“PENYAKIT YANG MENYERANG ALAT REPRODUKSI”

Nama Kelompok: 1. Elsa Afrida Rizkia (07) 2. Lukvi Febrianti (15)

SMPN 1 MOJOAGUNG
Tahun Ajaran 2011 / 2012

Pembuat kliping ini juga menyadari akan kelemahan dan kekurangannya. 04 November 2011 Pembuat .Puji syukur pembuat ucapkan kapada Tuhan Yang Maha Esa. Mojoagung. Oleh karena itu segala kritik membangun dan sumbang saran akan diterima dengan penuh ucapan terima kasih demi semakin baiknya sajian kliping ini. Semoga kliping ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Fungsi kliping ini adalah untuk memberi pengetahuan dan menyadarkan kepada masyarakat terutama untuk kalangan remaja bahwa penyakit yang menyerang alat kelamin sangatlah berbahaya oleh karena itu kita harus berhati – hati dalam pergaulan. sehingga pembuat dapat menyelesaikan kliping ini. kita juga menjaga dan merawat alat kelamin dengan baik.

DAFTAR ISI i ii Kata Pengantar Daftar isi iii Kata Penutup .

Tidak seperti influenza yang penularannya melalui udara. Selain kebersihan diri. penderita AIDS dapat meninggal. Kita tidak perlu panik menghadapi penyakit ini jika mengetahui cara penularannya. melalui jarum suntik yang pernah dipakai penderita AIDS. Meskipun banyak penyakit yang dapat menyerang organ-organ reproduksi. Bayi yang dikandung ibu penderita AIDS kemungkinan juga dapat tertular. penyakit mematikan ini belum ada obatnya. Rasa gatal dapat dikurangi dengan mengenakan celana dari bahan katun. AIDS dapat menular melalui transfusi darah dari penderitaAIDS. . Sebenarnya sebagian besar dapat dicegah dengan menjaga kebersihan secara umum dan kebersihan organ-organ reproduksi. tidak menyebabkan tertular. CARA MENGATASINY a : Cara pencegahan yang lain adalah tidak membiasakan bertukar handuk atau pakaian. penyakit ini menular melalui cairan tubuh. dan berhubungan seksual dengan penderita AIDS. Penyakit ini baru terlihat setelah enam bulan sampai lima tahun. Penyakit ini menyerang sel-sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. jika terinfeksi kuman tertentu yang bagi orang biasa tidak membahayakan. Orang yang terinfeksi virus HIV tidak langsung menderita AIDS. Jamur yang menyukai tempat lembap dapat dihindari dengan selalu menjaga daerah perineum (selangkangan) selalu kering. lingkungan juga perlu dijaga kebersihannya. Menghirup udara di sekitar penderita AIDS atau bersalaman dengan penderita AIDS. AKIBAT : Penyakit ini disebabkan oleh virus HIV (Human Immtmodeficiency Virus). Akibatnya.DAFTAR ISI :: AIDS AIDS merupakan singkatan dari Acquired Immttne Deficiency Syndrome (sindrom hilangnya kekebalan karena bentukan). Sampai sekarang. bergantung pada ketahanan tubuh seseorang. misalnya selalu mencuci selimut atau alas tidur.

epididimis. dan selaput otak. Beberapa bayi menjadi buta karenanya. Bakteri ini selain menimbulkan radang pada organ reproduksi (vagina. kelenjar prostat). Lubang air seni pada perempuan terpisah dari lubang kemaluannya. Pada saluran penderita laki-laki terdapat radang dari saluran air seini yang mengeluarkan lendir bernanah. pada permulaan sakit gonorhoe kencinya tidak terasa panasa atau nyeri. Penderita juga harus membersihkan tangannya sampai bersih sehabis mencebok kelaminnya karena akan sangant berbahaya apabila kuman pada kelaminnya itu kena mata. yang berbentuk bulat mirip dengan biji kopi. maka kebanyakan penderita membatasi minumnya supaya tidak sering kencing. penyakit ini dapat menyebabkan kemandulan. resep ini saya dapatkan dari buku "Aneka Resep Obat Kuno yang mujarab". maka akan terasa panas pada saat kencing. Tidak perlu kuatir saya akan memberi tips yang semoga akan berguna bagi Anda. CARA MENGATASI : Penyakit ini disebabkan oleh kuman diplo coccus.:: GONORHEA (KENCING NANAH) AKIBAT : Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae dan ditularkan terutama melalui hubungan seksual. Penyakit ini juga akan membuat Anda mandul jikalau penyakit ini sudah menjalar ke bagian buah zakar Anda. saluran Fallopii. Karena bercampurnya kuman-kuman lain yang masuk dari luar maka dara putih ini sering bau dan bisa membuat gatal-gatal di kulit sekitar vagina. mata. Ikutilah cara-cara berikut : . Penyakit ini dapat menular dari seorang ibu yang terinfeksi kepada bayi yang dilahirkannya. dan hidupnya berpasangan. sehingga menetus terus dari lobang kencingnya. juga dapat menimbulkan radang pada saluran kemih. Apabila Anda wanita kuman-kuman tersebut meradang ke seluruh selaput lendir dari kemaluan sehingga menyebabkan keluarnya lendir bernanah dari lubang kemaluanya yang bisa disebut darah putih atau piktay. Dan apabila penderita kencing. tapi lama-kelamaan kumannya menjalar kesaluran air kencing hingga pada akhirnya kencing akan terasa panas dan nyeri. persendian. Kalau tidak segera diobati.

Dan tiap kali pengobatan dibuat lagi rebusan baru. Lalu saringlah. maka tumbuklah semuanya. terus minumnya ditambah dengan gula jawa atau madu. Penyakit gonorhoe dapat menyebabkan kemandulan bagi pria dan wanita. maka penyakit yang berbahaya itu Insya sembuh. . Ada lagi alternatif yang Anda bisa praktekan: Ambilah kulit kamboja 2 jari tangan. Apabila kebetulan penyakit ini menjangkiti perempuan hamil maka bayi yang berada dalam Allah akan kandungan tidak akan terinfeksi. Sesudah disaring lalu diminum dengan gula batu. 20 butir buah kemulus. tapi pada saat melahirkankan harus melewati kemaluan yang mendandung penyakit yang berbahaya khususnya bagi mata si bayi. Setelah semua bahan di atas Anda dapatkan. selama 15 menit. dan 20 helai daun kumis kucing.Carilah serbuk dari kayu cendana 1 sendok teh. setiap 2 kali atau 3 kali. 2kali sehari satu gelas. Caranya pertama kulit kamboja ditumbuk halus lalu direbus bersama-sama dengan 2 gelas air minum. Dan setiap kali akan mengobati supaya membuat rebusan yang baru. Dengan menggunakan cara seperti diatas. lalu rebuslah dengan air 1 gelas selama 10 menit. 20 helai daun kumis kucing(remujung).

Biasanya kaum perempuan tidak mengetahui gejalanya. Gejala yang ada yaitu seperti ruam berwarna merah pada daerah kelamin. Penularan biasanya melalui kontak seksual. Penyebab Penyakit Sifilis : Penyebab penyakit sifilis bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini pada laki-laki lebih terlihat gejalanya dibandingkan dengan perempuan. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui selaput lendir (misalnya di vagina atau mulut) atau melalui kulit. Selanjutnya menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Selanjutnya menyebar ke . Penyebabnya bakteri Treponema pallidum. Bakteri kemudian menyebar ke kelenjar getah bening terdekat. seseorang yang pernah terinfeksi sifilis tidak akan menjadi kebal dan bisa terinfeksi kembali. sebaiknya menjaga diri agar tidak tertular penyakit ini dan menularkan penyakit ini pada orang lain. Cara satu-satunya untuk mencegah hal ini terjadi adalah setia pada pasangannya dan juga rutin diperiksa oleh dokter agar tidak menjadi terlalu parah. tetapi ada beberapa contoh lain seperti kontak langsung dan kongenital sifilis (penularan melalui ibu ke anak dalam uterus).Gejala dan tanda dari sifilis banyak dan berlainan. diagnosis sulit dilakukan dan penyakit ini sering disebut “Peniru Besar” karena sering dikira penyakit lainnya.Bakteri kemudian menyebar ke kelenjar getah bening terdekat.dan biasanya sangat gatal. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui selaput lendir (misalnya di vagina atau mulut) atau melalui kulit. Dan bagi kaum lelaki sebaiknya juga menjaga diri sendiri agar tidak tertular atau menularkannya pada orang lain. Perlu diketahui.Meski kaum perempuan tidak akan tau apakah dia menderita penyakit sifilis.:: Penyakit Sifilis merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Treponema pallidum bersifat kronis dan menahun. Sifilis juga bisa menginfeksi janin selama dalam kandungan dan menyebabkan cacat bawaan. sebelum perkembangan tes serologikal.

Perlu diketahui. Penyakit Sifilis juga bisa menginfeksi janin selama dalam kandungan dan menyebabkan cacat bawaan. Juga dianjurkan untuk tes darah. jantung. Jika penyakit sifilis sudah memasuki tahap laten maka perlu mengonsumsi obat anti bodi atas petunjuk dokter. Bila tidak terawat. Penyakit Sifilis yang tak terawat dapat berakibat fatal.seluruh tubuh melalui aliran darah. CARA MENGATASI : Menghindari hubungan seksual dengan penderita penyakit sifilis yang sedang dalam masa pengobatan. penyakit sifilis dapat menyebabkan efek serius seperti kerusakan sistem saraf. . seseorang yang pernah terinfeksi Penyakit sifilis tidak akan menjadi kebal dan bisa terinfeksi kembali.. atau otak.

2. beberapa minggu sampai tahu-tahun berikutnya dengan rasa nyeri dan jumlah yang relatif berkurang. Namun selanjutnya akan sembuh dengan sendirinya. dan pembesaran pada kelenjar limfa. Perempuan yang menderita herpes akan mengalami kesulitan saat mengeluarkan air seni. juga di anus. . Lepuh kecil sewaktu-waktu akan pecah dan membentuk luka terbuka 3. dan testikel Selain di daerah tersebut. Dapat kering dengan sendirinya dan meninggalkan keropeng Luka yang ditimbulkan herpes dapat bertahan sampai 3 minggu atau lebih. vulva dan lubang masuk vagina Pada lelaki : pangkal penis.:: HERPES GENITAL AKIBAT : Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simpleks serotipe 2 dan ditularkan melalui hubungan seksual. Biasanya lepuhan akan kambuh pada tempat yang sama. gatal. Sekarang sudah diketahui bahwa ada hubungan antara infeksi virus herpes dan kanker leher rahim Penyakit herpes genital Pada wanita : daerah genital. infeksi juga dapat terjadi di anus. Untuk mengurangi efek yang ditimbulkan penyakit herpes. kuncup penis. yang disertai demam. Satu atau beberapa lepuh yang sakit berisi air pada kulit alat kelamin. batang penis. jagalah kebersihan pada daerah infeksi dan jangan berhubungan seks sekalipun dengan kondom. dan paha. Virus ini selain menyerang organ-organ reproduksi laki-laki dan perempuan. juga menyerang kulit. baik laki-laki maupun perempuan. pantat. Virus herpes akan tetap berada di tubuh meskipun gejala penyakit sudah menghilang. Gejala-gejala 1. CARA MENGATASI : Belum ditemukan obat yang tepat untuk mengatasi herpes.

Dengan formula bebas alkohol.gi.na dalam jangka panjang. bakteri.gi. PH balance.a harum dan kering sepanjang hari. * Jika mau memakai celana dalam.na.na sebelum berpakaian.Bersihkan tangan sesering mungkin dan jangan menyentuh luka herpes tersebut. Tak ada salahnya Anda membawa cadangan celana dalam tas kecil untuk berjaga-jaga manakala perlu menggantinya. Ada juga Tiisu yang tissu Majakani. Anda bisa memesannya di sini. * Pakailah celana dalam yang bahannya menyerap keringat. Produk seperti ini mampu menjaga seimbangan pH sekaligus meningkatkan pertumbuhan flora normal dan menekan pertumbuhan bakteri yang tak bersahabat. dan virus. antara lain jamur Candida albicans. Candida albicans menyukai lingkungan yang mengandung gula dan hangat. :: KEPUTIHAN(FLUOR ALBUS) AKIBAT : Penyakit yang dialami perempuan ini disebabkan oleh berbagai parasit. * Biasakan mengeringkan bagian va. dan extract bahan alami. usahakan cepat mengganti dengan yang bersih dan belum dipakai. Bedak memiliki partikel-partikel halus yang mudah terselip disana-sini dan akhirnya mengundang jamur dan bakteri bersarang di tempat itu. CARA MENGATASI : *Lakukan Tips Cara menghilangkan keputihan pada wanita berikut ini jika ternyata anda mengalaminya : * Bersihkan organ intim dengan pembersih yang tidak mengganggu kestabilan pH di sekitar va. Gunakan celana dalam yang kering. * Sebaiknya hindari pemakaian bedak pada organ kewanitaan dengan tujuan agar va. Tissu majakani adalah tissu yang bisa mengatasi keputihan. Ini tidak menguntungkan bagi kesehatan va. Protozoa dari jenis Trichomonas vaginalis. Seandainya basah atau lembab.gin. . Hatihati virus ini dapat menulat pada mata jika diusapkan ke mata sesudah bersentuhan dengan luka herpes. Sabun antiseptik biasa umumnya bersifat keras dan dapat flora normal di vagina. Jamur ini sering ditemukan pada perempuan hamil dan penderita diabetes melitus (kencing manis). seperti katun. Salah satunya produk pembersih yang terbuat dari bahan dasar susu. Celana dari bahan satin atau bahan sintetik lain membuat suasana disekitar organ intim panas dan lembab.gi. Aman bagi para wanita untuk dipakai.

Misalkan saat bepergian ke luar rumah dan lepaskan sekembalinya Anda dirumah. * Ketika haid. Celana jeans tidak dianjurkan karena poriporinya sangat rapat. sering-seringlah berganti pembalut * Gunakan panty liner disaat perlu saja. Pilihlah seperti rok atau celana bahan non-jeans agar sirkulasi udara di sekitar organ intim bergerak leluasa.* Pakaian luar juga perlu diperhatikan. . Jangan terlalu lama.

oleh karena itu kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan untuk perbaikan kliping kami selanjutnya… Mojoagung.karena atas limpahan rahmatnya kami dapat menyelesaikan penyusunan Makalah tentang penyakit pada alat reproduksi ini. Kliping ini masih jauh dari kata sempurna. Dalam kliping sosiologi ini kami mengangkat tentang hal-hal yang berkaitan dengan penyakit dan cara mengatasi penyakit pada alat reproduksi.Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT. terutama kepada “Bapak Agus” sebagai guru pembimbing kami. 04 November 2011 penyusun . Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami menyelesaikan tugas ini. misalnya: penyakit AIDS. Kencing Nanah dll.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful