P. 1
pengertian-transportasi

pengertian-transportasi

|Views: 100|Likes:
Published by Faza Adiyaksa

More info:

Published by: Faza Adiyaksa on Jul 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2013

pdf

text

original

Pengertian dan Ruang

Pengertian Sistem Transportasi

cara H fi h Transportasi adalah Harfiah T t i d l h “Suatu “S t dakan, proses atau hala yang memindahkan sesuatu tempat ete pat a ya ri suatu te pat ketempat lainnya” stem secara harfiah artinya adalah “Cara, Jaringan au susunan” stim transporatasi dapat di defenisikan sebagai uatu cara untuk meminddahkan sesuatu dari suatu mpat ketempat lainya memerlukan dan enggunakan jaringan yang dan moda dalam proses rpindahan tersebut”.

Rekayasa Sistem transportasi

ertujuan untuk menemukan dan menentukan ombinasi optimum dari sarana transportasi dan etode untuk pengoperasiannya pada daerah rtertentu

Tujuan Rekayasa Transportasi Modern d

ntuk memlakukan pemindahan barang dan p p anusia daru suatu tempat ke tempat lain engan aman dan efisien dengan efek yang angat minimal terhadap lingkungan. lingkungan

Transportasi Dalam Masyarakat k obilisasi aya Hidup ativitas Produksi iburan emenuhan kebutuhan .

Perenanan Transportasi Dalam Peradapan Manusia d i arana Perpindahan arana Peningkatan taraf hidup eranan ekonomi eranan Sosial eranan Politik eranan Lingkungan .

Sebab terjadinya pergerakan k ktivitas ekonomi (mencari nafkah. p g/p y ) endapatkan barang/pelayanan) ktivitas sosial (menciptakan/menjaga ubungan) endidikan ekreasi dan hiburan ebudayaan eb da aan .

PERMASALAHAN TRANSPORTASI DI NEGARA BERKEMBANG umlah Penduduk dan Kesenjangan sosial l hP d d kd K j i l etidak Merataan dan Ketidak adilan endapatan epemilikan Kendaraan elayanan Angkutan Umum emacetan Lalu Lintas ecelakaan/keselamatan erubahan tata guna lahan .

Ciri dasar permasalahan dan perencanaan transportasi i ultimoda ultidisiplin ultisektoral ultimasalah .

Moda Transportasi oda Air oda Darat Moda Jalan Raya Moda R l M d Rel oda Udara oda Lainnya Moda Pi M d Pipa .

lan Rel l R l termasuk jenis transportasi ini adalah kereta api.KARAKTERISTIK MASINGMASING MODA TRANSPORTASI a Transportasi Darat an Raya ah transportasi di perkotaan sangat tergantun pada jenis rana i i yang bisa memberikan pelayanan door to door. dengan besar ayanan dari terminal ke terminal. trem dll. Jenis/moda nsportasi ini paling cocok digunakan untuk pengangkutan yang bersifat assal (mass rapid transit) dengan besat angkutan ton/km besar. sehingga ini bi b ik l d d hi mbahasan selanjutriya akan dilakukan secara terinci pada moda ini. .

.

.

.

RUPAT DARI DUMAI SEPANJANG 8 KM .RUPAT AI NUJU P.

JEMBATAN PENGHUBUNG RUPAT DENGAN PORT DICKSON SEPANJANG 38 Km .

.

.

.

.

.

.

moda transportasi ini terbagi lagi atas 2 bagian yaitu yang menggunakan prasarana aiamiah (laut. sungai. ya operasi jenis transportasi ini termasuk mahal dengan tingkat teknologi yang cukup tinggi dan besar angkutan ton/km/jam yang cukup tinggi pula.). danau dll. dermaga dengan jumlah angkutan ton km yang besar. serta menggunakan prasarana b t (t t k buatan (terusan-terusan. . l kolam dll.).oda Transportasi Air da dasarnya. masih tertutup dll. k t kanal.) da ini juga memberikan pelayanan dari terminal/dermaga ke dermaga. besar oda Transportasi Udara da t d transportasi i i sangat cocok digunakan untuk pengangkutan t i ini t k di k t k k t jarak jauh secara cepat dan untuk daerah-daerah yang mempunyai topografi sulit (bergunung.

.

.

.

.

.

.

.

MAI .

.

.

.

BANDAR UDARA INTERNASIONAL .

da b b d beberapa kondisi (misalnya menyeberangi k di i ( i l b i samudra). . sebagai alat pengangkutan sementara/pindahan. dan bisa tetap ekonomis untuk pengangkutan j k pendek niaupun jauh k t jarak d k i j h ( > 100 km). gas misalnya : air. misalnya kapal tanker. minyak atau gas/bahan bakar. maka diperlukan kombinasi dengan moda transportasi lain. oda ini bisa memberikan pelayanan dari sumber alam/produksi sampai dengan ke tempat pemakai.ngkutan Pipa k t Pi oda transportasi ini paling sesuai digunakan untuk pengangkutan barang cair dan gas.

5A k t Angkutan Sabuk Gerak S b kG k oda ini memanfaatkan teknologi sabuk yang gerakkan oleh motor penggerak dan biasanya kk l h t k d bi gunakan untuk mengangkut barang-barang yang erbentuk curah (bulk) atau orang orang.) . oda ini sangat cocok untuk angkutan barang yang ontinue atau tersegmen dalam daerah pelayanan ang tidak terlalu besar ( < 5 km) dan lazim gunakan pada daerah pertambangan atau industri industridustri khusus (logam. pupuk dll.

.

Quasi Transport Istilah ini merupakan alternatif pengganti dari keperluan adanya angkutan. . dan kombinasi p y g bisa meliputi jenis sarana dan prasarana (contoh : Hoovercraft bisa bergerak di darat dan air) sistem penanganan angkutan (contoh: container bisa diangkut melalui jalan raya. air dll. rel raya rel. stem Multimoda Moda ini merupakan kombinasi dari moda-moda yang ada. adalah Angkutan kabel Biasanya digunakan untuk melayani angkutan di daerah 'sulit' y g y g (misalnya pegunungan).da Angkutan Lain-lain g termasuk d l k dalam kelompok ini ialah jenis-jenis moda transportasi yang k l k l h d karakteristik atau penggunaannya lebih bersifat khusus ataupun belum begitu lazim digunakan masyarakat luas. atau untuk tujuan wisata. ntoh dari moda-moda tersebut. atau mobil diangkut di atas gerbong KA dan lain dll sebagainya) sistem manajemen pelayanan (contoh : travel card bisa digunakan untuk bis kota atau kereta api)..

.

Sistem kegiatan Sistem Jaringan (jalan) sitem pergerakan Sistem Kelembagaan .

Analisa interaksi antar sistem kegiatan dengan sistem jaringan k i d i j i Aksesibilitas dan mobilitas Pembangkit pergerakan Sebaran penduduk Pemilihan moda transportasi Pemilihan rute .

Tata ruang Aktivitas Sosio-ekonomi Kebutuhan transportasi Arus lalu lintas (orang/barang) Suplai jaringan transportasi (jalan) Perubahan kebijakan & perubahan prilaku transportasi/ekonomi Biaya transportasi(jalan) : feed-forward : feed-back .

PERUBAHAN TATA GUNA LAHAN PENINGKATAN NILAI LAHAN PENINGKATAN BANGKITAN LALU LINTAS INGKATAN ESIBILITAS KEBUTUHAN LALU LINTAS LEBIH BESAR PENAMBAHAN FASILITAS TRANSPORTASI .

(top-down) (bottom-up) .

SOFI OPERASIONAL PENGUJIAN KEMBALI SASARAN DAN TUJUAN NILAI RAN ALTERNATIF .ALTERNATIF AN ERIA MODEL PENGGUNAAN LAHAN TRANSPORTASI SUMBERDAYA DAMPAK Munculnya Alternatif alternatif baru Tidak Terdapat Pertimbangan Alternatif Yang Layak EVALUASI PROGRAM PENDANAAN Sasaran dan Tujuan yang Dirancang Menghalangi Semua Alternatif yang Mungkin .

Mengurangai pergerakan . yaitu terlalu besarnya kebutuhan akan pergerakan dibanding dengan prasaranan transportasi yang tersedia Pemecahan Menurut Well (1970) .Membanguna Prasaranan sesuai dengan Kebutuhan .Permasalahan dasar transportasi sebenarnya sederhanan.

organisasi operasional an kelembagaan erubah perilaku perjalanan .Campur tangan manusia pada sistem transportasi i i engubah teknologi transportasi dan b h k l i id formasi engubah ciri kendaraan engubah ruas dan konfigurasi jaringan ansportasi engubah kebijakan operasional.

Perencanaan Transportasi uatu proeses yang tujuannya g g p y g engebangkan sistim transportasi yang emungkinkan manusia dan barang bergerak tau berpindah tempat dengan aman dan yaman serta murah .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->