P. 1
Audit Aktiva Tetap 1

Audit Aktiva Tetap 1

|Views: 106|Likes:
Published by Amilya Putri

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: Amilya Putri on Jul 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2013

pdf

text

original

Aktiva Tetap Berwujud Aktiva tetap berwujud mencakup:  Tanah (land & land improvement)  Bangunan (building & building improvement)  Peralatan pabrik (manufacturing equipment)  Perabot dan perlengkapan kantor (furniture and fixture)  Kendaraan bermotor  Leasehold improvement  Construction-in-process for property. plant. and equipment .

Ukuran sample. Metodologi untuk Mendesain Detail Tests of Balances untuk Account Tangible Mengidentifikasi risiko bisnis klien yang mempengaruhi account aktiva Menetapkan salah saji yg dapat ditoleransi dan menilai inherent risk untuk account aktiva Menilai control risk untuk account aktiva Mendesain dan melaksanakan analytical procedures untuk account aktiva Mendesain dan melaksanakan test of controls dan substantive tests of transactions untuk account aktiva Mendesain tests of details of balance untuk memenuhi balance-related audit audit objectives Prosedur audit.Waktu pengujian .Item yang dipilih.C.

DETAIL TIE IN 7. CUT OFF 2.PRESENTATIO N 8. ACCURATE . RIGHT & OBLIGATION 3.TETAPKAN TUJUAN AUDIT 9. KOMPLITNES 5. VALUATION 1. CLASSIFICATION 4. EXISTENTION 6.

Saldo akhir pada account akumulasi penyusutan . Akuisisi aktiva pada tahun berjalan b. Ditambah dengan memverifikasi: a.mengaudit peralatan pabrik dan account terpilih 1. Melaksanakan Prosedur Analitik 2. Saldo akhir pada account aktiva d. Beban penyusutan e. Disposal aktiva pada tahun berjalan c.

Bandingkan beban penyusutan dibagi gross manufacturing equipment cost dengan periode sebelumnya Kemungkinan Misstatement Misstatement pada beban penyusutan dan akumulasi penyusutan 2. PROSEDUR ANALITIK Prosedur Analitik 1.Bandingkan gross manufacturing Idle equipment atau equipment yang costdibagi unit yang diproduksi dengan sudah di-disposal tetapi belum diwriteperiode sebelumnya off (dihapus dari neraca) .Bandingkan akumulasi penyusutan Misstatement pada akumulasi dibagi gross manufacturing equipment penyusutan cost dengan periode sebelumnya. 3.1. atau biaya sejenis dengan periode sebelumnya Membebankan biaya yang seharusnya dikapita lisasi 4. Bandingkan repair & maintanance expense.

harus dilakukan pengujian terhadap tujuh (dari delapan) balancerelated audit objective yang terkait dengan akuisisi aktiva tetap periode berjalan .Karena merupakan hal yang penting.2. VERIFIKASI AKUISISI AKTIVA PADA TH BERJALAN . MELAKUKAN VERIFIKASI a.Pencatatan secara tepat terhadap pembelian/akuisisi aktiva tetap pada tahun berjalan sangat penting karena memiliki pengaruh jangka panjang pada laporan keuangan .

3.MERANCANG DETAIL TEST OF BALANCES-UNT OBSERVASI (PENGAMATAN FISIK) 1. Detail Tie-in Existence Completeness Accuracy Classification Cut-off Right . 5. 7. 2. 6. 4.

Detail Tie-in (Kecocokan Rincian) Pengertian: Akuisisi/pembelian tahun berjalan cocok dengan master file yang terkait dan totalnya sesuai dengan ledger Prosedur Detail test of balance : .Akuisisi aktiva adalah benar terjadi (ada) Prosedur detail test of balance : .Telusuri masing-masing transaksi ke master file .Examine (periksa) invoice dari supplier dan LPB (receiving report) .Examine (periksa) fisik aktiva .Telusuri jumlahnya ke master file Existence (Keberadaan) Pengertian: .Footing acquisition schedule .

Completeness (Kelengkapan) Pengertian: Seluruh akuisisi aktiva telah dicatat Prosedur Detail test of balance : .Review lease dan rental agreement Accuracy (Keakuratan) Pengertian: Akuisisi aktiva telah dicatat secara akurat Prosedur detail test of balance : Examine (periksa) invoice dari supplier . pemeliharaan) untuk menentukan apakah seharusnya dikapitalisasi atau dibebankan .Periksa invoice dari supplier untuk account yang berkaitan (seperti perbaikan.

Classification (Klasifikasi) Pengertian: Akuisisi aktiva tahun berjalan telah diklasifikasikan secara tepat Prosedur Detail test of balance :  Examine (periksa) invoice dari supplier untuk aktiva ybs  Examine (periksa) invoice dari supplier untuk account yang terkait (pemeliharaan atau perbaikan)  Examine (periksa) rent dan lease expense Cut-off (Pisah Batas) Pengertian: Pencatatan transaksi dilakukan pada periode yang tepat Prosedur detail test of balance : .Review transaksi yang mendekati tanggal neraca untuk menentukan apakah sudah dicatat pada periode yang tepat .

Right (Hak) Pengertian: Auditee mempunyai hak atas nilai akuis isi aktiva yang dicatat Prosedur Detail test of balance : .Examine (periksa) invoice dari supplier untuk aktiva .

b. Melakukan Verifikasi terhadap Disposal Aktiva pada Tahun Berjalan 1. 3. biaya penyusutan. perubahan bentuk pabrik) Melakukan tanya jawab (inquire) dengan manajemen mengenai kemungkinan disposal aktiva . Review apakah ada aktiva baru yang menggantikan aktiva yang didisposal Analisa keuntungan atau kerugian dari disposal aktiva Review seluruh aspek yang diakibatkan oleh disposal aktiva(misalnya asuransi. 4. pajak. 2.

Saldo akumulasi penyusutan dalam master file sesuai dengan jumlah yang tercantum dalam ledger .Akumulasi penyusutan yang dicatat dalam master file telah dihitung secara tepat . Melakukan Verifikasi terhadap Beban Penyusutan dan Akumulasi Penyusutan 1. 3. 2. Verifikasi saldo akumulasi penyusutan: . Verifikasi beban penyusutan terutama terhadap akurasi Konsistensi kebijakan penyusutan (jangka waktu. nilai sisa) Penyusutan dihitung secara tepat e. 2. metode. Melakukan Verifikasi terhadap Saldo Akhir Aktiva 1. Seluruh aktiva yang tercantum dalam neraca secara fisik ada Seluruh aktiva yang dimiliki telah dicatat d.c.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->