P. 1
Pengertian Biaya, Beban,Dan Kerugian

Pengertian Biaya, Beban,Dan Kerugian

|Views: 326|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Evrin 'plind' Christiana on Jul 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/15/2014

pdf

text

original

PENGERTIAN BIAYA, BEBAN,DAN KERUGIAN

Oleh : Evrin Christiana

dalam neraca disajikan sebagai aset.pengorbanan uang merupakan harga pokok.BIAYA  4 unsur definisi :     Pengorbanan sumber ekonomi Diukur dalam satuan uang Yang telah terjadi yg secara potensial akan terjadi Pengorbanan tersebut untuk tujuan tertentu. Contoh Bagian produksi membeli mesin jahit. .penyusutan mesin ini yg dinamakan biaya.

Contoh :     Gaji pegawai umum Beban perlengkapan kantor Beban penyusutan .BEBAN Langsung Secara langsung dapat dihubungkan dengan penghasilan. Contoh : Harga pokok barang yg dijual dan komisi penjualan  Tidak langsung Yg tdk memiliki hubungan langsung dengan produk perusahaan.

AKUNTANSI KEUANGAN   Pengertian: Bidang akuntansi untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan Ciri-ciri:      Menyajikan informasi keuangan mengenai perusahaan secara keseluruhan Tinjauan waktu akuntansi keuangan adalah masa lalu Ditinjau dari rentang waktumencakup jangka waktu tertentu. Menyediakan informasi keuangan untuk pengambilan keputusan. . Standart akuntansi yg lazim dan dibuat oleh organisasi yg berwenang.

AKUNTANSI MANAJEMEN    Arti sempit: berguna untuk manajemen organisasi Arti luas:berguna bagi manajemen organisasi untuk mengelola organisasinya serta untuk pihak luar organisasi. Ciri-ciri:       Untuk bagian tertentu perusahaan Berorientasi untuk masayang akan datang Rentang waktu bervariasi Informasi yg diperlukan manajemen Memilikidua disiplin sumber: psikologi sosial dan ilmu ekonomi Informasi berisi taksiran yang besar .

serta penafsiran terhadapnya.  Obyeknya adalah biaya  Bagian dari akuntansi keuangan dan manajemen .AKUNTANSI BIAYA  Pengertian: Proses kegiatan akuntansi dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan dengan cara-cara tertentu.

TUJUAN AKUNTANSI BIAYA  Penentuan harga pokok    Pengendalian biaya  Untuk luar perusahaan: tunduk pada prinsip akuntansi Untuk dalam perusahaan: dilayani akuntansi manajemen dan tidak terikat dengan akuntansi yang lazim   Pengambilan keputusan Menyediakan informasi masa yang akan datang (future cost) Memantau apakan biaya yg sesungguhnya sesuai dengan biaya yg seharusnya .

STRUKTUR ORGANISASI DAN PROSES PRODUKSI Perusahaan Manufaktur .

STRUKTUR ORGANISASI  Fungsi  produksi pemasaran administrasi dan umum Mengelola bahan baku menjadi bahan jadi.memasarkan. Mempromosikan. Untuk koordinasi antara fungsi satu dengan yg lain  Fungsi   Fungsi  .menjual produk tersebut.

spreading.cutting.sewing.bordir.PROSES PRODUKSI  Fabric : dyeing and printing  Process : marker. finishing  Output: garment product  Unit: packing and pcs/set/dz  Tujuan : lokal atau ekspor .

CARA PENGGOLONGAN BIAYA 1. 4. 3. 2. 5. Obyek pengeluaran Fungsi pokok didalam perusahaan Hubungan biaya dengan sesuatu yang dibiayai Perilaku biaya dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan Jangka waktu manfaatnya .

 Contoh :     biaya bahan bakar Biaya kain sebagai bahan baku Biaya marker Biaya spreading .OBYEK PENGELUARAN  Nama obyek pengeluaran merupakan dasar penggolongan biaya.

FUNGSI POKOK DIDALAM PERUSAHAAN  Biaya produksi :    Biaya pemasaran  prime cost: bahan baku dan tenaga kerja langsung conversion cost : BOP Biaya yang digunakan untuk pemasaran produk commercial expenses Biaya yg dikeluarkan untuk mengkoordinasi kegiatan prduksi dan pemasaran.  Biaya administrasi dan umum :   .

.  Biaya semi variabel    Biaya semi tetap   Biaya tetap   Biaya jumlah totalnya tetap dalam kisaran volume kegiatan. Gaji direktur produksi.PERILAKU BIAYA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PERUBAHAN VOLUME KEGIATAN  Biaya variabel:   Biaya jumlah total =perubahan volume kegiatan Biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung Mengandung unsur biaya tetap dan biaya variabel Biaya listrik dan biaya telepon Biaya tetap untuk tingkat volume kegiatan tertentu dan berubah dengan jumlah yang konstan pada volume produksi tertentu.

mesin.JANGKA WAKTU MANFAAT Pengeluaran ekuitas    Pengeluaran pendapatan   Manfaat lebih dari satu periode Saat terjadi : harga pokok aset Dibebankan pd tahun manfaatnya :    Depresiasi: aktiva tetap berwujud.meja.trademark Dideplesi:bahan tambang / sumber alam.dsb Diamortisasi:aktiva tidak berwujud goodwiil.beban gaji adm umum.   Manfaat dalam periode akuntansi Saat terjadi: pengeluaran pendapatan Dibebankan: pengeluaran biaya Beban komisi.kursi.dsb . beban pajak.

pakaian.METODE PENGUMPULAN HARGA POKOK Berproduksi Atas Dasar Pesanan  Berproduksi Massa   Berproduksi saat menerima pesanan dari luar Contoh: perusahaan mebel. dsb Menggunakan metode harga pokok produksi:     Berproduksi untuk memenuhi persediaan digudang. dsb Menggunakan metode harga pokok proses:  Total biaya produksi : Jumlah satuan produksi =harga pkok persatuan produk Total biaya produksi:jumlah satuan produk= harga pkok persatuan produk .percetak an. pupuk. Contoh: produsen semen. makanan ternak.

TERIMA KASIH (=^_^=) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->