Yuk Menghemat Energi!

Kita menggunakan energi setiap hari di rumah, di sekolah, di kantor, bahkan saat kita bermain. Energi membuat badan kita dapat bergerak, mobil berjalan, pesawat terbang, perahu berlayar, dan mesin menyala. Energi adalah kekuatan yang membuat segalanya bekerja/ bergerak. Terdapat beberapa macam sumber energi, antara lain: Matahari. Untuk penerangan agar dapat membaca atau melakukan hal-hal lain di siang hari tanpa lampu. Memberi panas untuk membantu mengeringkan pakaian dan lain-lain tanpa mesin. Angin. Angin adalah udara yang bergerak. Pergerakan ini dapat menjadi sumber energi untuk membantu seperti 1) mengeringkan pakaian, 2) menggerakan perahu layar.

Air. Air dapat digunakan untuk 1) minum, 2) membersihkan berbagai hal, dan 3) menjadi penggerak turbin penghasil listrik.

Minyak bumi, dapat digunakan untuk bensin kendaraan bermotor.

Listrik. Listrik merupakan energi yang paling banyak digunakan. Listrik dapat bersumber dari air, energi matahari, minyak bumi, dan batu bara yang diolah. Listrik digunakan untuk menyalakan berbagai alat elektronik.

Energi cahaya/ penerangan Energi panas Keringkan pakaian Menyalakan berbagai alat elektronik Menggerakk an perahu layar Minum Membersihk an Penggerak turbin penghasil listrik Bensin .

Buka jendela untuk memperoleh cahaya. kurangi penggunaan benda-benda elektronik untuk berbagai hal yang tidak benar-benar memerlukan listrik. tidak menggunakan mesin pengering. tidak ada bensin untuk mengendarai mobil. ○ Jangan terlalu sering buka-tutup pintu kulkas. ○ Jika kamu memasang pendingin ruangan. ○ Secara umum. ○ Keringkan pakaian dengan menjemur di bawah sinar matahari dan gunakan energi angin. Karena itu. 2. Hemat Air Jangan biarkan air menetes dari kran di bagian rumah manapun. sebisa mungkin gunakan pencahayaan matahari. Satu tetesan air per detik akan menjadi 17 botol air mineral besar (@1. matikan komputer/televisi. Menyalakan dan mematikan komputer/televisi berulang kali akan menggunakan listrik yang lebih banyak. Jangan bermain-main dengan air saat mandi. dan banyak lagi. tidak ada listrik untuk menghidupkan berbagai peralatan elektronik. . ○ Di siang hari. ○Jika kamu menggunakan komputer/televisi lalu berencana melakukan kegiatan lain selama lebih dari 30 menit. baru pindah ke kegiatan lain. jangan biarkan pintu atau jendela terbuka.5 liter) dalam sehari. Ambil beberapa barang sekaligus. yuk kita menghemat energi! Hemat Listrik ○Matikan peralatan elektronik yang sedang tidak digunakan: lampu. sebisa mungkin selesaikan kegiatan atau tugas yang membutuhkan komputer terlebih dahulu. ○ Pastikan pintu kulkas tertutup rapat. komputer. Oleh karena itu. video games.>> Cara Hemat Energi Bayangkan apa yang akan terjadi jika tidak ada cukup energi: tidak bisa menyalakan lampu.

Matikan kran saat sedang menyabuni tangan.org/energy/ssavelc.doe. http://www.ca/pub/eco_info/topics/water/.Matikan kran saat sedang sikat gigi..eia.gov/kids Just for kids: Energy education is fun! http://entergy.water/water_tips.pdf . Nyalakan keran hanya ketika mambasahi tangan dan membilas. Mandi dengan menggunakan gayung biasanya menggunakan lebih sedikit air dibandingkan mandi dengan pancuran atau berendam.linux-host.htm Water quality tips around the house. Gunakan secukupnya.ecokids. Bila pandi dengan pancuran. Referensi Energy kids. jangan membuka kran air terlalu besar. http://www.net/kids 65 ways to save electricity. Nyalakan keran hanya ketika membasahi sikat gigi dan membersihkan mulut. www. matikan kran saat sedang menyabuni badan atau keramas.apogee.. Ketika sedang wudhu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful