P. 1
Membuat Aplikasi Presensi Sederhana Dengan Delphi 7

Membuat Aplikasi Presensi Sederhana Dengan Delphi 7

|Views: 578|Likes:
Published by Heru Bye

More info:

Published by: Heru Bye on Jul 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/17/2013

pdf

text

original

Membuat Aplikasi Presensi Sederhana dengan Delphi 7

Di sini saya tidak menjelaskan tentang pembuatan database maupun cara install zeos di delphi, saya lihat di blog-blog sebelah sudah banyak yang membahasnya. Untuk itu mari kita langsung to the point saja

Langkah awal buka delphi dan buatlah sebuah aplikasi baru, dimulai dengan setting pada form utama. Setting Caption menjadi nama yang menarik, contohnya seperti gambar di bawah ini :

====================================================================== Setelah mengganti caption, maka selanjutnya adalan mengganti nama form, nama form diganti agar mudah dalam memanggil ketika membuat script

Kemudian pada form utama masukkan dua buah “button” yang bisa anda ambil dari tab “standard” Edit “Caption” menjadi “Masuk” dan “Keluar” .

Langkah berikutnya adalah membuat form baru. kemudian masukkan 4 buah LABEL. perhatikan gambar : . 4 buah EDIT dan 5 buah BUTTON. silahkan klik pada lingkaran yang saya tunjukkan Jangan lupa mengganti caption dan name pada form baru.

Hilangkan TEXT pada EDIT dengan cara seperti di bawah ini . untuk LABEL dan BUTTON bisa anda edit pada bagian CAPTION. letakan di Form Input . ingat CAPTION BUKAN NAME Jika sudah selesai. maka klik tab DATA ACCESS dan masukkan DATA SOURCE.

pilih DBGRID dan letakkan ke Form Input .Selanjutnya pilih tab DATA CONTROL.

pilih tab ZEOS ACCESS. pilih ZEOS CONNECTION.Kemudian kembali ke Form Utama. letakkan di form Utama .

Setting Zconnection sebagi berikut : Untuk yang saya beri panah merah lakukan terakhir!! Database Hostname Name Password Port Protocol User Connected = nama database yang anda buat = Localhost = Bisa diganti atau tidak. terserah = password database anda = 5432 = postgres-7 = postgres = true Jika terjadi kegagalan connect maka kemungkinan masih ada yang salah. .

pada SQL double click pada […] . jangan pilih yang READ ONLY.Selanjutnya dari tab ZEOS ACCESSS pilih ZQUERY. pilih yang saya lingkari. ingat ada 2 macam ZQUERY. jangan yang disilang Berikutnya adalah adalah mengatur object inspector.

pada name silahkan namai sesuai kesukaan anda. ingat panah merah lakukan terakhir . kemudian pada active klik “True”.Anda akan dibawa pada sebuah jendela baru seperti ini : Isikan : select * from nama_tabel Masih pada object inspector. pada connection pilih nama Zconnection yang telah dibuat tadi.

jika yang muncul adalah unit1.Jangan lupa untuk menyimpan project anda. maka ganti nama menjadi UnitUtama . jika *. klik simbol save seperti pada yang saya lingkari Perhatikan ekstensinya.pas berarti itu adalah unit/form.

maka anda akan diminta menyimpan lagi dengan ekstensi sama. silahkan simpan dengan nama UnitInput Untuk Ektensi *. yaitu *.pas.dpr adalah nama project. anda bisa menyimpannya dengan nama presensi .Setelah Save UnitUtama.

Selanjutnya kita akan menghubungkan antar form : pilih Form Utama – File – Use Unit Sorot UnitInput (sesuaikan nama dengan nama form anda) kemudian klik oke .

Lakukan langkah seperti di atas pada UnitInput. pilih UnitUtama Jika sudah buka Form Utama. double Click pada Button Masuk .

coba anda jalankan dan klik button masuk. masukkan script seperti di bawah ini. jika terbuka form Input berarti anda berhasil .Anda akan dibawa ke sebuah jendela baru. fungsi script ini adalah untuk memanggil Form Input Jika sudah.

Double click Button Keluar lalu masukkan script di bawah ini. Utak atik form utama sudah selesai. kemudian jalankan program dan klik keluar. pada Dataset pilih tab nama zquery yang sudah ada buat tadi . Klik Data soure. jika program tertutup berarti anda sukses. selanjutnya pada form input.

Sedangkan pada DBGRID. Sekarang pada button simpan double Click . pada datasource masukkan nama data source yang baru saja anda setting tadi.

sesuaikan sendiri dengan milik anda. untuk format tanggal harus berhati-hati karena ada yang [mm/dd/yyyy] . jika sudah silahkan dijalankan program dan isikan data yang diperlukan.Masukkan script seperti di bawah ini.

Selanjutnya pada EDIT. double click Script yang dimasukkan sebenarnya sama dengan sebelumnya. bedanya pada INSERT dan EDIT .

Beirkutnya klik pada DBGRID – Tab Events – Double Click OnCellClick Isikan Script seperti di bawah ini : .

yaitu klik dobel pada button delete . di situ anda bisa merubah datanya. kemudian klik EDIT untuk menyimpan perubahan Berikutnya pada DELETE. sama seperti yang sudah-sudah. secara otomatis akan ditampilkan pada form edit.Jalankan program! Cara menjalankan fungsi edit adalah. klik salah satu cell pada DBGRID.

Masukkan Script di bawah ini : Untuk Tombol Clear masukkan script seperti di bawah ini : .

Untuk Close masukkan script di bawah ini : SELESAI .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->