alam menjadi bentuk-bentuk geometris seperti segitiga. istilah postmodernisme di bidang filsafat menunjuk pada segala bentuk refleksi kritik atas paradigma-paradigma modern dan metafisika pada umumnya. lingkaran. Francis Picabia dan Juan Gris. silinder.

12. NATURALISME Naturalisme merupakan corak atau aliran dalam seni rupa yang berusaha melukiskan sesuatu obyek sesuai dengan alam (nature). Tokoh-tokoh Naturalisme : Rembrant. Gambir Anom dan Trubus. Fransisco de Goya dan Honore Daumier. . Aliran ini melukiskan cerita-cerita romantis tentang tragedy yang dahsyat. Williamn Hogart dan Frans Hall di Indonesia yang menganut corak ini : Raden Saleh. wanita yang lebih Tokoh-tokoh romantisme ialah : Raden Saleh. keseimbangan. kejadian dramatis yang biasa ditampilkan dalam cerita romah. Penggambaran obyeknya lebih sedikit dari kenyataan. ROMANTISME Romantisme merupakan corak dalam seni rupa yang berusaha menampilkan hal-hal yang fantastic. pria yang lebih gagah. ini artinya proporsi. artinya yang ditekankan bukanlah obyek tetapi suasana dari kenyataan tersebut. indah dan absurd. warna yang lebih meriah. irrasional. Tokoh-tokoh realisme ialah : Gustove Corbert. gerakan yang lebih lincah. REALISME Realisme adalah corak seni rupa yang menggambarkan kenyataan yang benar-benar ada. pewarnaan dan lainnya diusahakan setepat mungkin sesuai mata kita melihat. Obyek yang digambarkan diungkapkan seperti mata melihat. 11. Abdullah Sudrio Subroto.10. perspektf. Basuki Abdullah. Untuk memberikan kesan mirip diusahakan bentuk yang persis.

penari. uang Tabungan Hari Tua atau Jaminan Hari Tua (JHT). komisi. . dan upah borongan.   Kolportir ikan. Penghasilan yang diterima atau diperoleh secara teratur oleh wajib pajak berupa gaji. konsultan. Upah harian. arsitek. Pemberi jasa dalam bidang teknik. jasa dan kegiatan yang dilakukan oleh Wajib Pajak dalam negeri yang terdiri dari:  Tenaga ahli yang terdiri dari pengacara. Pengarang. dan pembayaran lain sebagai imbalan sehubungan dengan pekerjaan. pemain drama. tunjangan kemahalan. komisi. akuntan. tunjangan hari raya termasuk tunjangan tahun baru. uang pensiun bulanan. pengelola proyek. pemahat. tantiem. dokter. Honorarium. 2. uang pesangon. beasiswa. dan tenaga lepas lainnya dalam segala bidang kegiatan. gratifikasi. pelatih. uang lembur. penyanyi. computer dan system aplikasinya. sutradara. bonus. tunjangan transport. 5. upah satuan. Penghasilan yang diterima atau yang diperoleh secara tidak teratur berupa jasa produksi. Pengawas. telekomunikasi. notaries. premi bulanan. premi asuransi yang dibayar pemberi kerja dan penghasilan teratur lainnya dengan nama apapun. 3. gaji istimewa. foto model. peneliti. upah. Penasehat. dan moderator. crew film. tunjangan berupa pajak. peserta sidang atau rapat. pelawak. upah mingguan. premi tahunan dan penghasilan sejenisnya lainya yang sifatnya tidak tetap. yang dimaksud Objek Pajak Penghasilan pasal 21 adalah penghasilan yang dipotong oleh pemotong pajak untuk dikenakan Pajak Penghasilan Pasal 21. tunjangan khusus. tunjangan iuran pensiun. penilai dan aktuaris. hadiah atau penghargaan dengan nama dan dalam bentuk apapun. anggota dan pemberi jasa kepada suatu kepanitiaan. dan pembayaran lain yang sejenis. 4. penceramah. Yang termasuk objek pajak PPh Pasal 21 adalah : 1. pelukis dan seniman lainnya. honorarium. tunjangan jabatan. uang saku. uang ganti rugi. tunjangan cuti. termasuk honorarium anggota dewan komisaris atau anggota dewan pengawas dari perusahaan. pengajar. tunjangan pendidikan anak. pembawa acara.  Pemain musik. penterjemah. fotografi dan pemasaran. bintang film.OBJEK PAJAK PPh PASAL 21 Menurut Keputusan Dirjen Pajak No Kep-545/PJ/2000 tanggal 29 Desember 2000. uang sokongan. tunjangan istri dan/atau tunjangan anak. beasiswa. Uang tebusan pensiun. elektronika.     Olahragawan.

dan (9) Walikota dan Wakil Walikota. Wakil Ketua.  Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah PNS-Pusat. PNS-Daerah. PNS serta uang pensiun dan tunjangan-tunjangan lain yang sifatnya terkait dengan uang pensiun yang diterima oleh pensiunan termasuk janda atau duda dan atau anak-anaknya.      Pembawa pesanan atau yang menemukan langganan. distributor perusahaan multilevel marketing atau direct selling dan kegiatan sejenis lainnya  6. Petugas dinas luar asuransi. Menteri Negara. Peserta perlombaan.  Pegawai adalah setiap orang pribadi.  Pegawai tetap yaitu orang pribadi yang bekerja pada pemberi kerja yang menerima atau memperoleh gaji dalam jumlah tertentu secara berkala. dan Anggota DPR/MPR. gaji kehormatan. (2) Ketua. dan Menteri Muda. yang melakukan pekerjaan berdasarkan suatu perjanjian atau kesepakatan kerja baik tertulis maupun tidak tertulis. SUBJEK PAJAK PPh PASAL 21 Penerimaan penghasilan atau subjek pajak yang dipotong Pajak Penghasilan pasal 21 menurut Keputusan Dirjen Pajak Nomor KEP-545/PJ/2000 adalah:  Pejabat Negara yang meliputi: (1) Presiden dan Wakil Presiden. (3) Ketua dan Wakil Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan. Gaji. (8) Bupati dan Wakil Bupati Daerah Kabupaten. pelatihan dan pemagangan. . DPRD Propinsi. (4) Ketua dan Wakil Ketua. termasuk yang melakukan pekerjaan dalam jabatan negeri atau badan usaha milik negara dan badan usaha milik daerah. tunjangan-tunjangan lain yang terkait gaji yang diterima oleh pejabat Negara. Peserta pendidikan. (5) Menteri.  Penerimaan dalam bentuk natural dan kenikmatan lainnya dengan nama apapun yang diberikan oleh bukan Wajib Pajak atau Wajib Pajak yang dikenakan Pajak Penghasilan yang bersifat final dan yang dikenakan Pajak Penghasilan berdasarkan Norma Penghitungan Khusus (deemed profit). Petugas penjaja barang dagangan. (7) Gubernur dan Wakil Gubernur Kepala Daerah Propinsi. (6) Jaksa Agung. termasuk anggota dewan komisaris dan anggota pengawas yang secara teratur ikut serta melaksanakan kegiatan perusahaan. dan PNS lainnya yang ditetapkan dengan dengan Peraturan Pemerintah sebagaimana diatur dalam undangundang Nomor 8 Tahun 1974. dan Hakim Mahkamah Agung. Ketua Muda. dan DPRD Kabupaten/Kota.

upah mingguan. dan kegiatan dari Pemotong Pajak. atau kegiatan yang dilakukannya. atau upah satuan. upah borongan.  Penerima Upah yaitu orang pribadi yang menerima upah harian. Pegawai lepas adalah orang pribadi yang bekerja pada pemberi kerja dan hanya menerima upah apabila orang pribadi yang bersangkutan bekerja. jabatan. . termasuk orang pribadi atau ahli warisnya yang menerima Tabungan Hari Tua atau Jaminan Hari Tua.  Penerimaan pensiun yaitu orang pribadi atau ahli warisnya yang menerima atau memperoleh imbalan untuk pekerjaan yang dilakukan dimasa lalu. Serta orang pribadi lainnya yang menerima atau memperoleh penghasilan sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan. jasa. dan kegiatan dari Pemotongan Pajak.  Orang pribadi lainnya yang menerima atau memperoleh penghasilan sehubungan dengan pekerjaan.  Penerima honorarium yaitu orang pribadi yang menerima atau memperoleh imbalan hubungan dengan jasa. jasa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful