TERBATAS

TIMBANGAN BUKU I. DATA BUKU Judul Buku : Kedahsyatan Habbatussauda

Mengobati Berbagai Penyakit Pengarang Penerbit Tebal Buku Tahun Terbit : Ir. Edi Junaedi, dkk. : PT. AgroMedia Pustaka : 94 halaman : 2011

II.

PENGANTAR Buku ini berbeda dengan buku kesehataan herbal lainnya, karena penulis

menekankan pada hasil-hasil penelitian dan kajian ilmiah tentang kandungan jintan hitam yang telah dipublikasikan oleh beberapa media. Dengan adanya informasi tersebut diharapkan dapat membuka wawasan pembaca khususnya yang bergerak di bidang pengobatan dan kesehatan agar jintan hitam dapat diterima dan digunakan oleh kalangan medis di Indonesia (khususnya TNI) dalam proses penyembuhan berbagai macam penyakit. Dalam buku ini diulas tentang cara membuat atau memproduksi jintan hitam dalam berbagai bentuk sediaan. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi kesalahan pengolahan yang mengakibatkan penurunan khasiat senyawa bermanfaat yang terkandung di dalam biji jintan hitam. Buku ini juga menceritakan kesaksian dari beberapa pasien yang telah sembuh dari penyakit setelah mengonsumsi jintan hitam dan bahan pembelajaran sebagai referensi. TERBATAS

Kampung Sawah Cilodong.2 III. Jawa Barat adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang layanan pengobatan berbagai penyakit. . Purnawirawan POLRI yang tinggal di Bandung berangsurangsur sembuh. Ade Imam Suryatna. Dengan mengonsumsi kapsul habbatussauda 2x3 kapsul setiap hari dalam waktu satu bulan dan mengatur pola makan dengan tidak memakan makanan berlemak. 20 Tahun Karyawan Swasta di Depok sembuh dari Influenza hanya dalam waktu 2 hari C. Bapak Irawan 40 Tahun. Yayasan Prana Murti. D. 68 Tahun. B. Dengan mengonsumsi minyak habbatussauda 2x1 sendok makan/hari. Atasi Flu dengan Habbatussauda.. Dengan meminum madu dan minyak habbatussauda tiga kali sehari dengan dosis satu sendok teh untuk minyak habbatussauda dan satu sendok makan madu selama dua bulan. Menurunkan Kadar Kolesterol. termasuk HIV menyatakan bahwa dengan mengombinasikan habbatussauda dengan sambiloto ternyata terbukti mampu menanggulangi penyakit tersebut. Depok. Formula Herbal untuk Pasien HIV. Mempercepat Penyembuhan Paru-paru Basah. penyakit paru-paru basah yang diderita Bapak Ahmad S. Pejabat Pemerintahan di Bandar Lampung mengalamipenurunan kadar kolesterol dari 300 mg/dL menjadi 130 mg/dL. INTISARI BUKU BAB I BUKTI KHASIAT HABBATUSSAUDA A.

Ibu Rumah Tangga. Nigelia ciliaris memiliki bunga berwarna kuning. dan bergaris. Nigelia hispanica biasa disebut fennel flower. berkayu. Sementara itu. BAB II MENGENAL HABBATUSSAUDA A. berbatang tegak. mengalami pengecilan. bercabang. Depok. B. garis daun jintan hitam tidak seperti benang. Bentuk daunnya bulat telur berujung lancip. Namun. Di Indonesia. Rasa sakit di bagian payudara berkurang dan benjolannya semakin mengecil. Di bagian permukaan daunnya terdapat bulu halus. Habbatussauda dikenal—baik di Timur Tengah maupun Asia Tengah dan Timur—sebagai obat alami untuk berbagai penyakit dan sebagai bumbu roti. Obat Tradisional dari Mediterania Habbatussauda {Nigelia sativa) tergolong tanaman dari keluarga Ranunculaceae dan termasuk satu dari 14 spesies dari genus Nigelia. Daunnya runcing.3 E. Tumbuh setinggi 20—50 cm. tidak seperti ciri daun tumbuhan genus Nigella pada umumnya. daunnya kadang-kadang tunggal atau bisa juga majemuk dengan posisi tersebar atau berhadapan. Ciri Jintan Hitam Jintan hitam (habbatussauda) merupakan jenis tanaman bunga. Selain itu. Ampuh Mengatasi Tumor Payudara. kondisi Tumor Payudara Ibu Yani Yuliyani. Dengan mengonsumsi jintan hitam dikombinasikan dengan air rebusan daun sirsak 3 kali sehari selama satu setengah bulan. Nigelia damascena berasal dari Turki. Tanaman ini tumbuh setinggi 30—45 cm dengan bunga berwarna biru muda dan putih. mempunyai bunga berwarna biru. dan berbentuk bulat menusuk. kita mengenal habbatussauda dengan nama jintan hitam. Nigelia arvensis dikenal sebagai tanaman hias (khususnya di Israel) dengan sebutan "love-in-a-mist" (cinta dalam kabut). . Banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias komersial dan parfum.

minyak lemak. Biji jintan hitam dikenal sebagai sumber mineral. linoleat (omega 6). linolenat (omega 3). Khasiat jintan hitam terletak pada kandungan kimia yang berada di dalam bijinya. sodium. Ukurannya kecil dan berserabut. Biji jintan jitam memiliki rasa yang pahit dan tajam serta aroma seperti buah stroberi. Panjangnya tidak lebih dari 3 mm. berwarna biru pucat atau putih. saponin. jigelin. seperti kalsium. fitosterol. biji jintan hitam mengandung asam lemak. thymohydroquinone (THQ). Masing-masing folikel berisi banyakbiji atau benih yang sering dimanfaatkan oleh manusia sebagai rempah-rempah. Bunganya menarik. Berbagai kandungan ini didapat dari biji jintan hitam. alkaloid (nigelleine dan nigellamine-n-oxide). d-limonena. Bentuknya menggembung. kandungan kimia jintan hitam juga menjadi sumber nutrisi optimal untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit. dan timokonon. nigelon. Bunga ini kemudian menjadi buah berbentuk bumbung atau buah kurung berbentuk bulat panjang. . biji jintan hitam berwarna hitam pekat. Biji jintan hitam digunakan terutama pada permen dan minuman keras. Jintan hitam mengandung oleat (omega 9). ditiymoquinone (DTQ).4 Tumbuhan jintan hitam memiliki bunga yang bentuknya beraturan. minyak esensial. Buah jintan hitam keras seperti buah buni. thymoquinone (TQ). C. simena. zat pahit. berisi 3—7 unit folikel. dan thymol (THY).glukosida. dan potasium yang berperan penting dalam membantu peran enzim dalam tubuh. Sesuai namanya. zat besi. terutama asam lemak esensial tak jenuh (asam linoleat dan linolenat). Mahkota bunga berjumlah 5—10 helai. Kandungan kimiajintan hitam terdiri atas minyak asiri. Kandungan Kimia dan Bahan Aktif Jintan Hitam Selain membangun sistem kekebalan tubuh sepanjang hari. Selain itu.

Bahkan obat-obatan yang sekarang beredar sebagian ada yang menyimpan efek samping yang membahayakan tubuh manusia. Ibnu Sina juga menganjurkan habbatussauda untuk mengatasi berbagai penyakit. Sayangnya. sangat sedikit ahli medis yang mempedulikan penemuan obatdari jintan hitam melaluiteknikilmiah modern." Di dalam bukunya tersebut. luka. telah meneliti berbagai manfaat jintan hitam untuk kesehatan dan pengobatan. dan Al-Baghdadi. sebagai obat anti-jamur. Pada abad pertama Masehi. flu. Dioscoredes—seorang ahli pengobatan Yunani Kuno. sakit gigi. Ibnu Sina yang dikenal dunia Barat dengan nama Avicenna. Khasiat dan manfaat habbatussauda telah lebih dahulu diketahui dan digunakan oleh orang-orang Mesir. seorang peneliti jenius dari Timur Tengah. juga telah mencatat manfaat jintan hitam untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan. seperti Ibnu Sina (980—1037 M). Hal ini dibuktikan dengan ditemukannnya bab yang khusus membahas habbatussauda di dalam bukunya "The Canon of Medicine". terapi modern baru disadari tidak mutlak mampu menyembuhkan beberapa penyakit. . Al-Antiki. Namun. Al-Biruni (973—1048 M). pada awalnya herbal ini tidak begitu dikenal oleh kaum muslim termasuk di Indonesia. antara lain demam. dan India. Herbal ini tercatat dalam banyak literatur kuno dari ahli pengobatan terdahulu. sakit kepala. buku yang dianggap sebagai tonggak paling bersejarah dalam ilmu pengobatan. dan parasit. Hal ini terbukti dengan ditemukannya minyakhabbafussauda didalamTutankhamunat. obat cacing. iritasi. mengonsumsi habbatussauda sebagai obat merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW. Seiring waktu pula. Ibnu Qayyim. Ibnu Sina memuji habbatussauda sebagai "obat yang bisa membangkitkan energi dalam tubuh serta mampu menghilangkan rasa letih dan lesu. Yunani. penyakit kulit. Dalam dunia Islam.au pekuburan raja-raja Mesir kuno.5 BAB III JINTAN HITAM DALAM SEJARAH PENGOBATAN Jintan hitam digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 3000—2000 tahun Sebelum Masehi.

Ratu Cleopatra dan Nefertiti menggunakan minyak jintan hitam untuk merawat dan mempertahankan kelembutan kulit. Tumor dan AIDS. Universitas Munich. Selain itu. ternyata minyak dari habbatussauda tersebut dipakai oleh para tabib pribadi raja-raja Mesir (Fira'un) sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan. . BAB IV KHASIAT JINTAN HITAM A. Hasil Penelitian Dr. G. la menyebutkan bahwa kemampuan ekstrak habbatussauda diakui Prof. Direktur Institut Immonologi. menyatakan bahwa habbatussauda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich. Reitmuller. Pada tahun 1993. Reitmuller. beberapa riset ilmiah sengaja dilakukan untuk mengungkap kebenaran anjuran penggunaan habbatussauda seperti dalam sabda Nabi Muhammad SAW. dan sejumlah negara Asia jintan hitam sangat populer. Di berbagai negara di Eropa. juga merekomendasikan penggunaan habbatussauda sebagai bahan untuk membangkitkan vitalitas dan energi di dalam tubuh serta untuk mengatasi berbagai gangguan akibat kelelahan secara fisik maupun mental. yang dianggap sebagai bapak ilmu kedokteran modern. di Universitas King Faisal mempublikasikan penelitiannya dalam jurnal Pharmasetik Saud. Ahmad Al Qadhy (1986) dan laporan penelitian lainnya seperti tertera dalam Jurnal Farmasi Pakistan (1992) juga menunjukkan bahwa habbatussauda dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh (imunitas) terhadap penyakit. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Mengonsumsi jintan hitam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Amerika. G. Dr. Melawan Kanker. Prof. Basil Ali dengan koleganya dari College of Medicine. Sementara itu.6 Setelah diteliti lebih jauh. B. Hipocrates.

jintan hitam merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat. Habbatussauda mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh. Habbatussauda juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan kepada anak dalam usia pertumbuhan dan lansia. jintan dapat dijadikan obat untuk penyakit yang menyerang kekebalan tubuh.7 dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Insan. muntah. Meningkatkan Bioaktivitas Hormon Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endokrinyang masukdalam peredaran darah. Menetralkan Racun dalam Tubuh Racun dapat mengganggu metabolisme dan menurunkan fungsi organ penting. F. dan Kewaspadaan Dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3). konsentrasi. E. seperti hati. di antaranya hormon reproduksi yang berhubungan dengan gairah seksual. seperti kanker dan AIDS (Al Manar. kewaspadaan. Konsentrasi. C. 2009). 2008. Gejala ringan keracunan dapat berupa diare. dan omega 9 yang terdapat dalam jintan hitam merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak. pusing. dan otak. gangguan pernapasan. D. Salah satu kandungan habbatussauda adalah setrol yang berfungsi sebagai sintesis dan bioaktivitas hormon. Kandungan omega 3. Mengatasi Gangguan Cemas PenelitianyangdilakukanolehTahira Perveendankoleganya pada tahun 2008 membuktikan bahwa pemberian jintan hitam secara oral (diminum) mampu meningkatkan kadar 5-HT di otak dan menurunkan kadar 5-HIAA di otak secara . kecerdasan. dan menurunkan daya konsentrasi. Meningkatkan Daya Ingat. Dalam tubuh manusia terdapat berbagai jenis hormon. paru-paru. Dengan demikian. dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. omega 6.

kuman. . I. muntah-muntah. yaitu melindungi tubuh baik dari benturan fisik. Kandungan kimia yang ada dalam jintan hitam penting untuk meremajakan sel-sel kulit. dan Menunda Proses Penuaan.8 signifikan. Secara singkat. ilmuwan Badr-EI-Din dan Mahfouz menemukan bahwa dimmer dithymoquinone yang diisolasi dari minyak volatil habbatussauda. Memperbaiki Saluran Pencernaan dan Antibakteri. Meremajakan Sel-sel Kulit. Mengurangi Jerawat. H. sehingga kulit tidak mudah keriput. G. tampak sehat. Pengobatan Asma dan Sebagai Antialergi (Antihistamin) Pada tahun 1960. diduga bahwa jintan hitam merupakan pilihan yang bermanfaat dalam mengobati kecemasan. maupun jamur. dan halus. dan mengatasi keluhan dalam pemakaian obat pencahar (seperti beberapa obat pencahar dan buah-buahan (aprikot) jika dikonsumsi terlalu banyak). Kadar triptofan dalam plasma dan otak juga meningkat secara signifikan pada pemberian ulang jintan hitam. Fungsinya sebagai skin barrier. Secara tradisional. perut mulas. jintan hitam masih digunakan untuk mengobati diare. Hasil serupa berupa peningkatan kadar 5-HT dan penurunan kadar 5-HIAA pernah dilaporkan pada percobaan obat ansiolitik (penghilang cemas). Kulit merupakan salah satu organ tubuh terluar yang sangat penting. Berdasarkan hal ini. Ratu Cleopatra dan Nefertiti dipercaya menggunakan habbatussauda untuk merawat dan mempertahankan kelembutan kulitnya. dari hasil penelitian Drs. Diketahui sebelumnya bahwa 5-HT memainkan peranan yang penting dalam berbagai perilaku. El-Kadi dan Kandil menyatakan bahwa ada hal yang menarik bahwa habbatussauda juga sering dipakai untuk mengobati gangguan sistem pencernaan. dengan nama"nigellone" dapat dipakai oleh pasien asma bronchitis. Dengan pemakaian melalui mulut ternyata dapat mengurangi gejala asma bronchitis pada sebagian besar pasien.

Pada tahun 1995. 1989. M. minyak jintan hitam diperkenalkan ilmuwan Cancer Immonobiologi Laboratory dari Carolina Selatan dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan (Al Manar. serta memacu produksi sel limfosit B (Insan. Nutrisi bagi Lansia dan Food Suplemen. dan menghilangkan stres (Potchestroom. otot tubuh. 2008). Jumlah sperma yang mati dan abnormal berkurang dibandingkan dengan terapi UV tanpa habbatussauda. L. Hasilnya terbukti bahwa tikus yang diterapi dengan kombinasi UV dan habbatussauda mengalami peningkatan jumlah sperma. Saponin berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan. Pada tahun 2006. Pada awal tahun 1960. London. K. serta memengaruhi fungsi jantung. Departement of Pharmacy. 2009). Kemampuan Spermatogenesis (Pembentukan Sperma). gangguan tidur. Jintan hitam juga kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi yang sangat ideal untuk orang yang berusia lanjut. sekelompok ilmuwan di Pharmacology Research Laboratories. dan syaraf. . protein. ginjal.9 J. 2009). 2008). Unsur saponin yang terdapat dalam jintan hitam mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat memengaruhi karbohidrat. memutuskan untuk melakukan sebuah tes efektivitas minyak Nigella sativa dan derivatnya (thymoquinine) sebagai obat radang (Insan. dan lemak. Mengatasi Gangguan Tidur dan Stres. Dalam Konggres Kanker Internasional di New Delhi. Kings College. Al Manar. Memiliki Aktivitas Antiradang. terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun. sebuah penelitian dilakukan oleh Ali AB dan Ali TH untuk menguji kemampuan jintan hitam dalam pembentukan sperma. Interferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibodi. Professor EL-Dakhakny melaporkan bahwa minyak jintan hitam memiliki kemampuan meredakan radang dan sangat berguna untuk mengobati radang sendi.

Adanya peningkatan asupan kalori. O. membuat penelitian dengan judul "A New and Novel Treatment of Opioid Dependence: Nigella sativa 500 mg". Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rentang waktu tiga bulan tersebut habbatussauda memberikan efek menguntungkan dengan adanya perbaikan kualitas fisik maupun psikis. denyut jantung. dan tanda vital lainnya para pecandu narkoba jenis opium melepaskan diri dari ketergantungan obat. Korangi Creek. Tekanan darah. terutama pada musim hujan. Pada masa pertumbuhan. 2008. anak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. suhu tubuh. nafsu makan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Agarwhal (1979) menunjukkan bahwa minyak jintan hitam meningkatkan kadar susu bagi ibu menyusui. Dr. Insan. dan omega 9 yang terdapat dalam jintan hitam merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak. Omega 6. Menghilangkan Kecanduan Narkoba. Kemampuan ini ditunjukkan dengan kombinasi lipid portion dan struktur hormon dalam habbatussauda. jintan hitam adalah pilihan yang baik bagi kesehatan anak. dan juga perbaikan pola tidur walaupun tanpa pemberian penenang. pernapasan. Kombinasi bagian lemaktidakjenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak jintan hitam dapat melancarkan air susu ibu. Selain itu. Melancarkan Air Susu Ibu. Penelitian ini kemudian dimuat dalam literatur penelitian Universitas Potchetstroom pada tahun 1989 (Al Manar. Tambahan Nutrisi pada Ibu Hamil dan Balita. kandungan omega 3.10 N. 2009). Sibghatullah Sangi dari Department of Pharmacology. Fatima Jinnah Dental College. Pada musim tersebut anak sangat mudah terkena flu dan pilek. Karachi. Penelitian tersebut mencoba mengetahui efek habbatussauda dalam membantu tahun 2008. Penelitian ini dimuat di Jurnal Ayyub Med Coll Abbotabad . P. Dengan kemampuan meningkatkan imunitas. Bhittai Colony.

11 menunjukkan angka normal yang mengindikasikan habbatussauda tak berefek samping terhadap tanda vital fisik para peserta. kolesterol total.Tayyab menyatakan bahwa biji Nigella sativa dalam makanan memberi efek yang menyenangkan terhadap profil lipid dengan menurunkan trigliserida. Agent Anti-anemia. Penelitian dari M. dan kloroform) memiliki efek antimalaria terhadap tikus yang diberikan secara intraperitonial dan per oral (Abdulelah et al. Pemberian ekstrak n-heksana jintan hitam atau jintan hitam mentah dapat menormalkan konsentrasi serum glukosa dan kolesterol yang tinggi pada tikus diabetes (Khanam dan Dewan. S. R. 2009). 2008). Ekstrak kloroform dan etanol menunjukkan adanya penurunan parasitaemia dan peningkatan waktu hidup tikus yang terinfeksi malaria. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah pada Penderita Hiperkolesterol. T. Q. dan kolesterol LDL serta meningkatkan kolesterol HDL pada tikus putih (Gomal Journal of Medical Sciences. Studi yang dilakukan pada tikusolehGhoneim dan Kadar Gula Darah pada Penderita Hiperglikemia . Anwar Buriro dan M. Memiliki Aktivitas Antimalaria. Tahun 1991 di Universitas Kuwait juga telah diteliti mekanisme kerja jintan hitam dalam hubungannya dengan diabetes. 2007).. 2008. 2007). Jepang menyimpulkan bahwa habbatussauda bernilai penting bagi penderita diabetes. Pada tahun 2002. Ekstrak hobbatussauda dan lemak alami digunakan untuk pengobatan perdarahan dari hidung. Jintan hitam merupakan obat yang terbukti bermanfaat dalam pencegahan dan pengobatan sindrom resistansi insulin (Ahmad et al.. Menurunkan (Diabetes). Memiliki Khasiat Haemopoetic. Insan. penelitian dari Universitas Gifu. Jintan hitam yang diekstraksi dengan pelarut berbeda (air. Habbatussauda terbukti dapat menyembuhkan penderita diabetes melitus noninsulin dependent. etanol.

Penelitian di Amerika yang meneliti tentang pengaruh jintan hitam terhadap sistem kekebalan tubuh manusia menyimpulkan bahwa adanya kelebihan persentase sel T helper dibanding sel T supresor sebesar 55% dan terjadi sedikit kelebihan sel killer (pembunuh) sebanyak 30%. menjaga. Mengapa demikian? Setelah sel fagosit menelan kuman-kuman yang menyerang tubuh. Kelompokpertama diberi satu gram jintan hitam setiap hari. maka bakteri antigenik akan dibawa ke permukaan sel dan menempel dengan sel limpa. Jadi. Hasil dari penelitian itu adalah kelompok yang mengonsumsi jintan hitam mengalami kenaikan sel T helper terhadap sel T supresor. kuat. dan sempurna untuk melawan segala macam bakteri yang menyerang tubuh. sedangkan kelompok lain diberi kapsul karbon sebagai kontrol. Kemudian sistem kekebalan memerintahkan sel T .12 koleganyadi Kuwait pada tahun 1983 melaporkan bahwa minyak-minyak yang terkandung dalam ekstrak hobbatussauda dapat memperpendek atau mempercepat terjadinya proses perdarahan (ditunjukkan oleh nilai indikator waktu perdarahan yang rendah). BAB V MEKANISME KERJA JINTAN HITAM A. dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia terhadap berbagai penyakit. Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa jintan hitam bermanfaat bagi kesehatan khususnya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Jintan hitam mampu membentuk kekebalan tubuh khusus. dan terjadinya pembekuan darah yang rendah. Penelitian ini dilakukan selama empat minggu. Jintan hitam merupakansatu-satunyatatananyangmemiliki senjata khusus di dalam sistem kekebalan tubuh manusia untuk menaklukkan segala macam penyakit. mekanisme kerja habbatussauda di dalam tubuh manusia adalah memperbaiki. Penelitian lain yang melibatkan 18 sukarelawan dengan kondisi fisik sehat dan bugar. Jintan Hitam dalam Meningkatkan Sistem Imun. Para peserta penelitian dibagi menjadi dua kelompok.

5-phenyltetrazolium bromide (MTT). Kanker target yang terdokumentasi yaitu multi-drug resistant (MDR).5 ug/ mL. Aktivitas biologik habbatussauda yang ditinjau baru-baru ini menunjukkan adanya efek antitumor. Wehi 164. dan toksisitas. ehrlich ascites carcinoma (EAC). respon hiperproliferatif. dan kanker kulit (tikus). Perlu diketahui bahwa dinding sel B memiliki sekitar 100. dithymoquinone. Antibodi dapat menyatu dengan sel T lalu bersama-sama dengan antigen melawan mikroba. baik secara in vitro maupun in vivo.5-dimethylthiazol-2. viz.5. sel Sarkoma-180 (S-180).13 untuk memproduksi antibodi atau sel T spesifik dan antigenik untuk mengetahui susunan bakteri secara rinci. dalton's lymphonia ascites (DLA) dan sel sarkoma-180 (S-180) pada konsentrasi 1. secara berturut-turut. Fraksi etil asetat dari habbatussauda menunjukkan efek sitotoksisitas melawan sel line kanker. dan 1. dan asam lemak.000 molekul antibodi yang saling bereaksi secara khusus dan memiliki kemampuan tinggi dengan jenis yang khusus yang ditimbulkan oleh antigen dalam mikroba. diberikan secara oral) sebagai profilaksis pada tikus yang diterapi dengan potasium bromate menimbulkan efek kemopreventif kuat yang dibuktikan dengan adanya supresi dari respon hiperproliferatif. dan karsinogenesis ginjal pada tikus. sel line tumor pada manusia. B. P388. Bagian jintan hitam yang digunakan sebagai antikanker adalah biji dan herba. Efek antitumor dari minyak habbatussauda ditunjukkan oleh minyak asiri yang diperoleh dari biji dengan komponen aktif utamanya adalah thymoquinon dan dithymoquinone. . 3. Hep G2. Alhasil. LL/2. mikroba menjadi inaktif dan hancur.dengan sedikitaktivitas melawan limfosit. SW 620 dan J82 yang diukur dengan uji 3-4. Kandungan zat aktifnya terdiri atas thymoquinone. Habbatussauda (sebanyak 50 mg dan 100 mg/kg berat badan. Habbatussauda juga memberikan perlindungan terhadap ferric nitril otriacetate (Fe-NTA) yang memengaruhi stres oksidatif. stres oksidatif pada ginjal. dalton's lymphonia ascites (DLA). Jintan Hitam dalam Melawan Tumor dan Kanker. Molt4. Prinsip aktif dari biji habbatussauda menunjukkan 50% sitotoksisitas pada ehrlich ascites carcinoma (EAC).

urea-N. Hal ini berhubungan dengan menurunnya level marker dari tumorigenisitas. yaitu berupa penebalan ektodermal sepanjang garis yang disebut garis susu. Habbatussauda menurunkan frekuensi karsinoma mammae (kanker payudara) pada tikus. merupakan kelenjar kulit atau apendiks kulit yang terletak di otot pektoralis. secara oral). Konsentrasi serum fraksi protein. Safaa A. Saleh melakukan penelitian mengenai efek jintan hitam pada produksi susu biri-biri betina. rimpang Smilax glabra. Kelenjar susu bentuknya bulat. Setelah 10 minggu tikusdiberi makan dengan dekok yang terbuat dari biji habbatussauda. dan akar Hamedesmus indicus (pada dosis 4—6 g/ kg berat badan/hari. Jintan Hitam dalam Meningkatkan Produksi ASI. aspartate transaminase (AST). produksi susu yang dihasilkan memiliki kandungan lemakdan protein yang secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol (tanpa habbatussauda). gangguan stres oksidatif. Dithymoquinone memengaruhi hepatokarsinogenesis yang terjadi pada tikus. Selain itu.14 Thymoquinone membunuh sel kanker melalui proses apoptosis dan menghentikan siklus sel dengan pengaruh yang sedikit pada sel nonkanker. Pada tahun 2005. alkaline phosphatase (ALP). dan hormon triiodothyronine (T3) pada kelompok yang diberi habbatussauda secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol. dan peningkatan aktivitas apoptosis (kematian sel terprogram yang dilakukan organisme multisel dengan tujuan untuk membuang sel yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh). Begitu pun dengan bobot badan dari induk betina dan anak biribiri. Hasilnya memberikan efek proteksi (perlindungan) yang dibuktikan dengan inhibisi (penghambatan) pada fase awal karsinogenesis. Payudara sebagai kelenjar subkutis mulai tumbuh sejak minggu keenam masa embrio. Secara signifikan peningkatannya lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Penelitian tersebut membuktikan bahwa pemberian jintan hitam sebanyak 5 gram/ekor/hari pada masa menyusui memiliki efek stimulasi terhadap produksi susu biri-biri betina dan bobot badan meningkat setiap hari. . Garis ini terbentang dari ketiak (aksila) sampai lipatan paha (regio inguinal). C.

Sementara itu. . dan hormon tiroksin (T4) tidak berbeda secara signifikan pada kedua kelompok. Penelitian tersebut bertujuan untuk menentukan pengaruh minyak biji jintan hitam terhadap derajat inflamasi pada bronkus mencit model asma alergi. antiinflamasiantiprostaglandin. alanine transaminase (ALT). Pada tahun 2008. Karena itu. Histamin pertama kali diisolasi dari ekstrak ergot. Gatal-gatal. Antialergi. Aktivitas Jintan Hitam Sebagai Antihistamin. Subiyanto dan Diding HP dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. disebut histamin (histos = jaringan). antiasma. Minyak biji jintan hitam (Nigella sativa L) mengandung sejumlah bahanbahan kimiawi yang mempunyai aktivitas sebagai antialergi. Antiasma Bronchial. dan antihistamin. Histamin memiliki sejarah disintesis secara kimia lebih dahulu sebelum dikenal sifat-sifat biologiknya. Antiasma. histamin dapat diisolasi dari jaringan hati dan paru segar. Kandungan tersebut dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah dan mengobati penyakit asma alergi. serum kolesterol dan konsentrasi trigliserida secara signifikan lebih rendah pada kelompok terapi yang diberi habbatussauda dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kemudian terbukti bahwa pada penggoresan kulit dilepaskan zat yang sifatnya mirip histamin (H-subtance) yang kemudian terbukti histamin. D.15 Kreatinin. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa minyak habbatussauda dapat menurunkan derajat inflamasi saluran napas sebanding dengan antihistamin generasi ke-3 pada mencit model asma alergi. Pada awal abad ke-19. sebuah penelitian dilakukan oleh AA. Histamin juga ditemukan pada berbagai jaringan tubuh.

Ramuan untuk Darah Tinggi a) 200 mg jintan hitam 100 mg b) Simplisia pegagan 100 mg c) Simplisia daun salam 100 mg d) Simplisia sambiloto 2. Ramuan Jintan Hitam. .16 BAB VI RAMUAN DAN PENGOLAHAN JINTAN HITAM A. Ramuan untuk Kolesterol a) 200 mg jintan hitam b) 200 mg simplisia sambung nyawa c) 100 mg simplisia umbi daun dewa 4. 1. Pengolahan Jintan Hitam. Ramuan untuk Anak a) 95 ml madu murni b) 5 ml minyakjintan hitam B. Ramuan untuk Diabetes Melitus a) 100 mg jintan hitam b) 100 mg simplisia daun salam c) 200 mg simplisia sambiloto d) 100 mg simplisia umbi daun dewa 5. Proses Pembuatan Minyak Oles Jintan Hitam Berikut ini cara pembuatan minyak oles jintan hitam. 1. Ramuan untuk Kanker a) 150 mg jintan hitam b) 50 mg simplisia temu lawak c) 100 mg simplisia umbi daun dewa d) 100 mg simplisia sambiloto e) 100 mg simplisia temu putih 3.

a) b) balik. c) Siapkan madu yang akan diolah. 2. Pilihlah biji jintan hitam yang segar. 3. sambil dibolak- . 1 Proses Pembuatan Madu Jintan Hitam Secara teknis. pembuatan madu jintan hitam dapat * dikerjakan dengan menggabungkan hasil olahan jintan hitam dengan madu. e) Kemas produk dalam kemasan yang telah disterilkan.17 a) b) c) rapat. Periksa kualitas fisik. Giling biji jintan hitam menggunakan mesin pres hingga keluar Saring minyak jintan hitam menggunakan saringan untuk Simpan minyak jintan hitam dalam botol bersih. b) Lakukan pemurnian melalui proses penyaringan. Proses pencampuran harus dilakukan secara higienis dan hindari kontaminasi produk. kimia. c) Giling biji jintan hitam yang telah kering menggunakan mesin penggiling sampai halus dengan ukuran 100 mesh. d) Campur minyak jintan hitam dan madu dengan perbandingan 1 : 20. lalu tutup minyaknya.Caranya sebagai berikut : a) Proses biji jintan hitam terlebih dahulu menjadi minyak jintan hitam dengan cara freezpressure. Aduk hingga kedua bahan tercampur rata (homogen). baik dari bahan kimia maupun mikrobiologi. Proses Pembuatan Kapsul Jintan Hitam Berikut beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk memproses jintan hitam menjadi kapsul. memisahkan dari bahan lain yang merugikan. dan organoleptik madu. Keringkan biji jintan hitam yang telah bersih dari kotoran dengan dijemur di bawah terik matahari langsung.

penggunaan herbal untukmenyembuhkanpenyakitdipengaruhioleh beberapa faktor. Salah satu jenis tanaman yang sedang gencar diperbincangkan di kalangan pelaku pengobatan herbal adalah jintan hitam (Nigella sativa). jangan lupa lakukan iradiasi untuk memastikan kapsul siap dikonsumsi. PENDAPAT PASIS TENTANG BUKU Kesimpulan Penggunaan tanaman sebagai usaha peningkatan derajat kesehatan telah dimulai sejak peradaban manusia. sentuhan teknologi juga diterapkan dalam proses pembuatannya. kemudian masukkan ke dalam menggunakan filling kapsul. f) Untuk proses akhir. efek samping obat konvensional dan bukti ilmiah yang menguatkan manfaat obat herbal. Misalnya. A. Selain karena tren. cara . Di dalam buku disajikan manfaat jintan hitam untuk mengobati berbagai penyakit melalui beberapa testimoni. tetapi digunakan juga dalam terapi pengobatan (kuratif). Penggunaan obat herbal memang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bahkan.18 d) e) Masukkan bubuk jintan hitam ke dalam cangkang kapsul Bersihkan hasil filling kapsul. kemasan. Hasil penelitian ilmiah baru-baru ini menyatakan bahwa jintan hitam memiliki manfaat bagi kesehatan pada pengobatan tradisional. Pemanfaatan khasiat tanaman obat pun disesuaikan dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan serta dilakukan penelitian secara ilmiah. Jangan lupa tambahkan silica gel agar kelembapan kapsul dalam botol stabil. Saat ini. Penggunaan herbal sebagai tindakan kuratif dilakukan dalam bentuk komplemen dengan obat konvensional atau digunakan secara tunggal untuk mengobati penyakit yang belum ada obatnya pada pengobatan konvensional. IV. pemanfaatan obat herbal tidak hanya digunakan untuk tindakan pencegahan (preventif) dan promotif.

PENUTUP Mudah-mudahan timbangan buku ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya. B. Bandung.TERBATAS 19 19 penggunaan jintan hitam secara tradisional. sehingga habbatussauda dapat dijadikan pilihan pengobatan bagi prajurit dalam berbagai penyakit. serta hasil-hasil penelitian tentang khasiat jintan hitam. Juli 2012 Perwira Siswa IMAN WIDHIARTO NOSIS 366 TERBATAS . Terutama bagi masyarakat yang ingin mencari alternatif pengobatan secara herbal. Dan khususnya bagi tenaga kesehatan TNI AD untuk dapatnya diadakan pengkajian.