TEKNIK CUCI TANGAN 7 LANGKAH

Langkah-langkah teknik mencuci tangan yang benar adalah dgn 7 langkah yang biasanya digunakan oleh Bidan sebelum dan sesudah melakukan tindakan kebidanan (seperti Antenatal care, APN, dll) Langkah-langkahnya sebagai berikut.

apakah setiap habis memegang sesuatu yang kotor kita langsung mencuci tangan? atau sebelum makan? atau setelah pulang dari kampus (sebelum melakukan hal-hal lain di rumah atau tempat kost?).ada tujuh langkah. buku-buku jari... mulai dari depan sampai ke belakang.7 Langkah Mencuci Tangan " ....) saat mengajari anak2 SD di tempat KKN. kuku-kuku jarii. Dinyanyikan dengan nada riang "Dua Mata Saya". dari lingkungan kita.. untuk cuci tangan. Keperawatan.. Farmasi. namun nyatanya sangat sulit untuk diaplikasikan. Kedengaran simpel. di tangan kita banyak sekali kuman yang bermukim.... Mencuci tangan. FKG. Sederhananya seperti ini. hehe. sela-sela jariii... " ini lagu yang biasa diajarkan oleh mahasiswa kesehatan (FK. atau bahkan dari tubuh kita sendiri (misalnya menggaruk kulit kepala. Nyatanya.. Bahkan oleh seorang dokter sekalipun yang bekerja di rumah sakit (setelah membaca buku "Better"nya Atul Gawande yang bercerita mengenai kehidupan sehari-hari seorang dokter residen bedah dan cerita dari beberapa orang dosen di kampus). sebut saja flora normal di tangan atau kuman2 lain yang kita dapat entah dari orang lain di sekitar kita yang sedang sakit... jempol-pergelangan...) coba bayangkan kalau kuman2 itu mencapai dosis infeksinya (dosis minimal ...

.digunakan oleh tenaga-tenaga kesehatan) untuk membersihkan tangan sehingga tidak ada lagi spot-spot yang terlewat untuk dibersihkan.. karena dengan mencuci -atau membersihkan. mari kita mulai membiasakan diri menjaga kebersihan -minimal. ada 7 langkah yang benar (yang biasa -seharusnya.kuman sehingga bisa membuat kita terinfeksi-sakit). baik lewat saluran pencernaan maupun lewat saluran pernafasan.tangan kita.. seperti pada lagu pembuka di awal tulisan. nah. Soooo.. .... disinilah pentingnya kebersihan tangan kita..tangan kita memutus rantai infeksi itu..

.. area-area yang sering terlewat saat mencuci tangan dengan teknik biasa (usap-usap bilas. area warna merah & biru itu yang biasanya terlewat... ini 7-step-of-handwashing-nya.. (jangan lupa sediakan sabun dan air mengalir ya.ini nih.. Jangan lupa setelahnya Oya. insyaAllah sama jitunya . kalau seandainya di sekitar kita jarang ditemukan water tap atau sumber air. hehe). :p dikeringkan dengan handuk bersih dan kering..) Lebih afdhal sambil nyanyi lagu yang tadi di awal.biar ga ada yg kelewat.. bawa saja hand-sanitizer yang banyak dijual di swalayan.

Padahal kuman dapat menyebar dengan cepat pada anak-anak. Mencuci tangan dengan cara yang tepat dapat membantu mencegah penyebaran bakteri. Little Star. seperti ‘Twinkle.. batuk atau bersin. kuman dan penyakit.untuk membunuh kuman. sehingga seluruh bagian tangan dapat dicuci dengan baik.^^ Banyak anak yang tidak mencuci tangan dengan benar atau bahkan tidak melakukannya sama sekali. Ajarkan anak untuk menambahkan beberapa tetes sabun tangan dan gosok sabun hingga berbusa. Basulah Tangan Dengan Baik . Berikut cara cuci tangan yang benar untuk anak:: Waktu untuk cuci tangan. yang memicu pandemi flu. Ajarkan anak untuk mencuci tangan setiap kali habis buang air kecil atau besar. bermain pasir atau bermain kotor.. pilek dan penyakit lainnya. Gosok tangan dengan sabun setidaknya 20 detik. insyaAllah bisa mencegah penularan penyakit2 infeksi.. mengupil. :) Selamat mencoba. menyentuh hewan. Untuk menandai waktu. Pembasahan. Ajarkan pula anak untuk cuci tangan sebelum makan atau sebelum memegang makanan apa pun. anak bisa menyanyikan lagu yang memakan waktu sekitar 20 detik. Bantulah anak belajar untuk mencuci tangan dengan seksama dan mengajarkan cara yang benar dengan jelas. Ingatkan anak untuk melepas cincin atau gelang sebelum mencuci tangan. Pencucian... Twinkle. Ajarkan anak membasahi tangan secara menyeluruh dengan air hangat sebelum menggunakan sabun.

. cacingan. Cara Mencuci Tangan yang Baik Mencuci tangan yang benar harus menggunakan sabun dan di bawah air yang mengalir. * Gosokkan kedua telapak tangan. Akan lebih baik bila sabun mengandung antiseptik. Padahal dengan membiasakan mencuci tangan dengan baik. hidup Anda dan keluarga dapat lebih sehat. kemudian memagang pegangan di bus. TBC bahkan penyakit yang mematikan seperti SARS. Itulah gambaran betapa mudahnya kuman penyakit berpindah dari satu orang ke orang lain. * Basahi tangan dengan air di bawah kran atau air mengalir. Tangan kita sendiri justru seingkali menjadi perantara dari berbagai bakteri untuk masuk ke dalam tubuh kita. Sayangnya. Agar memperoleh hasil yang maksimal. saat Anda memegang pegangan tersebut. banyak orang yang meremahkan kebiasaan sehat ini dan mengganggapnya tidak penting. Penyakit seperti diare. Infeksi Saluran Pernapasan Akut. * Ambil sabun cair secukupnya untuk seluruh tangan. kuman tersebut dapat masuk ke dalam tubuh kita.Cuci tangan merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah untuk mencegah penyebaran penyakit. Anda sebaiknya mengetahui bagaimana teknik mencuci tangan yang benar. bakteri flu dapat segera berpindah ke tangan Anda dan apabila Anda memegang hidung atau mulut. Sedangkan langkah-langkah teknik mencuci tangan yang benar adalah sebagai berikut. Mengapa Harus Cuci Tangan? Seseorang penderita flu menutup hidungnya dengan tangan saat bersin. flu burung dan flu babi dapat dicegah dengan mencuci tangan secara benar.

setelah menyentuh hewan atau kotoran hewan.* Gosokkan sampai ke ujung jari. * Bersihkan sabun dari kedua tangan dengan air mengalir. Gosok sela-sela jari tersebut. * Pegang pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri dan lakukan gerakan memutar. Lakukan sebaliknya. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari tangan kiri. Mengingat pentingnya cuci tangan. maka setiap tanggal 15 Oktober dicanangkan sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia. sebelum menyiapkan makanan. setelah membersihkan atau membuang sampah. Mengeringkan dengan tissue lebih baik dibandingkan mengeringkan tangan menggunakan mesin pengering tangan yang umum ada di mal. sebelum dan setelah mengobati luka. * Keringkan tangan dengan menggunakan tissue dan bila menggunkan kran. sebelum dan setelah menyentuh orang sakit. Anda juga sebaiknya mengajarkan kebiasaan baik mencuci tangan ini kepada anak Anda yang masih kecil. sesudah menggunakan kamar mandi. setelah mengganti popok atau pembalut. Lakukan pula untuk tangan kiri. * Letakkan punggung jari satu dengan punggung jari lainnya dan saling mengunci. setelah memegang daging mentah. * Usapkan ibu jari tangan kanan dengan telapak kiri dengan gerakan berputar. tutup kran dengan tissue. Kapan Saja Anda Mencuci Tangan? Mencuci tangan umumnya dilakukan saat sebelum makan. setelah batuk atau bersin atau membuang ingus. kebelakang dan berputar. * Telapak tangan tangan menggosok punggung tangan kiridengan jari-jari saling mengunci antara tangan kanan dan kiri. Biasakan diri dan keluarga Anda untuk mencuci tangan sekarang juga. * Gosok telapak tangan dengan punggung jari tangan satunya dengan gerakan kedepan. Lakukan sebaliknya. Karena mesin pengering tangan yang dipakai secara umum menampung banyak bakteri yang dapat menularkan ke orang lain. .