MENYAMBUNG DAN MENCABANG KABEL

SMK NEGERI 3 AMUNTAI JURUSAN TEKNIK INSTALASI LISTRIK

MENYAMBUNG DAN MENCABANG KABEL

Penyusun Tim Kurikulum SMK NEGERI 3 AMUNTAI

Menyambung dan Mencabang Kabel

KATA PENGANTAR
Dalam peningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan melaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan pada berbagai komponen pendidikan. Bagian komponen pendidikan yang dikembangkan saat ini diantaranya adalah kurikulum. Kurikulum SMK edisi 1999, telah disempurnakan menjadi Kurikulum edisi 2004 yang mengacu pada prinsip-prinsip pengembangan kurikulum berbasiskan kompetensi. Pada kurikulum tersebut setiap satu kompetensi menjadi satu mata diktat, sehingga untuk menunjang pembelajarannya setiap satu kompetensi memerlukan paling sedikit satu modul pembelajaran. Modul ini merupakan bagian dari satu paket pembelajaran kepada siswa untuk dapat memahami dan terampil melaksanakan pekerjaan yang telah dipelajari dalam modul ini serta siap untuk mempelajari paket modul berikutnya, dengan kata lain siswa didik telah memiliki satu kompetensi sebagai hasil pembelajaran dari modul ini. Segala masukan, kritik dan saran akan kami terima dengan tangan terbuka, guna penyempurnaan secara terus menerus modul ini, untuk pemperoleh hasil yang maksimal bagi siswa didik kita selanjutnya.

Jakarta, An. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kejuruan,

Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto NIP. 130 675 814

SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Listrik Kapal

i

DESKRIPSI B. TUJUAN E. KEGIATAN BELAJAR 3 : MENYAMBUNG KABEL CARA BOLAK BALIK ( Turn Back ) 13 Tugas 3: Tes formatif 3: Lembar Kerja 3: 13 14 . PRASARAT C. KEGIATAN BELAJAR 1. KEGIATAN BELAJAR 2 : MENYAMBUNG KABEL CARA PUNTIR Tugas 2: Tes formatif 2: Lembar Kerja 2: Halaman i ii iv vi 1 1 1 1 2 3 3 5 5 6 6 6 8 8 9 9 11 11 3. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL D. RENCANA BELAJAR SISWA / PESERTA DIDIK B. KEGIATAN BELAJAR 1 : MENYAMBUNG KABEL CARA EKOR BABI (Pig Tail) Tugas 1: Tes formatif 1: Lembar Kerja 1: 2. CEK KEMAMPUAN BAB II PEMBELAJARAN A.Menyambung dan Mencabang Kabel DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI PETA KEDUDUKAN MODUL PERISTILAHAN / GLOSARIUM BAB I PENDAHULUAN A. KOMPETENSI F.

KEGIATAN BELAJAR 4 : MENYAMBUNG KABEL BERNADI BANYAK Tugas 4: Tes formatif 4: Lembar Kerja 4: 5.Menyambung dan Mencabang Kabel 4. KEGIATAN BELAJAR 6 : MENCABANG KABEL SIMPUL (Knotted tap joint) 24 Tugas 6: Tes formatif 6: Lembar Kerja 6: BAB III EVALUASI Soal Evaluasi BAB IV P E N U T U P DAFTAR PUSTAKA 24 25 26 27 27 30 31 SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Listrik Kapal . KEGIATAN BELAJAR 5 : MENCABANG KABEL DATAR (Plain joint) Tugas 5: Tes formatif 5: Lembar Kerja 5: 17 17 19 19 21 21 23 23 6.

Isolasi ialah pembungkus kabel agar kabel terhindar dari hubungan dengan penghantar arus listrik yang lain. yaitu dengan menganyam sesuai dengan arah alurnya. 5. sehingga sering disebut sebagai sambungan bolak-balik. sambungaan puntir Bell hangers dan sambungan . Knotted tap joint ialah cara-cara untuk mencabang kabel yang posisinya dalam satu bidang datar dengan memberi suatu simpul agar sambungan lebih kuat. dimana kabel ditekuk balik. 2. 6. Sambungan Puntir adalah cara menyambung antara dua kabel yang berbentuk satu garis lurus. Single Wrapped Cable Spice ialah suatu cara menyambung kabel yang bernadi banyak. 8. 3. Turn Back ialah cara menyambung antara dua kabel yang berbentuk satu garis lurus. Sambungan ini digunakan untuk menyambung atau mencabangkan satu atau beberapa kabel pada satu titik. dimaksudkan untuk mendapatkan sambungan yang lebih kuat terhadap rentangan maupun tarikan. Pig Tail ialah cara menyambung kabel yang paling sederhana berbentuk ekor babi. puntir Western union. Plain joint ialah cara-cara untuk mencabang kabel yang posisinya dalam satu bidang datar. Lasdop ialah penutup untuk melindungi sebuah sambungan kabel. 7.Menyambung dan Mencabang Kabel PERISTILAHAN / GLOSARIUM 1. 4. Ada dua macam cara sambungan puntir yaitu.

gergaji dan peralatan lain yang menunjang proses pekerjaan menyambung dan mencabangkan kabel. B. pengupas kabel. 2. baik pada instalasi penerangan maupun instalasi tenaga. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL Langkah .Menyambung dan Mencabang Kabel BAB I PENDAHULUAN A. DISKRIPSI JUDUL Pekerjaan menyambung dan mencabangkan kabel adalah merupakan dasar dari pekerjaan instalasi listrik. Dengan modul ini diharapkan proses belajar mengajar akan menjadi program dan terencana untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pada siswa didik. PRASYARAT Sebelum melakukan praktek menyambung dan mencabangkan kabel.langkah yang harus dilakukan untuk mempelajari modul ini: a. Menyambung dan mencabangkan kabel merupakan salah satu bentuk dan alat bantu ajar yang dapat digunakan baik di kelas maupun untuk bengkel pada saat siswa melakukan praktek. siswa sudah harus mengetahui jenis-jenis kabel dan juga dapat menggunakan berbagai peralatan tangan listrik diantaranya tang . SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal . Bacalah Uraian Materi pada setiap kegiatan belajar dengan seksama sebagai teori penunjang. Bacalah tujuan antara dan tujuan akhir dengan seksama. Bagi siswa atau peserta didik: 1. Dengan modul ini maka diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar mengajar yang berorientasi pada proses pembelajaran tuntas. C. Untuk itu pada pekerjaan ini siswa diharapkan dapat melakukan dan menguasai dengan benar karena akan menunjang pada proses pembelajaran berikutnya.

4. D. 5. Jawablah setiap pertanyaan pada tes formatif untuk masing-masing kegiatan belajar. Lakukan evaluasi pada setiap akhir penyelesaian tahapan tugas. Dengan mengikuti penjelasan didalam modul ini. Tujuan Antara 1. . Peserta / siswa dapat menjelaskan dan melakukan cara mencabang kabel bentuk datar dengan benar. 2. 2. 5. 6. 5. Berilah penghargaan kepada siswa didik yang setimpal dengan hasil karyanya. Berikanlah penjelasan mengenai peranan dan pentingnya materi dari modul ini. Baca dan ikuti langkah kerja yang ada pada modul ini pada tiap proses pembelajaran sebelum melakukan atau mempraktekkan. Berilah contoh gambar-gambar atau barang yang sudah jadi. b. Peserta / siswa dapat menjelaskan dan melakukan cara menyambung kabel bentuk ekor babi dengan benar. Persiapkan alat dan bahan yang digunakan pada setiap kegiatan belajar yang sesuai dan benar. 6. Peserta 4. TUJUAN 1.3. Bagi guru pembina / pembimbing: 1. 3. Peserta / / siswa siswa dapat dapat menjelaskan menjelaskan dan dan melakukan melakukan cara cara menyambung kabel bentuk bolak baik dengan benar. untuk memberikan wawasan kepada siswa. Peserta / siswa dapat menjelaskan dan me!akukan cara menyambung kabel bentuk puntir dengan benar. 3. Jawablah pertanyaan pada soal evaluasi dan cocokkan dengan kunci jawaban yang telah tersedia pada kunci jawaban. susunlah tahapan penyelesaian yang diberikan kepada siswa / peserta didik. cocokkan dengan kunci jawaban yang telah tersedia pada kunci jawaban. 4. Berikanlah penjelasan serinci mungkin pada setiap tahapan tugas yang diberikan kepada siswa. menyambung kabel bernadi banyak dengan benar.

Menyambung dan Mencabang Kabel E. dan tidak perlu mengkuti modul ini serta diperbolehkan langsung mengikuti modul berikutnya. F. bolak balik (Turn back). 2. cabang datar (Plain joint) dan cabang simpul (Knotted tap joint). sambungan kabel bernadi banyak. ekor babi (Pig tail). Setelah mempelajari modul ini peserta / siswa dapat: 1. menjelaskan macam-macam cara sambungan kabel. menjelaskan macam-macam cara pencabangan kabel. 2. dalam bentuk-bentuk. bolak balik (Turn back). Peserta / siswa dapat menjelaskan dan melakukan cara mematri dan mengisolasi kabel. 3. Apabila siswa telah dapat melaksanakan tugas tersebut dengan benar. melakukan pekerjaan menyambung dan mencabangkan kabel dengan benar. Tujuan Akhir. aman dan rapi maka siswa yang bersangkutan sudah dapat ujian untuk mendapatkan sertifikat. sambungan kabel bernadi banyak. rapi dan aman. cabang datar (Plain joint) dan cabang simpul (Knotted tap joint). memuntir dan memasang isolator. Peserta / siswa dapat menjelaskan dan melakukan cara mencabang kabel bentuk simpul dengan benar.6. ekor babi (Pig tail). puntir. SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal . 7. sehingga dapat melaksanakan pekerjaan menyam-bung dan mencabangkan kabel dengan bentuk yang benar. puntir. KOMPETENSI Dengan menguasai modul ini diharapkan peserta / siswa didik dapat mempergunakan berbagai peralatan tangan untuk mengupas kabel. CEK KEMAMPUAN Pada awal pembelajaran siswa didik diberi tugas untuk melaksanakan pekerjaan menyambung dan mencabangkan kabel dengan bentuk yang dalam bentuk -bentuk.

kelas Lab. RENCANA BELAJAR SISWA / PESERTA DIDIK Jenis Kegiatan 1. Tes formatif 4 5.5 Tempat Belajar Lab. Menyambung cara bolak balik (Turn back). Lab. Lab. Lab.25 1 0. Menyambung kabel bernadi banyak. Tes formatif 3 4.5 1 0. Tes formatif 1 2. Menyambung cara ekor babi (Pig tail). mencabang simpul (Knotted tap joint). Mencabang datar (Plain joint) Tes formatif 5 6.5 0. Tes formatif 2 3. Lab. Lab. kelas Lab.5 0.5 0. Lab.5 1 0. Lab.BAB II PEMBELAJARAN A. Menyambung cara puntir.25 0. Alasan Perubahan Tanda Tangan Guru .5 0. Tes formatif 6 EVALUASI Tanggal Waktu Jam 1 0. Lab.

Uraian Materi 1: Bentuk sambungan ekor babi ditunjukkan seperti gambar dibawah ini: dipotong lasdop Tugas 1 : Laksanakanlah penyambungan bentuk ekor babi dengan alat dan bahan berikut : 1. Scaper / Kertas gosok 6. Penyambungan cara ini sering dijumpai pada kotak sambung dan umumnya dipasang "lasdop" sebagai pengikat dan sekaligus sebagai isolasi. Sambungan ini digunakan untuk menyambung atau mencabangkan satu atau beberapa kabel pada satu titik.Menyambung dan Mencabang Kabel B. Busur 8. 1. KEGIATAN BELAJAR : KEGIATAN BELAJAR 1 : MENYAMBUNG KABEL CARA EKOR BABI (Pig Tail) Tujuan Kegiatan Pembelajaran 1: Kegiatan belajar ini bertujuan untuk mendidik siswa menyam-bung cara ekor babi ialah cara menyambung kabel yang paling sederhana dan mudah untuk dipraktekkan. Penggaris baja / Mistar ukur 2. Tang kombinasi 3. Tang potong 5. Pisau 1 buah 1 buah 1 buah 2 buah 1 buah SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal . Tang pengupas 4. Kabel NYA 20 Cm 7.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja 1. 3.ditunjukkan gambar disamping ini: 4. Rapikan hasil sambungan dengan memotong kelebihan kabel sesuai dengan ukuran lasdop seperti ditunjukkan gambar disamping ini. Baca dan pahami petunjuk atau langkah kerja. Gunakan pakaian praktek. Bersihkan dengan scaper atau gosok dengan kertas gosok pada setiap bagian nadi kabel yang terkupas. 5. Langkah Kerja 1. Hati-hati dalam menggunakan peralatan tangan. Kupas masing-masing kabel NYA sepanjang 5 Cm dari salah satu ujungnya dengan menggunakan pisau atau tang pengupas seperti ditunjukkan gambar disamping ini: 2. Tutup hasil samabungan dengan lasdop seperti ditunjukkan gambar ping ini: disamdipotong . 3. Gunakan perlatan sesuai dengan fungsinya. 4. Tempelkan menjadi satu bagianbagian kabel yang terkupas kemudian diputar dengan tang kombinasi dengan rapi dan kuat seperti yang. 2.

............................ apakah yang perlu dilakukan setela h kabel di kupas? 2... 2.................... Kabel NYA 20 Cm 7.... Gunakan perlatan sesuai dengan fungsinya...... Hati-hati dalam menggunakan peralatan tangan. Gunakan pakaian praktek............... Pisau Keselamatan dan Kesehatan Kerja 1........ Scaper / Kertas gosok 6.Menyambung dan Mencabang Kabel Tes Formatif 1: 1........ 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal ...... Lembar Kerja 1: Laksanakanlah penyambungan bentuk ekor babi dengan benar dan rapi! Alat dan Bahan : 1.. Kapan kita menyambung kabel bentuk ekor babi? Jawaban Tes Formatif 1 : 1.. Tang kombinasi 3........ 3........ 2.. ...... Tang pengupas 4..... Sebelum dilakukan penyambungan................................ 4....................................... Tang potong 5...... Busur 8................... Baca dan pahami petunjuk atau langkah kerja. Penggaris baja / Mistar ukur 2...................... ..

sedangkan cara menyambungnya adala h sama.2. b. Perbedaan dari kedua bentuk sambungan puntir tersebut terletak pada jumlah puntirannya. Penggaris baja/Mistar ukur 2. TUGAS 2 : Laksanakanlah penyambungan bentuk puntir : 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah 1 buah Alat dan Bahan: 1. Tang potong 5. KEGIATAN BELAJAR 2 : MENYAMBUNG KABEL CARA PUNTIR Tujuan Kegiatan Pembelajaran 2: Kegiatan belajar ini bertujuan untuk mendidik siswa menyambung cara puntir ialah cara menyambung kabel yang mempunyai tingkat kesulitan diatas penyambungan cara ekor babi. Tang pengupas 4. Sambungan ini digunakan untuk menyambung kabel yang kurang panjang. Bentuk sambungan ditunjukkan seperti gambar dibawah ini: a. Scaper/Kertas gosok . Tang kombinasi 3. bentuk sambungan puntir Western union. Uraian Materi 2: Menyambung cara puntir ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu sambungan bell hangers dan sambungan western union. Sambungan ini digunakan untuk menyambung antara dua kabel yang berbentuk satu garis lurus . Penyambungan cara ini sering dijumpai pada pekerjaan instalasi penerangan dalam rumah. bentuk sambungan puntir Bell hangers.

Bersihkan dengan scaper atau gosok dengan kertas gosok pada bagian kabel yang terkupas. Kabel NYA 30 Cm 7. Gunakan perlatan sesuai dengan fungsinya. Kupas masing-masing kabel NYA sepanjang 15 Cm dari salah satu ujungnya dengan menggunakan pisau atau tang pengupas seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini: 2. 3. 4. Pisau Keselamatan dan Kesehatan Kerja 1. Busur 8.Menyambung dan Mencabang Kabel 6. Rapikan hasil sambungan dengan memotong kelebihan kabel sesuai dengan kebutuhan seperti ditunjukkan gambar dibawah ini: SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal . Baca dan pahami petunjuk atau langkah kerja. Gunakan pakaian praktek. 3. Langkah Kerja 1. Hati-hati dalam menggunakan peralatan tangan. Tempelkan jadi satu bagian-bagian kabel yang terkupas kemudian dipuntir pakai tang kombinasi dengan arah yang berlawanan kekiri dan kekanan dengan kuat seperti ditunjukkan gambar dibawah ini: 4. 2 buah 1 buah 1 buah 2.

............... Jawaban Tes Formatif 2 : 1.......................... Dimanakah letak perbedaan sambungan puntir jenis Bell Hangers dan Western Union............................ 2................................... Tang kombinasi 3................................................... Busur 8.... secara rapi... Scaper/Kertas gosok 6......... ......................... Tang potong 5..... Tes Formatif 2: 1.................................... Tang pengupas 4.... Tutup hasil sambungan dengan isolasi..... .....Gambar sambungan "bell hanaers' 5. 2...................................... Penggaris baja/Mistar ukur 2...................... .......................... Lembar Kerja 2 : Lakukan dua cara sambungan puntir jenis Bell Hangers dan Western Union......................... .................... Kapan kita menyambung kawat/kabel dengan cara puntir.... Pisau 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah Keselamatan dan Kesehatan Kerja ...........................dengan menggunakan alat dan bahan berikut: 1...................... Kabel NYA 30 Cm 7.....................................

Kupas masing-masing kabel NYA sepanjang 15 Cm dari salah satu ujungnya dengan menggunakan pisau atau tang pengupas.Menyambung dan Mencabang Kabel 1. Bersihkan dengan scaper atau gosok dengan kertas gosok pada bagian kabel yang terkupas. SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal . Rapikan hasil sambungan dengan memotong kelebihan kabel sesuai dengan kebutuhan. Baca dan pahami petunjuk atau langkah kerja. Langkah Kerja 1. 4. 3. 5. Gunakan perlatan sesuai dengan fungsinya. Tutup hasil sambungan dengan isolasi. 2. secara rapi. Gunakan pakaian praktek. Hati-hati dalam menggunakan peralatan tangan. 4. 2. 3. Tempelkan jadi satu bagian-bagian kabel yang terkupas kemudian dipuntir pakai tang kombinasi dengan arah yang berlawanan kekiri dan kekanan dengan kuat.

Tang pengupas 4. Pisau . Umumnya kabel yang digunakan untuk sambungan ini adalah kabel dengan penampang 4 mm2 karena mudah ditekuk dan dipuntir dengan tangan. Penggaris baja/Mistar ukur 2. Kabel NYA 20 Cm 7. Tang kombinasi 3. b. c. Bentuk sambungan ditunjukkan seperti gambar dibawah ini: a.3. Tang potong 5. Scaper/Kertas gosok 6. Uraian Materi 3: Untuk kabel yang ukuran lebih besar dilakukan dengan cara sambungan bolak balik “Britannia“ atau dengan model sambungan “Scarf“. KEGIATAN BELAJAR 3: MENYAMBUNG KABEL CARA BOLAK BALIK ( Turn Back ) Tujuan Kegiatan Pembelajaran 3: Menyambung cara bolak balik ini dimaksudkan untuk mendapatkan sambungan yang lebih kuat terhadap rentangan maupun tarikan. Busur 8. TUGAS 3 : Laksanakanlah penyambungan kabel bentuk bolak balik dengan alat dan bahan sebagai berikut: 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah 1. Bentuk sambungan bolak balik. Bentuk sambungan Britannia. Bentuk sambungan Scarf.

................................. Tempelkan jadi satu bagian-bagian kabel yang terkupas kemudian dipuntir pakai tang kombinasi dengan arah yang berlawanan kekiri dan kekanan dengan kuat seperti ditunjukkan pada gambar disamping ini: 4.............................. ......................................... ............... Gunakan pakaian praktek.. .. .......... Langkah Kerja 1.... 3................. Tutup hasil sambungan dengan isolasi... Jelaskan cara menyambung kabel bentuk Scarf................................................. SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal .......... 4..................... ........................ . Kupas masing-masing kabel NYA sepanjang 15 Cm dari salah satu ujungnya dengan menggunakan pisau atau tang pengupas seperti ditunjukkan gambar disamping ini: 2.......... Bersihkan dengan scaper atau gosok dengan kertas gosok pada bagian kabel yang terkupas......... 3............................................................................................................................................................... Jawaban Tes Formatif 3 : 1... 2................................................ Tes Formatif 3 : 1..................................... Jelaskan bagaimana cara menyambung kabel bentuk Britannia...Keselamatan dan Kesehatan Kerja 1.................................................... ....................................................... Hati-hati dalam menggunakan peralatan tangan.................. Baca dan pahami petunjuk atau langkah kerja............ Gunakan perlatan sesuai dengan fungsinya... Menyambung dan Mencabang Kabel 2................................................................................ Rapikan hasil sambungan dengan memotong kelebihan kabel sesuai dengan kebutuhan seperti ditunjukkan pada gambar disamping ini: 5............................................................................................................................................................................................................. .................................

..................................... ................................................................................................... Tang pengupas 4..................... 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah Langkah Kerja .......... .................................................................................. 2............................................................................... Scaper/Kertas gosok 6........ 2...................................... ................................................................................ Gunakan pakaian praktek......................................... Baca dan pahami petunjuk atau langkah kerja.......................................................................................................................dengan alat dan bahan berikut: 1.................................. .................... ...................................................................................... ................... Penggaris baja/Mistar ukur 2............................................... ..................................................................................................................................................................................................... Pisau Keselamatan dan Kesehatan Kerja 1........................................................................................................................................................................ Tang potong 5.... Tang kombinasi 3................................................................. ............................................................................................ ........................................................ Gunakan perlatan sesuai dengan fungsinya.......................................... Kabel NYA 30 Cm 7.................................................. .............................................. Hati-hati dalam menggunakan peralatan tangan......................... Busur 8............ ............................... ............................................................................................................................................. .................. 4............................................................................................................. .................................................... .................................................................................................. Lembar Kerja 3: Lakukan cara sambungan kabel bentuk Britannia........ ............................................................................................. ................ ............................. ........................... 3............................................................................................................................................................................................................................... ....................................

SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal . Tempelkan jadi satu bagian-bagian kabel yang terkupas kemudian dipuntir pakai tang kombinasi dengan arah yang berlawanan kekiri dan kekanan dengan kuat. Tutup hasil sambungan dengan isolasi. Bersihkan dengan scaper atau gosok dengan kertas gosok pada bagian kabel ya ng terkupas.Menyambung dan Mencabang Kabel Kupas masing-masing kabel NYA sepanjang 15 Cm dari salah satu ujungnya dengan menggunakan pisau atau tang pengupas. 3. Rapikan hasil sambungan dengan memotong kelebihan kabel sesuai dengan kebutuhan. 4. 2. 5.

Tang pengupas 4. Tang kombinasi 3. sebab hasilnya tidak akan bagus dan tidak rapi. selanjutnya disini diberikan cara-cara untuk menyambung kabel yang bernadi banyak. Uraian Materi 4: Menyambung kabel bernadi banyak tidak bisa dilakukan dengan cara-cara menyambung kabel bernadi tunggal seperti yang dipraktekkan diatas. Bentuk sambungan kabel bernadi banyak ditunjukkan seperti gambar dibawah ini: TUGAS 4: Laksanakanlah kegiatan menyambung kabel yang bernadi 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah 1 buah banyak. Penggaris baja/Mistar ukur 2.dengan menggunakan alat dan bahan berikut: 1. Untuk itu perlu cara khusus yaitu dengan menganyam sesuai dengan arah alurnya atau yang lebih dikenal dengan cara “Single Wrapped Cable Spice”. Tang potong 5. Scaper/Kertas gosok . KEGIATAN BELAJAR 4 : MENYAMBUNG KABEL BERNADI BANYAK Tujuan Kegiatan Pembelajaran 4: Dalam pembelajaran ini. setelah siswa didik dapat melaksanakan menyambung kabel bernadi tunggal.4.

4. 2 buah 1 buah 1 buah 2. Bersihkan dengan cara scaper atau gosok dengan kertas gosok pada setiap bagian nadi kabel yang terkupas. 3.Menyambung dan Mencabang Kabel 6. Kupas masing -masing kabel NYF sepanjang 10 Cm dari salah satu ujungnya dengan menggunakan pisau atau tang pengupas seperti ditunjukkan gambar disamping ini: 2. Baca dan pahami petunjuk atau langkah kerja. Gunakan pakaian praktek. Uraikan dan beri tanda untuk memudahkan penyambungan seperti ditunjukaan disamping ini: gambar 3. 4. Busur 8. Kabel NYF 30 Cm 7. Pisau Keselamatan dan Kesehatan Kerja 1. Hati-hati dalam menggunakan peralatan tangan. Gunakan perlatan sesuai dengan fungsinya. Langkah Kerja 1. Tempelkan jadi satu bagian-bagian kabel yang dengan arah terkupas yang kemudian berlawanan dipuntir/dililit pakai tang kombinasi kekiri dan kekanan dengan kuat SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal .

................................................... Scaper/Kertas gosok 6..... Pisau 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah ... Busur 8.................................. ....... Tang potong 5.... Kabel NYA 30 Cm 7.......seperti ditunjukkan pada gambar disamping ini........ Lembar Kerja 4: Lakukanlah penyambungan kabel yang bernadi banyak agar lebih kuat.. Rapikan hasil sambungan dengan memotong kelebihan kabel sesuai dengan kebutuhan seperti ditunjukkan gambar dibawah ini: 6................. Tutup hasil sambungan yang telah selesai dengan isolasi....................... Penggaris baja/Mistar ukur 2......... dengan mepergunakan alat dan bahan berikut: 1................. Tang kombinasi 3..................... Tes Formatif 4: Penyambungan kabel yang bernadi banyak akan lebih kuat jika di sambung dengan cara apa? Jawaban Tes Formatif 4 : ..................................... Tang pengupas 4........... 5..

3. 6. 3. 4. 2. Kupas masing-masing kabel NYF sepanjang 10 Cm dari salah satu ujungnya. 5. 4. Tutup hasil sambungan yang telah selesai dengan isolasi. Gunakan pakaian praktek. Gunakan perlatan sesuai dengan fungsinya. Langkah Kerja 1. 2. Bersihkan dengan cara scaper atau gosok dengan kertas gosok pada setiap bagian nadi kabel yang terkupas. Baca dan pahami petunjuk atau langkah kerja. Rapikan hasil sambungan dengan memotong kelebihan kabel sesuai dengan kebutuhan.Menyambung dan Mencabang Kabel Keselamatan dan Kesehatan Kerja 1. Hati-hati dalam menggunakan peralatan tangan. Tempelkan jadi satu bagian-bagian kabel yang terkupas kemudian dipuntir/dililit pakai tang kombinasi dengan arah yang berlawanan kekiri dan kekanan dengan kuat. Uraikan dan beri tanda untuk memudahkan penyambungan. SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal .

Penggaris baja/Mistar ukur 2. Bentuk pencabangan datar ini bisa untuk cabang tunggal (Single Plain joint) atau bisa juga dalam bentuk cabang ganda (Cross Plain Joint). melainkan hanya dikupas kabelnya sepanjang kebutuhan. b. Pisau . Busur 8. setelah siswa dapat melaksanakan menyambung berbagai macam kabel. bentuk cabang silang empat (Cross Joint). TUGAS 5 : Lakukanlah kegiatan membuat cabang tunggal (Single Plain joint) dengan alat dan bahan berikut: 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah 1. Scaper/Kertas gosok 6. KEGIATAN BELAJAR 5 : MENCABANG KABEL DATAR (Plain joint) Tujuan Kegiatan Pembelajaran 5: Dalam pembelajaran ini. selanjutnya disini diberikan cara-cara untuk mencabang kabel yang posisinya dalam satu bidang datar. Tang pengupas 4.5. Tang potong 5. bentuk cabang tunggal (Single Plain joint). Bentuk pencabangan kabel ditunjukkan seperti gambar dibawah ini: a. Tang kombinasi 3. Kabel NYA 30 Cm 7. Uraian Materi 5: Pada hantaran yang panjang. misalnya antara rol-rol sekat dapat dilakukan pencabangan tanpa harus memutus kabel utamanya.

Langkah Kerja 1. Gunakan pakaian praktek. Bersihkan dengan scaper atau gosok dengan kertas gosok pada setiap bagian nadi kabel yang terkupas. 3. Baca dan pahami petunjuk atau langkah kerja. Hati-hati dalam menggunakan peralatan tangan. Tutup hasil sambungan dengan isolasi. 2. disam- SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal . Rapikan hasil sambungan dengan memotong kelebihan kabel sesuai dengan kebutuhan seperti ditunjukkan gambar disamping ini: 5. Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya. 3. 4. Tempelkan jadi satu bagianbagian kabel yang terkupas kemudian dipuntir /dililit pakai tang kombinasi dengan arah yang berlawanan kekiri dan kekanan dengan kuat seperti ditunjukkan gambar ping ini: 4.Menyambung dan Mencabang Kabel Keselamatan dan Kesehatan Kerja 1. Kupas masing-masing kabel NYA sepanjang 5 Cm dari salah satu ujungnya dengan menggunakan pisau atau tang pengupas seperti ditunjukkan gambar disamping ini: 2.

. ..............................Tes Formatif 5 : 1.................................. ............................................. Lembar Kerja 5: 1........ 2....... ....................................................................................................................................................... ...................................................... ................................. Jawaban Tes Formatif 5 : 1..................................................... Apakah yang biasa dipakai mengupas isolasi kabel bila anda tidak mempunyai tang pengupas? ............................................................................................. ....................... .................................... Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan agar keselamatan kerja terjamin.............................................. ............................... ................ Dimanakah pencabangan kabel datar ini biasa dilakukan..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... 2............................................................................. Dimanakah mencabang kabel harus dilakukan agar rapi dan aman? 2.................................. .....................

Bentuk cabang simpul tunggal b. Untuk itu bentuknya hampir menyerupai pencabangan datar. Scaper/Kertas gosok SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal 1 buah 2 buah 1 buah 1 buah 1 buah . Tang pengupas 4. Penggaris baja/Mistar ukur 2. selanjutnya disini diberikan cara-cara membuat cabang berbentuk simpul. KEGIATAN BELAJAR 6 : MENCABANG KABEL SIMPUL (Knotted tap joint) Tujuan Kegiatan Pembelajaran 6: Dalam pembelajaran ini. bentuk cabang simpul ganda TUGAS 6 : berikut: Laksanakanlah kegiatan pencabangan kabel dengan menggunakan simpul. setelah siswa dapat melaksanakan menyambung cara-cara untuk mencabang kabel yang posisinya dalam satu bidang datar. Tang potong 5. Tang kombinasi 3.dengan menggunakan alat dan bahan 1. Bentuk pencabangan datar ini bisa untuk cabang simpul tunggal atau bisa juga dalam bentuk cabang simpul ganda: Bentuk pencabangan kabel ditunjukkan seperti gambar dibawah ini: a. Uraian Materi 6: Pencabangan kabel dengan cara ini akan menghasilkan jenis pencabangan kabel datar yang lebih kuat.Menyambung dan Mencabang Kabel 6.

Langkah Kerja 1. 4. Kupas masing 2 kabel NYA sepanjang 5 Cm dari salah satu 2. Kabel NYA 30 Cm 7. . Baca dan pahami petunjuk atau langkah kerja. Tutup hasil sambungan dengan isolasi. Tes Formatif 6 : Bagaimana cara mencabang kabel ganda yang lebih kuat. Gunakan pakaian praktek. 5. Bersihkan dengan scaper atau gosok dengan kertas gosok pada setiap bagian nadi kabel yang terkupas. Gunakan perlatan sesuai dengan fungsinya. Hati-hati dalam menggunakan peralatan tangan. 3. Busur 8. Rapikan hasil sambungan dengan memotong kelebihan kabel sesuai dengan kebutuhan seperti ditunjukkan gambar disamping. 2 buah 1 buah 1 buah 2. Tempelkan jadi satu bagian-bagian kabel yang terkupas kemudian dipuntir / dililit pakai tang kombinasi dengan arah yang berlawanan kekiri dan kekanan dengan kuat seperti ditunjukkan gambar diatas. 4. 6.6. ujungnya dengan menggunakan pisau atau tang pengupas seperti ditunjukkan gambar disamping ini: 3. Pisau Keselamatan dan Kesehatan Kerja 1.

Menyambung dan Mencabang Kabel Kunci Jawaban Tes Formatif 6 : Pencabangan kabel yang kuat untuk kabel bernadi banyak dapat dilakukan dengan cara “ Duplex Cross Joint “. Lembar Kerja 6: a. Apakah mencabang kabel bernadi banyak dapat dilakukan dengan Knotted tap joint? SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal . Dimanakah mencabang kabel ganda harus dilakukan agar rapi dan aman? b.

5. e. b. Mengupas lapisan terluas dengan gergaji besi untuk menghilangkan/ memotong perisainya. knotted Tap Joint. puntir jenis Western Union.BAB III EVALUASI Agar dapat menilai kemampuan siswa didik setelah menerima pembelajaran modul ini. Betulkah bahwa kabel jenis NYA dan kabel jenis NGA keduanya bernadi tunggal? Cara mengupas “Armwrod cable“ menggunakan apa untuk menghilangkan perisainya. Dan di kupas dengan tang pengupas atau pisau untuk mengupas isolasinya. f. 2. Gambarkan hasil dari sambungan adalah: . Dan dengan memakai apa menghilangkan isolasinya. Kabel NGA dan kabel NYA sama-sama kabel bernadi satu (tunggal). g. h. Disebut pencabangan silang empat (Plain Cross Joint). maka disebut. maka siswa didik perlu diberikan soal-soal evaluasi . c. KUNCI SOAL EVALUASI : 1. apa? Susunan lapisan isolasi persambungan kawat sebaiknya dibuat bagaimana? Gambarkan hasil dari sambungan: a. pencabangan Plain Cross Joint. 3. sambungan Britannia. sambungan single Wrapped Caple Slice. 3. sambungan bolak balik. ekor babi. Tebalnya sama dengan tebal sambungannya. sambungan Scarf. SOAL EVALUASI : 1. Jika pada satu tempat terdapat dua pencabangan. d. 4. 5. 4. 2. puntir jenis Bell Hangers. i.

Menyambung dan Mencabang Kabel a. e. dipotong b. sambungan bolak balik. sambungan Single Wrapped Cable Slice. sambungan Scraf. c. sambungan Britannia. ekor babi. f. d. puntir jenis Bell Hangers. SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal . g. puntir jenis Western Union.

jika memperoleh nilai akhir 7. Kriteria Persiapan Kerja Langkah Kerja Ketelitian Kerapian Keselamatan Kerja Waktu Nilai Akhir Catatan: siswa dinyatakan berhasil. No 1. Skor 1-10 Bobot 1 2 3 2 1 1 Faktor Nilai Keterangan . 6.0. KRITERIA KEBERHASILAN. 2. i. pencabangan Plain Cross Joint. 5. 4. 3. knotted Tap Joint.h.

Selanjutnya apabila peserta didik atau peserta diklat berkehendak atau berminat untuk mempelajari jenjang atau modul berikutnya. Sertifikat yang merupakan bukti hasil pembelajaran modul ini dapat diperoleh dari asosiasi melalui lembaga pendidikan resmi dan sah menurut hukum seperti Sekolah Menengah Kejuruan dan yang sejenisnya. sebaiknya sesuai bidang dan nomor kode modul lanjutannya sesuai dengan urutan modul yang tercantum dalam peta kedudukan modul.Menyambung dan Mencabang Kabel BAB IV PENUTUP Modul ini disusun untuk menghasilkan satu tahap kompetensi kerja yang dikukuhkan dengan suatu sertifikat. SMK Bidang Perkapalan Program Keahlian Liustrik Kapal .

1985. 1996. 2. Hidayat. Setiawan. E. 3. Harten. . 5. Petunjuk Praktek Listrik 1. F. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Setiawan. Supaat. “Instalasi Listrik Arus Kuat 1”. Jakarta. Instalasi Listrik Arus Kuat 1.DAFTAR PUSTAKA 1. 1979. 6. P. “Dasar-dasar Instalasi Listrik”. Bandung: Binacipta 1981. Van. Van Harten. Bandung: Alumni. 4. Suyatmo. Ir. P. Ir. Moh. E. Instalasi Tjahaya dan Tenaga djilid A. “Tehnik Listrik Instalasi Penerangan”.