P. 1
PUSKESMAS PEMBANTU

PUSKESMAS PEMBANTU

|Views: 354|Likes:
Published by darugutnii

More info:

Published by: darugutnii on Jul 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/09/2015

pdf

text

original

. puskesmas pembantu yaitu Unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil.

 untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional yakni meningkatkan kesadaran . . kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi orang yang bertempat tinggal diwilayah kerja puskesmas agar terwujud derajat kesehatan.

Fungsi puskesmas pembantu itu sendiri meliputi :  Fungsi Pokok Pusat pengerak pembangunan berwawasan kesehatan Pusat pemberdayaan.  Pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama  .  masyarakat dan keluarga dalam pembangunan kesehatan.

. Puskesmas Pembantu (PusTu) adalah program pelayanan kesehatan terpadu keluar gedung puskesmas yang menjangkau daerah terpencil. tempat tinggal masyarakat yang sulit mendapatkan akses pelayanan kesehatan terdekat.

. Manajemen Puskesmas adalah suatu rangkaian yang sistematik dan terpadu yang meliputi unsure-unsur perencanaan (P1). penggerakkan pelaksanaan (P2). Pengawasan Pengendalian dan Penilaian (P3) dalam rangka meningkatkan fungsi pelayanan Puskesmas.

 Pelayanan  Pengabdian  Promotif  Preventif  Kuratif  Administrasi  Evaluasi  Koordinasi .

Jadi jaraknya diperkirakan selama kurang lebih satu jam.Cipatujah dan Kec.Bantar kalong yang notabene jarak tempuh dari puskesmas ke Kec. Daerah puskesmas pembantu Darawati berada di jalur Tasik – Cipatujah.Cipatujah itu sendiri terlalu jauh yakni lebih kurang 15 km. . tepatnya berada di antara Kec.”.

. Alasan masyarakat memilih pelayanan kesehatan karna masyarakat memelukan pelayanan kesehatan yang optimal dan dapat dijangkau oleh masyarakat yang terpencil agar cepat pelayananya. Sedangkan tidak memilih pelayanan kesehatan ke puskesmas karena masih banyak yang percaya kepada pengobatan tradisional atau dukun/tabib.

Cipatujah hanya dapat dijangkau dengan menggunakan ojek yang dilanjutkan dengan angkutan umum. Cipatujah mudah dan pemanfaaatannya dapat dirasakan terutama oleh ibu-ibu rumah tangga yang mengikuti KB. .  Akses dan Pemanfaatan Rumah Tangga ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan didaerah Kec. Ketersediaan Angkutan Umum menuju Puskesmas Pembantu didaerah Kec.

 Adanya dokter jaga  Adanya bidan  Tersedianya obat generic  Adanya perawat  Program jaminan kesehatan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->