P. 1
Tata Tertib Lab Komputer

Tata Tertib Lab Komputer

|Views: 52|Likes:
Published by Yoyok Rahayu Basuki

More info:

Published by: Yoyok Rahayu Basuki on Jul 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/23/2012

pdf

text

original

NAMA DOKUMEN

No. Dokumen Revisi Tanggal Mulai Berlaku

TT.6.2-L-KOM-01 00 15 Desember 2011 1 dari 4 Yoyok Rahayu Basuki, S.Pd Drs. Ignatius Budiyana, M.Pd

Distribusi: 1. WMM 2. Asli Lab. KKPI

TATA TERTIB LAB KOMPUTER
SMK NASIONAL Malang

Halaman Dibuat oleh Koord.Lab.Kom Disahkan oleh WMM

TATA TERTIB LAB KOMPUTER 1. Umum Semua pengguna komputer diharapkan bertanggungjawab atas tindakan mereka terhadap sistem komputer, termasuk internet, di lingkungan sekolah. Pengguna harus menyadari bahwa tindakan yang dilakukan dapat mewakili keseluruhan komunitas sekolah. Hal ini meliputi bahan-bahan yang di akses, bahasa yang digunakan, ide/gagasan yang diungkapkan dan tindakan lain yang dilakukan. Pengguna harus memahami bahwa semua aktivitas komputer di lingkungan sekolah selalu di monitor. 2. Ketidakpastian Jika Anda tidak yakin pada apa yang akan Anda lakukan, misalnya muncul pesan kesalahan, tawaran dari internet, e-mail mencurigakan, kerusakan hardware, dll, tanyakan pada guru pengajar. Lebih baik bertanya dan menunggu, daripada melakukan tindakan yang akan merugikan diri, komputer, atau pada jaringan. 3. Administratif o Tugas Semua tugas harus dikerjakan dan mendapatkan nilai dari guru pengajar. Selama tugas belum diselesaikan dan belum mendapat nilai dari guru pengajar tidak diperkenankan membuka internet atau mengerjakan hal lain o Suara Suara/musik hanya dari komputer guru, siswa tidak diperbolehkan membunyikan suara dari sumber lain seperti handphone, radio, dll. o Air Conditioning Karena lab menggunakan pendingin ruangan pintu dan jendela harus tetap tertutup. Hal ini juga untuk mencegah masuknya serangga atau bintang lainnya yang dapat merusak sistem komputer. o Biaya Lab Di luar jam pelajaran, penggunaan lab mungkin akan dikenakan biaya, untuk menutupi biaya operasi dan perawatan lab. Pencetakan dikenai biaya per lembar untuk semua pengguna tanpa kecuali. o Kesamaan Hak Sudah umum jika tidak terdapat cukup komputer untuk sejumlah siswa yang akan menggunakannya (lebih banyak pengguna daripada komputer). Untuk memastikan bahwa semua mempunyai kesempatan yang sama dalam menggunakan komputer, mohon membatasi dan mau berbagi/bergantian dengan siswa lain. Harap menghargai siswa lain dan membantu agar semua mendapat kesempatan yang sama dalam menggunakan komputer.

flashdisk.Pd Distribusi: 1. Pengguna harus berhati-hati terhadap informasi yang terdapat di internet sama seperti saat mereka berada di jalan dan mendapat informasi dari orang yang tidak dikenal. 6. sebaiknya segera melapor kepada guru pengajar. Dokumen Revisi Tanggal Mulai Berlaku TT. o Kebersihan Harap menjaga kebersihan dalam lab. Konten yang tidak pantas Konten yang tidak pantas (mis. Jika terjadi kelambatan. WMM 2. Kerusakan Peralatan Jangan mencoba untuk memperbaiki sendiri peralatan yang rusak. dan jaga agar peralatan dan perabotan tetap ditempat yang telah ditata o Barang Pribadi Barang-barang pribadi berupa tas dan peralatan lainnya harap diletakkan di tempat yang telah disediakan. Hacking (mencoba memasuki area yang yang dilindungi keamanan. Penggunaan Internet Pengguna internet diharapkan menghindari bahan-bahan yang bersifat terlarang atau melanggar hokum. Download musik/lagu). Penggunaan E-mail. bersihkan setiap debu. Tanyakan pada guru pengajar untuk informasi lebih lanjut. 7. Penggunaan Komputer File-file pribadi atau pekerjaan rumah dapat dibawa ke lab. Twitter o . kotoran.6. Masing-masing harap menjaga keamanan barangnya sendiri dan orang lain. KKPI TATA TERTIB LAB KOMPUTER SMK NASIONAL Malang Halaman Dibuat oleh Koord. dan disana terdapat banyak penipuan atau kegiatan yang illegal atau tidak bermoral. Jika pengguna menemukan atau memasuki web yang terlarang. Anda harus melaporkan pada guru pengajar. tetapi harus dijaga sendiri agar tidak hilang atau terkena virus.Lab. Ignatius Budiyana. Pengguna harus ingat bahwa internet tersedia bagi semua orang.Pd Drs. 5. S. Bandwidth merupakan sumber yang terbatas. Asli Lab. Telepon genggam..NAMA DOKUMEN No. M. melanggar peraturan dalam system komputer. Buang sampah pada tempat yang disediakan. Pengguna harus menyadari bahwa riwayat penjelajahan mereka direkam dan dapat diperiksa oleh guru pengajar. Sepatu diletakkan di rak sepatu di luar lab. harap disimpan sendiri. Anda mungkin diminta untuk menghentikan aktivitas yang membutuhakan bandwidth tinggi (mis. menyebarkan atau membuat virus) adalah hal yang dilarang. Pornografi) tidak selayaknya berada dalam lingkungan pendidikan.2-L-KOM-01 00 15 Desember 2011 2 dari 4 Yoyok Rahayu Basuki. dompet. Jika menemui masalah dengan peralatan. Guru pengajar tidak bertanggungjawab atas hilangnya barang pribadi yang dibawa ke lab komputer.Kom Disahkan oleh WMM 4. Facebook.

M. Pelanggaran dari salah satu aturan di atas dapat menyebabkan: • dikeluarkan dari lab • penangguhan penggunaan komputer • mengganti peralatan yang dirusakkan Malang. dan bahkan jika suatu tindakan tidak termasuk yang dilarang dalam peraturan di atas. 8. Jadi. Ignatius Budiyana.2-L-KOM-01 00 15 Desember 2011 3 dari 4 Yoyok Rahayu Basuki. Peraturan baru akan di tempel di lab komputer atau di web site. jika hal itu akan berakibat buruk pada Anda atau sekolah. menghina. Asli Lab. tindakan mereka dapat mewakili atau menggambarkan komunitas sekolah.Pd Distribusi: 1. KKPI TATA TERTIB LAB KOMPUTER SMK NASIONAL Malang Halaman Dibuat oleh Koord.Kom Disahkan oleh WMM Pengguna komputer harus menyadari bahwa dalam komunikasi on-line. pengguna tidak boleh menggunakan bahasa yang kasar atau kata-kata yang melecehkan. Aturan dan pemutakhiran Peraturan ini dapat diperbarui sewaktu-waktu.Pd NIP. Desember 2011 Koordinator Lab Komputer Yoyok Rahayu Basuki. Anda bertanggungjawab terhadap tindakan Anda sendiri pada sistem komputer.NAMA DOKUMEN No. S.Pd Drs. Dokumen Revisi Tanggal Mulai Berlaku TT. Peraturan di atas tidak lengkap. jangan lakukan. Jika akan mengganggu atau menyakiti orang lain. atau menyakiti seseorang atau kelompok tertentu. Akal Sehat Sekali lagi. termasuk peraturan baru. 9. Pengguna bertanggungjawab untuk mengetahui dan mematuhi semua peraturan. 205 05 00442 . S. WMM 2.6.P. atau akan menyebabkan kerusakan pada komputer atau pada jaringan. Anda harus menggunakan akal sehat.Lab.

Lab. KKPI TATA TERTIB LAB KOMPUTER SMK NASIONAL Malang Halaman Dibuat oleh Koord.Pd Distribusi: 1. S. Asli Lab. Ignatius Budiyana.Pd Drs.NAMA DOKUMEN No. WMM 2.2-L-KOM-01 00 15 Desember 2011 4 dari 4 Yoyok Rahayu Basuki. M. Dokumen Revisi Tanggal Mulai Berlaku TT.6.Kom Disahkan oleh WMM .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->