P e n g u s a h a M u s^l^i C D..

tVo m m cS il

KonsultasiSyariah
.com

k KhotbahJumat.com

Yufid Network:

ApIikasi Yufid:

com Cetakan I .kajian.bahasa indonesia dan inggris) www.Yufid.com (belajar tata cara sholat dari A-Z) EBOOK GRATIS DILARANG DIPERJUALBELIKAN! .yufid.yufid.net (perpustakaan islam online .khotbahjumat.pengusahamuslim.mufiidah.com (berbisnis sesuai syariah) www.carasholat.yufid.tv (download video tutorial dan ceramah agama islam) www.Rabiul Awwal 1433 / Januari 2012 Website www.mufiidah.com (konsultasi agama islam online) www.kisahmuslim.com (kumpulan khutbah jumat terbaik) www.com (cerita kisah islam penggugah jiwa) www.Judul Buku Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .bahasa arab) www.Volume 1 Penerbit Dipublikasikan dalam bentuk ebook oleh www.com Disalin dari website www.org (official website) www.com (islamic search engine) www.com (perpustakaan islam online .khotbahjumat.konsultasisyariah.net (download mp3 ceramah agama islam terlengkap) www.

untuk selalu meningkatkan ketakwaan kita.UJLL_^ -J-Jij Si jj^______c S/j iUW J_JL1 J_Jjl jjjji___II L_^! L_i . 1)19 CJAJ L**! Ma'asyiralmuslimin rahimani wa rahimakumullah.J! LJ .khotbahjumat. Inilah makna ketakwaan yang sebenarnya sebagaimana dikatakan oleh Tholq bin Habib. 5|Disalin dari www.____^ j______Jj C-J-Jj 4_lip UJI J_l^ J-ft (_£ JJU ^li-j c4_UI il^lCS" tlo JjL-I ^IJ. Maksudnya. Begitu juga sebaliknya. kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. £ 4_JJl J_Ajj i? / iL_CJj LK^J" j-J\JjJi -*-^J p-SsC^Ci^! -*-^J ^j. kita meninggalkan larangan berdasarkan dalil dari Alquran maupun sunah disertai rasa takut terhadap adzab-Nya.L i? J^SJ *->4-JIP (1)1—3 4_JJI Ui ^-^-j V j 4—! *s s / s & 'i / * / L)JJ$. Sebagaimana yang selalu dinasihatkan dan selalu diingatkan oleh para khotib. Kami pun mengingatkan diri kami sendiri dan jamaah seluruhnya.com . kita melaksanakan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan benar-benar mengetahui bahwasanya perintah tersebut kita laksanakan karena ada dalil.______________^ j .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .Volume 1 Urgensi Tauhid . 1____!jj_________9 ji_____9 J_______^JJ_________^jj ^_____^ ¿1. yang betul-betul didasari ilmu danta takut kepada-Nya.L_:*O L^JLJI ^ ^ O j. agar selalu meningkatkan dan memperkokoh ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan sebenar-benar takwa. 4jj___________0 J______________jp I J___________U' J». . baik dari Alquran dan sunah. I JJJ-^ S/JJ J-*JI JijT jjj-Jl L.

Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. Dan tidaklah tegak hari kiamat melainkan pada hari Jumat.khotbahjumat. diriwayatkan oleh Imam Muslim. sebaliknya kalau dasarnya bengkok dan rapuh maka jangan berharap sesuatu yang di atasnya akan kokoh. dimasukkan ke surga.Volume 1 "Takwa adalah engkau melaksanakan ketaatan kepada Allah berdasarkan tuntunan (wahyu) dari Allah dan meninggalkan kemaksiatan berdasarkan tuntunan (wahyu) dari Allah karena takut siksa-Nya." Kemudian yang kedua.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . dan dikeluarkan dari surga. 6|Disalin dari www. Pada khotbah kali ini. Tapi sebelumnya. Akan tetapi." Ma'asyiralmuslimin rahimani warahimakumullah.com . "Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali. dengan harapan dapat menambah kekuatan keimanan dan keyakinan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Tauhid ibarat sebuah pondasi yang di atasnya berdiri sebuah bangunan. Kalau dasar sebuah bangunan itu lurus dan kuat. Allah Subhanahu wa Ta'ala memuliakan hari ini dibandingkan hari-hari lainnya. Pada hari Jumat inilah kita disunahkan memperbanyak shalawat kepada Nabi shallallahu „alaihi wa sallam. maka Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali. "Hari paling baik yang matahari terbit padanya adalah hari Jumat. kami ingatkan kepada seluruh jamaah bahwasanya pada hari Jumat ini. maka sesuatu yang ada di atasnya pun akan lurus dan kuat. Pada hari itulah Adam diciptakan. kami akan menjelaskan masalah pentingnya tauhid." Beliau Shallallahu „alaihi wa sallam juga bersabda. perlu kita ketahui bahwa tauhid merupakan asas atau pilar Agama Islam yang hanif (lurus) ini.

com . Maka sadarlah dan ingatlah wahai kaum muslimin keapda hakikat keberadaan diri kita di muka bumi ini. bahwasanya para ulama telah menulis beberapa kitab tentang masalah tauhid ini. Mereka mengajak manusia untuk mentauhidkan Allah Subhanahu wa Ta'ala dan menjauhkan diri dari beribadah kepada selain-Nya. ayat ini berisikan bantahan terhadap orang-orang yang menyangka bahwasanya diciptakan alam semesta ini untuk Nabi Muhammad shallallahu „alaihi wa sallam. "Tidaklah aku ciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk beribadah kepada-Ku.Volume 1 Demikian pula halnya dengan amalan. Di antaranya ada sebuah kitab yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu dengan judul Minhaj Al-Firqatun Najiyyah wat Tha'ifah al-Mashurah. kalau sebuah amalan benar-benar didasari dengan aqidah dan niat yang tulus karena Allah Subhanahu wa Ta'ala dan dengan mengikuti Sunnah Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam pasti amal itu akan diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dalam risalah ini beliau menyebutkan: 1. "Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul kepada tiap-tiap umat (untuk menyerukan). Ketahuilah. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam surat Adz-Dzariyat: 56. sebagaimana pemahaman ini diyakini dan diusung oleh sebagian kaum muslimin pada zaman kita sekarang ini. jangan bermimpi dan jangan berharap amalan itu akan diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.hanya untuk satu tujuan yang agung. Kemudian Allah Subhanahu wa Ta'ala mengutus para rasul-Nya ke muka bumi ini dengan satu tujuan yang sama. dan jauhilah thoghut itu. yaitu beribadah kepada-Nya. An-Nahl: 36) Ma'asyiral muslimin rahimani wa rahimakumullah 7|Disalin dari www. Dan kalau sebaliknya. Ma'asyiral muslimin.. Allah Subhanahu wa Ta'ala menciptakan alam semesta dan seisinya ini dengan hikmah agar beribadah kepadaNya dan Allah mengutus para rasul untuk mengajak manusia mentauhidkan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Allah Subhanahu wa Ta'ala meciptakan dunia ini beserta isinya -termasuk kita. yaitu mengajak kepada Allah. Allah berfirman.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik ."" (QS.khotbahjumat. „Sembahlah Allah (saja)." Ketahuilah jamaah sekalian.

16. mereka semua membawa dakwah yang satu." Demikian pula kita dapat menjumpai di dalam Alquran. Mulai dari rasul yang pertama yaitu Nuh Shallallahu „alaihi wa sallam hingga nabi kita Muhammad Shallallahu „alaihi wa sallam. kita beribadah kepada Allah itu bukan semau kita. Allah berfirman dalam surat Al-Jin: 20. "Apabila kamu meminta maka mintalah kepada Allah dan apabila kamu minta pertolongan maka mintalah pertolongan hanya kepada Allah. sampai ajal menjemput kita. apabila kita membuka dan membacanya.Volume 1 Ketahuilah jamaah sekalian. ibadah itu bersifat tauqifi (terima jadi. Ini menunjukkan kepada kita betapa penting dan agungnya dakwah tauhid ini. ialah bahwasanya para rasul seluruhnya memulai dakwahnya dengan tauhid. Dlam hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzi. 15.i^t Vj jj J>s! Ui jl Katakanlah: "Sesungguhnya aku hanya menyembah Robbku dan aku tidak mempersekutukan sesuatu pun dengan-Nya. kita akan menjumpai tentang bagaimana beliau mendidik dan menarbiyah umat dengan tauhid ini.khotbahjumat. yaitu mengajak umat manusia mentauhidkan Allah Subhanahu wa Ta'ala. 8|Disalin dari www. di sana kita akan menemukan Allah Subhanahu wa Ta'ala mengisahkan perjuangan mereka dalam mengajak umatnya kepada tauhid dan semua nabi memiliki satu ucapan yang sama. Termasuk hal yang menunjukkan pentingnya tauhid. kisah perjuangan para nabi dan rasul dalam menyampaikan dakwah tauhid ini." Ma'asyiral mu'minin rahimani wa rahimakumullah.com . Kemudian yang ketiga yang menunjukkan pentingnya tauhid: Bahwasanya Rasul shallallahu „alaihi wa sallam mengajarkan kepada para sahabat supaya mereka memulai dakwah mereka dengan tauhid.dengan sabda beliau. Sedangkan dalam sejarah kehidupan dan hadis Nabi Shallallahu „alaihi wa sallam. Oleh karena itu. I 1J 5. tetapi kita butuh dalil dan contoh dari Kitabullah dan Sunah Rasulullah Shallallahu „alaihi wa sallam. kita harus mengutamakan dakwah tauhid ini dan memperjuangkan. apa adanya).I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . di dalam surat Al-A'raf. dikisahkan beliau mengajarkan kepada Ibnu Abbas -anak paman beliau. Artinya. Misalnya.

kitab-kitab mereka.Volume 1 Tidakkah kita merenungi sabda Rasul shallallahu „alaihi wa sallam tatkala beliau mengatakan kepada sahabat Mu'adz bin Jabal radhiallahu'anhu ketika diutus ke negeri Yaman. Sejarah kenabian dan kerasulan telah membuktikan bahwa Nabi shallallahu „alaihi wa sallam beserta kaum muslimin pada waktu itu mendapatkan kemenangan dan kejayaan dengan dakwah tauhid ini.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .JlJ-I 5J c5J jiij-^ Ma'asyiral muslimin rahmani wa rahimakumullah. Mudah-mudahan dapat bermanfaat." Inilah yang dapat kami sampaikan pada khotbah yang pertama.sampai mereka mentauhidkan Allah. ¿1 j JU-ji o! ji ijjuj ¿1 Si 5Ji S/ o! OSL^ di -jjj>i. jangan berharap kita akan mendapat kejayaan dan kemenangan. beliau shallallahu „alaihi wa sallam berpesan. Tanpa tauhid. para ulama kita telah memenuhi tulisan-tulisan mereka..com . 9|Disalin dari www.khotbahjumat. Ketahuilah. dan ceramah-ceramah mereka dengan tauhid ini. dan hanya dengan dakwah tauhid ini pula kejayaan dan kemenangan kaum muslimin akan dpat terwujud. Sebaliknya..L** j/! jfeiJ "Maka hendaklah yang pertama kali kamu serukan kepada mereka adalah persaksian bahwasanya tidak ada Ilah (sesembahan yang haq) kecuali Allah. j V j <J>-VI <j." Dan dalam riwayat lain: ". tanpa dakwah tauhid ini kita tidak akan dapatkan semua itu. Mereka melakukannya tidak lain dan tidak bukan lantaran mereka mengetahui hanya dengan dakwah tauhid inilah kaum muslimin akan dapat disatukan. KHUTBAH KEDUA -t J1 ^ S f iS i J| i ^ J| ss ^3j-iojJl C4_IJi-ojj 0Jip I ji*! ulJj UJIJJ U! J-g-^ij c J.

dan daulah kaum muslimin. Amin.4 10 | D i s a l i n d a r i w w w .! LJ 5&&*j 5JJI Ui :tJJ>l£)I -J^ J jlll ijliLl «lilUUl * *i Jl*. kami wasiatkan kepada para da'i pengibar bendera tauhid agar selalu istiqomah dalam dakwah dan mintalah kesabaran kepada Allah. Mereka tidak akan mendapat apa yang mereka inginkan.VIAJ.J! 4 JT Jpj JlAljji Jp oijlJ Ui" Jii JJT Jpj jii JP jijlJ *4l)l . Oleh karena itu. DJjb -J**! Ui" J!JT ^j^Jj >J^I ^SL^I J* -¿1 p-^j. &l j^S AJjJ JIP ¿1 Si 5Ji S "Barangsiapa yang akhir ucapannya La Ilaha illallah tatkala meninggalnya. k h o t b a h j u m a t .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . kendati mereka diberikan umur ribuan tahun dan mengerahkan segala macam usaha untuk menegakkan dan mengharapkan kemenangan. kejayaan. Karena Alquran telah membuktikan bahwasanya sejarah manusia. pasti ia masuk surga. mereka akan binasa. Kita memohon kepada Allah agar menetapkan hati kita dalam mentauhidkan-Nya sampai ajal menjemput kita. c o m .J. sejarah kaum-kaum yang meninggalkan tauhid ini dan memusuhinya. karena Nabi Shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. tidaklah mereka akan berhasil mewujudkan semua itu selama mereka meninggalkan dan memusuhi dakwah yang barakah ini.J-lj^lJii JJT Jpj JIAJJi U -IP cJli Ui" ji* JJT u-ipj ji* U -IP ji dJlii J A!.Volume 1 Maka bagi sebagian kaum muslimin yang meninggalkan dakwah ini dan menempuh dakwah selain dakwah tauhid. Ma'asyiral muslimin rahimani warahimakumullah. Inilah suatu bukti yang nyata dari Alquran tentang orang-orang yang berpaling dari dakwah tauhid. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kami pribadi dan bagi para jamaah seluruhnya.Jitj jljsj S! JP Ujl^i jjjJLJl 1. serta menjadikan kalimat tauhid sebagai akhir dari ucapan kita. mereka dihancurkan dan dibinasakan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala." j^T UlSj* Demikian yang dapat kami sampaikan. Bahkan sebaliknya.

I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .com 11 | D i s a l i n d a r i w w w . c o m .Volume 1 Sumber: Majalah Al-Furqon. Edisi 4 Tahun 6.KhotbahJumat. Dzulqo'dah 1427 H dengan penyuntingan seperlunya oleh redaksi www.khotbahjumat. k h o t b a h j u m a t .com Artikel www.

j5j cJpJ. Jika tegak-nya bangunan mesti ditopang dengan pondasi yang kokoh. pondasi ini harus baik dan kokoh karena ia penopang bagi apa yang diletakkan di atasnya.jlJi j5j cL. maka tegaknya dinul Islam pun mesti didasari dengan pondasi yang kuat. Jika bangunan roboh dengan cepat tanpa pondasi yang kokoh maka dinul Islam pun demikian. Islam bisa diibaratkan sebuah bangunan. Jika pondasinya kokoh.jLf jjiVl _ JI Kaum Muslimin Rahimakumullah Membangun sebuah bangunan dimulai dengan meletakkan pondasinya. maka bangunannya akan tegak dengan kokoh pula. c o m . k h o t b a h j u m a t . Kaum Muslimin Rahimakumullah 12 | D i s a l i n d a r i w w w .I Rahasia Dua Kalimat Syahadat Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .Volume 1 liJip jji jb 1I3 AJIjijj ¿1 *-kj Jp --iJDl . sebaliknya jika pondasinya rapuh maka tidak perlu menunggu lama bangunan tersebut akan roboh.jliH J ibC? jfj cibC? APJ.

c o m .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . no. Kaum Muslimin Rahimakumullah Tidak hanya hadits tersebut yang mensyaratkan syahadat agar amal shalih diterima.R. Selanjutnya. alBukhari dan Muslim. . Sabda beliau." (H. sebelumnya ayat-ayat alquran telah menetapkan hal yang sama. 41). Mukhtashar Shahih Muslim. haji.Volume 1 Tahukah kita apakah pondasi Islam? Ia adalah syahadat. Oleh karena itu. Imam Ibnu Katsir berkata dalam tafsirnya terhadap ayat ini. ketika nabi menjelaskan pilar-pilar Islam. Oleh karena itu.jj!JJI Jji ^ JiPl 4j :L**j! j-*i (i Aji CAAAIL: S "Tidak berguna baginya. menunaikan zakat. beliau berpesan kepadanya agar memulai berdakwah dengan syahadat. dan puasa tidak sah dan tidak diterima tanpa pijakan syahadat. „Ya Rabbi. Allah selalu mengindukkan amal shalih kepada iman. —Islam dibangun di atas lima perkara: Syahadat. dan puasa Ramadhan. Maka Amal Shalih Tidak Berguna Baginya. Disebutkannya syahadat dalam urutan pertama berarti apa yang sesudahnya berpijak kepadanya." (Tafsir Ibnu Katsir. bahwa tiada tuhan yang berhak disembah. dari Ibnu Umar). "Ya Rasulullah. Salah satunya adalah Firman Allah. Benar sekali Imam Muslim rahimahullah yang menulis sebuah bab dalam Shahih-nya: Bab: Barangsiapa Tidak Beriman. mendirikan shalat. lebih tegasnya apa yang sesudahnya yaitu mendirikan shalat. 13 | D i s a l i n d a r i w w w . ampunilah kesalahanku pada Hari Pembalasan'. beliau mengawalinya dengan syahadat. "Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya. ketika Nabi mengutus Mu'adz bin Jabal sebagai hakim dan da'i ke kota Yaman. Di atas syahadat inilah bangunan Islam ditegakkan. Apakah itu berguna baginya?" Nabi menjawab. 62. Mukhtashar Shahih al-Bukhari. Muslim. no."" (At-Taubah: 54). no. membayar zakat. haji. Ibnu Jud'an semasa jahiliyah bersilaturahim dan memberi makan orang miskin." (H. di dalam Alquran di dalam banyak ayat. "Amal shalih hanya sah dengan iman. k h o t b a h j u m a t . Maka. 4/162). dia menurunkan hadits Aisyah yang bertanya kepada Nabi. kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah. karena dia tidak pernah suatu hari pun berkata.R. 8 dan Mukhtashar Shahih Muslim.

no. berarti tidak ada apapun atau siapapun yang berhak disembah kecuali Allah semata. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada thaghut dan beriman kepada Allah. jika mereka telah mematuhimu dalam hal itu.ojJJi ^J?. 666 dan Mukhtashar Shahih Muslim. Syahadat ini menuntut pemurnian ibadah semata-mata untuk Allah. bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwa aku adalah Rasulullah. dan membuang syirik yang berarti menduakan Allah dalam beribadah." (H. Syahadat ini terbagi menjadi dua: Syahadat tauhid yaitu ucapan 'M V) JI V dan syahadat risalah yaitu ucapan M . al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas. sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat.J "Ajaklah mereka kepada syahadat. Adapun syahadat yang kedua. no.R. Dua perkara inilah yang dikenal dengan rukun syahadat. 14 | D i s a l i n d a r i w w w . "Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam). maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat. k h o t b a h j u m a t . c o m . yang diambil dari orang-orang kaya dari mereka dan diberikan kepada orang-orang miskin dari mereka. 501). A Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. La ilaha meniadakan hak penyembahan dari selain Allah dan illallah menetapkannya untuk Allah semata. maka beritahukan kepada mereka bahwa Allah mewajibkan atas mereka shalat lima waktu sehari semalam. Kaum Muslimin Rahimakumullah Apa itu syahadat? Syahadat adalah persaksian dengan dasar keyakinan yang kuat di dalam hati.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Yang pertama." (Al-Baqarah: 256). maka akan khatib jelaskan pada khutbah kedua. Dari sini kaum Muslimin mengetahui dan memahami untuk selanjutnya bahwa mengikrarkan dan memegang syahadat dengan teguh dalam kehidupan adalah perkara yang tidak bisa ditawar lagi. Mukhtashar Shahih al-Bukhari. jika mereka telah mematuhimu dalam hal itu maka beritahukan kepada mereka bahwa Allah mewajibkan atas mereka zakat pada harta mereka.Volume 1 ¿1 U! (Utopis JJA) ijjPiU f-jft D-9 c¿l cjjij g!j c¿l Si Aji S o! $SL^ ji -4ioi ¿1 U! --4JJ4*>'^9 ^J^J -^ji^LJ^! -ft o-9 '^iij cJi <jS j.

" (Muttafaq „alaihi. Karena hal itu mengganjal di dalam hatiku. baginya hak yang sederajat dengan kaum Muslimin dan atasnya kewajiban yang sederajat dengan kaum Muslimin. no. ¿1 "Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sehingga mereka bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . "Dia mengucapkan 'la ilaha illallah' dan kamu membunuhnya?" Aku membela diri. Rasulullah bersabda. harta. dan menunaikan zakat. dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah). mendirikan shalat." Rasulullah bersabda. Sabda Nabi. dan keluarganya. maka kami menyerang beberapa kelompok orang dari suku Juhainah. (yaitu orang-orang) yang diberikan al-Kitab kepada mereka. c o m . Usamah bin Zaid berkata. "Mengapa kamu tidak membelah hatinya agar kamu mengetahui apakah dia demikian atau 15 | D i s a l i n d a r i w w w . "Rasulullah mengutus kami dalam sebuah pasukan. dari Ibnu Umar. barangsiapa bersyahadat. terlindungi darah. maka dia adalah seorang Muslim. Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah. Mukhtashar Shahih al-Bukhari. k h o t b a h j u m a t . .Sj ¿1^ Uj^^i^S JJA-II ji-^Li "Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada Hari Kemudian.Volume 1 Akibat Hukum dari Syariat Di dunia. maka aku pun menyampaikannya kepada Rasulullah. kecuali dengan hak Islam dan hisabnya atas Allah. mereka telah melindungi darah dan harta mereka dariku. 5). sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk. maka Nabi sangat mengingkari pelanggaran terhadap darah orang yang mengucapkan 'Za ilaha illallah'. Apabila mereka melakukan itu. 24 dan Mukhtashar Shahih Muslim. no. jjji-l jo OJJ JjiSj A. Kaum Muslimin Rahimakumullah Dari sini. "Ya Rasulullah. Aku sendiri berhadapan dengan seorang laki-laki. dia mengucapkannya karena takut senjata.ljiojij ¿1 j—i-L** Uj^iiSlj —^Vl ^j^L." (At-Taubah: 29). maka aku menusuknya. dia mengucapkan 'la ilaha illallah'.

R. c o m . 7). no. Muslim dari Ubadah bin Shamit.Volume 1 tidak?" Usamah berkata. Nabi Shallallahu „Alaihi wa Sallam bersabda.R. maka dia masuk Surga. maka khatib katakan bahwa kunci bagi gerbang Akhirat adalah 'la ilaha Mallah' di mana Rasulullah memerintahkan mentalqin orang yang menghadapi ajal dengan kalimat 'la ilaha Mallah'. no. Orang yang bersaksi ' la ilaha illallah' meskipun dia masuk dan diazab di Neraka." (H." (HR. Muslim dari Usman. Mukhtashar Shahih Muslim. maka Allah mengharamkan Neraka atasnya. ¿1 Si A)i S filij** jilj "Talqin-lah orang yang hendak meninggal di antara kamu dengan la ilaha illallah. Nabi Shallallahu „alaihi wa Sallam bersabda. no. no. . " (H. Mukhtashar Shahih Muslim.R. . 11). Muslim. 16 | D i s a l i n d a r i w w w . k h o t b a h j u m a t .Aiil jjio ¿1 Si AJi S A-f jj^ jjj oi** j** "Barangsiapa mati dalam keadaan mengetahui bahwa tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah. "Nabi terus mengulangulang perkataannya kepadaku sehingga aku berharap baru masuk Islam pada hari ini. Mukhtashar Shahih Muslim.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . pasti dia akan dikeluarkan darinya dan dipindahkan ke Surga. Di alam akhirat terdapat dua janji utama yang menggembirakan bagi orang yang mengikrarkan diri dengan kalimat syahadat: Pertama: Jaminan Surga. Nabi Shallallahu „alaihi wa Sallam bersabda. baik dengan syafa'at atau tanpa syafa'at. . jiiu AIIP ¿1 ¿1 cjjij I 1i£ U!j ¿1 Si A)i S o! j** "Barangsiapa bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah. Kedua: Jaminan tidak kekal di Neraka. Sabda beliau. 453). Mukhtashar Shahih Muslim. 9). Adapun akibat dari syahadat di akhirat. Muslim dari Abu Sa'id." (H.

" (H. yaitu syahadat Muhammad Rasulullah. 17 | D i s a l i n d a r i w w w . ^gii /sijij ^tfji j* ^> '¿^1 SlyBi 4 Li ¿1 KHUTBAH KEDUA 'i £ s 0 o'i 0 o 'i ^ s £s y y o ^ Jt 0 y !l«.j* 0j5 ujj AJ-i —Akan keluar dari Neraka orang yang mengucapkan la ilaha illallah yang di dalam hatinya terdapat kebaikan seberat biji jewawut. dan ini berarti mensejajarkan Rasulullah dengan Allah.J L**! CJJ Jl ^ji jj L)LJA:>-LJ -. Salah satu ayat tersebut adalah. dan inilah pembatal syahadat itu sendiri. Kata pertama berfungsi menutup peluang sikap berlebih-lebihan terhadap Rasulullah yang mungkin menyeret kepada pemberian hak rububiyah dan uluhiyah kepadanya. k h o t b a h j u m a t . Urjp 5) Jig Jjj Ol^Jl oJ-p jjj! ¿ Jii| "Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya al-Kitab (al-Quran) dan Dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya.. Keluar dari Neraka orang yang mengucapkan la ilaha illallah yang di dalam hatinya terdapat kebaikan seberat biji dzarrah. jjii.R.gJLj Kaum Muslimin Rahimakumullah Syahadat yang kedua adalah syahadat risalah. Syahadat ini dilandasi oleh dua pilar pokok yaitu 'hamba-Nya' dan 'utusan-Nya'.Volume 1 j* jll)! j* £5r""j 'jj"1 j* jj/i*^ <Sjj A-^ <3j ' ¿1 S AJI S/ :JL5 j* j* $ '¿1 Si AJI S IJJVJ j* jiiJi j* ¿5% ^ j-. Allah memberi gelar abdun (hamba) kepada NabiNya. Keluar dari Neraka orang yang mengucapkan „la ilaha Mallah' yang di dalam hatinya terdapat kebaikan seberat biji gandum. no." (Al-Kahfi: 1). al-Bukhari dari Anas bin Malik.ji>.* 553 % A-U $ '¿1 Si AJI S icJvl . Mukhtashar Shahih al-Bukhari. 41). karena inilah gelar termulia bagi manusia. Makna dari syahadat ini adalah pengakuan lahir batin bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . c o m . padahal hak tersebut hanyalah milik Allah semata. Dalam beberapa ayat.

membenarkan perintahnya.! v_> i "Sesungguhnya. "Janganlah kamu memujiku berlebih-lebihan seperti orang-orang Nasrani melakukan itu kepada putraMaryam.^u-i-i. benar Rasulullah adalah manusia biasa akan tetapi. sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. ia menabrak kesaksian bahwa beliau adalah Rasul Allah. jika kita mengakui beliau sebagai Rasul Allah. Sikap dan asumsi ini tidak benar. bisa pula salah. Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala." (H." (An-Najm: 2-4). maka katakanlah. bisa benar. i-jjij (j^i. Semua itu adalah hak beliau sebagai Rasulullah atas kita. al-Bukhari dari Umar.R. dengan asumsi bahwa beliau adalah manusia biasa. Kaum Muslimin Rahimakumullah Selanjutnya kita bershalawat kepada Rasulullah dengan dasar perintah dari Allah. Sabda Nabi Shallallahu „alaihi wa Sallam." (Al-Baqarah: 119). Kami telah mengutusmu (Muhammad) dengan kebenaran. Aku hanyalah hamba. „Hamba Allah danRasul-Nya'. yaitu mengikuti Rasulullah dengan beriman kepadanya. - - . c o m .- 18 | D i s a l i n d a r i w w w . Kata kedua adalah 'Rasul-Nya' yang berarti bahwa beliau ada-lah utusan Allah kepada seluruh alam sebagai penyampai berita gembira dan pemberi peringatan. "Kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak pula keliru.Volume 1 Dan Rasulullah sendiri telah menyatakan dirinya adalah abdullah (hamba Allah). k h o t b a h j u m a t . menjauhi larangannya. Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. Mukhtashar Shahih al-Bukhari. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya). menomorsatukan sabdanya dan mencukupkan diri dengan mengamalkan Sunnahnya tanpa melakukan penambahan ataupun pengurangan tehadap ajarannya dalam beribadah kepada Allah. Kata ini menutup sikap meremehkan Rasulullah. no.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Kaum Muslimin Rahimakumullah Konsekuensi syahadat risalah ini adalah ittiba'. Dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. 1373).

Lc. Jakarta dengan penyuntingan bahasa oleh Tim Redaksi KhotbahJumat.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .jl-JI (IJIAP L-ij L-JT lijj ^-I-. Hai orang-orang yang beriman.UuJJl <J olL^sij LA^islp jJj^j LA-!*. c o m .com 19 | D i s a l i n d a r i w w w ."? LAjii- <J>-VI J-j A1J*O.- LA>i 'j4ftjj i c-* jJ^j '-4ftjj i Lif 'jii^ J* jJ^j 'jiJ^ ji ---AJI - LA-i '-4ftjj i JT ji^j '-4* J-i ^-Mjli 'llii JT jipj cJ-lsi i-i.KhotbahJumat.com Artikel www. Darul Haq.LJ --41)1 ''o' ''o' j** jJj^oJ L-uiJjj L-J Ji-i-j Dij Li-^-ij! L-lii? L-jj 'oLiA-M-iJj J-ipI ---DI ji-^ j <_£ UU LAiLi-o L-i -1)I .JJ jjj j* liijpS J>-Tj . bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.Volume 1 "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi.LA^-J* Penulis: Ustadz Izzudin Karimi." (Al-Ahzab: 56). k h o t b a h j u m a t . Disalin dari buku Kumpulan Khutbah Jum 'at Pilihan Setahun Edisi Kedua. - - .

Volume 1 A*j L**! Ma'asyiral muslimin rahimakumullah. marilah kita senantiasa menjaga karunia yang paling besar ini. namun tidak mau membuktikan keislamannya. yaitu nikmat dikaruniai agama Islam. Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan mensyukuri nikmat-nikmat-Nya. k h o t b a h j u m a t . Satu-satunya Agama yang Benar I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .Islam. Bukan menjadi orang yang sekadar mengaku beragama Islam. Terlebih. walaupun engkau sangat menginginkannya. 20 | D i s a l i n d a r i w w w . Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. bahkan oleh kebanyakan manusia. dengan bersungguh-sungguh dalam berpegang teguh dengan ajarannya." (Yusuf: 103) Oleh karena itu. nikmat paling besar yang tidak didapatkan oleh setiap orang. "Dan sebagian besar manusia tidak akan beriman. c o m .

dan yang semisalnya. sehingga masih terjatuh pada syirik besar dan tidak mewujudkan dua kalimat syahadat yang merupakan pondasi Islam. ketidaktahuannya terhadap ajaran Islam bisa menyebabkan dirinya terjatuh pada perbuatan syirik dan pembatal-pembatal keislaman lainnya. }65{ Ujl-i-i-—o -l-^ AJLJIIJ ¿1.Volume 1 Hadirin rahimakumullah.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Islam juga agama yang dibangun di atas pondasi dan penopang yang disebut rukun Islam.! jl cL—ii-j L-S" jjijiji) . ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya." (Muttafaqun „alaih) Pada hakikatnya. memelihara jenggot. "Sesungguhnya kami hanyalah bersenda-gurau dan bermain-main saja. k h o t b a h j u m a t . baik di masa lampau. meskipun dirinya di atas akidahnya orang-orang jahiliyah. maupun di masa 21 | D i s a l i n d a r i w w w . kamu selalu berolok-olok? Tidak ada udzur bagi kalian. merupakan suatu kebodohan yang nyata bila ada yang menyangka bahwa seorang muslim tidak mungkin akan keluar dari agamanya meskipun dirinya terjatuh dalam perbuatan memperolok-olok ajaran Islam. serta haji ke Baitullah. seperti memperolok-olok disyariatkannya memakai cadar. Hadirin rahimakumullah. Nabi shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. Di samping itu. menunaikan zakat. meskipun hanya dengan maksud bersenda-gurau dalam firman-Nya. mengangkat kain di atas mata kaki." (At-Taubah: 65—66) Oleh karena itu. puasa Ramadhan.-"Il J" J-)?? Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang perbuatan memperolok-olok Nabi shallallahu „alaihi wa sallam dan sahabatnya). Sebab. merupakan kesalahan besar bila ada yang menganggap bahwa seseorang akan tetap di atas keislamannya selama dirinya mengaku muslim dan mengakui kebaikan ajaran Islam. Barangsiapa memerhatikan keadaan umat yang tidak mendapatkan hidayah Islam atau tidak menjalankan aturanaturan Islam dalam kehidupannya. menegakkan shalat." Katakanlah. setiap muslim wajib mengenal agamanya dengan sebenar-benarnya. Kalian telah kafir sesudah beriman. "Apakah terhadap Allah. i&Jij toSC^I f-lSlj '¿1 jJjCj 1 Ai£ Uj '¿1 Si AJi 'S U! $SL^ jp fSb^I ^ "Agama Islam dibangun di atas lima hal: Persaksian bahwasanya tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah. tentulah mereka akan menjawab. Islam adalah agama yang menuntut pemeluknya untuk menyerahkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan meninggalkan seluruh jenis perbuatan syirik sekaligus orang-orang yang melakukannya. Allah Subhanahu wa Ta'ala memperingatkan perbuatan memperolok-olok agama. serta mengamalkan ajarannya. c o m .

mereka hidup di atas kemuliaan dan kebahagiaan. serta jauh dari kekhawatiran dan ketidakteraturan? Lebih dari itu. di hadapan kita ada jalan menuju kebahagiaan dan jalan menuju surge. dan kerusakan. Karena kebodohannya. mengapa ada kaum muslimin yang justru meninggalkan ajaran agamanya? Mengapa sebagian kaum muslimin lebih bangga ketika bisa berpenampilan dengan model orang Barat? Mengapa pula sebagian wanita muslimah lebih memilih berpenampilan dengan busana orang kafir yang menampakkan auratnya. seperti berebut kotoran kerbau atau air comberan untuk mengambil berkah darinya. mengapa ada yang tidak bersungguh-sungguh mengikuti ajarannya? Bahkan. mereka berdoa kepada orang yang telah meninggal dunia dengan persangkaan bahwa orang-orang yang telah mati tersebut bisa dijadikan sebagai perantara untuk meminta kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan bisa mendekatkan diri mereka kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Di masa itu. serta keridhaan Allah Subhanahu wa Ta'ala. sempurna. Mereka terjatuh pada perbuatan syirik dengan berbagai ragamnya. ada kaum muslimin yang justru meninggalkan akidah. tidakkah mereka menginginkan keselamatan dari siksa api neraka dan merasakan nikmatnya surga? Namun. serta lebih memilih akidah orang-orang musyrikin dan ajaran orangorang kafir? Tidakkah mereka menginginkan ajaran yang akan membuat ketenteraman dan kebahagiaan.Volume 1 kini. Begitu pula yang terjadi pada masyarakat yang masih mengeramatkan pohon atau tempat-tempat tertentu. Allah Subhanahu wa Ta'ala menyebutkan keadaan orang-orang musyrikin di zaman dahulu ini dalam firman-Nya. Di antaranya. k h o t b a h j u m a t . Mereka juga dipenuhi rasa takut dan saling bermusuhan. Hadirin rahimakumullah. mereka tidak mengenal Rabbnya dan terjatuh pada peribadatan kepada selain Allah Subhanahu wa Ta'ala. c o m . Hal ini sebagaimana terjadi di masa jahiliyah. Oleh karena itu. Mereka hidup dalam keadaan tidak tenteram dan diliputi rasa khawatir. berpakaian tetapi telanjang. Namun. serta meninggalkan busana muslimah yang menjaga kehormatan dan 22 | D i s a l i n d a r i w w w . yaitu zaman sebelum diutusnya Nabi shallallahu „alaihi wa sallam di Jazirah Arab. Mereka menjalani kehidupan dunia ini di atas aturan-aturan hidup yang lengkap. penuh dengan keindahan dan kemudahan. kegelapan.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . serta saling menyakiti satu sama lain. dan aturan Islam." (Az-Zumar: 3) Begitu pula keadaan orang-orang yang tidak mendapatkan hidayah Islam di masa kini. Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata). sebagaimana yang terjadi di tempat yang masih banyak praktik-praktik sihir dan perdukunan. prinsip. Di hadapan kita ada jalan yang terang dan jelas dalam mengatur seluruh urusan kita. "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya. dia akan mendapatkan keadaan yang penuh ketidakteraturan. hingga melakukan perbuatan-perbuatan yang menutupi akal mereka. manusia hidup dalam keadaan diliputi kebodohan. Adapun orang-orang yang mendapatkan hidayah Islam dan memahaminya dengan sebenar-benarnya. misalnya.

Mudah-mudahan Allah Subhanahu wa Ta'ala senantiasa menjaga dan menolong kita untuk bisa mengamalkan ajaran Islam yang sebenarnya serta menjauhkan kita dari mengikuti ajaran-ajaran orang kafir yang menyesatkan. Apa pun sikap seseorang terhadap ajaran Islam. Mereka juga menawarkan akhlak yang dipenuhi keinginan untuk memuaskan syahwat. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat. jika mereka mampu.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . serta akhlak yang akan merusak agama kaum muslimin. Mereka akan menawarkan akidah dan prinsip yang akan merusak." (Al-Baqarah: 217) Upaya memerangi kaum muslimin yang dilakukan oleh orang-orang kafir tidaklah selalu menggunakan cara fisik. dan lainnya. k h o t b a h j u m a t . Marilah kita bersungguh-sungguh mewujudkan keislaman kita dan berhati-hati dengan tipudaya musuh-musuh Islam yang ingin mengeluarkan pemeluknya dari ajarannya yang mulia. kaum muslimin harus senantiasa waspada dari makar dan tipudaya serta upaya pemurtadan yang dilakukan oleh musuhmusuh Islam. Barang siapa yang murtad di antara kalian dari agamanya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. dengan kehendak dan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Oleh karena itu. c o m . 23 | D i s a l i n d a r i w w w . mereka memerangi melalui pemikiran dan keyakinan. Akan tetapi.Volume 1 kesuciannya? Tidakkah ajaran Islam adalah ajaran yang indah dan mulia. dan mereka tidak akan seperti kalian. "Dan mereka (orang-orang kafir) tidak henti-hentinya memerangi kalian sampai mereka (dapat) mengembalikan kalian dari agama kalian (kepada kekafiran). elektronik. dan mereka itulah penghuni neraka." (Muhammad: 38) Hadirin rahimakumullah. mereka kekal di dalamnya. Orang-orang yang berpegang teguh di atas ajaran Islam dengan sebenar-benarnya akan terus ada. Mereka akan memanfaatkan berbagai kesempatan dan sarana yang beraneka ragam: media cetak. -Soli**! JijSsjiS ^ --^/i^' L*J-i Ji"-*-*»! ii-? "Dan jika kalian berpaling niscaya Dia akan mengganti (kalian) dengan kaum yang lain. kerugiannya akan kembali pada dirinya sendiri. sedangkan yang menyelisihinya adalah ajaran yang hina dan rendah? Hadirin rahimakumullah. serta menghilangkan akidah seorang. lalu dia mati dalam kekafiran.

jStcN/I (jji? j* Ujji-j (jJL^j '-_-IIP 4j^kiJl J/.AJi*-.i:-.11)1 j* ¿1 '^c-i)l ( 'L-J. yaitu agama yang sempurna dan diutusnya Rasul yang mulia. c o m .lil-. dan mengajarkan kepada mereka Al-Kitab dan Al-Hikmah dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu. "Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus kepada mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri.Volume 1 KHUTBAH KEDUA ¿1 ilsi.li-^. Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan bersyukur atas karunia-Nya yang sangat besar.**! 'Aj LJuj^ S' o1>j ¿1 Si AJi S D! '-4-Ll-MjijI (_£ jU jP ¿-3-^1. membersihkan (jiwa) mereka. yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah. mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata.L-)I ij-j 'uj^i-jl ^^-jjjl ^-J 'A-ij-CjJ oljp lili U! J-^j : Jjtj L**! Ma'asyiral muslimin rahimakumullah. 24 | D i s a l i n d a r i w w w ." (Ali Imran: 164) Hadirin rahimakumullah.LilJp cA**!j 'j*^ SL) LJIJi ^JDl AJU JwU--I '-4-&~iJi AUiji ^lii.'jli Sl jjJ. k h o t b a h j u m a t .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. Allah Subhanahu wa Ta'ala berwasiat kepada orang-orang yang beriman untuk tetap kokoh di atas agama yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam hingga ajal menjemputnya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

Mungkin mereka beralasan bahwa semua agama diturunkan dari langit. agama selain Islam yang saat ini dianut oleh sebagian orang adalah bukanlah agama yang Allah Subhanahu wa Ta'ala turunkan melalui para nabi-Nya. bahkan meyakininya sebagai salah satu Tuhan yang diibadahi. Akan tetapi. atau bahwa semuanya mengajak kepada Tuhan yang sama. agama tersebut telah diubah oleh pemeluknya." (Ali Imran: 102) Allah Subhanahu wa Ta'ala juga telah meridhai Islam sebagai satu-satunya agama bagi kita. c o m ." (Ali Imran: 85) Dengan demikian.Volume 1 " Wahai orang-orang yang beriman. selain Islam adalah agama yang batil dan tidak akan diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. sehingga tidak lagi seperti yang dibawa oleh Nabi 'Isa 'alaihissalam. sebagaimana dalam firman-Nya.2jj ^j-i*.jlj A--* J-ji-i jii L-J- J/IP- j**J "Barang siapa mencari agama selain agama Islam. sebagaimana dalam firman-Nya. jSlp CJ! Li LL*J-i J L** 25 | D i s a l i n d a r i w w w .--S-sJp -- j --S-J. dan telah Ku-cukupkan kepada kalian nikmat-Ku. Hadirin rahimakumullah. d. Hal ini terbukti dengan keyakinan mereka yang mengatakan. Ketahuilah. dan telah Ku-ridhai Islam itu sebagai agama bagi kalian. misalnya.-"Si cJ-iSi "Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kalian agama kalian. bahwa Nabi 'Isa adalah anak Tuhan.~:s.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .S/I c. Agama Nasrani yang sekarang dianut oleh sebagian orang. bertakwalah kalian kepada Allah dengan sebenar-benar takwa dan janganlah sekali-kali kalian mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. Keyakinan yang salah ini telah dibantah oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala di dalam firman-Nya. bukanlah agama yang dahulu diturunkan kepada Nabi 'Isa „alaihissalam. adalah suatu kesalahan yang sangat besar dan nyata bila menganggap semua agama itu benar.lJ-I j* </>." (AlMaidah: 3) Oleh karena itu. Jjj-. k h o t b a h j u m a t . maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) darinya dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

sesungguhnya agama seluruh para nabi memiliki tujuan yang sama. Hadirin rahimakumullah. Ketahuilah. kecuali harus mengikuti ajarannya. Namun demikian. kecuali dalam keadaan memeluk agama Islam. maka janganlah kalian mati.£-1—i S o 1JS. seluruh agama para nabi—meskipun berbeda syariatnya—disebut agama Islam. c o m . agama Nasrani dan yang selain Islam sudah tidak lagi sama dengan yang dibawa oleh para nabi. syariat agama yang terdahulu telah dihapus kecuali prinsip dan tujuannya. "Wahai anak-anakku. siapa pun yang mengatakannya. tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya)." (Al-Baqarah: 132) Oleh karena itu. tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku. yaitu mengajak manusia untuk berserah diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan beribadah hanya kepada-Nya dan berlepas diri dari peribadatan kepada selain-Nya. kita membenarkan ajaran seluruh para nabi dan kitab suci yang diturunkan kepada mereka. j**jj ^Ij CjiJ. janganlah kita tertipu dengan pernyataan yang akan merusak akidah kita ini. dan para pengikutnya disebut kaum muslimin. k h o t b a h j u m a t . Nabi shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. (Nabi Ibrahim berkata)." (Al-Maidah: 116) Bila demikian keadaannya. seluruh manusia dan jin yang ada di muka bumi ini tidak memiliki pilihan lain. Artinya. dengan diutusnya beliau. karena memiliki prinsip dan tujuan yang sama. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara-perkara yang gaib. maka dia adalah orang kafir yang akan menjadi penghuni neraka. ^i" ^J-s^j Sj Lg-J-J A** S-I oJ-l Jy* 1>-! jj.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . sedangkan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri-Mu. karena datangnya dari langit dan mengajak kepada Tuhan yang sama? Oleh karena itu. demikian pula (Nabi) Ya'qub. apakah kemudian akan dikatakan bahwa semua agama itu benar. "Mahasuci Engkau. apakah engkau mengatakan kepada manusia. agama Islam yang dibawa oleh penutup para nabi—Nabi kita Muhammad shallallahu „alaihi wa sallam— itulah yang harus kita ikuti. yaitu mentauhidkan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Barang siapa tidak mau mengikuti agama yang dibawanya.jj-i j 26 | D i s a l i n d a r i w w w . dengan diutusnya Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam. sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagi kalian.Volume 1 Dan (ingatlah) ketika Allah mengatakan (di akhirat). „Jadikanlah aku dan ibuku dua orang sesembahan selain Allah?'" (Nabi) Isa menjawab. Jika aku pernah mengatakannya. "Wahai Isa putra Maryam. y J J 'i & J f"* y y y' Jj J — y Dan (Nabi) Ibrahim telah berwasiat dengan wasiat tersebut kepada anak-anaknya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. Bahkan. Oleh karena itu.

baik dia Yahudi maupun Nasrani. mudah-mudahan Allah Ta'ala senantiasa mengaruniakan kepada kita semua istiqamah di atas satu-satunya agama yang diridhai-Nya.KhotbahJumat." (H. melainkan dia termasuk penghuni neraka. c o m . tidak ada seorang pun dari umat ini yang telah mendengar diutusnya aku.R. Lc . Disalin dari kumpulan Khutbah Jumat Majalah Asy-Syariah Edisi 61 disertai penyuntingan bahasa dan penambahan teks ayat oleh Tim Redaksi KhotbahJumat. kemudian mati dalam keadaan tidak beriman terhadap agama yang aku diutus dengannya (Islam).Volume 1 "Demi Zat yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .com 27 | D i s a l i n d a r i w w w . Muslim) Hadirin rahimakumullah. Akhirnya. •ùl fi. k h o t b a h j u m a t .¿1 Penulis: Al-Ustadz Saifudin Zuhri.com Artikel www.

yaitu dengan mengamalkan apa yang diperintahkan oleh-Nya dan Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam. khamr yang tersisa di mulut yang hanya tinggal ditelan.Volume 1 Sebuah Renungan Tentang Urgensi Akidah Ai Lj> S oU>j ¿1 Si Aii S o! J4-^!j AJ L-ii ^3 ji^j jj**^ Ai ^ ¿1 o 14. LJj -Slip Uli-" ADI Ui jl>jS/j A. hingga lorong-lorong kota Madinah becek dengan khamr [Lihat: HR. "Sesungguhnya khamr telah diharamkan!" [HR. jjiSi Jamaah Jumat rahimakumullah._Gentonggentong khamr yang masih tersisa di rumah para sahabat pun ditumpahkan. 28 | D i s a l i n d a r i w w w .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . SH-b APA. mereka muntahkan pula [HR.UjJiL-—J LJJJI A^)l ji-J j iL-^j jjif -_Ssiji.jij 'L-iliAji. Al-Maidah: 91]..-P I Ali i)! J»-^!- .S. k h o t b a h j u m a t . c o m . sebelum diharamkannya khamr._Serta merta mereka pun menghentikan aktivitasnya. tiba-tiba datanglah utusan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam seraya berkata. Ath-Thabary dalam Tafsir-nya Q. Di tengah keasyikan mereka itu. Kaum muslimin dan kaum muslimat yang kami hormati. Bahkan.. Abu Dawud dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu]. marilah kita tingkatkan ketakwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala sebenar-benarnya.ADI ilJi ii uU JlJ-j 'ADI Ji^l /SP1 L**! . Pertama. .i -si Ji*ij -SSiLlf-! -si ^DS^i ^ I JjUC SjJj jjjj ADI j-ijl j-**T JjjJJJl l--^! LJ . A)jijj o J. L^Jip jjji jl3 A-J AijCjJ ADI ^Jai jj-j Xj-*j AILP. Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu]. serta menjauhi apa yang dilarang oleh-Nya dan Rasul-Nya shallallahu „alaihi wa sallam... Suatu hari. beberapa sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkumpul di sebuah kebun untuk minum khamr bersama.

I

Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik - Volume 1

Subhanallah! Bentuk kepatuhan luar biasa terhadap aturan agama. Empat belas abad lalu, di suatu siang, salah seorang sahabat, Ma'iz bin Malik radhiyallahu 'anhu datang menemui Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam seraya berkata, "Wahai Rasulullah sucikanlah aku!". "Celaka engkau, kembalilah! Beristigfar dan bertobatlah engkau kepada Allah!" jawab beliau. Dia mundur tidak jauh, lalu datang kembali dan berkata, "Wahai Rasulullah, sucikanlah aku!". "Celaka engkau, kembalilah! Beristigfar dan bertobatlah engkau kepada Allah!" tukas beliau lagi. Dia mundur tidak jauh, kemudian datang kembali seraya berkata, "Wahai Rasulullah, sucikanlah aku!". Namun Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tetap memberikan jawaban yang sama. Akhirnya di kali keempatnya beliau bertanya, "Kusucikan engkau dari apa?". "Sucikanlah aku dari perbuatan zina!". Rasululullah shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya apakah dia tidak waras? Dijawab "Dia waras". "Apakah dia baru saja minum khamr?". Seorang sahabat berdiri dan membaui mulutnya, ternyata tidak tercium bau khamr. Akhirnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun memastikan, "Apakah engkau benar-benar telah berzina?". "Ya" jawabnya dengan pasti. Lalu ia diperintahkan untuk dirajam sampai mati. Setelah Ma'iz meninggal, para sahabat terbagi menjadi dua. Sebagian mencela Ma'iz dan sebagian yang lain memujinya, hal itu berlangsung dua hingga tiga hari... Di hari ketiga, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun bersabda,

—_g_XsL-ojJ Ajal jj\J ( jJ AJJJ C-J>\l jJLi
"Ia telah bertobat dengan sebuah tobat, yang jika dibagikan kepada suatu umat, niscaya tobat tersebut cukup untuk mereka semua." (H.r. Muslim dari Buraidah radhiyallahu 'anhu).

29 | D i s a l i n d a r i w w w . k h o t b a h j u m a t . c o m

I

Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik - Volume 1

Subhanallah, kebeningan hati luar biasa, yang manakala tergores noda maksiat dia amat tersiksa dan merasa gundah gulana, serta ingin untuk segera bening kembali! Jamaah Jumat rahimakumullah.. Dua potret kejadian di zaman nubuwwah di atas, menggambarkan dengan jelas kepada kita betapa tinggi tingkat kepatuhan para sahabat dengan aturan agama. Dan betapa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah menggoreskan prestasi keberhasilan yang tidak ada bandingnya, dalam menanamkan benih-benih ketaatan dalam jiwa para sahabat. Tanpa diawasi beliaupun, mereka tetap menjalankan syariat dengan ketundukan sempurna! Manakala bersalah, mereka segera mengakui kesalahannya, tanpa harus diseret ke penjara, dikorek-korek di pengadilan, serta berkelit ke kiri dan ke kanan. Bandingkan dengan kondisi banyak manusia di zaman ini, yang giat bekerja manakala diawasi oleh atasan, namun begitu pengawasan lengah, mereka bergegas memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Mental-mental 'ABS (Asal Babe Senang)'! Kembali kepada pembahasan tentang keberhasilan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam mendidik para sahabatnya. Tidakkah terbetik dalam diri kita sebuah pertanyaan mendasar, "Bagaimana Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam hanya dalam rentang waktu belasan tahun berhasil mencetak generasi unggul dalam beragama? Apa gerangan resep suksesnya? Apa pula hal pertama yang beliau tanamkan dalam jiwa para sahabat sebagai pondasi kokoh yang menjadi landasan bangunan kuat di atasnya?". Jawaban dari seluruh pertanyaan di atas terangkum dalam penuturan Aisyah radhiyallahu „anha berikut, tatkala beliau menjelaskan metode penurunan Alquran secara bertahap,

lSi j*- 'jlillj Ai-1

JSUiijl jr* Ijp :A1* jji L** j/! (iTji)i:

jji lij...

S : jilii 'Jlil jjii S :t(^ j/ jji j/ -fjij jSil jji '^Vl J! (>li)l «Oli ....1 Uj! lijJl £1 S :JiliJ 'ijjJ S :tJji jij d U ! Jiil £U
"... Sesungguhnya (surat Alqurdn) yang pertama kali diturunkan adalah surat yang menceritakan tentang surga dan neraka. Tatkala saat itu orang-orang telah berbondong-bondong masuk Islam, baru turun (ayat-ayat yang menjelaskan hukum) halal dan haram. Seandainya (ayat) yang pertama kali turun adalah „Jangan kalian minum khamr (minuman keras)', niscaya orang-orang akan berkata, „Selamanya kami tidak mau meninggalkan khamr'. Begitu pula jika (ayat) yang pertama kali turun, „Jangan kalian berzina', niscaya mereka akan berkata, „Kami tidak akan meninggalkan zina selamanya'..." [HR. Bukharf (hal. 1087 no. 4993).]. Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahulldh menjelaskan maksud dari perkataan di atas, "Aisyah menerangkan hikmah Allah Ta'ala di balik pengaturan susunan turunnya (ayat-ayat dan surat-surat Alquran).

30 | D i s a l i n d a r i w w w . k h o t b a h j u m a t . c o m

I

Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik - Volume 1

(Surat atau ayat) Alquran yang pertama kali turun adalah dakwah kepada tauhid dan pemberian kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan taat; bahwa mereka akan dimasukkan ke surga. Juga ancaman bagi orang kafir; bahwa mereka akan dimasukkan ke neraka. Tatkala umat telah merasa mantap dengan hal itu, baru kemudian (ayat-ayat yang menjelaskan tentang) hukum-hukum (halal dan haram) diturunkan. Oleh karena itu Aisyah berkata, 'Seandainya (ayat) yang pertama kali turun adalah 'Jangan kalian minum khamr dst.". Sebab rata-rata orang akan merasa berat untuk meninggalkan perbuatan-perbuatan yang telah lama digemarinya" [Fath al-Bdrt
(IX/51).].

Jadi, sumber kesuksesan pendidikan Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam adalah karena beliau memulai dakwahnya dengan poin yang diperintahkan Allah Ta'ala sebagai titik tolak dalam berdakwah, yakni: tauhid atau akidah. Kaum muslimin dan muslimat yang kami cintai... Manakala akidah itu lurus dan benar, serta menghunjam kuat dalam dada kaum muslimin, maka saat itu insyaAllah keberhasilan, kejayaan, kemenangan akan senantiasa datang menyapa mereka. Namun kebalikannya, manakala akidah tersebut rapuh, maka akan rapuh pulalah seluruh lini kehidupan mereka. Carut marutnya kondisi tanah air kita tercinta saat inipun, sejatinya bersumber dari kerapuhan akidah banyak dari penduduk negeri ini. Tahukah Anda, bahwa korupsi yang merajalela saat ini bersumber dari lemahnya akidah para pelakunya? Andaikan mereka berbekal akidah kuat, yang membuahkan rasa takut kepada Allah dan sadar akan pengawasan Allah Ta'ala yang tidak pernah lengah apalagi tidur, niscaya mereka akan berhenti untuk berkorupsi ria, walaupun tidak diawasi oleh KPK! Tahukah Anda, bahwa dekandensi moral dan merebaknya pergaulan bebas di antara muda-mudi bangsa ini juga bersumber dari sakitnya akidah mereka? Andaikan mereka memiliki akidah kuat, yang membuahkan kesadaran akan adanya kehidupan lain setelah kehidupan fana ini, akan adanya hari kiamat dan akan adanya hari pembalasan amalan, niscaya mereka akan lebih berhati-hati lagi dalam bertindak tanduk. Hadirin dan hadirat yang kami hormati... Akidah memang tidak terlihat, namun sangat urgen. Seperti pondasi suatu bangunan yang tidak terlihat, namun begitu vital bagi kekokohan dan kekuatan bangunan, tanpanya dia akan ambruk. Akidah bertempat dalam hati, jika lurus maka akan luruslah lahiriah manusia, begitu pula sebaliknya. Sebagaimana diisyaratkan dalam sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam,

31 | D i s a l i n d a r i w w w . k h o t b a h j u m a t . c o m

Lihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam selama tiga belas setengah tahun tanpa kenal lelah berjuang menancapkan akidah dalam jiwa umatnya! Tidak kalah. tidak sepantasnyakah kita meniti jalan mereka?? KHUTBAH KEDUA AASI JJlSi LI^JLJÌ-J lili c^»li Sl ji?1 Ai*5.lilp (jw. dan dia tinggal bersama mereka selama seribu tahun kurang lima puluh tahun".^Jlil AÌJ JiliU ." (H.] L>-^j lliój! jJiJj "Sungguh kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya. Jika ia baik maka seluruh jasad akan baik. Nabi Nuh „alaihissalam. 32 | D i s a l i n d a r i w w w . Bukhari dan Muslim dari an-Nu'man bin Basyir radhiyallahu 'anhu). / / / o ^ . Bukanlah mudah mendirikan bangunan kuat akidah insan.Volume 1 V! Ali VI JUli CL>JL3 Ali OidO li] Aie-^i AlliM ¿5 ù|j .s.lilip L^J>IJ t^^AOSL) LJlJA.i ^ z ^i t / Y< s ' * / 9- /°\ 'i o /'l .?" V] AlO _j2j! — ^¿3 CUd-S Ai^3 J. Ketahuilah bahwa segumpal daging tersebut adalah: hati. siang dan malam. sebab membutuhkan waktu lama dan usaha yang tiada henti. Wahai kaum muslimin. k h o t b a h j u m a t . Al-Ankabut: 14). inilah jalan para nabi. Namun jika ia rusak maka seluruh jasad akan rusak.«usil "Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ini ada segumpal daging. .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . c o m . selama 950 tahun berjibaku menegakkan kalimat suci akidah di muka bumi. (Q.r.

I

Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik - Volume 1

• jjr^ l^ii-Io i""^Oj tjjj jJl

^J,] — J >■ JJ i ji-^ OÌ^LII^IJ ùl^l^li AJLJIOJ AJI ji-^i Aiip
! J.XJ li!

Jamaah Jumat rahimakumullah. Seluruh keterangan di atas bukan berarti kita mengesampingkan sisi syariat Islam lainnya; semisal ibadah dan akhlak. Bagaimana mungkin akan dilalaikan, sedangkan itu juga merupakan bagian dari Islam? Bahkan Islam tidak akan tegak sempurna kecuali dengan itu semua! Namun yang kita inginkan adalah, bagaimana kita meneladani Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam berdakwah dan bersikap. Memulai dengan sesuatu yang beliau mulai dan memprioritaskan sesuatu yang menjadi prioritas beliau. Bukankah kita semua sepakat bahwa beliau adalah qudwah dan panutan kita semua?

I^si"AJJI jilj J^VI jjiJij AJJI jijj; olijd

lp ! AJJI jji-j j oli" Jii

Artinya: "Sungguh telah ada pada (diri) Rasulullah suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan yang banyak mengingat Allah." (Q.s. Al-Ahzab: 21). Mari kita bersama-sama tidak menjadikan itu sekadar lipstik dan slogan dalam lisan, namun benar-benar dibumikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga hari-hari esok kita lebih cerah, hidup di bawah naungan sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

jt-pil tJ/'jj uj?J^"! ^L^^-O-J AJT ^j-^J

cLUjijJ i .AIP

-ii/ jt-pil

•j j o^diijji j ^io! -4ii .¿¿§¿¿5/ i/Isi cji!j ^y^'j ^ V°I jf!

UI ¿1

Penulis: Ustadz Abdullah Zaen, Lc., M.A Ditulis di Pesantren "Tunas Ilmu" Kedungwuluh Purbalingga, Jumat 12 Ramadhan 1432 H / 12 Agustus 2011 M. Artikel www.khotbahjumat.com dengan penyuntingan bahasa oleh tim redaksi KhotbahJumat.com

33 | D i s a l i n d a r i w w w . k h o t b a h j u m a t . c o m

I

Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik - Volume 1

Takwa Kepada Allah

/Aji// o Jjp I Udii 0! l^!/ ,AJ dJijj^ V oJi/ UJI Si AJI S o! U-i*!/ jjT Jpj it^ JP ijlij ^JJI jjT JP ui" it^ jjT JJpj idii JP -4iil
AL4

lUiJi u^U Jl J -^JJi jJT J* ¿§1- Idi"idi

( ilSj -&Jp oliAJJI 0i fiijSj 55 Ojiii^i gjiii AJLSI IJIJI jaT jjiJi L-J! li ) ( OjdLLJ» —J j Si JJ'jJ* Sj AJLIJ jp- AJJl jJLjI JjLil JjjJlil L-^J! li ) —5\ijJ.i —Jxi J-5*jJ —>iLdp! —Jxi ^ti^2J I U JjjAJl L4-?! li ) ( LdJip Ijji jli Jai Aijij-J Ali! ^.LJ jaj
AP

Sjj IjijSj

jJijI JjLaT

U Jij L4Jl"j2£. jijiSl J^j 5^ L£ JA L£ Jt^JI J^j AIJI «Olif Ojil Jl£ Sll Jii ia!

Jama'ah shalat Jum 'at yang kami hormati, Sesungguhnya kenikmatan Allah kepada kita sangat banyak. Oleh karena itu, kita wajib bersyukur dengan sebenar-benarnya atas semua kenikmatan itu. Yaitu bersyukur dengan hati, lisan dan anggota badan. Bersyukur dengan dengan hati, yaitu dengan mengakui bahwa kenikmatan itu datang dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Bersyukur dengan lisan, yaitu dengan memuji Allah dan menyebut-nyebut kenikmatan tersebut, jika tidak dikhawatirkan hasad. Dan bersyukur dengan anggota badan, yaitu menggunakan anggota badan kita ini untuk taat kepada-Nya, dengan bertakwa kepada-Nya secara sebenar-benarnya. Takwa ini merupakan perintah Allah kepada seluruh manusia. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

34 | D i s a l i n d a r i w w w . k h o t b a h j u m a t . c o m

I

Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik - Volume 1

i/ai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakan kamu dari yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang-biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya, kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. (Q.s. an Nisaa: 1). Keutamaan takwa sangat sering kita dengar, antara lain firman Allah,

Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. (Q.s. ath Thalaq: 2). Juga firman-Nya,

IjLo oyl j** Ai (J-*4i c3~*i
Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. (Q.s. ath Thalaq: 4). Dan firman-Nya,

Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menutupi kesalahan-kesalahannya, dan akan melipatgandakan pahala baginya. (Q.s. ath Thalaq: 5). Kita berharap, semoga Allah membersihkan jiwa kita dan memberikan ketakwaan pada hati kita, yang ketakwaan itu muncul pada lisan dan perbuatan kita semua.

35 | D i s a l i n d a r i w w w . k h o t b a h j u m a t . c o m

Dan sudah pasti. Kami telah menyampaikan sebagian di antara keutamaan-keutamaan takwa. kecuali dengan ilmu. engkau takut siksa Allah. Pertama. apakah takwa itu. iman. Perkataan Thalq bin Habib ini menjelaskan hakikat takwa.Volume 1 KHUTBAH KEDUA J-L* I ld£ 0! l^!/ . serta ikhlas. di atas cahaya dari Allah. maka kita harus mengetahui. Amal akan diterima. engkau mengharapkan rahmat Allah. 36 | D i s a l i n d a r i w w w . c o m . uJjU-tJi y/ UJI Si Aiji S o! U^!/ . dan bagaimana jalan menempuhnya. Amal adalah perbuatan. tentang amal. ajvJl «OlJlP <L>l£ . o^uit 4j J) J_. secara bahasa artinya melindungi diri. hamba itu melindungi dirinya dari kemurkaan dan siksa Allah. Adapun takwa hamba kepada Rabb-nya adalah. engkau mengamalkan ketaatan kepada Allah. Engkau meninggalkan kemaksiatan kepada Allah. di atas cahaya dari Allah. ajvJl jj Taqwa adalah. Bahwa di dalam takwa harus ada amal. yang ketiga hal tersebut membutuhkan ilmu. Yakni dengan cara beribadah. seseorang tidak dapat mengetahui syariat Islam. k h o t b a h j u m a t . Yaitu dengan melaksanakan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . yaitu melaksanakan ketaatan kepadaNya dan menjauhi kemaksiatan kepadaNya. 4/105). jika mengikuti syariat Nabi Muhammad shallallahu „alaihi wa sallam. Thalq bin Habib rahimahullah berkata. Takwa. (Majmu'atul Fatawa Ibnu Taimiyah. tidakkah kita ingin meraihnya? Kalau kita ingin meraihnya.ii AL4 JL^ UiJi u^UJl c? J^/Ji JT JP oijlj Idi jdii JT Jpj idii JP i Jj«j La! Jama'ah Jum'at yang berbahagia. Yaitu seseorang melakukan sesuatu untuk melindingi dirinya dari perkara yang dia takuti dan dia khawatirkan.

I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir. seorang hamba mengetahui apa yang (harus) dijaga.Volume 1 Imam Ibnu Rajab rahimahullah berkata. Allah berfirman. Dan mereka berteriak di dalam neraka itu. c o m . dia tidak mendapatinya sesuatu apapun. "Ya Rabb kami. Kedua. jika tanpa landasan iman. Fathir: 36. "(Perkataan Thalq bin Habib) „di atas cahaya dari Allah".s. c£)i4 cLU As" ii>!ip Jjjl ^dAi LJS ^iJl /IP ilili^ Sj jjjdii j^iJp ^. juga diperlukan ilmu. Barangsiapa meninggalkan amal. maka demikian juga untuk mengetahui iman. (TuhfatulAhbab. keluarkanlah kami. yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga. lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amalnya dengan cukup. tetapi bila didatanginya air itu. maka amalan itu tidak akan diterima oleh Allah. 1/402). dan tidak (pula) diringankan dari mereka adzabnya.jii ji /jls" ^Jdi I2j iy DjijLJVi jAj {36} jijlS 5^ {33} j.^' j» (jj^-JUilJ Ldi jijA JjjDl j-Sji\-Jt-J /SJJ ji A-S JSjJilJ» jSjdAJ Dan orang-orang kafir. Demikianlah Kami membalas setiap orang yang sangat kafir. Dan didapatinya (ketetapan) Allah di sisinya.^2. 37 | D i s a l i n d a r i w w w .s. hlm. "Pondasi takwa adalah. (Q. bagi mereka neraka Jahannam. 10-11). dan yang menjadi pendorongnya". yang merupakan sumber amalan. dan Allah sangat cepat perhitunganNya. Dia berfirman. k h o t b a h j u m a t . niscaya kami akan mengerjakan amal shalih berlainan dengan yang telah kami kerjakan". maka dia akan menyesal. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati. (sebagai) isyarat kepada iman. amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar.oL-sji 0Jjip Aiil Dan orang-orang yang kafir. kemudian dia menjaga diri (darinya)". (Jami'ul Ulum wal Hikam. oliJ-I ^J-J0 <^ j Ai Lio. Seseorang yang melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan. Imam Ibnul Qayyim rahimahulalh menyatakan.2^ S j^J. an Nuur: 39).-. (Q. 37). maka rasakanlah (adzab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zhalim seorangpenolongpun. Sebagaimana syarat amal adalah ilmu. tentang iman.

31). iLSj. bahwa Rasulullah bersabda. tentang ikhlas. „Aku dipersekutukan.P & 'i y ^' i J-Jj-^! ^iJJ jAj Ala litl ^jj-P i/M S^dP J ( jdi l/ljl j^P Dari Abu Hurairah. Demikianlah sedikit khutbah yang kami sampaikan. c o m .JJT JP. no.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . kemudian istiqamah mengamalkannya.UstadzMuslim. Kita mengetahui. JT jjpj idii. Ibnu Majah. JP ijlij j-A/ji JJT JP cuio LdSidi.r.com dan Anggota Sidang Redaksi Majalah As-Sunnah) Dipublikasikan dalam bentuk ebook oleh www. Barangsiapa beramal dengan amalan untuk-Ku. Dan semoga kita selalu bertakwa kepada Allah Ta'ala sampai kita menghadap-Nya dalam keadaan Islam. "Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. Dishahihkan oleh al Albani di dalam Shahih Targhib wat Tarhib. Jama'ah Jum'at yang berbahagia.KhotbahJumat.com dengan penyuntingan bahasa oleh redaksi KhotbahJumat.KhotbahJumat.'" (H. no.p-P JL^ s 0 JL*. Artikel www. bahwa amalan yang tidak ikhlas. k h o t b a h j u m a t . merupakan isyarat terhadap ikhlas. juga akan ditolak oleh Allah. maka Aku berlepas diri darinya. padahal (Aku) tidak membutuhkan persekutuan. J ' yy «L>L_&jji c—»! ddJi A-a^j CIAJJ________________________S j—a 1—3 v— Aj Hio J—A ii jL_Ai 1_______ijjii J S 1—% Hii3 j. dan "takut siksa Allah" ketika meninggalkan kemaksiatan.Volume 1 Ketiga.com.AJl j* AiJ^ LdS /Oi Il-ip Sj lISj LitL^! -J! TLij oi TlUljj 'S l2j ^jiil jip li/V^ii liSjaa ^J! I^jij ii /iP j LIP j A? ii Aiii 'S la lili Sj l2j Penyusun: Ustadz Muslim al-Atsari (Pengasuh Website www.dJji auJlAJl c? j-A/Ji JT JJP oijli idi" Jdii S y y y 0 y y * * °. dan amalan itu untuk yang telah dia sekutukan. Perkataan Thalq bin Habib "mengharapkan rahmat Allah" ketika mengamalkan ketaatan. dia menyekutukan selain Aku di dalam amalan itu.com 38 | D i s a l i n d a r i w w w .IiJl ^J-P-! Li! £jjtj jp UJI JlJ jJli -jJLJ'j AI-JP AJJI y ¿1 o 'i /'i y & s / s / & y i « i « i '*' - AJJ! JjJj o! S/J/A J-! J.uti JP J-. Semoga dapat mendorong kita untuk giat menuntut ilmu agama. 4202 dan lainnya.

yakni dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Di antaranya adalah banyaknya kaum muslimin di masa sekarang yang mulai meremehkan dan menyia-nyiakan salat. sahabat. beserta keluarga. yaitu sebuah realita banyaknya orang yang mengaku beragama Islam namun tidak memahami hakikat agama Islam yang dianutnya. Selanjutnya marilah kita meningkatkan takwa kita kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan sebenar-benar takwa.cjlAJl <jS\il jAj AJ dJu/S 'S OJ^J ¿1 Si AJi 'S D! 14-^!. k h o t b a h j u m a t . jjiS" Ai^?V. Kaum muslimin „azzakumullah Di zaman yang semakin dekat dengan hari akhir ini. hidayah dan berjuta kenikmatan tak terhingga yang telah Dia anugerahkan kepada kita semua.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .cjiJNJI yUAi j o jii :lAi j»! cj/JiS" Ldlio U/ wi j ^cjlil £^4-3! -JIJ0 Jji1^! AjLJs-Oj AJT Ma'asyiral muslimin rahimakumullah Peliharalah semua shalat(mu). Salawat dan salam semoga selalu tercurahkan ke haribaan baginda Rasulullah shalallahu „alaihi wa sallam. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu' (QS. Al-Baqarah: 238). bahkan tidak sedikit dari mereka yang berani meninggalkannya dengan sengaja dan terang-terangan. dan semua orang yang mengikutnya hingga hari kemudian. bahkan tingkah laku keseharian mereka sangatlah jauh dari nilainilai Islam itu sendiri. kita menyaksikan suatu fenomena memprihatinkan yang menimpa kaum muslimin. dan (peliharalah) shalat wusthaa. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta'ala atas segala karunia. c o m . Padahal 39 | D i s a l i n d a r i w w w .Volume 1 Jangan Pernah Tinggalkan Salatmu ^LAJVIJ jjli- Jyf.c^jj-l-j ji^-! c? <l)Li«iVI j^Ji1 (jJ-UlAJl OJ AJU ldii-l 1^!.

Volume 1 dalam Agama Islam.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . k h o t b a h j u m a t . c o m . salat memiliki kdudukan yang tidak 40 | D i s a l i n d a r i w w w .

al-Bukhari dan Muslim) Salat juga merupakan amal pertama kali yang akan dihisab di Hari Kiamat kelak. sebagaimana Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. bahwa Rasulullah shalallahu „alaihi wa sallam bersabda. Setelah beliau sampai di Sidratul Muntaha. di mana agama ini tidak akan tegak kecuali dengannya.j Ul Ai ¿1—Ji^Ai) Si j/a Iaj "Dan tidaklah mereka disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepadaNya dalam menjalankan agama dengan lurus.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Ad^ltjis ddJij SjSpil j-j^jjj ijit?il jdJajj ILA!>. k h o t b a h j u m a t . At-Tirmidzi no.AlJl "Aku telah diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwasanya tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. tiangnya adalah salat. Yang demikian itu menunjukkan bahwa betapa agung kedudukan ibadah salat dalam Islam." (QS. maka mereka menjaaga darah dan harta mereka dariku kecuali dengan hak Islam. dan perhitungan mereka diserahkan kepada Allah. c o m . dan yang demikian itulah agama yang lurus. dan puncaknya adalah jihad di jalan Allah" (HR. Sidang Jumat yang dimuliakan Allah Salat adalah ibadah yang pertama kali diwajibkan setelah ikhlas dan tauhid. ¿1 J SlgJr! AaliJ Sijij SSjdpj f>bVI /Al i-j "Pokok agama adalah Islam (berserah diri). seperti tersebut dalam hadis dari sahabat Abu Hurairah. Al-Bayyinah: 5) Dan sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu „alaihi wa sallam. dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat. c&Caii jdJ^j c A3JI JJJJJ I Adi o!j AII Si AJi 'S o! -j 14% ^ilsi jjiit o! «i/a! . 26160). 41 | D i s a l i n d a r i w w w .Volume 1 bisa ditandingi oleh ibadah lainnya. Apabila mereka melakukan itu. karena ia adalah tiang agama. Dalam suatu hadis sahih Rasulullah shalallahu „alaihi wa sallam bersabda." (HR. Allah Subhanahu wa Ta'ala berbicara langsung kepada Rasulullah shalallahu „alaihi wa sallam. kemudian mendirikan salat dan menunaikan zakat. Keistimewaan tersebut tergambar dengan peristiwa isra' dan mi'raj dimana Rasullah shalallahu „alaihi wa sallam menerima wahyu perintah salat.

" Adapun di dalam Sunah disebutkan bahwa orang yang meninggalkan salat diancam akan dikumpulkan bersama Qarun. Beliau shalallahu „alaihi wa sallam bersabda.Volume 1 oi— c^-j ^J-ji Ali oli CAJS^O AJ. y &y y y^ "Barangsiapa yang menjaganya (salat fardhu) maka pada Hari Kiamat dia akan memperoleh cahaya. Dalam surat Al-Mudatstsir ayat 42-43 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.IP ja A-iiii-ii jji JIAJI A? i4 ia JJj! oi j "Sesungguhnya yang pertama kali dihisab dari amal seorang hamba pada Hari Kiamat adalah salat. no. Alquran dan Sunah yang sahih memberikan ancaman keras bagi orang yang meninggalkan salat. 413) Di samping itu. s* ° * y '. maka ia telah berbahagia dan sukses. dan tunaikanlah kewajiban kalian terhadap budak-budak yang kalian miliki. salat adalah wasiat terakhir Rasulullah shalallahu „alaihi wa sallam kepada umatnya. Haman. k h o t b a h j u m a t .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Apabila salatnya baik. "Wasiat terakhir Rasulullah shalallahu „alaihi wa sallam adalah „Kerjakanlah salat. dan Ubay bin Khalaf. jj! Ai JjS\i J^U. sebagaimana telah diriwayatkan dari Ummu Salamah bahwasanya ia berkata. bukti nyata (yang akan membelanya)." (HR. bukti nyata (yang akan membelanya). *y y t. Kerjakanlah salat.ja l-g-jip -Jajli! °J jas cA-alj^I jji 3Ls4j i s y y y ° IJLAJJJ jj! Ai C-iLS" ig-jip & /. 25944) Hadirin yang Dirahmati Allah Inilah gambaran agungnya kedudukan ibadah salat dalam agama Islam yang kita anut.y y "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (Neraka) ?" Mereka menjawab. Dan barangsiapa yang tidak menjaganya. "Kami dahulu (di dunia) tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan salat. dan 42 | D i s a l i n d a r i w w w . Ahmad. maka ia telah celaka dan rugi. tetapi apabila salatnya jelek. no." (HR. c o m . Firaun. maka dia tidak memiliki cahaya. dan keselamatan. AtTirmidzi.

no. Para ulama juga berbeda pendapat tentang hukuman yang layak bagi orang yang meninggalkan salat. 2851). Akan tetapi jamaah sekalian. terlepas dari perbedaan pendapat para ulama tentang hukum dan hukuman bagi orang yang meninggalkan salat dengan sengaja. Ahmad." (HR. Kebutuhan hati ktia harus dipenuhi dengan banyak berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Hal. Berbeda dengan orang yang salat. dan Ubay bin Khalaf. meskipun secara lahiriyah hidupnya kaya raya dan mempunyai harta yang berlimpah. Sahih Ibnu Hibban. Hadirin rahimakumullah Perhatikanlah orang-orang yang tidak salat! Hidupnya tidak mengalami ketenangan. Orang yang meninggalkan salat akan mendapatkan hukuman dan kemurkaan Allah di dunia dan di Akhirat. 2721.' Didhaifkan oleh al-Albani di dalam Dhaif al-Jami no. Melaksanakan salat dapat menenangkan hati. Jama'ah Jum'at hafzhakumullah Lantas. Sehari saja manusia tidak makan. bukan karena murtad. Sehingga Ibnu Qayyim berkata. 6540. 9).Volume 1 keselamatan. Sementara yang lain menyatakan bahwa hukumnya masih berada di bawah kesyirikan dan kekafiran. hendaknya seorang muslim merasa takut apabila keislamannya diperdebatkan oleh para ulama dengan sebab meninggalkan salat. "Orang yang meninggakan salat telah berbuat dosa besar daripada berzina. no. 1476. Ad-Darimi. k h o t b a h j u m a t . Sebagian mereka berpendapat bahwa hukumannya adalah didera dan dipenjara. c o m . Haman. maka badannya akan terasa lemas dan tidak berdaya. Kebutuhan jasmani terhadap makanan harus dipenuhi. Firaun. Syu'aib al-Arna'uth mengatakan Tsnadnya sahih. apa hukum orang yang meninggalkan salat? Seluruh ulama umat Islam sepakat bahwa orang yang meninggalkan salat karena mengingkari kewajibannya adalah akfir. dan minum khamar. Meski seharusnya sudah cukup bagi kita untuk merasa takut jikalau meninggalkan salat dikarenakan ancaman yang begitu keras dari Allah Subhanahu wa Ta'ala maupun dari Rasulullah shalallahu „alaihi wa sallam. namun mereka sama sekali tidak mengalami ketenangan dan tidak juga kenyamanan. mencuri. Namun kemudian mereka berbeda pendapat tentang orang yang meninggalkan salat tanpa mengingkari kewajibannya. dan di antaranya adalah dengna mengerjakan salat. ia merasa tenang dan bahagia. sedangkan yang lain mengatakan bahwa ia harus dibunuh sebagai hukum had baginya. sebagaimana Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. serta pada Hari Kiamat dia akan (dikumpulkan) bersama Qarun. karena di dalam salat mengandung dzikrullah (mengingat Allah) dan itu mebawa kepada ketenangan batin. no. sebagaimana kesehatan rohani juga harus dipenuhi. layaknya makan dan minum sebagai kebutuhan lahirnya.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Makan adalah hajat manusia dan penopang kesehatan badannya. Salat adalah kebutuhan batin seorang hamba. Di antara mereka ada yang berpendapat bahwa ia telah kafir dan keluar dari Islam. 43 | D i s a l i n d a r i w w w ." (Kitab Ash-Shalah wa Hukmu Tarikiha.

Berapa pun panjangnya usia kita. serta mengabaikan jalan yang lurus dan sesuai dengan logika akal manusia. Salat wajib yang lima waktu harus tetap dikerjakan. dalam khutbah yang singkat ini khatib ingin menasihati khatib pribadi dan jamaah sekalian janganlah sekali-kali kita meremehkan salat apalagi meninggalkannya.-JS&t /iij oLVi ¿2 -Jssiij ¿£¿113 'é^°t oiyOt j jjjCj ^ At ijij KHUTBAH KEDUA oiip t iJ. Tunaikanlah salat karena ajal begitu dekat. bagaimana pun kondisi kita. hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. Oleh sebab itu hadirin sekalian. k h o t b a h j u m a t . jjii . Segeralah bertaubat sebelum pintu-Nya tertutup rapat. ketakutan. Berbeda dengan orang yang enggan salat. Laksanakanlah perintah-Nya selagi amal masih dicatat. Sementara perjalanan yang satu ini adalah perjalanan yang sangat panjang dan tidak akan kembali lagi. J. Dan setiap orang yang mengadakan perjalanan pasti membutuhkan bekal. namun kita meyakini bahwa kita pasti akan meninggalkan dunia yang fana ini. Hidupnya mengalami waswas. > o f J. Ar-Ra'd: 28) Jiwa orang yang melakukan salat akan mengalami ketenangan dan akan mendapatkan thuma'ninah dalam hidup. ° s' J^ JidJjjj jati jM«j-it "Ketahuilah. tidak tentang. Logika manakah yang mebenarkan diperbolehkannya meninggalkan salat bagi orang yang sehat. dalam keadaan safar maupun bermukim. Bagaimana pun keadaan yang kita alami. Jadilah kita termasuk hamba-hamba Alah yang selalu menjaga salat.Volume 1 *J 0 J. dan selalu diganggu oleh setan." (QS.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Baik ketika sehat ataupun sedang sakit. sementara orang yang sakit saja diwajibkan untuk mengerjakannya? Ini menunjukkan bahwa orang yang meninggalkan salat cenderung menuruti hawa nafsunya. Barangsiapa yang dalam perjalanan 44 | D i s a l i n d a r i w w w . 0 / 1 O / 'g. maka salat wajib kita lakukan. niscaya orang yang sedang sakit tidak akan diperintahkan untuk mengerjakannya. mengikuti keinginan syahwat. c o m .D! i^j At Si Aii S D! i^t AJ Sté ¿¿5 AJ Sté At 0 J4J Ma'asyiral muslimin a 'azzanallah waiyyakum Jika meninggalkan salat memang perkara yang boleh disepelekan atau ditolerir. karena kita tidak tahu berapa umur kita yang tersisa. Jadilah hamba yang taat demi meraih surga-Nya yang penuh dengan nikmat.

khotbahjumat. Mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan hidayah pada segala urusan kita dan memberikan petunjuk kepada kita semua dalam menapaki jalanNya yang lurus. bukan.Volume 1 tersebut tidak memiliki bekal. Bagaimana seseorang selalu lalai. Tiba-tiba saat ia dipanggil untuk memenuhi janji yang tidak dapat ditunda-tunda (kematian). dan para syuhada. c o m . orang-orang yang jujur. hanya saja yang ia dapati cuma tanah yang menghimpitnya. -4-^ itp-VI oli*jiJj (ji^jiij j (ji»JjdLU Jipl j*4-Ui- Sumber: Kumpulan Khutbah Jum'at Pilihan Setahun. Jilid 2. k h o t b a h j u m a t .com 45 | D i s a l i n d a r i w w w .khotbahjumat.com Artikel www. jalan orang-orang tersesat. wal'iyadzu billah. Darul Haq dengan beberapa penyuntingan seperlunya oleh redaksi www. jalan orang-orang yang Allah berikan nikmat kepada mereka. maka ia pun kemudian mencari bekal. Mudah-mudahan Allah memberikan kita petunjuk untuk melaksanakan salat yang lima waktu dan melaksanakan kebaikan sesuai dengan syariat. Mudah-mudahan Allah menjadikan hari-hari kita penuh dengan amal saleh yang akan membawa kita kepada kebahagiaan dan ketenangan di dunia dan di akhirat.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . serta orang-orang yang saleh. jalan para nabi. sementara ia tidak mendapatkan orang yang dapat menyelematkannya atau menolongya. maka ia berarti telah menderita kerugian yang tak akan tergantikan dan tidak ada bandingannya. sementara usianya berlalu bagaikan awan yang berarak di angkasa.

Allah Subhanahu wa Ta'ala telah mewajibkan kepada kita untuk menjalankannya lima waktu dalam sehari semalam.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan untuk mengerjakannya tidak hanya sekali dalam sehari. sehingga akan menghilangkan kotoran-kotoran yang melekat di badannya. Hadirin rahimakumullah. yaitu kewajiban shalat. pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya. maka mereka kelak akan menemui siksa yang sangat keras dan berlipat-lipat. beriman dan beramal saleh. Dan marilah kita selalu menjalankan dan menjaga kewajiban-Nya yang paling besar setelah dua kalimat syahadat. ^a Vi {59} lfp Ojjtii C-?j-^3 Oljg-Jijl l^iijj 0*^ y? i I l^pli-?! lili{60} LLJ^ Ojii^jVj AJ^I D^I^JJ dJijVjti U-U? jaIij jlAi ^a Ijlii i e Maka datanglah sesudah mereka. c o m . Karena agung serta butuhnya seseorang terhadap kewajiban ini. Sebagaimana tersebut dalam firman-Nya. Hanya saja dosa-dosa yang dihapus adalah dosa-dosa kecil.Volume 1 Pentingnya Shalat Berjamaah V ol^j Al Vi Aii V ot Ig^tj c^jij 1^43 44 ISjl^ y? I^sf IJC^ AIJ lliI Ma'asyiral muslimin rahimakumullah. pada waktu-waktu yang tidak merugikan sedikit pun bagi aktivitas kita. 46 | D i s a l i n d a r i w w w . maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikit pun. akan menghapus dosa-dosa seorang muslim yang selalu menjalankan dan menjaganya. Kecuali orang yang bertaubat. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menyebutkan ancaman yang sangat keras bagi orang-orang yang meremehkan kewajiban shalat. Tentu saja ini menunjukkan betapa besarnya kewajiban ini di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Bahkan. adalah apa yang disebutkan oleh Al-Imam Al-Bukhari dan Muslim rahimahumallah dalam Shahih keduanya. yaitu bahwa Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam menyerupakan shalat lima waktu dengan sungai yang mengalir di depan pintu seorang muslim dan digunakan untuk mandi sebanyak lima kali dalam sehari. k h o t b a h j u m a t . (Maryam: 59-60) Di antara hal yang juga menunjukkan betapa agungnya keutamaan shalat. Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan sebenar-benar takwa. sangat membantu dan menguntungkan kegiatan kita sehari-hari. Begitu pula shalat lima waktu.

maka mereka adalah saudara kalian seagama. "Sesungguhnya (yang membedakan) antara seseorang dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan shalat. Tidak boleh pula kita menikahkan anak-anak perempuan kita dengannya. Begitu pula. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. sudah seharusnya kita membencinya dan meninggalkannya serta menjauhinya. riba. "Sungguh." Saudara-saudaraku kaum muslimin rahimakumullah. serta menunaikan zakat. ketika kita dapatkan sebagian kaum muslimin tidak memerhatikan. "Dan jika mereka mau bertobat dan menegakkan shalat." (At-Taubah: 11) Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. menipu dalam jual beli dan semisalnya. serta ijma' sahabat telah menunjukkan kafirnya orang yang meninggalkan shalat. maka tidak akan terhapus kecuali dengan bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Begitupula shalat adalah perkara yang membedakan antara seorang muslim dengan orang kafir. k h o t b a h j u m a t . memakan harta anak yatim. serta tidak dikubur di pemakaman kaum muslimin. kita tidak boleh lagi memakan daging hewan sembelihannya.R. Maka. c o m . Oleh karena itu.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . dalil-dalil yang ada menunjukkan bahwa meninggalkan kewajiban ini tanpa ada sebab yang syar 'i adalah dosa besar. Apabila dia mati dan belum juga bertobat. Sehingga sebagai akibat dari hukum tersebut. berdusta. maka mayatnya tidak perlu dimandikan. selama dia tidak mau menerima nasihat dan terus-menerus dalam keadaan demikian." (H. bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah memerintahkan kepada kita shalat lima waktu juga mewajibkan bagi kita untuk menjalankannya secara berjamaah. Ma'asyiral muslimin rahimakumullah. Muslim) Bahkan. serta tidak berhak baginya untuk menerima harta warisan. 47 | D i s a l i n d a r i w w w . Sehingga di mata mereka. Hal ini sebagaimana disebutkan di dalam ayat-ayatNya dan hadits-hadits Rasul shallallahu „alaihi wa sallam. bahkan seolah-olah tidak tahu kewajiban shalat lima waktu ini. Hal ini disebutkan di dalam firman-Nya. Padahal. orang yang sama sekali tidak mau mengerjakan shalat dan tidak mau diingatkan untuk menjalankannya dihukumi sebagai orang kafir yang keluar dari Islam. mencuri. sungguh merupakan kenyataan yang sangat mengherankan dan menyedihkan. dikafani. serta konsekuensikonsekuensi lainnya. Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya telah menjelaskan bahwa orang yang tidak mengerjakan shalat adalah bukan saudara kita seiman. Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan. Al-Kitab dan As-Sunnah. shalat lima waktu seperti amalan yang tidak ada nilainya. dan dishalati. Ketahuilah.Volume 1 Adapun dosa-dosa besar seperti durhaka kepada orangtua. Bahkan.

k h o t b a h j u m a t . mereka terburu-buru ketika menuju masjid. "Aku mendengar panggilan untuk menghadap-Mu ya Allah. namun menundanya sampai menjelang atau saat iqamah dikumandangkan." Bahkan. Yaitu malaikat akan memintakan ampun dan rahmat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala untuknya selama dia (tidak) terkena hadats. namun aku tidak akan memenuhinya." (H. berjalan dengan tenang tanpa melakukan gerakan yang tidak diperlukan. hal ini terjadi pada sebagian orang yang bertempat tinggal di sekitar masjid. Begitu pula. Di antaranya Rasulullah shallallahu „ alaihi wa sallam bersabda. Yang demikian ini tentu menunjukkan lemahnya iman.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Mereka mendengar azan dikumandangkan. Wal „iyadzubillah (Kita berlindung kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala). namun tidak mau memenuhi panggilan azan tersebut untuk segera menuju ke masjid. terluput pula dari mereka keutamaan yang besar bagi orang-orang yang menunggu shalat di masjid. ketika kita dapatkan banyak di antara kaum muslimin yang meremehkan kewajiban ini. ketahuilah bahwa Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam di dalam hadits-haditsnya telah menjelaskan kepada kita tentang aturan-aturan yang berkaitan dengan shalat berjamaah. c o m . Banyak hadits-hadits yang menunjukkan kewajiban ini. Rumah mereka di dekat masjid. kami yakin bahwa apabila mereka dipanggil untuk mendapatkan dunia. Al-Bukhari dan Muslim) 48 | D i s a l i n d a r i w w w . dan menunjukkan bahwa dunia lebih mereka utamakan daripada akhirat. Selanjutnya. Padahal dia dalam keadaan sehat dan kuat.Volume 1 "Dan tegakkanlan shalat dan tunaikanlah zakat dan rukuklah bersama-sama orang yang rukuk. atau kalau tidak demikian sungguh Allah akan menjadikan wajahwajah kalian saling berpaling. namun hatinya jauh dari masjid. Hal ini tentu menyelisihi aturan Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam dalam adab berjalan ke masjid. Hal ini sebagaimana tersebut di dalam hadits Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari dan Muslim. Mereka tidak segera mempersiapkan diri untuk pergi ke masjid. ataupun melihat ke kanan dan kiri tanpa ada keperluan. Hadirin rahimakumullah. Sehingga. "Sungguh luruskanlah shaf-shaf kalian. dan menghadirkan hati untuk menghadap kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Maka. namun diiringi rasa malas. Seakan-akan dia mengatakan. Yaitu. tentu saja merupakan kenyataan yang memprihatinkan. tentu mereka akan segera mendatanginya kapan saja tanpa ada rasa malas.R. meskipun harus antri dan memakan waktu berjam-jam. Di antaranya adalah kewajiban meluruskan dan merapatkan shaf." (Al-Baqarah: 43) Maka. Saudara-saudaraku kaum muslimin rahimakumullah Sebagian yang lain dari kaum muslimin ada yang berangkat ke masjid. Padahal. mereka akan mau menunggunya tanpa rasa bosan.

maka beliau shallallahu „alaihi wa sallam memerintahkannya untuk mengulanginya. Allah berfirman. Karena shalat merupakan penghubung antara seorang hamba dengan Rabb-nya. mereka itulah golongan yang mengikuti setan. dan dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah) Dan di antara kewajiban yang juga harus diperhatikan berkaitan dengan shalat berjamaah adalah kewajiban bagi makmum untuk mengikuti gerakan imam. Abu Dawud dan yang lainnya." (H. k h o t b a h j u m a t . sehingga melupakan kita dari menjalankan dan menjaga kewajiban-kewajiban-Nya." (Al-Mujadilah: 19). c o m . Sehingga shalat adalah tolok ukur yang menunjukkan tingkatan keislaman seseorang. dan gerakan lainnya. Janganlah kita menjadi orang-orang yang tertipu oleh godaan setan. sujud. sudah semestinya bagi imam dengan dibantu oleh para makmum untuk memerhatikan kewajiban ini. Begitu pula tidak mendahuluinya ketika mengucapkan takbir dan tidak terburu-buru mengucapkan 'amin' sebelum imam menyempurnakan bacaan Al-Fatihah. "Tidakkah salah seorang dari kalian takut apabila mengangkat kepalanya mendahului imam. marilah kita berusaha untuk menjaga kewajiban shalat lima waktu secara berjamaah di masjid. "Bahwasanya. Sehingga tidak boleh baginya untuk mendahului imam ketika rukuk. Nabi shallallahu „alaihi wa sallam bersabda.R. Hal ini sebagaimana tersebut di dalam hadits Nabi shallallahu „alaihi wa sallam. "Setan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa dari mengingat Allah. Hadirin rahimakumullah Di antara aturan yang juga harus diperhatikan dalam shalat berjamaah adalah tidak diperbolehkannya bagi seseorang untuk berdiri sendiri di belakang shaf ketika sedang menjalankan shalat berjamaah.Volume 1 Maka. Nabi shallallahu „alaihi wa sallam melihat seorang laki-laki shalat sendirian di belakang shaf. Ketahuilah bahwa sesungguhnya golongan setan itulah golongan yang merugi. 49 | D i s a l i n d a r i w w w . sehingga Allah akan mengubah kepalanya menjadi kepala keledai atau Allah akan mengubah tubuhnya menjadi tubuh keledai?" (Muttafaqun 'alaih) Hadirin rahimakumullah Akhirnya.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .

" (Al-Baqarah: 197) Hadirin rahimakumullah Sesungguhnya. 50 | D i s a l i n d a r i w w w . serta merasa nikmat ketika membaca ayat-ayat dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala sediakan neraka sebagai tempat untuk mengazab hamba-hamba-Nya yang bermaksiat kepada-Nya. Sehingga ketika menjalankannya. Dan menjadikannya seakan-akan kenikmatan surga bagi hatinya. sehingga orang yang melakukan shalat tanpa khusyuk tidak termasuk orang-orang yang dijanjikan akan mendapatkan keberuntungan. rukun-rukun dan kewajiban yang berkaitan dengan shalat. Dan sebaliknya. k h o t b a h j u m a t . hadirnya hati. serta sunnah-sunnahnya. Kehidupan yang Allah Subhanahu wa Ta'ala telah janjikan bagi orang-orang yang bertakwa dengan kenikmatan surga di sana. khusyuk adalah ruh shalat. Dia merasa telah keluar dari kesempitan kehidupan dunia yang seakan-akan merupakan penjara bagi dirinya. Yaitu orang-orang yang merasakan shalat itu sebagai penyejuk matanya." (AlMu'minun: 1-2) Hadirin rahimakumullah. Allah Subhanahu wa Ta'ala mengaitkan keberuntungan bagi orang-orang yang shalat apabila dilakukan dengan khusyuk. keutamaan yang besar yang telah Allah Subhanahu wa Ta'ala janjikan bagi orang-orang yang menjalankan kewajiban shalat akan diperoleh apabila shalat tersebut dilakukan dengan mencontoh tata cara shalat Nabi shallallahu „alaihi wa sallam. Sehingga.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Yaitu orang-orang yang khusyuk di dalam shalatnya. dia merasa berat untuk keluar darinya. sebagai bekal yang akan kita bawa untuk kehidupan yang sesungguhnya nanti di akhirat. Begitu pula dilakukan dengan penuh khusyuk yang di antara tandanya adalah tenangnya anggota badan. berbahagialah orang-orang yang mencintai shalat. Bahkan.Volume 1 KHUTBAH KEDUA Saudara-saudaraku kaum muslimin rahimakumullah Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Karena ketika menjalankannya. Yaitu orang-orang yang merasa sangat berat untuk menjalankannya. sungguh celakalah orang-orang yang tidak mencintai dengan sebenar-benarnya kewajiban yang besar ini. Sungguh. Yaitu dengan memerhatikan syarat-syarat. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. dan memerhatikan. dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. "Berbekallah kalian. "Sungguh. c o m . beruntung orang-orang yang beriman. dia menjadikan shalat sebagai saat beristirahat dari capainya urusan dunia.

I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Itupun ketika dia mengerjakannya dengan tidak menghadirkan hatinya.com Artikel www. i . c o m .JUJI i JT Jpj r^Ai^ji ¿10 ui" jiit JT UJipj ji-ii ^IP 5-0 p4^I ii ^ ii ^ . bahkan mungkin di luar waktu. k h o t b a h j u m a t .KhotbahJumat. Disalin dari kumpulan Khutbah Jumat Majalah Asy-Syariah Edisi 33 disertai penyuntingan bahasa oleh Tim Redaksi KhotbahJumat. serta keluar darinya.OiS/L^^lJlj iSjliI Jitj 3^iJj ptSf jpt Penulis: Al-Ustadz Saifuddin Zuhri. Lc.com 51 | D i s a l i n d a r i w w w . JL*.Volume 1 Sehingga dia pun selalu menjalankannya di akhir waktunya. yang hadir saat itu adalah hal-hal yang berkaitan dengan dunianya.J L£ U JUi 55" J ^^lldJI Jlj^t ^I0t ^UI . Bahkan. Ketika menjalankannya pun tidak memerhatikan rukun-rukunnya dan ingin segera selesai.

4JJI lj.Volume 1 Manfaatkan Nikmat Kehidupan S oJJ^-j 41JI Si AJi S OI igiij . Ojd-L^jO f-* j Si j-j-* Sj AJLIJ Jp.4J 5^ ^1^4 jjaj .J^^' jji jlJ J-fl3 AJj-iVjj AJU I ^Js-i ! JjtJ ijaI .|pJb Kita hidup di dunia ini. c o m . Dan merupakan sesuatu yang tidak kita ketahui secara pasti. LLij f>4ip Ol55 AJU I Oi ^U-j V j 4J OjJlldJ oJUI AJU I JUj 1L*Jj f^Jp .jI j—Jo! JJ^jiI L—jI li K' s / / 6 ¿1 'i / * s ^ )6' . Kita tidak mengetahui kapan dan dimana ajal akan menjemput.fl.jliiI J AlSC? Ma'asyiralmuslimin rahimakumullah. Yang kedua. yaitu waktu yang akan datang.AJ ^ 5^ 41JI oAg! jjJ . AJ6C? APJJ £)Jj . Kita hidup diantara tiga masa. masa lalu yang telah lewat yang tidak mungkin kembali lagi. Yaitu. . Allah berfirman. 52 | D i s a l i n d a r i w w w . diwajibkan oleh Allah untuk beribadah hingga kematian menjemput. k h o t b a h j u m a t . U.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .

Kemudian Rasulullah menyatakan.Volume 1 I Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. diriwayatkan Imam Al-Hakim dan Imam Abu Nu'aim dalam Al-Hilyah. Karena pada masa muda. Dalam hadits shahih. Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Ali Imran: 185) Menghadapi kematian ini. Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam telah memberikan penjelasan dan nasihat. waktu kita. Bisa melangkah dan melaksanakan apa yang diinginkan. Pertama. Kedua. Hendaklah engkau manfaatkan lima keadaan sebelum datangnya lima keadaan yang lain. Karena hidup ini merupakan modal kita. 53 | D i s a l i n d a r i w w w . hendaklah kita manfaatkan hidup ini sebaik-baiknya sebelum datang kematian. pasti akan menghadapi maut.pun yang tahu di bumi mana ia akan meninggal. Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam menasihati seorang Arab gunung yang datang kepadanya. Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. Dan setiap kita.s. Kehidupanmu sebelum kematianmu. k h o t b a h j u m a t . Masa mudamu sebelum datang masa tuamu. Berbeda dengan orang yang sudah tua. Barangsiapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukakn kedalamsurga maka sungguh ia telah beruntung. sehat. seseorang masih memiliki tubuh yang kuat. tempat menanam amal-amal kebaikan. Kemudian Rasulullah menyatakan. (Q. Oleh karena itu. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. c o m .

kecuali orang-orang yang menderita sakit. (Q. Allah menyatakan di dalam firman-Nya. Yaitu kesehatan dan waktu luang. Al Baqarah: 254). Keempat. maka dia bisa memanfaatkan harta yang diberikan oleh Allah untuk kebaikan sebelum didatangi ajal.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Sehingga menyesali apa yang telah dilalaikannya. Kebanyakan orang menggunakan masa luangnya dengan kegiatan sia-sia. Belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari. Ketika seseorang kaya. Dua kenikmatan. dan tidak ada lagi syafa'at. Sehat merupakan nikmat yang besar. Sehingga dia rugi dan tertipu. yang kebanyakan manusia mengalami kerugian dan tertipu (dengan) kedua kenikmatan tersebut. orang-orang yang beriman. Masa luangmu sebelum masa sempitmu. Apiti Sj Ali-Sj Hai. diriwayatkan Imam Bukhari dalam kitab Ar Riqaq. Kemudian Rasulullah menyatakan.s. Kemudian Rasulullah memberikan nasihat lainnya.Volume 1 Ketiga. kekayaan yang melimpah dan tidak ada yang bisa mengetahui nilainya. yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi persahabatan yang akrab. Ingatlah. 54 | D i s a l i n d a r i w w w . Masa kayamu sebelum masa fakirmu. Kelima. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim. atau sebelum datang hari kiamat. Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. c o m . Kesehatanmu sebelum sakitmu. k h o t b a h j u m a t .

lalu dia berkata. AI Jijtll j j IjA (J^ji Jj-5 I o KHUTBAH KEDUA j AJ l)u>S oJ£j AI Sl AJI 'S OI ig-it AJ <^lA 5^ Jp4 jj* j AJ ^ 5^ AI Ag! Jama'ah Jum'at rahimakumullah. Imam Adz-Dzahabi menyebutkan kisah dari seorang alim. mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat. (Q. Sungguh. c o m . segera memenuhi panggilan Ilahi. Disebutkan. Bagaimanakah cara mereka memanfaatkan waktu hidupnya. 55 | D i s a l i n d a r i w w w . Begitu cepatnya AsSalafush Shalih menyambut perintah Allah. bagaimana kematian pasti akan mendatangi manusia. Allah berfirman. maka ia segera meletakkan palunya. Apabila mendengar adzan berkumandang. -Jp-^jJI JJJ-*JI JA 4jj j (J. Telah kita ketahui. yaitu para salafush shalih. kita akan takjub dan terkagum. dan ia tengah menggunakan palunya. Mereka sangat memperhatikan masalah ini. k h o t b a h j u m a t . Haruslah waspada. "Ya Rabb-ku. Al Munafiqun: 10). serta menghentikan diri dari berbagai kemaksiatan. penyesalan yang telah lewat masanya tidak lagi berguna. yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shalih". Mudah-mudahan peringatan Allah tentang kematian dan penyesalan orang yang kedatangan kematian karena tidak memanfaatkan hidup dengan sebaikbaiknya ini. yaitu Ibrahim bin Mihran. J_J-I Jl ^JiI SjJ s-'j <JJflJ^ oJ-JJI plli-I OI JIS j* —Si—ijju j* JliiIj Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang diantara kamu. Hendaklah setiap orang menggunakan umur dan hidupnya dengan sebaik-baiknya. Pada saat itu.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .Volume 1 Dalam ayat yang lain.s. dapat mendorong dan selalu memacu kita untuk menambah ketaatan kepada Allah. Lihatlah teladan yang utama. pekerjaan Ibrahim bin Mihran ialah sebagai tukang kayu.

dan lain sebagainya. Cobalah hentikan matahari dan aku akan berbicara denganmu". Akupun perlu menambah amal kebaikanku untuk bekal menuju Allah. Dia terus bergulir tidak pernah lelah. Di antara para ulama Ahlusunnah wal Jama'ah. apabila kita selalu melaksanakan shalat di rumah sendirian dalam waktu dua puluh tujuh tahun. sehingga tidak mendapatkan keutamaan shalat berjamaah. mudah-mudahan sedikit yang kami sampaikan ini. akan kalah dengan shalat berjamaah di masjid selama dua tahun. " Demikianlah. Banyak kisah masyhur lainnya yang menunjukkan betapa mereka sangat memperhatikan kehidupannya. apa yang diamalkan dengan ilmunya tersebut. "Cobalah lihat matahari. c o m . menuju kebahagian dan kesuksesan. Maka. 56 | D i s a l i n d a r i w w w . umpamanya. Padahal. Misalnya. yaitu bisa berkenalan dengan sesama saudara kita. apa yang dia gunakan dengan hidupnya tersebut. Dia senantiasa menggunakan setiap waktu yang bergulir dengan sebaik-baik amal. kita tetap bersantai-santai. Jama'ah Jum'at rahimakumullah. Sehingga akan selalu mengisi hidup ini dengan sebaik-baiknya sebelum datangnya kematian. Atau terus disibukkan dengan pekerjaan. Karena kehidupannya akan ditanya oleh Allah di akhirat kelak. Dalam hadits shahih diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dalam Sunan-nya. "Tidak akan bergeser kaki seorang hamba. Dan tentang ilmunya. tentulah mereka akan mendatangi shalat tersebut. " Seandainya manusia mengetahui apa yang mereka dapati di dalam shalat Isya dan Shubuh tentang kebaikannya. sebagimana sabda Rasulullah dalam hadist shahih tentang itu. ketika kita mendegar adzan dikumandangkan menyeru shalat berjamaah. Dan tentang hartanya.Volume 1 Sedangkan saat ini. Juga keutaman lain yang berkaitan dengan shalat berjamaah. shalat berjamaah di masjid kebaikan dan derajatnya duapuluh tujuh kali lipat dibandingkan dengan shalat sendirian. Dia selalu dalam keadaan tersenyum atau berdzikir. dari mana ia peroleh dan kemana diinfaqkan. ia berkata. atau dalam keadaan menelaah kitab. Atau bahkan melakukan sesuatu yang tidak berfaidah dan melalaikan waktu shalat.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . niscaya kita akan mendatanginya meskipun dengan merangkak. Rasulullah sendiri menyatakan. Rasulullah menyatakan. (maka) akan habis modalku. Bisa mengetahui keadaan kita dan bisa memberikan pertolongan. tentang Imam Abdullah bin Imam Ahmad. Begitu juga para ulama lainnya. bisa menggugah kesadaran kita. Allah berfirman. apa yang digunakan dengan masa mudanya tersebut. k h o t b a h j u m a t . yaitu dikisahkan ada seorang ulama. sangatlah banyak disebutkan oleh para ulama. Tentang masa mudanya. Kisah mengenai As-Salafush Shalih menggunakan waktunya. bila diajak berbincang suatu perkara yang tidak penting. kalau jika mengetahui keutamaan shalat berjamaah. Sedangkan jika aku berbicara denganmu lama-lama dengan sesuatu yang tidak bermanfaat. Tentang hidupnya. sampai dia ditanya tentang empat perkara. walaupun merangkak".

ustadzmuslim. tanggal 3 Rabi'utsani 1423H/14 Juni 2002M. k h o t b a h j u m a t . S J i OJ-t-Loj* — x5Tj S| j-j-** Sj AJI-AJ J^-J.JLIJ! ^-^I^JI J s ^ y J cj l ji-lftl^jI U? 1P U5 JJ-JÌ.s Ali Imran: 102).Volume 1 S J J ^ ^ yJ ^"^ S yJ y Jj J iP J .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .1P ^ s J ' * ^s U ^41)1 * r.KhotbahJumat. c o m .com). (Q. di Masjid Ma'had Imam Bukhari. dan janganlah kalian mati kecuali kalian berserah diri kepada Allah. Dipublikasikan oleh www. . ditulis kembali oleh Fawaz Abdul Malik. ' Diangkat dari Khutbah Jum'at Ustadz Muslim Al-Atsari (www.AI J-A^I Ig^Ilj jjj-iI Wahai. Bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa.com dengan sedikit penyuntingan bahasa dari Kumpulan Naskah Khutbah Jumat Majalah As-Sunnah 57 | D i s a l i n d a r i w w w . orang-orang yang beriman.J l _ jJ-it .£ J>.

c o m . kami mengajak diri pribadi dan juga jamaah Jumat sekalian. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.Volume 1 Jamaah Jumat arsyadanillah wa iyyakum jami'an. Melalui majelis yang mulia ini. k h o t b a h j u m a t . Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda: —Jauhilah dosa-dosa besar dan berilah kabar gembira (orang yang meninggalkannya). Ahmad. Dan meninggalkannya merupakan tanda bagi seseorang mendapatkan kebaikan dan kabar gembira." (HR. Dosa ini menyebabkan pelakunya kekal di neraka. no. 887) Jamaah Jumat arsyadanillah wa iyyakum jami'an.I Menjauhi Perbuatan Dosa Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Yaitu dengan selalu menjaga diri kita agar terjauh dari perbuatan maksiat dan dosa-dosa yang mungkin tanpa sadar kita lakukan. 58 | D i s a l i n d a r i w w w . Lihat Silsilah Ash-Shahihah. Di antara dosa-dosa yang harus kita jauhi ialah: Syirik kepada Allah Syirik merupakan dosa besar yang paling membahayakan. marilah kita tingkatkan takwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya.

wahai Rasulullah?" Rasulullah menjawab. Dan ada tiga hal yang membinasakan Yaitu hawa nafsu yang 59 | D i s a l i n d a r i w w w . dan bersikap tengah-tengah baik dalam keadaan fakir maupun kaya. tidaklah ada bagi orang-orang yang zhalim itu seorangpenolongpun.Volume 1 "Orang-orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah. Inilah yang ditakutkan Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam. "Sesungguhnya yang paling aku takutkan terjadi pada diri kalian adalah syirik kecil. kalung dengan tujuan untuk menolak bahaya. Tiada kekuatan kecuali dengan izin Allah Subhanahu wa Ta'ala. "Apakah syirik kecil itu. misalnya memakai benang. waspadalah terhadap segala jenis syirik. riya' (ingin dilihat) dan sum'ah (ingin didengar). yang terletak pada niat. Padahal. dan Dia akan mengampuni segala dosa selain dari (syirik) itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. sebagaimana sabda Beliau shallallahu „alaihi wa sallam. seseorang membaguskan shalatnya atau bersedekah supaya dipuji manusia. c o m . Tiga Hal yang Membinasakan Dari Anas bin Malik berkata. "Ada tiga hal yang menyelamatkan. karena ia akan menyebabkan amalan kita gugur. kehendak. iljji jii ijili laj A I j^j ij JJii ji^n ijili ^\ la J ^I 5] Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. Al-Maidah: 72) LtJip "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . baik pada waktu sepi maupun ramai. Juga ada syirik yang tersembunyi." (QS. Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. Oleh karena itu. Yaitu takut kepada Allah. dari tempatnya adalah neraka. sungguh Allah mengharamkan kepadanya surga. Misalnya. "Riya'". yang memiliki kekuatan untuk menghindarkan seseorang dari segala mara bahaya hanyalah Allah Subhanahu wa Ta'ala. seperti memakai jimat karena takut sihir dan lainnya. dengan keyakinan bahwa memakai benda-benda ini menjadi sebab terhindar dari bahaya. adil di kala sedang ridha maupun marah." (QS. k h o t b a h j u m a t . An-Nisa: 48) Di antara yang termasuk perbuatan syirik." Para sahabat bertanya. Atau jimat dalam bentuk benda lainnya.

Dalam Alquran. yang 60 | D i s a l i n d a r i w w w . tidak merasa cukup dengan nikmat yang telah Allah Subhanahu wa Ta'ala berikan kepadanya. "Tidaklah dua serigala lapar yang dikirim kepada satu kambing itu lebih merusak dibandingkan kerusakan pada agama akibat kerakusan seseorang kepada harta dan kemuliaan. yang akan membawa seseorang untuk berbuat apa saja memuaskan diri sendiri. akan menjerumuskan seseorang kepada kesombongan. karena bentuk dan cabangnya banyak. lari dari medan perang dan menuduh zina kepada perempuan baik-baik yang beriman. Allah Subhanahu wa Ta'ala memperingatkan. c o m . sehingga ia merendahkan orang lain. (Yaitu) syirik kepada Allah. dan seseorang berbangga diri. "Jauhilah tujuh hal yang membinasakan. Apabila hawa nafsu telah menguasai hati. berkata. Al-Kahfi: 28) Adapun bakhil. Adapun berbangga kepada diri sendiri." (HR. "Takutlah akan kebakhilan. maka akan melahirkan kelalaian dan memalingkan dari perintah-perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala." (Hadis hasan riwayat Ath Thayalisi." (HR. Ini semua akan menyebabkan kehancuran dan kehinaan. membunuh jiwa yang diharamkan membunuhnya kecuali dengan haknya. An-Nasa'i) Sekalipun manusia menjauhi perbuatan membunuh jiwa (yang diharamkan untuk dibunuh)." (HR. Jami'ush Shaghir 1:583 no. bakhil yang dituruti. k h o t b a h j u m a t . karena ia telah membinasakan orang-orang sebelum kalian dan bisa membawa kepada pembunuhan dan menjatuhkan harga diri. sihir. Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam menyebutkan tiga hal yang membinasakan." (QS. memakan harta anak yatim. Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. Ahmad dan At Tirmidzi). Muslim) Dari Ibnu Ka'ab bin Malik Al Anshari dari bapaknya. memakan riba.Volume 1 diikuti. 3039). tetapi banyak juga yang terjerumus kepada riba. adalah rakus terhadap dunia. Tujuh Hal yang Membinasakan ^Jij! jkUj -lili ijlii jlJ laj j^-j lj Jj olA^I ££Ji ol—^a^ji <L*iSj vjL^jii -Ji Jjsij lijii Jsij —-di jla -jsij ^ib S] ilii Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Di antaranya ialah hawa nafsu. "Janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami. Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaan melampaui batasan. Dalam hadis ini.

). melakukan penentangan. ¿jj j^l ¿a Di :JlS Vj A! jj^ V ¿a ¿4^1 :yil ?¿44JJ ¿a Ojjl"í JJ IJLfc ^3 ¿i-ú-CJ IJLa J la jj-S^lj !LL& d-jjij ! jjss AallaJ! jjj Ol Jl* AJI^. k h o t b a h j u m a t .). ia berkata: Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. J3j ^4 f &¿ JIÍL. Di dalam hadis disebutkan. terdapat sikap memperturutkan hawa nafsu dalam beragama. kecuali orang-orang yang terang-terangan (dalam berbuat maksiat). Akan tetapi ia mengatakan. bahwa dosa yang disebabkan terang-terangan berbuat maksiat lebih besar daripada karena semata-mata dosa. c o m ." Allah telah tutupi kesalahan itu di malam hari.s¿2jj AjJ ¿JlLo ¿^ií Oí «JAU^! ¿a OÍJ j^U^. Dari Ibnu Mas'ud." (HR. Yaitu seseorang yang bermaksiat di malam hari kemudian Allah tutupi kesalahannya di pagi hari (orang lain tidak ada yang tahu pen. dari Nabi shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. "Tidak ada seorangpun yang lebih banyak makan riba.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . ^. semalam aku telah melakukan ini dan ini. dan tidak merasa takut kepada Allah. Ayyuhal muslimun a'azzaniyallahu wa iyyakum Di antara dosa-dosa yang harus kita jauhi jua ialah: Menyakiti Orang Muslim Dari Abu Hurairah.Volume 1 mengharuskan kita berhati-hati dan bertanya kepada ahlul ilmi sebelum melakukan muamalah. Muslim) Banyak manusia berperangai yang membinasakan ini. akan tetapi di pagi hari ia bongkar kesalahan yang Allah telah tutupi. Ibnu Majah) Terang-terangan Berbuat Maksiat Sabda Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam. "Wahai fUlan. mereka tidak mengetahui. kecuali akhir urusannya adalah sedikit.! Ví ¿l¿¿ JS" Jjj cljSj !jS^ Ai>-j ljJ! C—tlp O^Aílí JjJLlí AIIP AÜ! oJiC "Semua umatku dimaafkan (kesalahannya pen.^^." (HR.04-3 Oís CAJLL OjJ-j ¿4«_>- SlSjJ ^l^j ¡>SVX¿2j ¿4«_>- ¿¿a Ij&j CAJLL ¿a I j f t ^2*43 61 | D i s a l i n d a r i w w w . Karena pada sikap terang-terangan ini.

I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . menuduh ini. sehingga ia akan menghiasi dirinya dengan akhlak mulia. orang yang pada hari kiamat datang dengan membawa shalat. ia akan berjuang keras mengubur sifat dengki dalam dirinya. Ibnu Taimiyyah menyatakan. ia berkata Rasulullah bersabda. c o m . "Orang yang bangkrut di antara kami ialah yang tidak memiliki dirham dan tidak pula kesenangan. Tidak menutup kemungkinan. "Jauhilah oleh kalian sikap meremehkan dosa-dosa kecil. maka berlebih-lebihan dalam beragama juga menyebabkan kebinasaan. Kemudian. "Orang yang bangkrut ialah." (HR. sifat dengki ini hinggap pada seseorang. apabila kebaikannya habis padahal belum cukup. Sikap meremehkan ini dapat menyebabkan kehancuran bagi pelakunya. Meremehkan Dosa-dosa Kecil Apabila seseorang meremehkan dosa-dosa kecil tidak menghitungnya sebagai hal berbahaya. (maka) diambilkan kejelekan mereka yang dizhalimi. Dalam sebuah hadis disebutkan. " Waspadalah dari sifat berlebih-lebihan. Ketahuilah amal yang paling baik ialah yang dilakukan secara kontinyu walaupun sedikit. dan tidak timbul keinginannya untuk bertaubat dan lepas darinya." (HR. "Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam kemudian bersabda. sehingga kebaikan yang ia lakukan diberikan kepada oran gyang dizhalimi. Ahmad) Dengki Dari Abu Hurairah. karena umat-umat terdahulu telah binasa karena sikap berlebih-lebihan dalam agama. kemudian ia dilemparkan ke neraka. tetapi ia mencaci ini. karena dosa-dosa kecil akan terkumpul pada seseorang hingga ia membinasakannya." (HR. Melampaui Batas dalam Beragama Sebagaimana halnya meremehkan maksiat sehingga menyebabkan kebinasaan. Abu Dawud) Dengki merupakan perangai buruk yang dapat menghapus kebaikan. k h o t b a h j u m a t . sebagaimana api memakan kayu bakar atau rumput.Volume 1 "Tahuah kamu oran gyang bangkrut itu?" Para sahabat menjawab. Ahmad dengan yang semisalnya). Seorang muslim yang cerdik. "Waspadalah terhadap sifat dengki. niscaya dosa-dosanya yang dianggap kecil ini akan terkumpul kian menggunung. tidak ada satu 62 | D i s a l i n d a r i w w w . puasa dan zakat. Sekiranya seorang muslim memikirkan hal yang berbahaya ini.. Muslim) Hadis ini menunjukkan bahwa meremehkan perbuatan yang menyakiti orang lain dapat membinasakan pelakunya pada hari kiamat.." (HR. makan harta ini. menumpahkan darah ini dan memukul ini. niscaya ia akan mencegah diri dari menzhalimi dan menyakiti manusia. karena ia akan memakan kebaikan. lalu diberikan kepadanya.

agar kita dijauhkan dari perbuatan dosa yang dapat menghapus ataupun mengurangi kadar amal kebaikan yang telah kita lakukan. Arti menutupi yaitu menolak dari dirinya dan meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta'la dari kejahatannya.Oi^li^Ji ¿3 AIJ liii Hadirin arsyadanillah wa iyyakum jami'an. KHUTBAH KEDUA j o JLIP I 0! JLg-ii j AJ JjCj^S o J£j AI S] -J] S 0! JL4-i! (.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .jjju] i - ' i ^ - ^ 'i 'i 'i s 'e 63 | D i s a l i n d a r i w w w . li-J JL**. akan tetapi Allah yang Maha Bijaksana menutupinya dan menutupi kekejian yang dilakukan. k h o t b a h j u m a t . kita semestinya selalu memohon perlindungan kepada Allah. Ayyuhal muslimun a'azzaniyallahu wa iyyakum ma rahimani wa rahimakum.Volume 1 jasad pun yang terlepas dan sifat dengki. telah kami sampaikan beberapa perbuatan dosa yang harus kita hindari. c o m . dan bermuamalah dengan saudaranya secara baik tanpa kezhaliman dan dengki. jjlj! j-j&jJ ] jT Jpj j-j&jj ] U -IP ^lUi JT u-ipj il-i U -IP ^ ^4lii ii ^ ii ^ . Pada khutbah pertama. Untuk itu. i .

KhotbahJumat.Volume 1 Sumber: Majalah As-Sunnah. c o m .com Artikel www.Khotbahjumat.com 64 | D i s a l i n d a r i w w w . Edisi 4 Tahun IX. k h o t b a h j u m a t . 1426 H / 2005 M dengan penyuntingan seperlunya oleh redaksi www.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .

hal ini juga dibuktikan oleh kenyataan bahwa tidak ada wilayah di bumi ini. 335) Meskipun risalah Muhammad shallallahu „alaihi wa sallam bersifat universal. "Dan aku diuus kepada manusia seluruhnya. Mereka inilah pertama kali Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam menanamkan 65 | D i s a l i n d a r i w w w . dan di barisan terdepan orang-orang tersebut adalah sahabat-sahabat Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam. k h o t b a h j u m a t ." (HR. c o m . tanpa beliau berkeliling ke penjuru dunia. al-Bukhari dari Jabir bin Abdullah. kecuali telah terjangkau oleh Islam. agama Muhammad shallallahu „alaihi wa sallam.Volume 1 Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah Allah Subhanahu wa Ta 'ala mengutus Nabi Muhammad shallallahu „alaihi wa sallam dengan risalah tauhid dan agama yang benar. no. Nabi shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. dan ini merupakan salah satu ciri khas risalah Muhammad shallallahu „alaihi wa sallam. Risalah dan agama yang dibawa oleh Nabi shallallahu „alaihi wa sallam bersifat universal. Islam telah benar-benar memayungi seluruh wilayah bumi. tidak berarti dan tidak harus Nabi shallallahu „alaihi wa sallam sendiri yang membawa dan menyampaikannya dengan berkeliling dunia dari satu daerah ke daerah lainnya.I Meneladani Sahabat Nabi Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Hal ini karena Islam memiliki orang-orang yang bersemangat sangat tinggi dalam menyampaikan (risalah) dan berdakwah. Di samping hal ini telah dinyatakan oleh Allah dan Nabi shallallahu „alaihi wa sallam sendiri. artinya ia beraku untuk seluruh umat manusia di dunia tanpa tersekat oleh tampat dan waktu.

—-Aji-ji jjjjjj jL-^jVj jjj^rl-g-iJi ja Ojj VI DjAjl^Jj "Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar. tanpa perantaraan mereka (dengan izin Allah). Sebuah jasa besar yang tidak akan tertandingi oleh generasi apa pun dan kapan pun dari umat ini. no. c o m . Tidak sedikit ayat-ayat Alquran di mana di dalam surat tersebut Allah Subhanahu wa Ta'ala menyanjung mereka.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Sabda beliau shallallahu „alaihi wa sallam. j-ijj __-g-—£• AI (j-j-ij Ol-"-*-1. Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. mencaci. Sekaligus menjadi alasan bagi umat ini untuk tidak mencela. "Semoga Allah meridhai mereka. salah satunya adalah Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. 66 | D i s a l i n d a r i w w w . memuliakan." (HR." (QS. Nabi shallallahu „alaihi wa sallam telah mewasiatkan kepada umat Islam agar menghargai jasa mereka dengan tidak mencela mereka. Di haji wada' di hari penyembelihan (hewan kurban).sungai-sungai di bawahnya. At-Taubah: 100) Di samping itu.Volume 1 semangat untuk menyampaikan (risalah). Seandainya hal tersebut merupakan jasa mereka satu-satunya. dan menjelek-jelekkan mereka. menghargai. dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir. 67) Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah Para sahabat inilah yang menjadi perantara antara Nabi shallallahu „alaihi wa sallam dengan umat. k h o t b a h j u m a t . al-Bukhari dari Abu Bakrah. dan mendoakan. Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam menegaskan kembali dorongannya kepada para sahabat untuk menyampaikan (risalah). Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah.". sebab sikap ini merupakan bukti tidak adanya rasa berterima kasih kepada mereka dan kejahilan terhadap kebaikan-kebaikan mereka. cj&i ijiisi ^Hi "Hendaknya orang yang hadir menyampaikan kepada orang yang tidak hadir. maka ia lebih dari cukup untuk dijadikan alasan bagi umat ini untuk menghormati. umat tidak akan mengetahui ajaran dan tuntunan Nabi-Nya shallallahu „alaihi wa sallam.

Mereka adalah orang-orang hasil polesan tangan Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam. no." (Muttafaq alaihi. k h o t b a h j u m a t . Mukhtashar Shahih Muslim no. Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah Muhammad shallallahu „alaihi wa sallam adalah nabi dan rasul terbaik. 1746) Emas sebesar Uhud dari kita tidak menandingi satu bahkan setengah mud salah seorang dari mereka. tidak mereka wujudkan begitu saja seperti membalik telapak tangan. era mereka adalah era emas dan zaman mereka adalah zaman paling gemilang dari umat ini. Pada masa mereka. maka orang-orang yang mendampingi adalah orang-orang terbaik. no. para sahabat adalah orang-orang terbaik umat ini. ketika Allah memberitakan tentang diri-Nya bahwa Dia bersemayam di atas Arasy. Generasi terbaik dan predikat emas yang diwujudkan oleh para sahabat. Karena iman mereka kepada Allah dan Rasul-Nya-lah. Tidak seorang pun dari mereka 67 | D i s a l i n d a r i w w w . bukan. "Sebaik-baik manusia adalah generasiku. bahwa Dia memiliki sifat-sifat dzatiyah dan fi'liyah lainnya. bahwa Dia memiliki wajah dan tangan. Mereka membenarkan berita-berita Allah dan Rasul-Nya. di mana sebab dan usaha utama dari mereka adalah iman kepada Allah dan Rasul-Nya dengna iman yang sebenar-benarnya. Mukhtashar Shahih al-Bukhari no. mereka menghadiri hadis-hadis disabdakan. 1118. Akan tetapi mereka mewujudkannya dengan sebab-sebab dan usaha-usaha yang telah mereka berikan dan buktikan.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . seandainya salah seorang dari kalian menginfakkan emas sebesar gunung Uhud. Masyarakat era sahabat adalah masyarakat terbaik. Mukhtashar Shahih al-Bukhari. c o m . dan Mukhtashar Shahih Muslim. kemudian orang-orang setelah mereka. kemudian orang-orang setelah mereka. bahwa Dia bersama mereka.Volume 1 "Janganlah kalian mencaci sahabat-sahabatku. Cukuplah kesaksian Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam sebagai bukti yang tidak terbantahkan. al-Bukhari dari Ibnu Mas'ud dan Muslim dari Imran bin Hushain. 1743) Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah Benar. keutamaan-keutamaan yang tidak akan pernah diraih oleh seorang pun dari umat ini selain mereka. Hal itu tidaklah aneh dan bukanlah sesuatu yang mengherankan. Mereka adalah orang-orang yang menyertai dan mengiringi Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam. Masyarakat dengan hukum Allah dan RasulNya yang diterapkan di semua lini. mereka menyaksikan ayat-ayat diturunkan. karena mereka adalah generasi terbaik umat ini dengan eksaksian Nabinya shallallahu „alaihi wa sallam. maka (infaknya tersebut) tidak menandingi satu mud atau setengah mud (infak) salah seorang dari mereka. Sebuah perbandingan yang boleh dikatakan antara langit dan bumi. 1755. maka mereka berpegang kepada Firman Allah dan sabda Rasul-Nya." (HR. maka mereka semua menerima dan beriman. Islam mencapai puncak kemuliaan dan kehormatan tertinggi yang tidak tertandingi.

" (HR. maka orang-orang Anshar tersebut berbalik pada saat itu juga sehingga mereka menghadap Ka'bah. bahwa Allah turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam yang terakhir. para sahabat memasak daging keledai lalu seorang penyeru Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam berseru. k h o t b a h j u m a t . dan larangan Allah dan RasulNya mereka tinggalkan pada saat itu juga. no.). maak dia telah enggan. ia kotor termasuk perbuatan setan. "Apa yang diberikan Rasul kepadamu. Iman membuat mereka meyakini bahwa berita Allah dan rasul-Nya hanyalah kebenaran yang harus diterima. siapa yang enggan?" Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam menjawab. c o m . no. selesai shalat. no 2117)." (Mukhtashar ShalihMuslim. Al-Hasyr: 7) Mereka menyadari sabda Nabi shallallahu „alaihi wa sallam "Seluruh umatku masuk surga kecuali orang yang enggan." Mereka bertanya. mereka meresapi Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan apa yang dilarangnya bagimua. maka tinggalkanlah.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Imam al-Bukhari meriwayatkan dari Bara bin Azib." Anas berkata. "Ketahuilah. Sikap yang sama mereka tunjukakn pada saat mereka mendengar Nabi shallallahu „alaihi wa sallam bersabda bahwa Allah tertawa dan berbahagia. al-Bukhari. sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya melarang kalian darinya. (Mukhtashar shahih al-Bukhari. "Barangsiapa menaatiku. bahwa Allah memiliki kaki. Mukhtashar Shahih al-Bukhari. 1330)." (QS. maka terimalah. Karena iman. mereka menaati Allah dan Rasul-Nya tanpa bantahan dan penundaan. Imam Muslim meriwayatkan dari Anas bahwa di perang Khaibar. perintah Allah dan Rasul-Nya mereka laksanakan. Iman yang membuat mereka demikian patuh dan taat. "Bejana-bejana yang berisi daging keledai yang sudah mendidih tersebut langsung ditumpahkan. maka dia masuk surga dan barangsiapa mendurhakaiku.Volume 1 yang membantahnya atau membelokkannya atau menafsirkannya dengan akal atau bertanya bagimana atau mengapa. Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah 68 | D i s a l i n d a r i w w w . pada saat perintah menghadap Ka'bah (telah datang pen. 252). "Ya rasulullah. laki-laki ini melewati sekelompok orang-orang Anshar yang sedang shalat asar dan dia memberitahu mereka bahwa dia telah shalat bersama Nabi shallallahu „alaihi wa sallam dengan menghadap Ka'bah.

istri-istri. tanpa menentangnya dengan alasan tidak nalar.Jaj l*sl-^$^ "Katakanlah. KHUTBAH KEDUA Ai Si J^i. Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah Iman membuat mereka mencintai Allah dan Rasul-Nya di atas segala perkara. . saudara-saudara.—iSk*:.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .^Jj-^iJ. orang tua. „Jika bapak-bapak.^. berita dari Allah dan Rasul-Nya mereka benarkan. . paling bersungguh-sungguh. (Jj>. tanpa menolaknya dengan alasan tidak berperasaan. jika mereka bersepakat. Dari sini kita melihat bahwa mereka adalah orangorang yang bersatu di atas kebenaran mereka tidak tersusupi oleh perpecahan meskipun terjadi di akhir era mereka. Mereka mengerti benar Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. akan tetapi tidak seorang pun dari mereka yang menajdi biang keladi perpecahan atau pemimpin firqah-firqah bid'ah dan sesat. perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya.\y. harta kekayaan yang kemu usahakan. Oleh karena itu. anak-anak. keluarga bahkan diri mereka sendiri. —-SwJj CL^>-\ l. k h o t b a h j u m a t .Volume 1 Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala membimbing kita untuk meneladani mereka sehingga kita sanggup menyikapi perintah dan larangan Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan ketaatan. c o m . perintah mereka laksanakan. dan paling ikhlas dalam mencari kebenaran. karena mereka adalah orang-orang yang paling tulus. dan 69 | D i s a l i n d a r i w w w .J jS'l. Lt*j Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah Iman membuat para sahabat bersikap demikian patuh dan taat. i^iSsi DI ^ilJi o^: —iiSS^ iiij igrf JI oijuVi jSji DI —^fj Ai DI Dl5"Ai Di . dan larangan mereka tinggalkan tanpa tarik ulur. melebihi harta. kaum keluargamu. maka ia merupakan kesepakatan umat sebagaimana para ulama menyatakan bahwa pemahaman mereka wajib dikedepankan dari pemahaman selain mereka.'^\y l ^^ii^ (3 s\-g-?rj -Jj^Jj Ai j.

Tidak ajrang kita membaca dalam perbincangan mereka. "Ia adalah sedekah untuk Allah. dan atTirmidzi berkata. adalah lebih kamu cintai dari Allahd an RasulNya dan dari berjihad di jalanNya. pJL>-I jajj V "Salah seorang dari kalian tidaklah beriman sehingga aku lebih dia cintai daripada orang tuanya. "Hasan shahih. Utsman merogoh koceknya sebesar seribu dinar ditambah sembilan ratus unta dan seratus kuda. 3100. maka tidak heran jika di anara mereka yakni Abu Bakar hadir membawa seluruh hartanya kepada Nabi shallallahu „alaihi wa sallam dengna hanya meninggalkan Allah dan Rasul-Nya bagi keluarganya." (HR. —-jip A? AI D^l £¿5^ j* J laj Djl^. dia berkata.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Ketika Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam mendorong bersedekah. k h o t b a h j u m a t . al-Bukhari dari Anas.' Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik." (QS. no. sehingga Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. 700. letakkanlah ya Rasulullah di bidang yang Allah tunjukkan kepadamu. (Abu Dawud. No." (Mukhtashar Shahih al-Bukhari. no. 529). no.Ljf IjJLi—J JjL>- I IjJl—J jJ "Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna)." Tidak sebatas perbincangan. "Aku rela menjadikan bapak dan ibuku sebagai tebusanmu ya Rasulullah. Mukhtashar Shahih al-Bukhari. no. maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusanNya. dan manusia seluruhnya. At-Taubah: 24) Mereka memahami sabda Nabi shallallahu „alaihi wa sallam. "Hadits hasan gharib"). Penulis Ar-Rahiq al-Makhtum menyebutkan bahwa demi mempersiapkan pasukan perang Tabuk. 15) Kecintaan mendorong mereka memberikan dan mengorbankan segala apa yang mereka miliki demi membela Allah.Volume 1 tempat tinggal yang kamu sukai. Ali Imran: 92) Abu Thalhah datang kepada Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam untuk menyerahkan harta yang paling dia cintai yaitu sebuah kebun kurma Bairuha'. 1678. Mukhtashar Shahih Muslim. Dan apa saja yang kamu nafkahkan. anaknya. sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah 70 | D i s a l i n d a r i w w w . at-Tirmidzi. " (HR. at-Tirmidzi. hal itu terealisasikan dan terbuktikan dalam perbuatan nyata. 3684. rasul." (QS."' ). aku berharap kebaikan dan pahalanya di sisi Allah. no. maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya. Abu Thalhah berkata. Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Anas bahwa ketika Firman Allah turun. c o m . dan agama-Nya. "Tidak ada yang memudharatkan Utsman apa yang dia lakukan setelah hari ini.

-r' . dan Umar. pada saat kaum muslimin tercerai-berai dan Nabi shallallahu „alaihi wa sallam dalam situasi kritis karena musuh yang terus mendesak. li-l: diiVjt ji*>j U^-U^ j "Dan barangsiapa yang menaati Allah dan Rasul(Nya). bukankah Allah Subhanahu wa Ta'ala telah berfirman.Volume 1 Iman membuat mereka tidak sekedar mengorbankan harta. Jlf* Uji t—1*$i JT —4*$i ^IP ¿4^ Ui" jJljt JT ^lpj jJti ^ip JXtf> ^4JJj & s s i*** t— Y.jlJi . para shiddiqin.Ail—l—lAj^jj JJpliJi iijlj tA-plijI l—Ijjj ^ii iiji ^jiri . yaitu: Nabi-nabi. aku berharap bersama mereka dengan cintaku kepada mereka meskipun aku tidak beramal seperti amal mereka. depan. dan orang-orang shalih." (Mukhtashar Shahih al-Bukhari. no.Jl^i J l—JT l—jj . ^ JI (— -j' ^ A s o &s —4—* ili>-VI ol—*|4Jj (ji—*5-*-Jlj t<^\-4~^Jj 5>?4^iJ $API -. Anas berkata. no. orang-orang yang mati syahid. "Kami tidak berkata seperti kaum Musa. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. Abu Bakar. An-Nisa: 69) Bukankah Nabi shallallahu „alaihi wa sallam telah bersabda." (QS. bagaimana tujuh orang tersebut gugur syahid satu per satu demi melindungi Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam. Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah Mampukah kita menandingi dan menyusul mereka? Tidak bisa. (Mukhtashar Shahih Muslim. Kita bisa membaca hal itu dari ucapan Al-Miqdad bin Al-Aswad. k h o t b a h j u m a t .V/ 71 | D i s a l i n d a r i w w w . "Kamu bersama orang yang kamu cintai. c o m . . hal itu bisa dibaca di buku-buku sunah dan sirah. 1459). Pergilah kamu dan Tuhanmu.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Ini hanyalah sedikit dari banyak pengorbanan para sahabat. o„ x. berperanglah. Kita bisa melihatnya pada tujuh orang Anshar di perang Uhud. 1160). walaupun demikian kita tetap bisa bersama mereka." (Mukhtashar Shahih al bukharo." Dengan berpijak kepada hadis ini. no.' Akan tetapi kami berperang di sebelah kanan. mereka tiu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah. lebih dari itu yaitu jiwa raga. dan belakangmu. kiri. "Aku mencintai Nabi shallallahu „alaihi wa sallam. 1525).

Pustaka Darul Haq dengan penyuntingan seperlunya oleh redaksi www.khotbahjumat.Volume 1 ss s 'e ^ ~ s / ' b^ 0*^ v? i I —i ij . Jilid 2. Lc.com Artikel www.khotbahjumat. c o m .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .com 72 | D i s a l i n d a r i w w w . Sumber: Khutbah Jumat Pilihan Setahun. k h o t b a h j u m a t . —J-ij A-iW-i^j -Jl ^ji^j J-Ui.^l-fAI ¿¿-143 Penulis: Ustadz Izzudin Karimi.

c o m . Karena takwa adalah pakaian terbaik. Ingat.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . bertaubatlah kepada-Nya dan memohon ampunan kepada-Nya. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Al-A'raf: 26) Dan orang yang bertakwa adalah orang yang paling baik. Takwa kepada Allah Subhanahu Wata'ala adalah pelindung dari fitnah dan pembebas dari musibah. k h o t b a h j u m a t . Takwa kepada Allah adalah pengaman dari bencana dan penyelamat dari petaka. menghendaki kebaikan dan keshalihan. Wahai umat Islam yang ada di tanah suci! Wahai umat Islam yang ada di belahan bumi bagian timur dan bagian barat! Bertakwalah kepada Allah Subhanahu Wata'ala. dan mengharapkan bimbingan dan kesuksesan.s.Volume 1 Dua Hujan Sumber Kehidupan S oJL^3 Al V! AJI V Ù! ig-àlj c^jjj i% ¿4 issili liL ì^if ÌJI£ AIJ JuAl Amma ba'du. (Q. Takwa kepada Allah adalah jalan keluar dari segala kesulitan dan celah keselamatan dari segala himpitan. (Q. taat kepada-Nya. Al-Hujurat: 13) Barangsiapa yang menginginkan kejayaan dan keberuntungan. ia harus bertakwa kepada Allah Subhanahu Wata'ala. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik.s. sesungguhnya takwa adalah kejayaan dan kemuliaan Dan cinta Anda pada dunia adalah kekalahan dan penderitaan Seorang hamba yang bertakwa tidak punya satu pun kekurangan Jika ia bisa benar-benar bertakwa. meskipun ia berprofesi sebagai tukang jahit atau tukang bekam 73 | D i s a l i n d a r i w w w .

74 | D i s a l i n d a r i w w w . Allah berfirman. melalaikan perintah-perintah-Nya. demi Allah. sebagai balasan yang setimpal. jika manusia mengetahui untuk apa mereka diciptakan Niscaya mereka tidak bisa berbaring dan tidur dengan nyenyak Sungguh mereka diciptakan untuk suatu urusan Jika mata hati mereka melihatnya Niscaya mereka akan bingung dan linglung Kematian. Tapi jika mereka menggunakannya untuk durhaka kepada-Nya. Allah Subhanahu Wata'ala berfirman. (Q.s. Maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu. lalu berkumpul di padang mahsyar Lalu teguran dan huru-hara yang maha dahsyat Manusia telah berbuat untuk mengantisipasi Hari Kiamat Mereka menunaikan shalat dan puasa karena takut padanya Sementara jika kita diperintah atau dicegah Kita seperti Ashabul Kahfi terjaga tapi tidur Wahai hamba-hamba Allah. Fathir: 5) Sungguh. bagaimana mungkin Tuhan didurhakai Atau bagaimana mungkin Dia diingkari oleh seseorang Padahal dalam setiap gerakan dan diam Selalu ada saksi yang bersaksi untuk Allah Dan pada segala sesuatu ada tanda-tanda bagi-Nya Yang menunjukkan bahwa Dia Mahaesa Ibadallah! Jangan sekali-kali anda lalai pada rahasia ciptaan Allah di dalam hidup ini. mengabaikan hak-hak-Nya. Dan Allah tidak pernah berlaku zalim kepada hamba-hamba-Nya. dan meremehkan larangan-larangan-Nya.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Ibadallah! Sesungguhnya Allah melimpahkan nikmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya agar dapat membantu mereka dalam beribadah dan mendekatkan diri kepadaNya. yaitu mengabdi kepada-Nya. kuburan. Adz-Dzariat: 56) Siapakah yang menciptakan anda selain Allah ? Siapakah yang menjamin rezeki Anda selain Allah? Siapakah yang memelihara sepanjang malam dan siang hari selain Allah? Sungguh aneh. memperdayakan kamu tentang Allah. (Q. Allah akan mengubah keadaan mereka. k h o t b a h j u m a t . c o m .Volume 1 Ayyuhalmuslimun! Sesungguhnya Allah Subhanahu Wata'ala menciptakan anda untuk tujuan sangat penting dan perkara yang sangat besar.s. Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.

"Itu dari (kesalahan) dirimu sendiri". kemuliaan dengan kehinaan.s. Al-Anfal: 53) Jika manusia merubah ketaatan dengan kemaksiatan. kenikmatan dengan hukuman. padahal kamu telah menimpakan kekalahan dua kali lipat kepada musuh-musuhmu (pada peperangan Badar) kamu berkata. dan memperturutkan hawa nafsu. pada diri mereka sendiri. Setiap bencana yang turun dari Allah tentu akibat perbuatan dosa. ilmu pengetahuan dengan kebodohan. k h o t b a h j u m a t . (Q. AliImran: 165) 75 | D i s a l i n d a r i w w w . dan sesungguhnya Allah Maha Pendengar lagi Maha Pengetahui. kebahagiaan dengan kegelisahan dan kerisauan. kebaikan dengan kemungkaran maka Allah akan merubah kekayaan mereka dengan kemiskinan. kekuatan dengan kelemahan dan kekalahan. Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. Allah Subhanahu Wata'ala berfirman. (Q.s. kebenaran dengan kebatilan. kelalaian dalam menjalankan kewajiban. (Q. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum. kedurhakaan kepada Allah.Volume 1 Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Ar-Ra'du: 11) Tang demikian (siksaan) itu adalah karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan merubah suatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada sesuatu kaum. dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). c o m .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (Q.s. maka tak ada yang dapat menolaknya. Asy-Syuraa: 30) ^IP AI 0] —-Coujijl JIAP Jjj Ji IJjj —jdi l4-jti*a —Ji ALj-s^a ix^ilUijl Dan mengapa ketika kamu ditimpa musibah (pada peperangan Uhud). Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.s. keamanan dengan ketakutan. "Dari mana datangnya (kekalahan) ini"Katakanlah. kemudahan dengan kesulitan. hujan dengan kekeringan.

Hujan yang pertama adalah hujan hati dan ruhani. di samping menjadi penentu kebahagiaan hidupnya di dunia dan akhirat. "Mohonlah ampun kepada Rabb-mu. Yaitu dengan menurunkan wahyu kepada Rasulullah Shallallahu „Alaihi Wasallam. ketidak seriusan mereka dalam menunaikan iman dan takwa. serta keberhasilan kita mendapatkan hujan yang lain. J^^JJ Jl^i-^ tMj (i-^t^ ll«-**Jl J-^jJ JLÌP ùif Ajj jj^*-^ l C—IJÌ-Ì Maka aku katakan kepada mereka. mengajak mereka kembali kepada agama. maraknya kekeringan. Hujan inilah yang sejatinya dari diri manusia sekarang. Hal ini yang menghambat turunnya hujan adalah keengganan banyak orang untuk bertobat dan memohon ampun kepada Allah. kekerasan hati mereka akibat tumpukan noda-noda dosa dan maksiat. maraknya kemaksiatan di antara mereka. Karena hujan jenis inilah yang menentukan kebahagiaan hidup kita di dunia dan di akhirat.Volume 1 Kurangnya hujan. Allah Subhanahu Wata'ala berfirman. c o m .s. Nuh: 12) 76 | D i s a l i n d a r i w w w . dan membanyakkan harta dan anak-anakmu. yaitu hujan air ke bumi. Dan kedua hal ini merupakan faktor terpenting yang memudahkan turunnya hujan. serta kealpaan mereka dalam menunaikan shalat dan zakat. kekeringan. (Q. Sj Jji ^iSjj —-étr^" l^**^ IJ-AJJ l^^ill Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa. Bahkan kebutuhan mereka akan hujan ini jauh lebih penting dan lebih besar dibanding hujan jenis kedua. kelaparan dan kemiskinan yang menimpa umat Islam di berbagai belahan dunia tidak lain disebabkan karena dosa-dosa mereka. Allah Subhanahu Wata'ala berfirman melalui Nuh „Alaihissalam. pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. bertaubat dan memperbanyak istigfar untuk memohon ampun atas kelalaian mereka. Sesungguhnya sudah sepatutnya kita lebih memperhatikan hujan hati dan ruhani. Al-A'raf: 96) Ibadallah! Terhentinya kuncuran air dari langit antara lain disebabkan karena kelalaian manusia dalam menjalankan ketaatan kepada Tuhan. dan kelaparan yang menimpa mereka tidak bisa dihilangkan kecuali dengan membimbing mereka ke jalan Tuhan. Maka kesulitan. dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .s. Ayyuhal muslimun! Anda semua keluar dari rumah untuk meminta hujan kepada Tuhan. Wahai umat Islam! Allah Subhanahu Wata'ala telah menurunkan dua macam hujan kepada manusia. Hujan ini adalah sumber kehidupan hati dan kejernihan ruhani. keringnya sumber air. k h o t b a h j u m a t . niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. bencana. (Q. dan banyaknya kemungkaran di dalam masyarakat.

"Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri. A i 0] Ai A^j oa J^^V j—^iii JP i jjjji ^^lipij Ji Katakanlah. serta perbaikan menyeluruh dalam segala aspek kehidupan. Hud: 52) Ibadallah! Bertakwalah kepada Allah Subhanahu Wata'ala. Allah selalu mengundang Anda untuk bertobat dan kembali ke jalan yang benar. beriman. Tetapi meskipun ada banyak kecerobohan yang dilakukan. Dan (dia berkata). Karena kebutuhan umat untuk meminta pertolongan melalui perbuatan dan karya nyata tidak lebih kecil dari pada kebutuhannya untuk meminta pertolongan melalui ucapan dan doa. dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi). Az-Zumar: 54) i$ Jir l_t.ix<s> Jupj jaitj JU) U j k c3Jj Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat. Dan dia selalu meminta Anda untuk memanjatkan doa dan memohon ampun. c o m . Setiap ada perkara yang sempit. lalu tobatlah kepada-Nya. Dan kembalilah kamu kepada Rabb-mu. dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa".s. k h o t b a h j u m a t .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . "Hai kaumku. Ketahuilah bahwa minta hujan tidak bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan hati yang lalai dan akal yang alpa. ampunan Allah sangatlah luas. (Q. Rahmat Allah meliputi segala sesuatu dan ampunannya meliputi semua orang yang bertobat. AJI HL^- cJjjjiJi jik. Upaya ini menuntut adanya pembaharuan kontrak dengan Allah. niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu. Dan setiap ada masalah yang berat. Allah Subhanahu Wata'ala berfirman.Volume 1 Dan Allah berfirman melalui Hud 'Alaihissalam. Allah selalu menyediakan jalan keluar darinya. Thahaa: 82) 77 | D i s a l i n d a r i w w w . janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.s. mohonlah ampun kepada Rabb-mu. Allah selalu menyediakan peluang untuk meringankannya. beramal saleh. kemudian tetap di jalan yang benar.s. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. pembukaan lembaran kehidupan yang baru yang dipenuhi ketaatan dan jauh dari kemaksiatan. dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu. (Q. (Q.

s. (Q.Sul Al ?i I aJ^? uU-jSl iliii -J&gj ??-??3 oipS li! jk^iiil 4^ ^it Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . agar mereka selalu berada dalam kebenaran.s.Volume 1 Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya. Asy-Syura: 28) 78 | D i s a l i n d a r i w w w . An-Naml: 62) Dan Rabb-mu berfirman. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji. "Berdoalah kepada-Ku. maka (jawablah).niscaya akan Ku-perkenankan bagimu.s. dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi?Apakah di samping Allah ada ilah (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.s. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi. (Q. (Q. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepada-Ku. (Q. Al-Baqarah: 186) Berdoalah kepada Rabb-mu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orangorang yang melampaui batas. Al-Mu'min: 60) Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku. bahwasanya Aku adalah dekat.s. sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku. (Q. Al-A'raf: 55-56) i i Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmatNya. c o m . k h o t b a h j u m a t .

dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih. (Q. Al-Hijr: 22) Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan). dan Kami hidupkan dengan air itu tanah yang mati (kering). Dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun.s. Kalau kami kehendaki niscaya Kami jadikan dia asin.dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya. maka mengapakah kamu tidak bersyukur (Q. Qaaf: 9-11) Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan Kami turunkan hujan dari langit.s. Seperti itulah terjadinya kebangkitan. maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat). lalu Kami beri minum kamu dengan air itu. Agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati.s. Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu di antara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (daripadanya). Al-Waqi'ah: 70) Katakanlah.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Kamukah yang menurunkannya dari awan ataukah Kami yang menurunkan.Volume 1 *z s° ~ss ' s * 0 o'* ^ 0 Ji° 'i Ji 'i o / ^ ~ 0 Ji /'i Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum. (Q. dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami. lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam. "Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering. (Q. (Q.s. maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?". k h o t b a h j u m a t . binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak. Untuk menjadi rezeki bagi hamba-hamba (Kami).s. c o m . AlFurqan: 50) 79 | D i s a l i n d a r i w w w . Al-Mulk: 30) Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfatnya.

Nabi membalik jubahnya.JT jlj 'jU^ jl.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . c o m . baliklah jubah Anda dalam rangka meneladani Sunnah Nabi Shallallahu „Alaihi Wasallam. kekeringan menjadi hujan.UJuj -Ijjli ¿1 ijii lJl gJUi .—4DI j| ^ o iS ^ iS o ^ j| ________ x Jl jpj Ijljl I JP C-Sjli LUS 'J-u£.jlil i**. jjii . Dan Allah Subhanahu Wata'ala juga hendak melihat siapa di antara mereka yang mau bertaubat dan kembali ke jalan yang benar. k h o t b a h j u m a t .Jlil i>* . ¿1)1 4jjlI JT jilj 4jjlj jil__ x y luS 'jUs.Jl jpj 'jUsi iijli —4DI .Ji)j <1>l-U) j jAiijj ^ J-LI 80 | D i s a l i n d a r i w w w . Dan semoga hal itu juga menjadi lambang dan janji pada diri sendiri untuk merubah pakaian batin anda menjadi pakaian iman dan takwa untuk menggantikan pakaian dosa dan maksiat.Volume 1 Ayyuhalikhwah fillah ! Setiap kali Allah Subhanahu Wata'ala menimpakan musibah atau cobaan kepada penduduk bumi.--gii jSij j ^lrji ja -i* U? —-SlJj <°g*£ij '<sj^li ooTj-^)i 4 —^j Li Ai ijlj j HA f i U KHUTBAH KEDUA V oA^j Ai VI AJI V 0t i^tj 'j^j ¿4 LUS -i* l^jlia U* A1) Amma ba'du: Ibadallah! Sunnah Nabi Shallallahu „Alaihi Wasallam mengajarkan bahwa sesudah meminta hujan kepada Tuhan. sesungguhnya Dia ingin mengetahui siapakah orang-orang yang jujur dan siapakah orang-orang yang dusta. Mudah-mudahan Allah Subhanahu Wata'ala berkenan membalik keadaan Anda. dari sulit menjadi mudah. Maka.

or.id dengan beberapa penyuntingan oleh redaksi www.khotbahjumat.Volume 1 Dikutip dari buku Kumpulan Khutbah Jum 'at Pilihan Setahun Edisi pertama. c o m .com Artikel www.com 81 | D i s a l i n d a r i w w w . k h o t b a h j u m a t . Surabaya. Disalin dari alsofwah. ElBA Al-Fitrah.khotbahjumat.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .

Volume 1 Takwa dan Keutamaannya V SJL^3 Al Vi AJi V DI i^ij c^jij i4j ¿4 ui" tsjtt IS 1^ 1x5. serta dijalankan oleh setiap muslim. namun semuanya kembali pada maksud yang sama. Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk bertakwa kepada-Nya dan menjanjikan berbagai keutamaan bagi siapa saja yang menjalankannya. Yaitu agar seseorang membuat penghalang yang membentengi dan menjaga dirinya dari terkena kemarahan dan azab Allah Subhanahu wa Ta'ala. Jama'ah jum'ah rahimakumullah. Oleh karena itu. dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad shallallahu „alaihi wa sallam adalah hamba dan utusan-Nya.4 Jail Ma'asyiral muslimin rahimakumullah. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad. k h o t b a h j u m a t . keluarga dan para sahabatnya. Bukan sekadar kalimat yang selalu didengar atau diucapkan. Takwa adalah sebab yang akan membuat seseorang memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat. Sesuatu yang akan menjadi penghalang. c o m . 82 | D i s a l i n d a r i w w w . Maka. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menyebutkan di dalam Alquran. Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan sebenar-benar takwa. takwa merupakan wasiat Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya yang harus dipahami maksudnya dan senantiasa dijaga. tidak lain adalah dengan menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. serta seluruh kaum muslimin yang senantiasa mengikuti petunjuknya. serta menjaga seseorang dari terkena azab Allah Subhanahu wa Ta'ala. Hadirin rahimakumullah. begitu pula Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam di dalam hadits-haditsnya.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Sebaliknya. Saya bersaksi bahwasanya tidak ada yang diibadahi dengan benar selain Allah Subhanahu wa Ta'ala. ayat-ayat yang berkaitan dengan takwa dan keutamaannya. kita semuanya dan seluruh muslimin sesungguhnya sangat butuh akan takwa. namun tidak diperhatikan dan tidak ada wujudnya. Para ulama telah menjelaskan definisi takwa dengan berbagai ungkapan yang berbeda-beda. tidak bertakwa akan mendatangkan kesulitan dan bencana.

Di samping itu. Muslim). 83 | D i s a l i n d a r i w w w . serta diamalkan kandungannya. siapa saja yang telah bersaksi dengan dua kalimat syahadat ini. Sehingga. Sehingga. Muslim) Hadirin rahimakumullah. dia harus meninggalkan dan berlepas diri. Ketahuilah.R. "Demi yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya -yakni demi Allah. k h o t b a h j u m a t . kecuali harus membenarkan seluruh ajarannya dan mengikuti agamanya.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . tidak ada satu pun yang hidup setelah diutusnya beliau shallallahu „alaihi wa sallam. serta meyakini batilnya segala bentuk peribadatan kepada selain Allah Subhanahu wa Ta'ala dan mengarahkan segala bentuk ibadahnya hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala saja. Nabi shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. dua kalimat syahadat juga mengharuskan orang yang mengucapkannya untuk mencintai saudaranya sesama muslim yang tidaklah dia mencintainya.R.Volume 1 Jama'ah jum'ah rahimakumullah. kemudian dia meninggal dalam keadaan tidak beriman dengan agama yang aku diutus dengannya. orang tuanya dan manusia seluruhnya." (H. Begitu pula dia harus mengimani bahwa Muhammad bin 'Abdillah ibn 'Abdul Muththalib shallallahu „alaihi wa sallam adalah hamba Allah Subhanahu wa Ta'ala dan utusanNya. "Tidaklah sempurna iman salah seseorang di antara kalian hingga aku lebih dia cintai daripada (cintanya kepada) anaknya. dia juga harus meyakini bahwa Nabi Muhammad shalallahu „alaihi wa sallam adalah penutup para nabi yang diutus oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk seluruh manusia dan jin. kecuali karena Allah Subhanahu wa Ta'ala. Namun juga harus dipahami maknanya.tidaklah satu pun yang telah mendengar tentang aku dari umat ini baik dari kalangan Yahudi dan tidak pula dari kalangan Nasrani. Nabi shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. Yaitu dia meyakini bahwa beliau adalah seorang hamba yang tidak boleh diibadahi. c o m . Termasuk konsekuensi dari dua kalimat syahadat adalah harus mencintai Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya lebih dari cintanya kepada selain keduanya. sekaligus beliau seorang Rasul yang tidak boleh didustai. Persaksian terhadap dua kalimat syahadat ini bukanlah sekadar diucapkan dengan lisan. Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. Di samping itu." (H. bahwasanya pondasi dari ketakwaan seseorang kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala adalah persaksiannya terhadap dua kalimat syahadat. kecuali (dia) termasuk dari penghuni neraka.

Muslim) Seseorang yang masih mendahulukan keinginan dirinya dengan mengikuti hawa nafsunya daripada kecintaannya. serta ketaatannya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya. k h o t b a h j u m a t . Adapun apa yang dipahami oleh sebagian kaum muslimin.R. bahwa apabila di rumahnya ada satu orang laki-laki atau lebih bersamanya berarti dia bisa mengerjakan shalat berjamaah di rumahnya adalah pemahaman yang salah. marilah kita 84 | D i s a l i n d a r i w w w ." (At-Taubah: 11) Ayat ini menunjukkan. perlu diketahui pula bahwasanya wajib bagi kaum laki-laki untuk menjalankan kewajiban shalat lima waktu ini secara berjamaah. Kewajiban shalat berjamaah di masjid ini merupakan paling besarnya syiar Islam yang harus nampak. "Dan jika mereka mau bertobat dan menegakkan shalat. c o m . serta dia membenci untuk kembali terjatuh kepada kekafiran setelah Allah menyelamatkannya sebagaimana dia tidak ingin dirinya dilempar ke api.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . dan merupakan barometer untuk menimbang baik atau tidaknya amalan seseorang. maka hal itu menunjukkan kelemahan imannya dan kurang sempurnanya dirinya dalam melaksanakan dua kalimat syahadat. bukan di rumah. Hal ini disebutkan di dalam firman-Nya. Oleh karena itu. Namun. yang apabila seseorang itu memilikinya. Amalan ini merupakan tiang Islam. dan dia mencintai saudaranya yang tidaklah dia mencintainya kecuali karena Allah. serta menunaikan zakat. maka mereka adalah saudara kalian seagama. Yaitu dengan menjalankannya di masjid. (yaitu) seorang yang menjadikan Allah dan RasulNya lebih dia cintai dari selain keduanya.Volume 1 "Tiga perkara. Hadirin rahimakumullah. Di samping itu. Hadirin rahimakumullah. ketakwaan seseorang juga tidak akan terwujud kecuali dia harus menjalankan kewajiban yang paling besar setelah menjalankan dua kalimat syahadat yaitu menegakkan shalat lima waktu. maka dia dengan sebab tiga perkara tersebut akan mendapatkan manisnya iman." (H. serta sebagai pembeda yang membedakan antara seorang muslim dengan orang kafir. bahwa orang yang tidak mau menjalankan kewajiban shalat lima waktu bukanlah saudara kita seiman.

I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . seseorang akan mengetahui perintahperintah Allah Subhanahu wa Ta'ala dan larangan-larangan-Nya. Akhirnya. Termasuk bagian yang paling penting dari bentuk ketakwaan seseorang adalah at-tafaqquh fiddin. serta membencinya sebagaimana bencinya dirinya terkena api. c o m . Oleh karena itu. kita memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala melalui nama-nama-Nya yang husna. puasa. agar kita semuanya diberi pertolongan dan kemudahan untuk mewujudkan takwa dan istiqamah di atasnya sampai ajal mendatangi kita. agar kita bisa benar-benar mewujudkan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. seperti mendatangi acara-acara hiburan yang diwarnai kemaksiatan atau menyaksikannya melalui layar televisi. serta terhadap saudara-saudara kita seiman dengan tetap menjaga kehormatan mereka. dan ibadah lainnya. Selanjutnya sebagai bentuk ketakwaan yang sebenar-benarnya. 85 | D i s a l i n d a r i w w w . seseorang harus membangun ibadahnya di atas pondasi ini. Di samping itu juga atas keluarga kita dengan menjalankan tanggung jawab kepada mereka dan tidak menyia-nyiakannya.Volume 1 senantiasa menjaga kewajiban yang sangat besar ini yaitu shalat berjamaah di masjid sebagai bukti ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Marilah kita senantiasa berhati-hati dari segala hal yang akan menghalangi atau melalaikan kita dari shalat berjamaah. Seseorang yang ingin bertakwa. serta berbicara atau ngobrol yang tidak menentu. dia akan benar-benar tepat dalam menjalankan perintah-perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala dan menjauhi larangan-laranganNya. Begitu pula. dan yang semisalnya. dia pun harus menjalankan perintah-perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala lainnya. dia harus mewujudkan persaksiannya terhadap dua kalimat syahadat. Hadirin rahimakumullah. Walhamdulillahi Rabbil 'alamin. Oleh karena itu. seseorang tidak bisa disebut sebagai orang yang bertakwa apabila dia masih membenarkan atau membolehkan diarahkannya salah satu bentuk ibadah kepada selain Allah Subhanahu wa Ta'ala. Oleh karena itu. wajib bagi kita untuk menuntut ilmu dan bertanya kepada ahli ilmu tentang agama kita. marilah kita bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala terhadap dakwah kita yaitu dengan senantiasa di atas hikmah dalam menjalankannya. marilah kita bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala terhadap kerabat kita dengan menjaga silaturahim dan tidak memutusnya. meskipun dia menjalankan shalat. Yang tidak kalah pentingnya. marilah kita bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala atas diri kita dengan tidak melakukan kemaksiatan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Kewajiban menuntut ilmu ini sangat erat kaitannya dengan takwa. serta harus menegakkan shalat lima waktu yang akan menjadi tiang dari ketakwaannya. Sehingga dengan demikian. Jama'ah jum'ah rahimakumullah. serta meninggalkan larangan-larangan-Nya. Yaitu dengan menjadikan Allah Subhanahu wa Ta'ala sebagai satu-satunya yang diibadahi dan meninggalkan seluruh jenis perbuatan syirik. yaitu bersungguh-sungguh dalam mempelajari agama Allah Subhanahu wa Ta'ala. k h o t b a h j u m a t . Dengan bersemangat dalam menuntut ilmu. Maka untuk mewujudkan takwa.

orang yang bertakwa juga akan dikaruniai rasa aman dan kebahagiaan di saat sebagian orang ditimpa rasa takut dan kesedihan. wahai orang-orang yang berakal. k h o t b a h j u m a t . Marilah kita senantiasa mewujudkan takwa di dalam kehidupan kita dan marilah kita senantiasa mengingat. "Maka berbekallah kalian dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku." (At-Taubah: 4) Disamping itu. bahwa bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala adalah sumber segala kebaikan dan kunci untuk memperoleh kebahagiaan. 86 | D i s a l i n d a r i w w w . "Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertakwa. Di antaranya adalah bahwa orang-orang yang bertakwa akan dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. c o m ." (Al-Qalam: 34) Hadirin rahimakumullah. "Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa di sisi Rabb mereka (disediakan) surga yang penuh dengan kenikmatan. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menyebutkan di dalam ayat-ayat-Nya perihal keutamaan atau buah yang akan dipetik oleh orang yang bertakwa.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .Volume 1 KHUTBAH KEDUA Ma'asyiral muslimin rahimakumullah." (Al-Baqarah: 197) Allah Subhanahu wa Ta'ala juga menyebutkan dalam firman-Nya. serta bekal yang sangat berguna untuk kehidupan dunia dan akhirat.

" (Yunus: 62-64) Termasuk buah dari bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala adalah bahwa orang-orang yang bertakwa akan dikaruniai furqan. (Mereka adalah) orang-orang yang beriman dan bertakwa. tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya. sesungguhnya wali-wali Allah itu. maka Allah akan memberikan kepada kalian furqan dan Allah akan menghilangkan diri-diri kalian dari kesalahan-kesalahan kalian dan mengampuni (dosa-dosa) kalian dan Allah mempunyai karunia yang besar. serta mana yang bermanfaat dan mana yang berbahaya bagi dirinya. Orang yang bertakwa juga akan diselamatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dari berbagai bahaya dan akan diberi jalan keluar dari setiap kesempitan yang menimpanya. yaitu pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala baik berupa ilmu atau yang lainnya. "Wahai orang-orang beriman. <i~-^ ¿4^ y %5j {2} Utpi AJ Jig t "Barang siapa bertakwa kepada Allah.Volume 1 jji {63} S>3& lyiSj telili yiJi {62} ùjjjé Vi {64}.. Begitu pula akan diampuni dosa-dosanya dengan diberi taufiq untuk senantiasa beristighfar dan bertobat dari dosa yang dilakukannya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. sehingga dengannya seseorang akan mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. o^Vi c? Al iT^jt Si "Ingatlah. k h o t b a h j u m a t .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik ." (AlAnfal: 29) Jama'ah jum'ah rahimakumullah. niscaya Allah akan mengadakan baginya jalan keluar dan akan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka. Disamping itu juga akan dimudahkan berbagai urusannya serta diberi rezeki di luar dugaannya dari arah yang dia tidak sangka-sangka. jika kalian bertakwa kepada Allah. Disamping itu juga akan dibersihkan jiwanya dari kesalahan-kesalahan yang dilakukannya dengan diberi kemudahan untuk beramal shalih sehingga akan menghapus kesalahan-kesalahannya. c o m . Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan) di akhirat." (Ath-Thalaq: 2-3) 87 | D i s a l i n d a r i w w w .

Mudah-mudahan Allah Subhanahu wa Ta'ala menjadikan kita semua menjadi orang yang bertakwa dengan sebenar-benarnya.com Artikel www. anak. ¿1)! ^.1« yy • JL£ JL^ dJui • ^iJuil lj li clJlP oU^l 2% liiJ ll*T JJIT^I IJLA . k h o t b a h j u m a t . kita mengetahui betapa butuhnya kita akan takwa. Maka. serta mana yang baik akibatnya dan mana yang berbahaya. setiap orang tentu membutuhkan ilmu untuk mengetahui mana yang haq dan mana yang batil.KhotbahJumat. c o m .com 88 | D i s a l i n d a r i w w w . Semua ini akan bisa diselesaikan dan menjadi baik hasilnya apabila dihadapi dengan takwa.^1^5! U? 1P cJl^ Jl£ JI u?ipj Jl£ U? 1P p4^l 1« ^. Terlebih permasalahannya menyangkut agama atau akhiratnya.^1^3I JI uip_3 ^.0l& 4JU Jlli-j j\lCoJ.Volume 1 Begitu pula dalam firman-Nya. " (Ath-Thalaq: 4) Hadirin rahimakumullah.-^ s-j li ^U^j Disalin dari kumpulan Khutbah Jumat Majalah Asy-Syariah disertai penyuntingan bahasa dan tambahan teks ayat oleh Tim Redaksi KhotbahJumat.lJl ^IP L)j-i ->^2J HP Sj^il l-j OLi*-. & Al J* yj "Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. karena masalah ini akan berkaitan dengan selamat dan tidaknya seseorang dari siksa kubur serta kejadian berikutnya saat berada di padang mahsyar sampai kemudian berujung pada selamat dan tidaknya dirinya dari terkena pedihnya siksa api neraka. dan keluarga maupun dengan masyarakat di sekitarnya. Begitu pula yang berkaitan dengan urusan dunia. setiap orang tentu membutuhkan rezeki dan kemudahan dalam urusan-urusan yang dihadapinya.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Baik yang berkaitan dengan istri. Karena setiap orang tentu menginginkan jalan keluar dari masalah-masalah yang dihadapinya. Dari ayat-ayat tersebut.

serta memohon ampunan-Nya. JU J Al jul '¿02114^1 Segala puji hanyalah untuk Allah Subhanahu wa Ta'ala yang memiliki kesempurnaan pada seluruh nama dan sifatNya.Volume 1 Kewajiban Berbakti Kepada Orang Tua ^ji^-j Ali»Ma'asyiral muslimin rahimakumullah. Ketahuilah. serta kepada seluruh kaum muslimin yang benar-benar mengikuti petunjuknya. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada yang berhak untuk diibadahi. keluarganya dan para sahabatnya. Kita memuji-Nya dan memohon pertolongan-Nya. Hal ini sebagaimana dalam firman-Nya. Jama'ah jum'ah rahimakumullah.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Kita berlindung kepada-Nya atas kesalahan diri-diri kita dan kejelekan amalan-amalan kita. "Beribadahlah kalian kepada Allah dan janganlah kalian mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun dan berbuat baiklah kalian kepada kedua orangtua. Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan menjalankan kewajiban-kewajiban kita kepada-Nya dan kewajiban yang harus ditunaikan terhadap hamba-hamba-Nya." (An-Nisa': 36) 89 | D i s a l i n d a r i w w w . Hadirin rahimakumullah. bahwa kewajiban paling besar yang harus ditunaikan oleh seorang hamba setelah kewajibannya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya adalah kewajiban dalam memenuhi hak orangtua. kecuali hanya Allah Subhanahu wa Ta'ala semata dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Shalawat dan salam semoga senantiasa Allah Subhanahu wa Ta'ala curahkan kepada Nabi kita Muhammad. k h o t b a h j u m a t . c o m .

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman." (H. Nabi shallallahu „alaihi wa sallam juga telah menyebutkan besarnya keutamaan berbakti kepada orangtua. dari sahabat Abdullah ibnu Mas'ud radhiallahu „anhu. apakah layak bagi seorang anak untuk melupakan kebaikan orangtuanya sehingga tidak berbuat baik kepadanya? Begitu pula. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Ash-Shahihain. "Kemudian jihad di jalan Allah. Bahkan." Aku berkata. karena orang yang berakal tentu tidak akan melupakan kebaikan orang lain terhadapnya apalagi membalas kebaikannya dengan menyakitinya. Maka. ibunya telah mengandungnya dengan susah payah. Aku bertanya kepada Nabi shallallahu „alaihi wa sallam. c o m . "Berbakti kepada orang tua. Hadirin rahimakumullah. beliau berkata. "Shalat pada waktunya. "Amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala?" Beliau shallallahu „alaihi wa sallam menjawab. tentu lebih tidak pantas lagi bagi seorang anak untuk menyakiti orangtuanya yang telah terus-menerus berbuat baik kepadanya dengan mengeluarkan pengorbanan yang sangat besar bahkan hingga mempertaruhkan nyawanya.Volume 1 Di dalam ayat lainnya. Al-Bukhari dan Muslim) 90 | D i s a l i n d a r i w w w ." (Luqman: 14) Pada dua ayat tersebut Allah Subhanahu wa Ta'ala menjelaskan betapa pentingnya kewajiban berbakti kepada orangtua dengan menggambarkan betapa besarnya pengorbanan dan jasa orangtua terutama ibu kepada anaknya. dan melahirkannya dengan susah-payah (pula). k h o t b a h j u m a t . "Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua orangtuanya.(J AJL^LÌJ JJÄJ LIÄJ Aal 4Ül5^ "Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. sudah semestinya bagi seorang anak untuk berbuat baik kepada orangtuanya.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . "Kemudian apa?" Nabi shallallahu „alaihi wa sallam menjawab." Aku berkata." (Al-Ahqaf: 15) Semakna dengan ayat tersebut Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. Maka.R. * ' ' /z a' (jyLp. lebih besar dari jihad di jalan Allah Subhanahu wa Ta'ala. "Kemudian apa?" Beliau shallallahu „alaihi wa sallam menjawab.

di saat keduanya sudah meninggal dunia pun. Berbuat baik dengan ucapan. begitu pula bersedekah atas namanya dengan berbuat baik berupa memberikan bantuan kepada fakir miskin. Hadirin rahimakumullah.Volume 1 Dari ayat-ayat dan hadits di atas serta yang lainnya. Sedangkan berbuat baik dengan perbuatan. maka janganlah kamu mengikuti keduanya. bisa dilakukan dengan membantu menyiapkan keperluan-keperluannya atau melakukan pekerjaan-pekerjaan lainnya untuk meringankan bebannya serta memenuhi perintah-perintah-Nya. baik yang telah meninggal dunia maupun yang masih hidup. Bahkan. Bahkan. Asy-Syaikh Abdul 'Aziz ibnu Abdullah ibnu Baz rahimahullah. Bisa dilakukan dengan ucapan. maupun dengan harta. Sebagaimana dalam berfirman-Nya. meskipun perintah keduanya yang berupa kemungkaran tetap tidak boleh ditaati. seseorang akan memahami dengan jelas betapa tinggi dan mulianya amalan berbakti kepada orangtua. serta memerintahkan untuk berbuat syirik atau melakukan kekafiran. c o m . bisa dilakukan dengan menginfakkan sebagian dari hartanya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya." (Luqman: 15) Di dalam ayat tersebut kita memahami bahwa berbuat baik kepada orangtua tidaklah gugur. berbuat baik kepadanya masih bisa dilakukan. 'Apabila seorang manusia meninggal dunia. maka bisa dilakukan dengan menjaga tutur kata yang baik dan tidak menyakitkan serta dengan berlemah-lembut ketika berbicara kepadanya. Hal ini karena Nabi bersabda (yang artinya). Hadirin rahimakumullah. Berbuat baik kepada orangtua sangat banyak caranya dan sangat luas cakupannya. perbuatan. Sedangkan berbuat baik dengan harta. "Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu. (yaitu) seseorang mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan perbuatan tersebut dan kemudian berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar menjadikan pahala dari sedekah tersebut untuk ayah dan ibunya atau selain keduanya. Berbuat baik kepada orangtua juga tidaklah terbatas pada saat keduanya masih hidup. "Disyariatkan berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk yang telah meninggal dunia.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Kaum muslimin yang semoga dirahmati Allah Subhanahu wa Ta'ala. namun pergaulilah keduanya di dunia dengan baik. k h o t b a h j u m a t . selama bukan dalam bentuk berbuat maksiat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. terputuslah amalannya 91 | D i s a l i n d a r i w w w . salah seorang ulama terkemuka di Saudi Arabia mengatakan. karena keduanya dalam keadaan kafir. Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya untuk berbuat baik kepada orangtuanya meskipun seandainya keduanya dalam keadaan kafir sekalipun. Kewajiban berbuat baik kepada orangtua semasa hidup mereka tidaklah melihat kepada siapa dan bagaimana keadaan orangtua.

dan anak shalih yang berdoa untuknya. ilmu yang bermanfaat. Apakah kita akan menyia-nyiakan kesempatan untuk menjalankan kewajiban yang mulia ini? Lihatlah pula betapa besarnya semangat para sahabat dalam menjalankan kewajiban berbakti 92 | D i s a l i n d a r i w w w . bahwa ada seseorang bertanya kepada beliau shallallahu „alaihi wa sallam. Bahkan juga dengan menghubungi atau berbuat baik kepada keluarga dari teman-teman orang tua kita. sesungguhnya ibuku telah meninggal dunia dan beliau belum sempat berwasiat namun aku yakin kalau beliau sempat berbicara tentu beliau ingin bersedekah. 4/342) Termasuk amalan berbakti kepada orangtua yang bisa dilakukan sepeninggal mereka adalah menghubungi kerabat dan teman-teman mereka." Maka. serta membayarkan utang-utangnya. "Apakah engkau Fulan ibnu Fulan?" Orang badui tersebut menjawab. "Benar.'Disebutkan dalam hadits Nabi shallallahu „alaihi wa sallam. "Mudah-mudahan Allah mengampunimu." Maka.R." Maka." Kemudian beliau juga memberikan kain surbannya yang sedang dipakai seraya mengatakan. Ketika beliau sudah bosan duduk di atas kendaraannya. "Benar. apakah beliau (ibuku) akan mendapatkan pahala jika aku bersedekah atas namanya?" Nabi shallallahu „alaihi wa sallam menjawab." (Muttafaqun 'alaih) Begitu pula (akan bermanfaat untuk orang yang telah meninggal dunia) amalan ibadah haji atas nama si mayit. Muslim) Lihatlah hadirin rahimakumullah. betapa luasnya kesempatan untuk berbakti kepada orangtua. 'Abdullah ibn 'Umar mengatakan. Aji Sj -jit JJrjil 5jJl J-t y DI "Sesungguhnya. beliau (sahabat Abdullah ibn 'Umar radhiallahu „anhuma) memberikan keledainya kepada badui tersebut seraya mengatakan. Semua itu akan bermanfaat untuk yang meninggal sebagaimana telah datang dalil-dalil yang syar'i menunjukkan hal tersebut." (Majmu' Fatawa wa Maqalat." (H. "Naikilah kendaraan ini. C~2 J-I^J O] J>rl 14-1-91 'O! J y? t) O-ii^O* ji l4^i? lj jj^'j-' O-lU yJl 0] 'Al Jjij ll "Wahai Rasulullah.Volume 1 kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah. Engkau berikan kepadanya keledai yang engkau tunggangi di saat ingin beristirahat dari kelelahan dan engkau berikan imamah yang sedang engkau ikatkan di kepalamu. c o m . lewatlah di depan beliau seorang badui dan berkatalah beliau (kepada badui tersebut). Hal itu sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim dalam Shahih-nya dari sahabat Abdullah ibnu 'Umar ibn Al-Khaththab radhiallahu „anhuma. termasuk dari perbuatan paling baik dalam berbakti kepada orang tua adalah seseorang berbuat baik kepada keluarga orang yang dicintai (teman) ayahnya. demikian pula ibadah umrah. berkatalah orang-orang kepada sahabat Abdullah ibn 'Umar radhiallahu „anhuma.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . dan sungguh saya mendengar Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. k h o t b a h j u m a t . bahwa beliau berjalan menuju kota Makkah dan mengendarai keledai yang ditungganginya untuk beristirahat di saat lelah. "Pakailah kain ini untuk diikatkan sebagai penutup kepalamu. "Sesungguhnya dia adalah teman (orangtua saya) 'Umar ibn Al-Khaththab'.

mudah-mudahan Allah Subhanahu wa Ta'ala selalu memberikan taufiq-Nya kepada kita semua untuk bisa berbakti kepada orangtua. Pada akhirnya batu yang menutup pintu goa pun terbuka sehingga mereka bisa keluar dari gua tersebut. maka sambunglah rahimnya. seseorang yang berbuat baik kepada orang tua juga akan diberi jalan keluar dari kesulitan yang menimpanya. Hal ini sebagaimana ditunjukkan oleh hadits yang dikeluarkan oleh Al-Imam AlBukhari dan Muslim dalam Shahih keduanya yang menceritakan tentang kisah tiga orang yang ketika masuk untuk beristirahat di dalam gua. Maka. Maka dalam kesulitan tersebut. Sebagaimana tersebut dalam sabda Nabi shallallahu „alaihi wa sallam. Di antara amal shalih yang disebutkan oleh salah satu dari mereka adalah perbuatan baiknya kepada orangtuanya. maka akan berbuat baik pula anak-anaknya kepadanya. c o m . Di antaranya adalah bahwa orang-orang yang berbuat baik kepada orang tuanya.Volume 1 kepada orang tua." (H. "Barang siapa senang untuk diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya. KHUTBAH KEDUA Al S/I AJI S/ ot Ji4-it 'u&J&ii Jp S/ I o j J* ujiiilJ bui j oiJuil yj A!) AJT ^Ipj AIIP Al ^i-— 'd^^Vl (J^llU)l AJji»jj OJIP IJII. k h o t b a h j u m a t . Maka bagaimanakah dengan kita? Sudahkah kita mengikuti jalan salafush shalih dalam amalan ini? Hadirin rahimakumullah.R. Karena sebagaimana yang ditunjukkan oleh dalil-dalil yang syar'i bahwa balasan seseorang adalah sesuai dengan perbuatan yang dilakukannya. di antara sebab yang akan menjadikan seseorang memperoleh jalan keluar dari kesulitan-kesulitannya adalah dengan menjalankan amalan yang mulia ini. namun juga di dunia. Seseorang yang berbuat baik kepada orangtuanya maka dia akan mendapatkan balasan yang sangat besar dari Allah Subhanahu wa Ta'ala bukan hanya di akhirat kelak. Tiba-tiba ada batu besar yang jatuh menutup pintu gua. Walhamdulillahi Rabbil 'alamin. Akhirnya. Di samping itu.ol J»4^ j AJ ililJ-^ S/ aJU-j 93 | D i s a l i n d a r i w w w . ketiga orang tadi bertawassul memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan menyebutkan amalan shalih yang pernah mereka lakukan. Muslim) Berbakti kepada orang tua masuk ke dalam keumuman hadits ini karena termasuk penunaian silaturahim. Begitu pula di antara balasan bagi seseorang yang berbuat baik kepada orangtuanya adalah akan dimudahkannya dirinya dalam mencari rezeki dan dipanjangkan umurnya. dan bahkan silaturahim yang paling tinggi adalah menghubungi orang tua.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .

I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Namun. Akhirnya. marilah kita berupaya untuk memperbaiki diri dalam menjalankan kewajiban kita kepada orang tua. Sesungguhnya dengan bertakwalah seseorang akan mendapatkan akibat yang baik dan hasil akhir yang membahagiakan. kasihilah mereka keduanya. Di dalam ayat tersebut. dalam keadaan yang demikian pun seorang anak harus bersabar dan tidak menyakiti orangtuanya dalam bentuk apapun. Hal ini tentu menunjukkan betapa ditekankannya kewajiban ini. c o m . Marilah kita senantiasa mengingat betapa tingginya amalan ini di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala dan betapa besarnya pengorbanan orang tua kepada kita terlebih di saat masih dalam kandungan dan saat persalinan. Maka perbuatan menyakiti yang lebih dari itu lebih besar dosanya. maka tentu saja tidak semestinya bagi kita untuk menganggap remeh amalan ini. Kedua orang tua telah mengerahkan tenaga dan pikirannya. "Wahai Rabb-ku. k h o t b a h j u m a t . Hadirin rahimakumullah.Volume 1 Ma'asyiral muslimin rahimakumullah. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. Yaitu di saat orang tua telah berusia lanjut. Apalagi Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya untuk menjalankan kewajiban ini di saat yang sangat sulit untuk dijalankan. Dalam keadaan demikian. yang dalam usia tersebut tentunya orang tua dalam keadaan semakin lemah badan dan cara berpikirnya. sehingga bisa membuat seorang anak akan merasa capai dalam mengurusinya. bCj^S/ji ui j-j u%4iivj £>i ui ji" S£ {24} ^tfj j JU-! JJ&'I . maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Allah Subhanahu wa Ta'ala juga memerintahkan agar seorang anak berbuat baik kepada orangtuanya. seorang anak bisa terkena rasa bosan dan bahkan jengkel dengan perkataan maupun perbuatan yang dilakukan oleh orangtua. Marilah kita selalu bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan menjalankan kewajiban yang telah diperintahkan oleh-Nya. Setelah kita mengetahui betapa tinggi dan mulianya amalan berbakti kepada orang tua. Yaitu dengan mengucapkan tutur kata yang sopan dengan merendahkan diri di hadapannya serta mendoakan kebaikan untuk keduanya." (Al-Isra': 23-24) Di dalam ayat tersebut pula Allah Subhanahu wa Ta'ala melarang hamba-hamba-Nya menyakiti orang tua. sebagaimana mereka berdua telah memelihara aku sewaktu kecil. serta hartanya untuk merawat kita. Oleh 94 | D i s a l i n d a r i w w w .B jjb ISI 43 j-j 3^3)1 j* jlii ^ ui t>i^!_j {23} Jika salah seorang di antara kedua orang tua atau kedua-duanya telah berumur lanjut (dan mereka) dalam pemeliharaanmu. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah. meskipun dengan ucapan yang hanya menunjukkan kekesalan. Jama'ah jum'ah rahimakumullah. serta setelah dilahirkan sebagai seorang bayi.

Mudah-mudahan Allah Subhanahu wa Ta'ala memberikan kemudahan kepada kita untuk berbakti kepada orang tua. berbuat bid'ah. serta ilmunya di hadapan orang tuanya. atau terjatuh pada kemaksiatan lainnya. JT u.com Artikel www. •Cl-iJliJi 4j l.>^lvj ->^2J Disalin dari kumpulan Khutbah Jumat Majalah Asy-Syariah disertai penyuntingan bahasa dan tambahan teks ayat oleh Tim Redaksi KhotbahJumat.IP lif jli.Ipj jli. cacat dan tidak berpangkat atau bahkan seandainya keduanya belum mendapatkan hidayah sehingga masih dalam keadaan kafir. sudah sepantasnya bagi kita untuk berbakti kepadanya.Volume 1 karena itu.'ISlp ^y—iil ^SVj j'LVj ukki ll*T JIIJI IJL* *4l)l . U . JUJ! j-j&Jl I JT Jpj j-j&Jl I U ..com 95 | D i s a l i n d a r i w w w .UJuI . Namun.KhotbahJumat. Apakah mereka orang yang miskin. c o m .^lill 4j l. dia harus berusaha membantu keperluan keduanya selama tidak melanggar syariat dan berusaha untuk menjadi sebab turunnya hidayah Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada keduanya.IP J— £4l)l • JLi! JL*.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . baik dengan harta dan kedudukannya. Siapapun orang tua kita dan bagaimanapun keadaan orang tua kita.(Dl^ AJL) jj j4~°Jill (_JIP pSiij L)jjj li-p <sjJ«ll 43 CUJ-J L)l->t4-. serta memberikan kepada kita kemudahan untuk senantiasa ikhlas dalam menjalankannya. seseorang harus tetap berkata yang baik dan tidak menyombongkan dirinya. k h o t b a h j u m a t . Hal tersebut tidaklah membuat gugurnya kewajiban kita dalam berbakti kepada orangtuanya. Bahkan.

**: AJ OJj Syf? jP jj'/pl J*3 "Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku. c o m . Karena. niscaya ia tidak akan tersesat dan tidak akan celaka. Mulai dari urusan rumah tangga hingga ketatanegaraan. Meskipun orang melihatnya hidup dengan penuh kemewahan dan serba ada.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Yaitu dengan mempelajari dan mengamalkan. sesungguhnya dia tidak merasakan kelapangan dan ketenangan di dalam jiwanya. pasti dia akan rugi dan celaka. Karena di dalamnya ada cahaya dan petunjuk yang demikian mencukupi untuk membimbing dan mengatur seluruh sisi kehidupan kita. dan Kami akan menghimpunkannyapada hari kiamat dalam keadaan buta. ^if-t AallaJl ^3. "Barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku.O-JM^J l^L^ AJM. barang siapa yang tidak merasa cukup dengan petunjuk Allah Subhanahu wa Ta'ala sehingga menyelisihinya. Karena.Volume 1 Mengikuti Sunnah Rasulullah dan Menjauhi Bid'ah AI A JI uju> S o Ji^j Al SI AJI S D! J^-^! 'AJ g^u S£ ^I^J jaj AJ ^ S£ Al oji: ^Jpj jJii U-^3-*jj p-^——j di"— j*--"^ ^A-53-—"jjj o J-JP l Ji-i D! J-g-^ij Ma'asyiral muslimin rahimakumullah Marilah kita senantiasa menjaga dan meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. serta berpegang teguh di atas syariat-Nya. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah berjanji bagi orang yang mengikuti petunjuk-Nya di dalam firman-Nya." (Thaha: 124) 96 | D i s a l i n d a r i w w w . Sehingga. k h o t b a h j u m a t . maka sesungguhnya baginya kehidupan yang sempit." (Thaha: 123) Maka. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah mengancam bagi orang-orang yang menyelisihi petunjuk-Nya di dalam firman-Nya. Namun. selama seseorang itu mengikuti petunjuk dan aturan-Nya pasti dia akan selamat di dunia dan akhirat.

yaitu dengan menaatinya dan tidak menyelisihinya. dan yang semisalnya. niscaya kalian akan mendapat hidayah/petunjuk. meskipun cobaan dan ujian menimpa dirinya. Oleh karena itu. pasti akan sirna. OJ-^J. bahwa barang siapa menaati Rasul-Nya akan memperoleh hidayah-Nya. baik berupa harta. „Taatilah Allah dan Rasul-Nya.' Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."' (Ali Tmran: 31-32) Maka di dalam ayat tersebut Allah Subhanahu wa Ta'ala menjelaskan bahwa menaati Rasul-Nya adalah konsekuensi dan bukti dari cintanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.' (Ali Tmran: 132) Ma'asyiral muslimin rahimakumullah. niscaya Allah akan mengasihi dan mengampuni dosa-dosa kalian. Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala juga memberitakan di dalam Alquran. "Dan jika kalian menaatinya. Sebagaimana dalam firman-Nya. Hal ini sebagaimana tersebut dalam firman-Nya. yang senantiasa diinginkan oleh dirinya adalah meraih kecintaan Allah Subhanahu wa Ta'ala dan diampuni seluruh dosanya. c o m . k h o t b a h j u m a t . supaya kalian diberi rahmat. maka ikutilah aku. „Jika kalian (benar-benar) mencintai Allah. serta diberi hidayah oleh Yang Maha Kuasa.Volume 1 Hadirin rahimakumullah Seorang muslim yang hakiki tidak akan ridha untuk meninggalkan petunjuk Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sehingga. Karena itulah satu-satunya jalan yang harus ditempuh agar dirinya dicintai dan dirahmati.—-^-1*1 J3——/J j Al 13**J' j "Dan taatilah Allah dan Rasul.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Karena dia mengetahui. bahwa taat kepada Rasul adalah sebab yang akan mengantarkan kita untuk mendapatkan rahmat-Nya. kedudukan. serta mendapatkan hidayah dan curahan rahmat-Nya. maka sesungguhnya Allah tidak mencintai orang-orang kafir." (An-Nur: 54) Begitupula Allah Subhanahu wa Ta'ala beritakan. dia berusaha untuk mengikuti jalan Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam. 97 | D i s a l i n d a r i w w w . Katakanlah.-f DI ¿1- {32} j-/3L^li ¿4 S Al oJj J oJj ¿3——/Jj Al jii?! "Katakanlah (wahai Muhammad). sementara menyelisihinya adalah tanda kekufuran dirinya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. bahwa kehidupan yang sesungguhnya bukanlah di dunia dan apa yang dimilikinya berupa kenikmatan dunia. jika kamu berpaling. {31} 6p>j 6jj-lp A j —¿1 jiiy Al Al J JJ -. Meskipun ditawarkan kepadanya dunia seisinya. Sebagaimana dalam firman-Nya. Dia akan tetap berpegang teguh di atas syariat-Nya.

dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah) Bahkan.R. Ketahuilah. c o m . dari manapun datangnya. namun apabila bertentangan maka dia akan menolak. AJ*>L> AP^J jf AP^J ^ jf oJs jja VI obj^j —fi-Jj "Hati-hatilah kalian dari terjatuh kepada amalan-amalan ibadah baru yang diada-adakan. Dia tidak akan terburu-buru dalam meyakini dan mengamalkan suatu ajaran dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. yaitu mengada-adakan amalan ibadah baru yang tidak ada syariatnya. Sebagaimana tersebut dalam haditsnya. k h o t b a h j u m a t . seorang muslim akan mengikuti jalan Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam dan akan meninggalkan seluruh ajaran yang menyimpang dari ajarannya shallallahu „alaihi wa sallam. Al-Bukhari dan Muslim) Al-Imam Asy-Syafi'i rahimahullah mengatakan. maka amalan tersebut ditolak." Hadirin rahimakumullah. Karena beliau shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. bahwasanya barang siapa yang telah jelas baginya jalan Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam.Volume 1 Oleh karena itu." (H. Apabila sesuai maka diterima. tidak boleh baginya untuk meninggalkannya karena ucapan siapapun. J* o! ^IP ¿-$1 jflJ "Para ulama telah sepakat. Hal ini sebagaimana tersebut di dalam sabdanya shallallahu „alaihi wa sallam. 14*JJ D! AI jj-g S -J—— j A*IP AI J— A\ ¿3—3 AJ ¿¿1. Akan tetapi. bahwa Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam telah mengingatkan umatnya agar jangan sampai terjatuh pada perbuatan bid'ah. Ahmad dan yang lainnya. karena setiap amalan tersebut adalah bid'ah dan setiap bid'ah adalah sesat.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . dia akan menimbang terlebih dahulu seluruh ucapan dan amalan ibadahnya dengan amalan dan ucapan Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam. beliau shallallahu „alaihi wa sallam menyebutkan bahwa perbuatan mengada-adakan amalan ibadah baru yang tidak ada syariatnya adalah sejelek-jelek amalan." (H. LJ-ai A^IP ^-i-P J-iP j» "Barang siapa yang mengamalkan amalan yang tidak ada syariatnya dari kami.R. 98 | D i s a l i n d a r i w w w . baik yang berupa ucapan maupun amalan anggota badan.

I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik ." Maka. dishahihkan Al-Albani rahimahullah) Begitu pula dikatakan oleh Abdullah ibnu 'Umar radhiyallahu „anhuma. "Setiap bid'ah adalah sesat meskipun orang-orang menganggapnya baik. Seluruh jenis bid'ah dengan berbagai macamnya adalah sesat. Yaitu melakukan amal ibadah yang disyariatkan dan kemudian dicontoh. serta diikuti oleh yang lainnya." (H. Muslim) Ma'asyiral muslimin rahimakumullah. tidak benar kalau dikatakan ada bid'ah yang baik atau hasanah. Hadirin rahimakumullah. Adapun mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan amal ibadah yang dibuat sendiri atau dibuat oleh gurunya. marilah kita senantiasa mengikuti wasiat Nabi shallallahu „alaihi wa sallam untuk berpegang teguh di atas jalannya. bukan bid'ah hasanah. hal tersebut adalah amalan bid'ah dan tidak ada baiknya sama sekali. Para ulama telah menjelaskan di dalam kitab-kitab mereka tentang maksud dari amalan bid'ah. Ahmad dan yang lainnya. Akhirnya. Seperti mengadakan acara perayaaan dan peringatan hari kelahiran atau hari kematian seseorang. yang ada adalah sunnah yang hasanah. k h o t b a h j u m a t . Dan bid'ah itu bermacam-macam jenisnya. Seperti berzikir secara berjamaah dengan dipimpin oleh seorang imam setelah selesai dari shalat berjamaah.Volume 1 "Dan sejelek-jelek amalan adalah amalan ibadah yang diada-adakan (yang tidak ada tuntunannya dari Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam dan Al-Khulafas Ar-Rasyidin). Ada yang berupa amalan ibadah baru yang sama sekali tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam dan Al-Khulafas Ar-Rasyidin. Meskipun kadar kesesatannya dan kejelekannya berbeda-beda. Akan tetapi. "Dan setiap bid'ah adalah sesat. sebagaimana tersebut dalam sabda Nabi shallallahu „alaihi wa sallam." (HR.R. Begitupula wasiat beliau shallallahu „alaihi wa sallam untuk 99 | D i s a l i n d a r i w w w . Di antaranya disebutkan bahwa bid'ah adalah aturan yang diada-adakan dalam beragama yang menandingi syariat dan dimaksudkan dengan mengikuti aturan tersebut untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Ataupun dengan mengubah tata cara ibadah yang telah disyariatkan. c o m . Karena seluruh amalan bid'ah adalah keluar dari petunjuk Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam.

Oleh karena itu. Karena hal itu akan menjauhkan kita dari agama yang mulia. hati tidak akan menerima Sunnah Rasul jika sudah ditempati oleh bid'ah. . Hal ini karena perbuatan bid'ah akan memecah-belah kaum muslimin. Marilah kita berusaha untuk selalu menjaga diri-diri kita dari azab Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan bertakwa kepada-Nya. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah mengancam orang-orang yang menyelisihi jalan rasulNya dengan ancaman yang keras. Ketahuilah. Sebagaimana hal ini tersebut di dalam firman-Nya (yang artinya).Volume 1 berhati-hati terhadap kerusakan yang sangat berbahaya. ¿3-! /fjiJj ot-Vl J* A*^ h j-f-Ij ¿5*^ '—*^*Jl oTjiil J ^ Al jjjll KHUTBAH KEDUA oijp l Jili O! i-i^j c-4>JJl JIJI JJLLill cAJ J J ^Jpj A*IP Al j-j-i S oJj-j Al Si AJI S D! A^tj Ma'asyiral Muslimin rahimakumullah. "Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah Rasul takut akan ditimpa fitnah atau ditimpa adzab yang pedih. bahwa bid'ah adalah bentuk penyelisihan paling besar dari jalan Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam setelah perbuatan syirik. Setan akan menghiasi amalan bid'ah sehingga akan menjadi sangat mudah bagi orang yang tertipu untuk mengamalkannya. kita dapati orang yang melakukan atau bergelut dengan bid'ah serta menghidupkannya adalah orang yang jauh dari Sunnah Nabi shallallahu „alaihi wa sallam. Karena. meskipun harus mengeluarkan banyak biaya dan menyita sebagian besar waktunya. serta menyeret pelakunya pada kerusakan agama dan hatinya. Dan bid'ah akan 100 | D i s a l i n d a r i w w w . yaitu bid'ah serta orang-orang yang mengajaknya.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . c o m . k h o t b a h j u m a t . Perbuatan bid'ah akan menjadikan hati pelakunya menjadi benci kepada As-Sunnah. Yaitu dengan senantiasa mengikuti ajaran yang dibawa oleh Rasul-Nya shallallahu „alaihi wa sallam dan tidak menyelisihinya.' (An-Nur: 50) Hadirin rahimakumullah.

Karena sesungguhnya semua itu batil. Janganlah tertipu karena disebutkannya dua jenis shalat ini dalam kitab Qutul Qulub dan Ihyas „Ulumuddin. Karena jalan yang ditempuh oleh Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam dan orang-orang yang terbaik di umat ini baik dari kalangan sahabat. dan yang mengikuti mereka adalah satu-satunya jalan yang benar. Dan jangan pula tertipu dengan hadits-hadits yang tersebut di dalam dua kitab tadi. pts$ ] ! ^ii . Sementara hadits-hadits yang menyebutkan tentang keutamaan shalat pada malam Nishfu Sya'ban semuanya adalah hadits palsu. tidak boleh bagi kaum muslimin untuk mengkhususkan. Akan tetapi mengistimewakan hari dan malam tersebut dari hari-hari lainnya di bulan Sya'ban untuk shalat atau ibadah lainnya bukanlah ajaran yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam. c o m . Karena Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam dan Al-Khulafas ArRasyidin tidak pernah melakukannya." Maka. serta mengistimewakan pertengahan bulan ini daripada hari-hari lainnya di bulan tersebut. Hal itu karena setiap pelaku bid'ah akan membanggakan dirinya dan menganggap cara serta amalannya adalah yang paling baik. bahwa termasuk dari amalan bid'ah yang dilakukan oleh sebagian kaum muslimin adalah mengkhususkan pertengahan bulan Sya'ban atau yang dikenal dengan istilah Nishfu Sya'ban dengan shalat malam secara berjamaah. Hadirin rahimakumullah. Karena hal itu sama saja dengan menghancurkan agama saudaranya. marilah kita senantiasa berhati-hati dari jalan-jalan yang menyimpang dari jalan Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam. tabi'in. k h o t b a h j u m a t . Tidak boleh dijadikan sebagai pegangan. Bukan berarti tidak diperbolehkan bagi seseorang untuk shalat malam pada hari tersebut. Begitu pula tidak boleh bagi kaum muslimin untuk mendukung dan membantu pelaksanaannya.^k&t Aji^—t j A T Jkj ji£ ¿¿3——jj l jip Jp —Lj 5— P J ^ii 101 | D i s a l i n d a r i w w w .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . sebagaimana telah diingatkan oleh banyak ulama." Berkata pula Asy-Syaikh Abdul 'Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah. keduanya adalah amalan bid'ah dan mungkar.Volume 1 menyeret pelakunya menjadi orang yang sombong untuk menerima kebenaran. "Shalat yang dikenal dengan istilah shalat Ar-Raghalb yaitu shalat 12 rakaat yang dilakukan antara Maghrib dan 'Isya pada malam Jum'at pertama di bulan Rajab dan shalat pada malam Nishfu Sya'ban sebanyak seratus rakaat. Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata dalam kitabnya Al-Majmu'. Akhirnya. Ketahuilah. "Hadits-hadits yang menyebutkan keutamaan malam Nishfu Sya'ban adalah hadits-hadits yang dha'if.

c o m . k h o t b a h j u m a t . Disalin dari kumpulan Khutbah Jumat Majalah Asy-Syariah Edisi 34 disertai penyuntingan bahasa oleh Tim Redaksi KhotbahJumat.Volume 1 (j\J——/il! JP —j OJ-■ ^.I—P ojAil Cj ¿0 (^l^tl— ^ j Ul CCIJLP liSj Ail i.S/P VI c Penulis: Al-Ustadz Saifuddin Zuhri.KhotbahJumat.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .com Artikel www.com 102 | D i s a l i n d a r i w w w . Lc.

Volume 1 Bertamasya ke Negeri Surga j-ji v oAI vi AJI V O! Agi! CAJ jj-u j>*9jj Ai AI ojg- j* Oj-i-1-!-* —-jij V] j-J-** Vj AJLAJ jp. berupa percaya akan wujudnya surga dengan segala kenikmatannya. c o m . berupa keteguhan iman dan ketinggian takwa sebagai balasan bagi hamba-hamba-Nya yang pandai bersyukur.j J-ft jjJiU /lij A ! CtiS" dJjSi-l <3 J—i Oli :J*J l*9i J— —gJJJl . Amin. atas nikmat iman dan takwa dengan syukur yang sesungguhnya.A ! J-JI J-all j-J-Jl ig-il- j —JLo j AJP A I J— J-ii-. jJ* Vl Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah Marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allah. 103 | D i s a l i n d a r i w w w . clgJliJii.jlijl J AJSVX^ yvj cfl^i-i^ APJJ £jJj CAPJJ 33JJ£. sehingga Allah benar-benar berkenan menambahkan anugrah nikmat teragung itu.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Allahumma Amin! Termasuk dalam anugerah keimanan yang agung yang harus senantiasa kita syukuri adalah keimanan dan keyakinan yang di-berikan oleh Allah ke dalam hati sanubari kita sekalian. dan percaya adanya neraka dengan segala penderitaan yang paling pedih dan memilukan. k h o t b a h j u m a t .

AJJ— /j AI Jip I JI^- oj AI VJ AJI V oi Ag-ii 104 | D i s a l i n d a r i w w w . pintu jihad. k h o t b a h j u m a t . dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. Allah membalas kebaikan mereka di dunia sebelum nanti di akhirat juga akan diberi balasan kebaikan. Hadirin Rahimakumullah wa A'azzakumullah! Sesungguhnya. Sejak di dunia orang-orang beriman mendapatkan kebahagiaan. "Tidaklah salah seorang dari kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya. pintu ar-Rayyan yang dikhususkan bagi ahli puasa dan pintu-pintu yang lainnya. baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman. Allah menjanjikan surga dengan segala puncak kenikmatannya demi kebahagiaan para hadirin dan segenap orang-orang mukmin di dunia dan di akhirat. kita akan menjadi semakin terdorong untuk beramal shalih. Pintu-pintu yang bermacam-macam. begitu juga dengan rasa takut pada ancaman siksaan neraka. (Fana 'udzubillah). kemudian mengucapkan. oleh Rasulullah di dalam hadits-hadits beliau.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . ada pintu shalat. "Barangsiapa yang mengerjakan amal shalih." (An-Nahl: 97). dan beberapa keterangan dari para salafush shalih: 1. Rasulullah Shallallahu „alahi wa Sallam pernah menjelaskan bahwa. maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Sedangkan di akhirat kelak Allah menyediakan surga bagi mereka dengan segala puncak kenikmatan-kenikmatan di dalam-nya. khatib mencoba untuk memaparkan gambaran surga. Di sini. dan mempertebal ketakwaan kita. karena selalu beramal shalih demi cita-cita yang mulia di akhirat. c o m . sedekah.Volume 1 Dengan keimanan pada nikmat-nikmat surga. akan semakin menambah rasa takut kita dari berbuat maksiat yang dapat melunturkan busana takwa dari diri kita. sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menjelaskannya di dalam firman-Nya di atas. Dari iman dan amal shalih yang mereka laksanakan. sebagaimana yang telah diterangkan oleh Allah di dalam Alquran.

R. Tingkatan-tingkatan surga.S-~SJ5 " yang melintas di atas. jauh di ufuk langit di sebelah timur atau barat.' (Ali Imran: 163). Rasulullah Shallallahu „alahi wa Sallam menceritakan tentang mi'raj beliau Shallallahu „alahi wa Sallam. c o m . iii ig-t j* J. Muslim. Tanah di surga adalah Misk (kasturi). kamar-kamar mereka berada tinggi di atas. antara tingkat yang satu dengan berikutnya setinggi antara langit dan bumi. mereka menyaksikannya bagaikan menyaksikan bintang "jjj. Kemudian surga para Nabi. surga para mukminin yang beriman kepada segenap Rasulullah. no. 105 | D i s a l i n d a r i w w w .' (H.Volume 1 'Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya'.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . k h o t b a h j u m a t . Bahkan bagi para syuhada\ mereka mendapatkan surga bertingkat seratus.bui)! a&t cCJl t Ai VI "melainkan akan dibukakan baginya delapan pintu surga. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan. Hadirin Rahimakumullah! 17. dia (dipersilahkan) masuk dari pintu mana saja yang dia kehendaki. yang mana antara satu dengan yang lainnya tidak sama. Tingkatan tertinggi adalah surga yang khusus untuk nabi kita Muhammad Shallallahu „alahi wa Sallam di tempat yang paling tinggi di Surga Firdaus. Hadirin Rahimakumullah! 18. 234). Tingkatan surga itu lebih dari seratus dan bagi pembaca dan penghafal al-Quran dipersilakan naik ke derajat-derajat berikutnya sesuai jumlah bacaan mereka. "(Kedudukan) mereka itu bertingkat-tingkat di sisi Allah.

Sebuah contoh lain yang menceritakan kondisi istana di surga. c o m . 7024 dan Muslim.Aiist o! "Saya pernah masuk surga. tiada hiruk pikuk maupun keletihan di dalamnya. misk yang murni. Rasulullah Shallallahu „alahi wa Sallam bercerita. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. no. dan (memasukkan kamu) ke istana-istana yang baik di surga „Adn.R. dan minuman." (H.R. Apabila dia datang.' (H. makanan. 20. ternyata di dalamnya ada kubah-kubah dari mutiara dan tanahnya dari misk (kasturi). 19. no. al-Bukhari. no. tiba-tiba saya berada dalam sebuah istana emas. 106 | D i s a l i n d a r i w w w . Itulah keberuntungan yang besar. "Apakah kepadamu aku cemburu wahai Rasulullah?" (H. lalu berilah kabar gembira kepada-nya dengan sebuah istana di surga dari mutiara berongga. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.Volume 1 "Saya dimasukkan ke surga. maka sampaikanlah salam dari Rabbnya dan dariku. 3821 dan Muslim. no. k h o t b a h j u m a t ." Umar mengatakan. "Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. kecuali karena apa yang saya ketahui dari kecemburuanmu. 2394). „Milik siapa istana ini?' Mereka menjawab." "Tidak ada yang menghalangiku untuk memasukinya wahai Ibnu al-Khaththab. 2432). malaikat Jibril '' alaihissalam pernah mendatangi Nabi Shallallahu „alahi wa Sallam dan berkata kepada beliau. "Pasir lembut yang putih. Muslim: 2928). maka beliau menjawab.jiPt ULIP^ : jii .' (H. lii lili A2M iliS ? AI jj—j i. "Khadijah akan datang kepadamu membawa bejana berisi lauk pauk. al-Bukhari).I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Ibnu Shayyad pernah bertanya kepada Nabi Shallallahu „alahi wa Sallam tentang tanah di surga. saya bertanya. Istana-istana megah dan indah.R.UJ/IP j* —IP! i** Vi ylLit jit i. al-Bukhari.' (Ash-Shaff: 12).R. Kamar-kamar di surga. „Milik seseorang dari Quraisy (Umar bin al-Khaththab) '.

" Seorang badui bertanya. Di dalamnya dia memiliki istri-istri yang dia gilir. "Untuk siapa itu?" Beliau Shallallahu „alahi wa Sallam menjawab.' (Ar-Rahman: 72). no. "Untuk orang yang indah tutur katanya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. 107 | D i s a l i n d a r i w w w .0 J^-jj O] j** AA'-^' AJ—^-l ¿2 j*j-iiJ "Sesungguhnya orang Mukmin di surga memiliki sebuah tenda dari mutiara berongga. Allah telah berjanji dengan sebenar-benarnya. Muslim. "Sesungguhnya di dalam surga ada kamar-kamar. dn Ahmad. no. 1340 dan di-hasankan oleh al-Albani). s * 'i 0 0 * s & y y s y / * 0 * ? ' 6 ° 0 0 ^ OjiAi Lg-Ji j*j-iiJ '^AI* -Ji— liLji? 'Aiji?.' (Az-Zumar: 20). luarnya terlihat dari dalamnya.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Peraduan di dalam surga. panjangnya enam puluh mil. 21.Volume 1 V AI J^j ji^Vl ig# j* j/i &1S igiji j* —1 —4J Ji"t j-jJJi ¿¿3 AI ¿¿1^ SU J I "Tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Rabb-nya mereka mendapat kamar-kamar (di surga). 1984. c o m . serta melaksanakan shalat malam di saat orangorang sedang tidur. Rasulullah Shallallahu „alahi wa Sallam bersabda. k h o t b a h j u m a t . di atasnya dibangun pula kamar-kamar yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. no. J "Bidadari-bidadari yang jelita. suka memberi makan. Dan nabi kita Shallallahu „alahi wa Sallam bersabda.R. sebagian mereka tidak melihat sebagian yang lain. ruang dalamnya tampak dari luarnya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. putih bersih dipingit dalam kemah-kemah. Allah tidak akan memungkiri janji-Nya. at-Titmidzi. Kemah-kemah di surga. selalu ber-puasa.' (H. 2838). Para penghuni surga berada di atas peraduan-peraduan yang indah lagi nyaman.' (HR. 22.

' (Ath-Thur: 20). Dan baju-baju itu indah menawan. kelezatannya tiada tara dan terus berbuah tiada pernah habis sepanjang masa. 8. maka sama dengan busana-busana para raja. merendah dekat sekali.' (Al-Kahfi: 31). Buah-buahan segar yang sangat amat nikmat. sedang mereka duduk sambil bersandar di atas tahta yang indah. "Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka Surga „Adn. Itulah pahala yang sebaik-baiknya. (duduk) berhadap-hadapan. sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat al-Bukhari.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . memakai sutera adalah larangan keras dari Rasulullah bagi kaum laki-laki dan diperbolehkan bagi kaum wanita. k h o t b a h j u m a t . Busana di surga adalah busana yang terbuat dari sutera.' (Ad-Dukhan: 53). dan tempat istirahat yang indah. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. Hadirin Rahimakumullah! 9. c o m . Tahta di dalam surga yang sangat indah dengan sandaran yang sangat nikmat: Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. di mana ketika kita berada di dunia. 10. mudah untuk dipetik oleh penduduk surga yang berjalan-jalan berkeliling surga sambil memetik buah-buahan yang mereka lewati di tepi 108 | D i s a l i n d a r i w w w . bahwa sapu tangan di surga itu lebih indah daripada busana raja-raja. dan penghuni surga akan mengenakannya kelak. Buah-buahan di surga. mengalir sungai-sungai di bawahnya. dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal. keharaman memakai sutera ter-hapus. dan baju-baju tersebut tidak akan usang selamanya. sapu tangannya pun jika dibandingkan dengan pakaian terindah di dunia.Volume 1 "Mereka bertelekan di atas peraduan-peraduan yang berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadaribidadari yang cantik ber-mata jeli. tetapi di surga nanti. "Mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal.

109 | D i s a l i n d a r i w w w . bahwa beliau bersabda.' (HR. mata air dan air mancur yang memancar. "Buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). kamar-kamar dan taman-taman. Satu biji anggurnya saja andaikan dimakan oleh penduduk bumi dan langit.R. Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya). 23. Imam al-Bukhari dan Muslim mengeluarkan sebuah hadits dari Rasulullah Shallallahu „alahi wa Sallam. Rasulullah Shallallahu „alahi wa Sallam bersabda. Rasulullah Shallallahu „alahi wa Sallam bersabda. dan naungan yang terbentang luas. k h o t b a h j u m a t . (dan naungan yang terbentang luas). semuanya dari sungai-sungai surga. "Dan pangkalpangkal batangnya dari emas. yang artinya. Mengalir dari atasnya yaitu Arasy Allah Yang Maha Pengasih.' (H. Muslim 2826). c o m .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . "Saihan.' (Ar-Ra'd: 35). "Kedua surga itu mempunyai pepohonan dan buah-buahan. Muslim 2839). Eufrat. Sungai-sungai di surga. at-Tirmidzi 2525) 24. tetap tidak akan habis.' (Al-Waqi'ah: 28-30). Jaihan. Di dalam Sunan at-Tirmidzi. "Sesungguhnya di dalam surga ada sebuah pohon. "Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri. Sungai-sungai itu mengalir di bawah istana-istana. bacalah ayatnya jika kalian mau. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.R. ia masih belum melewatinya. 48) Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman (yang artinya). Pohon-pohon di surga. dan Nil.' (Ar-Rahman .Volume 1 tepi jalan-jalan surga. al-Bukhari 3252.' (H. bila seorang pengendara menempuh perjalanan di bawah teduhannya selama seratus tahun.

110 | D i s a l i n d a r i w w w . "Dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. c o m .^ Jj-Jl OJiA-lo j-jJl j* Al L-iorj ^~K ^JI —T/—Jl cJ —^-j ci Al ijl. —£jj ^ A t /ii-—. paling anggun lagi mempesona di antara para bidadari di atas.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .A—i—■ JP ^j— — g 1 Jl Hadirin j amaah Jumat Rahimakumullah Gambaran surga yang selanjutnya yaitu: 26. yang shalihah.' 27.l*9i . sebagaimana hadits dari Ummu Salamah radiyallahu „anha. Kendaraan di surga.i-i-1 A—J——jj 0Jlp t JL—£ -t Igij Al Vi AJI V O! Ig-M Oj-iiLJa p j V] j-j-1. k h o t b a h j u m a t . Istri-istri di surga.4jui*o-l OJ*1:. Sedang istri-istrinya yang Mukminah. "Kuda-kuda dari Yaqut merah yang bisa terbang ke mana saja dan setiap kendaraan atau hewan-hewan pilihan yang mengagumkan.Volume 1 25.' (Al-Baqarah: 25). Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. Pasar di surga. Abdullah bin Umar radiyallahu „anhuma menerangkan.tj IJA ijj. yang diriwayatkan oleh Muslim. .¿1*^1 A? lit—j AJT Jpj .Vj AJL-J <1p.A ! J.J I J—Jali j-JJJl ig-ilA! JlS J*. yang berasal dari dunia akan menjadi paling jelita.jjjit KHUTBAH KEDUA 'OjS/jLlll 0/5" jij jJiS"' j-iJl Jp o/glilJ ¿¿¿1 j-Sj c£ i-kl? A-J—j ^-ji (jJJJl A J.

—gJJt jiljij ^J—Ll di—liJ D i —giJl .—.(-J-*2. tidak terdengar oleh telinga. Amin. mereka mengunjunginya setiap Jumat. Masih banyak sekali keindahan-keindahan surga yang tidak dapat disampaikan oleh khatib pada kesempatan ini. yang merupakan cita-cita akhir tempat kembali kita. betapa bertambah tampan dan rupawan Anda!' Mereka pun membalas.Alii.A-Ssj*^-9>j Al Oi ifl ifl ^ — s' s' 0 s J. s' 0 jjii. dengan kondisi yang semakin tampan dan rupawan.KhotbahJumat. masyarakat Muslimin dan para pemimpin kaum Mukminin dicatat oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala sebagai calon penghuni surga. tidak teraba oleh indra kita yang lemah ini dan tidak pula pernah terbetik di hati seorang hamba sekalipun. „Demi Allah. „Demi Allah.!] '--IAI/I i J? T Jpj C —I A I/I ] i—s' CJJ-J—. Jakarta dengan penyuntingan bahasa oleh Tim Redaksi KhotbahJumat. kenikmatan puncak yang tiada terbayangkan.»*. bersama anggota keluarga kita.0/^1 <J.J? T Jpj CJJ-J—.-^ jl— J—*ll j-jJl Lg-ll.!.' (H. marilah kita memohon kepada Allah. maka menambah kegagahan dan ketampanan mereka.com Artikel www.R. Darul Haq. c o m .jilil O U P lis. "Di surga ada pasar.Volume 1 Rasulullah Shallallahu „alahi wa Sallam bersabda. semoga saja dengan gambaran-gambaran yang telah disampaikan tadi dapat memberikan motifasi kepada kita semua untuk selalu berlomba-lomba mendapatkannya. ya Rabbal Alamin. keluarga mereka menyambut mereka dan berkata.LLlJ J-^.Air.A Ji-M O i Penulis: Ustadz JJ Waznin Mahfud Disalin dari buku Kumpulan Khutbah Jum 'at Pilihan Setahun Edisi Kedua.com 111 | D i s a l i n d a r i w w w .i-ljJl <j HJT lij —j ?TL—j 4JI J-^j J. kini kalian pun bertambah cantik dan rupawan'. Akhirnya. semoga kita sekalian. kemudian angin utara bertiup menerpa wajah dan busana mereka.J-P ijji.jiii.A ! J—j .(ji-^-liJl 4.JLLJ J—l——j A. k h o t b a h j u m a t . Muslim 2833 dari Anas radiyallahu „anhu). s' J. mereka pulang. IA.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik .tjjil J^.¿1. Itulah sekelumit gambaran surga yang sangat indah nan mempesona. yang tidak pernah terlihat oleh mata.

Jamaah shalat Jumat yang di muliakan Allah Subhanahu wa Ta'ala. rumah luas dengan fasilitas lengkap nan mewah dan berbagai kenikmatan dunia lainnya yang diimpikan banyak orang.Oj& o! 4JJ ^JO j* i-sij »OT ji V o! jJ 4 j* Seandainya seseorang memiliki satu lembah emas. c o m . niscaya dia ingin memiliki dua lembah emas lagi. hendaklah kita senantiasa berusaha meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala disetiap waktu yang masih Allah Subhanahu wa Ta'ala berikan kepada kita semua.Volume 1 I Pertama-tama. istri cantik jelita nan mempesona.n-angan Orang yang Sudah atau Akan Meninggal Dunia Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Ada si sakit yang ingin segera sembuh dari sakitnya dan bisa kembali menikmati dunia. Kebanyakan angan-angan itu tertuju pada meraih jabatan tinggi. Memang benar apa yang di sabdakan Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bahwa angan-angan manusia di dunia tidak akan pernah habis sampai mereka masuk ke dalam kubur. Dan ada si kaya yang sangat benci kemiskinan tapi terus merasa dirinya miskin. kapan dia dipanggil menghadap Allah Subhanahu wa Ta'ala. k h o t b a h j u m a t . sehingga semangatnya untuk menambah kekayaan tidak pernah rapuh. Setiap manusia di dunia ini memiliki angan-angan yang ingin direalisasikan menjadi sebuah kenyataan. Di sisi lain. harta berlimpah.Di-sij A. khatib mengajak semua jamaah. dan tidak ada yang bisa memenuhi mulutnya kecuali debu (tidak ada yang bias 112 | D i s a l i n d a r i w w w . A A UI V] oii j-. ada si miskin yang ingin menjadi kaya raya. Maka marilah kesempatan yang masih diberikan ini kita manfaat sebaik mungkin untuk mempersiapkan bekal terbaik demi meraih kebahagian abadi di akhirat. Karena taqwa merupakan bekal terbaik kita menghadap Allah Subhanahu wa Ta'ala dan tidak ada seorang pun di antara kita yang tahu.

c o m . Kedua.jj^* Ji Ji cJ ll A-L-l— cJ lif -b —gSlip-i JP Jl—j/Jl liJ ii^-li 0ju .R. maka jika jenazah tersebut termasuk orang shalih (semasa hidupnya) maka dia berkata. Ada yang ditangisi kematian oleh manusia dan ada pula yang diharapkan kematiannya.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Mereka adalah orang orang yang sudah meninggal dunia. Orang-orang shalih ingin segera di bawa ke kuburannya setelah meninggalnya: Disebutkan dalam Shahth al-Bukhari dari hadits Abi Sa'id al-Khudri radhiallahu „anhu. "Bersegeralah kalian (membawa aku)!" Jika ia bukan orang shalih.Volume 1 menghentikan keinginannya kecuali kematian) dan Allah menerima taubat orang yang bertaubat. Angan-angan mereka sudah terputuskan dari sebab. al-Bukhari.irl iJ tij Isi igjj— J—J Oj—AJi j-t igi-j i. rahimakumullah. Masing-masing orang ini memiliki angan-angan yang berbeda. khatib tak hendak mengajak jamaah sekalian untuk memiliki angan-angan dunia yang muluk-muluk. kemana mereka hendak membawanya ?" Jeritan jenazah itu akan didengar oleh setiap makhluk kecuali manusia. Orang-orang yang sudah meninggal dunia itu bermacam-macam. apa yang menjadi angan-angan mereka ? Setelah melihat kenikmatan atau siksaan Allah k terpampang di mata mereka ? Masihkan mereka menginginkan kenikmatan dunia yang telah banyak menyita perhatian manusia ? Kaum Muslimin. k h o t b a h j u m a t . Pada kesempatan ini. Mungkin ada yang bertanya. dia akan berkata. al-Bukhari:11/253 (FathulBari. tentu mereka akan pingsan. o y y ss # y y O y y 0 'i s' ^ s' s / 9 y 0 y O]. 1380 (FathulBari. Angan-angan mereka ini telah dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam juga oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. ta'liq Syaikh Bin Baz) 1 H. maka masih bisa di usahakan dan masih ada kemungkinan menjadi sebuah kenyataan.lili J^l— /iP l-lS J-. tapi khatib hendak mengajak agar kita merenungi angan-angan sebagian orang yang sudah tidak memiliki kesempatan lagi untuk merealisasikannya. Ada yang shalih dan adapula sebaliknya.Ol^Ji^ll V] Jika jenazah diletakkan lalu dibawa oleh para laki-laki di atas pundak mereka. Yakni dengan melakukan sebab sebab yang sudah di tetapkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.R. ada yang baik dan ada pula yang buruk. misalnya: Pertama.1 Namun bagaimanapun angan-angan di dunia ini selama masih ada kesempatan. Orang-orang berdoa agar kiamat di percepat 2 H. Seandainya manusia bisa mendengarnya. "Celaka. no. ta'liq Syaikh Bin Baz) dan Imam Muslim (3/99) dan lafadz ini berasal dari Shahih al-Bukhari 113 | D i s a l i n d a r i w w w .

Kaum Muslimin.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Meski ingin kembali ke dunia.Volume 1 Disebutkan dalam hadits yang panjang yang dikeluarkan Imam Ahmad dalam Musnad-nya bahwa ketika seorang di dalam kubur bisa menjawab pertanyaan dua malaikat kemudian datang kabar gembira dari Allah Subhanahu wa Ta'ala bahwa dia termasuk penghuni surga. Mereka ingin kembali untuk menambah amalan agar kemuliaan mereka bertambah di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala.4 Inilah sebagian dari angan-angan orang yang telah melihat kemuliannya di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Bàbu Tamanniy al-Mujàhid.l—i o j. Kaum Muslimin. dan dia tidak menginginkan apapun di dunia kecuali mati syahid. rahimakumullah Ketiga. k h o t b a h j u m a t . padahal di dalam kubur mereka mendapatkan siksa yang sangat pedih. Dia berangan-angan untuk kembali ke dunia kemudian terbunuh sebanyak sepuluh kali.-J—AI. maka hamba tersebut memohon agar hari kiamat dipercepat kedatangannya. c o m .i-lJ.Oi j* cij.làmi' no. 114 | D i s a l i n d a r i w w w . (6/35).] Tidak ada seorangpun yang masuk surga kemudian ingin kembali kedunia kecuali orang yang mati syahid.. 3 sehingga mereka lebih memilih tetap disiksa di dalam kuburnya. Namun karena mereka tahu bahwa siksa di neraka itu jauh lebih menyakitkan dan lebih pedih. 1676 3 Musnad Imam Ahmad (30/501) 4 H.. rahimakumullah Demikianlah beberapa angan-angan orang-orang shalih yang sudah meninggal dunia.i** j. 6/35 (Fathul Bàri.!-. Ini sangat berbeda dengan kaum munafik dan orang orang kafir. padahal hari kiamat adalah hari yang tersulit dan terberat bagi manusia. lalu bagaimana angan-angan orang yang lalai semasa hidup mereka di dunia? Di antara angan-angan mereka adalah: Pertama.il (J. Shalat dua rakaat 2 Lihat Shahihul . Mereka memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar hari kiamat tidak datang. Angan-angan orang yang mati syahid Shahabat Anas bin Malik radhiallahu „anhu meriwayatkan dari Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam sabda beliau yang berbunyi. ta'liq Syaikh Bin Bàz) dan Muslim.igLil Vi j* ^¿$1 JP i** AJj lilAjI ji AJ-I/SNJI Ot ¿4 Jj -rl ^ J. al-Bukhàri. ini di sebabkan oleh kemuliaan (keutamaan mati syahid) yang dia saksikan. namun angan-angan mereka tidak ada hubungannya dengan dunia dan kenikmatannya sedikitpun. j./JLP.2 Ini adalah angan-angan orang shalih setelah melihat tempatnya di surga.R.

"Siapapenghuni kuburan ini ?" Mereka menjawab. Rasulullah melewati sebuah kuburan. 391 7Shahihul Jami'. melaksakan amal shaleh: Angan-angan terbesar orang yang sudah meninggal dunia adalah bisa hidup kembali dan melaksakan amal shaleh. no. yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan Aku termasuk orang-orang yang shaleh ?" (QS.ij-ill —-AJ^"i t^-s. . k h o t b a h j u m a t . kemudian ditambahkan pada amalan orang ini lebih dia cintai dari pada dunia kalian. c o m ." Ketiga. mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat. Kaum Muslimin. sehingga sering meninggalkannya. sebagaimana di ceritakan oleh Allah dalam Alquran (yang artinya).Volume 1 Mereka ingin kembali hidup di dunia kemudian melaksanakan shalat sunat dua rakaat adalah di antara angan-angan orang yang sudah meninggal dunia yang dahulunya sering di sibukkan oleh dunia."6 Dalam riwayat lain di sebutkan. Ia memohon agar umurnya di perpanjang walau hanya sesaat untuk melaksakan amal shaleh yang selama ini ia tinggalkan. Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu. Oji—jl 4j Jl. "Setiap orang yang lalai (di masa hidupnya) pasti akan menyesal di saat nyawanya akan dicabut. rahimakumullah Kedua. Shalat sunnah dua rakaat yang ringan yang kalian remehkan. 3518 8Tafsir Ibnu Katsir (8/133). Diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallahu „anhu. ' y y y 'i * s * ' s ' s 'i - CJjj liiS l^-l— ^j—pi 6Shahihut Targhib Wat Tarhib. "Ya Rabb-ku. lalu ia berkata.l'] 115 | D i s a l i n d a r i w w w . "Ini kuburan si Fulan". no. lantas Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. Seorang yang sudah meninggal dunia berangan-angan untuk hidup kembali dan mengeluarkan sedekah dan menjadi orang shaleh. kemudian bertanya. yaitu mengeluarkan sedekah.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . "Dua rakaat lebih dia cintai daripada dunia kalian. Al-Munafiqun/63: 10) Berkata Ibnu Katsir rahimahullah.

sebagai bekal untuk bertemu dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala.—i J-g-ii j AJ d-i-j-i : J* L*i Kaum Muslimin.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . karena Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menetapkan orang yang sudah meninggal tidak akan di kembalikan lagi ke dunia. "Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku berbuat amal yang shaleh terhadap yang telah aku tinggalkan.j^ist . c o m . Tapi tentu."5 Berkata Muhammad bin Umairah rahimahullah. Saat kematian menjemput barulah ia sadar dan memohon kepada Allah k untuk di tangguhkan kematiannya walaupun hanya sesaat agar ada kesempatan untuk beramal. Dia berkata. "Seandainya seorang hamba sujud kepada Allah dari semenjak di lahirkan sampai tua sebagai bentuk ketaatannya kepada Allah. kemudian mengatakan. kira-kira apa yang menjadi angan-angan mereka seandainya di katakan kepada mereka. (QS. "Saya di datangi Riyah al-Qaisi. Lalu dia mendatangi kuburan dan kami duduk di dekat sebagian dari kubur itu.^3 A^Sr J* A. al-Mukminun/23: 99-100) KHUTBAH KEDUA V oJ^j Al V] A-] V o! Jg-it . 116 | D i s a l i n d a r i w w w . Maka sudah sepantasnya bagi kita yang masih berada di negeri angan-angan untuk melaksanakan angan-angan yang berupa keinginan untuk menambah dan memperbaiki amal.^—j AJT Jp j A1-P Al J— A-J-o. kemudian dia bangkit dan setelah itu dia semakin semangat beribadah." Dia mengatakan. dia berkata.A5^] J* A J—^t (j\*Si-i A?. 'Wahai Abu Ishaq. angan-angan ini tetap hanya sebatas angan-angan yang tidak akan mungkin di wujudkan.Volume 1 (Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu). "Demi Allah mereka akan berharap di kembalikan ke dunia kemudian menikmati bahagianya taat kepada Allah dan berusaha memperbaiki diri. berangan-anganlah ?' Aku menjawab. kemudian tidak beberapa lama dia meninggal dunia. hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka.j o ilp t J—-. mari kita menengok para penghuni akhirat. Ibrahim bin Yazid al-Abdi rahimahullah mengatakan. dan memperbaharui janji kita di dekat mereka!' Kemudian kami berangkat. niscaya di hari 5 Iqazdu Ulil Himam al Aliyah (357). 'Wahai Abu Ishaq. rahimakumullah Inilah keadaan yang di alami oleh orang orang kuffar dan orang yang lalai dari perintah-perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala sewaktu masih hidup di dunia. k h o t b a h j u m a t . 'Inilah kita (masih hidup).

—-1*1/1 i j-p ^Mjl- ji-^ JT j-pj J—^ j-p ijlj— Jl4 Disalin dari naskah Khutbah Jumat Majalah As-Sunnah Edisi 06/Thn XV/Dzulqa'dah 1432H/Oktober 2011 dengan penyuntingan bahasa oleh Tim Redaksi www.j—t JP J— —JJl jl^- dJi>i —4* l/l ] JT Jp. dia berangan-angan untuk di kembalikan ke dunia dan bisa menambah pahala dan ganjarannya dari Allah. 117 | D i s a l i n d a r i w w w .dliJ -4ftj1i (J T JP- —4*1/1I JP ¿-11— Li5 j—t J! Jp.khotbahjumat.KhotbahJumat.com 6 Musnad Imam Ahmad (29/197). J>.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik ."6 Semoga kita termasuk orang orang yang bisa memamfa'atkan waktu hidup di dunia ini untuk melaksakan amal shaleh.Volume 1 kiamat dia akan mengganggap amalan itu sangat sedikit.com Artikel www. c o m . k h o t b a h j u m a t .

" (H. membutakan mata hati.r. ya Allah! ^pjj -jjg&l /S) j oi-Vl j* A1S l-i —^S]j ¿1*—. no. ketahuilah bahwa bencana tidak akan turun kecuali karena perbuatan dosa dan tidak akan hilang kecuali dengan tobat. Allah akan bertanya kepada setiap pemimpin tentang apakah ia memenuhi kewajibannya ataukah menyia-nyiakannya? Limpahkanlah rahmat-Mu kepada kami. menistakan umat.—i Jgii Saudara-saudara sekalian. 1829 ) Setiap muslim harus meluruskan dirinya sendiri. memelihara keluarganya.—'J li» lAji—jjjl AJ-M —. 2554.(C-^il —T/St J —S— Al jLjl- KHUTBAH KEDUA l/iiS' liii-Lo —-L-»— Ai-P Al J— A—J—j j o J-iP t J-L^.—«j —. mendidik anak-anaknya untuk mencintai kebajikan dan menjauhi kemungkaran. Ketahuilah bahwa kemaksiatan dapat merusak negara.tJjSL l-l JA ^JL JI AIJ itil -J-.SJJ O i —-J— Amma ba'du .Volume 1 Tanggung Jawab Setiap Orang ¿¿1? tfj <b£L.. bertakwalah kepada Allah subhanahu wa ta'ala. "Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap kamu akan ditanya tentang kepemimpinannya.. karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda. menyiksa badan.. no.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . k h o t b a h j u m a t . gemuruhkanlah lidah dengan 118 | D i s a l i n d a r i w w w . merusak jiwa. Wahai para hamba Allah. Al-Bukhari. sesungguhnya. Karenanya.JSJ Adil l-l JA —t VJJ £ J-gii lis' la*. dan mengahancurkan masyarakat. c o m . Wahai Saudara seiman dan seakidah. Muslim. serta berusaha menurut kadar kemampuannya untuk membersihkan masyarakat dan lingkungan sekitarnya dari noda-noda dosa dan maksiat. tanggung jawab untuk mencegah bencana dan dampak buruk perbuatan dosa terhadap individu dan masyarakat berada di pundak setiap muslim.

keselamatan. jl^ jl**.s.liiluil i liA-i? lij 'oL-J-lw-il j (ji^lluiJlj -/-—PI —-giil dlllllo iJi —_—_LSt .s. Ya Allah. Allah telah menjanjikan hal itu kepada hamba-hamba-Nya dalam firman-Nya. ketakwaan.' (Q.jliil ki-jljp li?— Aiio. c o m . bertobatlah secara terus-menerus dengan tobat nasuha yang memenuhi syarat-syaratnya serta bebas dari penghalang keabsahannya. dan memaafkan kesalahan.^J^Jl ji-^ —J-U^2— A1>sJ^V*9— Al 0] "Sesungguhnya. AJi lii^ 4j—Jjl j—*. sebagaimana Engkau limpahkan berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . kami telah bersikap zalim terhadap diri kami sendiri. sebagaimana Engkau melimpahkan salawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. betapa kami sungguh akan merugi.il^ Jl^.<j — —^/Jl j—j—*!! jA "Katakanlah.'jj^l LJ. bersalawatlah untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri. Wahai orang-orang yang beriman. Sesungguhnya. Sesungguhnya. Engkau Maha Terpuji lagi Mahamulia. limpahkanlah salawat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad. limpahkanlah berkah kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan mengasihi kami. karuniakanlah petunjuk. Al-Ahzab:56) di-)] '—1*1/1 ] J ! Jpj '—1*1/1 i Jp ¿4^— l—S 'J-—1 J?! J^j 'J-—1 j-^ 5— —gil _ _ y_ / O y j| ____ y- £ s' O $ s' $ y' j! j-pj '—1*|/1 ] j-p ¿¿-1. Sesungguhnya. Ya Allah. menerima tobat. Allah berkenan memberikan ampunan. Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Az-Zumar:53) J J tliLl«Aj Juli— Ai-P JJ— Ji—lp j-j-Jl i-gr-il.J—ZIIJV —-—-L—J! JP jl-loi j-JLJl ^si-fl.lllJJl lijT lijj li-l "Ya Allah. seluruhnya.' (Q. 119 | D i s a l i n d a r i w w w . ampunilah kaum muslimin dan muslimat.Volume 1 istigfar.Al 0] Al a-£j j. Ya Allah. Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. dan kekayaan (lahir dan batin) kepada kami. Wahai Rabb kami. Sesungguhnya.Aiilo.l—S'A—-— j! j-pj 'iJ-ii j-p ijl. Mudah-mudahan. Engkau Maha Terpuji lagi Mahamulia. sungguh kami memohon kepada-Mu. k h o t b a h j u m a t .—gJJt . Allah mengampuni dosa-dosa.dAji '—1*1/1] j* J-JSSJLI i—li. Ya Allah.J-—*-J ^ 0].

Sumber: www. dan dari seluruh murka-Mu. edisi pertama.alsofwah." Dikutip dari buku Kumpulan Khutbah Jum'at Pilihan Setahun. k h o t b a h j u m a t .com. 120 | D i s a l i n d a r i w w w .or. dari sergapaan siksaan-Mu yang menyerang tiba-tiba. pemberian judul dan penyuntingan oleh redaksi www.Volume 1 sungguh kami berlindung dengan-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu.KhotbahJumat. penerbit: ElBA Al-Fitrah. Akhir doa kami adalah segala puji hanya bagi Allah Rabb semesta alam.id. dari berbaliknya keselamatan di kehidupan kami.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Surabaya. c o m .

I

Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik - Volume 1

Hakikat Iman dan Tanda-Tandanya

J_-1 j 'j-jAl—j j-/^-— -j-—o/J t iSs-P?

' —-l?*!! —t^^-jAj A-iS^ci- ^Ji/JiJlj —.Ss^j ' A-

Jp- L) ^jS" J-j—j Uf..fli l j ^»LLjl ^J_—-J— ' Alsji-is-llili jj-olijl (-i- --So^J iij

llSSil —-g Jail 'A-— dliil A- 'AJ d1> S/ oi^j Al Sfi AJI S/ D! Jg-itj 'J^V—J—PiP j* J— A-Jloj— o J!P t j—£■ O i igilj ' j- J^S'j-p jAj

AAI^ ^JJUL;]— A JI JP— A1-P Al

liiLu --ill)j j-jJl £j- (_)>] Olil^^11 —
Amma ba 'du, Wahai kaum Muslimin, marilah kita bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, menolong agama-Nya dan selalu berbuat taat kepada-Nya agar Dia memberikan pertolongan dan pahala-Nya kepada kita. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

jjii—

3-iit ^jVi j —AiiSs- oi j-jjJi . j-> LLJAJ AI —i o/^i- j- AI O-Ui-J— jj— V l A-Jlp A1J— —SSi—Jl jp J g j /itiilj jj-ij olSJJt

Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (yaitu) orang-orang yang jika kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi niscaya mereka mendirikan shalat, menunaikan zakat, menyuruh berbuat maruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan. (Qs al-Hajj/22:41-42) Wahai kaum Muslimin, sesungguhnya iman itu tidak diperoleh hanya dengan berangan-angan, tidak pula dengan berhias secara fisik, akan tetapi iman adalah apa yang terukir dan tertanam di dalam hati. Dan bukti kejujuran iman itu adalah dengan mengerjakan berbagai ketaatan dan menjauhi berbagai maksiat. Setiap orang bisa mengaku seorang Muslim, bahkan lebih dari itu yaitu mengaku Mukmin. Setiap orang bisa mengucapkan asyhadu alld ildha Mallah wa asyhadu anna muhammadar rasululldh. Orang-orang munafik juga menyebut Allah Subhanahu wa Ta'ala , padahal mereka berada di neraka yang paling dasar. Mereka datang

121 | D i s a l i n d a r i w w w . k h o t b a h j u m a t . c o m

I

Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik - Volume 1

kepada Nabi Muhammad shallallahu „alaihi wa sallam dan mengucapkan, "Kami bersaksi bahwa engkau adalah utusan Allah." Mereka bersumpah kepada Nabi shallallahu „alaihi wa sallam dan para Sahabatnya bahwa mereka beriman kepada beliau, padahal sebenarnya mereka tidaklah demikian. Akan tetapi syahadat dan iman mereka tidaklah bermanfaat bagi mereka dan mereka berada di neraka yang paling bawah, di bawah orang-orang Musyrik, Atheis, Yahudi dan Nasrani. Karena syahadat dan iman mereka tidak bersumber dari keyakinan dan keimanan, tidak pula karena sikap menerima dan tunduk. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

Di antara manusia ada yang mengatakan, "Kami beriman kepada Allah dan hari kemudian" padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman. (Qs al-Baqarah/2:8) Iman adalah akidah yang kokoh sebelum segala sesuatu. Iman itu membuahkan perkataan yang baik dan amal shaleh. Iman juga menghasilkan kecintaan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya, serta ikhlas dalam mentauhidkan Allah Subhanahu wa Ta'ala dan mengikuti Rasul-Nya. Iman adalah kesungguhan, amalan, ketekunan, kesabaran, menahan dan mencegah diri dari sesuatu disukai maupun yang tidak disukai semata-mata karena Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sesungguhnya iman memiliki tanda-tanda yang banyak. Allah Subhanahu wa Ta'ala banyak menyebutkannya dalam al-Quran dan Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam banyak menyebutkannya dalam haditsnya. Di antara contohnya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang artinya,

Jp— ijU^i —4j Sij Aji-tp —gi-p ¿47 iSi— jii —j—-ajui! L*i

—4—jl— oJU— At

j-s— t'i j-

iL LH- Oji-j—Jl —A di-^—l • OjA—i- —A lis— iji-- o*^ t? i t —j—J- j-jil . 0j— S--- —j4-

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Allah-lah mereka bertawakal. (yaitu) Orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Rabb-nya dan ampunan serta rezki (nikmat) yang mulia." (Qs al-Anfal/8:2-4) Allah Subhanahu wa Ta'ala juga berfirman yang artinya,

122 | D i s a l i n d a r i w w w . k h o t b a h j u m a t . c o m

I

Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik - Volume 1

—A— Ul^i —gjSgi Ji-lp j-jil lili lil^ 'S—! • Oj/ilS —A- Jjl—j —„gio-j J,] lllorj —Jsl-i ^-/-9 —-f^jls (J? j-jil i-i— • ——/--■liHO—jlSi- —AS/j Ojji-S ^ ¿¿.-//-9 -j! o/— ^Ls- ^S" (J? Ojii—— —-—->! O—j"Dan apabila diturunkan suatu surat, maka di antara mereka (orang-orang munafik) ada yang berkata, "Siapakah di antara kamu yang bertambah imannya dengan (turannya) surat ini?" adapun orang-orang yang beriman, maka surat ini menambah imannya, dan mereka merasa gembira. Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, di samping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir. Dan tidaklah mereka (orang-orang munafik) memperhatikan bahwa mereka diuji sekali atau dua kali setiap tahun, dan mereka tidak (juga) bertaubat dan tidak (pula) mengambil pelajaran? (Qs atTaubah/9:124-126) Wahai kaum Muslimin, demi Allah Subhanahu wa Ta'ala, adakah di antara kita yang menyandang kedudukan ini? Adakah dari kita, ketika nama Allah Subhanahu wa Ta'ala disebut, hatinya menjadi takut kemudian mengagungkan-Nya. Adakah dari kita, ketika ayat-ayat Allah Subhanahu wa Ta'ala dibacakan, imannya menjadi bertambah dan mereka merasa gembira karena telah merasakan manisnya bisa membenarkan dan mengamalkan hukum-hukumnya? Adakah dari kita yang mewujudkan tawakalnya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala? hanya bersandar kepada-Nya serta tidak menggantungkan diri kepada selain-Nya? Adakah dari kita yang mengerjakan shalat sesuai yang tuntutan agama, dengan cara menjaga shalat itu dan menyempurnakan rukun-rukun dan syaratsyaratnya? Adakah dari kita yang menginfakkan sebagian rezekinya yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan cara membayar zakat dan menutup kekurangan kaum kerabat dan orang-orang fakir miskin? Wahai kaum Muslimin, marilah sejenak kita memikirkan keadaan saudara kita sesama Muslim. Jika kita perhatikan keadaan mereka saat ini - tidak hanya di negeri ini saja- akan tetapi di seluruh negara Islam, kita akan dapati mereka bukanlah Muslim dan Mukmin sejati, kecuali orang-orang yang dikehendaki oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Mulai yang kaya hingga yang miskin, mereka meremehkan (agama) dan tidak menunaikan hak-hak Allah Subhanahu wa Ta'ala yang menjadi kewajiban mereka sebagai hamba-Nya. Penyepelean dalam perkara keimanan maupun keyakinan dan penyepelean dalam akhlak dan pemeliharaanya. banyak umat Islam yang meremehkan masalah keimanan dan keyakinan sebagaimana mereka juga meremehkan masalah akhlak dan penjagaannya serta meremehkan amalan. Mereka menyepelekan keimanan dan keyakinan karena sebagian umat Islam, terlebih bagi orang yang pernah tinggal beberapa waktu di negeri kafir dan meneguk pemikiran mereka yang telah terkontaminasi dan peradaban mereka yang palsu; kita dapati dalam hati mereka ada keraguan terhadap berita dari Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya berupa perkara-perkara ghaib.

123 | D i s a l i n d a r i w w w . k h o t b a h j u m a t . c o m

Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka (orang-orang munafik) itu berkata kepada orang-orang yang benci kepada apa yang diturunkan Allah (orang-orang Yahudi).ASsj'^liJl — — " j. tidak bertawakal kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Mereka mengolok-olok ayat-ayat Allah Subhanahu wa Ta'ala dan bersikap sombong terhadap hukum-hukumnya.A j /J*Vl jj^2*. c o m . mereka bersandar pada sebab-sebab yang bersifat serba materi secara utuh. „Kami akan mematuhi kamu dalam beberapa urusan'. setan telah menjadikan mereka mudah (berbuat dosa) dan memanjangkan angan-angan mereka. Sehingga. iman mereka tidak bertambah. keberadaan jin. sebab itu Allah menghapus (pahala) amal-amal mereka. (Qs Muhammad/25-28) 124 | D i s a l i n d a r i w w w . Sebagian kaum Muslimin sekarang ini jika nama Allah Subhanahu wa Ta'ala disebut di sisinya. Sebagian kaum Muslimin saat ini.S i— —-—Aj-rj Dj-j-s^a.LJ —-SSiikilo Al JjpLJ J-Aj/S"' j-jlj Jili ——J AA») Jj-^j Jft/Sj Al -J-s-l iX-J Ji-jl — g J lj ddJS ^ —-—j i. mereka mencari rezeki dengan cara apapun.Volume 1 Mereka ragu-ragu dengan keberadaan malaikat. seharusnya dia ragu dengan keberadaan dirinya dengan alasan karena tidak satu pencipta pun selain Allah Subhanahu wa Ta'ala. Padahal. Sebagian umat Islam ada juga mencari keamanan dan keselamatan dari musuh-musuh Allah Subhanahu wa Ta'ala." ——klipi -J-O-li "Sesungguhnya orang-orang yang kembali ke belakang (kepada kekafiran) sesudah petunjuk itu jelas bagi mereka. kita dapati mereka tidak mengikuti syariat Islam dalam mencari rezeki.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Apabila ayat-ayat Allah Subhanahu wa Ta'ala dibacakan kepada mereka.—Aji-St jlp — Aji jj-jjt 0] IS] itpiSSi ^ —-Ajl/l ] —J*-. orang yang ragu dengan keberadaan Allah Subhanahu wa Ta'ala.j. mereka ragu dengan keberadaan Allah Subhanahu wa Ta'ala dan tidak merasa ragu dengan keberadaan diri mereka. keberadaan penciptanya sendiri. Bagaimanakah (keadaan mereka) apabila malaikat mencabut nyawa mereka seraya memukul-mukul muka mereka dan punggung mereka? Yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka mengikuti apa yang menimbulkan kemurkaan Allah dan karena mereka membenci keridhaan-Nya. dan kebenaran risalah Muhammad shallallahu „alaihi wa sallam. hingga hal itu mengakibatkan mereka loyal kepada mereka pada sebagian perkara yang menyelisihi syariat. Mereka beranggapan bahwa cara-cara syarl hanya akan mempersempit pintu rezeki. Karena itulah. sedang Allah mengetahui rahasia mereka.J-t— —1 Jji Oiklit ^ J-Li —i cjiu j*. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman yang artinya. bahkan sebaliknya. seolah-olah sesuatu yang disebut di sisinya itu tidak lebih hanya sesuatu yang membuat hati mereka takut. Bahkan sebagian mereka ragu dengan keberadaan Allah Subhanahu wa Ta'ala. bahkan hatinya bertambah semakin kotor. djS • ——. k h o t b a h j u m a t . hatinya tidak bergetar sedikit pun. tidak peduli itu halal atau haram. Subhdnalldh.

Mereka tidak mengerjakan shalat tepat waktu. bahkan lebih dari itu. Mereka tidak menunaikan zakat. Karena. (Qs Fathir/35:44) Saat ini ada sebagian kaum Muslimin yang tidak menegakkan shalat dan tidak pula menjaganya. Mereka mengira segala sesuatu bisa mereka raih. ruku\ maupun sujudnya. baik ketika duduk. Mereka lupa bahwa yang menciptakan mereka lebih dahsyat kekuatannya dari pada orang-orang yang mereka bela. Ada juga sebagian kaum Muslimin mereka yang pekerjaannya hanya mengumpulkan harta benda saja dan menahan diri mereka untuk berinfak. Mereka menempuh jalan yang menyimpang ini tiada lain karena lemahnya tawakal mereka kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan kuatnya tawakal mereka kepada selain-Nya. jjit .Volume 1 Mereka adalah orang-orang yang berloyal kepada musuh-musuh Islam pada sebagian perkara yang menyelisihi syariat. tidak menyempurnakan syarat-syarat dan rukun-rukunnya serta kewajibankewajibannya. jika mereka mengerjakan yang demikian. Mereka tidak memperhatikan masalah thaharah. tidak pula menunaikannya dengan tumaninah. sedekah maupun infak sama sekali kepada orang-orang yang berhak. mereka mengolok-olok orang-orang yang mengerjakan shalat. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Kuasa. c o m . Mereka membelanjakan sebagian besar hartanya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. —isii -Si— oi/Vl j* Ali i-i —Si-ij ¿1*—.I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . sudahkah mereka telah menyempurnakan thaharah itu ataukah belum. Bahkan terkadang untuk sesuatu yang diharamkan Allah Subhanahu wa Ta'ala. i/. —itjiii oi/iit o —Si— At j-ji^ j liA ^JJ 125 | D i s a l i n d a r i w w w . k h o t b a h j u m a t . Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. Bahkan sebagian mereka yang mengaku Muslim. ada yang tidak melaksanakan shalat sama sekali. Mereka tidak menunaikannya secara berjamaah.op ^iiJ At —iSl*— Dan tiada sesuatupun yang dapat melemahkan Allah baik di langit maupun di bumi. Sesungguhnya kekuatan yang mereka kagumi dari musuh-musuh Allah Subhanahu wa Ta'ala tersebut bisa mereka dapatkan jika mereka mau bertawakal kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan mengerjakan sebab-sebab yang menyebabkan datangnya pertolongan Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan cara menegakkan agama-Nya dan menerapkan syariat itu pada diri-diri mereka dan orang-orang yang loyal kepada mereka. Mereka membela musuh-musuh Allah Subhanahu wa Ta'ala habis-habisan karena mereka kuat dalam hal materi.J i— j p OiS AJi jfij Vl cjS— o ji—ut cj j. Dan siapa yang bersama Allah Subhanahu wa Ta'ala. maka dia akan menang. maka Allah k akan bersama mereka.

i. J^t j—S A- LJ .I Kumpulan Khutbah Jumat Terbaik . Karena itulah musuh-musuh Allah Subhanahu wa Ta'ala dikuasakan atas mereka.jj^l— OSj t Jwloj lAj/-Ji j* ^AloVl AJ-VoJ J14— O— lAJ-pli—j Lily? *! j la—i Di— . maka mereka tidak mengerti.com Artikel www.J-— J-j—- ji— J?. melupakan dzikir kepada-Nya serta merasa aman dari siksa-Nya.jl LLJ JJ I Ji^Jt J^VI -j! S] A-i S At ¿1 dul jg-j Dlj dJtit-i . Musuh-musuh Allah Subhanahu wa Ta'ala menganggap mereka rendah dan hina serta mempermainkan mereka. —/Syl— cJSAiLtiS i. c o m . Sesungguhnya kaum Muslimin saat ini berada dalam keadaan yang memprihatinkan..Volume 1 KHUTBAH KEDUA Kaum Muslimin rahimakumulldh.com 126 | D i s a l i n d a r i w w w . karya Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin.Al o? ojii*.'S> i. Mereka menyia-nyiakan kewajiban-kewajiban mereka terhadap Allah Subhanahu wa Ta'ala dan melampaui batas terhadap hukum-hukum-Nya. k h o t b a h j u m a t .A?— Jib ^-S" Sji.] A1-P lil^— lii-s l^l-^ Dikutip dari Adl-DhiydulLdmVMinalKhuthdbil Jawdmi".^jVj cpjiUi j-j. Mereka tuli. 1 6/262267. Dan hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala -lah kita mengadu. (JSS.KhotbahJumat.—3^5 i. hingga keadaan mereka menjadi seperti penggembala yang meneriaki binatang yang tidak bisa mendengar kecuali panggilan dan teriakan saja. Mereka juga menyepelekan syariat Allah Subhanahu wa Ta'ala. Disalin dari naskah khutbah Jumat Majalah As-Sunnah dengan beberapa penyuntingan bahasa oleh redaksi www.S oj.di->] c^luill J..^ i.i. AjjiJ LJS S— Aj/lJ i3-3 ojj i4 'S —S A—j.j*. baik secara politik maupun ekonomi..KhotbahJumat.oil. Innd lilldhi wa innd ilaihi rdjiun. bisu dan buta. Mereka menyibukkan diri dengan urusan duniawi dan melalaikan tujuan hidupnya.

collection is recognized by the overwhelming majority of the Muslim world to be one of the most authentic collections of the Sunnah of the Prophet.o rg . Bukhari's Sahih al-Bukhari book is the most authentic book after the Quran. The most authentic book after the Quran Dev elo ped by: ^JÌ^/ MMli ó^J^ Lih at apl ika si lai nn ya di ww w..y ufi d. Please recommend this app to your friends & family.Aplikasi Yufid: Sakik Al-Bukkari Sahih Bukhari is a collection of sayings and deeds of Prophet Muhammad..

Yufid Network: Cana<fhû£ed.am Download Mp3 Ceramah Islam GRATIS Tutorial Lengkap Tata Cara Sholat .

com •i.Aplikasi Yufid: iTTTTl i! i i i ii H t i t Konsultasi Syariah . i □J sa I J t 1a 1 DQ| i U i Kumpulan Tanya Jawab Pendidikan Islam dan Keluarga i£ %«J 9 Telah tersedia aplikasi Tanya Ustadz untuk iPhone! ^ Availab le on the U App Store D L i h a t a p l i k .

a .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful