CONTOH PROPOSAL SKRIPSI OPTIMALISASI PENERAPAN MEDIA P3Q DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA POKOK BAHASAN BACA TULIS

AL-QUR’AN DI SDN 6 JEMBATAN KEMBAR.KECAMATAN LEMBAR A. Latar Belakang Masalah Pendidikan Agama Islam sesugguhnya merupakan Mata Pelajaran yang paling pokok, begitu pula sebagaimana kita ketahui, muatan materi Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar sangat kompleks. Padahal, alokasi waktu kurang memadai. Dalam kondisi demikian, siswa dituntut untuk menguasai seluruh materi. Oeh karena itu, perlu adanya dedikasi seorang pendidik, media, serta alat peraga yang efektif dan efisien agar proses belajar mengajar dapat menghasilkan output sesuai tuntutan kurikulum. Perubahan masyarakat dan kebudayaan merupakan sebuah proses yang tidak dapat dihindari. Paradigma pendidikan pun kini mulai mengalami pergeseran. Dahulu, pendidikan dilakukan dengan bertatap muka. Pendidik aktif mentransfer pengetahuan dengan berceramah di depan pendidik. Peserta didik setia mendengarkan dan mencoba mencerna ilmu yang dipaparkan oleh sang mentor. Dalam hal pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an pendidik memberi contoh bacaan dan tulisan. Peserta didik meniru contoh bacaan dan tulisan tersebut. Demikian metode ini berlangsung selama beberapa masa. Jauh hari, seorang filosof dunia asal Tiongkok, Confucius, berkata,”Pengetahuan yang didengar akan segera terlupa, pengetahuan yang dilihat sedikit teringat, dan pengetahuan yang diperagakan akan mudah tertanam.1 Karena Al-qur’an adalah merupakan salah satu kitab suci yang diturunkan Allah di muka bumi ini sebagai tuntunan umat manusia, sebagai sumber hukum yang pertama dan utama dalam mengemban tugas sebagai khalifah di muka bumi ini, yanng diturunkan dengan berbahasa Arab, gaya bahasanya unik, dan tidak mudah dibaca dan ditulis jikalau tidak memiliki keahlian yang khusus dan cerdas. Untuk memudahkan dalam membaca dan menulis Al-qur’an diperlukan suatu metode yang tepat dan efektif agar siswa lebih mudah dan lebih cepat menguasai Al-qur’an Adapun penulis memilih dan menetapkan judul Skripsi ini disebabkan adanya beberapa pertimbangan antara lain :

Penerapan media P3Q dalam pembelajaran PAI pada pokok bahasan baca tulis AL-qur’an. 2. Karena itulah penulis mearsa tertarik untuk membahasnya dengan mengambil obyek di SDN 6 Jembatan Kembar Kecamatan Lembar. Penulis mengambil obyek pada SDN 6 Jembatan Kembar. merasa berkewajiban untuk turut serta menyumbang darma bakti baik berupa tenaga maupun pikiran. SDN 6 Jembatan Kembar Sekolah Dasar adalah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bersifat formal di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. dalam usaha menuntaskan baca tulis qur’an terhahadap siswa. B. rohani yang berdasarkan hukum hukum agama islam untuk menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ( Marimba: 1974 : 26 ). 4.1. adalah merupakan salah satu cara untuk mempermudah dan mempercepat siswa menguasi baca tulis Alqur’an. dikarenakan SDN tersebut berada di wilayah pedusunan yang secara pskologis dapat mempengaruhi siswa dalam mempelajari baca tulis Al-qur’an. Disamping itu latar belakang pendidikan orang tua wali rata rata tidak tamat SD. 2.Pendidikan Al-Qur’an bagi siswa adalah sangat penting. 3. Peranan Peranan adalah sesuatu yang menjadi bagian atau yang memegang pimpinan terutama. perilaku Yang dimaksud dengan perilaku adalah nilai nilai dan norma norma yang menjadi pegangan tingkah laku seseorang. 4. ( Poerwadarmita. Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Islam berarti bimbingan jasmani. 1976: 735 ). . Sedangkan kata peranan dalam penulisan skripsi ini adalah sikap atau tingkah laku dari seorang pemimpin dalam membimbing atau mempengaruhi bawahannya. Penulis adalah salah seorang tenaga pengajar di SDN 6 Jembatan Kembar tersebut. ( Margiono: 2007 : 24 ). ( dalam terjadi hal atau peristiwa ). 3. Penegasan Istilah Untuk memberikan pemahaman terhadap istilah istilah yang ada didalam skripsi ini maka penulis akan menjelaskan istilah istilah tersebut : 1.

kegunaan teoritis dan kegunaan praktis. Adapun masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah sebagai berikut : 1. Winarno memberikan pengertian bahwa “masalah adalah setiap kesulitan penggerak manusia untuk memcahkan” ( Winarno.Berdasarkan penegasan judul di atas maka pola pikir kita dalam rangka memperoleh suatu kesimpulan kongkrit terutama dalam menegaskan masalah masalah yang akan dibahas. Menurut Dr.Tujuan Dan Mamfaat Penelitian 1. b. 1990 : 62 ). 2. C. 2. b. Adapun tujuan penelitian ini adlah sebagai berikut: a. Untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap Mata Pelajaran Al-qur’an di SDN 6 Jembatan Kembar khususnya baca tulis qur’an. 1. Tujuan Penelitian Dalam mengadakan penelitian harus mempunyai sasaran dan tujuan yang jelas. dengan tujuan yang jelas dapat memberikan pedoman bagi berlangsungnya kegiatan yang akan dilakukan. Kegunaan Praktis a. Kegunaan Teeoritis a. Rumusan Masalah Masalah adalah merupakan suatu gejala yang muncul dan menjadi gejala yang akan diciptakan melalui kegiatan penelitian. Untuk mengetahui peranan Pendidikan Agama Islam terhadap siswa SDN 6 Jembatan Kembar b. Mamfaat Penelitian Adapun keguanaan dan mamfaat dalam penelitian ini dapat ditinjau dari dua kegunaan yaitu. . 2. D.

Sistimatis Penelitian BAB I : PENDAHULUAN BAB II : KAJIAN PUSTAKA BAB III : METODOLOGI PENELITIAN BAB IV : PAPARAN DAT ( PEMBAHASAN ) BAB : PENUTUP .E. Landasan Teori F. Hifotesis G.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times