Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta SMA Kelas XII

.PERTUMBUHAN FISIK Hasil pertumbuhan bewujud seperti bertambahnya ukuran kuantitatif badan anak seperti panjang. berat dan kekuatannya. Sehingga pertumbuhan dapat juga dikatakan sebagai proses perubahan dan pematangan fisik.

Usia Berat Badan Tinggi Badan Pertumbuhan Sex .

 Usia17-18 tahun.  Bagi anak laki-laki tinggi badannya kira-kira 155175 cm dan berat badan rata-ratanya 55-60 kg.  Bagi anak perempuan tinggi badannya kira-kira 150-165 cm dan berat badan rata-ratanya 45-60 kg. . dan rata-rata anak laki-laki setahun sesudahnya.  Rata-rata anak perempuan mencapai tinggi yang matang antara usia 17 tahun dan 18 tahun.

 Perkembangan ciri-ciri seks primer o Pada anak laki – laki : organ-organ reproduksi laki-laki telah berfungsi secara matang. biasanya terjadi mimpi basah dan hal ini terjadi jika anak mengalami mimpi seks yang menggairahkan. alat-alat reproduksinya sudah matang ditandai dengan menstruasi yang teratur. . o Pada anak perempuan.

 Perkembangan ciri-ciri seks sekunder o Pada anak perempuan : Pinggul yang sudah membesar. Perubahan pada pangkal tenggorokan sehingga suaranya membesar. tumbuhnya rambut didaerah alat kelamin. . ketiak dan kaki. Nada suaranya sudah lebih tinggi dan nyaring jika dibandingkan dengan anak laki-laki yang suaranya lebih berat. o Pada anak laki-laki : Tumbuhnya rambut disekitar alat kelamin. buah dada yang sudah menonjol dan memperolehbentuk dewasa. Serta tumbuhnya rambut halus pada wajah. betis dan ada kalanya didada.

 Mempunyai toleransi yang besar terhadap orang yang berbeda pendapat dengannya. .  Memperlihatkan berbagai usaha dan inisatif.  Mampu menggunakan pengetahuan yang dimilikinya.Perkembangan INTELEKTUAL  Dapat melihat dan merasakan hubungan dan sangkut paut antara berbagaimacam hal.  Bersifat kritis terhadap berbagai hal.  Mandiri dalam mengambil berbagai keputusan.  Dapat mengasimilasikan fakta-fakta baru dengan fakta yang lama dalam suatu permasalahan.  Dapat membedakan masalah penting dan tidak penting.

 Emosi yang relative stabil.  Sering melamun memikirkan masa depan.PERKEMBANGAN EMOSI  Pemberontakan sebagai ekspresi dan perubahan yang universal dari masaanak-anak ke dewasa. kemampuan berpikir operasional formal nampak mencapai kematangan sehingga mampu menyusun rencana dan menentukan pilihan dalam kehidupannya.  Sering mengalami konflik dengan orang tua. .

remaja mulai memperlihatkan berbagai norma pergaulan yang berbeda dengan norma yangberlaku dalam keluarga.Masa remaja adalah masa senang berkelompok. Teman dekat saling mempengaruhi satu sama lain meskipun kadang-kadang bertengkar. Dalam proses penyesuaian diri terhadap lingkungan.PERKEMBANGAN SOSIAL Sejalan dengan kebutuhan remaja yang semakin kompleks maka perkembangan sosial mereka semakin luas. anak biasanya mempunya dua ataulebih kemampuan yang sama. .

PERKEMBANGAN BAHASA .