Power SUpply Gejala: 1. 2. 3. 4. Komputer tidak merespon pada saat tombol power dinyalakan.

LED pada CPU tidak menyala. Kipas Fan pada powersupply (lihat pada bagian belakang) tidak berputar. Monitor tidak menyala.

Diagnosa: Pastikan agar kabel power supply terhubung dengan baik ke socket motherboard dan tombol On/Off dalam keadaan On (tidak semua model Power supply ada tombol on/off). Jika semua dalam keadaan normal cobalah untuk mengganti kabel power yang terhubung langsung dengan listrik dengan kabel power komputer lain yang masih baik. Jika tetap tidak menyala maka anda dapat mengganti power supply baru. Tambahan: Jika kerusakan hanya terjadi pada power supply, maka komputer anda akan kembali menyala seperti sedia kala terkecuali terdapat kerusakan pada komponen lainnya seperti pada Motherboard, VGA card atau Memory RAM.

Mother board Gejala: 1. 2. 3. 4. Tidak ada gambar pada monitor ketika dinyalakan. (lampu LED berkedip) Lampu LED pada CPU menyala. Kipas Power Suppy dan processor tetap berputar. Tidak terdengar suara beep pada saat dinyalakan.

Diagnosa: Lepaskan semua kabel yang terhubung dengan listrik seperti kabel power supply dan monitor. Kemudian bukalah casing CPU anda dan lepaskan kabel yang menghubungkan power supply dengan motherboard (core cable) bawa ketempat terang dan perhatikan pada bagian Chip (IC), transistor, Elko, Bios CMOS dsb apakah terdapat tanda seperti kehitaman atau bercak keputihan? Umumnya kerusakan pada motherboard adalah terjadinya aus atau juga terbakarnya komponenkomponen kecil yang disebutkan diatas. Harddisk Gejala:

periksa kabel power harddisk dan kabel data yang terhubung dengan hard disk secara langsung. Pada saat booting terdapat pesan “disk error. Untuk mendiagnosa kerusakan bad sector secara physical. (gejala awal) 2. Terdapat banyak sebab terjadinya bad sector seperti voltase yang tidak stabil yang menyebabkan putusnya aliran listrik secara tiba-tiba atau sesaat yang secara kebetulan terjadi pada saat komputer sedang membaca data/harddisk.Terdapat 2 jenis bad sector yaitu physical dan software. HDD Bad Sector Repair dsb. disk failure” setelah itu terdapat pesan “Press F1 to Continue“. Cobalah melakukan repair dengan menggunakan CD/DVD Windows anda atau menginstal ulang OS anda. VGA Gejala: 1. Bila tetap tidak menyala cobalah bawa harddisk anda ke ahli recovery data untuk menyelamatkan data anda sebelum membeli harddisk baru. Cobalah utuk mencabut dan mengencangkan kembali kabel tersebut dan ganti dengan kabel lain yang masih berfungsi baik. 2. Bila menekan F1 berikutnya akan muncul pesan “Operating system not found” Diagnosa: 1. lalu lepas kabel yang menghubungkan monitor dengan VGA anda.1. PC menyala tapi monitor tidak ada gambar (lampu LED berkedip) Diagnosa: Cobalah untuk menyalakan PC anda. Umumnya kerusakan pada VGA dapat dikenali apabila monitor tidak menyala pada saat kabel terhubung dan akan menyala dengan tulisan “No Signal” pada saat kabel dilepaskan dari VGA. Sering muncul pesan error pada saat mengkopi file seperti bad sector dsb. Biasanya terjadi file corrupt. BIOS . Gambar menunjukkan bayangan / warna warni yang mengganggu pemandangan (gejala awal) 2. Anda dapat mencoba untuk mendiagnosa dengan menggunakan software terlebih dahulu seperti Bad Sector Remover. Gejala 2: Pada saat dinyalakan muncul pesan “Operating system not found” Solusi: Ada kemungkinan terjadi kerusakan pada operating system yang ada pakai.

Diagnosa: 1. Dapat membaca CD/DVD tapi tidak dapat mengkopi atau mengakses isi CD/DVD. Cara Mengenali Problem Pada Baterai CMOS Gejala: Muncul pesan CMOS Checksum Vailure / battery Low Waktu / Jam pada Windows sering error atau kembali ke default setiap kali komputer dinyalakan. maka terjadi kerusakan / aus pada roda karet yang menggerakkan tutup cover. Bila tutup cover CD/DVD ROM mulai sulit terbuka. Anda dapat menggunakan benda runcing seperti peniti untuk menusuk lubang kecil pada kanan bawah tutup cover untuk membukanya. Solusi: Anda dapat mengganti baterai CMOS / BIOS pada motherboard untuk mengatasi masalah ini. . 4. Periksa pada BIOS. Copy File selalu gagal ditengah (umumnya disebabkan oleh optik CD/DVD/Floppy yang melemah) 2. Tutup Cover CD/DVD ROM sulit terbuka. Biasannya komputer akan lama merespon bila file didalamnya diklik. Solusi: Periksa kekencangan kabel yang terhubung pada hardware CD/DVD. Burning CD/DVD memakan waktu yang lebih lama atau gagal ditengah jalan (gejala awal) 3. apakah hardware CD/DVD ROM terbaca disana.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful