STRUKTUR RANGKA RUANG (SPACE FRAME

)

Pengertian Space Frame (Rangka ruang) Kerangka ruang ( space frame) adalah tiga dimensi yang mencakup sistem diikat dalam dua arah dimana anggota berada dalam ketegangan atau kompresi saja. Sedangkan istilah bingkai mengacu pada struktur dengan sambungan kaku, istilah space frame seperti yang sering digunakan meliputi koneksi terjepit dan kaku. sebagian besar terdiri dari kerangka ruang identik, modul berulang, dengan sejajar lapisan atas dan bawah (yang sesuai dengan akord truss).

Sementara ruang geometri frame bisa sangat beragam (Pearce, 1978; Borrego, 1968), ada yang setengah oktahedron (empat sisi piramida) dan tetrahedron ( tiga sisi piramida ) modul polyhedral digunakan secara luas untuk bangunan (gambar 5.1). Meskipun sering digunakan untuk menutupi ruang besar dengan atap datar horizontal, rangka ruang disesuaikan untuk berbagai konfigurasi, termasuk dinding dan atap miring serta melengkung.

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB

Ir Joni Hardi MT

TEKNOLOGI BANGUNAN IV

1

(a). namun kedalaman yang paling ekonomis adalah sekitar 5 persen dari bentangan atau 11 persen dari rentang penopang. Beban yang diterapkan akan perjalanan oleh stiffest rute ke berbagai mendukung. bingkai bingkai ruang tiga-dimensi dan Spanyol dua (atau lebih) arah. 1980). dengan sebagian besar beban di sekitar detouring anggota lebih fleksibel. Perbandingan ruang frame dan truss-sistem purlin. Ukuran modul yang paling ekonomis adalah antara 7 dan 14 persen dari rentang waktu. dengan sisa berbagi anggota pasukan tambahan secara adil sebanding dengan kekakuan atau kekuatan mereka.2). Kedalaman Space frame kurang dari sistem yang sebanding gulungan (yang mencakup arah utama) dan purlins (balok atau gulungan kecil yang membentang ke arah yang berlawanan) (gambar 5. Sebaliknya.Kedalaman kerangka ruang serendah 3 persen bentangan dimungkinkan. yang akan menghasilkan kekuatan sekitar rerouting dari kesenjangan yang dihasilkan. (b). Stabilitas space frame tidak terpengaruh oleh penghapusan beberapa anggota. Kelebihan ini PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir Joni Hardi MT TEKNOLOGI BANGUNAN IV 2 . dengan mempertimbangkan bahwa jumlah anggota (dan biaya tenaga kerja) akan naik secara dramatis sebagai ukuran modul berkurang (Gugliotta. Kerangka ruang yang efisien dan aman struktur di mana beban yang didukung sebagian oleh masing-masing chord dan anggota sebanding dengan kekuatan masing-masing. truss dasarnya curlin kombinasi dua dimensi dan span dalam satu arah pada satu waktu.

yang membentuk dasar bagi Gustave Eiffel's analis untuk menara paris (meskipun sebenarnya menara Eiffel terdiri dari pesawat majelis gulungan). 1980). kaca. Karena susunan anggota kerangka ruang adalah tiga-dimensi. langit lampu. dan sebuah menara (Schueller. 1992). simpul dapat dicap keluar dari pelat baja dan berlari sampai ke ujung anggota. 300 ft (90 mx 110 m) bingkai ruang atap pusat perkantoran Hartford (1972. Allexander graham bel secara luas diakui sebagai penemu bingkai ruang dan mencuci sibuk dengan bentuk tetrahedral untuk memperoleh kekuatan dengan minimum berat material sebagai bagian dari penelitian untuk mengembangkan struktur yang cocok untuk penerbangan. 1987). Foppl Agustus menerbitkan risalah ruang bingkai. terdiri dari pipa baja runcing member yang sekrup baja bulat bening (Borrego. Perusahaan lain (misal. Khususnya. pada tahun 1942. sistem Mero pertama ditemukan dan diproduksi oleh Dr Ing. 1996). yang terdiri dari baja stamfed node (konektor) dan anggota (Wilson. insinyur struktur) semakin runtuh. arsitek: faroli. Secara historis. sistem akan terus diproduksi hari ini. CT. Hartford. simpul berbentuk bola padat ini memungkinkan tabung diameter dan ketebalan dinding yang akan divariasikan pada kekuatan devending hadir dalam setiap anggota. dan komponen lainnya. Max Mengeringhausen. Selain mampu mencakup sampai dengan 650ft (200 m). Anggota ini biasanya penampang persegi panjang dalam memfasilitasi lampiran penghiasan sederhana. penahan angin. Pada tahun 1943. bahkan ketika kelebihan beban (gugliota. Dua perkembangan penting dalam rangka ruang terjadi di awal 1940-an. Dimulai dengan perimeter tekuk dari anggota yang di sini tidak cukup silang menguatkan (retribusi dan Salvadori. Ruang awal termasuk struktur kerangka layangan. Vincent kling. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir Joni Hardi MT TEKNOLOGI BANGUNAN IV 3 . 1968). dan yeselman.adalah alasan bingkai ruang yang relatif stabil dan aman. Bahkan dengan kelebihan ini. Mencakup kecil. Tahun 1881). simpul yang bergabung secara inheren ini kompleks. ruang multilayer bingkai berevolusi langsung keluar dari pesawat gulungan dari abad kesembilan belas. Charles Attwood develoved dan mempatenkan sistem unistrut. Unistrut) sekarang pembuatan sistem serupa berdasarkan mengeringhausen desain asli. kegagalan beberapa bingkai ruang spektakuler telah terjadi. Agar cakupannya lebih besar. jenis Mero-system dengan anggota tubular padat berbentuk bola disekrupkan ke simpul adalah lebih umum. blum.

(a) Unistrut System Rinci titik simpul dari sistem ‘Triodetic’ Fenriman. atap di atas digunakan untuk aplikasi interior nonstruktural. dipotong menurut sudut yang sesuai. (b) Triodetic System PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir Joni Hardi MT TEKNOLOGI BANGUNAN IV 4 . Batang pipa dipipihkan ujungnya. Bagaimana pernah. kemudian dipaksa masuk kedalam celah bergerigi. Gasistem unistrut adalah fabrikasi dari baja tekan komponen yang berlari bersama-sama dan cocok untuk rentang pendek. Dapat dilihat beberapa contoh sambungan pada space frame. ruang frame telah dibangun dari kayu (misalnya. Sistem ini menyatukan dua keuntungan: pemasangan yang mudah dan daya tahan yang besar. Pada gambar disamping adalah alat perakit dari pelat lipat. baja dan alumunium adalah bahan yang paling sering digunakan.Karena ruang geometri kompleks koneksi dan kekuatan yang relatif besar hadir di sana. elemen ini disatukan dengan alat perakit yang sama. Semua elemen yang dipakai mempunyai panjang yang sama.

Mero KK-bola sistem node terdiri dari anggota berbentuk tabung yang berbentuk bola padat sekrup ke node dan cocok untuk rentang lagi. dilaksanakan dengan las. (d) Oktaplatte System Pendukung PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir Joni Hardi MT TEKNOLOGI BANGUNAN IV 5 . (c) Merro System Menurut sistem ‘Oktaplatte’ perakitan batang rusuk bagian bawah dari sebuah kisi segitiga.

Sebagai contoh. karena itu. Selanjutnya. anggota maksimum gaya dalam bingkai ruang persegi dengan batas kontinu mendukung hanya 11 persen dari desain yang sebanding dengan hanya empat sudut mendukung. para anggota lebih ekonomis ukuran dan koneksi (Gugliotta. tabungan tersebut dapat diimbangi oleh kolom tambahan dan biaya dasar. berkisar antara kekuatan maksimum dan minimum akan Sejalan kurang. Untuk sistem yang hanya menggunakan anggota identik dengan jumlah terbatas kolom. yang lebih efisien akan mencakup struktur. stres pada mendukung dapat dikurangi dengan mendistribusikan dukungan reaksi atas PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir Joni Hardi MT TEKNOLOGI BANGUNAN IV 6 . Ruang bingkai memerlukan minimal tiga mendukung untuk menjadi stabil. semakin banyak ruang mendukung frame tersebut. Kekuatan yang lebih besar ini dapat berkerut accomomodated oleh di salib bagian dari anggota dekat dukungan. Namun. Umumnya. kekuatan-kekuatan di sekitar anggota dukungan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan anggota lain.Jika sebuah ruang bingkai didukung oleh kolom (cantilevered dari tanah untuk stabilitas lateral) di sejumlah titik. yang lebih standar dan seragam para anggota dapat dan. Perimeter mendukung sangat mengurangi kekuatan maksimum dalam anggota di kolom tambahan biaya dan fondations. dan (b) perimeter. 1980). Space frame mendukung: (a) sudut. Dan semakin sempit berkisar antara maksimum dan minimum anggota pasukan. meskipun sebagian besar memiliki setidaknya empat mendukung.

Jenis – jenis penyambungan kolom pada space frame Penyambungan kolom pada rangka ruang sangat beragam. ada yang column point support. inverted pyramid.7). Kelebihan & kekurangan space frame Kelebihan dari rangka ruang yaitu : -Tidak ada pembalokkan PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir Joni Hardi MT TEKNOLOGI BANGUNAN IV 7 .sejumlah besar anggota. dan crossed beam. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan kisi treelike kolom untuk mendukung frame di beberapa sendi (Gambar 2.

-Penyaluran gaya melalui batang-batang -Konstruksi lebih ringan -Membentuk segitga. sehingga merupakan bentuk yang stabil -Pengulangan bentuk -Dll Kekurangan dari rangka ruang yaitu : -Perhitungan lebih rumit -Perakitan lebih lama dan mahal -Dll PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir Joni Hardi MT TEKNOLOGI BANGUNAN IV 8 .