MEN-SKALA GAMBAR DI AUTOCAD Skala 1:100, 1:50, 1:40, 1:25 seringkali kita jumpai dalam sebuah penyajian gambar teknik.

Namun seringkali juga kita mendapati bahwa gambar yang tercetak tidak sesuai dengan skala yang dimaksud di gambar. Cara yang mudah untuk men-skala gambar yang akan disajikan adalah sebagai berikut : 1. Menggambar denah, tampak ataupun potongan dll, gambarlah pada skala 1:100, disini kembali kepada kebiasaan pengukuran yang dipakai, misalnya : 1 meter dianggap 1, 100 (cm) atau 1000 (mm). Setelah tergambar yang akan disajikan, kemudian 2. Tentukan ukuran kertas yang akan dipakai untuk mencetak gambar (plot) tersebut, biasanya A4, A3 dsb. Ukurlah ukuran kertas yang dipakai secara manual untuk mengetahui panjang dan lebarnya, kemudian gambar outline kertas yang dipakai di Autocad, tetapi jangan lupa sesuaikan dengan pemakaian ukuran pada no.1 3. Memasukkan gambar yang telah dibuat kedalam outline kertas yang telah dibuat. Ketika memasukkan gambar, kita akan mengetahui ukuran kertas CUKUP, KURANG atau malah TERLALU BESAR untuk “memuat” gambar yang dimasukkan. 4. Apabila CUKUP dengan ukuran kertas, maka gambar tersebuat otomatis akan tercetak dalam skala 1:100, tetapi apabila ukuran kertas KURANG maka kita harus “mengecilkan” gambar yang akan dicetak, dengan demikian gambar yang akan dicetak harus lebih besar dari skala 1:100, yakni bisa dalam skala 1:150, 1:200 dsb. Dan kalau kertas TERLALU BESAR terhadap gambar maka gambar yang akan dicetak harus “dibesarkan”, dengan skala yang lebih kecil dari skala 1:100, yakni bisa dengan skala 1:50, 1:40, 1:25 dsb. 5. Point yang paling penting adalah JANGAN mengotak-atik gambar yang dibuat, biarkan tetap pada skala 1:100. Karena apabila di BESAR/KECIL-kan, maka ukuran-ukuran yang dibuat akan berubah. 6. Cara yang efektif (menurut saya !!!) adalah dengan men-skala kertas yang telah dibuat outline-nya tadi.

dst. dengan ukuran tersebut. Coba dalam skala 1:20. maka gambar-gambar yang tercetak sesuai dengan gambar yang dimaksud. maka persegi panjang tergambar dalam skala 1:1. kop gambar. skala 1:40. selanjutnya outline kertas tersebut dalam skala 1:20. Setelah didapat kelipatan skala 1:10 atau 1:100. outline kertas dikalikan lagi dengan 10. dan sepertinya skala 1:10 pas untuk ukuran kertas A4. untuk menjadikan dalam skala 1:10. saya menggambar dengan ukuran mm di autocad. dan gambar yang kita masukkan kedalam ukuran outline kertas akan tercetak dalam ukuran 1:20. ukuran dan notasi-notasi. 1:20. setelah gambar persegi panjang tergambar. menjadi 2100 X 2970. DIPILIH DAN . kalau saya bisanya masih itu?dengan cara yang saya lakukan terus bagaimana caranya men scale dengan 1:50 . kalau saya masukan 50 gambanya tambah besar. berapa besar skalanya. Dengan rumus skala tujuan per(/)skala awal. terima kasih sebelumnya sudah mau mampir. Apabila sudah ditentukan akan memakai ukuran millimeter (mm). tentukan setting-an skala plot dalam Autocad. maka ukuran kertas outline di-skala tujuan/awal (20/100). Dan untuk menjadikan skala 1:100. 8. yakni 210 mm X 297mm (menyamakan dengan satuan sebelumnya). maka outline kertas dikalikan 10. menjadi 21000X29700. kita bisa menentukan skala mana yang akan dipakai. maka untuk persegi panjang yang akan dibuat terukur 1000X2000. Rumusan yang dipakai adalah : skala TUJUAN dibagi (/) skala AWAL. Tetapi apabila nantinya akan ada garis tepi. buatlah outline kertas A4. ini saya ada pertanyaan. mas apakah ada cara lain men scale gambar di autocad selain dengan cara menseleksi gambar kemudian klik kanan lalu scale dan masukan ukuran scala. Misal kita akan membuat dalam skala 1:20. Tahapan akhir. misalnya saya ingin mencetak persegi panjang dengan ukuran 1×2 m. dan yang perlu di perhatikan :” JANGAN GAMBARNYA YANG DISELEKSI.. maka skala harus diubah lagi agar tetap bisa tercetak dalam kertas A4. mas yang point 7 masih bingung untuk menentukan besarnya scala. skala 1:25. bagaimana mas agar gambar dapat tercetak di kertas A4.7.

solusi nya gimana bg??????tnks maaf baru bisa jawab. berarti dapat diambil keputusan: 1. karena ukuran2 akan berubah semua. misal dinding yang tebal 15 cm saya buat menjadi 150 mm.tetapi hasil dari print out adalah 5 MM. karena saya juga bukan orang yang tau Autocad sampai “nglontok”. selamat mencoba!!! saya mau tanya cara menentukan skala 1:100 pada autocad 2012. saya men-scale outline kertasnya. langsung saya jawab: pertama denah dibuat. Seperti kebiasaan saya. thx denah saya ukurannya 30 kali 15.seperti yg anda bahas saya masih bingung untuk mencetak ke dalam a4 karna otomatis akan kurang kalau saya perkecil gambar dg Scala otomatis ukuran akan berkurang sedangkan saya harus menampilkan ukuran gambar pada prin out saya…. tercetak dalam skala berapa nanti dicetak. Apabila gambar setelah dilengkapi dengan dengan keterangan -keterangan dan gambar melebihi outline kertas A4. Jadi MOHON Solusinya pak?…… terima kasih sebelumnya sudah mampir.. untuk mengubah skalanya. denah tercetak skala 1:100 tetapi harus menyambung 2 lembar kertas A4 2. dari garis outline kertas A4 diketahui kalau denah ukuran 30×15 tidak bisa masuk/termuat keseluruhan dikertas A4. maka OULINE KERTAS-NYA YANG DISKALA GAMBAR JANGAN DI OTAKATIK.tetapi masalahnya jika diprint pada ukuran 1:100 . dengan tarikan gambar 5 M. denah nantinya menjadi skala 1:150 bila menggunakan 1 lembar A4 semoga dimengerti.misal.apabila rencana dicetak dikertas A4. maka saya buat denah tsb 30000(30m) kali 15000(15m).7cm).. saya menginginkan ukuran kertas A3 pada skala 1:100. 3 m saya gambar 3000 mm. contoh kasus : saya print skala 1:100.akan tetapi menggunakan skala 10:1 jika di print ukurannya sangat sesuai dengan yang diinginkan. saya akan berusaha menjawab apa yang saya tahu selama ini. Semoga keterangan singkat ini dapat dipahami dan tidak tambah mumet. bukan gambarnya. sebelumnya terima kasih sudah mampir. saya ambil ukuran mm. saya membuat gambar dalam satuan milimeter.bagaimana solusi untuk settingan viewport pada autocad 2012.DISKALA”.gambar tidak sesuai dengan ukuran gambar .bukankah seharusnya ukuran menjadi 5 CM…. tentukan dulu satuan yang mau dipakai (mm/cm/m). dst dan misal saya mau cetak di kertas A4 atau A3.jika sudah ditentukan mulai sesuai dengan ukuran yang diinginkan. maka saya ambil ukuran outline kertas 21000(21cm) kali 29700(29. sesuai dengan standart ukuran kertas. untuk membuat skala 1:100. Dan untuk setting an di Autocad versi berapapun . outline kertas diskala lebih besar (ingat:jangan denahnya yang diskala) yakni 1:150. maka saya buat outline kertasnya.

4. dalam hal ini 1/1000. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca postingan saya lainnya. atau 1000 (mm).. anda pilih option SCALE TO FIT dulu. apakah annotation scala perlu di atur apaka tidk mempegaruhi hasil prin outnya di kertas A3? 3. UKURAN 3X3 M DI print outnya malah tidk kelihatan ktnya. saya punya denah dari konsultan 1:1000 saya mau ubah ke skala 1:1 . maka gambar . skala tujuan/skala awal. sebelum bapak merubah skalanya.mengapa hasil gambar di print outnya tidak sama dengan yg di layar cad kadang KT. CM(centimeter) atau MM(millimeter). biasanya saya abaikan. terutama ukuran/dimensi. seperti biasa yang saya lakukan.“mungkin” sama. Terima kasih!! Maaf saya ingin bertanya.. karena saya masih cinta dengan versi pendahulunya. saya langsung menentukan “satuan” apa yang akan saya pakai.untuk mengawali gambar cad ? yg dipertikan itu apakah 1.4 Gambar yang anda buat di autocad adalah selalu skala 1:100 .format units di atur lebih seblm mengambar? 2. saya akan berusaha menjawab. saya hanya memakai perintah scale dengan rumus. meskipun anda bukan individu yang berkecimpung dalam dunia bangunan tdk ada salahnya untuk membacanya. dan saya akan mencoba menjawab apa yang anda tanyakan : untuk no 1 dan 2. sebagai “dasar” yang penting. bagaimana cara mengatur cad agar hasil yg dgambar sama ukuran nya dengan hasil print dikertas? mohon penjelasan dari pak sekian dan trims jawabanya lewat email jg bisa jilvir@yahoo. saya menyarankan anda untuk membeli dan membaca bukunya terlebih dahulu.. pake command apa yah? terima kasih terima kasih sebelumnya.saya menyarankan untuk mem”block” gambar keseluruhan menjadi satu kesatuan.saya mau tanya tentang cad.3 PLOT. Autocad 2002/2004. (anda menentukan sendiri mana yang lebih enak) bisa ditulis 1 (meter).. M(meter).Misal 1 meter. Untuk no. setelah bapak sudah mem”block” gambar yang dimaksud.semoga jawaban saya ini dapat membantu. bukan gambarnya. 100 (centi). setelah anda tentukan ukuran kertasnya.com terima kasih sudah mampir mas!!! (maaf)kalau misal anda baru kenal dengan autocad. Untuk jawaban no.karena apabila tidak dilakukan perintah “block” maka semua notasi2 otomatis akan berubah. Semoga penjelasan singkat ini dapat membantu!! pak. untuk membesarkan atau mengecilkan skala anda harus meng setting kertasnya.

Yang mana kalimat “selanjutnya outline kertas tersebut dalam skala 1:20. demikian jawaban saya semoga dapat diterima dan dimengerti Membuat daftar skala sendiri di AutoCAD Di dalam AutoCAD terdapat fasilitas scale list. maka kita menggambar outline kertas yang dipakai.karena saya mikirnya itu tidak bisa…kan ukuran awal sudah besar…menjadikannya 1:5 pastinya gambar terpotong…hee. Jika saya menginginkan 1:5 berarti tidak akan masuk pd outline kertas. pada saat kita mulai menggambar. setelah ditentukan format kertasnya.” Yang kita ubah kan memang outline itu tapi untuk kemudian gambar bisa masuk ke kertas yg telah kita ubah. dari sini kita bisa menyimpulkan atau mengambil keputusan: . (saya) biasanya tanpa memperhitungkan akan memakai kertas dalam format apa. mgkn yg aga bingung memang di langkah 7. 2. setelah tergambar outline maka kita bisa mengetahui gambar yang kita buat masuk atau tidak dalam outline kertas. menyamakan dengan ukuran yang kita pakai pada saat menggambar.skala 1:10 yang paling pas. maka menyambung kertas adalah pilihan yang diambil. demikian. dan terima ksih sudah mau mampir ke web-blog saya. Bang.akan berubah ke skala yang diinginkan. Ini berguna untuk mengatur skala gambar ke skala kertas di model spaces dan paper spaces. semoga jawaban saya dapat dimengerti. dan nantinya untuk permasalahan yang hampir sama. dan gambar yang kita masukkan kedalam ukuran outline kertas akan tercetak dalam ukuran 1:20. 5.. 3. bagaimana akhirnya bisa sesuai dg skala tujuannya…??? Seperti pembahasan berikutnya tanggal 19 des’11 itu…. Memang demikian ? Atau mgkn ada penjelasannya bang…. saya akan berusaha menjawab apa yang ditanyakan dan semoga jawaban saya dimengerti. setelah gambar selesai semua dan siap dicetak. apabila kita sudah menentukan skala yang dipakai dan gambar tidak muat.membesarkan atau mengecilkan skala sehingga gambar dapat termuat (outline kertas yang diskala dan bukan gambar) apabila tidak maka konsekuansinya adalah gambar akan tercetak kecil atau gambar terpotong . 4. dan semoga dengan adanya masukan-masukan bisa menjadikan koreksi apabila ada bagian yang terlewat. A4 atau A3 atau lainnya. 1. AutoCAD sendiri sudah .menyambung kertas yang dipakai. terima kasih respon nya. mulai ditentukan aan memakai format kertas apa.

Untuk menambahkan daftar skala baru misal untuk gambar site 1:500. tab User Preferences.. dan kemudian muncul. . dan klik toolbar Edit Scale List. AutoCAD menyediakan untuk membuat daftar skala sendiri yaitu di command: OPTIONS. .menyediakan untuk metric dan inches.. Untuk metric terdapat skala yang umum yaitu: 1:00. 1:50. Skala ini sesuai jika kita memakai unit satuan milimeter (mm). dst. Bagaimana kalau jika pengguna menggunakan unit satuan gambar meter (m) atau bahkan centimeter (cm)! Atau gambar site plan yang membutuhkan skala 1:200 atau 1:500? Untuk itu kita harus membuat skala gambar yang disesuaikan dengan pekerjaan yang kita kerjakan. 1:20. klik toolbar Add.

Di Name appearing in scale list: masukkan nama daftar skala yaitu. Maka kita punya daftar skala baru 1:500 untuk unit satuan milimeter (mm). 1:500 lalu untuk Paper units: diisi angka 1 da Drawing units: angka 500. anda dapat menambahkan daftar skala yang anda inginkan dengan cara sperti diatas.05 .1 0. Berikut ini daftar skala yang penulis sarankan untuk pengguna dengan unit satuan gambar dalam meter (m): Name appearing in scale list: 1:100 (m) 1:50 (m) Paper units 1 1 Drawing units: 0. Bila kita meggunakan unit satuan gambar meter (m). dan klik OK.

1 1 0. tapi tentu saja sudah diedit melalui corel draw ataupun photoshp. sekarang tak ajari cara merubah background layar autocad menjadi warna putih. pilih menu tools-option. lalu pilih tab display.. 2010 Leave a comment Kalo pada tutorial sebelumnya pernah tak ajari bagaimana cara menyimpan file AutoCAD dalam format gambar. klik tombol color. lalu ubah warna hitam menjadi putih (lihat gambar dibawah) .1:20 (m) 1:10 (m) dst.01 Merubah Background Layar AutoCAD Menjadi Warna Putih June 4. Buka program autocad yang berisi gambar atau yang lainnya 2.02 0. monggo langsung aja di buka rasah kesuen… 1. seperti yang pernah tak sampaikan sebelumnya bahwa biasanya gambar ini nantinya digunakan sebagai gambar pendukung pembuatan brosur perumahan atau gambar-gambar laporan skripsi atau yang lainya.

Tampilkan gambar yang ingin disimpan dalam format bmp . silahkan mengikuti 1.3. Rampung deh. Tunggu tutorial-tutorial selanjutnya Tutorial Cara Menyimpan Gambar AutoCAD Dalam Format Gambar BMP Kalo pada tutorial sebelumnya kami ajarkan bagaimana membuat objek kusen detail 3D pada program autoCAD. maka pada tutorial ini kami ajarkan bagaimana cara menyimpan file gambar autocad dalam format gambar bmp yang nantinya bisa ada edit menggunakan corel draw atau photoshop agar gambar terlihat menarik.. biasanya digunakan sebagai gambar pendukung pembuatan brosur perumahan.

Pastikan cek list bmp terpilih. Pilih menu tools – display image lalu pilih save 3. .. atau kalo mau format yang lain bisa aktifkan ceklist yang lain.2. sak karepmu.

Rampung deh tunggu tutorial berikutnya bagaimana cara merubah background agar menjadi warna putih… ojo nengdi2.4. klik tombol ok.. . 5. lalu tentukan lokasi penyimpanan file.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful