Stratifikasi Sosial Nyra O.P.M.

(1501166011)

Tania Yunita (1501166075) Bela Islamiati (1501182463)

 Definisi Stratifikasi Sosial Stratifikasi berasal dari kata stratum atau strata yang berarti lapisan dan fikasi (fication) bahasa rumanianya facere yang berarti membuat. Dua kata tersebut dapat mengartikan stratifikasi sebagai pembuatan lapisan. Stratifikasi sosial adalah lapisan yang dibuat oleh masyarakat yang ada, gunanya sebagai pemersatu, penggolongan individu yang berbeda, sebagai alat untuk menyusun, serta menyelenggarakan kepentingan masyarakat, dan juga sebagai alat control.  Dasar Stratifikasi Sosial Didalam masyarakat akan selalu terjadi pelapisan soial secara bertingkat selama dimasyarakat terdapat sesuatu yang di hargai.Stratifikasi sosial merupakan ketidaksamaan sosial secara vertical , dimana Stratifikasi Sosial berarti pembedaan masyarakat kedalam kelas –kelas secara bertingkat. Soerjono Soekanto berpendapat bahwa kriteria yang digunakan untuk mengadakan pelapisan sosial antara lain : o Kekayaan. Contoh, seseorang akan lebih memilih barang mewah dari pada pendidikan. o Kekuasaan. Contoh, lurah lebih tinggi stratanya ketimbang pengusaha tekstil setempat. o Kehormatan. Contoh, seorang kyai akan lebih dipandang dari pada ilmuan. o Ilmu pengetauhan. Contoh, seorang ilmuan lebih dipandang dari pada pemain bola.  Sifat – Sifat Stratifikasi Sosial SIFAT – SIFAT STRATIFIKASI SOSIAL Sifat –sifat stratifikasi sosial dibedakan menjadi 3,yaitu: 1. Open Social Stratification (terbuka) Pelapisan sosial kemungkinan kepada seseorang untuk pindah kelapisan yang lain baik keatas maupun kebawah. Contoh,masyarakat amerika. 2. Closed Social Stratification (tertutup) Pelapisan sosial yang tidak memeneri kemungkinan berpindah dari lapisan satunke lapisan yang lainya. Contoh, masyarakat bali. 3. Mixed Social Stratification (campuran) Pelapisan sosial yang membatasi kemungkinan perpindahan lapisan pada bidang tertentu tapi memberi kesempatan untuk melakukan perpindahan pada bidang lain. Contoh, masyarakat

Stratifikasi Sosial berdasarkan Kriteria sosial 6. dibedakan lagi menjadi : 7. Bentuk Stratifikasi Sosial Bentuk strata social dibedakan menjadi 5 . demokratisasi. . Stratifikasi sosial Berdasarkan Kriteria Pendidikan     3. Manfaat Stratifikasi Sosial 5.    Masyarakat Berpendidikan Tinggi Masyarakat Berpendidikan menengah Masyarakat berpendidikan rendah Masyarakat tuna akasara Stratifikasi sosial berdasarkan criteria ekonomi Kelas Soisial atas Kelas Sosial menengah Kelas sosial bawah 4. yaitu: TIpe kasta : sistem lapisan kekuasaan dengan garis pemisah yang tegas dan kaku. Sistem Demokratis :terjadi dalam kehidupan masyarakat yang modern. yaitu. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kriteria Politik Terjadi karena adanya perbedaan dalam penghormatan . rasional.R. Stratifikasi Sosial berdasarkan mata pencaharian. pola kekeuasaan memebentuk dan terdiri dari 3. Menurut Robert M. hal ini banyak dijumpai pada masyarakat sistem kasta dan masyarakat yang pelapisan sosialnya berdasarkan kepamilikan tanah misalnya pada daerah jawa tengah. Tipe oligarki :terjadi pada masyarakat yang menganut sistem feudal pemerintahanya yakni monarki parlementer. 1. Berdasarkan mata pencaharian dapat      Golongan Elite Golongan Profesional Golongan Semi Profesional Golaongan Tenaga Termpil Golongan Tidak terlatih 2.

menggolongkan individu yang berbeda . Maka sebab itu harta menjadi penyebab stratifikasi sosial.fisip. sebagai alat control. Alat solidaritas diantara individu-individu  Factor Penyebab Stratifikasi social Kemampuan kemampuan apa yang kita punya akan menyebabkan perubahan stratifikasi sosial.id/2011/01/01/stratifikasi-sosial-dari-kami-mustikasatriyani-p-d0310045-ade-puspa-pd0310001-diah-novitasarid0310017-clara-pedikapd0310015-sri-wulandarid0310061/ http://www. pendapat itulah yang menyebabkan stratifikasi antar jenis kelamin.ac. Kriteria sistem perentangan 8. Kegunaan Stratifikasi Sosial Segala sesuatu pasti memiliki kegunaannya untuk kehidupan. 5. Sebagai pemersatu dengan cara menkoodinasi unit.  Nama nama kasta yang ada di bali umat hindu 1) Kasta Brahmana (ahli agama. seperti stratifikasi sosial yaitu . petani). 2) Kasta Ksatria (golongan masyarakat bangsawan).unit sosial yang ada dalam struktur sosial. sebagai alat untuk menyusun serta menyelenggarakan kepentingan masyarakat 4.id%2Fwebo%2Fkuliahpdf%2FSTRATIFIKASI%2520SOSIAL%2520%255BCompatibility%2520Mode%255D. Jenis kelamin Sebagian orang berpendapat bahwa wanita hanya bisa menjadi ibu rumah tangga. 2. pedagang.google.pdf&ei=36 K6T9-PDoyIrAeWgpHWBw&usg=AFQjCNGrzFQekJJwkRtJAR5DceBzFIxgYw .ac. pendeta). Daftar Pustaka http://irineriskyana.id/url?sa=t&rct=j&q=stratifikasi%20sosial&source=web&cd=2&sqi=2 &ved=0CGUQFjAB&url=http%3A%2F%2Ffpk. 3) Kasta Waisya (golongan masyarakat biasa.uns.unair. Fisik Bagi orang yang memiliki kekurangan fisik akan lebih sedikit sulit untuk menaikan stratanya dan bagi orang yang memiliki fisik kuat akan lebih sedikit mudah untuk menaikan stratanya.sehinnga dapat lebih sederhana dalam berhubungan diantara mereka 3.blog. 4) Kasta Sudra (golongan masyarakat pekerja kasar). Distribusi hak-hak istimewa yang objektif 6. Menjadi sistem pertanggan pada strata yg berhubungan 7. Harta Sering disebut sebut bahwa harta adalah suatu penilaian yang mencolok untuk mengukur strata. 1. Penentu lambing-lambang/ kedudukan 9. Umum Biasanya penyebab ini berada disekitar kita. Penentu tingkat mudah& sukarnya bertukar kedudukan 10.co.

com/2009/08/18/stratifikasi-sosial/ .com/2009/03/30/stratifikasi-sosial-sebuah-catatan-awal/ http://5osial.http://nyanyoataraxis.wordpress.wordpress.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful