P. 1
Jenis Alat Berat Dan Fungsinya

Jenis Alat Berat Dan Fungsinya

|Views: 2,528|Likes:
Published by Andrie Ya

More info:

Published by: Andrie Ya on Jul 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as XLSX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2014

pdf

text

original

BEBERAPA CONTOH ALAT - ALAT BERAT

NO NAMA ALAT DISKRIPSI ALAT Backhoe atau shovel adalah suatu alat berat yang diperuntukkan memindahkan suatu material, sehingga dapat meringankan pekerjaan yang berat apabila dilakukan dengan tenaga manusia.Dan juga untuk mempercepat waktu pengerjaan sehingga dapat menghemat waktu.Sering digunakan untuk :Menggali parit, lubang, pondasi,Penghancuran gedung,Perataan permukaan tanah,Mengangkat dan memindahkan material,Mengeruk sungai, Pertambangan. GAMBAR ALAT

1

BACK HOE / CROWLER

2

DRAGLINE

Dragline adalah alat untuk menggali tanah dan memuatkan pada alat-alat angkut. misalnya truk atau ke tempat penimbunan yang dekat dengan tempat galian. Pada umumnya power shovel sampai dengan kapasitas 2.5 cu-yd dapat diubah menjadi dragline, dengan melepas boom shovel diganti boom dan bucket dragline.Satu kerugian dalam menggunakan dragline untuk menggali ialah produksinya yang rendah, antara 70% – 80% dibandingkan dengan power shovel untuk ukuran yang sama.

3

CLAMSHELL

Karena perbedaan kebutuhan dalam pemakaian Excavator dalam suatu bidang industri, sehingga Excavator dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan jenis bucketnya, antara lain : Clamshell bucket yang digunakan untuk memindahkan material.

09402001_Andriyadi Teknik sipil,Alat2_Berat

4

TOWER CRANE

Tower crane merupakan pesawat pengangkat dan pengangkut yang memiliki mekanisme gerakan yang cukup lengkap, yakni : kemampuan mengangkat muatan (lifting) menggeser (trolleying), menahannya tetap di atas bila diperlukan dan membawa muatan ke tempat yang ditentukan (slewing dan travelling). Operasi kerja yang identik dan muatan yang seragam yang diangkutnya, memungkinkan fasilitas transport dilakukan secara otomatis. Bukan hanya untuk memindahkan, melainkan juga untuk proses bongkar muatan.

5

BULLDOZER

Dozer merupakan traktor yang dipasangkan blade dibagian depannya. Blade berfungsi untuk mendorong, atau memotong material yang ada didepannya. Jenis pekerjaan yang biasanya menggunakan dozer atau bulldozer adalah : Mengupas top soil dan pembersihan lahan dari pepohonan, Pembukaan jalan baru, Pemindahan material pada jarak pendek sampai dengan 100 m, Membantu mengisi material pada scraper, Mengisi kembali saluran, Membersihkan quarry.

6

SCRAPPER

Scraper adalah alat berat yang berfungsi untuk mengeruk, mengangkut dan menabur tanah hasil pengerukan secara berlapis. Scraper dapat digunakan sebagai alat pengangkutan untuk jarak yang relative jauh (2000 m) pada tanah datar dengan pengerak roda ban. Pemilihan scraper untuk pekerjaan ini tergantung pada :Karakteristik material yang dioperasikan, Panjng jarak tempuh, Kondisi jalan, Alat Bantu yang diperlukan. . Towed scraper umumnya ditarik crawler traktor dengan kekuatan mesin 300 hp atau lebih. Scraper jenis ini dapat menampung material 8 – 30 m3.

09402001_Andriyadi Teknik sipil,Alat2_Berat

7

GRADER

Adalah alat berat yang digunakan untuk pemotongan tanah dengan tipis atau pemotongan tanah dekat tanah keras (subgrade) (setelah dilakukan pemotongan tanah dengan dozer ataupun setelah diledakkan) dan pembuatan parit sementara di kanan kiri grader, yang dapat dilakukan dengan menggunakan blade grader yang dapat diputar vertikal dan horisontal sehingga dapat membuat parit sementara sesuai yang diinginkan.

8

LOADER

Loader adalah mesin yang digunakan untuk memindahkan tanah yang sudah dikumpulkan buldozer ke dump truck, Yang mana blade dari loader ini dapat bergerak vertikal untuk mengangkatnya ke dalam dump truck. Ada 2 jenis loader : Track loader, Track loader.

9

DUMP TRUCK

Dump truck adalah alat yang berfungsi untuk mengangkut tanah hasil. Untuk menghasilkan kinerja gabungan yang optimal, perlu dilakukan perhitungan terhadap produktivitas dan waktu siklus dari kedua alat tersebut, dimana biasanya digunakan metode Ideal Output atau General Output Formula yang juga memperhitungkan kelas material, sudut putar, kondisi galian, kondisi pekerjaan, kondisi manajemen, serta kemampuan backhoe dan dump truck. galian dan membuangnya ke tempat pembuangan (dump site).

09402001_Andriyadi Teknik sipil,Alat2_Berat

10

CRAWLER DRILL

Mesin Crawler Drill ini digunakan untuk mengebor batuan di dalam tanah atau batuan pada suatu lereng.Crawler drill dapat membuat lubang antara 1″ sampai 6″.Setelah lubang dibuat dapat bahan peledak dimasukkan dalam lubang tersebut dengan cara dan kedalaman tertentu.Pada suatu lereng batuan Crawler drill dapat digunakan karena crawler drill dapat membentuk sudut terhadap posisi vertikal.

11 CONCRETE PUMP

Concrete pump adalah sebuah alat yang digunakan untuk mentransfer cairan beton dengan dipompa.Biasa dipakai pada gedung bertingkat tinggi dan pada area yang sulit untuk dilakukan pengecoran.

12

DROP HAMMER

Drop hammer merupakan palu berat yang diletakan pada ketinggian tertentu di atas tiang palu tersebut kemudian dilepaskan dan jatuh mengenai bagian atas tiang. Untuk menghindari menjadi rusak akibat tumbukan ini, pada kepala tiang dipasangkan semacam topi atau cap sebagai penahan energi atau shock absorber. Biasanya cap dibuat dari kayu.

09402001_Andriyadi Teknik sipil,Alat2_Berat

13

DIESEL HAMMER

Alat pemancang tiang tipe ini berbentuk lebih sederhana dibandingkan dengan hammer lainnya. Diesel hammer memiliki satu silinder dengan dua mesin diesel, piston, atau ram, tangki bahan baker, tengki pelumas, pompa bahan baker, injector, dan mesin pelumas. Kelebihan diesel : ekonomis dalam pemakaian, mudah dalam pemakaian di daerah terpencil, berfungsi dengan baik pada daerah dingin, mudah dalam perawatan

14

JACKHAMMER

adalah alat yang digunakan untuk mengebor batuan keras untuk kemudian diledakan sepert crawling drill, hanya saja jackhammer ini di operasikan oleh manusia langsung, maka tenaga manusia nya harus kuat untuk melawan tekanan jackhammer.

15

Batching Plant adalah alat berat yang digunakan untuk membuat beton jadi (Ready BATCHING PLANT mix Concrete). Pengadan alat berat ini membutuhkan investasi yang besar, sehingga harus dipertimbangkan secara teliti dan efisien.

09402001_Andriyadi Teknik sipil,Alat2_Berat

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->