P. 1
Bab 1. a Makna NKRI

Bab 1. a Makna NKRI

5.0

|Views: 1,573|Likes:
Published by Hendy Setiawan

More info:

Published by: Hendy Setiawan on Jul 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2015

pdf

text

original

PKn kelas V SD PELITA BANGSA Tahun ajaran 2011/2012

NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

Melalui PPKI bentuk negara Indonesia dirumuskan ke dalam UUD 1945 sebagai konstitusi tertinggi.• • • • Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik. NKRI di ambil dari kata kesatuan yang memiliki arti yang cocok dengan budaya & masyarakat Pendahuluan . (Bunyi UUD 1945 pasal 1 ayat 1 : “Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik”. Pada tanggal 18 Agustus 1945 para tokoh pendiri bangsa Indonesia menyepakati bahwa negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik yang dipimpin oleh seorang Presiden. Hal ini jelas tertera dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 1.

dan adat . Makna NKRI 1. Bangsa juga dapat berarti persekutuan hidup yang berdiri sendiri. ras. PENGERTIAN BANGSA DAN NEGARA Bangsa adalah suatu masyarakat dalam suatu daerah yang sama & mereka tunduk kepada kedaulatan negaranya.A. Tiap persekutuan merasa satu kesatuan. agama. bahasa.

b.Ada kehendak bersama untuk membentuk atau berada di bawah pemerintahan yang dibuatnya sendiri.Keanggotaannya bersifat kebangsaan/nasionalitas . c.Memiliki wilayah tertentu. d.Sekelompok manusia yang memiliki rasa kebersamaan. tetapi tidak memiliki pemerintahan sendiri.Ciri-ciri suatu bangsa: a.

. & bahasa yang dapat membedakan dengan bangsa lainnya. e. Kesamaan identitas budaya. agama. menyelenggarakan ketertiban. f. Bangsa yang mempunyai identitas sama adalah bangsa yang homogen. Negara adalah bentuk organisasi dari suatu masyarakat atau kelompok orang yang mempunyai kekuasaan mengatur hubungan.Tidak dapat ditentukan secara pasti waktu kelahirannya.

Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut. ekonomi.Pengertian NEGARA yang lain  Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik. militer. sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut. dan .

UNSUR TERBENTUKNYA NEGARA Secara teoritis negara memiliki unsur-unsur antara lain: .2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->