MEMBUAT API DARI ES Lho kok aneh ya bukannya elemen api itu lemah dengan elemen es (banyak terpengaruh

maen game sama nonton anime), tetapi ternyata api dapat dibuat dari es. Jika sahabat tidak percaya, mari kita buktikan segera. Ini percobaan lumayan asyik lho!

Alat dan bahan yang diperlukan: 1. 2. 3. 4. 5. Tempurung kelapa atau mangkuk Kertas dan plastik Air Almari es Rumput kering atau benda yang mudah terbakar

Langkah-langkah pembuatan:

Buatlah lensa cembung dari bahan es, begini cara buatnya nih:

1. Tempurung/mangkok dialasi dengan kertas dan plastik (agar es mudah dipisahkan dari tempurung atau mangkok) 2. Isi tempurung/mangkok dengan air 3. Masukkan ke almari es dan tunggu sampai membeku. 4. Pisahkan es dari tempurung.

Pada siang hari (sekitar pukul 11.00 – 13.00) letakkan rumput kering di tanah lapang dan peganglah lensa cembung buatanmu tadi serta arahkan ke cahaya matahari sedemikian rupa sehingga cahaya terpusat pada rumput kering.

Apa yang terjadi? Ketika kita menggosok-gosok botol tersebut dengan tangan. Air atau alkohol Pewarna Botol Sedotan Malam atau tanah liat Langkah-langkah pembuatan: 1. Udara menekan permukaan air dan air naik ke dalam pipa sedotan. sehingga kedudukan permukaan air dalam pipa sedotan menunjukkan derajat panas. Tutup dengan rapat-rapat sekeliling ujung lubang leher botol dengan tanah liat sehingga tidak ada udara yang bisa masuk. Alat dan bahan yang diperlukan: 1. Molekul-molekul bertabrakan makin cepat dan lebih keras. udara yang tertutup dalam botol memuai karena gaya gesekan antara tangan dan botol. 2. Tuangkan sedikit air yang diberi warna ke dalam botol. termometer adalah alat untuk mengukur suhu. Masukkan sedotan minuman hingga menyentuh permukaan air dalam botol. 4. Penasaran? ayo kita bikin yuk. 4. 5. .MEMBUAT TERMOMETER SEDERHANA Kalian udah pada tau yang namanya termometer kan? Yup. Biasanya termometer terdapat di rumah sakit atau di laboratorium. 2. tetapi kalian bisa buat termometer sendiri dari bahan-bahan yang ada di sekitar rumah. 3. Gosok dengan tangan botol tersebut dan jika diperhatikan baik-baik air dalam sedotan akan mulai naik. Dalam termometer biasa yang memuai adalah raksa yang berada dalam pipa kapiler. 3.

2. yah itulah fisika suka membuat penasaran. logam hancur kan udah biasa tapi bagaimana jika logam tersebut hancur hanya dengan direndam dalam segelas air. . Selain itu. Biarkan gelas itu selama sehari. Letakkan uang logam di atas kertas perak. dalam proses ini dihasilkan pula arus listrik. 3.LOGAM YANG HANCUR Logam yang hancur?? apa anehnya. Apa yang terjadi? Ternyata sesudah itu air tampak menjadi keruh dan di tempat yang ada uang. Langsung saja let's do it!! Alat dan bahan yang diperlukan: 1. Gelas Air Uang Logam (uang seratusan tapi yang dulu bukan yang sekarang) Kertas Perak (kertas bekas bungkus rokok) Langkah-langkah: 1. Hal ini sering terjadi di tempat dua logam yang berlainan disambungkan secara konduktif. namun kecil sekali. Kemudian masukkan ke dalam gelas yang berisi air. kertas perak berlubang-lubang. Kehancuran ini disebut korosi . 2. 3. Pada percobaan kali ini kita akan membuktikannya Ga percaya. 4.

karena yang pertama kali mengamati proses ini dalam eksperimen ialah seorang dokter Itali bernama Galvani. Kabel 4. Penjepit buaya 5. Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kawat mentah. Believe it or not kita dapat menyalakan sebuah lampu kecil dengan menggunakan buah. Kentang (disini kita pakai kentang. Lampu LED (atau lampu bohlam kecil juga bisa) 3. Oleh akren aitu. masa buah dijadiin baterai dimana-mana enaknya juga dibikin rujak pasti seger. maka tambah kentang tersebut agar arus listrik yang dihasilkan bertambah besar (lihat pada gambar). Alat dan bahan yang dibutuhkan: 1. 3. Untuk pengganti tembaga dan seng ini dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam Langkah-langkah: 1. susunan seperti ini disebur elemen galvani.BATERAI BUAH Wah ada-ada aja nih yang punya blog. 2. Jepitkan kabel kepada lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu. . Getah kentang mempengaruhi logam-logam itu secara kimiawi layaknya larutan elektrolit dalam aki. Jika nyala lampu belum kelihatan. Lempengan tembaga 6. tapi kalian menggunakan lemon atau buah lainnya jika tertarik) 2. kentang dan lempengan-lempengan itu pun menghasilkan arus listrik walaupun sangat lemah. Apa yang terjadi? Lampu tersebut dapat menyala karena adanya arus listrik yang mengalir. Seperti halnya baterai lampu senter. Lihat nyala lampu yang terjadi. Lempengan seng 7. Kalo begitu mari kita langsung buat saja. 4.

Petunjuk yang saya berikan ialah massa jenis. Selamat bereksperimen ya! . Tuangkan secara perlahan-lahan minyak sayur ke dalam gelas. dapat menuliskan komentarnya. Tuangkan air ke dalam gelas sekitar 3/4 nya 2. budak fisika akan menampilkan percobaan untuk membuat lampu lava sederhana. Perhatikan fenomena yang terjadi. Kemudian taburkan 1 sendok garam di atas lapisan minyak 5. Untuk membuat lampu lava ini. Usahakan agar minyak sayur berada pada lapisan teratas 4. sahabat hanya memerlukan bahan-bahan :      Gelas minum bening Minyak sayur Garam Air Pewarna makanan Langkah Kerja : 1. jika perlu tambahkan 1 sendok garam lagi untuk melihat efeknya berlanjut Mengapa terjadi demikian? seperti biasa bagi sahabat yang memiliki pendapat. Kalo ada yang belum tahu bentuk dan rupanya dapat lihat gambar di bawah ini. Tambahkan 5 tetes pewarna makanan (warna bebas tergantung selera) 3.LAVA SEDERHANA Pada episode kalo ini.

Ada yang tahu gak kenapa??? Hayo yang tahu jawabannya kasih komentarnya aja OK! .    Kedalam wadah plastik masukkan 1/2 gelas kecil cuka dan 1/4 gelas kecil air hangat. percobaan ini lumayan lah buat ngejahilin temen-temen di waktu senggang. Masukkan 1 sendok baking soda kemudian lipat berbentuk persegi. bahan yang kalian butuhkan yaitu :       Air Gelas ukur kecil Plastik dengan penutup rapat kayak plastik obat Baking soda Cuka Kertas Langkah Pembuatan :   Sobek kertas berbentuk persegi ukuran 10cmx10cm. Nah untuk ngebuatnya. Setelah itu.  Alhasil BOOOOMMMMM plastik tadi akan meledak seperti bom. Kocok plastik sebentar kemudian menghindar dan tiaraapp! (hahaha gak segitunya kali). masukkan kertas berisi baking soda tadi ke dalam wadad plastik lalu tutup rapat secepatnya.Waduh ini eksperimen ko tentang bom sih? Tenang aja gak berbahaya ko.

lalu berikan sedikit tekanan. Sebutir telur ayam yang telah direbus dan dikupas kulitnya Beberapa lembar kertas Korek api Beberapa butir dry ice (biang es) Langkah-langkah percobaan : Jika dipikir-pikir. kita tak mungkin dapa memasukkan telur ke dalam botol apalagi diameter mulut botolnya lebih kecil dari ukuran telur. usahakan jangan sampai ada dry ice yang keluar botol Lalu jaga agar dry ice tidak terlalu lama menyentuh telur. hal ini dimaksudkan agar botol menjadi terisolasi dari udara luar. Tapi ternyata secara fisika. Alat dan bahan:      Sebuah botol yang memiliki diameter mulut yang cukup besar.Sulap Fisika : Telur Di Dalam Botol Percobaan fisika sederhana ini pernah saya lihat di kampus ketika jurusan mengadakan pameran alat-alat fisika sederhana. diamkan beberapa saat sampai telur kluar seluruhnya dari dalam botol . maka telur perlahan-lahan akan masuk ke dalam botol Mengeluarkan telur dari dalam botol    Masukkan beberapa butir dry ice ke dalam botol Kemudian balik botol sehingga telur terletak pada mulut botol bagian dalam. Diamkan beberapa saat. memasukkan dan mengeluarkan telur ke dalam botol ialah hal yang mudah. Tidak percaya? Mari kita lihat penjelasan di bawah ini. namun tidak dapat dilalui sebutir telur. Berikut akan saya coba jelaskan kepada sahabat tentang proses pembuatannya. Memasukkan telur ke dalam botol      Siapkan botol dan telur yang akan digunakan Bakar selembar kertas kemudian segera masukkan ke dalam botol Segera letakkan telur di atas mulut botol segera saat api masih menyala.

Memasukkan telur ke dalam botol Anggapan dasarnya adalah bahwa nyala api dapat terjadi ketika terdapat kandungan oksigen dalam jumlah yang cukup di dalam udara. teori fisika yang berperan ialah tekanan udara. Mengeluarkan telur dari dalam botol Konsep yang digunakan untuk mengeluarkan telur dari dalam botol tidak banyak berbeda dari proses memasukkan telur ke dalam botol. Nah. Lama-kelamaan jumlah oksigen dalam botol akan habis. Akibatnya telur akan mendapat tekanan dari luar sehingga perlahan-lahan telur akan terlihat seolah-olah terhisap ke dalam botol sampai masuk seluruhnya ke dalam botol.Konsep Fisika : Dalam percobaan ini. api tersebut akan terus menyala sambil mereaksikan antara oksigen dengan kertas. Pada saat kertas yang telah terbakar dimasukkan ke dalam botol. proses pembakaran ini akan menghabiskan sejumlah mol oksigen sesuai dengan jumlah yang diperlukan dalam pembakaran tersebut. Hal ini menyebabkan tekanan udara dalam botol akan lebih rendah daripada tekanan udara luar. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa jumlah mol zat yang bereaksi sebanding dengan tekanannya ( pV = nRT). Sebagaimana yang telah diketahui bahwa bahan dasar pembuat dry ice adalah semacam gas yang dipadatkan. Dengan memasukkan dry ice ke dalam botol mampu menaikkan tekanan di dalam botol tersebut. maka dalam suhu kamar dry ice akan menyublim dan menghasilkan gas. Nah. gas inilah yang digunakan untuk mendorong telur keluar dari dalam botol. yaitu dengan meningkatkan tekanan di dalam botol sehingga lebih tinggi dari tekanan di luar botol. . tekanan dalam botol pun akan turun. maka pada saat jumlah mol oksigen dalam botol berkurang. yang berbeda hanyalah melakukan hal yang sebaliknya.

Konsep fisika : Pada saat kita memanaskan langsung gelas berisi air mineral (seperti memasak dengan panci). bukannya gelas meleleh karena panas yang ditimbulkan. Karena kalor jenis air tinggi. Kalor mengalir dari sumber panas melintasi permukaan gelas dan diteruskan ke air. dan kalor ini dimanfaatkan untuk memanaskan air. 2. Lalu kenapa hal ini terjadi? Dalam kasus gelas plastik kosong. kalor yang seharusnya melelehkan plastik dihantarkan ke air. waktu yang dibutuhkan untuk memanskan sampi suhu yang mampu melelehkan plastik cukup lama. Kenapa ya? Nah hal ini dapat dijelaskan secara fisika. panas yang diberikan akan langsung melelehkanya jika suhunya melebihi ambang tiitk leleh plastik.MEMANASKAN AIR DALAM GELAS PLASTIK Memanaskan air dalama gelas plastik!? Bukannya akan meleleh tuh gelas plastik. akibatnya gelas plastik lebih tahan lama tanpa meleleh. air tidak boleh dipindahkan dari gelas plastik tsb. tetapi ternyata nggak meleleh. kita panaskan air (terserah bagaimana caranya). Secara skematis. Tetapi selama pemanasan. alur penghantaran panas dapat dilihat pada gambar. Alat dan bahan :    Air mineral Gelas plastik Korek api Langkah percobaan : 1. . mari kita lakukan sebuah percobaan sederhana berikut. Dengan alat dan bahan yang tersedia. Namun. Kalor dihantarkan oleh permukaan gelas ke air. Namun ketika dalam gelas diisi air. justru air yang malah menjadi panas.

Dengan menambah detergen ternyata akan memecah lapisan air dan membuat perahu melaju. karton yang agak tebal gunting ember/baskom penuh air detergen Langkah-langkah pembuatan:  Buatlah rangka perahu dari karton seperti pada gambar kira-kira 7 cm x 3 cm (ukuran dapat disesuaikan). Seperti yang kita tahu. Ini gambarnya:    Letakkan perahu perlahan ke dalam ember yang telah diisi air. tak ada hal yang aneh kan? benda tersebut biasanya kalian gunakan untuk mandi dan keperluan rumah tangga lainnya tapi pernahkan kalian mencoba menggunakan sabun sebagai tenaga untuk menggerakkan perahu?! Untuk itu marilah kita membuatnya. Dan lihat apakah yang akan terjadi. Catatan: Setelah melakukan satu kali percobaan. karena adanya gaya kohesi antar molekul air khususnya di bagian permukaan membuat sebuah lapisan tipis dan fleskibel yang disebut tegangan permukaan. . perhatikan ya! Alat dan bahan yang diperlukan: 1. 3. Ternyata perahu akan melaju. 2. Masukkan detergen sedikit demi sedikit di bagain belakang perahu. bersihkan kembali embernya kemudian gunakan air yang baru jika ingin melakukan percobaannya lagi. 4.PERAHU BERTENAGA SABUN Sabun. mengapa ya? Ini disebabkan karena adanya pengaruh tegangan permukaan.

mudah diproduksi dengan teknologi sederhana dan biaya yang murah. kita dapat memanfaatkan energi matahari secara cuma-cuma dan dengan teknologi yang sederhana. diantaranya adalah temperatur yang dihasilkan tidak sepanas kompor biasanya sehingga cukup aman. Alat dan bahan yang harus disediakan diantaranya: 1. Setelah dipastikan alumunium foil yang disatukan dengan kertas karton telah benarbenar menempel dengan baik kemudian rangkai kompor seperti gambar di bawah ini. dan jangan lupa buat dua lubang pengaitnya seperti di gambar pola sebagai tempat pengait untuk bagian kolektor sinar matahari.3 x 3 meter. Kompor jenis ini banyak digunakan karena memiliki berbagai keunggulan. setelah pola terbentuk kemudian lapisi dengan aluminium foil dengan lem yang sudah dipersiapkan. 4. Baiklah ayo kita mulai membuatnya. Alumunium foil. Gunting atau cutter. Langkah-langkah pembuatan:  Bentuk kertas karton menjadi pola seperti di bawah ini  Pastikan bahwa pola yang anda bentuk seperti pada gambar diatas. ukuran 0. Oleh itu penggunaan energi matahari dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang bisa kita manfaatkan sebagai sumber energi untuk memasak sehari-hari disaat harga minyak tanah. 3. Lem. serta mudah dibawa dan disimpan. dan gas yang terus naik. Nah alasan di atas yang melatarbelakangi postingan ekseperimen Fisika kali ini yaitu tentang Kompor Alumunium. Pensil dan penggaris. ukuran 0. 2. Karton tebal. 5.9 x 1.2 meter. bentuknya yang flat juga aman bagi mata kita. .KOMPOR ALUMUNIUM FOIL Matahari adalah sumber energi terbesar dan utama bagi kehidupan kita.

samping maupun dari bawah panci. misal pada musim hujan atau malam hari.00-14. kompor tenaga surya juga tidak dapat digunakan menggoreng makanan. Setelah kompor terangkai dengan sempurna langkah selanjutnya adalah mempersiapkan wadah untuk memasak makanan. dalam proses memasak sebaiknya kita gunakan plastik untuk membungkus panci tersebut. tak bisa diaplikasikan sewaktu-waktu. Sumber : aingrieut Catatan dari saya: Agar menanak nasi lebih optimal harus dilakukan pada kisaran pukul 09.00 ketika sinar matahari muncul sepenuhnya. dengan maksud untuk mengoptimalkan cahaya matahari yang dipantulkan baik dari atas. pastikan panci yang kita jadikan sebagai tempat memasak berwarna hitam. Steven Jones dari Brigham Young University mengatakan bahwa "agar lebih optimal dalam memasak akan lebih baik jika dibuatkan tatakan untuk panci yang akan kita letakkan di dalam kompor". . Dr. Beberapa kekurangan kompor matahari antara lain. Kemudian untuk mengoptimalkan panas yang terserap dan menghindari panas terbuang. karena warna hitam dapat menyerap panas dengan baik. Tatakan dibuat dengan ketinggian 6 cm seperti pada gambar dibawah.

ESTI SUHARTATI SMA NEGERI 9 TANGERANG .