Kupu-kupu

Kupu-kupu termasuk jenis serangga dalam pengkelasannya di kelompokan sebagai order Lepidoptera. Kupu kupu termasuk hewan yang membantu penyerbukan tumbuh-tumbuhan yang di sebut denganpolinator. Kupu-kupu hidup hampir di seluruh penjuru dunia. Sama seperti serangga lainnya, kupu-kupu memiliki tiga bagian tubuh dan sepasang antena. Dan uniknya seluruh tubuh kupu kupu di liputi dengan sesor berupa bulu-bulu halus. Bagian-bagian ( anatomi ) kupu-kupu

Bagian kepala (head), pada kepala kupu-kupu terdapat mata, mulut dan sepasang antena sebagai alat sensor. Kupu kupu memiliki mulut yang berbentuk tabung menggulung (seperti belalai) yang berfungsi untuk mengambil sari bunga (nektar)

Bagian dada (thorax), pada bagian dada kupu-kupu terdapat tiga pasang kaki dan empat buah sayap. Pada dada terdapat otot-otot untuk menggerakan kaki dan sayap.

Bagian perut (abodemen). Jantung, sistem pencernaan dan organ kelamin juga terdapat pada bagian ini.

Siklus hidup kupu-kupu Kupu-kupu hidup bermetamarfosis dengan melewati empat tahap kehidupan yang berbeda.  Telur, kehidupan kupu-kupu di mulai dari telur yang biasanya di letakan di dedaunan

lihat Bunga (disambiguasi). Untuk kegunaan lain dari Puspa. Bunga Dari Wikipedia bahasa Indonesia. dataran rendah maupun dataran tinggi.   Larva. baik yang beriklim panas maupun yang beriklim dingin. . Larva ini berganti kulit beberapa kali sebelum berubah jadi pupa Pupa merupakan masa istirahat dari larva.000 jenis kupu-kupu di dunia. Kupu-kupu dapat terbang jika temperatur badannya di atas 80 derajat Fahrentheit jika kurang kupu-kupu akan melakukan pemanasan sebelum terbang. Habitat Kupu-kupu Kupu-kupu hidup hampir di seluruh permukaan bumi. "Puspa" beralih ke halaman ini. Kupu-kupu dapat terbang paling cepat sekitar 30 Mph (mil per jam) dan yang paling lambat. Ada sekitar 28. berasal dari telur yang menetas makananya berupa dedaunan. Di dalam pupa ini larva membelah dan membentuk tubuh dewasa Kupu Kupu dewasa lahir dari pupa dan siklus kehidupan ini pun terus berlanjut. Jenis kupu-kupu banyak di temukan di daerah hutan hujan tropis. sekitar 5 Mph. Kupu-kupu Swallowtail betina dengan ukuran sekitar 5 sampai 28 cm mampu bertelur lebih dari 500 butir. lihat Puspa (disambiguasi). ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Untuk kegunaan lain dari Bunga.

Pada bunga terdapat organ reproduksi (benang sari dan putik). Daftar isi [sembunyikan]     1 Fungsi bunga 2 Morfologi bunga 3 Gambar bunga 4 Pranala luar [sunting]Fungsi bunga Fungsi biologi bunga adalah sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. "tumbuhan berbiji tertutup"). Bunga berfungsi utama menghasilkan biji. Proses dimulai dengan penyerbukan.Dua belas bunga dari famili yang berbeda-beda. Bunga (flos) atau kembang adalah struktur reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae. Dalam konteks ini. . Setelah pembuahan. dan berlanjut dengan pembentukan biji. satuan bunga yang menyusun bunga majemuk disebut floret. Bunga majemuk adalah kumpulan bunga-bunga yang terkumpul dalam satu karangan. yang diikuti dengan pembuahan. Buah adalah struktur yang membawa biji. bunga akan berkembang menjadi buah. Bunga secara sehari-hari juga dipakai untuk menyebut struktur yang secara botani disebut sebagai bunga majemuk atau inflorescence. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga.

[sunting]Morfologi bunga Bagian-bagian bunga sempurna. Mahkota bunga (corolla). Bunga menjadi salah satu penentu nilai suatu tumbuhan sebagaitanaman hias. Manusia sejak lama terpikat oleh bunga. Pembentukan bunga dengan ketat dikendalikan secara genetik dan pada banyak jenis diinduksi oleh perubahan lingkungan tertentu. 9. Tangkai bunga (pedicel). seperti suhu rendah. Sumbu bunga (axis). Tangkai putik (stilus). 1. 4. yang sering dapat digunakan sebagai penciri suatu takson. juga untuk memikat hewan untuk membantu penyerbukan. Bentuk aktinomorf lebih banyak dijumpai. lama pencahayaan. simetri radial) dan zigomorf (simetri cermin). Serbuk sari (pollen). 8. 14. . Kepala sari (anther). dan ketersediaan air (lihat artikel Pembentukan bunga). 13. Perhiasan bunga (periantheum). 5. 17.Bakal biji (ovulum).Kelenjar nektar. khususnya yang berwarna-warni. Bunga hampir selalu berbentuk simetris.Benang sari (stamen). 7. bagian dari benang sari). Beberapa bunga yang lain menghasilkan panas atau aroma yang khas. artikulasi. 16. 10. Modifikasi ini disebabkan oleh dihasilkannya sejumlah enzim yang dirangsang oleh sejumlahfitohormon tertentu. 12. Kelopak bunga (calyx) Bunga adalah batang dan daun yang termodifikasi. 11. Kepala putik (stigma). Bakal buah (ovum). Ada dua bentuk bunga berdasar simetribentuknya: aktinomorf ("berbentuk bintang". 3. Tangkai sari (filament.Beberapa bunga memiliki warna yang cerah yang berfungsi sebagai pemikat hewan pembantu penyerbukan. Bunga sempurna. 15. 2. . 6.

Bunga disebut bunga sempurna bila memiliki alat jantan (benang sari) dan alat betina (putik) secara bersama-sama dalam satu organ. Sebagai contoh. Modifikasi ini digunakan botanis untuk membuat hubungan antara tumbuhan yang satu dengan yang lain. spesies tumbuhan menunjukkan modifikasi yang sangat bervariasi. Suatu bunga dikatakan bunga lengkap apabila memiliki semua bagian utama bunga. [sunting]Gambar bunga  Alamanda  Kevin . Bunga yang demikian disebut bunga banci atau hermafrodit. Tangkai putik atau stylus berperan sebagai jalan bagi pollen menuju bakal bakal buah. Alat kelamin betina atau gynoecium (dari bahasa Yunani gynaikos oikia: "rumah wanita") berupa putik. jamak ovula) yang membawa gamet betina) di dalam kantung embrio. Mahkota bunga atau corolla yang biasanya tipis dan dapat berwarna-warni untuk memikat serangga yang membantu proses penyerbukan. dua subkelas dari tanaman berbunga dibedakan dari jumlah organ bunganya: tumbuhan dikotil umumnya mempunyai 4 atau 5 organ (atau kelipatan 4 atau 5) sedangkan tumbuhan monokotilmemiliki tiga organ atau kelipatannya. Organ reproduksi betina adalah daun buah atau carpellum yang pada pangkalnya terdapat bakal buah(ovarium) dengan satu atau sejumlah bakal biji (ovulum. Empat bagian utama bunga (dari luar ke dalam) adalah sebagai berikut:   Kelopak bunga atau calyx. Walaupun struktur bunga yang dideskripsikan di atas dikatakan sebagai struktur tumbuhan yang "umum".   Alat kelamin jantan atau androecium (dari bahasa Yunani andros oikia: rumah pria) berupa benang sari. Pada ujung putik terdapat kepala putik atau stigma untuk menerima serbuk sari atau pollen.Tumbuhan Crateva religiosa berbunga sempurna: memiliki stamen dan pistillum.

 Clivia miniata  Geranium sylvaticum  Hydrangea macrophylla  Mammilaria gigantea  Papaver nudicaule  .

dan dilengkapi dengan kaki yang panjang.6 sampai 2. Spesies nyamuk di dunia diperkirakan 2.halteres. nyamuk dapat terbang 1.4 km/jam. Nyamuk memiliki sepasang sayap.Teratai (Nelumbo Nucifera)  Daisy. Sebagai serangga.700 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Nyamuk betina merupakan binatang penghisap darah penyebar penyakit seperti malaria yang telah membunuh berjuta-juta orang. . tubuh yang langsing. Asteraceae  Rudbeckia fulgida  Nyamuk Nyamuk adalah serangga tergolong masuk dalam golongan famili Culicidae. Argyranthemum frutescens.

scutellum (6). scutum (3). terdiri untuk dari itu 80% air). Bagian abdomen terdiri dari (lihat gambar 1) abdominal segment (9). arista (23). basicosta (4). posterior spiracle (11). wing vein (7). wing (8). maxilary palps (25). tarsus (15). Larva memakan organik yang mengambang diatas air dan bernapas dengan kantong-kantong nya yang di sembulkan diatas permukaan air. dan nyamuk dewasa yang memakan waktu sekitar satu bulan. dan Abdomen. Selama pertumbuhannya larva berganti kulit sebanyak empat kali.Compound eye (22). anterior spiracle (2). Bagian-bagian (anatomi) nyamuk nyamuk Dengan berat sekitar 12 mg dan panjang 16 mm. mesosternum (19). mereka memakan nektar tumbuh tumbuhan (kandungan gula komplek yang telur. spur (14). labium (26). Bagian kepala terdiri dari (lihat gambar 1) 22. larva. Nyamuk betina betina memerlukan protein untuk pembentukan membutuhkan darah yang mengandung protein. metasternum (21). metapleuron (20). haltere (10). labellum (27). antenna (24). tibia (13). . Setelah nyamuk betina menghisap darah. Thorax. calypters (5). mesopleuron (18). prosternum (17). tubuh nyamuk terdiri dari tiga bagian utama yaitu Kepala (Head).Nyamuk jantan dan nyamuk betina untuk hidup membutuhkan makanan. Prescutum (1). Pupa tidak makan. ia akan bertelur sekitar 40 sampai 400 telus diatas air yang tergenang atau yang mengalir pelan. bentuk yang ke empat di sebut pupa. propleuron (16). Seminggu kemudian telur berubah menjadi larva. Siklus hidup nyamuk Siklus hidup nyamuk dimulai dari telur. Pseudotracheae (28). Bagian torak terdiri dari (lihat gambar 1) . dan nyamuk dewasapun lahir dari pupa ini. pupa. femur (12). Pupa hidup di dekat permukaan air dan bernafas dengan tabung yang mirip klason (siphons) pada punggunnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful